10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2019)

Apakah kulit di sekitar dahi dan hidung Anda mudah mengilap padahal kulit pipi terasa kering? Jika iya, berarti Anda memiliki kulit kombinasi. Kondisi kulit yang tidak stabil membuat Anda membutuhkan produk skin care yang dibuat khusus untuk jenis kulit kombinasi. Anda bisa mencoba sabun muka batangan sebagai salah satu solusi.

Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih sabun batangan yang sesuai untuk kulit kombinasi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik dari berbagai merek terkenal, seperti Sebamed, RDL, dan L’Occitane. Mari simak artikelnya sampai habis dan temukan produk yang paling tepat untuk Anda!

Daftar isi

Apakah yang dimaksud kulit kombinasi?

Apakah yang dimaksud kulit kombinasi?

Saat memilih kosmetik, Anda mungkin sering menjumpai produk khusus untuk jenis kulit tertentu, misalnya kulit kering, normal, atau berminyak. Akan tetapi, bagaimana dengan Anda yang memiliki kulit kombinasi? Pernahkah Anda kebingungan karena hal tersebut? Anda perlu mengetahui lebih dalam lagi tentang kulit kombinasi.

Pada dasarnya, kulit pada T-zone (area dahi dan hidung) memiliki lebih banyak kelenjar minyak dibandingkan U-zone (area pipi, mulut, dan dagu). Kulit kombinasi adalah kulit yang memiliki dua jenis kulit yang bertolak belakang di kedua bagian wajah tersebut. Misalnya bagian T-zone berminyak, sedangkan bagian U-zone kering.

Setiap individu memiliki jumlah kelenjar minyak dan produksi sebum yang berbeda. Permasalahan kulit kombinasi bisa muncul disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya faktor usia dan faktor eksternal. Faktor eksternal yang dimaksud misalnya produksi sebum berlebih akibat paparan sinar UV atau AC. Bisa juga karena menggunakan produk perawatan wajah yang tidak tepat. Akibatnya, banyak orang Indonesia yang kondisi kulitnya berubah menjadi kulit kombinasi.

Cara memilih sabun muka batangan untuk kulit kombinasi

Sekarang kami akan menjelaskan beberapa poin tentang cara memilih sabun batangan yang tepat untuk jenis kulit wajah kombinasi. Apa sajakah itu? Mari simak ulasannya berikut ini!

Pilih sabun yang tidak terlalu kuat dalam menghilangkan sebum di T-zone

Pilih sabun yang tidak terlalu kuat dalam menghilangkan sebum di T-zone

Kebanyakan orang yang memiliki kulit kombinasi terlalu fokus dengan sebum berlebih di T-zone. Akibatnya, mereka cenderung memilih sabun muka yang ampuh menghilangkan sebum di wajah. Namun, menghilangkan sebum secara berlebihan justru akan membuat kulit memproduksi sebum lebih banyak lagi. Jadi, setelah menghapus makeup dengan makeup remover, cucilah muka dengan sabun batangan yang tidak terlalu kuat dalam menghilangkan sebum.

Pilih sabun yang menghasilkan busa dengan tekstur halus dan mudah dibersihkan

Pilih sabun yang menghasilkan busa dengan tekstur halus dan mudah dibersihkan

Anda yang memiliki kulit wajah kombinasi disarankan untuk tidak mencuci muka terlalu lama. Selesaikanlah kegiatan mencuci muka Anda kurang dari 1 menit. Oleh karena itu, gunakanlah sabun batangan yang menghasilkan banyak busa dengan tekstur yang halus supaya sebum wajah tidak hilang sepenuhnya. Busa yang teksturnya halus mampu mengangkat sebum di kulit wajah secara efektif sehingga Anda tidak perlu menggosok wajah dengan kuat.

Selain itu, pastikan busa sabun tersebut mudah dibilas. Jika mudah dibilas, tidak akan ada sabun yang tersisa di wajah sehingga kulit Anda akan benar-benar bersih dan terasa lembut.

Pilih sabun yang mengandung pelembap

Pilih sabun yang mengandung pelembap

Tidak sedikit yang merasakan kulit menjadi kering dan tertarik kencang setelah mencuci muka dengan sabun batangan. Biasanya, sabun batangan bersifat basa sehingga kulit yang tadinya bersifat asam perlahan-lahan berubah menjadi basa. Akibatnya kulit Anda akan terasa lebih kering dari biasanya.

Kandungan alkali pada sabun akan membuka pori-pori sehingga kotoran di dalamnya mampu dibersihkan secara menyeluruh. Sebagai gantinya, Anda wajib mengembalikan kelembapan di wajah setelah mencuci muka. Jika Anda tidak suka kulit terasa tertarik setelah cuci muka, pilihlah sabun batangan yang mengandung pelembap, misalnya bahan-bahan, seperti Sodium hyaluronate, glycerine atau coconut oil.

Pilih sabun dengan aroma yang disukai

Pilih sabun dengan aroma yang disukai

Mencuci muka adalah langkah awal skin care yang wajib untuk dilakukan setiap hari. Karena itu, penting bagi Anda untuk memilih sabun dengan aroma yang sesuai dengan selera.

Ada orang yang menyukai aroma sabun yang khas, tetapi ada juga yang menyukai sabun dengan aroma tertentu. Misalnya sabun dengan campuran essential oil. Sabun muka batangan dengan aroma yang tidak disukai akan membuat Anda tidak semangat mencuci muka.

Wajah yang tidak dibersihkan dengan benar setiap hari akan tampak kusam. Oleh sebab itu, perhatikan aroma pada sabun yang Anda gunakan karena selain bisa memperbaiki mood, aroma segar membuat kegiatan cuci muka jadi lebih menyenangkan.

10 Rekomendasi sabun cuci muka batangan terbaik untuk kulit kombinasi

Berikut ini adalah sepuluh produk rekomendasi sabun cuci muka batangan terbaik untuk kulit kombinasi yang telah kami rangkum untuk Anda. Pilihlah berdasarkan kriteria yang sudah dibahas sebelumnya, ya.

10. RDL Papaya Brightening Soap

10. RDL Papaya Brightening Soap

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 14.500

Terlindungi dari sinar UV setiap hari berkat kandungan sunscreen-nya

Sabun batang yang pernah populer di Indonesia ini mengandung ekstrak buah pepaya sebagai kandungan utamanya. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan kulit dan mampu membuat kulit Anda lebih cerah dan bersih. Sabun asal Filipina ini telah mengantongi sertifikat BPOM sehingga dijamin aman untuk digunakan.

RDL Papaya Brightening Soap juga diperkaya dengan vitamin A, C, dan E yang membantu regenerasi kulit serta mencegah radikal bebas. Dalam inovasi terbarunya, produk ini dilengkapi sunscreen yang dapat melindungi kulit dari sinar UV sehingga bisa Anda gunakan setiap hari. Sebuah solusi untuk Anda yang ingin tampak semakin cerah dari hari ke hari!

Berat bersih 90 gr
Kandungan pelembap Coconut oil
Aroma Pepaya

9. Iria Goat’s Milk Whitening Face Soap

9. Iria Goat's Milk Whitening Face Soap

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 15.000

Sabun dari susu kambing, sejak dahulu kala ampuh merawat kulit!

Susu kambing sudah terkenal khasiatnya sebagai sabun yang dapat membuat kulit bersih, sehat, dan terjaga kelembapannya. Bedanya dengan sabun lainnya, produk ini mampu menghilangkan sebum tanpa membuat kulit menjadi kering, terutama di bagian T-zone. Oleh sebab itu, sabun dari Iria ini bisa menjadi andalan bagi Anda yang memiliki kulit kombinasi.

Jika digunakan dengan teratur, sabun ini juga mampu membuat kulit Anda menjadi tampak lebih cerah. Busa dan aroma susunya yang sangat lembut tentu akan membuat Anda nyaman ketika menggunakan produk ini. Penasaran dengan manfaat susu kambing untuk kulit Anda? Cobalah produk ini!

Berat bersih 100 gr
Kandungan pelembap Glycerine, propylene glycol
Aroma Susu

8. Sensatia Black Volcanic Sand Natural Soap

8. Sensatia Black Volcanic Sand Natural Soap

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 75.000

Dapatkan kulit kencang dan bersih dari sel kulit mati

Bahan utama produk ini adalah pasir hitam dari Bali yang tinggi mineral serta mampu mengangkat sel kulit mati dengan baik. Tak hanya mengangkat sel kulit mati, produk ini juga dapat membuat kulit lebih kencang sehingga lebih awet muda. Semua itu berkat campuran pasir hitam dari letusan gunung berapi, arang kelapa, serta berbagai natural oils di dalamnya.

Produk ini dibuat tanpa bahan-bahan berbahaya seperti SLS, paraben, maupun pengawet sehingga sangat aman bagi tubuh. Untuk aromanya, perpaduan lavender dan Citrus akan memberikan efek menenangkan dan membuat Anda merasa nyaman. Sabun ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin fokus membersihkan kulit wajah dengan optimal.

Berat bersih 125 gr
Kandungan pelembap Coconut oil, shea butter
Aroma Citrus, lavender

7. Royalty Cosmetic Miracle Soap Bar

7. Royalty Cosmetic Miracle Soap Bar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 150.000

Selamat datang kulit cerah!

Bagi Anda yang memiliki kulit kusam dan ingin tampil lebih cerah, tidak perlu khawatir lagi karena produk ini bisa jadi solusi! Royalty Cosmetic Miracle Soap Bar adalah sabun kecantikan yang ampuh dalam mencerahkan wajah. Produk ini aman untuk digunakan oleh kulit kombinasi Anda karena sudah lulus BPOM dan tidak mengandung merkuri.

Sabun batang ini juga dilengkapi berbagai kandungan pelembap sehingga kulit Anda dijamin tidak akan kering setelah memakainya. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakannya dua sampai tiga kali sehari. Hebatnya lagi, sabun ini tidak terbatas untuk wanita saja, tetapi bisa juga digunakan oleh pria!

Berat bersih 80 gr
Kandungan pelembap Coconut oil, glycerine, propylene glycol, Aloe barbadensis extract
Aroma Tumbuh-tumbuhan

6. The Soap Corner Charcoal Tea Tree Bar Soap

6. The Soap Corner Charcoal Tea Tree Bar Soap

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 75.000

Mengatasi berbagai masalah kulit di wajah dan bagian tubuh lainnya

Anda sedang bermasalah dengan jerawat di wajah dan punggung? Jika iya, produk satu ini layak Anda coba! Perpaduan activated charcoal dan tea tree oil di dalamnya efektif mengurangi jerawat serta flek hitam di area wajah maupun tubuh. Kedua kandungan tersebut juga mampu menyerap kotoran dan sebum berlebih supaya tidak menutupi pori-pori.

Dengan memakai produk ini, jerawat akan cepat mengering tanpa membuat kulit menjadi kering. Apalagi ada kandungan glycerine serta shea butter yang siap melembapkan kulit dengan baik. Selain itu, produk handmade ini juga dibuat tanpa bahan pengawet, paraben, maupun SLS, lho!

Berat bersih Tidak tercantum
Kandungan pelembap Glycerine, coconut oil, shea butter
Aroma Tidak tercantum

5. Molona Natural Bandung – Skin Vitamin Soap Bar

5. Molona Natural Bandung – Skin Vitamin Soap Bar

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 38.000

Mengembalikan cahaya wajah yang kusam

Produk vegan buatan lokal ini kaya akan vitamin untuk membuat wajah kusam Anda kembali cerah dan bercahaya. Flek hitam dan jerawat juga akan teratasi dengan produk ini. Pemakaian yang teratur akan menjadikan kulit Anda semakin cerah dan segar. Tak hanya pada wajah, produk ini juga bisa digunakan ke seluruh tubuh, baik untuk pria maupun wanita.

Untuk Anda yang memiliki kulit kombinasi, berminyak, dan normal, Anda bisa menggunakan produk ini dengan tenang. Keamanannya terjamin karena tidak mengandung paraben, SLS, maupun pewarna. Ditambah lagi dengan aroma buah segar yang ditawarkan, mencuci muka akan terasa menyenangkan.

Berat bersih 105 gr
Kandungan pelembap Coconut oil
Aroma Fresh orange

4. The Body Shop Shea Soap

4. The Body Shop Shea Soap

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 39.200

Berikan kelembapan ekstra pada U-zone

Sabun batang dari The Body Shop ini mampu memberikan kelembapan ekstra, terutama untuk U-zone yang kering. Dibuat dengan shea butter dari Ghana yang penuh manfaat, kulit Anda tidak hanya senantiasa lembap, tetapi juga akan terasa lebih lembut dari biasanya.

Busanya yang lembut dengan aroma yang menyenangkan akan membuat Anda merasa nyaman ketika menggunakannya. Anda yang menyukai aroma shea butter dengan hint vanila yang manis pasti akan jatuh cinta dengan produk ini. Untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan dengan manfaat utama melembapkan, sabun ini bisa Anda coba!

Berat bersih 100 gr
Kandungan pelembap Glycerine, shea butter
Aroma Shea butter

3. Sebamed Clear Face Cleansing Bar

3. Sebamed Clear Face Cleansing Bar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 70.000

Ampuh usir jerawat dan komedo pada kulit kombinasi sensitif

Produk satu ini ampuh melawan jerawat dan komedo karena kandungan di dalamnya mampu menghilangkan sebum berlebih di wajah. Tingkat pH sabun ini sesuai dengan pH alami kulit sehingga tidak membuat kulit kering. Selain itu, sabun batang ini juga aman untuk kulit sensitif karena tidak mengandung detergen atau paraben.

Tidak hanya dari segi keamanan, produk ini juga maksimal dalam menjaga kelembapan kulit Anda. Semua itu berkat kandungan inulin, lecithin, dan tocopheryl acetate yang ada di dalamnya. Bila Anda memiliki wajah dengan kulit kombinasi dan sedang mengalami masalah jerawat atau komedo, cobalah produk ini!

Berat bersih 100 gr
Kandungan pelembap Lecithin
Aroma Tidak tercantum

2. Pears Pure & Gentle Soap with Natural Oils

2. Pears Pure & Gentle Soap with Natural Oils

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 26.000

Hadir dengan formula gentle yang tidak menghilangkan sebum alami kulit

Produk ini diproduksi dengan teknologi pencetakan yang unik sehingga menghasilkan sabun yang berwarna transparan. Formulanya gentle, tetapi tetap melembapkan kulit dengan efektif serta menjaga kulit tetap halus. Berkat formula yang lembut ini, Anda tidak perlu khawatir sebum alami di kulit akan hilang.

Kemampuan melembapkan yang dimiliki produk ini tidak perlu diragukan lagi dengan adanya kandungan glycerine serta natural oils di dalamnya. Karena aromanya yang ringan dan lembut, Anda yang kurang suka dengan sabun beraroma kuat bisa mencoba menggunakan produk ini.

Berat bersih 125 gr
Kandungan pelembap Sorbitol, glycerine, propylene glycol, PEG-4
Aroma Tidak tercantum

1. L’Occitane Shea Butter Ultra Rich Face Soap

1. L'Occitane Shea Butter Ultra Rich Face Soap

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 300.000

Busa lembut untuk dapatkan kulit yang halus

Produk dari L’Occitane dengan kandungan shea butter sebanyak 7% ini dapat memastikan kelembapan kulit wajah Anda tetap terjaga. Meskipun harganya terbilang tinggi, sabun ini memiliki khasiat yang sangat baik dalam menjaga kelembutan kulit. Sensasi kelembutan dan kelembapan yang diberikan produk ini tidak bisa didapatkan dari produk lain.

Terdapat pula kandungan sunflower seed oil di dalamnya yang mampu mencegah penuaan dini dan memberi manfaat antibakteri. Kemudian, sabun berbahan dasar nabati ini mampu menghasilkan busa yang lembut dan padat. Untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan serta hasil yang optimal di kulit, produk inilah pilihan pertamanya!

Berat bersih 80 gr
Kandungan pelembap Shea butter, glycerine
Aroma Shea butter

Cara mendeteksi kulit kombinasi dengan mencuci muka

Cara mendeteksi kulit kombinasi dengan mencuci muka

Mendeteksi jenis kulit wajah kombinasi bukanlah hal yang sulit. Cukup basuh wajah Anda hanya dengan menggunakan air, kemudian keringkan dengan handuk, lalu diamkan selama 20 menit. Apabila T-zone di wajah Anda berminyak, sedangkan U-zone terasa kering, tertarik, dan kasar ketika disentuh, bisa dipastikan Anda memiliki jenis kulit wajah kombinasi.

Kondisi kulit bisa berubah akibat pertambahan usia dan perubahan lingkungan. Selain itu, ada beberapa tanda bahwa kondisi kulit wajah Anda berubah. Misalnya mulai timbul banyak masalah kulit atau produk skin care Anda sudah tidak terasa ampuh seperti sediakala. Mendeteksi kondisi kulit wajah dapat membantu Anda menemukan perawatan terbaik.

Baca juga rekomendasi berbagai produk skin care dan makeup untuk kulit kombinasi di sini!

Menggunakan produk skin care dan makeup yang sesuai dengan jenis kulit adalah hal yang penting. Selain boros karena harus gonta-ganti, produk skin care dan makeup yang tidak sesuai akan memperburuk kondisi kulit Anda. Selain sabun batangan yang dibahas dalam artikel ini, kami juga telah mengulas tentang beberapa produk seperti serum wajah, face emulsion, hingga foundation yang bisa digunakan oleh pemilik kulit kombinasi. Anda bisa membaca artikelnya di sini!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat untuk kulit kombinasi Anda? Untuk menjaga keseimbangan sebum, gunakan sabun yang tidak terlalu kuat dalam menghilangkan sebum di T-zone.

Selain itu, jangan lupa pilih sabun dengan kandungan pelembap untuk merawat U-zone yang kering dan mencegah kulit terasa tertarik. Sabun dengan busa yang teksturnya halus dan mudah dibilas juga dianjurkan supaya kulit Anda benar-benar bersih. Selamat mencoba!