1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Makeup mata
  6. >
  7. 10 Maskara Terbaik yang Tahan Lama - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Maskara Terbaik yang Tahan Lama - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Maskara Terbaik yang Tahan Lama - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Maskara Terbaik yang Tahan Lama - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Maskara Terbaik yang Tahan Lama - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Maskara Terbaik yang Tahan Lama - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Maskara Terbaik yang Tahan Lama - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)

Penggunaan maskara dapat membuat riasan mata menjadi lebih hidup. Namun, saat menggunakannya mungkin Anda khawatir maskara tersebut akan luntur terkena air atau keringat. Untuk itu, kami akan membahas produk maskara yang bagus dan tahan lama beserta tips memilihnya.

Rekomendasi merek maskara terbaik, seperti L’Oreal, Make Over, dan Maybelline dapat Anda temukan di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty content creator sekaligus makeup artist kami, Luella Artistry. Yuk, langsung saja simak cara memilih maskara yang bagus berikut ini.
Diperbaharui 12-30-2022
Pakar
Beauty content creator dan MUA
Luella Artistry

Luella adalah seorang beauty content creator dan makeup artist. Ia memulai karier di bidang beauty sejak tahun 2017. Berawal dari passion-nya sebagai MUA, Ia terjun lebih dalam lagi ke dunia beauty sebagai content creator. Luella berpengalaman banyak dalam mencoba berbagai produk skincare dan makeup. Hal tersebut membuat dirinya makin paham bagaimana cara memaksimalkan dan memilih produk sesuai jenis kulit. Ia juga gemar membagikan review dan rekomendasi berbagai produk di media sosial.

Profil Luella Artistry
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ucha Candra

Ucha Candra, atau akrab dipanggil Ucha, adalah lulusan Universitas Brawijaya jurusan Sastra Jepang. Kecintaannya pada dunia tulis menulis mengantarkannya bergabung dengan mybest Indonesia sejak 2017. Selain menjadi content writer, kini ia juga berkesempatan menjadi editor. Kesempatan ini membawanya untuk meng-explore hobinya lebih jauh, yakni dunia skincare dan fashion. Tak hanya berupa tulisan, beberapa konten review Ucha juga bisa dilihat di akun Instagram miliknya.

Profil Ucha Candra
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih maskara yang tahan lama

Untuk makeup tahan seharian, Anda butuh maskara yang waterproof dan tahan lama. Akan tetapi, bagaimana cara memilih produk maskara yang bagus? Berikut cara memilih maskara tahan lama yang kami himpun untuk Anda.

① Ketahui jenis-jenis maskara yang tahan lama

Maskara yang tahan lama biasanya dilengkapi formula waterproof, oilproof, atau smudgeproof. Mari kenali ketiga perbedaannya.

Maskara waterproof, tahan air sehingga tidak mudah luntur

Maskara waterproof, tahan air sehingga tidak mudah luntur
Saat mendengar maskara yang tahan lama, kebanyakan orang akan memikirkan maskara dengan formula waterproof. Seperti namanya, maskara jenis ini memiliki sifat tahan terhadap air sehingga tidak akan luntur. Maskara waterproof juga tidak menyebabkan kehitaman di bawah mata atau mata panda.

Maskara waterproof cocok bagi Anda yang sering menggunakan lensa kontak, obat tetes mata, dan matanya mudah berair. Selain itu, maskara waterproof juga dapat dijadikan pilihan saat berkeringat saat cuaca panas.

Maskara oilproof, tahan minyak cocok untuk kulit berminyak

Maskara oilproof, tahan minyak cocok untuk kulit berminyak
Maskara dengan formula oilproof memiliki karakteristik tahan terhadap minyak dan sebum. Maskara oilproof kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak. Hal itu disebabkan minyak pada kulit Anda akan melunturkan maskara sehingga mudah hilang dan merusak keseluruhan makeup.

Maskara smudgeproof, tidak meninggalkan noda meski dipakai dalam waktu yang lama

Maskara smudgeproof, tidak meninggalkan noda meski dipakai dalam waktu yang lama
Perpaduan antara maskara yang waterproof dan oilproof dikenal dengan sebutan smudgeproof atau antinoda. Maskara jenis ini tahan keringat dan sebum sehingga tidak luntur walau sudah digunakan dalam waktu yang lama. Tipe ini cocok untuk Anda yang ingin mempertahankan bulu mata tetap lentik dan panjang sepanjang hari.

Maskara film type, bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan air hangat

Maskara film type, bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan air hangat
Maskara film type merupakan salah satu tipe maskara yang tahan lama, tetapi mudah dibersihkan. Berbeda dengan maskara waterproof dan oilproof, maskara film type bisa dibersihkan menggunakan air hangat saja.

Kelebihan lainnya, maskara film juga biasanya mengandung vitamin. Oleh karena itu, ketahanan maskara tipe ini tidak lebih baik dari maskara oilproof, waterproof, dan smudgeproof. Inilah mengapa maskara ini kurang populer di Indonesia.

② Perhatikan fungsi maskara dan hasil akhir yang Anda inginkan

Saat memilih maskara, pertimbangkan juga fungsinya. Cari tahu apakah maskara tersebut memberi efek memanjangkan atau melentikkan bulu mata dalam waktu yang lama. Anda bisa memilih sesuai dengan selera dan jenis bulu mata Anda.

Bulu mata pendek, maskara yang mampu memanjangkan bulu mata

Bulu mata pendek, maskara yang mampu memanjangkan bulu mata
Maskara dengan fitur lengthening menawarkan fungsi untuk memanjangkan bulu mata. Umumnya, maskara jenis ini mengandung banyak serat. Serat-serat inilah yang akan menempel pada bulu mata asli Anda dan menempel sepanjang hari. Dengan demikian, bulu mata Anda terlihat lebih panjang.

Bulu mata tipis, maskara dengan fungsi menebalkan

Bulu mata tipis, maskara dengan fungsi menebalkan

Maskara jenis ini berfungsi menebalkan keseluruhan bulu mata Anda dan memberikan riasan mata yang mengesankan. Untuk Anda yang memiliki bulu mata tipis, carilah maskara yang dilengkapi dengan serat/fiber dengan warna hitam pekat. Selain itu, maskara jenis ini juga cocok untuk Anda yang menginginkan bulu mata lebih terangkat dan bervolume.

Mata tampak lebih besar, maskara dengan fungsi melentikkan

Mata tampak lebih besar, maskara dengan fungsi melentikkan

Bulu mata yang lentik dan melengkung ke atas membuat mata terlihat lebih besar. Untuk mendapatkan tampilan mata seperti ini, pilihlah maskara dengan aplikator melengkung untuk memudahkan Anda untuk menaikkan bulu mata.


Beberapa orang merasa kesulitan untuk mempertahankan bulu mata yang lentik untuk waktu lama. Sering kali, bulu mata akan melengkung ke atas hanya setelah diaplikasikan maskara, tetapi perlahan-lahan akan turun lagi.


Untuk itu, sebelum memakai maskara, jepitlah bulu mata terlebih dahulu supaya kelentikannya bertahan lama. Lalu, pilihlah maskara yang memiliki ketahanan yang baik serta memiliki aplikator melengkung.

Untuk bulu mata bawah, gunakan aplikator maskara yang kecil

Untuk bulu mata bawah, gunakan aplikator maskara yang kecil

Jika Anda merasa kesulitan ketika mengaplikasikan maskara di bulu mata bawah, mungkin penyebabnya adalah aplikator yang kurang tepat. Untuk mengaplikasikan maskara di bulu mata bawah, pilihlah aplikator maskara yang relatif kecil dan ramping. Bentuk aplikator semacam ini lebih mudah menjangkau bulu mata bawah yang cenderung pendek dan tipis.


Anda bisa memilih aplikator sebagai berikut:

  • Curved wands, memiliki sikat melengkung dan cenderung mengikuti bentuk lekukan alami bulu mata.
  • Skinny wands, memiliki sikat maskara lurus dengan bulu berbentuk segitiga yang kecil dan tipis.

10 Rekomendasi maskara terbaik yang tahan lama

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk maskara terbaik yang tahan lama yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Luella Artistry.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

L’Oréal Paris

Voluminous Lash Paradise

L’Oréal Paris Voluminous Lash Paradise 1枚目

Memberikan efek bulu mata tebal dan panjang secara instan!

2

Maybelline

Sky High Waterproof Mascara

Maybelline Sky High Waterproof Mascara 1枚目

Bulu mata ekstra tebal dan panjang selama 24 jam!

3

MAKE OVER

Lash Impulse Waterproof Mascara

MAKE OVER Lash Impulse Waterproof Mascara 1枚目

Memberikan efek bulu mata tebal hingga 10× lipat

4

SOMETHINC

HANGOVER Voluminous Fiber Lash Smudgeproof Mascara

SOMETHINC HANGOVER Voluminous Fiber Lash Smudgeproof Mascara 1枚目

Bulu mata tebal natural tanpa menggumpal seharian

5

Wardah

EyeXpert Liftlast

Wardah EyeXpert Liftlast 1枚目

Ekstra menebalkan dan lentik hingga 12 jam

6

Luxcrime

Double Duty Mascara

Luxcrime Double Duty Mascara 1枚目

Maskara 2-in-1, skincare dan makeup dalam satu produk!

7

SYCA

Lash out Love Mascara - Dazzling

SYCA Lash out Love Mascara - Dazzling 1枚目

Maskara tahan keringat dan bikin bulu mata makin tebal

8

NAMA

Mascara Perfect Black

NAMA Mascara Perfect Black 1枚目

Tampilan natural yang bertahan hingga 12 jam

9

BLP Beauty

Lash Bash Mascara

BLP Beauty Lash Bash Mascara 1枚目

Dilengkapi dengan aplikator khusus untuk bulu mata bawah!

10

Loreca

Moussecara

Loreca Moussecara 1枚目

Teksturnya ringan, ideal untuk daily makeup

Perincian produk
Close
No.1

L’Oréal ParisVoluminous Lash Paradise

Mulai dari Rp180.000,00

Memberikan efek bulu mata tebal dan panjang secara instan!

Kelebihan:

  • Teksturnya ringan dan finish-nya memanjangkan mata tanpa terlihat menggumpal
  • Mengandung caring oil yang lembut dipakai dan mudah dibersihkan

Kekurangan:

  • Harganya paling pricey dari pada produk lainnya
  • Pengguna dengan kulit berminyak masih mendapati smudge di area bawah mata

Anda pasti tahu maskara yang satu ini, bukan? Maskara L’Oréal Paris terkenal dengan ketahanannya dan efek bulu mata yang dramatis. Teksturnya terbilang cukup ringan dan brush-nya lembut di mata.


Dengan brush yang lembut dan bentuk melengkung, Anda bisa dengan mudah memakai maskara ini sesuai tampilan yang Anda inginkan. Bisa tampil natural maupun bold. Meski waterproof dan awet, maskara ini terbilang gampang untuk dibersihkan.

No.2

MaybellineSky High Waterproof Mascara

Mulai dari Rp140.300,00

Bulu mata ekstra tebal dan panjang selama 24 jam!

Kelebihan:

  • Sikatnya fleksibel tidak mudah patah
  • Dilengkapi dengan ekstrak bambu untuk memanjangkan bulu mata
  • Diklaim aman untuk mata sensitif dan pengguna contact lens

Kekurangan:

  • Teksturnya agak thick sehingga jika di-layer berkali-kali akan terasa berat
  • Bulu matanya tampak tebal tapi cenderung menyatu

Jika bicara tentang maskara, sepertinya tidak ada yang mengalahkan Maybelline. Maskara yang satu ini kami rekomendasikan untuk Anda yang suka dengan tampilan makeup yang bold.


Pasalnya, maskara ini punya efek menebalkan yang dramatis. Brush maskaranya cukup kecil untuk menjangkau segala sisi bulu mata. Dari segi ketahanan, maskara ini diklaim mampu bertahan hingga 24 jam, lho.

No.3

MAKE OVERLash Impulse Waterproof Mascara

Mulai dari Rp128.000,00

Memberikan efek bulu mata tebal hingga 10× lipat

Kelebihan:

  • Formula antiluntur hingga 12 jam
  • Dengan dual sided aplikator untuk menambah volume dan meratakan maskara supaya tidak menggumpal
  • Aman untuk pemakai contact lens

 

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna cukup kesulitan membersihkannya meski sudah menggunakan makeup remover
  • Pengguna dengan kulit berminyak masih mengalami luntur

Kalau Anda mencari maskara lokal yang mampu memberikan efek bulu mata tebal berkali-kali lipat, cobalah Make Over. Maskara yang awet hingga belasan jam ini diklaim mampu menghasilkan volume 10×lipat pada bulu mata.


Maskara ini diformulasikan dengan zero-smudge formula yang membuatnya tahan lama. Dengan aplikator customize dual sided flat-curve brush, bulu mata akan lebih bervolume dan maskara bisa diratakan dengan baik.

No.4

SOMETHINCHANGOVER Voluminous Fiber Lash Smudgeproof Mascara

Mulai dari Rp79.000,00

Bulu mata tebal natural tanpa menggumpal seharian

Kelebihan:

  • Harganya tidak sampai 100 ribu, cukup terjangkau
  • Bulu sikatnya tidak terlalu rapat sehingga membuat bulu mata terpisah-pisah dan tidak menggumpal
  • Formulanya tidak terlalu basah sehingga tidak mudah berantakan dan cepat kering

Kekurangan:

  • Bentuk sikatnya cembung sehingga untuk bulu mata yang pendek kurang menjangkau bagian ujung mata

Maskara yang satu ini kami rekomendasikan untuk Anda yang suka dengan makeup natural look. Pasalnya, aplikator maskara SOMETHINC memiliki bentuk sikat yang terbilang jarang-jarang sehingga bulu mata tidak menggumpal.


Maskara ini juga diklaim memiliki kemampuan mengunci kelentikan bulu mata hingga 24 jam. Namun, karena hal itu, membersihkan maskara ini jadi agak PR, ya. Maskara ini juga dilengkapi microfiber yang penggunaannya bisa Anda build sesuai kebutuhan. Karena formulanya yang ringan, Anda bisa memakainya berlapis-lapis dengan nyaman.

No.5

WardahEyeXpert Liftlast

Mulai dari Rp61.000,00

Ekstra menebalkan dan lentik hingga 12 jam

Kelebihan:

  • Harganya terjangkau, tidak sampai 100 ribu
  • Dengan dual sided aplikator untuk menebalkan dan mengangkat bulu mata lebih mudah

Kekurangan:

  • Teksturnya lebih cair, sehingga beberapa pengguna merasa waktu untuk set-nya sedikit lebih lama

Maskara yang satu ini adalah maskara terbaru dari Wardah. Maskara tahan lama ini memberikan hasil bulu mata yang tebal, tetapi masih natural. Jadi, bukan tipe maskara yang bold dan lebih ideal untuk daily look.


Maskara ini diklaim waterproof, tetapi menggunakan water-permable technology yang membuat kulit tetap bisa menyerap udara dan air. Aplikator maskara ini punya sisi cembung dan flat yang berguna untuk menambah volume dan mengangkat bulu mata.

No.6

LuxcrimeDouble Duty Mascara

Mulai dari Rp134.100,00

Maskara 2-in-1, skincare dan makeup dalam satu produk!

Kelebihan:

  • Aplikator maskaranya berbentuk U dan dual sided, bisa dipakai untuk bulu mata bawah
  • Dilengkapi dengan serum bulu mata

Kekurangan:

  • Untuk bulu mata yang pendek dan tipis, maskara ini dinilai kurang bold oleh beberapa pengguna

Unik banget! Maskara lokal yang satu ini hadir dengan serum bulu mata, lho. Pada bagian maskara, produk ini dilengkapi dengan micro fiber yang memberikan efek memanjangkan dan menebalkan bulu mata.


Di bagian serum, formulanya mengandung glycerin, panthenol, wild yam root extract, Aloe vera, dan lainnya. Fungsinya adalah untuk melembapkan, mencegah kerontokan, dan menumbuhkan bulu mata. Uniknya lagi, sikat maskaranya punya bentuk dual sided berbentuk U untuk menjangkau bulu mata atas dan bawah. Sangat praktis dan menarik, ya!

No.7

SYCALash out Love Mascara - Dazzling

Mulai dari Rp149.000,00

Maskara tahan keringat dan bikin bulu mata makin tebal

Kelebihan:

  • Tahan terhadap keringat
  • Sikat bulu mata terbuat dari silicon yang lebih awet dan bisa dibersihkan
  • Dengan tambahan vitamin E dan serum (castor seed oil dan trehalose)

Kekurangan:

  • Bentuk wand-nya agak sulit menjangkau ujung mata

Anda sering beraktivitas di luar ruangan? Coba, deh, maskara yang tahan lama, tahan air, dan tahan keringat dari SYCA berikut ini. Maskara lokal ini memiliki formula ringan dan dilengkapi dengan elastic polymer dan synthetic fibers yang memberikan efek bulu mata tebal natural.


Formulanya ringan dipakai sehari-hari dan punya ketahanan yang baik. Aplikatornya terbuat dari silicon yang lebih higienis karena bisa dibersihkan. Agar bulu mata tidak kering dan mudah patah, maskara ini dilengkapi dengan pelembap, seperti vitamin E, castor seed oil, dan trehalose.

No.8

NAMAMascara Perfect Black

Mulai dari Rp129.000,00

Tampilan natural yang bertahan hingga 12 jam

Kelebihan:

  • Warnanya hitam pekat
  • Packaging-nya mungil sehingga praktis dibawa-bawa
  • Mengandung sunflower seed oil dan shell extract untuk menghidrasi bulu mata

Kekurangan:

  • Masih meninggalkan stain jika dipakai wudu

Untuk Anda yang ingin tampilan bulu mata hitam pekat yang lentik seharian, kami rekomendasikan maskara NAMA. Maskara ini membuat bulu mata terlihat panjang dan bervolume secara instan.


Warnanya hitam pekat sempurna untuk tampilan mata yang menonjol. Dengan sikat bulu mata yang halus, maskara ini membuat bulu mata terpisah-pisah dan tidak menggumpal. Ketahanannya awet hingga 12 jam. Menariknya, maskara ini nantinya juga menghidrasi bulu mata Anda, lho.

No.9

BLP BeautyLash Bash Mascara

Mulai dari Rp129.000,00

Dilengkapi dengan aplikator khusus untuk bulu mata bawah!

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan aplikator khusus untuk bulu mata bawah
  • Diperkaya peptide dan biotin sebagai nutrisi bulu mata

Kekurangan:

  • Teksturnya light, untuk hasil yang lebih bold perlu di-layer beberapa kali

Pemakaian maskara pada bulu mata bawah sering kali menyulitkan. Nah, maskara BLP bisa jadi solusinya. Maskara unik ini dilengkapi dengan dua jenis wand masing-masing untuk bulu mata atas dan bawah. Aplikasinya jadi rapi dan praktis, kan?


Maskara ini memberi efek bulu mata bervolume, panjang, dan lentik yang membuat mata tampak lebih bulat. Formulanya ringan, tidak menggumpal, dan tahan lama. Uniknya lagi, maskara ini juga di-infused dengan peptide dan biotin yang menutrisi dan memanjangkan bulu mata.

No.10

Teksturnya ringan, ideal untuk daily makeup

Kelebihan:

  • Mengandung argan oil untuk nutrisi bulu mata

Kekurangan:

  • Untuk efek menebalkan rata-rata dibutuhkan lebih dari empat layer

Kami rekomendasikan maskara Loreca untuk Anda yang mencari maskara untuk makeup sehari-hari. Maskara ini memiliki tekstur layaknya busa yang tidak clumpy dan ringan dipakai seharian.


Selain menawarkan efek instant las lift yang awet, maskara ini juga mengandung argan oil. Argan oil tersebut akan menutrisi bulu mata agar tidak mudah rontok. Meski awet, maskara ini tetap mudah dibersihkan.

Pertanyaan umum seputar maskara

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami juga sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar maskara. Nah, jika Anda masih penasaran dengan maskara, simak jawabannya di bawah ini, ya!

Bagaimana cara agar maskara tidak cepat kering (di dalam botol)?

Agar maskara Anda tidak cepat kering (di dalam botol), pastikan Anda selalu menutup maskara dengan rapat. Lalu, hindari kebiasaan memompa atau menaikturunkan gagang maskara. Hal ini akan membuat makin banyak udara yang masuk ke dalam tabung maskara dan membuat isinya cepat kering. 

Bagaimana agar maskara tahan lama?

Selain memilih jenis maskara yang tahan lama, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar maskara tahan lama.

  • Lakukan baking di under-eye menggunakan loose powder sebelum memakai maskara.
  • Hindari mengaplikasikan maskara berulang-ulang dalam jangka waktu yang berdekatan. Hal ini agar maskara tidak jatuh berantakan.
  • Tahan mata agar tidak berkedip hingga maskara yang diaplikasikan benar-benar kering.
  • Untuk kulit yang cenderung gampang berminyak, aplikasikan kertas minyak secara berkala di bagian under eye.
  • Hindari mengaplikasikan maskara sebelum memakai foundation atau complexion cair atau cream. Lebih baik maskara dipakai setelah semua proses complexion wajah selesai.

Tips membersihkan maskara yang tahan lama

Tips membersihkan maskara yang tahan lama

Maskara film type mungkin dapat dibersihkan hanya menggunakan air hangat. Namun, saat Anda menggunakan maskara waterproof atau smudgeproof, Anda membutuhkan tenaga ekstra saat membersihkannya. Alasannya, karena maskara waterproof atau smudgeproof tidak mudah terangkat. Hal ini juga dapat mengakibatkan kerontokan dan kerusakan bulu mata jika Anda membersihkannya terlalu kuat.


Untuk membersihkan maskara waterproof atau smudgeproof, Anda membutuhkan makeup remover khusus untuk makeup waterproof. Anda bisa memilih pembersih, seperti cleansing balm dan oil remover. Saat menggunakan oil remover dengan kapas, lebih baik di diamkan dulu sekitar 10–15 detik baru diusap.

Baca juga rekomendasi produk makeup yang waterproof lainnya di sini

Untuk menjaga riasan mata yang indah seharian, Anda memerlukan maskara yang sulit luntur. Di bawah ini, kami akan memperkenalkan beberapa produk makeup yang sulit luntur. Anda dapat membacanya pada link di bawah ini!

Kesimpulan

Mata merupakan salah satu fokus riasan wajah yang tak boleh Anda lewatkan. Anda bisa mempercantik mata dengan eye shadow, eyeliner, dan maskara. Memilih maskara yang tepat bukan hanya soal merek terkenal, tetapi juga fitur-fitur yang ditawarkan.

Anda juga harus memperhatikan jenis bulu mata, bentuk mata, dan juga sensitivitas mata sebelum membeli. Setelah membaca uraian di atas, apakah sudah ada maskara tahan lama yang menarik hati Anda? Jika sudah, selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer