10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2018)

Setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda, seperti kulit normal, kulit berminyak, atau kulit kering. Namun, ada pula orang yang memiliki jenis kulit kombinasi, yaitu cenderung berminyak di zona T yang termasuk bagian hidung, dahi, dan dagusedangkan pada area pipi, rahang, dan sekitarnya yang disebut juga zona U cenderung normal hingga kering.

Cukup banyak orang yang memiliki jenis kulit wajah kombinasi menggunakan sabun muka untuk kulit berminyak keluaran Ponds, Clean & Clear, atau Garnier. Akibatnya, kondisi kulit wajah mereka semakin parah dan produksi minyak atau sebum di wajah menjadi tidak seimbang. Oleh karena itu, di artikel ini kami akan membantu Anda menemukan sabun muka batangan yang tepat untuk kulit kombinasi.

Daftar isi

Orang Indonesia memiliki jenis kulit kombinasi?

Orang Indonesia memiliki jenis kulit kombinasi?

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa terdapat beberapa jenis kulit, yakni kulit normal, berminyak, kering, sensitif, dan kombinasi. Jenis kulit dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Oleh karena itu, Anda perlu mengenal jenis kulit wajah Anda untuk mendapat perawatan yang tepat.

Orang Indonesia sendiri banyak memiliki jenis kulit wajah kombinasi. Hal ini disebabkan zona T memiliki lebih banyak kelenjar minyak dibandingkan zona U. Hal ini jugalah yang menyebabkan zona T menjadi lebih berminyak.

Setiap individu memiliki jumlah kelenjar minyak dan produksi sebum yang berbeda. Terkadang, permasalahan kulit kombinasi bisa muncul disebabkan faktor usia, sekresi sebum berlebih akibat faktor eksternal seperti paparan sinar UV dan pendingin ruangan, memakai produk perawatan wajah yang tidak tepat, dan berbagai faktor lainnya. Dengan demikian, sudah sewajarnya Anda harus memberikan perhatian khusus dan menggunakan produk perawatan wajah yang sesuai.

Cara memilih sabun muka batangan untuk kulit kombinasi

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah kombinasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya Anda dapat memilih sabun yang tepat. Apa sajakah itu? Mari simak penjelasannya!

Pilih sabun yang tidak terlalu kuat dalam menghilangkan sebum di wajah

Pilih sabun yang tidak terlalu kuat dalam menghilangkan sebum di wajah

Kebanyakan orang yang memiliki jenis kulit wajah kombinasi terlalu fokus dengan sebum berlebih di zona T sehingga dengan segera memilih sabun muka yang ampuh menghilangkan sebum di wajah. Perlu diketahui bahwa sabun muka yang terlalu kuat dalam menghilangkan sebum malah dapat membuat kulit menjadi kering dan kaku, padahal wajah juga memerlukan sebum dalam jumlah normal.

Sebum di wajah bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Apabila wajah terlalu kering, kulit akan memproduksi sebum lebih banyak lagi sehingga wajah Anda malah semakin mengilap. Oleh karena itu, pilihlah sabun muka yang tidak terlalu kuat dalam menghilangkan sebum di wajah.

Pilih sabun yang lembut dan menghasilkan banyak busa

Pilih sabun yang lembut dan menghasilkan banyak busa

Pemilik kulit wajah kombinasi disarankan untuk menggunakan sabun muka batangan yang lembut dan menghasilkan banyak busa. Busa yang banyak dan lembut mampu mengangkat sebum dari kulit wajah secara efektif tanpa membuat wajah menjadi kering. Bagaimanapun, wajah tetap memerlukan sebum dalam jumlah normal untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap kenyal dan awet muda.

Selain itu, pemilik kulit wajah kombinasi disarankan untuk tidak mencuci muka lebih dari satu menit. Terlalu lama menggosok wajah secara berlebihan dapat berakibat hilangnya seluruh sebum di wajah yang kemudian akan memperburuk kondisi wajah Anda. Pastinya Anda tidak mau kondisi wajah Anda semakin parah, bukan?

Pilih sabun yang mengandung pelembap

Pilih sabun yang mengandung pelembap

Biasanya sabun batangan bersifat basa dan membuat kulit menjadi kering. Selain itu, sifat basa pada sabun juga bisa membuka pori-pori kulit wajah sehingga seluruh kotoran dan sebum terangkat saat mencuci muka. Untuk tetap menjaga kelembapan kulit wajah, pilihlah sabun batangan yang mengandung pelembap seperti hyaluronic acid, royal jelly, minyak zaitun, atau glycerin. 

Hyaluronic acid, royal jelly, minyak zaitun, dan glycerin adalah pelembap alami yang dapat menjaga elastisitas kulit wajah Anda. Dengan menggunakan sabun batangan yang mengandung pelembap, wajah Anda tidak akan menjadi kering.

Pilih sabun dengan aroma favorit Anda

Pilih sabun dengan aroma favorit Anda

Sabun cuci muka akan digunakan setiap hari, karena itu penting bagi Anda untuk memilih sabun dengan aroma yang sesuai dengan selera Anda. Sabun muka batangan yang beredar di pasaran kini memiliki bermacam-macam aroma, seperti aroma buah atau bunga. Beberapa sabun bahkan mengandung aroma yang berasal dari essential oil yang sangat bermanfaat untuk kesehatan wajah.

Sabun muka batangan yang tidak beraroma mungkin membuat Anda tidak semangat mencuci muka, padahal jika Anda tidak mencuci muka, wajah Anda bisa terlihat kusam. Oleh karena itu, perhatikan aroma pada sabun yang Anda gunakan karena selain bisa memperbaiki mood, aroma segar membuat kegiatan cuci muka jadi lebih menyenangkan.

10 Rekomendasi sabun cuci muka batangan terbaik untuk kulit kombinasi

Berikut ini adalah 10 rekomendasi sabun cuci muka batangan terbaik untuk kulit kombinasi yang telah kami rangkum untuk Anda. Pilihlah sabun cuci muka yang tepat sesuai kebutuhan Anda, ya!

10. RDL Papaya Whitening Soap

10. RDL Papaya Whitening Soap 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.999

Ekstrak pepaya untuk kulit bersih dan cerah sekaligus

Sabun Papaya adalah salah satu sabun muka batangan yang cukup populer di Indonesia. Sabun ini memiliki khasiat mencerahkan kulit karena mengandung ekstrak buah pepaya yang mampu membuat kulit lebih cerah dan sangat baik untuk kesehatan kulit. Sabun ini diperkaya dengan vitamin A, C, dan E yang dapat membantu regenerasi kulit.

Sabun dengan aroma segar buah pepaya ini direkomendasikan untuk semua jenis kulit termasuk jenis kulit kombinasi. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki jenis kulit kombinasi dan ingin fokus mencerahkan kulit wajah, sabun ini sangat direkomendasikan. Apalagi, sabun ini juga mengandung glycerin sebagai pelembap alami, lho 

9. Royalty Cleansing Soap

9. Royalty Cleansing Soap

Lihat produk ini di Lazada 

Harga : Rp 150.000

Selamat tinggal flek hitam!

Royalty Cleansing Soap adalah sabun kecantikan untuk semua jenis kulit termasuk kulit kombinasi. Sabun ini mengandung bahan-bahan alami yang efektif memudarkan flek hitam di wajah. Oleh sebab itu, sabun ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin fokus menghilangkan flek hitam di wajah.

Sabun ini juga sangat ampuh untuk menghilangkan kotoran, sebum, dan sisa makeup di wajah. Tidak perlu khawatir kulit Anda akan menjadi kering karena sabun ini mengandung pelembap alami seperti minyak kelapa dan glycerin. Kandungan Aloe vera  pada produk ini juga akan membantu menghilangkan noda, mencerahkan wajah, serta mengatasi kulit berminyak.

8. Iria Goat’s Milk Whitening Face Soap

8. Iria Goat's Milk Whitening Face Soap 

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 14.999

Rasakan kulit lembap alami dengan susu kambing murni

Sesuai namanya, produk ini terbuat dari susu kambing murni yang baik untuk melembapkan kulit. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah kombinasi, sabun ini sangat direkomendasikan karena mampu menghilangkan sebum di zona T tanpa membuatnya menjadi kering. Tingkat pH sabun ini pun mendekati tingkat pH kulit Anda.

Selain itu, karena sabun ini terbuat dari susu kambing murni, kandungannya lengkap dengan protein dan berbagai vitamin, seperti vitamin C, A, B, dan D yang baik bagi kulit. Sabun ini juga mampu membuat kulit Anda menjadi lebih putih dengan pemakaian teratur. Busa dan aromanya yang sangat lembut tentu akan membuat Anda nyaman menggunakan sabun ini.

7. Bathaholic Charcoal Tea Tree

7. Bathaholic Charcoal Tea Tree

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 60.000

Hapus tuntas kotoran di wajah dengan charcoal 

Charcoal kini populer sebagai bahan pembuat sabun karena ampuh membersihkan kotoran hingga ke pori-pori. Salah satu sabun terbaik yang mengandung charcoal adalah sabun muka batangan dari Bathaholic ini. Sabun berwarna hitam ini dilengkapi dengan minyak tea tree yang bisa melembapkan kulit dan menenangkan kulit yang teriritasi.

Bagi Anda yang sering berada di luar ruangan dan terpapar debu, sabun ini sangat pas untuk Anda karena charcoal-nya dapat menghapus tuntas kotoran dan sebum. Sementara kandungan tea tree-nya juga ampuh untuk mengatasi jerawat. Kini, zona T di wajah Anda pun akan bebas dari kilap dan jerawat-jerawat nakal!

6. Sebamed Clear Face Cleansing Bar

6. Sebamed Clear Face Cleansing Bar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 70.000

Ampuh usir jerawat dan komedo tanpa membuat kulit Anda kering

Produk satu ini diklaim ampuh melawan jerawat dan komedo karena kandungannya mampu menghilangkan sebum berlebih di wajah tanpa membuatnya terlalu kering. Selain itu, produk ini juga cocok untuk kulit sensitif karena tidak mengandung detergen atau paraben serta memiliki pH 5,5 yang cocok dengan kondisi kulit Anda.

Sebagai pelembap, sabun ini memiliki kandungan beeswax, lecithin, dan squalane. Ketiga kandungan ini akan bekerja untuk mempertahankan kelembapan kulit Anda secara maksimal. Bila Anda mencari sabun wajah yang ampuh membasmi jerawat dan komedo tanpa membuatnya terasa kering, mengapa tidak mencoba produk ini saja?

5. Body Talk Gentleman’s Bar Almond Mint

5. Body Talk Gentleman's Bar Almond Mint

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 45.000

Sabun handmade all-in-one untuk wajah, badan, kulit kepala, hingga rambut!

Sabun handmade ini memiliki beragam varian salah satunya adalah varian almond mint. Sabun ini cocok untuk seluruh tubuh Anda mulai dari ujung kepala hingga ke ujung kaki. Bagi Anda yang mengutamakan kepraktisan saat bepergian dan menginap, tetapi tetap ingin merawat kulit wajah, sabun ini sangat direkomendasikan untuk Anda.

Almond dikenal baik untuk melembapkan, menghaluskan, meredakan iritasi, hingga mengangkat sel kulit mati. Sementara, daun mint berkhasiat untuk meredakan jerawat, mengurangi komedo, memudarkan noda hitam pada wajah, dan turut mengangkat sel kulit mati pula. Untuk manfaat sebanyak ini, harganya sangat terjangkau, bukan?

4. RDL Cucumber Brightening Soap

4. RDL Cucumber Brightening Soap 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 22.500

Wajah matte sehabis mencuci muka tanpa terasa kering? Bisa dengan produk ini!

Sabun RDL Cucumber terbuat dari ekstak mentimun yang kaya dengan antioksidan sehingga ampuh menangkal radikal bebas. Saat dipakai, sabun ini akan membuat wajah terasa matte tanpa membuatnya kering. Jika Anda memiliki wajah berminyak di zona T dan menginginkan hasil wajah yang matte setelah mencuci muka, sabun ini adalah pilihat tepat.

Selain itu, manfaat lain dari mentimun adalah menghaluskan kulit serta mengecilkan pori-pori sehingga wajah tampak kenyal dan segar. Sabun yang kaya vitamin dan mineral ini cocok untuk Anda yang sering berada di bawah paparan sinar matahari karena sabun ini memberi efek menenangkan pada kulit.

3. Merry Life Diamond Face Facial Soap

3. Merry Life Diamond Face Facial Soap

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 250.000

Manfaat detoksifikasi maksimal dengan kandungan 100% bahan alami

Seharian beraktivitas di luar ruangan akan membuat wajah menjadi kusam karena paparan sinar matahari dan polusi. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena sabun Diamond Face dari Merry Life mampu mendetoksifikasi racun-racun dan menjadikan kulit Anda kembali sehat. Sebum di wajah Anda pun tersapu bersih tanpa membuatnya menjadi kering.

Sabun ini cocok untuk segala jenis kulit termasuk kulit kombinasi karena minyak jojoba dan zaitunnya mampu menyeimbangkan produksi sebum sehingga zona T di wajah Anda tidak berminyak. Dengan pemakaian teratur, sabun ini bahkan mampu memperbaiki tekstur kulit wajah yang tidak rata.

2. L’Occitane Ultra Gentle Soap

2. L'Occitane Ultra Gentle Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 280.000

Busa super lembut untuk dapatkan kulit super lembut juga

L’Occitane Ultra Gentle Soap adalah sabun muka batangan yang cocok digunakan sehari-hari berkat formulanya yang lembut bagi kulit wajah. Kandungan shea butter dalam sabun ini membuat kelembapan kulit wajah Anda tetap terjaga. Terdapat pula kandungan sunflower seed oil yang mampu menjaga kulit dari sinar matahari dan menghilangkan jerawat.

Kemudian, sabun ini menghasilkan busa krim yang sangat lembut sehingga aman digunakan bahkan untuk bayi sekalipun. Sabun berwarna putih ini juga mampu membuat kulit Anda menjadi sangat halus dan kenyal. Walau harganya terbilang cukup mahal, tentunya akan sebanding dengan kualitasnya yang sangat baik.

1. New Image Alpha Lipid Bio-Rejuv

1. New Image Alpha Lipid Bio-Rejuv

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 464.000

Anda pencinta lingkungan? Pilih sabun bebas detergen yang ramah lingkungan ini!

Selama ini kita mengenal detergen sebagai bahan utama pembuat sabun. Namun, sebenarnya banyak efek negatif yang ditimbulkan oleh detergen itu sendiri, di antaranya adalah membuat kulit kering dan mencemarkan lingkungan. Bagi pemilik kulit wajah kombinasi, detergen dapat membuat kulit di zona T semakin berminyak.

Sabun ini sendiri merupakan sabun bebas detergen yang dapat membersihkan kulit wajah dengan teknologi bioaktif. Senyawa bioaktif ini juga mampu menutrisi dan menumbuhkan sel-sel kulit baru sehingga wajah Anda akan tampak muda. Nah, bila Anda mencari sabun bebas detergen dan bisa membuat Anda awet muda, sabun ini adalah pilihan tepat.

Cara mendeteksi jenis kulit wajah kombinasi

Cara mendeteksi jenis kulit wajah kombinasi

Mendeteksi jenis kulit wajah kombinasi tidaklah sulit. Cukup basuh wajah Anda hanya dengan menggunakan air, kemudian keringkan dengan handuk, lalu diamkan selama 20 menit. Apabila zona T di wajah Anda berminyak, sedangkan zona U kering, bisa dipastikan bahwa Anda memiliki jenis kulit kombinasi.

Anda bisa mengulangi cara di atas jika mulai timbul banyak masalah kulit atau ketika pelembap wajah Anda sudah tidak terasa ampuh seperti sediakala, padahal Anda sudah melakukan rutinitas perawatan wajah dengan benar. Hal tersebut bisa jadi karena kulit Anda telah mengalami perubahan kondisi karena faktor usia dan lingkungan. Mendeteksi kondisi kulit wajah dapat membantu Anda menemukan perawatan terbaik untuk kulit wajah Anda.

Kesimpulan

Bagaimana, apakah Anda sudah menemukan sabun yang tepat? Pemilihan sabun yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit dapat membuahkan hasil yang maksimal sehingga wajah Anda bebas dari masalah kulit dan terjaga kesehatannya. Selain itu, disiplin dalam mencuci muka juga menjadi kunci untuk menyeimbangkan kadar sebum pada kulit wajah kombinasi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sebelumnya bingung memilih produk yang tepat untuk kulit kombinasi.