• 10 Pompa Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pompa Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pompa Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pompa Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pompa Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pompa Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2022)

Pompa akuarium berfungsi untuk mensirkulasikan air dalam akuarium melalui filter agar kebersihannya selalu terjaga. Keberadaan pompa akuarium sangat diperlukan, terutama bila Anda berencana untuk memelihara ikan hias. Pompa akuarium adalah salah satu alat yang penting bagi keberlangsungan hidup ikan hias.


Kami akan menjelaskan tips memilih pompa akuarium serta mengulas beberapa rekomendasi merek pompa akuarium terbaik. Temukan berbagai produk pompa akuarium yang bagus dan berkualitas, seperti merek Eheim, Resun, dan Hidom dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh pebisnis ikan cupang kami, Fauzi Nasution. Simak informasinya sampai akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Fauzi Nasution
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Pengajar dan pebisnis ikan cupang, Fauzi Nasution

Profil pakar: Pengajar dan pebisnis ikan cupang, Fauzi Nasution
Fauzi Nasution
Pengajar dan pebisnis ikan cupang
Fauzi Nasution

Selain menjadi seorang pengajar di Tim Olimpiade Biologi Indonesia (TOBI), Fauzi juga seorang pebisnis ikan cupang. Ia menjual berbagai macam ikan cupang melalui Instagram-nya. Ia mendapat pengalaman memelihara ikan dan hewan akuatik lainnya dari riset di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), ITB.


Pada 2016–2019, Fauzi melakukan beberapa riset menggunakan zebrafish dan udang vaname. Dari pengalaman riset tersebut, Fauzi menjadi familier dengan berbagai masalah terkait pemeliharaan hewan di akuarium.

Fungsi pompa aquarium

Fungsi pompa aquarium

Pompa akuarium memiliki peran yang sangat penting. Alat ini berfungsi untuk mengalirkan air, mengirim air ke tangki penyaringan (filter), dan berbagai fungsi lainnya. Dengan adanya pengiriman air ke tangki penyaringan, kotoran dan makanan sisa akan tertinggal di filter dan diuraikan oleh bakteri. Inilah yang membuat air di dalam akuarium senantiasa terjaga kebersihannya.


Aliran air yang diciptakan oleh mesin pompa akan meningkatkan kadar oksigen terlarut dalam air. Oksigen ini tidak hanya penting untuk ikan, tetapi juga untuk koral, tanaman air, serta bakteri di dalam akuarium. Lalu, bila pompa digabungkan dengan alat pengatur suhu, Anda akan dapat menjaga kestabilan temperatur dalam akuarium.


Selain itu, pompa akuarium juga berfungsi untuk mixing air. Berkat mixing tersebut, nutrisi dan panas dari heater dapat terdistribusi secara merata di dalam air

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pompa aquarium

Apakah ada spesifikasi khusus yang harus diperhatikan ketika hendak memilih pompa akuarium? Tentu saja! Untuk lebih jelasnya, ikuti terus artikel ini hingga akhir.

Tentukan jenis pompa yang Anda butuhkan

Di pasaran Anda akan menemukan pompa udara dan pompa air untuk akuarium. Apa fungsinya dan bagaimana cara mengetahui jenis pompa yang Anda butuhkan? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Power head, mensirkulasikan air untuk membersihkan kotoran dan sisa makanan

Power head, mensirkulasikan air untuk membersihkan kotoran dan sisa makanan

Kotoran ikan dan sisa makanan dalam akuarium lama-kelamaan akan membuat air menjadi kotor dan keruh. Kondisi ini tentunya tidak baik bagi ikan sehingga Anda perlu segera mengatasinya menggunakan power head. Power head adalah pompa air yang ditempatkan di dalam tangki akuarium untuk menarik air masuk ke dalam filter.


Setelah melewati filter, air yang sudah bersih akan dikembalikan lagi ke dalam akuarium. Aliran air yang keluar mengarah ke segala arah sehingga air bersirkulasi ke seluruh tangki dan sedikit mengguncang permukaan. 


Guncangan yang timbul akan memperbesar luas permukaan air yang kontak dengan udara sehingga dapat meningkatkan pertukaran gasSimak informasi mengenai power head terbaik yang telah kami siapkan di bagian rekomendasi produk.

Aerator, meningkatkan kadar oksigen terlarut dalam air

Aerator merupakan pompa udara yang akan memastikan kadar oksigen dalam akuarium ada dalam jumlah memadai. Pompa ini bekerja dengan cara memompa udara masuk ke dalam akuarium. 


Dalam penggunaannya, aerator dikombinasikan dengan air stone agar menghasilkan gelembung udara dan nantinya meningkatkan kadar oksigen terlarut. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, power head juga bisa menambah kadar oksigen dalam air.


Namun, aerator merupakan penyelamat saat keadaan darurat, misalnya ketika terjadi pemadaman listrik yang cukup lama. Hal tersebut dimungkinkan karena saat ini sudah banyak aerator yang menggunakan baterai untuk mengoperasikannya. Nah, jangan lewatkan rekomendasi aerator akuarium terbaik di bagian akhir artikel ini, ya.


Meskipun demikian, penggunaan pompa air lebih baik dibandingkan pompa udara untuk akuarium dengan kerapatan/biota yang tinggi. Kemampuan mixing pompa air jauh lebih baik sehingga cocok untuk akuarium tersebut. 

Pilih flow rate yang sesuai dengan ukuran aquarium

Untuk menjaga kualitas air dalam akuarium, Anda perlu menyesuaikan flow rate dengan ukuran akuarium yang akan digunakan. Flow rate yang dimaksud di sini adalah banyaknya volume air yang dapat disirkulasikan dalam waktu satu jam. Sebagai contoh, jika akuarium berkapasitas 200 liter, pompa dengan flow rate 10 akan dapat mensirkulasikan 2000 liter per jam.


Untuk menghitung ukuran akuarium atau kapasitas air, gunakan rumus panjang x lebar x tinggi. Setelah mengetahui ukuran akuarium, pilihlah produk dengan flow rate atau kecepatan aliran yang sesuai. Sebagai panduan, pilih pompa dengan flow rate 5 hingga 7 untuk menghasilkan lingkungan dengan aliran yang tenang.

Kenali tipe pompa berdasarkan lokasi pemasangannya

Berdasarkan lokasi pemasangannya, pompa akuarium terdiri atas tiga tipe, yakni submerged, inline, dan tipe amfibi. Masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Simak pemaparan selengkapnya sembari menentukan lokasi pemasangan yang Anda kehendaki.

Submersible pump, mudah dipasang dan cenderung tidak berisik

Sesuai dengan namanya, submersible pump merupakan pompa yang dipasang di bawah permukaan air. Pompa ini bekerja dengan cara menarik air untuk dialirkan melalui filter sehingga akuarium menjadi bersih kembali.


Proses instalasi submersible pump umumnya lebih mudah karena tidak memerlukan tempat khusus. Lalu, karena dipasang di bawah permukaan air, suara yang dihasilkan pun cenderung tidak mengganggu.


Namun, pompa ini menghasilkan panas sehingga suhu akuarium secara keseluruhan akan meningkat. Selain itu, submersible pump juga membutuhkan luas area tertentu di dalam akuarium. Hal tersebut menyebabkan ruangan untuk meletakkan ornamen menjadi berkurang. Ruangan untuk pergerakan ikan juga berkurang terutama pada akuarium kecil.

Inline pump, lebih kuat dan tidak memengaruhi suhu air

Berkebalikan dengan tipe sebelumnya, inline pump adalah pompa yang dipasang di luar akuarium. Tipe ini terdiri dari berbagai ukuran, mulai dari yang kecil hingga besar. Kekuatan alirannya pun biasanya lebih besar dibanding tipe submersible. Inline pump juga dapat digunakan untuk lebih dari satu akuarium yang memiliki lebih dari satu outlet.


Namun, Anda perlu menyediakan tempat pemasangan khusus dan perlu berhati-hati menempatkannya bila ada anak-anak atau hewan peliharaan. Selain itu, suara pompa ini cukup bising sehingga mungkin akan mengganggu konsentrasi Anda saat sedang berada di dekat akuarium.


Inline pump juga tetap dapat meningkatkan suhu air, misalnya ketika overheat. Meskipun demikian, peningkatan suhu airnya tidak begitu signifikan seperti submersible pump.

Tipe amfibi, pemasangan dapat disesuaikan dengan kebutuhan ikan

Sementara itu, pompa tipe amfibi merupakan gabungan dari kedua tipe pompa di atas. Keuntungan dari tipe ini ialah dapat dipasang di bagian luar atau di dalam akuarium. Dengan demikian, instalasi pompa bisa disesuaikan dengan kebutuhan ikan hias yang sedang Anda pelihara. Namun, pompa amfibi biasanya dijual dengan harga lebih tinggi dibanding kedua tipe lainnya.

Periksa kesesuaiannya dengan cooler, sterilizing light, atau peralatan lainnya

Periksa kesesuaiannya dengan cooler, sterilizing light, atau peralatan lainnya

Ketika Anda menambahkan perangkat seperti sterilizing light, cooler, atau perangkat lainnya pada akuarium Anda, sirkulasi air akan terhambat. Hal tersebut menyebabkan pompa atau selangnya memperoleh beban ekstra dan tidak akan mampu bekerja sebagaimana mestinya. Tentu Anda bisa melakukan perawatan secara berkala, tetapi performa pompa akuarium Anda tetap tidak akan maksimal.


Karena itu, bila Anda berencana menambahkan perangkat lain pada akuarium Anda, pastikan terlebih dulu kesesuaiannya dengan spesifikasi pompa akuarium yang hendak Anda beli. Jika perlu, pilihlah pompa akuarium dengan spesifikasi yang cukup tinggi agar lebih fleksibel untuk dipadukan dengan perangkat lain.

Sesuaikan dengan karakteristik hewan dalam aquarium

Sesuaikan dengan karakteristik hewan dalam aquarium

Pompa akuarium tidak selalu harus berukuran besar. Penting untuk mengetahui tidak hanya ukuran, tetapi juga karakteristik hewan dalam akuarium Anda. Apabila Anda memelihara hewan yang hidup di aliran air tenang, aliran air deras akan membuatnya stres. Selain itu, bila aliran air terlalu deras, ikan cenderung bersembunyi sehingga Anda tidak bisa menikmati keindahan mereka.


Anda bisa mengurangi kekuatan aliran air dengan cara menempatkan kayu atau batu di dekat ujung selang dalam akuarium. Namun, pada bagian tersebut biofilm (bakteri bertekstur licin) akan lebih cepat tumbuh sehingga Anda harus lebih sering membersihkannya.

10 Rekomendasi pompa aquarium terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pompa akuarium terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Fauzi Nasution.

10
Jenis pompaPower Head
Tipe pemasanganAmfibi
Flow rate1200 liter/jam
Daya28 watt
9
Jenis pompaPower Head
Tipe pemasanganAmfibi
Flow rate3500 liter/jam
Daya80 watt
8
Jenis pompaAerator
Tipe pemasanganInline
Flow rate1080 liter/jam
Daya8,5 watt
7
Jenis pompaPower Head
Tipe pemasanganSubmersed
Flow rate5000 liter/jam
Daya105 watt
6
Jenis pompaAerator
Tipe pemasanganInline
Flow rate90 liter/jam
Daya1,5 watt
5
Jenis pompaPower Head
Tipe pemasanganSubmersed
Flow rate400 liter/jam
Daya5 watt
4
Jenis pompaAerator
Tipe pemasanganInline
Flow rate210 liter/jam
Daya5 watt
3
Jenis pompaPower head
Tipe pemasanganSubmersed
Flow rate2000 liter/jam
Daya25 watt
2
Jenis pompaPower Head
Tipe pemasanganSubmersed
Flow rate2000 liter/jam
Daya32 watt
1

YANGPortable Battery Air Pump

YY-001

Mulai dari Rp 28.000,00

Jenis pompaAerator
Tipe pemasanganInline
Flow rate120 liter/jam
Daya3 watt

Tabel perbandingan produk pompa aquarium terbaik

Gambar produk
1
YANG Portable Battery Air Pump 1

YANG

2
YAMANO Water Pump 1

YAMANO

3
RESUN SP Power Head 1

RESUN

4
Nikita Star Air Pump 1

Nikita Star

5
Atman Power Liquid Filter 1

Atman

6
LEECOM Air Pump 1

LEECOM

7
AMARA Power Liquid Filter 1

AMARA

8
PUMPA Air Pump 1

PUMPA

9
Hidom Amphibious Pump 1

Hidom

10
EHEIM Universal 1200 1

EHEIM

Nama produk

Portable Battery Air Pump

Water Pump

SP Power Head

Air Pump

Power Liquid Filter

Air Pump

Power Liquid Filter

Air Pump

Amphibious Pump

Universal 1200

Keunggulan

Ikan bisa tetap hidup meski mati lampu

Makin awet dengan ceramic shaft dan epoxy resin

Pasangan pas untuk aquarium besar sekalipun!

Pompa 2 output dengan harga yang ekonomis

Karetnya sangat lekat di kaca

Begitu hening dan hemat listrik, lho!

Mampu mensirkulasi air hingga 5000 liter/jam!

Sangat ekonomis dengan 4 cabang output dalam 1 pompa

Pompa amfibi dengan harga bersahabat

Build quality terbaik untuk durabilitas maksimal

Harga mulai dariRp 28.000,00Rp 84.900,00Rp 145.000,00Rp 33.000,00Rp 64.000,00Rp 59.900,00Rp 385.000,00Rp 200.000,00Rp 265.000,00Rp 1.898.000,00
Jenis pompaAeratorPower HeadPower headAeratorPower HeadAeratorPower HeadAeratorPower HeadPower Head
Tipe pemasanganInlineSubmersedSubmersedInlineSubmersedInlineSubmersedInlineAmfibiAmfibi
Flow rate120 liter/jam2000 liter/jam2000 liter/jam210 liter/jam400 liter/jam90 liter/jam5000 liter/jam1080 liter/jam3500 liter/jam1200 liter/jam
Daya3 watt32 watt25 watt5 watt5 watt1,5 watt105 watt8,5 watt80 watt28 watt
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk aksesori dan perawatan ikan lainnya di sini

Selain pompa akuarium, kami juga memiliki rekomendasi produk aksesori dan perawatan ikan lainnya. Terdapat beberapa produk, seperti hiasan akuarium, filter akuarium, dan lain sebagainya. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Untuk memperoleh pompa akuarium yang paling tepat, Anda perlu mempertimbangkan jenis pompa dan lokasi penempatannya. Apakah Anda akan meletakkannya di dalam akuarium, di luar akuarium, atau mungkin Anda membutuhkan tipe amfibi?


Lalu, sesuaikan juga dengan karakteristik hewan yang akan dipelihara agar dapat mendukung ekosistem akuarium secara optimal. Jangan lupa perhatikan spesifikasi pompanya juga, ya. Nah, selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Filter Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022)
    10 Filter Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022)
    Filter berperan krusial bagi kelangsungan hidup ekosistem akuarium sehingga Anda perlu berhati-hati dalam memilihnya. Filter akuarium memiliki banyak variasi, seperti gantung, eksternal, serta tipe undergravel. Ditambah lagi, berbagai merek mulai dari Resun, JEBO, AMARA, dan Atman juga tersedia. Tak heran jika Anda merasa kebingungan saat memilih filter yang bagus.Nah, kali ini kami akan membantu Anda dengan menjabarkan cara memilih filter akuarium terbaik. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk filter akuarium untuk Anda pertimbangkan. Artikel ini juga telah ditinjau oleh aquascaper kami, Alfitrah Hanif Saragih. Marilah simak lebih lanjut!
    Perawatan ikan
  • 10 Pasir Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pasir Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    Pasir aquarium adalah salah satu substrate dalam seni menghias aquarium atau aquascape. Pasir berfungsi sebagai media untuk menumbuhkan tanaman dan menjernihkan air. Pasir juga dinilai sebagai media yang paling murah untuk mendekorasi aquarium dibanding tanah, kayu, dan batu.Di artikel ini, kami akan memaparkan cara memilih pasir aquarium yang bagus untuk Anda. Berbagai jenis pasir terbaik seperti pasir Malang, pasir Bali, dan pasir yamaya muncul dalam rekomendasi kami. Artikel ini juga telah ditinjau oleh aquarist kami, Albert Deil. Simak sampai habis, yuk!
    Perawatan ikan
  • 10 Lampu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lampu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    Aquascape merupakan karya menyusun hiasan dalam akuarium agar ikan merasa seperti berada dalam habitat aslinya. Selain bebatuan alam dan koral, salah satu pelengkap yang tak boleh dilewatkan untuk membuat aquascape adalah lampu. Di pasaran, lampu aquascape tersedia dalam beragam jenis dan ukuran sesuai kebutuhan.Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai cara memilih lampu aquascape yang bagus. Kami juga akan mengulas sepuluh produk dari merek terbaik, seperti Emico, Chihiros, Kiyosaki, dan sebagainya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh aquarist kami, Albert Deil. Mari baca informasi selengkapnya!
    Perawatan ikan
  • 10 Batu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Batu Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    Aquascape adalah seni menghias aquarium menggunakan tanaman air, kayu, dan batu sehingga tercipta pemandangan bawah air yang indah. Batu merupakan salah satu part penting dalam aquascape. Karena itu, kami akan merekomendasikan batu aquascape terbaik di artikel ini. Batu seiryu hitam, dragon stone, serta batu besi merupakan beberapa jenis batu aquascape yang muncul di rekomendasi produk. Batu-batu tersebut memiliki keunikan tersendiri. Batu jenis apa yang sebaiknya dipilih? Untuk membantu Anda menemukan batu aquascape yang bagus, kami telah mengumpulkan informasi yang sebaiknya diperhatikan. Artikel ini sudah ditinjau oleh aquarist kami, Albert Deil.
    Perawatan ikan
  • 10 Hiasan Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hiasan Aquarium Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    Akuarium indah dengan ikan yang sehat bisa menjadi terapi mata yang menyenangkan. Hal ini dipercaya bisa membuat Anda merasa lebih relaks. Selain itu, akuarium juga bisa difungsikan sebagai dekorasi ruangan. Dengan manfaat di atas, banyak orang ingin memiliki akuarium dengan hiasan yang cantik.Namun, sebagian orang masih kesulitan memilih hiasan yang sesuai untuk akuariumnya. Mari simak tips menata akuarium yang telah kami siapkan. Artikel ini juga telah ditinjau oleh aquarist kami, Albert Deil. Beberapa tanaman hias seperti Java moss, Lilaeopsis brasiliensis, serta hiasan rumah nanas SpongeBob akan diulas lengkap!
    Perawatan ikan
  • 10 Saringan Ikan Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saringan Ikan Terbaik - Ditinjau oleh Aquarist (Terbaru Tahun 2022)
    Saringan atau serokan ikan adalah salah satu perlengkapan wajib saat memelihara ikan. Anda bisa memilih serokan ikan yang kecil atau besar sesuai dengan ukuran ikan Anda. Jangan lupa juga mempertimbangkan bahan saringan sesuai dengan jenis ikan, seperti ikan cupang ataupun ikan koi.Di artikel ini kami akan berbagi tips memilih saringan ikan. Informasi di artikel ini telah ditinjau oleh aquarist kami, Albert Deil. Setelah itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk saringan ikan yang bagus. Produk serokan ikan yang kami rekomendasikan dapat digunakan pada akuarium atau kolam. Selamat membaca!
    Perawatan ikan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori