10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bluetooth headset adalah headset nirkabel yang praktis digunakan bukan hanya dalam urusan pekerjaan, melainkan juga untuk keperluan pribadi. Namun, beberapa variasi fitur dan harga bluetooh headset dapat membuat bingung pengguna dalam memilih produk yang tepat.

Artikel berikut ini membahas cara memilih bluetooth headset yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih produk. Selain itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi bluetooth headset terbaik dari Jabra, Bose, JBL, Samsung, dan Plantronics. Selamat menyimak!

Daftar isi

Cara memilih bluetooth headset

Jenis produk yang direkomendasikan saat memilih bluetooth headset bisa berbeda tergantung dari fungsi yang dibutuhkan. Pertama, kami akan menunjukkan pada Anda poin-poin apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih bluetooth headset!

Pilih berdasarkan jenisnya

Bluetooth headset secara umum dibagi menjadi empat kategori. Anda perlu memperhatikan jenis headset yang cocok bagi Anda karena masing-masing tipe memiliki banyak fitur khusus.

One ear type: untuk kebutuhan bisnis dan panggilan rutin sehari-hari

One ear type: untuk kebutuhan bisnis dan panggilan rutin sehari-hari

One ear type adalah jenis yang tidak menutupi kedua telinga sebagaimana earphone dan headphone pada umumnya. Suara dari luar tetap dapat terdengar jelas, bahkan ketika sedang berbicara di telepon dengan headset jenis ini. Jadi, dapat dikatakan bahwa headset jenis ini cocok untuk pebisnis yang menghadapi berbagai situasi dalam pekerjaan sehari-hari.

Jika Anda memilih one ear type ini, Anda hanya memakai satu perangkat headset di telinga. Oleh karena itu, tipe one ear type memiliki ukuran yang padu sehingga mudah dibawa. Selain itu, headset ini kurang cocok untuk mendengarkan musik karena mengeluarkan suara hanya untuk satu sisi telinga. Namun, beberapa model tipe ini dapat membuat dan menerima panggilan suara melalui fitur voice recognition. Kami merekomendasikan tipe ini untuk Anda yang sering melakukan panggilan rutin dari headset sebagai aktivitas sehari-hari.

Neck type: tersedia dalam banyak pilihan termasuk yang antiair

Neck type: tersedia dalam banyak pilihan termasuk yang antiair

Neck type merupakan jenis headset dengan dua earphone yang sisi kanan dan kirinya terhubung oleh sebuah kabel. Keistimewaan dari jenis ini adalah produknya banyak yang dilengkapi dengan fitur antiair. Headset neck type cukup digemari oleh orang-orang yang ingin menggunakannya saat berolahraga seperti saat berlari. Karena itu, banyak produsen yang meningkatkan kualitas ketahanan air pada headset tipe ini guna memenuhi permintaan pasar.

Di samping itu, headset tipe ini juga tersedia dalam beberapa jenis pilihan baik dengan harga yang mahal maupun murah.

Headphone type: memiliki kualitas suara yang baik

Headphone type: memiliki kualitas suara yang baik

Jenis bluetooth headset yang beredar di pasaran pada awalnya tidak banyak variasi. Akan tetapi, belakangan ini headset jenis headphone perlahan mulai meningkat jumlahnya. Keistimewaan headset jenis ini adalah kualitas suaranya yang bagus. Orang-orang yang menggunakan headphone biasanya menginginkan kualitas suara yang baik saat mendengarkan musik. Kualitas suara terbaik dari headphone tetap bertahan walau versi bluetooth headset telah hadir.

Anda perlu memperhatikan bahwa saat menggunakan tipe headphone ini telinga Anda benar-benar akan tertutup dengan sempurna. Dengan demikian, suara dari luar biasanya tidak akan terdengar. Berhati-hatilah ketika Anda menggunakan headset tipe headphone untuk berbicara melalui telepon. Dengan kata lain, Anda perlu memperhatikan kondisi di sekitar Anda dengan saksama.

Complete separation type: tanpa kabel dengan tampilan stylish

Complete separation type: tanpa kabel dengan tampilan stylish

Complete separation type adalah jenis headset terpisah yang merupakan jenis bluetooth headset yang paling baru. Hingga saat ini, neck type adalah jenis yang paling compact. Walaupun demikian, akhir-akhir ini muncul headset dengan earphone terpisah di antara sisi kanan dan kirinya. Headset tipe ini tidak akan tersangkut ketika Anda mengeluarkannya dari dalam tas untuk dipakai karena tidak menggunakan kabel.

Jenis ini tampak stylish saat dipakai sehingga cocok jika Anda ingin terlihat smart saat menggunakan bluetooth headset. Meskipun begitu, ketahanan baterai tipe ini agak rendah sehingga Anda perlu membawa charger untuk mengisi ulang dayanya.

Pilih yang memiliki kestabilan saat melakukan panggilan dan mendengarkan musik

Pilih yang memiliki kestabilan saat melakukan panggilan dan mendengarkan musik

Headset digunakan juga untuk menerima dan melakukan panggilan telepon selain untuk mendengarkan musik. Agar Anda bisa melakukan panggilan telepon dengan lancar, headset perlu dihubungkan kepada gadget secara nirkabel. Jika koneksi antara headset dan smartphone buruk, ada kemungkinan panggilan telepon yang dihasilkan tidak berjalan lancar.

Kemampuan earphone dan microphone tentu akan memengaruhi kualitas saat Anda melakukan panggilan telepon. Akan tetapi, kualitas panggilan telepon ini juga bisa berbeda tergantung dari standar bluetooth yang tersedia dari suatu headsetHeadset yang dipasarkan belakangan ini umumnya memiliki standar Bluetooth 3.0 sampai Bluetooth 4.1. Standar ini menunjukkan bahwa semakin tinggi angkanya semakin baru pula standar buetooth yang digunakan.

Jika Anda menginginkan komunikasi dengan kualitas dan kecepatan sambungan yang baik, pilihlah headset dengan standar bluetooth terbaru.

10 Rekomendasi bluetooth headset terbaik

Berikutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh bluetooth headset terbaik yang dipilih berdasarkan pertimbangan fitur dan keunggulannya masing-masing. Pastikan Anda menemukan bluetooth headset yang paling cocok dengan kebutuhan Anda dari beberapa produk yang kami rekomendasikan!

10. JBL Wireless On-Ear Headphone T450BT

10. JBL Wireless On-Ear Headphone T450BT

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 699.000

Suara bass menggelegar khas JBL!

Lewat seri JBL Wireless On-Ear Headphone T450BT Anda dapat mengatur pemutar musik dan panggilan dengan mudah. Hal ini terjadi berkat microphone dan tombol kontrol yang terletak dengan nyaman di bagian earcup. Pengalaman hingga 60 tahun membuat kualitas produk ini tepercaya. Artinya, headset ini memiliki ciri khas JBL dengan kualitas suara bass yang kuat dan mendalam.

Headset tipe headphone ini juga dilengkapi daya baterai hingga 11 jam untuk menemani Anda beraktivitas sepanjang hari. Produk ini mengusung fitur flat-folding, lightweight, serta comfort and compact. Tentu hal ini menjadi daya tarik karena berbeda dengan bentuk headphone yang biasanya terkesan bulky. Karena itu, headphone ini cocok untuk dibawa ketika bepergian.

9. ELEGIANT Mini In-ear Sport Stereo Bluetooth Earphones

9. ELEGIANT Mini In-ear Sport Stereo Bluetooth Earphones

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 276.000

Lebih bebas! Penggunaan wireless hingga jarak 9 meter

Produk ini termasuk kategori complete separation type dengan jarak penggunaan wireless hingga 9 meter. Pilihlah produk ini apabila Anda menginginkan kebebasan saat menggunakan headset seperti saat berolahraga di gym. Dengan demikian, Anda tidak perlu membawa smartphone di dekat badan yang bisa mengganggu kegiatan fitness. Harganya yang relatif murah juga menjadi salah satu daya tarik.

Bagian earbuds produk ini akan pas di telinga serta berbahan lembut guna melindungi telinga Anda. Selain itu, metode pairing-nya cukup mudah dan cepat yang hanya membutuhkan waktu selama 5 detik saja. Jadi, Anda bisa memilih headset ini jika tidak ingin membuang waktu karena kesulitan melakukan pairing. Keunggulan lain produk ini yaitu kompatibilitasnya dengan iOS dan Android.

8. Samsung Level U Wireless Headphones

8. Samsung Level U Wireless Headphones

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 343.000

Nyaman dan tidak mudah kusut dengan smart magnets dan ear-gels

Samsung Level U Bluetooth Stereo Headset memiliki teknologi High Quality Audio sehingga menghasilkan kejernihan suara. Sementara itu, fitur echo cancellation-nya mengurangi gangguan suara dari luar. Headset ini dilengkapi desain ear-gels sebagai sayap penyeimbang guna kenyamanan jangka panjang. Milikilah produk ini jika Anda sering memakai headset untuk waktu lama.

Musik yang Anda dengarkan serta panggilan suara bisa dilakukan dengan nyaman karena bentuk desain yang mengelilingi leher. Produk ini juga memiliki smart magnets di bagian earbuds-nya agar tidak gampang kusut dan mudah digenggam secara bersamaan. Anda yang tidak ingin frustrasi dengan kabel yang saling terikat bisa memakai produk ini. Semua tombolnya pun sangat mudah diatur!

7. Xiaomi Mi Bluetooth Headset Basic

7. Xiaomi Mi Bluetooth Headset Basic

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 145.000

Tidak mudah kotor berkat nano-coating yang antiminyak

Headset ini mengusung teknologi Bluetooth versi 4.1 yang dapat dihubungkan hingga dua gadget secara bersamaan. Pilihlah produk ini apabila Anda ingin mendengarkan musik yang berbeda dari smartphone ketika bersama kerabat. Anda juga bisa mengandalkan produk ini untuk dipakai sehari-hari karena memiliki waktu bicara selama 3-4 jam.

Produk ini antiminyak akibat penggunaan teknologi nano-coating. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakannya saat berkeringat ketika sedang berolahraga. Selanjutnya, headset ini cukup mungil dan ringan dengan berat hanya 6,5 gram saja. Dengan kata lain, kami menyarankan produk ini untuk digunakan saat beraktivitas sehari-hari ataupun ketika berolahraga.

6. Sony Stereo Bluetooth Headset SBH80

6. Sony Stereo Bluetooth Headset SBH80

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 350.000

Kualitas suara high definition yang nyaman di telinga!

Sony SBH80 Stereo Bluetooth Headset memiliki teknologi berkualitas high definition sehingga suara yang terdengar sangat optimal. Kenyamanan Anda bertambah dengan Bluetooth 3.0 yang memungkinkan Anda melakukan panggilan secara handsfree. Jadi, produk ini dapat disambungkan dengan perangkat apa pun yang mendukung bluetooth, seperti smartphone, tablet, atau laptop.

Headset ini telah mendukung AptX audio enhancement guna memberikan kenyamanan saat mendengarkan musik secara wireless. Karena itu, Anda dapat menjadikan produk ini pilihan jika ingin mendapatkan kualitas suara yang jernih. Sementara itu, baterainya dapat standby selama 65 jam dengan waktu bicara 9 jam, cocok untuk Anda yang tidak ingin repot karena terlalu sering menge-charge headset.

5. Roman R6000

5. Roman R6000

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 212.900

Dilengkapi USB car charger, jadi mudah mengisi daya di mobil!

Belilah produk ini apabila Anda sering melakukan komunikasi melalui smartphone di kendaraan. Roman R6000 dilengkapi car charger yang mudah dikeluarkan dengan cara ditekan serta bisa dipakai hingga ribuan kali. Headset ini bisa terhubung dengan smartphone hanya dalam waktu 3 detik. Dengan demikian, Anda bisa mengisi daya dan berkomunikasi dengan lebih mudah.

Desain cincin LED pada headset Roman R6000 memiliki fungsi sebagai indikator apabila terdapat panggilan masuk. Hal ini membantu Anda tetap terhubung selama berkendara. Berikutnya, fitur bluetooth chip yang dipadukan trancoder SBC memastikan tidak ada delay saat Anda terhubung dengan relasi. Charger-nya pun bisa berfungsi juga untuk mengisi daya smartphone Anda.

4. Bose QuietComfort 35 Wireless Headphones

4. Bose QuietComfort 35 Wireless Headphones

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.380.000

Kuat digunakan untuk waktu lama dengan ketahanan baterai hingga 20 jam!

Anda bisa mendapat kemudahan untuk mendengarkan musik dari smartphone dengan fitur Bluetooth pada headset ini. Kemudahan lain bisa Anda dapatkan dengan melakukan pairing dengan perangkat yang sudah mendukung NFC. Teknologi Noise Cancelling memberikan kenyamanan karena mengurangi suara yang tidak diinginkan sehingga menghasilkan suara jernih.

Baterai Bose QuietComfort 35 Wireless Headphones tahan hingga 20 jam saat menggunakan mode wireless. Namun, apabila Anda memilih menggunakan mode kabel baterainya tahan sampai 40 jam. Salah satu keunggulan produk ini adalah kompatibilitasnya dengan perangkat Apple dan Android. Jadi, Anda bisa menggunakan produk ini jika memiliki dua jenis smartphone dengan OS yang berbeda.

3. Plantronics Voyager Legend Mobile Bluetooth Headset

3. Plantronics Voyager Legend Mobile Bluetooth Headset

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.244.394

Headset pintar untuk berbagai platform smartphone

Produk ini merupakan intelligent headset  yang memiliki teknologi Bluetooth 3.0. Kami merekomendasikan headset ini untuk Anda yang terbiasa dengan smart lifestyle. Kehadiran smart censor membuat Anda bisa berinteraksi dengan Siri, Google Now, atau Cortana melalui tombol panggilan. Artinya, produk ini bisa digunakan untuk platform Android, iPhone, dan Windows Phone.

Kemampuan lain produk ini adalah memberitahu identitas panggilan masuk serta menunggu respons Anda. Selanjutnya, Anda dapat memutuskan untuk menerima atau menunda panggilan. Baterainya dapat standby hingga 264 jam dengan waktu bicara sampai 6 jam tergantung perangkat. Sementara itu, pengisian daya selama 90 menit bisa mengisi baterainya hingga penuh.

2. Jabra BT2046

2. Jabra BT2046

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 229.000

Desain elegan dengan harga ekonomis

Jabra BT2046 dibuat dengan tujuan untuk memadukan headset yang berkinerja baik dengan desain elegan berharga ekonomis. Oleh karena itu, produk ini dapat dimiliki oleh Anda yang menginginkan headset bluetooth dengan harga terjangkau. Tambahan pula, produk ini dibuat untuk memberikan keamanan dan kenyamanan melakukan panggilan secara hands-free.

Anda dapat menerima dan melakukan panggilan secara wireless saat berkendaraan dengan tangan tetap berada di kemudi. Produk ini cocok bagi Anda yang tidak ingin kehilangan kontak saat mengemudi mobil sendiri. Desain earhook-nya pun menarik karena produk ini bisa digunakan dengan mode dengan earhook atau tanpa earhook. Jadi, Anda dapat memakai produk ini apabila ingin mencari fleksibilitas penggunaan.

1. Beats by Dre Powerbeats3 Wireless

1. Beats by Dre Powerbeats3 Wireless

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.469.000

Pengisian daya cukup 5 menit, pemakaiannya sampai 1 jam!

Beats memiliki dual-driver guna menghadirkan spektrum suara luas perpaduan suara tinggi yang dinamis dengan suara rendah yang kuat. Produk ini antiair dan antikeringat sehingga dapat dimiliki oleh Anda yang ingin menggunakannya saat berolahraga outdoor. Anda dapat mengatur kabel dengan klip yang menjaga earbuds tetap berada di tempatnya.

Powerbeats3 Wireless Earphones dilengkapi daya baterai hingga 12 jam dengan earhook yang aman dan fleksibel. Kami merekomendasikan produk ini bagi Anda yang membutuhkan earphone untuk pemakaian jangka waktu yang lama. Selain itu, Anda bisa mengisi baterai selama 5 menit untuk pemakaian hingga 1 jam. Hal ini tentu menghemat waktu jika ingin menggunakan headset saat baterai sedang low.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda mengenai pembahasan kami kali ini? Kebutuhan akan bluetooth headset terus berubah tergantung tujuan penggunaannya. Headset jenis ini dapat digunakan untuk keperluan komunikasi sehari-hari hingga berbagai aktivitas seperti bekerja dan berolahraga.

Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi untuk memilih bluetooth headset yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat memilih!