10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Mainan Terbaik untuk Anjing (Terbaru Tahun 2019)

Mainan apakah yang akan Anda beli untuk anjing Anda? Ada banyak mainan dengan berbagai bentuk yang dapat membuat anjing Anda menjadi semakin sehat, pintar, dan disiplin. Bila Anda baru pertama kali memelihara anjing, mungkin Anda bingung harus memilih mainan yang mana, bukan?

Kali ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi mainan terbaik untuk anjing. Terdapat banyak jenis mainan beredar di pasaran, seperti mainan untuk dikunyah, untuk bermain lempar tangkap, perawatan gigi, atau untuk sekadar melatih anjing Anda. Kami juga akan menjelaskan cara memilih produk yang paling sesuai kebutuhan Anda.

Daftar isi

Cara memilih mainan untuk anjing

Kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih mainan yang tepat. Bila Anda baru memelihara anjing, tidak perlu khawatir karena kami juga akan menjelaskan cara menggunakan mainan tersebut.

Pilih berdasarkan cara penggunaannya

Mainan untuk anjing secara umum terdiri dari 4 tipe, yakni mainan tipe gigit, tipe tarik, tipe lempar, dan mainan yang dapat menampung makanan. Kami akan jelaskan kelebihan masing-masing jenis serta cara menggunakan tiap tipe mainan tersebut. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Mainan tipe gigit, efektif menjaga kesehatan gigi anjing Anda

Mainan tipe gigit, efektif menjaga kesehatan gigi anjing Anda

Secara insting, anjing yang masih kecil suka menggigit barang. Apalagi saat masa pertumbuhan gigi, keinginan menggigitnya semakin tinggi. Dengan menggunakan mainan untuk digigit, anjing Anda akan ingat bahwa barang yang boleh digigit terbatas pada mainannya saja. Selain itu, anjing Anda juga bisa diingatkan untuk tidak menggigit manusia.

Selain itu, dengan mengigit mainan, anjing Anda dapat melatih kemampuan mengigitnya sekaligus membersihkan kotoran pada giginya. Ada juga mainan yang dibuat khusus untuk kesehatan gigi. Karena itu, bila Anda ingin anjing Anda memiliki gigi yang kuat dan bersih, Anda dapat mempertimbangkan mainan seperti ini.

Saat membeli mainan tipe ini, hindari memilih ukuran terlalu kecil untuk mencegah mainan tersebut tertelan secara tidak sengaja oleh anjing Anda. Pastikan juga mainan tersebut dibuat dengan material yang masih aman dicerna oleh anjing Anda. Dengan begitu, anjing Anda tidak akan sakit meski mainan tersebut tertelan.

Mainan tipe tarik, cocok dimainkan di mana saja, bahkan di dalam rumah

Mainan tipe tarik, cocok dimainkan di mana saja, bahkan di dalam rumah

Mainan tipe ini berfungsi untuk merangsang insting anjing Anda dalam mengejar, menggigit, dan menaklukkan mangsanya. Mainan tipe ini akan menguras banyak energi anjing Anda. Bila Anda tidak bisa mengajak anjing Anda bermain di area outdoor, Anda dapat menggunakan mainan ini untuk bermain di dalam rumah dan menyalurkan energinya.

Mainan tipe tarik yang terbuat dari tali adalah pilihan bagus. Bahan ini mudah digigit oleh anjing dan cukup kuat untuk Anda tarik bersama anjing Anda.

Namun, ketika anjing Anda menjadi terlalu bersemangat dan menarik mainan ini terlalu keras, Anda harus menghentikan permainan. Hal tersebut berguna untuk mengajari anjing Anda bahwa Andalah yang mengatur ritme permainan, bukan justru Anda yang mengikuti keinginan anjing Anda dalam bermain.

Mainan tipe lempar, tipe mainan paling ideal

Mainan tipe lempar, tipe mainan paling ideal

Mainan tipe lempar sangat pas untuk Anda gunakan bersama anjing Anda. Cara memainkannya cukup mudah, Anda cukup melempar frisbee atau bola, kemudian anjing Anda akan mengambil dan memberikannya kembali pada Anda. Karena itu, bila membeli tipe ini Anda harus memilih mainan yang ukurannya pas dengan mulut anjing Anda.

Tipe mainan ini juga berguna untuk melatih kemampuan anjing Anda dalam mengejar mangsanya. Namun, agar anjing Anda terbiasa dalam memainkan mainan ini, Anda harus melatihnya terlebih dahulu. Mula-mula, Anda dapat melempar dalam jarak pendek kemudian memberikan snack sebagai hadiah sambil memuji anjing Anda. Setelah itu, Anda dapat meningkatkan jarak lemparnya secara bertahap.

Mainan yang dapat menampung makanan, melatih kemampuan berpikir anjing Anda

Mainan yang dapat menampung makanan, melatih kemampuan berpikir anjing Anda

Sesuai namanya, mainan tipe ini dapat Anda masukkan snack atau makanan anjing ke bagian dalamnya. Disebut juga sebagai mainan edukasi, mainan ini akan membuat anjing Anda semakin pintar karena harus memikirkan cara mengambil snack di dalam mainan tersebut. Ketika memainkan mainan ini, anjing Anda akan merasa sangat excited dan sibuk memainkannya sendirian sehingga cocok Anda gunakan saat ingin bersantai di rumah. Selain itu, mainan ini juga membantu Anda untuk mengontrol porsi makan anjing Anda.

Pilihlah model mainan yang sesuai dengan determinasi anjing Anda. Anda tidak boleh memberikan mainan yang terlalu mudah atau terlalu sulit. Cara terbaik adalah membeli mainan yang sederhana untuk permulaan, kemudian pelan-pelan Anda naikkan tingkat kesulitannya.

Pilih mainan sesuai ukuran tubuh anjing Anda

Pilih mainan sesuai ukuran tubuh anjing Anda

Seperti apa jenis dan bentuk tubuh anjing Anda? Terdapat berbagai perbedaan antara setiap anjing, mulai dari bentuk dan ukuran tubuh yang kecil sampai besar, serta umur anjing yang muda hingga tua. Sama seperti manusia, anjing memiliki bentuk tubuh dan gigi yang berbeda sesuai dengan umur dan jenisnya. Bila ukuran mainannya tidak pas, mulut atau gigi anjing Anda akan terluka. Karena itu, pilihlah mainan dengan ukuran dan tingkat kekerasan yang sesuai dengan umur dan bentuk tubuh anjing Anda.

Banyak mainan yang ukuran dan kekerasannya sudah disesuaikan dengan ukuran tubuh dan umur anjing tertentu. Jadi, periksalah terlebih dahulu keterangan mainan tersebut sebelum membelinya agar dana yang Anda keluarkan tidak terbuang sia-sia.

Pilih mainan yang tidak mudah rusak

Pilih mainan yang tidak mudah rusak

Agar anjing Anda dapat bermain dengan maksimal, pilihlah mainan yang tidak mudah rusak. Bila mainan yang Anda beli mudah rusak, anjing Anda tidak dapat memainkannya untuk jangka panjang. Selain itu, mainan yang mudah rusak juga bisa membahayakan anjing Anda bisa sampai bagiannya yang lepas tertelan.

Pilihlah mainan berbahan kuat dan tidak mudah rusak. Anda dapat memilih mainan yang terbuat dari kayu, plastik, karet, dan sebagainya yang tentunya tidak mudah rusak.

Mainan berbentuk plush toys sebenarnya cukup populer karena imut dan lucu. Namun, mainan seperti ini mudah dirusak oleh anjing yang memiliki gigitan kuat. Bila anjing Anda masih kecil, Anda bisa saja membelikan plush toys karena gigitannya belum terlalu kuat. Akan tetapi, bila Anda ingin mainan yang bisa dimainkan dalam waktu lama, plush toys bukanlah pilihan tepat.

10 Rekomendasi mainan terbaik untuk anjing

Sekarang, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi mainan terbaik untuk anjing. Selamat memilih dan bersenang-senang bersama anjing Anda!

10. Small Bell Rubber Ball

10. Small Bell Rubber Ball

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 14.900

Harganya ramah di kantong, bisa berbunyi pula!

Bila Anda memiliki dana terbatas, tetapi ingin melatih kemampuan mengejar bunyi dan kepekaan pendengaran anjing Anda sejak kecil, produk ini pilihannya. Adanya bel di bagian tengah bola ini membuatnya akan berbunyi gemerincing saat Anda lempar atau gelindingkan. Anjing Anda pun akan semakin peka pendengarannya.

Apalagi, bola ini memiliki warna yang beraneka ragam sehingga mampu menarik perhatian anjing Anda. Ukurannya pun tidak terlalu besar, hanya 5,5 cm saja sehingga akan pas di mulut anjing Anda yang masih kecil. Mengingat harganya pun tidak bikin kantong bolong, produk ini terlihat semakin menarik, bukan?

Tipe Lempar
Ukuran Diameter : 5,5 cm
Bahan Karet

9. Dog Rope Toy PT004

9. Dog Rope Toy PT004

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 6.500

Pas untuk memperkuat rahang anjing yang masih kecil

Memiliki panjang 17 cm, produk ini sangat pas Anda gunakan untuk main tarik-tarikan dengan anjing kecil Anda. Dibuat dari bahan rope, produk ini tak mudah rusak meski sering dimainkan. Harganya pun sangat bersahabat, sangat cocok dimiliki bila Anda ingin memperkuat rahang anjing kecil Anda tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Tipe Tarik
Ukuran Panjang : 17 cm
Bahan Rope

8. Plush Toys Squeaky

8. Plush Toys Squeaky

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 29.000

Lembut dan kecil, nyaman untuk digigit si anak anjing

Untuk Anda yang baru memelihara anak anjing, produk ini layak dipertimbangkan. Ukurannya pas di mulut anak anjing dan ringan sehingga mudah digigit dan dibawa anjing Anda. Dilapisi dengan kain yang lembut, produk ini tidak akan menimbulkan iritasi atau luka pada anjing Anda.

Tipe Gigit
Ukuran Panjang : 25 cm, diameter : 4 cm
Bahan Tidak disebutkan

7. Rubber Ball Paw

7. Rubber Ball Paw

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 35.000

Merangsang pertumbuhan rahang dengan karet elastis

Tersedia dalam 3 varian warna, yakni pink, kuning, dan biru, Anda dapat memilih warna yang paling disuka. Berbahan karet khusus yang kuat, produk ini pas untuk melatih kekuatan gigitan anjing Anda. Bila Anda mencari mainan untuk melatih rahang anjing Anda yang belum terlalu kuat, produk ini adalah salah satu opsi.

Terdapat lubang angin dibagian belakangnya sehingga produk ini tidak mudah rusak atau kempes. Dengan diameter sebesar 8 cm, tentu mainan ini tidak akan tertelan oleh anjing Anda. Dengan ukuran seperti itu, mainan ini juga terasa pas Anda gunakan juga untuk bermain lempar tangkap dengan anjing Anda.

Tipe Gigit
Ukuran Diameter : 8 cm
Bahan Karet

6. Shaking Q Pet Treat Tumbler Small

6. Shaking Q Pet Treat Tumbler Small

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 35.000

Langkah tepat untuk mulai melatih kecerdasan anjing Anda

Bila Anda berencana melatih kecerdasan anjing Anda pada tahap basic, produk ini adalah pilihan tepat. Produk ini didesain menyerupai bentuk tulang sehingga anjing Anda tak akan terlalu kesulitan untuk menahan dan mengeluarkan makanan di dalamnya. Tentunya sangat cocok sebagai latihan dasar untuk melatih kecerdasan anjing peliharaan Anda!

Tipe Mainan yang dapat menampung makanan
Ukuran Panjang : 11 cm, diameter : 4,5 cm
Bahan Tidak disebutkan

5. Dog Toy Rope with Ball

5. Dog Toy Rope with Ball

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 9.999

Mainan multifungsi untuk kesenangan bermain maksimal

Bila Anda mencari mainan anjing yang multifungsi, produk ini pantas dipilih. Desain utamanya adalah mainan tipe tarik sehingga Anda bisa menggunakan mainan ini untuk saling menarik dengan anjing Anda. Lalu, dengan desain berbentuk tulang anjing plus bobot ringan, Anda dapat bermain lempar tangkap dengan anjing Anda.

Bila Anda ingin anjing Anda bermain di rumah saja, Anda bisa membiarkannya menggigiti produk ini. Apalagi, produk ini dibuat dari kapas pilihan sehingga semakin aman dimainkan. Dengan harga cukup terjangkau, Anda sudah memperoleh 3 tipe mainan dalam 1 produk saja. Menarik!

Tipe Tarik, gigit, dan lempar
Ukuran Panjang : 20 cm
Bahan Kapas

4. Nylabone Flavor Frenzy Moderate Chew Twin Pack, Hot Dog & Vanilla Milkshake

4. Nylabone Flavor Frenzy Moderate Chew Twin Pack, Hot Dog & Vanilla Milkshake

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 133.000

Makin asyik digigit dengan aroma milkshake dan hotdog

Bila Anda mencari mainan beraroma lezat yang dapat membantu mengalihkan perhatian anjing Anda agar tidak menggigiti barang-barang sembarangan, ini solusinya! Dengan aroma milkshake dan hotdog yang khas dan disukai para anjing, mainan ini mampu menarik perhatian anjing Anda.

Hasilnya, anjing Anda pun tidak tertarik untuk menggigiti barang lainnya. Saat digigiti, produk ini juga dapat merangsang pertumbuhan gigi dan rahang anjing Anda. Selain itu, produk ini juga membantu membersihkan gigi dan mencegah penumpukan sisa makanan di mulut anjing Anda.

Tipe Gigit
Ukuran Tidak disebutkan
Bahan Tidak disebutkan

3. Rubber Feeding Ball

3. Rubber Feeding Ball

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 38.500

Mainan dental care yang praktis digunakan!

Memiliki diameter 7 cm, mainan ini cocok untuk anjing kecil maupun anjing besar. Bentuknya yang bulat cukup pas di mulut dan akan membuat anjing Anda merasa nyaman mengigitinya. Dibuat dari karet berkualitas yang kuat, produk ini cukup awet dan tidak mudah rusak.

Keunggulan utama dari produk ini terletak pada desain gerigi-geriginya. Gerigi tersebut didesain khusus untuk membersihkan gigi saat anjing Anda menggerogotinya. Berukuran compact dan mudah dibawa, produk ini adalah jawaban pas bila Anda membutuhkan mainan dental care untuk anjing Anda di mana pun Anda berada.

Tipe Gigit
Ukuran Diameter : 7 cm
Bahan Karet

2. Hiro Peto Dog Silicon Frisbee

2. Hiro Peto Dog Silicon Frisbee 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 20.000

Bermain di area outdoor menjadi semakin menyenangkan!

Dibuat menggunakan bahan berupa silikon, frisbee ini terasa cukup fleksibel. Anda bisa melipatnya agar semakin mudah saat membawa atau menyimpannya. Fleksibilitasnya juga membuat produk ini cukup awet meski akan sering digigit oleh anjing Anda.

Bahan silikon membuat produk ini menjadi cukup ringan dan mudah dilempar. Selain itu, bahan seperti ini tidak mudah kotor dan sangat mudah untuk Anda bersihkan. Dengan diameter sebesar 10 cm, produk ini tepat untuk dibeli bila Anda ingin anjing Anda bermain, berlari, dan melompat dengan gembira di area outdoor.

Tipe Lempar
Ukuran Diameter : 10 cm
Bahan Silikon

1. Shaking Q Pet Happy Time

1. Shaking Q Pet Happy Time

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 89.000

Tingkatkan kecerdasan anjing Anda ke level berikutnya

Bila Anda ingin melatih kecerdasan anjing Anda ke level yang lebih advance, Anda dapat mempertimbangkan produk ini. Didesain dengan bentuk menyerupai bola, anjing Anda perlu mengeluarkan effort lebih dan berpikir lebih keras untuk bisa mengeluarkan makanan di dalamnya.

Tidak hanya itu, ukuran lubang pada mainan ini cukup kecil sehingga anjing Anda harus ekstra sabar dan memikirkan cara mengeluarkan makanan favoritnya. Dibuat menggunakan bahan ABS (akrilonitril butadiena stiren) dan PC (polikarbonat), produk ini pun kuat untuk digunakan jangka panjang.

Tipe Mainan yang dapat menampung makanan
Ukuran Small (8,5 x 6 cm), large (14 x 9,5)
Bahan ABS dan PC

Baca juga rekomendasi mainan untuk anjing kecil di sini

Bila Anda memelihara anjing kecil, Anda perlu memilih mainan yang tepat. Hal itu disebabkan ukuran rahang dan kekuatan gigitannya tentu berbeda dengan anjing berukuran besar. Untuk memudahkan Anda menemukan produk yang tepat, Anda bisa membacanya pada artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Kami sudah memberikan sepuluh rekomendasi mainan terbaik untuk anjing. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai?

Anjing Anda akan semakin gembira ketika Anda membelikan mainan untuknya. Namun, Anda harus memberi produk yang tepat agar Anjing Anda tetap disiplin dan mengikuti perintah Anda. Karena itu, pilihlah mainan yang cocok dengan kondisi anjing Anda. Nikmatilah momen-momen ketika anjing Anda bergembira dan menggonggong dengan excited saat bermain bersama Anda!