10 Rekomendasi Alat Bantu Dengar Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Alat Bantu Dengar Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Mampu mendengar dengan baik adalah sebuah anugerah. Untuk banyak orang, mungkin kemampuan ini adalah hal yang biasa. Namun, hal ini akan terasa berbeda jika Anda sedang berjuang untuk bisa mendengar secara “normal” karena kondisi tertentu yang Anda alami. Banyak hal yang menyebabkan seseorang tidak mampu mendengar dengan jelas. Mungkin Anda akan terbantu dengan menggunakan alat bantu dengar yang tepat.

Alat bantu dengar adalah piranti yang dapat membantu seseorang yang mengalami gangguan pendengaran untuk mendengar lebih jelas. Ada berbagai macam alat bantu dengar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pendengaran Anda. Bagi Anda yang sedang mencari alat bantu dengar yang tepat untuk kasus gangguan pendengaran yang dialami, Anda perlu memperhatikan cara memilihnya terlebih dulu.

Daftar isi

Cara memilih alat bantu dengar

Walaupun secara umum fungsi dari alat bantu dengar adalah untuk membantu Anda mendengar lebih baik, namun alat bantu dengar terdiri atas berbagai tipe yang berbeda. Masing-masing alat bantu dengar memiliki bentuk, fitur, dan kemampuan menangkap suara yang berbeda pula.

Berikut adalah beberapa tipe alat bantu dengar yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Kenali jenis alat bantu dengar

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih alat bantu dengar adalah 3 tipe yang tersedia di pasaran. Tipe-tipe alat bantu dengar ini terdiri dari tipe ITE (In The Ear), tipe BTE (Behind The Ear), dan tipe pocket/saku. Apa yang membedakan ketiga tipe alat bantu dengar tersebut?

Alat bantu dengar tipe ITE (In The Ear), untuk pengguna kacamata

Alat bantu dengar tipe ITE (In The Ear), untuk pengguna kacamata

Tipe alat bantu dengar yang sangat umum ditemukan adalah tipe ITE atau In The Ear. Alat bantu dengar tipe ini umumnya memiliki warna natural sesuai dengan warna kulit. Anda hanya perlu memasukkannya ke lubang telinga untuk menggunakannya.

Keuntungan menggunakan alat bantu dengar tipe ITE adalah pemasangan yang mudah serta kenyamanan pada penggunanya. Jarak pemasangan yang dekat dengan telinga membuat suara yang dihasilkan juga lebih alami. Untuk pengguna kacamata sebaiknya menggunakan alat bantu dengar jenis ini karena tidak akan bertabrakan dengan kacamata Anda.

Kekurangannya adalah ukurannya kadang tidak sesuai dengan jenis lubang telinga pemakainya sehingga merepotkan. Hal ini kadang membuat orang tua stres dan tidak terbantu.

Alat bantu dengar tipe BTE (Behind The Ear), cocok untuk anak-anak

Alat bantu dengar tipe BTE (Behind The Ear), cocok untuk anak-anak

Untuk pemasangan baterai yang lebih mudah, Anda bisa memilih alat bantu dengar tipe BTE atau Behind The Ear. Namun, alat ini akan sedikit mengganggu saat dikenakan oleh Anda yang berkacamata. Walaupun begitu, alat bantu dengar tipe ini mempunyai berbagai macam variasi desain yang dapat disesuaikan dengan selera fashion Anda. Tipe BTE sangat cocok untuk anak-anak karena penggunaannya yang nyaman dan tidak rawan jatuh.

Alat bantu dengar tipe pocket (saku), dilengkapi pengaturan volume

Alat bantu dengar tipe pocket (saku), dilengkapi pengaturan volume

Anda familiar dengan walkman? Alat bantu dengar tipe pocket/saku memiliki bentuk yang serupa. Dengan alat bantu tipe ini, Anda dapat lebih mudah mengatur tombol dan volumenya. Microphone-nya dapat didekatkan kepada lawan bicara Anda. Dengan begitu, Anda lebih mudah untuk mendengar, bahkan saat berada di tempat ramai dan berisik. Pemakainya menjadi lebih fleksibel.

Walaupun bentuknya besar dan sedikit repot saat dikenakan, baterai AA yang digunakan untuk mengoperasikan alat ini lebih mudah untuk didapatkan di supermarket biasa. Kekurangannya adalah selalu ada kabel yang menjulur di dada Anda sehingga kadang mengganggu penampilan dan merepotkan.

Sesuaikan jenis alat bantu dengar dengan tingkat gangguan pendengaran

Poin terpenting saat memilih alat bantu dengar adalah menyesuaikannya dengan tingkat gangguan pendengaran yang Anda alami. Setiap alat bantu dengar memiliki kemampuan “mendengar” yang berbeda. Sehingga, penting untuk Anda mengerti seberapa parah gangguan pendengaran Anda dan menyesuaikannya dengan alat bantu dengar yang akan Anda pilih.

Sebenarnya akan lebih baik apabila Anda melakukan pemeriksaan di THT untuk mengetahuinya. Namun jika Anda belum mampu meluangkan waktu untuk memeriksannya, berikut beberapa petunjuk mengenai standar tingkat gangguan pendengaran dan alat bantu dengar yang sesuai dengan masing-masing tingkatannya.

Beberapa macam tingkat gangguan pendengaran

Beberapa macam tingkat gangguan pendengaran

Seberapa parah tingkat gangguan pendengaran dapat diperkirakan dari tindakan-tindakan kecil dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah sedikit pentunjuk untuk mengukur seberapa serius gangguan pendengaran yang Anda alami.

  1. Tingkat pendengaran 30-35 dB. Pada tingkat ini, Anda tidak mampu mendengar suara bisikan dari jarak dekat. Anda yang mengalami gangguan pendengaran pada level ini biasanya sering ditegur karena menyalakan TV atau radio dengan suara yang terlalu keras.
  2. Tingkat pendengaran 46-68 dB. Di tingkat ini, mulai terjadi kesulitan untuk melakukan percakapan dengan lawan bicara Anda. Anda hanya mampu berbicara dengan suara keras untuk memahaminya.
  3.  Tingkat pendengaran 61-70 dB. Pada tingkat ini, suara biasa mulai tidak terdengar oleh Anda. Lawan bicara Anda harus mendekat ke telinga dan bersuara keras untuk menyampaikan apa yang dibicarakannya kepada Anda.
  4. Tingkat pendengaran 71-90 dB. Di tingkat ini, Anda sama sekali tidak dapat mendengar suara, bahkan yang sangat keras sekalipun. Anda tidak bisa mendengar kendaraan mendekat sampai Anda benar-benar melihatnya. Apabila Anda mengalaminya, gangguan pendengaran yang Anda alami sudah memasuki fase tuli dan tidak dapat disembuhkan.

Apa tipe alat bantu dengar yang cocok dengan tingkat gangguan pendengaran Anda?

Apa tipe alat bantu dengar yang cocok dengan tingkat gangguan pendengaran Anda?

Jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai 3 tipe alat bantu dengar, kali ini Anda perlu menyesuaikannya dengan tingkat gangguan pendengaran yang Anda alami.

Untuk Anda yang mengalami gangguan pendengaran hingga sekitar 45 dB, alat bantu dengar yang cocok untuk Anda adalah tipe ITE. Jika tingkat gangguan pendengaran yang dialami lebih dari 60 dB, Anda perlu mempertimbangkan alat bantu dengar dengan tipe BTE atau tipe saku.

Bila Anda merasa kurang yakin, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan berkonsultasi dengan dokter.

Pertimbangkan performa dari alat bantu dengar untuk jangka waktu panjang

Pertimbangkan performa dari alat bantu dengar untuk jangka waktu panjang

Apabila Anda telah memahami berbagai tipe alat bantu dengar dan tipe apa yang akan Anda pilih, hal selanjutnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah performanya. Walaupun tipenya sama, performa yang dimiliki bisa jadi berbeda-beda.

Ada yang hanya bisa digunakan dalam hitungan jam, ada yang mampu bertahan hingga berhari-hari. Umumnya, banyak orang yang mempertimbangkan untuk menggunakan alat bantu dengar yang dapat powernya dapat bertahan hingga beberapa hari.

Alat bantu dengar dengan fitur dan performa yang baik biasanya tergolong mahal. Namun hal ini masih relatif bergantung pada suara dan noise yang dihasilkan. Dengan berbagai varian harga, fitur, dan performa yang ditawarkan, Anda perlu lebih jeli dalam memilih alat bantu dengar seperti apa yang sesuai untuk Anda.

10 Rekomendasi alat bantu dengar terbaik

Berikut beberapa alat bantu dengar yang kami rekomendasikan. Pilihlah berdasarkan tipe dan tingkat gangguan pendengaran yang Anda alami.

10. Alat Bantu Dengar Cyber Sonic

10. Alat Bantu Dengar Cyber Sonic

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Sensitif dengan pengaturan volume hingga level 6

Bagi Anda dengan pendengaran yang sudah lemah, alat bantu dengar yang super sensitif dan peka mampu membantu Anda mendengar dengan lebih baik. Tidak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada alat bantu dengar dari Cyber Sonic. Anda bisa menyesuaikan volumenya, mulai dari level 1 hingga level 6.

Dengan menyesuaikan volume suara, Anda bisa menentukan tingkat masalah pendengaran Anda sehingga Anda bisa mengatasinya langsung. Alat bantu dengar ini dilengkapi 3 karet ear plug berukuran besar, sedang, dan kecil, yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

9. Alat Bantu Dengar BION BTE X-168

9. Alat Bantu Dengar BION BTE X-168

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 148.000

Cocok digunakan oleh para penderita tuli ringan

Untuk Anda yang menderita tuli ringan, alat bantu dengar BION BTE X-168 bisa menjadi pilihan. Besaran suara yang diterima alat ini mencapai 50 dB. Distorsinya pun hanya sebesar 5%. Itu mengapa alat bantu dengar ini cocok digunakan oleh para penderita tuli ringan.

Orang dengan masalah pendengaran ringan biasanya tidak selalu membutuhkan bantuan pendengaran. Untuk itu, alat bantu dengar dari BION ini dilengkapi dengan fitur tombol on/off sehingga Anda bisa menyesuaikan sendiri kapan Anda membutuhkannya. Saat berbicara dengan orang lain sebaiknya nyalakan tombol on. Namun ketika berada di keramaian, tak ada salahnya untuk mematikannya.

8. Alat Bantu Dengar Power Sonic YL10

8. Alat Bantu Dengar Power Sonic YL10

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 230.000

Desain yang nyaman digunakan

Bersosialisasi dengan mudah harus dimulai dari lancarnya komunikasi. Untuk para lansia, akan terasa sangat susah untuk bersosialisasi saat terhalang gangguan pendengaran. Apabila berniat untuk memberikan kado spesial di hari ulang tahun nenek/kakek Anda, alat bantu dengar Power Sonic YL10 layak mereka dapatkan.

Dengan tingkat kebisingan dan distorsi yang rendah, alat bantu dengar dari Power Sonic ini nyaman saat digunakan. Rentang frekuensi yang dihasilkan alat ini berkisar antara 300 Hz hingga 40.000 Hz. Anda hanya perlu menggunakan baterai jenis LR44 untuk mengoperasikannya.

7. Alat Bantu Dengar AXON X-136

7. Alat Bantu Dengar AXON X-136

Lihat produk ini di Lazada

Harga : 278.000

Alat bantu dengar tipe pocket yang mudah dikendalikan

Bagi orang tua, mengendalikan alat bantu dengar yang berukuran kecil bisa jadi permasalahan besar. Tombol pengaturan yang sangat kecil sering menyulitkan orang tua yang juga mengalami gangguan penglihatan. Dengan tipe pocket berukuran lebih besar, alat bantu dengar AXON X-136 menjadi lebih mudah dikendalikan.

Alat bantu dengar tipe pocket/saku memiliki bentuk yang serupa dengan walkman. Dengan alat bantu tipe ini, penggunanya dapat lebih mudah mengatur tombol dan volumenya. Microphone-nya dapat didekatkan kepada lawan bicara Anda. Dengan fleksibilitas semacam ini, Anda lebih mudah untuk mendengar, bahkan saat berada di tempat ramai dan berisik.

6. Alat Bantu Dengar OEM HAP-20F

6. Alat Bantu Dengar OEM HAP-20F

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Ro 277.000

Dapat mendengar suara pada jarak 10 meter dengan lebih jelas

Untuk Anda yang menderita gangguan pendengaran sangat parah, OEM HAP-20F layak dijadikan pilihan alat bantu dengar Anda. Alat bantu dengan tipe behind the ear ini mampu menghubungkan suara dengan lebih jelas. Bentuknya yang mini memudahkan para penggunanya saat proses pemasangan.

Terdapat 2 opsi tone untuk mereduksi kebisingan pada alat ini, sehingga suara yang masuk bisa terdengar lebih jelas. Bahkan suara pada jarak 10 meter. Alat bantu dengar dari OEM ini juga dilengkapi dengan box anti bakteri yang mampu menjaganya tetap higenis walau sudah dipakai berkali-kali.

5. Alat Bantu Dengar BION BTE C-108

5. Alat Bantu Dengar BION BTE C-108

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 389.000

Alat bantu dengar yang bisa di-charge

Penggunaan baterai pada alat bantu dengar kadang menjadi masalah di saat-saat tak terduga. Karena Anda tidak bisa memastikan kapan baterai tersebut akan habis. Bisa-bisa di saat penting atau darurat, Anda tidak bisa mendengar dengan baik karena baterai habis. Jika Anda tidak ingin repot mengganti baterai terus-menerus, sebaiknya pilih alat bantu dengar BION BTE C-108.

Alat bantu dengar ini dapat di-charge dalam jangka waktu hingga 4 jam untuk dapat digunakan kembali. Anda bisa melakukan proses pengisian baterai saat tidur di malam hari. Dengan begitu Anda bisa menyesuaikan lama aktivitas Anda dengan daya pada alat bantu dengar Anda. Modelnya yang bertipe behind the ear membuatnya tidak mudah jatuh dan memudahkan Anda dalam menggunakannnya.

4. Alat Bantu Dengar Beurer HA50

4. Alat Bantu Dengar Beurer HA50

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 495.000

Dilengkapi dengan 3 aksesoris sesuai kebutuhan telinga

Beurer HA50 merupakan alat bantu dengar yang diproduksi di Jerman. Alat ini memiliki kemampuan output audio hingga 128 dB. Range frekuensi yang dimilikinya berkisar 100 Hz hingga 6000 Hz. Sangat ideal untuk digunakan oleh Anda dengan kemampuan pendengaran yang terbatas.

Alat bantu dengar dari Beurer ini dilengkapi dengan 2 baterai dan 3 aksesoris. Paket aksesoris yang ada di dalam box-nya bisa Anda sesuaikan dengan bentuk lubang telinga. Selain itu, alat bantu dengar ini mampu meredam suara bising yang masuk, sehingga Anda dapat mendengar dengan lebih jelas.

3. Alat Bantu Dengar Redcolourful YKL-801

3. Alat Bantu Dengar Redcolourful YKL-801

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 327.000

Desain ergonomis dengan teknologi untuk mengurangi echo

Selain suara yang terdengar terlalu lirih, suara yang menggaung/echo pun termasuk penghambat kelancaran seseorang dalam berkomunikasi. Untuk itu, alat bantu dengar Redcolourful YKL-801 hadir dengan fitur reduction echo dan cancellation noise. Fitur ini mampu meredam suara menggaung dan menjadikan suara yang Anda dengar lebih berkualitas.

Alat bantu dengar dari Redcolourful ini mempunyai desain ergonomis dan dilengkapi headphone yang terhubung dengan micro USB port. Baterai yang digunakan pun dapat di-charge, sehingga tidak perlu baterai pengganti untuk mengisi dayanya. Gunakan produk ini dan bebaskan diri Anda dari suara yang menggaung!

2. Alat Bantu Dengar Siemens Pockettio

2. Alat Bantu Dengar Siemens Pockettio

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.600.000

Digunakan seperti MP3 player dan cocok untuk lansia

Walaupun bentuknya tidak begitu simpel, namun alat bantu dengar model pocket tetap jadi pilihan, terutama oleh kalangan lansia. Seperti halnya alat bantu dengar Siemens Pockettio. Alat bantu dengar model ini cukup mudah dioperasikan layaknya Anda mengoperasikan perangkat MP3 player.

Dengan sistem pengolah suara digital 3 trimmer, alat bantu dengar keluaran Siemens ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Alat ini dilengkapi dengan 3 tipe earplugs yang berbeda yang dapat disesuaikan dengan telinga Anda. Cocok digunakan oleh penderita gangguan pendengaran di bawah 120 dB.

1. Alat Bantu Dengar BSL SE-220

1. Alat Bantu Dengar BSL SE-220

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 10.850.000

Desain seperti headphone dan terintegrasi dengan smartphone

memiliki desain menarik seperti headphone biasa, sehingga Anda tidak terlihat sedang menggunakan hearing aid. Anda akan terlihat sebagai seseorang dengan masalah pendengaran. Sehingga kepercayaan diri Anda tetap terjaga ketika bertemu partner bisnis atau rekan-rekan. Cocok untuk orang yang mengalami masalah pendengaran namun masih aktif bisnis atau kerja.

Selain itu, BSL SE-220 dapat terintegrasi dengan smartphone sehingga Anda tetap bisa mendengar notifikasi dari smartphone, menerima voice mail,  mendengar musik dan sebagainya. Dengan begitu, produk ini benar-benar terlihat tidak seperti hearing aid. Anda juga lebih terbantu untuk menjalankan bisnis atau kerjaan Anda yang menumpuk.

Kesimpulan

Bagi Anda yang menderita gangguan pendengaran, urusan komunikasi bisa membuat Anda frustasi. Maka, penting untuk memilih alat bantu dengar yang mampu disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Dengan alat bantu dengar yang tepat, Anda bisa berkomunikasi denga lebih mudah layaknya seseorang dengan pendengaran normal. Temukan alat bantu dengar yang sesuai dengan kebutuhan dan gangguan pendengaran yang Anda alami. Apakah Anda sudah menemukannya?