mybest
Kulkas besar

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. Kulkas
  4. 10 Rekomendasi Kulkas Side by Side Terbaik [Ditinjau oleh Product Reviewer]
  • 10 Rekomendasi Kulkas Side by Side Terbaik  [Ditinjau oleh Product Reviewer] 1
  • 10 Rekomendasi Kulkas Side by Side Terbaik  [Ditinjau oleh Product Reviewer] 2
  • 10 Rekomendasi Kulkas Side by Side Terbaik  [Ditinjau oleh Product Reviewer] 3
  • 10 Rekomendasi Kulkas Side by Side Terbaik  [Ditinjau oleh Product Reviewer] 4
  • 10 Rekomendasi Kulkas Side by Side Terbaik  [Ditinjau oleh Product Reviewer] 5

10 Rekomendasi Kulkas Side by Side Terbaik [Ditinjau oleh Product Reviewer]

Saat ini, kulkas side by side menjadi salah satu jenis kulkas yang populer. Selain karena nilai estetika, kulkas side by side juga menyediakan kompartemen yang lebih luas. Fiturnya pun jauh lebih lengkap daripada kulkas biasa. 


Lewat artikel ini, kami akan membahas poin yang perlu diperhatikan saat memilih kulkas side by side. Tips ini merupakan hasil kolaborasi kami dengan Awan Feri Sulaeman selaku retail home appliances product reviewer. Kami juga akan mengulas produk yang bagus dari merek Polytron, Hisense, dan Samsung. Selamat membaca!

Diperbaharui 16/10/2023
Awan Feri Sulaeman
Pakar
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman

Awan Feri Sulaeman merupakan praktisi pada bidang retail elektronik rumah tangga yang berpengalaman lebih dari 13 tahun. Awan mengawali karir profesionalnya pada perusahan multinasional sebagai Product Consultant. Ia kemudian mendapatkan promosi setelah menyelesaikan pendidikan pascasarjana. Dengan pengalaman yang dimilikinya terkait produk elektronik rumahan, Awan aktif melakukan review serta membagikan tips & trick pada channel YouTube-nya, "Awan Feris”.

Profil Awan Feri Sulaeman
Lanjut membaca
Grace Mulyani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace yang juga adalah content creator di Lemon8 menemukan passion-nya dalam dunia menulis dan menjadi writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace telah banyak meriset dan berhubungan dengan pakar untuk berbagai topik terkait kesehatan, elektronik rumah tangga, perawatan tubuh, makanan, serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu kulkas side by side?

Apa itu kulkas side by side?
Kulkas side by side adalah kulkas besar dengan bukaan pintu yang berdampingan atau kiri dan kanan. Modelnya pun berbeda dari kulkas dua pintu biasanya. Jika biasanya freezer terdapat di atas dan fridge di bawah, tidak demikian pada kulkas side by side.

Kulkas side by side memisahkan freezer dan fridge secara vertikal. Biasanya, bagian kiri merupakan freezer dan bagian kanan merupakan fridge. Alhasil, ruang penyimpanan tiap kompartemen akan terasa lebih leluasa. Anda juga bisa menyimpan makanan dan minuman dengan lebih rapi.

Ada pula kulkas yang tidak hanya terbagi menjadi bagian kiri dan kanan, tetapi juga atas dan bawah. Alhasil, kulkas ini memiliki empat pintu atau umum disebut kulkas multi-door. Apabila Anda tertarik memiliki kulkas empat pintu, baca artikel berikut ini. 

Apa kelebihan kulkas side by side?

Apa kelebihan kulkas side by side?
Ada beberapa kelebihan kulkas side by side yang menjadi alasan banyak orang mulai beralih menggunakannya. Beberapa kelebihan tersebut adalah:

  • Beberapa seri dari merek kulkas side by side sudah menerapkan sistem pendinginan ganda alias dual cooling system. Hal ini membuat pendinginan freezer dan fridge terpisah sehingga aroma tidak tercampur.

  • DIlengkapi inverter yang membuatnya lebih awet, tidak bising, dan lebih hemat energi.

  • Memiliki banyak rak penyimpanan di area freezer dan fridge untuk penyimpanan yang lebih rapi, termasuk crisper box dan chiller

  • Memiliki filter karbon untuk menyerap bau tidak sedap.

  • Beberapa produk sudah punya ionizer untuk menetralkan bakteri dan virus sehingga makanan lebih tahan lama.
Awan Feri Sulaeman
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman
Beberapa kulkas side by side dilengkapi dengan metal back cooling. Metal back cooling adalah tambahan plat metal pada bagian belakang kulkas. Dengan adanya metal back cooling, pendinginan jadi lebih stabil saat kulkas dibuka tutup.

Cara memilih Kulkas Side by Side

Pertama-tama, kami akan menjelaskan kepada Anda hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih kulkas side by side. Pahami setiap poinnya sehingga Anda mengetahui jenis dan spesifikasi kulkas side by side yang tepat.
1

Sesuaikan kapasitas kulkas dengan jumlah penggunanya; Standarnya adalah 50-70 liter untuk 1 orang

Sesuaikan kapasitas kulkas dengan jumlah penggunanya; Standarnya adalah 50-70 liter untuk 1 orang

Kulkas side by side termasuk dalam golongan kulkas besar. Kapasitasnya mulai dari sekitar 400 L, bahkan ada yang mencapai 600-700 L. Rata-rata orang membeli kulkas besar karena mengutamakan sisi estetika dari kulkas tersebut.


Meski begitu, Anda juga dapat memilih kapasitas kulkas side by side sesuai dengan jumlah penggunanya. Sebagai patokan, satu orang butuh kapasitas 50-70 L. Jadi, jika Anda tinggal bersama satu keluarga yang terdiri dari lima orang, kapasitas idealnya adalah sekitar 350 L.


Selain itu, sesuaikan juga dengan kebiasaan belanja dan memasak. Jika Anda sering berbelanja dan memasak, Anda bisa memilih kulkas dengan kapasitas yang lebih besar. Namun, apabila Anda lebih sering makan di luar dan tak banyak menyimpan persediaan, pilihlah kulkas yang lebih kecil. 

Awan Feri Sulaeman
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman

Kulkas dengan kapasitas besar biasanya disebut juga dengan nama "kulkas sultan". Kulkas ini dibeli oleh konsumen karena mengedepankan sisi estetika agar kulkas matching dengan interior dapurnya. Selain itu, banyak orang membeli kulkas side by side atau kulkas berkapasitas besar karena menyukai kemewahan. Oleh karena itu, ada juga orang yang tinggal berdua membeli kulkas besar meski kapasitasnya terlalu besar untuk dua orang.

2

Untuk pengaturan suhu yang akurat, cari kulkas side by side dengan pengaturan suhu digital

Untuk pengaturan suhu yang akurat, cari kulkas side by side dengan pengaturan suhu digital

Pengaturan suhu kulkas biasanya hanya menggunakan kenop sehingga Anda tidak tahu berapa suhu kulkas. Untuk kulkas side by side, Anda bisa mencari kulkas dengan pengaturan suhu digital.


Dengan pengaturan suhu digital, Anda bisa mengatur suhu dengan lebih akurat. Hal ini sangat penting untuk menjaga kualitas makanan dan minuman dalam suhu yang lebih tepat.

3

Jika Anda menyukai teknologi pintar, cari kulkas side by side yang bisa terhubung dengan HP, memiliki fitur voice control, sensor tangan, atau dispenser dan pembuat es otomatis

Jika Anda menyukai teknologi pintar, cari kulkas side by side yang bisa terhubung dengan HP, memiliki fitur voice control, sensor tangan, atau dispenser dan pembuat es otomatis
Kulkas side by side memang menawarkan kulkas dengan lebih banyak teknologi. Ada beberapa fitur canggih yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih kulkas side by side, yaitu: 

  • Mobile connectivity

Salah satu teknologi yang ditawarkan kulkas side by side adalah mobile connectivity atau bisa terhubung dengan HP. Dengan adanya fitur tersebut, Anda bisa mengontrol suhu, bahkan melihat isi kulkas Anda. Jadi, Anda bisa pergi berbelanja tanpa perlu melirik ke dalam kulkas terlebih dahulu sebelum pergi.


Selain itu, kulkas yang bisa terkoneksi dengan HP bisa membantu Anda dalam mendiagnosis permasalahan kulkas. Hal ini sangat penting jika ada bagian kulkas yang rusak. Jadi, jika kulkas bisa terkoneksi dengan HP, Anda bisa melakukan kontrol dari jarak jauh. Fitur seperti ini disebut juga dengan nama Internet of Things (IoT).

  • Voice control
Ada juga fitur voice control yang membantu Anda mengaktifkan beberapa fitur kulkas dengan suara. Hal ini sangat berguna bagi Anda yang ingin multitasking di dapur. Sambil memasak, Anda bisa sambil menyalakan beberapa fitur kulkas tanpa menyentuhnya.

  • Sensor tangan
Agar lebih keren lagi, ada juga fungsi sensor tangan. Jadi, untuk membuka kulkas hanya perlu melambaikan tangan saja.

  • Dispenser atau pembuat es otomatis
Beberapa kulkas side by side juga sudah dibekali dispenser atau pembuat es otomatis. Untuk menjalankan fitur ini, Anda harus menyambungkan kulkas dengan sumber air. Biasanya, disediakan selang tambahan untuk menyambungkan air dari keran ke kulkas. 

Beberapa merek ada yang menambahkan filter untuk air supaya air yang dikonsumsi jadi lebih steril. Selain disambungkan ke selang air, ada juga kulkas yang menyediakan dispenser khusus air. Namun, kapasitasnya hanya sekitar 3-5 L saja.

Awan Feri Sulaeman
Retail Home Appliances Product Reviewer
Awan Feri Sulaeman

Fungsi utama kulkas adalah tempat penyimpanan tebaik untuk makanan dan minuman. Jadi, beberapa fitur utama sudah wajib ada dalam kulkas. Beberapa contoh fitur utama meliputi crisper box, karbon filter antibakteri sekaligus menyerap bau, dan hemat listrik.


Fitur lainnya adalah fitur tambahan saja yang bisa dijadikan pertimbangan saat memilih kulkas. Jika fitur tersebut tidak ada pun tidak masalah asal fitur utamanya sudah terpenuhi.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Kulkas Side by Side Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Kulkas Side by Side terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 27 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Kapasitas total
Kapasitas fridge/refrigerator
Kompartemen freezer
Kapasitas freezer
Chiller
Crisper
Tipe pintu
Pengaturan suhu digital
Mini bar
Terhubung ke smartphone
Voice control
Sensor tangan
Pemutar musik
Label bintang
Konsumsi listrik
Tegangan
Tinggi
Kedalaman
Lebar
Arah bukaan pintu
Teknologi inverter
Sistem Double Cooling
Sistem Direct Cooling
Fitur hemat daya
Antibakteri
Sistem Defrost
Garansi
1

Polytron

Kulkas 2 Pintu Side By Side BellezaPRS 480X

Polytron Kulkas 2 Pintu Side By Side Belleza 1

Rp9.299.000

Agak Murah

Suka lupa menutup kencang pintu kulkas? Ada alarm 60 detik, lho!

450 liter

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Side-by-side

Tidak diketahui

Tidak diketahui

120 watt

Tidak diketahui

178 cm

55,4 cm

83,6 cm

Kiri dan kanan

Inverter compressor technology

Tidak diketahui

Tidak diketahui

10 tahun

2

Sharp

Side by Side SeriesSJ-IS61G-BK

Sharp Side by Side Series 1

Rp11.611.000

Menengah

Ketinggian rak-rak di dalamnya bisa diatur sesuka hati

563 liter

349 liter

214 liter

Side-by-side

Tidak diketahui

Tidak diketahui

100 watt

Tidak diketahui

177 cm

66 cm

90 cm

Kiri dan kanan

Tidak diketahui

Tidak ada

10 tahun

3

Samsung

Kulkas Side By Side 676LRS64R5141B4/SE

Samsung Kulkas Side By Side 676L 1

Rp28.199.000

Agak Mahal

Kompartemennya luas plus desainnya ramping dan elegan

676 liter

428 liter

248 liter

Side-by-side

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

190,9 cm

61 cm

91,2 cm

Kiri dan kanan

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Digital inverter compressor

Tidak diketahui

20 tahun

4

Electrolux

UltimateTaste 700 Side by Side RefrigeratorESE5441A-BID

Electrolux UltimateTaste 700 Side by Side Refrigerator 1

Rp13.629.000

Menengah

Kulkas side by side yang cantik dengan dispenser air

528 liter

321 liter

207 liter

Side-by-side

Tidak diketahui

Tidak diketahui

80-130 watt

Tidak diketahui

178 cm

70,6 cm

83,6 cm

Kiri dan kanan

NutriFresh inverter compressor

No frost

10 tahun

5

Aqua Elektronik

Kulkas Side by Side 541LAQR-605IM

Aqua Elektronik Kulkas Side by Side 541L 1

Rp11.975.000

Menengah

Kualitas makanan terjaga berkat anti-bacterial metal door

541 liter

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Side-by-side

Tidak diketahui

Tidak diketahui

44 watt

Tidak diketahui

177,5 cm

64,7 cm

90,5 cm

Kiri dan kanan

Twin inverter

Tidak diketahui

12 tahun

6

LG

Kulkas Side by Side 509LGCFB507PQAM

LG Kulkas Side by Side 509L 1

Rp9.999.000

Agak Murah

Kulkas besar tanpa bunga es dengan rak yang kuat untuk menyimpan banyak makanan!

509 liter

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Side-by-side

Tidak diketahui

170 watt

220 volt

178,6 cm

64,3 cm

91 cm

Kiri dan kanan

Smart inverter compressor

Tidak diketahui

No frost

10 tahun

7

Hisense

Side by Side RefrigeratorRS660N4IGN

Hisense Side by Side Refrigerator 1

Rp6.999.000

Lebih Murah

Bisa mendinginkan makanan tanpa khawatir ada bunga es

516 liter

339 liter

177 liter

Side-by-side

Tidak diketahui

170 watt

Tidak diketahui

178,6 cm

64,3 cm

91 cm

Kiri dan kanan

Tidak diketahui

Tidak diketahui

No frost

Tidak diketahui

8

Samsung

Kulkas Side by Side dengan Family HubRS62T5F01B4

Samsung Kulkas Side by Side dengan Family Hub 1

Rp30.909.000

Lebih Mahal

Kulkas pintar dengan berbagai fitur canggih untuk melengkapi smart home Anda

681 liter

412 liter

269 liter

Side-by-side

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

178 cm

71,6 cm

91,2 cm

Kiri dan kanan

Tidak diketahui

Digital inverter compressor

Tidak diketahui

Tidak diketahui

10 tahun

9

Aqua Elektronik

Kulkas Side by Side 480LAQR-565IM

Aqua Elektronik Kulkas Side by Side 480L 1

Rp10.956.000

Menengah

Tak perlu pegal menahan pintu kulkas karena ada 90 degree auto suspension

480 liter

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Side-by-side

Tidak diketahui

Tidak diketahui

41 watt

Tidak diketahui

177,5 cm

64,7 cm

83,6 cm

Kiri dan kanan

Twin inverter

Tidak diketahui

Tidak diketahui

10

Hitachi

Side By Side StandardR-S80PGD0

Hitachi Side By Side Standard 1

Rp19.900.000

Agak Mahal

Kulkas berwarna hitam dengan frameless glass design yang dapat mempercantik ruangan

595 liter

369 liter

226 liter

Side-by-side

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

179,5 cm

72 cm

92 cm

Kiri dan kanan

Ada

No frost

10 tahun

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

PolytronKulkas 2 Pintu Side By Side BellezaPRS 480X

Kulkas 2 Pintu Side By Side Belleza 1
Sumber: polytron.co.id
Kulkas 2 Pintu Side By Side Belleza 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp9.299.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp9.299.000
Agak Murah

Suka lupa menutup kencang pintu kulkas? Ada alarm 60 detik, lho!

Beberapa orang mungkin kerap lupa untuk menutup pintu kulkas dengan rapat setelah membukanya. Sayangnya, produk-produk kulkas lama kebanyakan tidak dibekali alarm sehingga sulit untuk mendeteksinya. Hal ini pun bisa mengakibatkan kualitas makanan di dalamnya menurun jika dibiarkan terlalu lama. 


Kini, Anda tak perlu khawatir karena ada kulkas ini yang memiliki alarm 60 detik. Artinya, kulkas ini akan berbunyi apabila selama 60 detik tidak ditutup. Jadi, Anda bisa cepat menutup kulkas untuk mempertahankan kualitas makanan di dalamnya. 

Kapasitas total450 liter
Kapasitas fridge/refrigeratorTidak diketahui
Kompartemen freezer
Kapasitas freezerTidak diketahui
ChillerTidak diketahui
Crisper
Tipe pintuSide-by-side
Pengaturan suhu digital
Mini barTidak diketahui
Terhubung ke smartphone
Voice control
Sensor tangan
Pemutar musik
Label bintangTidak diketahui
Konsumsi listrik120 watt
TeganganTidak diketahui
Tinggi178 cm
Kedalaman55,4 cm
Lebar83,6 cm
Arah bukaan pintuKiri dan kanan
Teknologi inverter
Sistem Double Cooling
Sistem Direct Cooling
Fitur hemat dayaInverter compressor technology
AntibakteriTidak diketahui
Sistem DefrostTidak diketahui
Garansi10 tahun
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SharpSide by Side SeriesSJ-IS61G-BK

Harga referensi
Rp11.611.000
Menengah

Ketinggian rak-rak di dalamnya bisa diatur sesuka hati

Terkadang, mungkin ada hal-hal yang tidak terduga terjadi saat menata bahan pangan di dalam kulkas. Agar tetap bisa berfungsi secara maksimal, Anda membutuhkan kulkas yang raknya bisa diatur sesuai keinginan, seperti kulkas ini. 


Kulkas dari Sharp ini dibekali adjustable shelves yang artinya beberapa tray di dalamnya bisa Anda lepas dan atur ketinggiannya. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah saat menyusun persediaan bahan-bahan pangan Anda. 

Kapasitas total563 liter
Kapasitas fridge/refrigerator349 liter
Kompartemen freezer
Kapasitas freezer214 liter
Chiller
Crisper
Tipe pintuSide-by-side
Pengaturan suhu digital
Mini barTidak diketahui
Terhubung ke smartphone
Voice control
Sensor tangan
Pemutar musik
Label bintangTidak diketahui
Konsumsi listrik100 watt
TeganganTidak diketahui
Tinggi177 cm
Kedalaman66 cm
Lebar90 cm
Arah bukaan pintuKiri dan kanan
Teknologi inverter
Sistem Double Cooling
Sistem Direct Cooling
Fitur hemat dayaTidak diketahui
Antibakteri
Sistem DefrostTidak ada
Garansi10 tahun
View all
No.3

SamsungKulkas Side By Side 676LRS64R5141B4/SE

Harga referensi
Rp28.199.000
Agak Mahal

Kompartemennya luas plus desainnya ramping dan elegan

Siapa bilang bahwa kulkas dengan kompartemen luas selalu memakan banyak tempat? Sekarang, ada banyak kulkas dengan kompartemen luas, tetapi desainnya ramping dan elegan. Salah satu contohnya adalah kulkas side by side keluaran Samsung yang satu ini. 


Dengan teknologi SpaceMax, dinding kulkas menjadi lebih ramping sehingga dalamnya lebih banyak ruang tanpa harus meningkatkan dimensi eksternal. Anda pun akan lebih mudah untuk menyimpan persediaan makanan dalam jumlah yang lebih banyak!

Kapasitas total676 liter
Kapasitas fridge/refrigerator428 liter
Kompartemen freezer
Kapasitas freezer248 liter
Chiller
Crisper
Tipe pintuSide-by-side
Pengaturan suhu digital
Mini barTidak diketahui
Terhubung ke smartphone
Voice control
Sensor tangan
Pemutar musik
Label bintangTidak diketahui
Konsumsi listrikTidak diketahui
Tegangan
Tinggi190,9 cm
Kedalaman61 cm
Lebar91,2 cm
Arah bukaan pintuKiri dan kanan
Teknologi inverter
Sistem Double CoolingTidak diketahui
Sistem Direct CoolingTidak diketahui
Fitur hemat dayaDigital inverter compressor
Antibakteri
Sistem DefrostTidak diketahui
Garansi20 tahun
View all
No.4

ElectroluxUltimateTaste 700 Side by Side RefrigeratorESE5441A-BID

Harga referensi
Rp13.629.000
Menengah

Kulkas side by side yang cantik dengan dispenser air

Kini, sudah banyak kulkas side by side yang dibekali dispenser air pada pintunya. Salah satunya adalah kulkas dari Electrolux ini. Pada salah satu pintu kulkas ini terdapat dispenser air WaterStream. Kapasitas dari tangki airnya mencapai 2 liter sehingga bisa untuk persediaan selama beberapa waktu. 


Tak ketinggalan, dispenser airnya juga bisa dikunci supaya lebih aman saat anak Anda menyentuhnya. Jangan lupa untuk mengambil es batu langsung dari kulkas setelah mengisi gelas dengan air, ya!

Kapasitas total528 liter
Kapasitas fridge/refrigerator321 liter
Kompartemen freezer
Kapasitas freezer207 liter
Chiller
Crisper
Tipe pintuSide-by-side
Pengaturan suhu digital
Mini barTidak diketahui
Terhubung ke smartphone
Voice control
Sensor tangan
Pemutar musik
Label bintangTidak diketahui
Konsumsi listrik80-130 watt
TeganganTidak diketahui
Tinggi178 cm
Kedalaman70,6 cm
Lebar83,6 cm
Arah bukaan pintuKiri dan kanan
Teknologi inverter
Sistem Double Cooling
Sistem Direct Cooling
Fitur hemat dayaNutriFresh inverter compressor
Antibakteri
Sistem DefrostNo frost
Garansi10 tahun
View all
No.5

Aqua ElektronikKulkas Side by Side 541LAQR-605IM

Harga referensi
Rp11.975.000
Menengah

Kualitas makanan terjaga berkat anti-bacterial metal door

Pintu kulkas yang sering dipegang dengan tangan kotor memang bisa menyebabkan kontaminasi. Namun, jika membeli kulkas ini, Anda tak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Alasannya karena pintu kulkas dari Aqua Elektronik ini dibekali lapisan anti-bacterial yang terbuat dari bahan khusus. Dengan demikian, bakteri akan sulit untuk berkembang di pintu kulkas, bahkan mati! 


Kualitas makanan di dalamnya juga akan tetap terjaga berkat HCS-Humidity & Dry Zone serta Deo Fresh. Humidity dan Dry Zone mampu mengontrol kelembapan di dalam kulkas sehingga kualitas buah, sayur, dan makanan kering tetap terjaga. Sementara itu, Deo Fresh menyerap aroma tak sedap sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri. 

Kapasitas total541 liter
Kapasitas fridge/refrigeratorTidak diketahui
Kompartemen freezer
Kapasitas freezerTidak diketahui
Chiller
Crisper
Tipe pintuSide-by-side
Pengaturan suhu digital
Mini barTidak diketahui
Terhubung ke smartphone
Voice control
Sensor tangan
Pemutar musik
Label bintangTidak diketahui
Konsumsi listrik44 watt
TeganganTidak diketahui
Tinggi177,5 cm
Kedalaman64,7 cm
Lebar90,5 cm
Arah bukaan pintuKiri dan kanan
Teknologi inverter
Sistem Double Cooling
Sistem Direct Cooling
Fitur hemat dayaTwin inverter
Antibakteri
Sistem DefrostTidak diketahui
Garansi12 tahun
View all
No.6

LGKulkas Side by Side 509LGCFB507PQAM

Kulkas Side by Side 509L 1
Sumber: lg.com
Kulkas Side by Side 509L 2
Sumber: lg.com
Kulkas Side by Side 509L 3
Sumber: lg.com
Kulkas Side by Side 509L 4
Sumber: lg.com
Kulkas Side by Side 509L 5
Sumber: lg.com
Harga referensi
Rp9.999.000
Agak Murah

Kulkas besar tanpa bunga es dengan rak yang kuat untuk menyimpan banyak makanan!

Kulkas canggih ini dilengkapi dengan sistem Total No Frost. Jadi, Anda tak perlu khawatir lagi dengan bunga es yang mengganggu. Kulkas ini juga punya ruang penyimpanan luas dan suhu dingin merata berkat fitur canggih Multi Air Flow. Rak-raknya terbuat dari kaca tempered glass yang kokoh dan tahan lama sehingga mampu menampung makanan dan minuman dengan aman. Tidak hanya itu, tambahan Touch LED Display-nya, memberikan sentuhan mewah dan elegan pada perabotan dapur Anda.

Kapasitas total509 liter
Kapasitas fridge/refrigeratorTidak diketahui
Kompartemen freezer
Kapasitas freezerTidak diketahui
Chiller
Crisper
Tipe pintuSide-by-side
Pengaturan suhu digital
Mini bar
Terhubung ke smartphone
Voice control
Sensor tangan
Pemutar musik
Label bintangTidak diketahui
Konsumsi listrik170 watt
Tegangan220 volt
Tinggi178,6 cm
Kedalaman64,3 cm
Lebar91 cm
Arah bukaan pintuKiri dan kanan
Teknologi inverter
Sistem Double Cooling
Sistem Direct Cooling
Fitur hemat dayaSmart inverter compressor
AntibakteriTidak diketahui
Sistem DefrostNo frost
Garansi10 tahun
View all
No.7

HisenseSide by Side RefrigeratorRS660N4IGN

Harga referensi
Rp6.999.000
Lebih Murah

Bisa mendinginkan makanan tanpa khawatir ada bunga es

Membersihkan bunga es memang akan memakan waktu yang banyak. Namun, Anda tak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak kulkas yang bebas bunga es. Salah satunya adalah produk kulkas side by side ini yang dibekali fitur Total No Frost. Dengan demikian, Anda juga tak perlu khawatir saat menyimpan buah-buahan di dalam kulkas. 


Selain itu, kulkas ini juga dibekali fitur Super Cool dan Super Freeze. Dengan adanya fitur Super Cool, suhu lemari es internal bisa turun ke 2 °C selama 6 jam. Sementara itu, fitur Super Freeze akan mempercepat pembekuan makanan. Kedua fitur tersebut membantu menjaga rasa, warna, dan tekstur asli makanan. 

Kapasitas total516 liter
Kapasitas fridge/refrigerator339 liter
Kompartemen freezer
Kapasitas freezer177 liter
Chiller
Crisper
Tipe pintuSide-by-side
Pengaturan suhu digital
Mini bar
Terhubung ke smartphone
Voice control
Sensor tangan
Pemutar musik
Label bintangTidak diketahui
Konsumsi listrik170 watt
TeganganTidak diketahui
Tinggi178,6 cm
Kedalaman64,3 cm
Lebar91 cm
Arah bukaan pintuKiri dan kanan
Teknologi inverter
Sistem Double Cooling
Sistem Direct Cooling
Fitur hemat dayaTidak diketahui
AntibakteriTidak diketahui
Sistem DefrostNo frost
GaransiTidak diketahui
View all
No.8

SamsungKulkas Side by Side dengan Family HubRS62T5F01B4

Harga referensi
Rp30.909.000
Lebih Mahal

Kulkas pintar dengan berbagai fitur canggih untuk melengkapi smart home Anda

Anda menginginkan kulkas dengan berbagai fitur canggih? Samsung punya kulkas side by side yang sudah dibekali Family Hub, nih! Family Hub adalah fitur yang bisa diandalkan sebagai asisten pintar. Berkat adanya fitur Smart Recipe, Anda tak akan lagi kesulitan untuk memasak. 


Ada juga fitur Meal Planner dan Shopping List yang bisa membantu Anda merekomendasikan menu dan merencanakan daftar belanjaan. Tak ketinggalan, Anda juga bisa melihat isi dalam kulkas lewat ponsel pintar kapan saja dan dari mana saja. Anda pun dapat memanfaatkan Family Hub untuk hiburan selama di dapur!

Kapasitas total681 liter
Kapasitas fridge/refrigerator412 liter
Kompartemen freezer
Kapasitas freezer269 liter
Chiller
Crisper
Tipe pintuSide-by-side
Pengaturan suhu digital
Mini barTidak diketahui
Terhubung ke smartphone
Voice control
Sensor tanganTidak diketahui
Pemutar musik
Label bintangTidak diketahui
Konsumsi listrikTidak diketahui
TeganganTidak diketahui
Tinggi178 cm
Kedalaman71,6 cm
Lebar91,2 cm
Arah bukaan pintuKiri dan kanan
Teknologi inverter
Sistem Double Cooling
Sistem Direct CoolingTidak diketahui
Fitur hemat dayaDigital inverter compressor
AntibakteriTidak diketahui
Sistem DefrostTidak diketahui
Garansi10 tahun
View all
No.9

Aqua ElektronikKulkas Side by Side 480LAQR-565IM

Harga referensi
Rp10.956.000
Menengah

Tak perlu pegal menahan pintu kulkas karena ada 90 degree auto suspension

Sering merasa lelah harus menahan pintu kulkas saat memasukan dan mengeluarkan makanan? Kulkas ini menawarkan solusi untuk masalah tersebut. Saat pintu lemari es ini terbuka hingga 90 derajat, pintu akan tetap terbuka tanpa perlu Anda pegang. Karena itu, Anda dapat dengan leluasa meletakkan dan mengambil makanan yang ada dalam kulkas.

Kapasitas total480 liter
Kapasitas fridge/refrigeratorTidak diketahui
Kompartemen freezer
Kapasitas freezerTidak diketahui
Chiller
Crisper
Tipe pintuSide-by-side
Pengaturan suhu digital
Mini barTidak diketahui
Terhubung ke smartphone
Voice control
Sensor tangan
Pemutar musik
Label bintangTidak diketahui
Konsumsi listrik41 watt
TeganganTidak diketahui
Tinggi177,5 cm
Kedalaman64,7 cm
Lebar83,6 cm
Arah bukaan pintuKiri dan kanan
Teknologi inverter
Sistem Double Cooling
Sistem Direct Cooling
Fitur hemat dayaTwin inverter
Antibakteri
Sistem DefrostTidak diketahui
GaransiTidak diketahui
View all
No.10

HitachiSide By Side StandardR-S80PGD0

Harga referensi
Rp19.900.000
Agak Mahal

Kulkas berwarna hitam dengan frameless glass design yang dapat mempercantik ruangan

Untuk Anda yang memperhatikan estetika ruangan, kulkas yang satu ini bisa dipertimbangkan. Desainnya terlihat elegan dan mewah karena frameless dan terbuat dari material glass. Warna yang ditawarkan hitam pekat sehingga membuatnya netral dan bisa masuk ke berbagai konsep interior. Dengan memakai kulkas ini, dapur Anda akan terlihat lebih cantik lagi! 

Kapasitas total595 liter
Kapasitas fridge/refrigerator369 liter
Kompartemen freezer
Kapasitas freezer226 liter
Chiller
Crisper
Tipe pintuSide-by-side
Pengaturan suhu digital
Mini barTidak diketahui
Terhubung ke smartphone
Voice control
Sensor tangan
Pemutar musik
Label bintangTidak diketahui
Konsumsi listrikTidak diketahui
TeganganTidak diketahui
Tinggi179,5 cm
Kedalaman72 cm
Lebar92 cm
Arah bukaan pintuKiri dan kanan
Teknologi inverter
Sistem Double Cooling
Sistem Direct Cooling
Fitur hemat dayaAda
Antibakteri
Sistem DefrostNo frost
Garansi10 tahun
View all

5 Rekomendasi Kulkas Side by Side terbaik

No. 1: PolytronKulkas 2 Pintu Side By Side BellezaPRS 480X

No. 2: SharpSide by Side SeriesSJ-IS61G-BK

No. 3: SamsungKulkas Side By Side 676LRS64R5141B4/SE

No. 4: ElectroluxUltimateTaste 700 Side by Side RefrigeratorESE5441A-BID

No. 5: Aqua ElektronikKulkas Side by Side 541LAQR-605IM

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. Kulkas
  4. 10 Rekomendasi Kulkas Side by Side Terbaik [Ditinjau oleh Product Reviewer]

Produk populer

Emily and Bear Air Fryer 3L
Paninti Hub | EAF-17201Emily and Bear Air Fryer 3L

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.