• 10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Musik adalah teman terbaik dalam berbagai suasana. Untuk itu, hadirlah Bluetooth headset agar Anda bisa mendengar musik kapan saja dan di mana saja. Apakah Anda sedang mencari Bluetooth headset yang bagus? Kami hadir untuk membantu Anda. 


Di sini, kami mempunyai tips memilih Bluetooth headset terbaik. Tidak hanya untuk mendengarkan musik, rekomendasi Bluetooth headset terbaik dari kami juga punya fitur menarik lainnya. Berbagai merek headset, seperti JBL, SONY, dan Apple tersedia di sini. Jadi, jangan lewatkan ulasan kami, ya. Selamat membaca hingga akhir!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 30 September 2022
Daftar isi

Apa itu Bluetooth headset?

Awal mulanya, headset merujuk kepada headphone yang dilengkapi dengan mic sehingga dapat digunakan untuk komunikasi dua arah. Namun, sekarang headset lebih merujuk kepada semua perangkat audio kecil yang dilengkapi dengan speaker dan mic. 


Pada dasarnya, baik earphone maupun headphone hanya dapat digunakan untuk mendengarkan audio. Sementara itu, headset bisa dipakai juga untuk telepon. Jadi, Bluetooth headset merupakan perangkat audio nirkabel yang dapat dipakai untuk mendengarkan musik dan melakukan panggilan telepon.

Cara memilih Bluetooth headset

Bluetooth headset berkualitas punya harga yang terbilang tidak murah. Maka dari itu, Anda perlu bijak dalam memilih Bluetooth headset yang tepat untuk Anda. 

Pilih berdasarkan jenisnya

Saat ini, ada empat jenis Bluetooth headset yang beredar di pasaran. Sebelum memilih spesifikasi yang Anda butuhkan, mari kenali semua jenis Bluetooth headset. Simak dengan baik, ya!

One ear type, praktis untuk panggilan sehari-hari

One ear type, praktis untuk panggilan sehari-hari

Tidak seperti kebanyakan headset biasa, one ear type hanya dipakai di satu sisi telinga saja. Meski begitu, kualitas suara yang dihasilkan tipe headset ini tetap jernih dan berkualitas. Anda tetap bisa mendengarkan suara di sekitar walaupun sedang memakai headset. Headset ini direkomendasikan untuk Anda yang selalu dituntut berinteraksi dalam berbagai situasi.


Beberapa merek headset semacam ini dilengkapi dengan voice recognition yang memungkinkan Anda melakukan perintah suara. Dari segi kemudahan, headset ini memang praktis dan compact. Namun, one ear type kurang direkomendasikan untuk mendengarkan musik karena hanya menghasilkan suara di satu sisi saja.

Neck type, pilihan tepat untuk berolahraga

Neck type merupakan Bluetooth headset yang kedua sisi earphone-nya saling terhubung dengan satu kabel yang melingkar di leher. Headset ini banyak yang dirancang dengan fitur waterproof dan sweatproof. Oleh karena itu, neck type ini banyak dipilih sebagai headset yang digunakan saat berolahraga.


Hal itu juga menjadi alasan mengapa banyak headset neck type dibuat dengan performa tinggi. Selain itu, headset ini juga tersedia dalam banyak pilihan harga, mulai dari yang terjangkau hingga yang tinggi.

Headphone type, untuk para penikmat audio berkualitas

Headphone type, untuk para penikmat audio berkualitas

Tipe headphone ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati kualitas suara tingkat tinggi. Headphone memberi Anda pengalaman mendengar suara lebih real dan bass yang lebih dalam. Terlebih lagi, dengan konektivitas Bluetooth sekalipun, kualitas suara yang dihasilkan headphone tetap bagus. Banyak orang menggunakan headphone tipe ini untuk menikmati musik


Akan tetapi, saat menggunakan headphone, telinga Anda akan tertutup rapat dan hampir tidak mendengar suara dari luar. Jadi, saat sedang mendengarkan musik atau melakukan panggilan telepon, jangan lupa memperhatikan sekeliling Anda, ya.

Earbuds type, lebih stylish tanpa kabel

Earbuds type, lebih stylish tanpa kabel

Tipe yang satu ini merupakan inovasi headset nirkabel yang terbaru. Tanpa kabel, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada kabel headset yang dapat terbelit di dalam saku atau tas. Desain earbuds ini sangatlah stylish dan kekinian.


Ukuran headset-nya juga paling compact dibandingkan tipe headset lainnya. Namun, dengan ukuran yang kecil ini, kapasitas baterainya juga terbatas. Anda mungkin perlu membawa powerbank untuk pengisi daya cadangan.

Perhatikan versi Bluetooth-nya

Perhatikan versi Bluetooth-nya

Untuk kualitas koneksi suara yang baik, sering-seringlah meng-update versi Bluetooth Anda. Selain spesifikasi dari headset itu sendiri, kualitas audio juga dipengaruhi oleh konektivitas Bluetooth. Di pasaran, umumnya Bluetooth headset memiliki frekuensi atau versi 4.2 hingga 5.2. Makin tinggi versi Bluetooth-nya, makin bagus pula kualitas koneksi headset dengan smartphone Anda. 


Headset dirancang sebagai perangkat untuk melalukan panggilan telepon dan mendengarkan musik. Apabila koneksi smartphone dan headset buruk, audio yang dihasilkan juga buruk. Jadi, perhatikan versi Bluetooth Anda, ya.

Cek ketahanan baterainya

Cek ketahanan baterainya

Setiap produk headset Bluetooth memiliki kapasitas baterai yang berbeda-beda. Anda bisa mencermati kapasitas baterai ini pada spesifikasi produk yang tertera di kemasan atau website-nya. Umumnya, kapasitas baterai pada headset Bluetooth sekitar 40 mAh sampai 500 mAh.


Di bagian informasi produk juga biasanya terdapat keterangan mengenai play time dan talk time. Play time menginformasikan seberapa lama baterai dapat bertahan untuk mendengarkan musik, video, atau game. Sementara itu, talk time menunjukkan rentang waktu baterai dapat bertahan saat digunakan untuk telepon. 


Satu produk biasanya memiliki talk time dan play time yang berbeda. Untuk penggunaan headset pada waktu senggang, berolahraga, atau sekolah, baterai yang mampu bertahan 6 jam dirasa cukup. Namun, jika Anda menggunakan headset untuk keperluan pekerjaan, pertimbangkan untuk memilih kapasitas baterai yang lebih besar.

10 Rekomendasi Bluetooth headset terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk Bluetooth headset terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 27 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Samsung Galaxy Buds Pro menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Apple AirPods (generasi ke-3) memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Apple AirPods (generasi ke-3) 1

Apple

2
Samsung Galaxy Buds2  1

Samsung

3
Nokia Essential Wireless Headphones  1

Nokia

4
SONY EXTRA BASS Wireless In-ear Headphones 1

SONY

5
Anker Soundcore Wireless Headphones 1

Anker

6
HARMAN JBL Endurance SPRINT 1

HARMAN

7
Sudio  Nio Sand 1

Sudio

8
Baseus Encok A05 1

Baseus

9
Poly Voyager 5200 1

Poly

10
Audio-Technica Wireless Earbuds ATH-CKS50TW 1

Audio-Technica

Nama produk

AirPods (generasi ke-3)

Galaxy Buds2

Essential Wireless Headphones

EXTRA BASS Wireless In-ear Headphones

Soundcore Wireless Headphones

JBL Endurance SPRINT

Nio Sand

Encok A05

Voyager 5200

Wireless Earbuds ATH-CKS50TW

Keunggulan

Headset ramah lingkungan yang cocok untuk pengguna iPhone

Headset mungil dengan teknologi yang mumpuni

Baterai tahan lama hingga 40 jam, lho!

Suara keras dengan EXTRA BASS yang mantap

Bebas khawatir terkena percikan air berkat fitur IPX5 waterproof

Desainnya nyaman untuk aktivitas olahraga

Kompatibel dengan Siri dan Google Assistant

Harganya ekonomis, tak akan bikin isi dompet habis!

Dapat terhubung dengan dua ponsel sekaligus, lho!

Berkat hear-through function, lebih nyaman dan aman dipakai di outdoor

Harga mulai dariRp 3.499.000,00Rp 1.699.000,00Rp 1.850.000,00Rp 809.000,00Rp 599.000,00Rp 949.000,00Rp 1.300.000,00Rp 128.000,00Rp 1.899.000,00Rp 2.990.000,00
TipeEarbudsEarbudsHeadphone typeNeck tyoeNeck typeNeck typeEarbudsOne ear typeOne ear typeEarbuds
Talk time/play time6 jam (play time), 4 jam (talk time)3,5 jam (talk time), 5 jam (typical usage time)40 jam (play time)15 jam (play time)20 jam (play time)8 jam (play time)20 jam (play time)6 jam (play time)7 jam (talk time)20 jam
Versi Bluetooth5.05.25.05.05.04.25.05.05.0 5.2
Jangkauan BluetoothTidak disebutkanTidak disebutkan10 meter10 meter10 meterTidak disebutkan10 meter10 meter30 meter (UC), 75 meter (Office)10 meter
Performa audioSpatial audio, dynamic driver, adaptive EQActive Noise Canceling, Well-balanced Sound, Dolby Head Tracking, Ambient SoundPowerfull bass, pitch-perfect high notesEXTRA BASSBassUpTidak disebutkanAdaptive Dual Microphone technologyNoise reductionNoise-CancelingNoise-Canceling, Low Latency
Kontrol headsetPlay, pause, skip, answer and end callsTidak disebutkanVolumePlay, stop, skip, adjust the volumeVolume, switchMusic control, phone control, volume control, power on/offTidak disebutkanPower-on, shutdown, single click, double clickCall answer/ignore/end, redial, mute, volume, track forward/track back/pause/playTidak disebutkan
Kapasitas bateraiTidak disebutkan472 mAh (case), 61 mAh (earbud)500 mAhTidak disebutkan195 mAhTidak disebutkanTidak disebutkan40 mAh122 mAhTidak disebutkan
Charging time5 menit (untuk pemakaian 1 jam) Tidak disebutkan± 3 jam3 jam1,5 jam10 menit (untuk pemakaian 1 jam)1,5 jam1,5 jam1,5 jam3 jam
Tautan produk
10

Audio-TechnicaWireless Earbuds ATH-CKS50TW

Mulai dari Rp 2.990.000,00

TipeEarbuds
Talk time/play time20 jam
Versi Bluetooth5.2
Jangkauan Bluetooth10 meter
Performa audioNoise-Canceling, Low Latency
Kontrol headsetTidak disebutkan
Kapasitas bateraiTidak disebutkan
Charging time3 jam
9
TipeOne ear type
Talk time/play time7 jam (talk time)
Versi Bluetooth5.0
Jangkauan Bluetooth30 meter (UC), 75 meter (Office)
Performa audioNoise-Canceling
Kontrol headsetCall answer/ignore/end, redial, mute, volume, track forward/track back/pause/play
Kapasitas baterai122 mAh
Charging time1,5 jam
8
TipeOne ear type
Talk time/play time6 jam (play time)
Versi Bluetooth5.0
Jangkauan Bluetooth10 meter
Performa audioNoise reduction
Kontrol headsetPower-on, shutdown, single click, double click
Kapasitas baterai40 mAh
Charging time1,5 jam
7
TipeEarbuds
Talk time/play time20 jam (play time)
Versi Bluetooth5.0
Jangkauan Bluetooth10 meter
Performa audioAdaptive Dual Microphone technology
Kontrol headsetTidak disebutkan
Kapasitas bateraiTidak disebutkan
Charging time1,5 jam
6
TipeNeck type
Talk time/play time8 jam (play time)
Versi Bluetooth4.2
Jangkauan BluetoothTidak disebutkan
Performa audioTidak disebutkan
Kontrol headsetMusic control, phone control, volume control, power on/off
Kapasitas bateraiTidak disebutkan
Charging time10 menit (untuk pemakaian 1 jam)
5

AnkerSoundcore Wireless Headphones

R500

Mulai dari Rp 599.000,00

TipeNeck type
Talk time/play time20 jam (play time)
Versi Bluetooth5.0
Jangkauan Bluetooth10 meter
Performa audioBassUp
Kontrol headsetVolume, switch
Kapasitas baterai195 mAh
Charging time1,5 jam
4

SONYEXTRA BASS Wireless In-ear Headphones

WI-XB400

Mulai dari Rp 809.000,00

TipeNeck tyoe
Talk time/play time15 jam (play time)
Versi Bluetooth5.0
Jangkauan Bluetooth10 meter
Performa audioEXTRA BASS
Kontrol headsetPlay, stop, skip, adjust the volume
Kapasitas bateraiTidak disebutkan
Charging time3 jam
3

NokiaEssential Wireless Headphones

E1200

Mulai dari Rp 1.850.000,00

TipeHeadphone type
Talk time/play time40 jam (play time)
Versi Bluetooth5.0
Jangkauan Bluetooth10 meter
Performa audioPowerfull bass, pitch-perfect high notes
Kontrol headsetVolume
Kapasitas baterai500 mAh
Charging time± 3 jam
2

SamsungGalaxy Buds2

SM-R177NZWAXSE

Mulai dari Rp 1.699.000,00

TipeEarbuds
Talk time/play time3,5 jam (talk time), 5 jam (typical usage time)
Versi Bluetooth5.2
Jangkauan BluetoothTidak disebutkan
Performa audioActive Noise Canceling, Well-balanced Sound, Dolby Head Tracking, Ambient Sound
Kontrol headsetTidak disebutkan
Kapasitas baterai472 mAh (case), 61 mAh (earbud)
Charging timeTidak disebutkan
1

AppleAirPods (generasi ke-3)

Mulai dari Rp 3.499.000,00

TipeEarbuds
Talk time/play time6 jam (play time), 4 jam (talk time)
Versi Bluetooth5.0
Jangkauan BluetoothTidak disebutkan
Performa audioSpatial audio, dynamic driver, adaptive EQ
Kontrol headsetPlay, pause, skip, answer and end calls
Kapasitas bateraiTidak disebutkan
Charging time5 menit (untuk pemakaian 1 jam)

Baca juga rekomendasi headset lainnya di sini

Selain mengulas Bluetooth headset, kami juga masih mempunyai artikel lain yang sayang untuk dilewatkan. Di bawah ini ada artikel yang akan memberikan produk terbaik dari handsfree headset, headset gaming, dan headset stand. Langsung klik link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Dengan makin berkembangnya mobilitas yang tinggi, kebutuhan akan Bluetooth headset juga makin tinggi. Sebelum memutuskan merek Bluetooth headset yang Anda inginkan, jangan lupa untuk menggunakan panduan memilih dari kami, ya.


Mari tentukan tipe headset yang Anda butuhkan. Lalu, luangkan waktu untuk mencermati setiap spesifikasinya. Headset dirancang untuk memudahkan urusan Anda. Menemukan headset yang sesuai dengan kebutuhan Anda tentu akan sangat menyenangkan. Jadi, selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai daya cadangan, penting untuk memilih power bank yang bagus agar penggunaannya lebih awet dan tahan lama. Kapasitas power bank bervariasi, mulai dari 10.000 mAh, 20.000 mAh, hingga 30.000 mAh. Fiturnya pun beragam, seperti fast charging dan wireless charging. Harga power bank sangat berpengaruh dari kapasitas dan fiturnya.  Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih power bank yang bagus dan awet. Kami juga akan berbagi rekomendasi merek power bank terbaik, seperti Robot, Samsung, dan Xiaomi. Ada produk yang kompatibel dengan iPhone, lho. Simak terus artikel ini sampai habis!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Earphone Bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Earphone Bluetooth ada yang berupa TWS dan ada yang masih menggunakan kabel penghubung ear piece. Banyaknya produk earphone Bluetooth di pasaran mungkin membuat Anda bingung.Kali ini kami akan mengulas cara memilih earphone Bluetooth yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, mulai dari merek Apple, Samsung, JBL, hingga SoundPEATS. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak artikel ini hingga tuntas!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds atau TWS. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.Banyaknya merek yang bersaing mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds yang bagus. Temukan beragam wireless earbuds no delay terbaik yang dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    In-ear headphone atau earphone adalah perangkat audio yang praktis Anda bawa ke mana saja. Ada beragam model dan spesifikasi in-ear headphone yang tersedia di pasaran. Anda bisa memilih wired earphone, earphone Bluetooth, sampai TWS. Harganya pun beragam, mulai dari yang 50 ribu-an sampai jutaan rupiah.Kami akan merekomendasikan beragam produk in-ear headphone terbaik untuk Anda. JBL, Audio Technica, dbE, dan Sennheiser adalah beberapa merek earphone yang bagus. Agar Anda tidak bingung memilih produknya, simak dahulu tips dari kami kali ini. Langsung saja simak artikel ini sampai habis, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi komikus dan ilustrator, stylus pen menjadi perlengkapan penting untuk menggambar. Selain itu, stylus pen akan memudahkan Anda saat mengoperasikan aplikasi smartphone dan tablet. Beberapa game bahkan lebih mudah dimainkan dengan menggunakan alat ini.Agar mendapat produk yang bagus, kami akan memandu Anda memilih stylus pen sesuai kebutuhan. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek stylus pen terbaik, seperti Faber-Castell, Baseus, dan lainnya. Untuk perangkat Android Samsung dan Xiaomi sampai yang universal, semuanya juga tersedia. Yuk, langsung dimulai saja pembahasannya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Kabel Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kabel Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kabel charger adalah salah satu elemen penting dalam pengisian daya smartphone. Makin tinggi kualitas kabel charger, makin tinggi pula performa pengisian dayanya. Secara khusus artikel ini akan membahas tentang kabel charger, mulai dari kabel charger Type-C hingga kabel charger iPhone.Di artikel ini, Anda juga akan menemukan tips cara memilih dan rekomendasi sepuluh kabel charger terbaik. Di antaranya ada kabel charger populer yang bagus merek Baseus, CAFELE, dan sebagainya. Kabel charger fast charging pun ada dalam artikel ini. Jadi, jangan lewatkan, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2022)
    Fitur kamera pada HP atau smartphone terus berkembang hingga sekarang. Meskipun begitu, Anda masih bisa meningkatkan kualitas foto menggunakan lensa tambahan. Ada banyak jenis lensa tambahan HP, mulai dari lensa wide angle, lensa telescope, hingga lensa makro. Setiap jenis tentu memiliki keistimewaan tersendiri.Kali ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi lensa HP terbaik dengan membandingkan performa, harga, serta ulasan produknya. Anda akan menemukan lensa kamera HP terbaik merek Apexel, Sony, Ulanzi, dan sebagainya. Menarik bukan, jika bisa menikmati fotografi menggunakan lensa kamera HP yang bagus dan berkualitas pada smartphone Anda?
    Aksesori handphone & tablet
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori