• 10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Pompa aquarium berfungi untuk mengalirkan air dan memastikan suhu aquarium tetap terjaga. Terlebih lagi bila Anda memelihara ikan tropis, keberadaan pompa aquarium sangatlah penting. Ada 3 tipe pompa aquarium, yakni yang dapat Anda letakkan di dalam air, di luar aquarium, dan jenis amfibi sehingga Anda mungkin bingung saat hendak membelinya.

Kali ini, kami akan menjelaskan tips memilih pompa aquarium dan menyajikan 10 rekomendasi pompa aquarium terbaik. Terdapat berbagai jenis pompa aquarium berkualitas dengan merek Eheim, Resun, atau Hidom dalam daftar rekomendasi ini yang berbeda spesifikasi, ukuran, dan fitur. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 07 Januari 2020
  • 79.186 Views
Daftar isi

Fungsi pompa aquarium

Fungsi pompa aquarium
Pompa aquarium memiliki peran yang sangat penting. Alat ini berfungsi untuk mengalirkan air, mengirim air ke tangki penyaringan (filter), dan berbagai fungsi lainnya. Dengan adanya pengiriman air ke tangki penyaringan, kotoran dan makanan sisa akan tertinggal di filter dan dihancurkan oleh bakteri. Air di dalam aquarium pun terjaga kebersihannya lebih lama.
Dengan adanya aliran air, kadar oksigen juga akan terus terjaga dan tersebar secara merata di dalam aquarium. Oksigen tidak hanya penting untuk ikan, tetapi juga untuk koral, tanaman air, serta bakteri di dalam aquarium. Selain itu, bila Anda menggabungkan penggunaannya dengan alat pemanas atau pendingin, Anda bisa menjaga suhu dalam aquarium tersebut tetap stabil.

Cara memilih pompa aquarium

Apakah ada spesifikasi khusus yang harus diperhatikan ketika hendak memilih pompa aquarium? Bila Anda ingin tahu lebih banyak, simak terus artikel ini!

Pilih sesuai dengan ukuran aquarium Anda

Pilih sesuai dengan ukuran aquarium Anda
Untuk menjaga kualitas air dalam aquarium, Anda harus mengetahui seberapa sering idealnya air aquarium Anda disirkulasikan ke filter dalam jangka waktu satu jam.
Baiknya air aquarium Anda bersirkulasi minimal 1-2 kali per jam. Bila Anda mengembangbiakkan ikan karnivora besar, sebaiknya air aquarium Anda bersirkulasi 7-10 kali per jam karena airnya lebih cepat kotor. Ketika Anda menggunakan aquarium untuk kembang biak ikan secara umum, Anda bisa menggunakan rumus berikut untuk menentukan seberapa banyak idealnya air dalam aquarium Anda disirkulasi dalam satu jam. Rumusnya adalah ‘jumlah rotasi per jam = kecepatan aliran air : volume aquarium‘. Dengan menggunakan rumus ini, Anda akan bisa menentukan jumlah sirkulasi air yang ideal.

Pilih sesuai lokasi pemasangan pompa

Pilih sesuai lokasi pemasangan pompa
Terdapat 3 tipe pompa aquarium, yakni yang dapat Anda pasang di dalam aquarium, di luar aquarium, dan tipe amfibi. Masing-masing pompa memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Karena itulah, Anda harus mengetahui lokasi pemasangan pompa pada aquarium sebelum membeli pompa aquarium.
Terdapat tipe pompa aquarium berukuran compact yang dapat Anda pasang di dalam aquarium. Kemampuan rotasi aliran airnya rendah sehingga cocok bila diletakkan di aquarium kecil. Pompa aquarium yang dipasang dalam air umumnya tidak menimbulkan suara yang mengganggu. Namun, pompa ini sering didekati oleh hewan yang ada di dalam aquarium atau terkontaminasi kotoran dan sisa makanan. Hal tersebut membuat perawatannya cenderung lebih sulit dilakukan. Selain itu, pompa ini juga menimbulkan panas di dalam air sehingga suhu aquarium Anda akan meningkat. Inilah kelemahan utama dari pompa yang dipasang di dalam air.
Di sisi lain, pompa yang dipasang di luar aquarium memiliki ukuran kecil hingga besar. Kekurangan dari tipe ini adalah Anda harus menyediakan ruang pemasangan khusus serta suaranya mungkin dapat mengganggu Anda.
Sementara itu, pompa tipe amfibi merupakan gabungan dari pompa tipe dalam dan luar aquarium sehingga tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan dari keduanya. Keunggulan dari tipe ini adalah versatile, mudah Anda pasang di mana pun, bisa di luar atau di dalam aquarium. Kekurangannya, tipe ini memiliki harga yang lebih mahal dibanding kedua tipe lainnya.

Periksa kesesuaiannya dengan cooler, sterilizing light, atau peralatan lainnya

Periksa kesesuaiannya dengan cooler, sterilizing light, atau peralatan lainnya
Ketika Anda menambahkan perangkat seperti sterilizing light, cooler, atau perangkat lainnya pada aquarium Anda, sirkulasi air akan terhambat. Hal tersebut menyebabkan pompa atau selangnya memperoleh beban ekstra dan tidak akan mampu bekerja sebagaimana mestinya. Tentu Anda bisa melakukan perawatan secara berkala, tetapi performa pompa aquarium Anda tetap tidak akan maksimal.
Karena itu, bila Anda berencana menambahkan perangkat lain pada aquarium Anda, pastikanlah lebih dulu kesesuaiannya dengan spesifikasi pompa aquarium yang hendak Anda beli. Bila perlu, pilihlah pompa aquarium dengan spesifikasi yang cukup tinggi agar lebih fleksibel untuk dipadukan dengan perangkat lain.

Pilih sesuai dengan karakteristik hewan dalam aquarium

Pilih sesuai dengan karakteristik hewan dalam aquarium
Pompa aquarium tidak selalu harus berukuran besar. Penting untuk mengetahui tidak hanya ukuran, tetapi juga karakteristik hewan dalam aquarium Anda. Bila Anda memelihara hewan yang hidup di aliran air tenang, aliran air deras akan membuatnya stres. Selain itu, bila aliran airnya terlalu deras, hewan-hewan akan banyak bersembunyi sehingga Anda tidak bisa menikmati kehadiran mereka dalam aquarium Anda.
Anda bisa mengurangi kekuatan aliran air dengan cara menempatkan kayu atau batu di dekat ujung selang dalam aquarium. Namun, pada bagian tersebut lumut akan lebih cepat tumbuh sehingga Anda harus lebih sering membersihkannya.

10 Rekomendasi pompa aquarium terbaik

Sebelumnya kami sudah menjelaskan cara memilih pompa aquarium. Sekarang, kami akan memberikan 10 rekomendasi pompa aquarium terbaik. Silakan disimak dan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda!
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk pompa aquarium terbaik

Gambar produk
1
Eheim Universal Pumps 1200 1

Eheim

2
Resun Surpass Air Pump AIR8000 1

Resun Surpass

3
Hidom Aquarium Pump HP-6000 1

Hidom

4
Jebo Air Pumps P-70 1

Jebo

5
LEECOM AU-312 1

LEECOM

6
Yamano SP-2600 1

Yamano

7
Amara AA-107 1

Amara

8
Resun SP Submersible Water Pump SP3800 1

Resun SP

9
Atman AT-101 1

Atman

10
Amara AA-350 1

Amara

Nama produk

Universal Pumps 1200

Air Pump AIR8000

Aquarium Pump HP-6000

Air Pumps P-70

AU-312

SP-2600

AA-107

Submersible Water Pump SP3800

AT-101

AA-350

KeunggulanBuild quality terbaik untuk...Sangat ekonomis dengan 4 ca...Pompa amfibi dengan harga b...Sirkulasi air tinggi, daya ...Begitu hening dan hemat lis...Semakin awet dengan ceramic...Mampu menyirkulasi air hing...Pasangan pas untuk aquarium...Karetnya sangat lekat di kacaPompa 2 output dengan harga...
HargaRp 1.840.000,00Rp 214.000,00Rp 215.000,00Rp 739.900,00Rp 58.900,00Rp 77.000,00Rp 280.000,00Rp 132.000,00Rp 47.600,00Rp 33.000,00
Tautan produk

Kesimpulan

Untuk memperoleh pompa aquarium yang paling tepat, Anda harus mempertimbangkan lokasi penempatannya. Apakah Anda akan meletakkannya di dalam aquarium, di luar aquarium, atau mungkin Anda membutuhkan tipe amfibi?
Anda juga harus menyesuaikannya dengan karakteristik hewan dalam aquarium Anda agar mereka bisa berenang bebas di dalam aquarium. Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan spesifikasi pompa dengan peralatan tambahan seperti cooler, sterilizing lamp, dan sebagainya. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2020)
    Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Hobi
    65.632 Views
  • 10 Rekomendasi Layangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Layangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Layangan merupakan salah satu permainan tradisional yang tidak hilang ditelan zaman. Belakangan ini, jumlah lapangan luas yang tidak terhalang tiang listrik makin sedikit. Jumlah anak-anak yang bermain layangan pun berkurang. Namun, hal ini bukan berarti kepopuleran layangan menghilang begitu saja.Kini, bahkan sedang dikembangkan BioKite berteknologi aerodinamik pesawat terbang dan sport kite yang digunakan untuk turnamen profesional. Untuk itu, kami akan berbagi tips mengenai cara memilih layangan serta memperkenalkan sepuluh rekomendasi layangan terbaik untuk Anda. Simak terus artikel ini, ya! 
    Hobi
    12.455 Views
  • 10 Rekomendasi Cat Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cat Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kebanyakan orang menjadikan cat air atau cat minyak sebagai alat lukis favoritnya. Namun, sebenarnya saat ini cat akrilik mulai menjadi salah satu alat lukis alternatif. Apakah Anda sudah mengetahui cara memilih cat akrilik dan menemukan produk yang tepat untuk Anda?Di pasaran, banyak beredar cat akrilik berbagai merek, seperti Liquitex, Faber Castell, atau Winsor & Newton. Untuk membantu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai karakteristik cat akrilik. Tentu saja kami pun akan memberikan rekomendasi produk cat akrilik terbaik untuk Anda. Simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Hobi
    62.600 Views
  • 10 Rekomendasi Baitcasting Reel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Baitcasting Reel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Baitcasting reel adalah penggulung senar pancing yang dirancang untuk teknik casting. Casting dilakukan dengan cara melemparkan dan menarik umpan yang dikaitkan di senar secara berulang hingga dimakan oleh ikan.Kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilih baitcasting reel yang tepat. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan beberapa rekomendasi produk baitcasting reel terbaik, seperti Daiwa, Lixada, dan Shimano. Mari mengenal baitcasting reel lebih detail!
    Hobi
    35.559 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Nyamuk adalah serangga yang dianggap sebagai pengganggu oleh manusia. Selain itu, nyamuk bahkan bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan deman berdarah. Beberapa tanaman seperti lavender, rosemary, dan krisan dikenal memiliki efek mengusir nyamuk sehingga membuat rumah Anda lebih nyaman.Setiap tanaman memiliki keistimewaan masing-masing. Nah, mana yang cocok dengan rumah Anda? Sebagai solusi, kami akan memberikan tips untuk memilih tanaman pengusir nyamuk yang sesuai untuk rumah Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tanaman pengusir nyamuk terbaik yang dapat menjadi pilihan Anda.
    Hobi
    27.915 Views
  • 10 Rekomendasi Drone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Drone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dengan menggunakan drone, Anda bisa dengan mudah memotret dari udara. Meski dulu drone tergolong barang mahal, sekarang sudah banyak drone dengan harga terjangkau dan memiliki performa sangat baik. Namun, adanya drone berkualitas keluaran DJI, Walkera, Cheerson, dan sebagainya bisa saja membuat Anda bingung untuk memilih.Karena itu, dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi drone terbaik. Dengan begitu, Anda pun akan semakin mudah menemukan produk yang paling tepat untuk Anda. Silakan disimak dan pilih drone yang paling Anda suka, ya!
    Hobi
    25.214 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori