10 Rekomendasi Lampu Belakang Sepeda (Tail Light) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Lampu Belakang Sepeda (Tail Light) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bersepeda saat ini bukan hanya sekadar hobi tetapi juga telah menjadi bagian dari lifestyle. Demi mendukung gaya hidup sehat kekinian, alangkah baiknya jika Anda juga memperhatikan keamanan diri saat mengendarai sepeda, terutama di malam hari. Kini sudah banyak model lampu sepeda yang menggunakan jenis lampu LED hingga laser sehingga lebih aman digunakan saat malam hari.

Dari sekian banyak tipe lampu belakang dengan harga dan fungsi yang berbeda-beda, 10 lampu belakang sepeda rekomendasi kami di artikel ini mungkin dapat menjadi alternatif pilihan. Pada artikel ini kami juga akan menjelaskan tips memilih lampu belakang sepeda guna mempermudah pencarian Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih lampu belakang sepeda (tail light)

Lampu belakang sepeda sangat penting terutama jika Anda sering mengendarai sepeda di malam hari. Berikut ini adalah poin-poin yang harus Anda perhatikan dalam memilih lampu belakang sepeda yang tepat.

Pilihlah lampu yang ringan

Pilihlah lampu yang ringan

Jika Anda mengendarai sepeda bertipe road bike, kami sarankan Anda memilih lampu belakang yang ringan dan compact. Alih-alih memilih lampu berbaterai AAA, Anda sebaiknya memilih lampu yang menggunakan baterai bulat atau yang menggunakan baterai rechargeable yang lebih ringan saat dipasangkan di sepeda Anda.

Memilih berdasarkan moda aktivitas Anda

Hal-hal yang harus Anda pertimbangkan saat memilih lampu belakang sepeda yang bagus adalah sebagai berikut.

Fitur waterproof agar tetap aman saat hujan

Fitur waterproof agar tetap aman saat hujan

Bagi Anda yang tetap bersepeda di hari hujan, kami rekomendasikan untuk memilih lampu belakang yang tahan air alias waterproof. Fitur waterproof ini akan menjaga lampu Anda tetap menyala tanpa masalah meskipun terkena cipratan air hujan.

Selain itu, hujan seringkali mengaburkan pandangan pengendara lain. Memiliki lampu belakang yang berfungsi dengan baik akan membuat sepeda Anda tetap terlihat sehingga pengendara lain bisa mengenali keberadaan Anda. Sebagai tambahan, perhatikan pula penahan lampu, pilih yang kuat agar lampu belakang Anda tidak mudah terjatuh karena goncangan.

Lampu berwarna biru untuk keamanan lebih

Lampu berwarna biru untuk keamanan lebih

Rata-rata orang memilih lampu belakang berwarna merah. Mereka berpendapat bahwa warna merah dapat terlihat bahkan dari jarak yang cukup jauh. Namun, lampu belakang berwarna merah kurang terlihat jika digunakan dalam kondisi berkabut atau hujan di malam hari.

Untuk itu, kami sarankan Anda memilih lampu belakang berwarna biru yang tetap terlihat dalam kondisi gelap dan berkabut sekalipun.

Tipe lampu otomatis untuk si pelupa

Tipe lampu otomatis untuk si pelupa

Beberapa tipe lampu belakang memiliki tombol on/off yang mengharuskan Anda menyalakannya terlebih dahulu sebelum bersepeda. Jika Anda merasa hal ini akan membuat repot atau Anda adalah tipe pelupa, kami sarankan Anda memilih lampu belakang dengan fitur otomatis yang akan menyala sendiri ketika kondisi sekitar sudah mulai gelap. Dengan lampu otomatis Anda tidak perlu khawatir lupa menyalakan lampu belakang lagi.

Memilih berdasarkan tipe baterai

Ada beberapa tipe baterai untuk lampu belakang sepeda, dan berikut ini adalah hal-hal yang wajib Anda tahu.

Lampu hemat energi untuk daya tahan baterai lebih lama

Lampu hemat energi untuk daya tahan baterai lebih lama

Lampu belakang sepeda bertipe LED sangatlah populer karena selain lampu ini tahan lama, daya baterai yang digunakan pun tidak terlalu besar sehingga lebih hemat energi. Umumnya lampu LED dapat bertahan hingga 100 jam dengan daya yang relatif kecil. Untuk tipe baterai sendiri, Anda dapat memilih lampu dengan baterai bulat yang cenderung lebih ringan.

Namun, jika Anda merasa repot harus mengganti baterai ketika dayanya sudah habis, Anda dapat memilih lampu dengan baterai yang rechargeable atau lampu dengan baterai bertenaga surya. Jika Anda membeli secara online, pastikan terdapat informasi tentang daya tahan baterai dan tipe baterai di deskripsi produk yang Anda minati.

Baterai bertenaga surya atau USB-charged sebagai alternatif

Baterai bertenaga surya atau USB-charged sebagai alternatif

Kebanyakan lampu belakang sepeda hadir dengan baterai yang harus segera diganti bila habis dayanya. Akan tetapi, terdapat juga beberapa produk dengan baterai yang bisa diisi ulang menggunakan kabel USB. Tipe ini cocok bagi Anda yang tidak ingin repot mengganti baterai. Hanya saja, daya baterai tipe ini biasanya cepat habis sehingga Anda harus memastikan untuk secara rutin mengisi ulang dayanya.

Selain tipe USB, baterai bertenaga surya juga mulai populer. Anda tidak perlu repot mengisi ulang dan baterai ini juga biasanya lebih hemat energi. Namun, seperti tipe lainnya, lampu dengan baterai bertenaga surya juga pada akhirnya harus diganti. Biasanya baterai tipe ini dapat bertahan mulai dari satu hingga beberapa tahun.

Pilihlah posisi yang pas untuk lampu belakang Anda

Pilihlah posisi yang pas untuk lampu belakang Anda

Umumnya, lampu belakang sepeda dipasang di bawah sadel. Namun, jika Anda juga memasang saddle bag di bawah sadel sepeda, Anda harus memilih posisi lain. Sebagai alternatif, Anda dapat memasang lampu belakang pada bagian sepatbor. Cukup pastikan bahwa lampu terpasang kuat dan tetap terlihat oleh kendaraan di belakang Anda terutama saat hujan atau kabut di malam hari.

10 Rekomendasi lampu belakang sepeda (tail light) terbaik

Pada bagian ini, kami akan merekomendasikan 10 produk lampu belakang sepeda yang telah kami pilih dengan seksama. Simak rekomendasi kami dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas Anda, juga posisi di mana Anda akan memasang lampu tersebut.

10. Bicycle Tail Light Safety Light

10. Bycicle Tail Light Safety Light

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 24.500

Ukuran compact, mudah dibongkar pasang

Ringan, compact, waterproof, mudah dibongkar pasang. Itulah frasa yang paling tepat untuk menggambarkan keunggulan lampu sepeda ini. Berbentuk menyerupai jam tangan dengan silicon strap, lampu sepeda berukuran mungil ini mudah dipasang maupun dilepas. Untuk Anda yang kerap bergonta-ganti sepeda, lampu ini sudah sepatutnya Anda miliki.

Meski berukuran kecil, cahaya yang dihasilkan dari lampu sepeda ini cukup terang untuk menyinari jalanan yang gelap dan berkabut tipis dimana jarak pandang menjadi terbatas. Menggunakan lampu LED yang ditenagai 2 baterai bulat, produk ini memiliki usia yang cukup panjang. Fitur waterproof yang ada pada lampu ini membuat Anda bisa terus bersepeda meski hujan turun.

9. Solar Energy Bicycle Tail Light

9. Solar Energy Bicycle Tail Light

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 21.500

Lampu sepeda dengan tenaga surya

Bagi Anda yang tidak ingin repot mengganti baterai atau bolak-balik mengisi ulang daya dengan cara mengecas, lampu sepeda dengan sumber energi utama tenaga surya ini adalah pilihan terbaik. Cukup bersepeda di siang hari, baterai lampu sepeda ini akan terisi penuh dan dapat menyala dengan terang di malam hari.

Lampu sepeda ini memiliki 3 mode cahaya yang bisa Anda atur sesuka hati, yakni kelap-kelip, flash, serta cahaya yang stabil. Meski berukuran kecil, lampu sepeda ini sangatlah terang sehingga bisa memberi rambu-rambu bagi kendaraan lain yang hendak melintas dari arah belakang. Lampu ini mudah dipasang di bagian belakang sepeda.

8. Lampu Belakang Sepeda LED Rechargeable

8. Lampu Belakang Sepeda LED Rechargeable

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 115.000

Waterproof dan rechargeable

Apakah Anda menginginkan lampu belakang sepeda yang tahan lama sekaligus irit? Lampu belakang sepeda rechargeable ini sangatlah sesuai dengan harapan Anda. Ditenagai baterai lithium yang tertanam pada body, Anda tak perlu membeli baterai baru saat lampu meredup, melainkan bisa mengecasnya menggunakan charger ponsel atau gawai lainnya.

Lampu ini juga memiliki fitur waterproof sehingga Anda tidak perlu khawatir lampu rusak saat diajak berkendara di bawah hujan. Selain bisa dipasang pada rangka sepeda, lampu yang memiliki 6 mode cahaya ini juga bisa dipasang pada helm sebagai pengganti headlamp.

7. Rapid X Bicycle Tail Light

7. Rapid X Bicycle Tail Light

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 44.000

Fleksibel, bisa dipasang di semua bagian rangka sepeda

Inilah lampu belakang sepeda yang sangat stylish. Memiliki bentuk yang ramping, lampu ini bisa dicas menggunakan kabel USB bawaan dari lampu LED maupun menggunakan kabel dari gawai lain. Anda pun bisa mengecasnya sewaktu-waktu jika menemukan sumber listrik. Lampu ini kami rekomendasikan untuk Anda yang tidak masalah meski harus kerap mengecasnya sebab lampu ini hanya mampu bertahan maksimal 12 jam penggunaan tanpa henti dengan mode kedip.

Lampu sepeda ini juga sangat fleksibel. Selain bisa dipasang di bawah sadel, lampu ini bisa juga dipasang di setang dan hampir semua bagian rangka sepeda. Dengan body yang tahan air serta karet pengikat yang kencang, lampu berwarna biru ini akan tetap aman meski harus melewati jalan yang bergelombang.

6. CoolChange Super Bright Tail Light

6. CoolChange Super Bright Tail Light

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 56.264

Dilengkapi sensor pintar yang bisa menyala otomatis dan mampu berputar 90o

CoolChange Super Bright Tail Light memiliki sensor pintar sehingga lampu akan menyala otomatis saat Anda mengayuh sepeda dalam kondisi gelap. Ditambah lagi dengan kemampuan memancarkan cahaya hingga 100 lumens, lampu ini akan menjadi penerang yang baik saat Anda berkendara di malam hari.

Fitur menarik dari lampu ini adalah bagian engsel bisa diputar atau digerakkan dari atas ke bawah dan sebaliknya, 90 degree rotation. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menyesuaikan arah sorot lampu. Lampu belakang sepeda ini ditenagai oleh 2 baterai AAA. Untuk Anda yang menginginkan lampu canggih dan memiliki pergerakan yang dinamis, CoolChange Super Bright Tail Light layak dimiliki.

5. HL LS-01 Safety Warning Light

5. HL LS-01 Safety Warning Light

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 24.500

Adanya quick release button untuk menghindari lampu dicuri

Jika Anda adalah pribadi yang tidak hanya mengutamakan fungsi namun juga gaya, HL LS-01 Safety Warning Light ini adalah pilihan yang paling pas untuk Anda. Soal fungsi jelas tidak diragukan lagi. Dengan menggunakan 5 LED, lampu ini mampu menyala terang dan memancarkan jalur sepeda virtual ke jalan sehingga membuat pengendara lain akan menjaga jarak dengan Anda. Desainnya yang trendi membuat sepeda Anda semakin gaya.

HL LS-01 Safety Warning Light menggunakan tenaga 2 baterai AAA yang harus diganti jika daya sudah melemah. Lampu ini memiliki 2 metode penggunaan, yakni standby serta flashing. Fitur lainnya yang menarik adalah tahan terhadap air serta quick release button yang memungkinkan Anda melepas lampu dengan cepat saat berada di tempat parkir guna menghindari pencurian lampu sepeda.

4. Meilan X6 Bicycle Smart Tail Light

4. Meilan X6 Bicycle Smart Tail Light

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 155.000

Lampu sepeda pintar yang dapat menyala dan mati secara otomatis

Jika Anda seorang yang pelupa dan menginginkan lampu belakang sepeda yang canggih, Meilan X6 sangat cocok untuk dipasang di bagian belakang sepeda Anda. Lampu sepeda ini dilengkapi sensor canggih, dimana saat kondisi gelap, lampu sepeda akan otomatis menyala. Ketika sepeda berhenti dan tidak ada gerakan, lampu akan mati selama beberapa detik, kemudian menyala lagi tatkala mendeteksi getaran.

Lampu sepeda ini menggunakan baterai lithium yang bisa menyala 36 jam tanpa henti. Jika daya baterai habis, Anda tinggal mengisi ulang menggunakan kabel USB. Produk ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang hobi touring. Anda bisa mengisi ulang baterainya sehari sekali saat beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan lagi. Menarik, bukan?

3. CAT EYE OMNI 3 Bicycle Tail Light

3. CAT EYE OMNI 3 Bicycle Tail Light

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 135.000

Bersinar terang seperti mata kucing

Seperti namanya, cat eye, lampu sepeda ini mampu menembus kegelapan malam layaknya mata kucing. Cahaya LED yang sangat terang membuat sepeda Anda bisa terlihat sekaligus menjadi penuntun langkah bagi kendaraan di belakang Anda. Lampu ini adalah kawan terbaik Anda saat bersepeda di malam hari.

Cat Eye hadir dengan 3 metode penerangan, yakni konstan, berkedip, serta cepat. Anda tinggal memilih mode apa yang hendak dipakai tergantung dengan kebutuhan. Proses pemasangan lampu sepeda ini pun mudah. Anda bisa meletakkannya di bawah jok sepeda Anda.

2. LED Laser Bicycle Tail Light

2. LED Laser Bicycle Tail Light

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Lampu sepeda plus laser, membuat jejak Anda terlihat jelas

Meski sudah menyalakan lampu belakang sepeda, cuaca yang terlalu gelap dan berkabut akan membuat cahaya lampu sepeda tersamarkan. LED Laser Bicycle Tail Light ini cocok untuk Anda yang menginginkan kenyamanan dan perlindungan ganda saat bersepeda. Selain menampilkan cahaya lampu berwarna biru, tail light ini juga memberikan garis laser merah di sini kanan dan kiri sepeda Anda. Kini segelap apa pun jalanan, keberadaan Anda bisa terdeteksi oleh kendaraan lain.

Lampu sepeda ini ditenagai dengan 2 baterai AAA. Pastikan selalu gunakan baterai yang baru supaya lampu LED dan lasernya bisa terang maksimal. Lampu sepeda ini tahan terhadap percikan air dan guyuran hujan alias waterproof.

1. ROCKBROSS Anti Theft Smart Tail Light

1. ROCKBROSS Anti Theft Smart Tail Light

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 269.000

Canggih dan multifungsi

Anda menginginkan lampu sepeda yang canggih sekaligus memiliki beragam fungsi tambahan? ROCKBROS hadir untuk menjawab keinginan Anda. Sebagai lampu sepeda, ketangguhan produk ini jelas teruji. Cukup dicas selama 2 jam, lampu ini bisa digunakan selama 15 hari. Cahaya yang dihasilkan sangat terang dan menyebar rata hingga bisa menghalau kabut yang cukup pekat. Dilengkapi vibration sensor smart switch, tingkat keterangan cahaya lampu ini bisa menyesuaikan dengan kondisi jalan.

Lampu yang tetap aman meski diterpa guyuran hujan ini juga memiliki fitur anti theft. Cukup tekan tombol lock saat sepeda Anda tinggalkan di parkiran, nantinya jika ada orang jahat yang hendak mencuri sepeda Anda, alarm akan berbunyi dengan keras. Dengan menggunakan produk ini, keamanan Anda maupun sepeda Anda tetap terjaga.

Kesimpulan

Lampu belakang sepeda merupakan perangkat wajib untuk menjaga keamanan Anda terutama saat bersepeda di malam hari. Semoga rekomendasi kami kali ini dapat membantu Anda menemukan lampu belakang sepeda yang tepat untuk tipe aktivitas dan kebutuhan Anda. Pilihlah lampu terbaik dan bersepedalah dengan nyaman dan aman!