10 Rekomendasi Foundation Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Foundation Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Di antara berbagai tipe foundation, tipe cair adalah tipe yang cukup populer. Selain mudah digunakan, foundation cair juga memiliki daya coverage yang cukup tinggi dan bisa melembapkan. Berbagai macam produsen kosmetik terkenal seperti Etude House, Tarte, Maybelline, dan MAC memiliki produk unggulan dengan berbagai rentang harga.

Banyaknya pilihan yang beredar di pasaran seringkali membuat Anda bingung untuk memilih produk yang cocok. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan memperkenalkan sepuluh foundation cair terbaik yang telah kami rangkum. Dari mulai kulit kering hingga berminyak, Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Daftar isi

Mengapa banyak orang memilih foundation cair?

Mengapa banyak orang memilih foundation cair?

Melihat tren foundation makeup beberapa tahun terakhir ini, dewy skin dan semimatte skin menjadi kata kunci yang paling banyak dicari. Dengan foundation cair, Anda mampu mewujudkan tren tersebut dengan mudah. Memiliki posisi di antara foundation powder dan krim, foundation cair memiliki keseimbangan dalam hal kemampuan melembapkan, daya coverage, dan ketahanannya.

Selain itu, foundation bertipe cair dapat digunakan untuk makeup natural yang bisa digunakan sehari-hari hingga makeup tebal. Anda juga bisa menggunakannya untuk melembapkan kembali kulit yang terasa kering. Oleh karena alasan-alasan itulah, tipe cair banyak digunakan orang-orang saat ini.

Cara memilih foundation cair

Sebelum memutuskan produk foundation yang akan dibeli, Anda perlu memerhatikan cara memilihnya terlebih dahulu. Foundation cair memiliki jenis yang berbeda-beda, alangkah baiknya Anda membaca poin-poin di bawah ini untuk menemukan produk terbaik.

Pilih hasil akhir yang sesuai selera Anda

Pilih hasil akhir yang sesuai selera Anda

Sebagian besar foundation cair memang memberikan hasil akhir dewy yang akan membuat wajah terlihat lembap dan berkilau. Selain dewy skin, Anda juga bisa memilih hasil akhir natural atau semimatte yang bisa Anda sesuaikan dengan selera.

Foundation cair yang bertekstur watery dapat memberikan hasil akhir natural. Namun, jika Anda ingin menyamarkan pori-pori atau kulit kusam, foundation dengan tekstur creamy adalah pilihan terbaik.

Pilih yang sesuai dengan jenis kulit

Setiap brand kosmetik memproduksi foundation cair dengan ciri khas masing-masing. Cek keunggulan dan kekurangan setiap produk, lalu pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Untuk kulit kering, pilih produk yang mengandung pelembap

Untuk kulit kering, pilih produk yang mengandung pelembap

Jika Anda memiliki tipe kulit yang kering, hal terpenting adalah memilih foundation yang tidak membuatnya semakin kering. Pilih foundation dengan kandungan pelembap seperti hyaluronic acid maupun ceramide. Lalu, untuk mencegah lunturnya makeup, Anda memang perlu menggunakan foundation yang tahan lama.

Namun, jangan sampai Anda memilih produk yang susah dihapus karena foundation seperti itu bisa menghilangkan sebum alami kulit saat dibersihkan. Apabila Anda menggunakan produk yang sulit dibersihkan dalam jangka lama, kondisi kulit kering Anda bisa semakin memburuk.

Untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat, pilih produk yang dapat mengontrol sebum

Untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat, pilih produk yang dapat mengontrol sebum

Apabila Anda memiliki masalah dengan kulit yang berminyak atau kerap berjerawat, menggunakan foundation cair yang berfungsi menyerap kelebihan dan mengontrol sebum adalah pilihan terbaik. Makeup juga akan lebih tahan lama karena sebum yang berlebih adalah salah satu penyebab makeup mudah luntur.

Ada juga kulit yang berminyak di luar, tetapi kering di dalam. Jika memiliki jenis kulit seperti itu, Anda tetap harus memperhatikan keberadaan bahan pelembap dalam produk. Foundation cair dengan tekstur yang berat dan mengandung banyak minyak akan memberikan hasil yang kurang bagus. Sebagai gantinya, pilih foundation dengan manfaat skin care yang mampu menekan produksi sebum, tetapi tetap melembapkan.

Pilih kecocokannya dengan warna kulit

Rasanya pasti sangat aneh jika warna kulit wajah dengan leher tidak sama karena penggunaan warna foundation yang tidak tepat. Sebelum membeli, cobalah tester foundation di area rahang dan leher alih-alih di punggung tangan. Namun, mencoba tester saja tidak cukup untuk menilai kecocokan warna produk. Mari cek poin lainnya di bawah ini!

Warna beige yang aman untuk kulit orang Indonesia

Warna beige yang aman untuk kulit orang Indonesia

Saat membeli foundation via online, Anda tentu tidak bisa mencoba tester untuk melihat kecocokan warnanya. Di saat seperti itu, memilih foundation berwarna beige adalah yang paling aman. Warna beige cocok digunakan di kulit orang Indonesia yang sebagian besar berwarna sawo matang.

Warna ochre bisa dijadikan pilihan oleh Anda yang berkulit putih, sedangkan warna pink sedikit sulit untuk dicocokkan dengan semua warna kulit. Jika Anda ingin memilih foundation cair dengan warna pink, pastikan untuk mencoba tester atau membeli travel size terlebih dahulu.

Gunakan warna satu tone lebih terang untuk kulit berminyak

Gunakan warna satu tone lebih terang untuk kulit berminyak

Untuk mengatasi kusam pada kulit berminyak, pilih foundation cair dengan warna satu tone lebih terang dari warna kulit Anda. Warna foundation mudah teroksidasi atau menggelap pada kulit yang memiliki sebum berlebih, terutama foundation cair. Namun, jangan memilih warna yang terlalu terang karena makeup akan terlihat tidak alami. Cukup pilih yang satu tingkat lebih terang.

10 Rekomendasi foundation cair terbaik

Berikut ini akan kami ulas sepuluh rekomendasi foundation cair yang telah kami pilih secara ketat untuk Anda. Jangan lupa untuk mempertimbangkan setiap produk sesuai dengan cara memilih di atas supaya tidak salah pilih.

10. Inez Cosmetics Lustrous Liquid Foundation

10. Inez Cosmetics Lustrous Liquid Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 90.000

Produk berbasis silikon untuk wajah semulus porselen

Dengan coverage yang medium, foundation dari brand lokal Inez dapat menutupi bekas jerawat dengan sempurna dan membuat wajah semulus porselen. Tekstur yang kental dan lembut membuatnya sangat nyaman ketika diaplikasikan di kulit. Warnanya akan menyatu alami dengan warna asli kulit sehingga wajah tidak terlihat seperti topeng.

Produk ini tidak mengandung minyak sehingga cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak. Namun, karena foundation cair ini berbasis silikon, pastikan Anda membersihkan wajah dengan benar setelah menggunakannya supaya tidak menyumbat pori-pori, ya!

Hasil akhir Semimatte
Jenis kulit Berminyak
Varian warna 3 shades
Coverage Medium

9. Wardah Exclusive Liquid Foundation

9. Wardah Exclusive Liquid Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 73.000

Memberi hasil natural yang pas digunakan sehari-hari

Dengan teknologi soft focus agent yang diusungnya, foundation ini mampu menutupi garis-garis halus serta kerutan pada kulit Anda. Tekstur cairnya yang ringan dan mudah diratakan tidak memberi rasa berat di kulit. Dengan hasilnya yang terlihat natural, produk ini cocok digunakan untuk sehari-hari.

Walau digunakan seharian, produk berlabel halal ini tidak akan membuat kulit wajah menjadi kering berkat kandungan pearl extract, vitamin E, dan macadamia oil di dalamnya. Dilengkapi dengan SPF 30, Anda tidak perlu takut lagi berhadapan dengan matahari saat memakainya!

Hasil akhir Matte
Jenis kulit Kering
Varian warna 5 shades
Coverage Medium

8. Etude House Double Lasting Foundation AD

8. Etude House Double Lasting Foundation AD

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 239.900

Menutupi kekurangan wajah hanya dalam sekali pulas

Hanya dengan satu layer, foundation dari brand asal Korea Selatan ini mampu menutupi berbagai kekurangan wajah dengan baik. Produk ini memiliki tekstur yang watery sehingga rasanya sangat ringan, seperti tidak menggunakan apapun di wajah. Produk ini telah terbukti mampu menempel dengan baik di kulit wajah hingga 24 jam!

SPF 34 dengan PA++ yang dimiliki semakin menambah pesona foundation cair ini. Dengan aroma floral menenangkan khas produk makeup asal Korea, produk ini akan memberikan Anda tampilan yang flawless dan sehat. Dua belas varian warna yang ditawarkan cocok digunakan oleh Anda yang berkulit putih dan kuning langsat.

Hasil akhir Matte
Jenis kulit Semua jenis kulit
Varian warna 12 shades
Coverage medium to full

7. Revlon ColorStay™ Makeup for Normal/Dry Skin

7. Revlon ColorStay™ Makeup for Normal/Dry Skin

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 126.000

Menjaga kelembapan kulit dengan ekstrak tumbuhan

Produk dari Revlon ini mampu membuat kulit terlihat flawless tanpa cela seharian! Dengan daya coverage yang medium to full, foundation bertekstur encer ini cocok dipakai untuk Anda pemilik kulit kering yang menginginkan hasil makeup sedikit tebal, tetapi tetap terlihat natural.

Berbagai kandungan ekstrak tumbuhan di dalamnya akan menjaga kelembapan kulit kering Anda. Produk ini juga dilengkapi dengan SPF 20 yang cukup untuk melindungi kulit dari sinar UV. Formulanya bebas minyak sehingga tidak akan menyumbat pori-pori dan menjaga kulit tetap bernapas.

Hasil akhir Semimatte
Jenis kulit Normal, kering
Varian warna 4 shades
Coverage Medium to full

6. Maybelline Fit Me! Dewy+Smooth

6. Maybelline Fit Me! Dewy+Smooth

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 107.300

Membuat kulit kering terlihat lembap, halus, dan sehat

Maybelline Fit Me! Dewy+Smooth dapat meratakan tekstur kulit wajah Anda yang kering. Warna kulit yang tidak merata pun bisa di-cover oleh foundation cair ini sehingga kulit akan terlihat smooth. Produk ini mampu memberikan hasil akhir yang membuat kulit terlihat lembap dan sehat, cocok untuk Anda yang mencari hasil akhir dewy look.

Dengan low to medium coverage, Anda bisa menggunakan produk yang memiliki SPF 18 ini berlapis-lapis tanpa terlihat cakey. Foundation cair dari Maybelline ini juga tidak menimbulkan komedo dan alergi serta telah teruji secara dermatologis. Namun, Anda harus berhati-hati saat menuangkannya karena produk ini tidak dilengkapi pump.

Hasil akhir Dewy
Jenis kulit Normal, kering
Varian warna 10 shades
Coverage Low to medium

5. MAC Studio Fix Fluid SPF 15

5. MAC Studio Fix Fluid SPF 15

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 450.000

Solusi masalah kulit berminyak

Produk dari brand ternama MAC ini mampu mengontrol kilap dan minyak serta membantu menyamarkan pori-pori yang besar, solusi tepat bagi kulit berminyak Anda. Teksturnya yang creamy dan kental dapat meresap dengan baik ke dalam kulit Anda. Menawarkan medium to full coverage, ketidaksempurnaan wajah dapat tertutupi dengan baik.

Berencana pergi seharian? Tidak masalah! Produk ini akan menempel dengan baik di wajah hingga 24 jam. Namun, karena MAC Studio Fix Fluid hanya memberikan SPF 15, Anda perlu menambahkan produk tabir surya lain jika ingin perlindungan optimal. Dikemas dalam botol tanpa pump, MAC menyediakan pump tersendiri yang dijual terpisah.

Hasil akhir Matte
Jenis kulit Berminyak
Varian warna 60 shades
Coverage Medium to full

4. Estee Lauder Double Wear Stay-in-Place Makeup

4. Estee Lauder Double Wear Stay-in-Place Makeup

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 545.000

Waterproof dan tidak teroksidasi di cuaca apapun

Ingin foundation cair yang tidak teroksidasi? Produk high-end dengan SPF 10 yang satu ini bisa menjadi jawabannya. Estee Lauder Double Wear Stay-in-Place Makeup tidak akan berubah warna maupun menggelap meskipun di cuaca yang panas dan lembap sekalipun. Warna yang tersedia juga dapat dipilih oleh kulit paling gelap hingga paling terang.

Dengan high coverage yang diberikan dan tahan lama hingga 15 jam, Anda bahkan tidak membutuhkan touch-up! Formula bebas minyak dan pengontrol sebum di dalamnya akan membuat si kulit berminyak merasa nyaman ketika menggunakannya. Namun, produk ini cepat kering sehingga direkomendasikan untuk menggunakannya sedikit demi sedikit.

Hasil akhir Matte
Jenis kulit Semua jenis kulit terutama berminyak
Varian warna 56 shades
Coverage High

3. L’Oreal Paris Infallible Pro-Matte Foundation

3. L'Oreal Paris Infallible Pro-Matte Foundation

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 129.000

Memberi medium coverage dengan tekstur super ringan

Foundation cair yang sempat hype di kalangan beauty vlogger ini memiliki tekstur yang super ringan meski memberikan coverage yang medium. Dengan hasil akhir yang demi matte, membuat kulit terlihat flawless dan sehat sekaligus tanpa membuat riasan crack meski digunakan berjam-jam.

Berbeda dengan produk-produk sebelumnya, L’Oreal Paris Infallible Pro-Matte Foundation hadir dalam kemasan tube yang ringan dan travel friendly. Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang mempunyai kulit berminyak karena dapat menahan sebum. Untuk kulit kering, gunakan pelembap terlebih dahulu untuk mencegah dry patch terlihat.

Hasil akhir Demi matte
Jenis kulit Berminyak
Varian warna 8 shades
Coverage Medium

2. Tarte Amazonian Clay Full Coverage Foundation SPF 15

2. Tarte Amazonian Clay Full Coverage Foundation SPF 15

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 485.000

Tanpa paraben, mineral oil, dan phthalates yang aman untuk kulit sensitif

Sesuai dengan namanya, produk bertekstur kental ini diracik dengan Amazonian clay yang alami untuk foundation yang tahan lama. Ditambah dengan vitamin E dan mineral pigments, kulit menjadi lembap, lembut, serta terhindar dari radikal bebas. Dibuat tanpa paraben, mineral oil, phthalates, SLS, dan gluten, produk ini aman untuk kulit Anda!

Produk vegan ini juga dapat mencegah sinar UV dengan SPF 15 yang dikandungnya. Dengan full coverage serta hasil matte yang ditawarkan, foundation cair ini cocok digunakan untuk riasan acara spesial Anda. Bebas minyak dan tahan hingga 12 jam, Anda tidak perlu khawatir dengan creasing di wajah karena produk ini dapat mengatasinya.

Hasil akhir Matte
Jenis kulit Semua jenis kulit
Varian warna 40 shades
Coverage Full

1. Bourjois Healthy Mix Serum

1. Bourjois Healthy Mix Serum

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 219.000

Membuat kulit wajah yang letih menjadi fresh kembali

Jika Anda ingin wajah terlihat segar dan flawless natural tanpa terlihat menggunakan foundation, produk satu ini patut untuk dicoba. Wajah yang letih bisa dihapus oleh foundation cair bertekstur seperti gel ini. Hanya dengan menggunakannya, Anda akan mendapatkan kulit wajah yang glowing, lembap, dan sehat.

Produk dengan aroma fresh ini bukan hanya foundation biasa, tidak hanya sekadar menutupi kekurangan kulit dari luar, tetapi juga dari dalam berkat kandungan serumnya. Ekstrak litchi, pomegranate, dan goji yang kaya vitamin akan menghidupkan kembali kulit Anda dan membuatnya berkilau dari dalam hingga 16 jam!

Hasil akhir Dewy
Jenis kulit Semua jenis kulit bahkan kulit kombinasi
Varian warna 4 shades
Coverage low to medium

Kesimpulan

Bagaimana dengan produk foundation cair yang telah kami ulas di atas? Foundation cair sedang populer karena kemampuannya dalam memberikan tampilan dewy dan semimatte skin. Pilih produk yang memberian hasil akhir sesuai selera Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan jenis dan warna kulit Anda. Temukan produk yang tepat untuk makeup yang cantik sempurna!