mybest
Mainan anjing

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Perawatan anjing
  4. 10 Mainan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Mainan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024)

Ada banyak mainan dengan berbagai bentuk yang dapat membuat anjing Anda menjadi makin sehat, pintar, dan disiplin. Terdapat banyak jenis mainan anjing beredar di pasaran. Bila Anda baru pertama kali memelihara anjing, mungkin Anda bingung harus memilih mainan yang mana, bukan?

Kami akan memberikan sepuluh rekomendasi mainan terbaik untuk anjing. Ada mainan untuk dikunyah, untuk bermain lempar tangkap, perawatan gigi, atau untuk sekadar melatih anjing. Ada mainan anjing merek KONG, Nylabone, dan sebagainya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga.
Diperbaharui 14/07/2023
drh. Tito Suprayoga
Pakar
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

drh. Tito Suprayoga, M.Sc. adalah dokter hewan lulusan S1 dan S2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Selain menjadi asisten laboratorium Biokimia, drh. Tito juga pernah menjadi pembicara pada UKM Hewan Kesayangan di Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Demi mendukung keilmuannya di dunia praktisi hewan kecil, ia sering mengikuti continuing education baik nasional maupun internasional. Ia berpengalaman bekerja di PDHB drh. Cucu K. Sajuthi dkk Green Garden. Kini drh. Tito praktek mandiri di area Pekanbaru. Anda bisa menyapa drh. Tito di Instagram-nya untuk mengetahui informasi-informasi mengenai kesehatan dan perawatan anabul Anda.

Profil drh. Tito Suprayoga
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih mainan untuk anjing

Kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih mainan yang tepat. Tidak lupa kami juga akan menjelaskan cara menggunakan mainan tersebut.

1

Pertimbangkan produk berdasarkan cara penggunaannya

Mainan untuk anjing secara umum terdiri dari empat tipe. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan hewan berkaki empat kesayangan Anda!

Mainan tipe gigit, efektif menguatkan gigi dan rahang anjing

Mainan tipe gigit, efektif menguatkan gigi dan rahang anjing
Meski berbeda timing pada tiap jenis anjing, secara insting anjing terutama yang masih kecil suka menggigit barang. Apalagi saat masa pertumbuhan gigi, keinginan menggigitnya makin tinggi. Nah, mainan tipe ini pas digunakan pada momen tersebut. 

Mainan tipe gigit biasanya cocok digunakan untuk anak anjing pada masa pergantian gigi susu ke gigi permanen. Pada saat pergantian gigi tersebut, aktivitas menggigit benda-benda di sekitar oleh anak anjing akan berlangsung.


Seperti yang terjadi pada manusia, pergantian gigi pada anak anjing akan menimbulkan rasa yang kurang nyaman. Dengan demikian, mereka akan cenderung melakukan aktivitas menggigit. Memberikan mainan pada usia ini juga berguna untuk mencegah kebiasaan yang buruk pada saat dewasa.


Memberikan mainan tipe ini juga akan menjaga kekuatan rahang anjing. Jika anjing Anda menyukai mainannya, mainan tersebut akan digigiti dalam jangka panjang. Hal tersebut membuat mainan ini tepat dipilih bila Anda ingin anjing kesayangan main sendiri. Selain itu, mainan ini juga bisa dijadikan sarana untuk mengingatkan anjing bahwa manusia tidak boleh digigit.


Anak anjing sangat menyukai mainan yang dapat mengeluarkan suara. Namun, saat mainan berbunyi diberikan pada anjing dewasa, mainan akan cepat rusak karena semangat digigiti sehubungan dengan insting berburunya. Hal tersebut membuatnya kurang direkomendasikan bagi anjing dewasa. Pastikan juga ukuran mainannya tidak kekecilan agar risiko tertelan makin minim.


Mainan tipe gigit dengan bahan yang lembut, tetapi kuat juga dapat digunakan pada anjing-anjing dewasa. Mainan tersebut dapat membantu membersihkan gigi mereka dari tartar ataupun plak yang dapat memicu permasalahan gigi dan gusi.

Mainan tipe tarik, cocok dimainkan di mana saja termasuk di rumah

Mainan tipe tarik, cocok dimainkan di mana saja termasuk di rumah
Untuk melatih dan belajar berkomunikasi dengan anjing bahkan di rumah, produk tipe ini adalah pilihan tepat. Mainan tipe ini berfungsi untuk merangsang insting anjing Anda dalam mengejar, menggigit, dan menaklukkan mangsanya.

Mainan ini juga dapat digunakan untuk melatih konsentrasi anjing kapan ia harus menahan gigitan dan kapan ia harus melepasnya. Jenis mainan ini cocok untuk anjing yang suka berburu binatang di sekitar rumah. Produk jenis ini juga cocok bagi anjing-anjing yang memiliki kebiasaan buruk menyobek barang-barang di sekitar.


Mainan tipe tarik yang terbuat dari tali adalah pilihan bagus. Mainan tali mudah digigit oleh anjing dan cukup kuat untuk Anda tarik bersama anjing Anda. Namun, ketika anjing Anda menjadi terlalu bersemangat dan menarik mainan ini terlalu keras, Anda harus menghentikan permainan. Hal tersebut berguna untuk mengajari anjing bahwa Andalah yang mengatur ritme permainan, bukan justru Anda yang mengikuti keinginannya.


Ada yang berpendapat bahwa mainan tarik berbahan tali juga memberikan efek membersihkan gigi. Menggigiti mainan tipe tarik tidak secara langsung membersihkan gigi. Akan tetapi, saat terus-menerus menggigiti mainan, liur anjing akan terproduksi. Nah, Anda bisa mengoleskan pasta gigi pada mainan untuk membersihkan gigi anjing kesayangan.


Bisa jadi mainan ini memiliki dua ujung yang model dan bahannya berbeda. Bila demikian, pastikan anjing Anda menggigit sisi yang lebih mudah digigit. Saat bermain, usahakan agar persentase menang dan kalahnya seimbang. Tidak baik bila Anda terus kalah saat bermain melawan anjing Anda. Namun, sesekali memberikan kemenangan untuk anjing Anda adalah hal yang baik karena akan membuatnya gembira.

Mainan tipe lempar, ideal untuk membuat anjing banyak bergerak

Mainan tipe lempar, ideal untuk membuat anjing banyak bergerak
Kebanyakan anjing-anjing yang suka berburu dan anjing-anjing yang mudah dilatih menyukai aktivitas bermain dengan tipe mainan ini. Anjing-anjing tersebut di antaranya Golden Retriever, Labrador Retriever, dan sebagainya.

Mainan tipe lempar sangat pas untuk digunakan bersama anjing Anda. Mainan tipe ini sangat ideal dipilih bila Anda ingin anjing kesayangan banyak bergerak. Cara memainkannya mudah, cukup lempar frisbee atau bola, anjing pun akan mengambil dan memberikannya kembali pada Anda. Tidak hanya menghilangkan stres, mainan ini juga dapat meningkatkan kepercayaan anjing kepada Anda.


Mainan tipe ini kurang tepat digunakan di ruangan penuh furnitur atau berlantai kayu. Sangat direkomendasikan agar Anda memainkannya bersama anjing kesayangan di taman atau kebun besar. Dengan begitu, anjing dapat bergerak secara leluasa saat bermain dengan mainan ini.


Mengejar mainan merupakan perkara mudah bagi anjing karena itu adalah instingnya. Namun, mengembalikan mainan yang dilempar kepada Anda membutuhkan latihan. Mula-mula, Anda dapat melempar dalam jarak pendek dan memberikan snack sebagai hadiah sambil memuji anjing Anda. Setelah itu, tingkatkanlah jarak lemparnya secara bertahap.

Bermain menggunakan mainan ini selama 30–60 menit sudah cukup membakar lemak yang tertimbun yang akan berisiko meningkatkan obesitas. Obesitas akan berefek pada kesehatan anabul Anda. Selain itu, anjing yang banyak beraktivitas saat usia muda akan mengurangi risiko permasalahan persendian di usia senjanya.


Saat memainkan produk model ini, keberadaan Anda sebagai majikan dan disiplin dalam melatih sangatlah penting. Namun, produk tipe ini kurang tepat digunakan untuk dilemparkan terlalu jauh. 

Selain itu, untuk meningkatkan hasrat anjing dalam mengejar, Anda bisa mencoba menggunakan sisa nasi dan membentuknya layaknya frisbee. Dengan begitu, saat sisa nasi tersebut dilempar, anjing Anda akan berpikir bahwa makanannya terbang dan akan makin bersemangat mengejarnya.

Mainan yang dapat menampung makanan, menarik perhatian anjing saat Anda pergi

Mainan yang dapat menampung makanan, menarik perhatian anjing saat Anda pergi
Mainan yang kadang disebut mainan edukasi ini dapat Anda masukkan snack atau makanan anjing ke dalamnya. Sangat cocok Anda gunakan saat ingin bersantai atau tengah pergi dari rumah.

Ketika memainkan mainan ini, anjing Anda akan merasa excited dan sibuk memainkannya sendirian agar bisa mendapatkan makanan. Anjing Anda pun akan minim kemungkinan menggonggong atau bertindak usil. Mainan ini juga membantu Anda untuk mengontrol kecepatan makan anjing Anda.


Meski begitu, akan ada anjing yang frustasi atau malah merusak mainan karena tidak mengerti cara memainkannya. Anjing-anjing dengan temperamen tinggi tidak cocok dengan mainan ini karena sering sekali mereka malah merusaknya. Oleh karena itu, pilihlah produk dengan tingkat kesulitan sesuai karakteristik anjing Anda.


Penting untuk diingat, meski sering disebut mainan edukasi, bukan berarti mainan ini dapat meningkatkan kecerdasan bawaan. Adapun keberadaan mainan ini adalah membantu anjing Anda mengerti mekanisme mainan.


Meski begitu, produk tipe ini tetap dapat digunakan untuk memperbaiki kebiasaan tertentu dari anjing Anda. Sebagai contoh, saat anjing Anda menggonggong atau menjilati kakinya karena gugup, berikan saja mainan ini. Terlebih bila isinya setara dengan porsi makan anjing Anda sehari, waktu yang dibutuhkan anjing untuk memainkannya pun bertambah.


Anda juga bisa membawa mainan ini saat tengah menunggu di dokter hewan atau tempat lainnya. Dia akan sibuk sendiri dan tidak berisik saat menunggu.

2

Pilih ukuran dan tingkat kekerasan mainan yang pas

Pilih ukuran dan tingkat kekerasan mainan yang pas
Mainan yang ukurannya ideal adalah mainan yang tidak mungkin tertelan, tetapi tetap melekat kuat di mulut anjing Anda. Untuk mencegah risiko tertelan, hindari mainan yang ukurannya pas di mulut anjing. Bagaimana cara menentukan ukuran mainan yang sesuai? Jika mainan tersebut tengah dibawa secara horizontal oleh anjing dan kedua ujungnya menyembul keluar, berarti ukurannya cukup ideal.

Meski begitu, bukan berarti ukuran mainannya terlalu besar juga. Jika ukurannya terlalu besar, anjing Anda akan merasa mainannya sulit digunakan. Oleh karena itu, pastikan mainannya tetap mudah digigit dan dibawa anjing Anda.


Selain itu, perhatikan juga tingkat kekerasan mainannya. Ukuran dan kekuatan mulut anjing bisa berbeda tergantung pada bentuk tubuh dan umur. Jika mainannya tidak sesuai, mulut atau gigi anjing Anda bisa terluka. Terlebih untuk anjing kecil atau anjing yang sudah berumur, sebaiknya hindari membelikan mainan yang terlalu keras.


Hindari juga membeli mainan anjing yang terdiri dari beberapa bagian. Jika dimainkan dan salah satu bagian terlepas, akan berisiko anjing memakan/menelannya. Apalagi jika bahan mainan tersebut tidak dapat tercerna menjadi lebih kecil akan menyebabkan obstruksi/sumbatan di saluran cerna. Sumbatan tersebut sangat berbahaya dan harus segera ditangani dengan tindakan operatif.


Berikanlah mainan yang benar-benar kuat dan tidak mudah hancur untuk anjing-anjing yang memiliki gigitan kuat serta mudah mengoyak barang. Berikan mainan dengan bahan lembut, tetapi dari segi kekuatan dan elastisitas bagus untuk anjing-anjing yang sedang masa pertumbuhan gigi.

3

Utamakan mainan yang tidak mudah rusak

Utamakan mainan yang tidak mudah rusak
Agar anjing Anda dapat bermain dengan maksimal, pilihlah mainan yang tidak mudah rusak. Bila mainan yang dibeli mudah rusak, anjing Anda tidak dapat memainkannya untuk jangka panjang. Selain itu, mainan yang mudah rusak juga bisa membahayakan anjing Anda bila sampai tertelan.

Mainan berbentuk plush toys sebenarnya cukup populer karena imut. Namun, mainan seperti ini mudah dirusak oleh anjing yang memiliki gigitan kuat. Jika memungkinkan, Anda bisa memilih produk berbahan karet yang simpel, kuat, sekaligus minim komponen kecil.

Produk berbahan kayu atau kain lama-kelamaan dapat meninggalkan residu dalam pencernaan anjing akibat terus-menerus digigiti. Hal tersebut membuat produk simpel minim ornamen lebih cocok dipilih.


Jika Anda ingin membeli mainan model tali, pastikan ikatan talinya sulit diurai. Jika dapat diurai atau bergeser sedikit saja, sebaiknya produk tersebut Anda hindari. Secara umum jahitan plush toys dapat robek bahkan dalam sekali gigit.


Meskipun demikian, produk tertentu misalnya buatan Amerika cukup kuat, kok! Poin ini sebaiknya Anda pertimbangkan juga. Masalah terbesar sebenarnya adalah bila mainannya tertelan. Untuk meminimalkan hal tersebut, pastikan untuk menghindari produk yang kurang kuat.


Sebaiknya berikan anjing Anda mainan-mainan sebagai berikut. 

  • Mainan yang utuh atau tidak terdiri dari bagian-bagian kecil. 
  • Mainan berbahan tidak mudah robek sehingga tidak ada risiko tertelan oleh anjing.
  • Mainan yang memiliki sisi/permukaan yang tidak tajam untuk mengurangi risiko cedera mulut.
4

Pastikan mainan sesuai sifat dan selera anjing Anda

Pastikan mainan sesuai sifat dan selera anjing Anda

Ketika Anda memutuskan untuk mengadopsi anjing, pelajarilah karakter dari anjing tersebut. Apakah mereka tipikal anjing yang suka bermain? Apakah mereka bisa dilatih dengan mainan tersebut? 


Dengan mengenal karakternya, mainan yang Anda pilih akan bermanfaat baik untuk anjing Anda. Manfaat tersebut di antaranya meningkatkan skill, keceriaan, aktivitas harian, dan fungsi-fungsi lain yang ingin Anda capai. Meski harga mainannya mahal sekalipun, mainan tersebut tidak akan dimainkan jika tidak sukai.


Ada anjing yang suka mainan bersuara, ada juga yang kurang menyukainya. Material mainan yang disukai pun bisa berbeda antara satu anjing dengan anjing lainnya. Anda bisa mencari tahu dengan mencoba memberikan beragam jenis mainan.


Sama seperti manusia, anjing memiliki preferensi dan karakteristik rasa tersendiri. Anjing terutama yang saat kecil jarang bermain bersama manusia bisa tidak mengerti cara memainkan mainannya. Hal tersebut bisa membuatnya hilang minat memainkan mainan yang Anda belikan.


Tenang saja, anjing seperti itu pun tetap tertarik memainkan mainan yang bisa bersuara, mudah dibawa, atau nyaman digigiti. Mainan yang bisa diisi makanan pun pilihan cerdas untuk anjing yang belum terbiasa memainkan mainan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi mainan terbaik untuk anjing

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mainan terbaik untuk anjing yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Tito Suprayoga.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Olives Ball Chew Teeth Cleaning Dog Toys Ball

 Olives Ball Chew Teeth Cleaning Dog Toys Ball 1

Rp29.000

Menengah

Mainan dental care yang praktis digunakan!

2

Dog Rope Toy 26 cm

 Dog Rope Toy 26 cm 1

Rp9.000

Agak Murah

Latih kekuatan rahang si anjing kecil jadi lebih kuat

3

Small Bell Rubber Ball

 Small Bell Rubber Ball 1

Rp8.900

Agak Murah

Ekonomis dan bisa mengeluarkan bunyi

4

Silicone Frisbee Dog Toys

 Silicone Frisbee Dog Toys 1

Rp10.500

Agak Murah

Bermain di area outdoor jadi tambah seru!

5

Plush Toys Squeaky

 Plush Toys Squeaky 1

Rp24.990

Menengah

Lembut dan kecil, nyaman untuk digigit anak anjing Anda

6

Durable Interactive Bone Dog Chew Toy

 Durable Interactive Bone Dog Chew Toy 1

Rp35.000

Menengah

Awet sekaligus elastis digigiti anjing Anda

7

Rubber Ball Paw

 Rubber Ball Paw 1

Rp35.000

Menengah

Merangsang pertumbuhan rahang dengan karet elastis

8

Kong Company

KONG Extreme XL

Kong Company KONG Extreme XL 1

Rp325.000

Lebih Mahal

Beri latihan tingkat advanced untuk anjing besar Anda

9

Dog Toy Rope with Ball

 Dog Toy Rope with Ball 1

Rp71.000

Agak Mahal

Multifungsi, beri kesenangan maksimal pada anjing kesayangan

10

Nylabone

Flavor Frenzy Power Chew Triple Pack

Nylabone Flavor Frenzy Power Chew Triple Pack 1

Rp255.200

Agak Mahal

Makin asyik digigit dengan tiga aroma berbeda

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Olives Ball Chew Teeth Cleaning Dog Toys Ball

Olives Ball Chew Teeth Cleaning Dog Toys Ball 1
Sumber: shopee.co.id
Olives Ball Chew Teeth Cleaning Dog Toys Ball 2
Sumber: shopee.co.id
Olives Ball Chew Teeth Cleaning Dog Toys Ball 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp29.000
Menengah
Harga referensi
Rp29.000
Menengah

Mainan dental care yang praktis digunakan!

Memiliki diameter 5 dan 7 cm, mainan ini cocok untuk anjing kecil maupun anjing besar. Bentuknya yang bulat cukup pas di mulut dan akan membuat anjing Anda merasa nyaman mengigitinya. Dibuat dari karet berkualitas yang kuat, produk ini cukup awet dan tidak mudah rusak.

Keunggulan utama dari produk ini terletak pada desain gerigi-geriginya. Gerigi tersebut didesain khusus untuk membersihkan gigi saat anjing Anda menggerogotinya. Selain itu, ukurannya pun compact dan mudah dibawa. Produk ini adalah jawaban pas bila Anda membutuhkan mainan dental care untuk anjing di mana pun Anda berada.
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Dog Rope Toy 26 cm

Harga referensi
Rp9.000
Agak Murah

Latih kekuatan rahang si anjing kecil jadi lebih kuat

Memiliki panjang 26 cm, mainan ini sangat pas Anda gunakan untuk main tarik-tarikan dengan anjing kecil Anda. Dibuat dari bahan rope, produk ini tak mudah rusak meski sering dimainkan. Harganya pun sangat bersahabat, dijamin tidak akan mengempiskan dompet. Sangat cocok dimiliki bila Anda ingin memperkuat rahang anjing kecil tanpa mengeluarkan banyak biaya.
No.3

Small Bell Rubber Ball

Harga referensi
Rp8.900
Agak Murah

Ekonomis dan bisa mengeluarkan bunyi

Produk ini adalah solusi jika Anda memiliki dana terbatas, tetapi ingin melatih kepekaan pendengaran anjing Anda sejak kecil. Adanya bel di bagian tengah bola ini membuatnya akan berbunyi gemerincing saat Anda lempar atau gelindingkan. Anjing Anda pun akan makin peka pendengarannya.

Bola ini juga memiliki warna yang beraneka ragam sehingga mampu menarik perhatian anjing Anda. Ukurannya pun tidak terlalu besar, hanya 5 cm saja sehingga akan pas di mulut anjing Anda yang masih kecil. Mengingat harganya pun sangat ekonomis, produk ini terlihat makin menarik, bukan?
No.4

Silicone Frisbee Dog Toys

Harga referensi
Rp10.500
Agak Murah

Bermain di area outdoor jadi tambah seru!

Dibuat menggunakan bahan berupa silikon, frisbee ini terasa cukup fleksibel, ringan, dan mudah dilempar. Anda juga bisa melipatnya agar makin mudah saat membawa atau menyimpannya. Fleksibilitasnya akan membuat produk ini cukup awet meski akan sering digigit oleh anjing Anda. Tepat dibeli bila Anda ingin anjing kesayangan bermain gembira di area outdoor, bukan?
No.5

Plush Toys Squeaky

Harga referensi
Rp24.990
Menengah

Lembut dan kecil, nyaman untuk digigit anak anjing Anda

Untuk Anda yang baru memelihara anak anjing, produk ini layak dipertimbangkan. Empuk dan ukurannya pas di mulut anak anjing, tentunya mudah digigit dan dibawa oleh si kaki empat. Dilapisi dengan kain yang lembut, produk ini tidak akan menimbulkan iritasi atau luka pada anjing Anda. Desainnya juga lucu-lucu, pilih saja produk yang dirasa paling menyita perhatian anjing Anda.

No.6

Durable Interactive Bone Dog Chew Toy

Harga referensi
Rp35.000
Menengah

Awet sekaligus elastis digigiti anjing Anda

Dibuat dari bahan TPR, produk ini diklaim durable dan siap digigiti anjing Anda untuk jangka panjang. Tidak hanya itu, material tersebut juga membuat mainan untuk anjing ini kian lentur. Ditarik atau ditekuk oleh anjing Anda ke berbagai arah pun tidak akan membuatnya rusak.


Selain itu, adanya motif tonjolan dan garis di berbagai sisi juga memungkinkan produk ini untuk membantu membersihkan gigi anabul. Produk ini adalah salah satu opsi jika Anda mencari mainan anjing tipe gigit yang tahan lama dan elastis.

No.7

Rubber Ball Paw

Harga referensi
Rp35.000
Menengah

Merangsang pertumbuhan rahang dengan karet elastis

Dibuat dari bahan karet khusus yang kuat, produk ini pas untuk melatih kekuatan gigitan anjing Anda. Tentunya cocok dimanfaatkan untuk melatih rahang anjing Anda yang belum terlalu kuat.


Produk ini juga memiliki lubang angin di bagian belakangnya sehingga produk ini tidak mudah rusak atau kempes. Selain itu, mainan ini juga pas Anda gunakan juga untuk bermain lempar tangkap dengan anjing Anda, lho.

No.8

Kong CompanyKONG Extreme XL

Harga referensi
Rp325.000
Lebih Mahal

Beri latihan tingkat advanced untuk anjing besar Anda

Saat ini, makin banyak orang memelihara anjing dengan bobot besar, misalnya German Shepherd, Bull Terrier, Golden Retriever, dan sebagainya. Bila Anda adalah salah satunya dan ingin anjing tetap aktif sekaligus terlatih, produk inilah kado tepat untuk anjing Anda.


Anda bisa memasukkan makanan ke dalam produk yang tergolong tingkat advanced ini. Anjing Anda harus mengeluarkan usaha lebih untuk bisa menikmati makanan kesukaannya, makin terlatih dan cerdas, deh! Tenang saja, mainan yang cocok untuk anjing Husky ini memiliki ketahanan sangat mumpuni. Digigiti anjing besar pun tidak akan membuat produk ini rusak. 

No.9

Dog Toy Rope with Ball

Harga referensi
Rp71.000
Agak Mahal

Multifungsi, beri kesenangan maksimal pada anjing kesayangan

Bila Anda mencari mainan anjing yang multifungsi, produk ini pantas dipilih. Meski desain utamanya adalah mainan tipe tarik, Anda juga bisa menggunakannya untuk bermain lempar tangkap kapan pun diperlukan. 


Bila Anda ingin anjing bermain di rumah saja, Anda bisa membiarkannya menggigiti produk ini. Dengan harga cukup terjangkau, Anda sudah memperoleh tiga tipe mainan dalam satu produk saja. Menarik!

No.10

NylaboneFlavor Frenzy Power Chew Triple Pack

Harga referensi
Rp255.200
Agak Mahal

Makin asyik digigit dengan tiga aroma berbeda

Anda mencari mainan beraroma lezat yang dapat membantu mengalihkan perhatian anjing agar tidak merusak barang-barang? Produk ini solusinya! Beraroma sosis, lasagna, serta daging sapi yang khas, pasti anjing Anda akan menyukainya. 

Saat digigiti, produk ini juga diklaim dapat merangsang pertumbuhan gigi dan rahang anjing. Mainan bermodel tulang yang asyik digigiti anjing ini pun akan membantu membersihkan gigi anjing Anda.

Hal yang harus diperhatikan saat memberikan mainan untuk anjing

Ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak membelikan mainan untuk anjing tercinta. Yuk, berikan kesenangan bermain pada anjing tanpa mengorbankan keamanan penggunaan!

Sering-seringlah mencuci mainan anjing Anda

Sering-seringlah mencuci mainan anjing Anda

Air liur dan plak gigi lazim menempel pada mainan akibat digigiti anjing Anda. Jika didiamkan begitu saja, mainannya bisa menjadi sarang pertumbuhan bakteri. Jadi, sebaiknya Anda sering-sering membersihkan mainan anjing Anda.


Saat mencuci mainan berbahan kain, gunakanlah detergen dan biarkan mainan tersebut kering secara alami. Pastikan mainan tersebut benar-benar kering agar tidak menjadi tempat bertumbuhnya kuman dan bakteri.


Jangan sampai pemberian mainan yang pada awalnya memiliki tujuan baik justru menjadi masalah pada anabul. Ingat! Ada jutaan mikroba di lingkungan yang dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan anjing. Untuk itu, jangan lupa untuk sering mencuci mainan anjing Anda, ya!

Hindari memberikan mainan untuk kucing kepada anjing

Hindari memberikan mainan untuk kucing kepada anjing

Mainan untuk kucing berbeda konstruksi dan ketahanan jika dibandingkan dengan mainan anjing. Pastikan Anda tidak memberikan mainan kucing kepada anjing agar mainannya tidak tertelan.


Gaya bermain anjing dan kucing juga sangat berbeda. Mainan kucing akan digelindingkan dan dimainkan oleh kucing. Sementara itu, mainan anjing akan digigit untuk dapat dimainkan. Hal tersebut menjadikan anjing kecil sekalipun dapat dengan mudah menghancurkan mainan kucing.


Dari segi ukuran, mainan kucing memiliki ukuran yang relatif lebih kecil. Jika diberikan kepada anjing,  mainan kucing mudah sekali tertelan oleh anjing. Apalagi jika mainan kucing diberikan kepada anjing-anjing ras besar. Hal tersebut sangat tidak kami sarankan.


Mainan kucing juga memiliki banyak komponen kecil yang sangat berisiko tertelan, misalnya lonceng. Tentunya hal tersebut sangatlah berbahaya. Jika Anda memelihara anjing sekaligus kucing, simpanlah mainan kucing di tempat yang tidak terjamah anjing Anda.

Hindari memberikan mainan handmade karena kurang awet

Hindari memberikan mainan handmade karena kurang awet

Banyak orang yang memberikan mainan handmade misalnya kain bekas untuk dimainkan anjing. Hal tersebut tidaklah kami rekomendasikan. Mainan seperti ini kurang kuat dan berisiko menimbulkan luka atau cedera pada anjing.


Jika Anda ingin membuat mainan anjing sendiri, pelajari terlebih dahulu bahan-bahan yang tidak boleh digunakan. Ada beberapa bahan-bahan untuk pembuatan mainan anjing yang bersifat racun. 


Praktisnya, produk mainan anjing yang dijual di pasaran biasanya sudah bebas dari bahan-bahan yang berbahaya tersebut. Namun, Anda tetap harus cermat dalam memilih produk mainan anjing yang ada di pasaran. Jika Anda sangat mengutamakan harga, beli saja satu mainan durable.


Mainan anjing yang dijual secara komersial dijahit menggunakan benang kuat dan mesin jahit pabrik. Hasilnya, mainan komersial memiliki ketahanan yang baik daripada mainan handmade. Selain itu, besar kemungkinan anjing akan menelan kain, serat, atau benang dari mainan. Jika hal ini terjadi terus-menerus, bisa terjadi penumpukan di usus yang akhirnya mengakibatkan masalah pencernaan. 

Baca juga rekomendasi susu dan perlengkapan untuk anjing lainnya di sini

Susu khusus anjing bisa Anda berikan pada anjing kesayangan agar makin sehat. Kalung dan kandang anjing juga bisa Anda belikan. Ketahui lebih jauh tentang beragam produk tersebut pada artikel berikut.

Kesimpulan

Kami sudah memberikan sepuluh rekomendasi mainan terbaik, apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai? Anjing Anda akan makin gembira ketika Anda membelikan mainan untuknya. Namun, Anda harus memberi produk yang tepat agar anjing tetap disiplin dan mengikuti perintah.

Oleh karena itu, pilihlah mainan yang cocok dengan kondisi anjing Anda. Nikmatilah momen-momen ketika anjing Anda bergembira dan menggonggong dengan excited saat bermain bersama Anda!

5 Rekomendasi Mainan untuk Anjing terbaik

No. 1: Olives Ball Chew Teeth Cleaning Dog Toys Ball

No. 2: Dog Rope Toy 26 cm

No. 3: Small Bell Rubber Ball

No. 4: Silicone Frisbee Dog Toys

No. 5: Plush Toys Squeaky

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Perawatan anjing
  4. 10 Mainan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.