• Review: 10 Rekomendasi Foundation Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • Review: 10 Rekomendasi Foundation Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • Review: 10 Rekomendasi Foundation Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • Review: 10 Rekomendasi Foundation Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • Review: 10 Rekomendasi Foundation Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

Review: 10 Rekomendasi Foundation Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Foundation cair adalah salah satu jenis alas bedak yang bertekstur cair. Banyaknya pilihan produk, mulai dari yang memiliki full coverage sampai yang memberikan kelembapan, membuat foundation tipe ini digemari banyak orang. Di antara sekian banyak merk yang bagus, seperti Shiseido, Revlon, dan lainnya, tentu tidak semuanya bisa Anda coba langsung, bukan?


Kali ini tim editorial mybest di Jepang akan memverifikasi liquid foundation yang populer di pasaran. Dibantu oleh seorang makeup artist profesional, kami akan memverifikasi dua poin berikut.

1. Keawetan

2. Hasil akhir / finishing


Selain itu, kami juga akan menyertakan trik memakai foundation di akhir artikel. Nah, produk manakah yang benar-benar layak untuk Anda pertimbangkan? Semoga artikel mybest original review ini bisa membantu Anda dalam memilih foundation cair terbaik!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Liamelqha
Edelyne Veronia
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Bekerja sama dengan makeup artist dan hair stylist ternama

Bekerja sama dengan makeup artist dan hair stylist ternama

Dalam mybest original review kali ini, kami bekerja sama dengan Fujiwara Rika. Ia adalah seorang makeup artist sekaligus hair stylist profesional yang telah menangani sejumlah model dan talent ternama. Selain itu, Fujiwara Rika juga aktif sebagai aroma advisor, penulis, dan penyelia di industri kecantikan.

Cara memilih foundation cair

Berikut ini kami akan memperkenalkan empat poin yang wajib Anda cek saat memilih foundation cair.

① Pilihlah foundation cair yang tahan lama dan tidak mudah luntur

① Pilihlah foundation cair yang tahan lama dan tidak mudah luntur

Ketika memilih foundation cair, carilah yang mampu menekan minyak berlebih pada wajah dan membuat tampilan kulit tetap prima sampai malam. Jika salah memilih foundation, riasan akan mudah luntur akibat sebum dan keringat. Foundation pun akan terlihat terpisah dan tidak menempel di kulit sehingga wajah tampak mengilap seperti berminyak.


Oleh karena itu, penting untuk memilih foundation yang bisa memberikan tampilan yang awet dan kilau yang pas hanya dengan pulasan tipis. Dengan begitu, Anda juga tidak perlu berulang kali menyisihkan waktu untuk me-retouch riasan.


Tentunya Anda baru bisa menilai daya tahan foundation cair setelah menggunakannya, bukan? Di mybest original review kali ini, kami akan melakukan uji keawetan pada tiap foundation. Semoga hasilnya bisa membantu Anda saat memilh liquid foundation yang paling pas!

② Sesuaikan pilihan hasil akhir foundation dengan jenis dan kondisi kulit

② Sesuaikan pilihan hasil akhir foundation dengan jenis dan kondisi kulit

Anda juga perlu memperhatikan hasil akhir ketika memilih foundation cair. Pastikan untuk memilih produk dengan finishing yang sesuai kondisi kulit Anda. Hasil akhir dewy akan membuat tampilan wajah Anda lebih natural, sedangkan hasil akhir matte akan memberikan impresi formal.


Jika kulit wajah Anda tergolong kering, pilihlah produk yang teksturnya lebih lembap dan bisa membuat kulit terlihat dewy. Hanya saja, perbedaan tampilan dewy dan mengilap memang sangat tipis. Agar wajah tidak berkesan berminyak, foundation cair tipe ini lebih cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering.


Sebaliknya, pilih foundation dengan hasil akhir semi-matte atau matte jika wajah Anda mudah berminyak. Foundation seperti ini mampu menutupi pori atau noda di wajah karena finishing-nya halus dan biasanya coverage-nya tinggi. Namun, memakai foundation seperti ini dalam waktu lama bisa membuat wajah terasa kering. Karena itu, tipe ini lebih cocok untuk Anda dengan kulit berminyak atau kombinasi.

③ Pastikan warna foundation cocok dengan warna kulit Anda

③ Pastikan warna foundation cocok dengan warna kulit Anda
Pemilihan warna juga merupakan poin yang sangat penting ketika mencari foundation cair. Jika warna foundation terlalu terang, wajah Anda akan tampak terlalu putih dan terlihat lebih besar daripada aslinya. Sebaliknya, jika warnanya terlalu gelap, kulit Anda  akan tampak kusam dan terlihat lebih tua.

Warna foundation cair yang Anda gunakan juga akan memengaruhi hasil akhirnya. Sembari memilih jenis finishing, Anda juga bisa mencoba-coba warna yang cocok di counter makeup.


Saat mencoba produk tester, Anda sebaiknya mengoleskannya pada kulit leher, bukan punggung tangan. Cobalah beberapa warna berbeda, kemudian pilih yang paling mendekati warna kulit Anda. Pilihlah warna yang terlihat alami saat diaplikasikan pada kulit wajah Anda.

④ Periksa kandungan tabir surya pada foundation

④ Periksa kandungan tabir surya pada foundation

Tahukah Anda bahwa kulit yang terbakar sinar matahari bisa menjadi penyebab munculnya bintik hitam dan noda di kulit? Karena itu, saat memilih foundation cair, perhatikan juga apakah produk tersebut mengandung tabir surya.


Pilihlah produk dengan kandungan SPF/PA yang tinggi apabila Anda sering beraktivitas outdoor. Sebaliknya, jika lebih banyak melakukan kegiatan di dalam ruangan, Anda bisa memilih produk dengan nilai SPF/PA rendah.


Sayangnya, ada juga foundation cair yang tidak dilengkapi kandungan tabir surya. Jika memilih foundation seperti itu, pastikan Anda menggunakan makeup primer yang mengandung tabir surya. Sebagai alternatif lainnya, Anda juga bisa menggunakan sunscreen secara terpisah. Intinya, sangat penting untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar ultraviolet.

Review produk foundation cair terpopuler

Review produk foundation cair terpopuler

Di segmen ini, kami akan menguji secara langsung puluhan foundation cair yang sedang populer di pasaran. Manakah produk yang paling direkomendasikan?


Kami melakukan verifikasi dengan menggunakan dua poin berikut.

Verifikasi ①:Keawetan

Verifikasi ②:Hasil akhir / finishing

Verifikasi ①:Keawetan

Verifikasi ①:Keawetan

Verifikasi pertama yang dilakukan adalah uji keawetan. Kami mengoleskan foundation cair secara tipis pada bahan kulit artifisial. Setelah itu, kami menyemprot permukaannya dengan keringat buatan yang terbuat dari campuran air hangat dan minyak kuda. Terakhir, kami mengecek keadaan foundation setelah disemprot dengan keringat buatan tersebut.

[Highlight] Mayoritas foundation cair terbukti efektif menahan keringat

[Highlight] Mayoritas foundation cair terbukti efektif menahan keringat

Melalui verifikasi ini, kami menemukan bahwa mayoritas foundation cair mampu menahan keringat buatan dengan baik. Namun, foundation cair akan luntur apabila Anda memulasnya dengan tebal. Karena itu, ingatlah untuk selalu memulas foundation secara tipis.


Selain itu, kompabilitas foundation cair dengan makeup primer yang digunakan juga memengaruhi keawetannya. Jadi, Anda juga perlu memastikan kecocokan antara foundation cair dengan makeup primer saat dipakai bersama.


Di antara produk yang kami verifikasi, foundation organik seperti mineral foundation terbukti mudah luntur meskipun diaplikasikan secara tipis. Sepertinya hal ini berhubungan dengan komposisi bahannya yang lebih sederhana dibandingkan foundation cair biasa. Jenis foundation organik seperti ini sebaiknya hanya digunakan pada momen tertentu saja.

Verifikasi ②:Hasil akhir / finishing

Verifikasi ②:Hasil akhir / finishing

Selanjutnya, kami melakukan verifikasi hasil akhir atau finishing. Fujiwara Rika memoleskan seluruh foundation cair yang di-review pada model. Setelah itu, penilaian dilakukan dengan melihat tingkat coverage serta kebeningan yang dihasilkan.

[Highlight] Beberapa drugstore foundation memiliki performa yang tidak kalah bagus dengan high-end foundation

[Highlight] Beberapa drugstore foundation memiliki performa yang tidak kalah bagus dengan high-end foundation

Sejumlah produk yang berhasil mendapatkan nilai sempurna dalam tahap verifikasi ini memiliki beberapa kesamaan. Pertama, produk-produk tersebut mampu melembapkan kulit tanpa membuatnya menjadi lengket. Kedua, hasil akhir glowing yang diberikan tidak terlihat dibuat-buat. Ketiga, produk-produk tersebut memiliki kemampuan coverage yang pas sehingga membuat kulit wajah terlihat lebih cantik.


Selain itu, foundation yang bagus juga tidak menyebabkan kerutan di wajah akibat kekeringan terlihat mencolok. Saat kami mengamati dan membandingkan finishing dari tiap produk, perbedaannya terlihat jelas.


Beberapa drugstore foundation dengan performa yang tidak kalah bagus dibandingkan high-end foundation berhasil menarik perhatian tim verifikasi mybest. Produk-produk semacam ini bisa menjadi alternatif jika Anda menginginkan foundation yang memiliki finishing cantik dengan harga yang lebih terjangkau.


Fujiwara Rika juga mengatakan bahwa foundation yang baik adalah produk dengan kemampuan coverage yang pas tanpa terlihat berlebihan. Selain itu, produk yang mampu membuat kulit terlihat bening berseri juga dianggap istimewa.


Produk yang kami berikan skor tinggi kebanyakan tidak membuat kulit kering meskipun dipakai dalam jangka waktu panjang. Selain itu, ada juga foundation yang tidak menimbulkan kerut di wajah. Produk-produk seperti ini mudah digunakan, bahkan saat kulit Anda tidak sedang dalam kondisi prima.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Wet n WildPhoto Focus Foundation

Soft Beige

Mulai dari Rp 159.000,00

Spesialis
mybest

Yves Saint LaurentAll Hours Foundation

Mulai dari Rp 1.025.000,00

Tabel perbandingan produk foundation cair terbaik mybest original review

Gambar produk
1
NARS Cosmetics Natural Radiant Longwear Foundation 1

NARS Cosmetics

2
Estée Lauder  Double Wear Stay-in-Place Makeup 1

Estée Lauder

3
L'Oreal Indonesia Shu Uemura Unlimited Fluid Foundation 1

L'Oreal Indonesia

4
Lancome Teint Idole Ultra Wear Foundation 1

Lancome

5
Shiseido Synchro Skin Self-Refreshing Foundation 1

Shiseido

6
Make-Up Art Cosmetics MAC Studio Fix Fluid SPF 15 Foundation 1

Make-Up Art Cosmetics

7
THE FACE SHOP Ink Lasting Foundation 1

THE FACE SHOP

8
Amore Pacific Etude House Double Lasting Foundation 1

Amore Pacific

9
Revlon ColorStay™ Makeup for Normal/Dry Skin 1

Revlon

10
L'Oreal Paris Infallible 24H Fresh Wear Foundation 1

L'Oreal Paris

Nama produk

Natural Radiant Longwear Foundation

Double Wear Stay-in-Place Makeup

Shu Uemura Unlimited Fluid Foundation

Teint Idole Ultra Wear Foundation

Synchro Skin Self-Refreshing Foundation

MAC Studio Fix Fluid SPF 15 Foundation

Ink Lasting Foundation

Etude House Double Lasting Foundation

ColorStay™ Makeup for Normal/Dry Skin

Infallible 24H Fresh Wear Foundation

Keunggulan

Foundation dengan high coverage yang sangat natural dan awet

Tahan terhadap keringat dan bisa diandalkan saat cuaca panas

Memberikan coverage tinggi hanya dengan pulasan tipis!

Menutupi permasalahan kulit secara natural

Dapatkan kilau cantik, terutama di bagian tertentu pada wajah!

Awet dan menghasilkan finishing yang cantik natural

Kemampuan coverage yang tinggi disertai daya tahan yang baik

Pilihan tepat untuk Anda yang mementingkan daya coverage!

Melembapkan dan meng-cover kulit wajah dengan baik

Coverage yang baik dan relatif kuat menahan keringat

Harga mulai dariRp 740.000,00Rp 710.000,00Rp 730.000,00Rp 750.000,00Rp 700.000,00Rp 515.000,00Rp 375.000,00Rp 158.000,00Rp 145.000,00Rp 179.000,00
Ukuran30 ml30 ml35 ml30 ml30 ml30 ml30 ml30 gr30 ml-
Shade10 varian warna10 varian warna9 varian warna10 varian warna19 varian warna22 varian warna4 varian warna3 varian warna4 varian warna7 varian warna
SPF-SPF 10SPF 24SPF 15–2835SPF 15SPF 30SPF 42SPF 20SPF 25
PA-PA++PA+++0 hingga PA+++PA++++PA++PA++PA++-PA+++
KategoriHigh-end makeupHigh-end makeupHigh-end makeupHigh-end makeupHigh-end makeupHigh-end makeupKorean makeupKorean makeupDrugstore makeupDrugstore makeup
Keawetan5.05.05.05.05.05.05.04.55.04.0
Hasil akhir / finishing5.04.54.54.54.54.03.54.02.53.0
Total penilaian5.04.84.84.84.84.64.44.34.03.6
Tautan produk

10 Rekomendasi foundation cair terbaik mybest original review

Setelah memverifikasi puluhan foundation cair yang beredar, kami memilih sepuluh rekomendasi produk terbaik yang bisa ditemukan di Indonesia. Semoga ulasan ini bisa membantu Anda menemukan produk yang cocok.
1

NARS CosmeticsNatural Radiant Longwear Foundation

Mulai dari Rp 740.000,00

Ukuran30 ml
Shade10 varian warna
SPF-
PA-
KategoriHigh-end makeup
Keawetan5.0
Hasil akhir / finishing5.0
Total penilaian5.0
2

Estée Lauder Double Wear Stay-in-Place Makeup

Mulai dari Rp 710.000,00

Ukuran30 ml
Shade10 varian warna
SPFSPF 10
PAPA++
KategoriHigh-end makeup
Keawetan5.0
Hasil akhir / finishing4.5
Total penilaian4.8
3

L'Oreal IndonesiaShu Uemura Unlimited Fluid Foundation

Mulai dari Rp 730.000,00

Ukuran35 ml
Shade9 varian warna
SPFSPF 24
PAPA+++
KategoriHigh-end makeup
Keawetan5.0
Hasil akhir / finishing4.5
Total penilaian4.8
4

LancomeTeint Idole Ultra Wear Foundation

Mulai dari Rp 750.000,00

Ukuran30 ml
Shade10 varian warna
SPFSPF 15–28
PA0 hingga PA+++
KategoriHigh-end makeup
Keawetan5.0
Hasil akhir / finishing4.5
Total penilaian4.8
5

ShiseidoSynchro Skin Self-Refreshing Foundation

Mulai dari Rp 700.000,00

Ukuran30 ml
Shade19 varian warna
SPF35
PAPA++++
KategoriHigh-end makeup
Keawetan5.0
Hasil akhir / finishing4.5
Total penilaian4.8
6

Make-Up Art CosmeticsMAC Studio Fix Fluid SPF 15 Foundation

Mulai dari Rp 515.000,00

Ukuran30 ml
Shade22 varian warna
SPFSPF 15
PAPA++
KategoriHigh-end makeup
Keawetan5.0
Hasil akhir / finishing4.0
Total penilaian4.6
7

THE FACE SHOPInk Lasting Foundation

Mulai dari Rp 375.000,00

Ukuran30 ml
Shade4 varian warna
SPFSPF 30
PAPA++
KategoriKorean makeup
Keawetan5.0
Hasil akhir / finishing3.5
Total penilaian4.4
8

Amore PacificEtude House Double Lasting Foundation

Mulai dari Rp 158.000,00

Ukuran30 gr
Shade3 varian warna
SPFSPF 42
PAPA++
KategoriKorean makeup
Keawetan4.5
Hasil akhir / finishing4.0
Total penilaian4.3
9

RevlonColorStay™ Makeup for Normal/Dry Skin

Mulai dari Rp 145.000,00

Ukuran30 ml
Shade4 varian warna
SPFSPF 20
PA-
KategoriDrugstore makeup
Keawetan5.0
Hasil akhir / finishing2.5
Total penilaian4.0
10

L'Oreal ParisInfallible 24H Fresh Wear Foundation

Mulai dari Rp 179.000,00

Ukuran-
Shade7 varian warna
SPFSPF 25
PAPA+++
KategoriDrugstore makeup
Keawetan4.0
Hasil akhir / finishing3.0
Total penilaian3.6

Tips mengaplikasikan foundation cair

Tips mengaplikasikan foundation cair

Ciptakan dasar yang kuat pada makeup dengan foundation cair yang tidak mudah luntur. Untuk itu, oleskan foundation secara tipis. Jumlah foundation yang diperlukan tentunya beragam tergantung produknya. Namun, pada dasarnya Anda cukup menuangkannya seukuran mutiara yang besar. Ada juga produk yang bisa digunakan dalam jumlah sedikit. Lihatlah penjelasan produk untuk mengetahui jumlah penggunaan yang tepat.


Setelah menuangkan foundation cair ke tangan, gosok perlahan dengan jari tangan Anda yang satunya. Setelah itu, oleskan ke area pipi, dahi, hidung, dan dagu. Setelah dipulas dengan jari, ratakan foundation menggunakan brush berbulu padat atau spons supaya tidak ada bagian yang belang.


Apabila olesan foundation di awal belum mampu menyamarkan bagian yang ingin ditutupi, tambahkan sedikit foundation untuk melapisinya. Jangan sampai mengoleskan terlalu banyak foundation karena akan terlihat tebal dan menjadi penyebab lunturnya riasan. Tambahkanlah foundation sedikit demi sedikit. Apabila cara tersebut pun tidak dapat menutupi bagian yang diinginkan, gunakanlah concealer untuk melapisinya.

Baca juga rekomendasi foundation lainnya di sini

Anda telah menyimak ulasan kami yang membahas tentang foundation cair terbaik. Apabila Anda ingin mengenal jenis foundation lainnya, silakan klik tautan di bawah ini. Anda akan mendapatkan informasi yang lengkap mengenai beragam jenis foundation.

Kesimpulan

Kali ini, tim mybest original review bersama Fujiwara Rika telah memverifikasi puluhan foundation cair yang beredar di pasaran. Dari artikel ini, kami harap Anda bisa mengetahui berbagai pilihan liquid foundation dengan finishing dan daya coverage yang berbeda.

Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat saat Anda mencari foundation cair yang tepat. Jangan lupa juga untuk memilih warna yang cocok dengan tone kulit Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini, Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merek, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, atau Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
  • 10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah makeup Anda cepat luntur? Jika ya, Anda wajib tahu tentang setting spray. Setting spray berguna untuk mencegah lunturnya makeup karena keringat ataupun minyak di wajah. Saat ini sudah tersedia berbagai setting spray untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit berminyak, berjerawat, kombinasi, dan kering.Di artikel ini Anda akan menemukan berbagai rekomendasi setting spray dari merk yang bagus, seperti PIXY, Wardah, dan Studio Tropik. Baca juga tips memilih tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Yuk, temukan setting spray terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit Anda di sini!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memiliki tipe kulit berminyak? Jika iya, Anda harus jeli dalam memilih produk makeup, termasuk dalam memilih bedak. Memilih bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan bruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak? Benarkah penggunaan bedak tabur lebih disarankan?Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini. Di artikel ini, kami tidak hanya memaparkan cara memilih bedak yang tepat. Namun, kami juga memberikan rekomendasi bedak terbaik untuk kulit berminyak yang bisa digunakan usia remaja hingga dewasa. Selamat membaca!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Di artikel ini, Anda akan menemukan tips memilih beserta rekomendasi produk bedak tabur yang bagus. Di dalamnya terdapat sepuluh merek bedak tabur terbaik, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Marcks. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi pemilik kulit berminyak, menemukan foundation dengan hasil yang halus dan tahan lama tentu menjadi idaman. Namun, memilih foundation yang tepat untuk kulit berminyak membutuhkan tips tersendiri. Anda dapat memilih produk yang memiliki beberapa keunggulan, seperti mampu menutup pori-pori, tahan lama, hasil akhirnya smooth, dan lainnya.Supaya Anda tidak bingung, kali ini kami akan memberikan informasi cara memilih foundation yang bagus bagi kulit berminyak. Setelahnya, kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi foundation terbaik dari merk terkenal, seperti Revlon, Maybelline, Make Over, dan sebagainya. Mari simak ulasan berikut ini sampai akhir!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Blush On Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Blush On Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Perona pipi atau lebih dikenal dengan blush on merupakan kosmetik yang dapat membuat wajah terlihat cerah dan segar. Kini, blush on lokal memiliki kualitas yang tidak kalah kerennya dengan produk internasional. Para produsen kosmetik dalam negeri saling berlomba menawarkan banyak pilihan blush on lokal yang mungkin membingungkan Anda. Di artikel ini, kami akan mengulas cara memilih blush on lokal yang bagus agar memudahkan Anda menemukan produk. Ada juga sepuluh produk rekomendasi blush on lokal terbaik dari sejumlah merek, seperti Esqa Cosmetics, Rollover Reaction, dan BLP Beauty. Selamat membaca!
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori