• 10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020)

Apakah kulit di sekitar dahi dan hidung Anda mudah mengilap padahal kulit pipi terasa kering? Jika iya, berarti Anda memiliki kulit kombinasi. Kondisi kulit yang tidak stabil membuat Anda membutuhkan produk skin care yang dibuat khusus untuk jenis kulit kombinasi. Anda bisa mencoba sabun muka batangan sebagai salah satu solusi.

Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih sabun batangan yang sesuai untuk kulit kombinasi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik dari berbagai merek terkenal, seperti Sebamed, RDL, dan L’Occitane. Mari simak artikelnya sampai habis dan temukan produk yang paling tepat untuk Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 14 November 2020
  • 20.179 Views
Daftar isi

Apakah yang dimaksud kulit kombinasi?

Apakah yang dimaksud kulit kombinasi?
Saat memilih kosmetik, Anda mungkin sering menjumpai produk khusus untuk jenis kulit tertentu, misalnya kulit kering, normal, atau berminyak. Akan tetapi, bagaimana dengan Anda yang memiliki kulit kombinasi? Pernahkah Anda kebingungan karena hal tersebut? Anda perlu mengetahui lebih dalam lagi tentang kulit kombinasi.
Pada dasarnya, kulit pada T-zone (area dahi dan hidung) memiliki lebih banyak kelenjar minyak dibandingkan U-zone (area pipi, mulut, dan dagu). Kulit kombinasi adalah kulit yang memiliki dua jenis kulit yang bertolak belakang di kedua bagian wajah tersebut. Misalnya bagian T-zone berminyak, sedangkan bagian U-zone kering.
Setiap individu memiliki jumlah kelenjar minyak dan produksi sebum yang berbeda. Permasalahan kulit kombinasi bisa muncul disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya faktor usia dan faktor eksternal. Faktor eksternal yang dimaksud misalnya produksi sebum berlebih akibat paparan sinar UV atau AC. Bisa juga karena menggunakan produk perawatan wajah yang tidak tepat. Akibatnya, banyak orang Indonesia yang kondisi kulitnya berubah menjadi kulit kombinasi.

Cara memilih sabun muka batangan untuk kulit kombinasi

Sekarang kami akan menjelaskan beberapa poin tentang cara memilih sabun batangan yang tepat untuk jenis kulit wajah kombinasi. Apa sajakah itu? Mari simak ulasannya berikut ini!

Pilih sabun yang tidak terlalu kuat dalam menghilangkan sebum di T-zone

Pilih sabun yang tidak terlalu kuat dalam menghilangkan sebum di T-zone
Kebanyakan orang yang memiliki kulit kombinasi terlalu fokus dengan sebum berlebih di T-zone. Akibatnya, mereka cenderung memilih sabun muka yang ampuh menghilangkan sebum di wajah. Namun, menghilangkan sebum secara berlebihan justru akan membuat kulit memproduksi sebum lebih banyak lagi. Jadi, setelah menghapus makeup dengan makeup remover, cucilah muka dengan sabun batangan yang tidak terlalu kuat dalam menghilangkan sebum.

Pilih sabun yang menghasilkan busa dengan tekstur halus dan mudah dibersihkan

Pilih sabun yang menghasilkan busa dengan tekstur halus dan mudah dibersihkan
Anda yang memiliki kulit wajah kombinasi disarankan untuk tidak mencuci muka terlalu lama. Selesaikanlah kegiatan mencuci muka Anda kurang dari 1 menit. Oleh karena itu, gunakanlah sabun batangan yang menghasilkan banyak busa dengan tekstur yang halus supaya sebum wajah tidak hilang sepenuhnya. Busa yang teksturnya halus mampu mengangkat sebum di kulit wajah secara efektif sehingga Anda tidak perlu menggosok wajah dengan kuat.
Selain itu, pastikan busa sabun tersebut mudah dibilas. Jika mudah dibilas, tidak akan ada sabun yang tersisa di wajah sehingga kulit Anda akan benar-benar bersih dan terasa lembut.

Pilih sabun yang mengandung pelembap

Pilih sabun yang mengandung pelembap
Tidak sedikit yang merasakan kulit menjadi kering dan tertarik kencang setelah mencuci muka dengan sabun batangan. Biasanya, sabun batangan bersifat basa sehingga kulit yang tadinya bersifat asam perlahan-lahan berubah menjadi basa. Akibatnya kulit Anda akan terasa lebih kering dari biasanya.
Kandungan alkali pada sabun akan membuka pori-pori sehingga kotoran di dalamnya mampu dibersihkan secara menyeluruh. Sebagai gantinya, Anda wajib mengembalikan kelembapan di wajah setelah mencuci muka. Jika Anda tidak suka kulit terasa tertarik setelah cuci muka, pilihlah sabun batangan yang mengandung pelembap, misalnya bahan-bahan, seperti Sodium hyaluronate, glycerine atau coconut oil.

Pilih sabun dengan aroma yang disukai

Pilih sabun dengan aroma yang disukai
Mencuci muka adalah langkah awal skin care yang wajib untuk dilakukan setiap hari. Karena itu, penting bagi Anda untuk memilih sabun dengan aroma yang sesuai dengan selera.
Ada orang yang menyukai aroma sabun yang khas, tetapi ada juga yang menyukai sabun dengan aroma tertentu. Misalnya sabun dengan campuran essential oil. Sabun muka batangan dengan aroma yang tidak disukai akan membuat Anda tidak semangat mencuci muka.
Wajah yang tidak dibersihkan dengan benar setiap hari akan tampak kusam. Oleh sebab itu, perhatikan aroma pada sabun yang Anda gunakan karena selain bisa memperbaiki mood, aroma segar membuat kegiatan cuci muka jadi lebih menyenangkan.

10 Rekomendasi sabun cuci muka batangan terbaik untuk kulit kombinasi

Berikut ini adalah sepuluh produk rekomendasi sabun cuci muka batangan terbaik untuk kulit kombinasi yang telah kami rangkum untuk Anda. Pilihlah berdasarkan kriteria yang sudah dibahas sebelumnya, ya.
10
Berat bersih90 gr
Kandungan pelembapCoconut oil
AromaPepaya
9
Berat bersih100 gr
Kandungan pelembapGlycerine, propylene glycol
AromaSusu
8
Berat bersih125 gr
Kandungan pelembapCoconut oil, shea butter
AromaCitrus, lavender
7
Berat bersih80 gr
Kandungan pelembapCoconut oil, glycerine, propylene glycol, Aloe barbadensis extract<br>
AromaTumbuh-tumbuhan
6
Berat bersihTidak tercantum
Kandungan pelembapGlycerine, coconut oil, shea butter
AromaTidak tercantum
5
Berat bersih105 gr
Kandungan pelembapCoconut oil
AromaFresh orange
4
Berat bersih100 gr
Kandungan pelembapGlycerine, shea butter
AromaShea butter
3
Berat bersih100 gr
Kandungan pelembapLecithin
AromaTidak tercantum
2
Berat bersih125 gr
Kandungan pelembapSorbitol, glycerine, propylene glycol, PEG-4
AromaTidak tercantum
1
Berat bersih80 gr
Kandungan pelembapShea butter, glycerine
AromaShea butter

Tabel perbandingan produk sabun muka bantangan terbaik untuk kulit kombinasi

Gambar produk
1
L’Occitane Shea Butter Ultra Rich Face Soap 1

L’Occitane

2
Pears  Pure & Gentle Soap with Natural Oils 1

Pears

3
Sebamed Clear Face Cleansing Bar 1

Sebamed

4
The Body Shop  Shea Soap 1

The Body Shop

5
Molona Natural Bandung - Skin Vitamin Soap Bar 1

Molona Natural

6
The Soap Corner Charcoal Tea Tree Bar Soap 1

The Soap Corner

7
Royalty Cosmetic Miracle Soap Bar 1

Royalty

8
Sensatia Black Volcanic Sand Natural Soap 1

Sensatia

9
Iria Goat’s Milk Whitening Face Soap 1

Iria

10
RDL Papaya Brightening Soap 1

RDL

Nama produk

Shea Butter Ultra Rich Face Soap

Pure & Gentle Soap with Natural Oils

Clear Face Cleansing Bar

Shea Soap

Bandung - Skin Vitamin Soap Bar

Charcoal Tea Tree Bar Soap

Cosmetic Miracle Soap Bar

Black Volcanic Sand Natural Soap

Goat’s Milk Whitening Face Soap

Papaya Brightening Soap

Keunggulan

Busa lembut untuk dapatkan kulit yang halus

Hadir dengan formula gentle yang tidak menghilangkan sebum alami kulit

Ampuh usir jerawat dan komedo pada kulit kombinasi sensitif

Berikan kelembapan ekstra pada U-zone

Mengembalikan cahaya wajah yang kusam

Mengatasi berbagai masalah kulit di wajah dan bagian tubuh lainnya

Selamat datang kulit cerah!

Dapatkan kulit kencang dan bersih dari sel kulit mati

Sabun dari susu kambing, sejak dahulu kala ampuh merawat kulit!

Terlindungi dari sinar UV setiap hari berkat kandungan sunscreen-nya

HargaRp 300.000,00Rp 33.000,00Rp 80.500,00Rp 39.200,00Rp 38.000,00Rp 70.000,00Rp 135.000,00Rp 16.500,00Rp 15.000,00Rp 8.295,00
Berat bersih80 gr125 gr100 gr100 gr105 grTidak tercantum80 gr125 gr100 gr90 gr
Kandungan pelembapShea butter, glycerineSorbitol, glycerine, propylene glycol, PEG-4LecithinGlycerine, shea butterCoconut oilGlycerine, coconut oil, shea butterCoconut oil, glycerine, propylene glycol, Aloe barbadensis extract<br>Coconut oil, shea butterGlycerine, propylene glycolCoconut oil
AromaShea butterTidak tercantumTidak tercantumShea butterFresh orangeTidak tercantumTumbuh-tumbuhanCitrus, lavenderSusuPepaya
Tautan produk

Cara mendeteksi kulit kombinasi dengan mencuci muka

Cara mendeteksi kulit kombinasi dengan mencuci muka
Mendeteksi jenis kulit wajah kombinasi bukanlah hal yang sulit. Cukup basuh wajah Anda hanya dengan menggunakan air, kemudian keringkan dengan handuk, lalu diamkan selama 20 menit. Apabila T-zone di wajah Anda berminyak, sedangkan U-zone terasa kering, tertarik, dan kasar ketika disentuh, bisa dipastikan Anda memiliki jenis kulit wajah kombinasi.
Kondisi kulit bisa berubah akibat pertambahan usia dan perubahan lingkungan. Selain itu, ada beberapa tanda bahwa kondisi kulit wajah Anda berubah. Misalnya mulai timbul banyak masalah kulit atau produk skin care Anda sudah tidak terasa ampuh seperti sediakala. Mendeteksi kondisi kulit wajah dapat membantu Anda menemukan perawatan terbaik.

Baca juga rekomendasi berbagai produk skin care dan makeup untuk kulit kombinasi di sini!

Menggunakan produk skin care dan makeup yang sesuai dengan jenis kulit adalah hal yang penting. Selain boros karena harus gonta-ganti, produk skin care dan makeup yang tidak sesuai akan memperburuk kondisi kulit Anda. Selain sabun batangan yang dibahas dalam artikel ini, kami juga telah mengulas tentang beberapa produk seperti serum wajah, face emulsion, hingga foundation yang bisa digunakan oleh pemilik kulit kombinasi. Anda bisa membaca artikelnya di sini!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat untuk kulit kombinasi Anda? Untuk menjaga keseimbangan sebum, gunakan sabun yang tidak terlalu kuat dalam menghilangkan sebum di T-zone.
Selain itu, jangan lupa pilih sabun dengan kandungan pelembap untuk merawat U-zone yang kering dan mencegah kulit terasa tertarik. Sabun dengan busa yang teksturnya halus dan mudah dibilas juga dianjurkan supaya kulit Anda benar-benar bersih. Selamat mencoba!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Perawatan wajah
    620.869 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Perawatan wajah
    477.070 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Masker organik adalah masker wajah yang menggunakan 100% bahan alami. Berbeda dengan masker biasa, masker organik tidak menggunakan tambahan bahan kimia. Semua bahannya berasal dari alam sehingga tidak menjadi racun pada tubuh dan tidak merusak lingkungan bila digunakan dalam jangka waktu lama.Ada banyak produk masker organik yang dijual di pasaran, seperti dari The Bath Shop, Sensatia Botanicals, dan Skin Dewi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih masker organik yang tepat serta beberapa rekomendasi produknya. Dengan masker organik, Anda bisa cantik tanpa efek samping!
    Perawatan wajah
    168.170 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
    398.741 Views
  • 10 Rekomendasi Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit berminyak merupakan tipe kulit yang cukup tricky dalam perawatannya. Salah sedikit saja, kulit malah bisa jadi berjerawat. Untuk menghindarinya, peran toner tidak boleh dilewatkan dalam rangkaian skincare Anda. Selain bisa mengembalikan pH kulit menjadi lebih netral, toner juga mampu mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih. Pada artikel ini, kami akan membahas secara lengkap cara memilih toner untuk kulit berminyak. Kami juga akan merekomendasikan merek-merek toner wajah terbaik, seperti Wardah, Innisfree, atau Some By Mi. Anda penasaran? Kalau begitu, jangan lewatkan artikel ini hingga akhir! 
    Perawatan wajah
    121.818 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Wajah yang berjerawat bisa jadi menyebabkan Anda kurang percaya diri. Berbagai produk dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, salah satunya adalah masker. Ada berbagai merek masker untuk kulit berjerawat, seperti Innisfree, Aztec, Himalaya Herbal, dan Lush.Jika Anda sedang mencari masker untuk kulit berjerawat, artikel kali ini tidak boleh Anda lewatkan. Kami akan membahas tentang memilih masker untuk kulit berjerawat serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Jangan kelewatan juga tips cara membuat masker di rumah, ya!
    Perawatan wajah
    240.667 Views
  • 10 Rekomendasi Bedak Bayi Terbaik untuk Orang Dewasa (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bedak Bayi Terbaik untuk Orang Dewasa (Terbaru Tahun 2020)
    Bedak bayi sudah lama diminati sebagai produk perawatan kulit bayi. Karena formulanya yang aman bagi kulit, beberapa orang dewasa juga menggunakan bedak bayi sebagai bedak untuk tubuh, bahkan untuk makeup. Apakah Anda adalah salah satunya?Kali ini, kami akan membahas cara memilih bedak bayi yang juga bisa digunakan untuk orang dewasa. Setelah itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik, seperti dari merek Pigeon, Cussions, Johnson &amp; Johnson, dan lainnya. Mari simak artikel di bawah ini!
    Perawatan wajah
    92.732 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori