10 Rekomendasi Sunblock Spray Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sunblock Spray Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Indonesia beriklim tropis dengan sinar matahari yang cukup terik sepanjang tahun. Untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari langsung, Anda perlu menggunakan sunblockSunblock memiliki berbagai macam tipe, salah satunya adalah tipe spray yang sangat praktis untuk digunakan.

Sebelum membeli sunblock tipe spray, Anda perlu mengetahui bagaimana cara memilih produk sunblock dengan baik. Untuk itu, simak terus artikel ini sampai akhir. Jangan lewatkan pula 10 rekomendasi sunblock tipe spray terbaik pilihan kami, agar Anda menjadi semakin mudah dalam memilih produk pelindung kulit dari sinar matahari ini.

Daftar isi

Manfaat menggunakan sunblock spray

Manfaat menggunakan sunblock spray

Kebanyakan tipe sunblock yang beredar di pasaran merupakan sunblock tipe cream. Akan tetapi, tahukah Anda bila sunblock spray sebenarnya memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh sunblock cream? Seperti yang telah disebutkan di atas, sunblock spray lebih praktis untuk digunakan karena Anda tidak perlu repot-repot mengoleskannya ke kulit Anda. Anda pun tidak kesulitan lagi mengaplikasikan sunblock ke bagian tubuh yang sulit seperti bagian punggung.

Anda juga dapat dengan mudah melakukan pengaplikasian ulang atau reapply bila Anda menggunakan sunblock spray. Selain itu, jika Anda sedang terburu-buru, sunblock spray dapat menjadi teman baik Anda. Ya, sunblock tipe ini tidak perlu dioles sehingga tidak memakan waktu saat diaplikasikan.

Cara memilih sunblock spray

Sunblock spray memang sangat mudah digunakan di mana saja dan mudah meresap di kulit. Namun, Anda perlu memperhatikan hal-hal tertentu sebelum memilihnya. Berikut ini adalah beberapa poin yang Anda perlu perhatikan.

1. Pilih yang waterproof dan cepat diserap kulit

1. Pilih yang waterproof dan cepat diserap kulit

Karena bentuknya cair, sunblock spray dapat lebih mudah terserap ke dalam kulit dan tidak lengket. Sayangnya, karena teksturnya yang ringan tersebut, Anda akan sulit mengetahui apakah sunblock tersebut masih menempel pada kulit atau tidak. Apalagi, saat Anda berkeringat. Bisa saja sunblock Anda menjadi luntur dan Anda tidak lagi mendapatkan perlindungan terhadap sinar matahari. Untuk itu, lebih baik Anda memilih tipe sunblock spray waterproof agar sunblock tetap menempel pada kulit meskipun Anda berkeringat atau kulit basah terkena air.

Sunblock spray waterproof bahkan dapat lebih cepat menyerap ke kulit sehingga Anda tidak akan merasakan lengket setelah Anda menyemprotkannya.

2. Pilih yang dapat digunakan untuk seluruh tubuh termasuk rambut

2. Pilih yang dapat digunakan untuk seluruh tubuh termasuk rambut

Sunblock spray pun dibagi lagi macamnya berdasarkan bagian tubuh yang dapat dilindunginya dari sinar matahari. Ada sunblock spray yang khusus digunakan pada wajah, tubuh, dan rambut. Ada pula sunblock spray yang dapat digunakan untuk semua bagian tubuh, termasuk wajah dan rambut.

Sunblock yang dapat digunakan pada wajah biasanya memiliki bahan-bahan yang lebih ringan. Hal ini membuat kemungkinan terjadinya iritasi lebih kecil dibandingkan dengan sunblock yang hanya dapat digunakan pada bagian tubuh saja.

Sedangkan sunblock spray yang dapat digunakan pada rambut juga dapat melindungi rambut Anda dari sinar matahari. Mungkin banyak orang yang masih belum peduli bahaya yang ditimbulkan oleh sinar matahari pada rambut. Padahal, rambut juga salah satu bagian tubuh yang perlu dilindungi dari sinar matahari agar tidak mengalami kerusakan. Untuk itu, memilih sunblock spray yang dapat digunakan pada rambut juga perlu Anda pertimbangkan. Sunblock spray yang dapat digunakan untuk rambut memiliki jenis semprotan yang lebih halus agar dapat merata saat diaplikasikan ke rambut.

Jadi, tidak ada salahnya mempertimbangkan produk sunblock spray berdasarkan jangkauan bagian tubuh yang dapat dilindunginya.

3. Pilih yang dapat digunakan di atas makeup atau stocking

3. Pilih yang dapat digunakan di atas makeup atau stocking

Terdapat jenis sunblock yang dapat terserap ke kulit meski kulit telah dilapisi dengan makeup maupun stocking yang Anda gunakan. Jika Anda gemar menggunakan makeup maupun stocking, Anda perlu memperhatikan apakah sunblock spray tersebut dapat digunakan di atas makeup dan stocking Anda.

Selain itu, Anda dianjurkan untuk reapply sunblock setiap 2 jam sekali untuk mendapatkan perlindungan maksimal dan terhindar dari sunburn terutama bila Anda seringkali beraktivitas di luar ruangan. Sedangkan bila Anda hanya beraktivitas di dalam ruangan, Anda hanya perlu menggunakannya satu kali dalam satu hari.

Sunblock spray yang dapat digunakan di atas makeup dan stocking dapat memudahkan Anda untuk reapply tanpa harus menghapus makeup ataupun melepas stocking. Praktis, bukan?

4. Pilih yang nyaman di kulit

Sunblock spray memang sangat mudah digunakan karena Anda cukup menyemprotkannya saja pada kulit. Namun, lain cerita bila kulit Anda termasuk sensitif. Bagi Anda pemilik kulit sensitif, Anda perlu memperhatikan kandungan-kandungan yang ada di dalam sunblock spray.

Pilih produk yang rendah SPF dan PA

Pilih produk yang rendah SPF dan PA

Bila Anda ingin memilih sunblock yang hanya memiliki kemungkinan kecil dapat menimbulkan iritasi, pilihlah produk dengan kandungan SPF (Sun Protector Factor) dan PA (Protection Grade of Ultraviolet A) yang rendah. Anda dapat memilih SPF 20 atau SPF 30 dengan PA++ atau PA+++. Semakin besar SPF tau PA, semakin besar pula efek yang akan ditimbulkan sunblock tersebut.

Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, tingkat kemungkinan iritasi yang dapat ditimbulkan oleh sunblock spray sebenarnya lebih kuat dari sunblock tipe lain. Anda juga perlu hati-hati bila menyemprotkannya pada kulit kepala.

Jadi, Anda dapat memilih SPF dan PA yang rendah untuk mengurangi kemungkinan terjadi iritasi. Bila Anda tidak memiliki kulit sensitif, Anda dapat menggunakan SPF 50 atau lebih.

Pilih sunblock yang juga dapat digunakan oleh bayi dan anak-anak

Pilih sunblock yang jug dapat digunakan oleh bayi dan anak-anak

Bila Anda memiliki kulit sensitif, Anda perlu memperhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalam produk sunblock yang Anda pilih. Contohnya adalah paraben yang merupakan bahan pengawet yang dapat membahayakan kulit sensitif Anda.

Anda pun dapat memeriksa apakah produk sunblock spray yang Anda pilih dapat digunakan pada bayi atau anak-anak. Sunblock yang dapat digunakan juga oleh bayi atau anak-anak umumnya aman untuk kulit sensitif Anda. Selain itu, produk yang aman digunakan oleh bayi dan anak-anak memiliki sedikit kemungkinan mengandung bahan-bahan yang tidak perlu sehingga lebih terjamin keamanannya.

5. Perhatikan juga kandungan zat-zat lainnya

5. Perhatikan juga kandungan zat-zat lainnya

Bila Anda tidak menyukai sunblock spray yang berbau wangi atau memiliki kandungan parfum di dalamnya, Anda dapat memilih sunblock spray tanpa parfum atau fragrance free. Sebaliknya, bila Anda menyukai sunblock spray dengan aroma harum, Anda dapat memilih sunblock spray dengan parfum. Selain dari aromanya, Anda dapat melihat adanya kandungan parfum pada ingredients-nya.

Selain memperhatikan adanya kandungan parfum, Anda juga dapat memperhatikan kandungan-kandungan lain yang penting untuk kulit Anda, seperti kandungan pelembap atau kandungan bahan kecantikan lainnya. Akan tetapi perlu diingat, tidak semua bahan kandungan tambahan akan memberikan efek positif pada kulit Anda. Lebih baik pilih produk tanpa kandungan zat tambahan yang tidak begitu penting dan malah berbahaya untuk kulit Anda.

10 Rekomendasi sunblock spray terbaik

Berikut ini merupakan 10 rekomendasi sunblock spray terbaik dari kami. Temukanlah sunblock spray yang Anda butuhkan di antara jajaran produk terbaik di bawah ini!

10. NIVEA Sun Protect & Moisture Caring Sunscreen Spay SPF 30

10. NIVEA Sun Protect & Moisture Caring Sunscreen Spay SPF 30

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 135.000

Sunblock spray yang menjaga kelembapan kulit

Sunblock spray dari NIVEA ini mengandung SPF 30 dan dapat melindungi kulit Anda dari sinar UVA dan UVB. Produk ini pun dapat diaplikasikan langsung di luar ruangan tidak seperti sunblock lainnya yang harus diaplikasikan 15 menit sebelum keluar ruangan. Produk ini berkandungan SPF rendah sehingga cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

Sunblock ini tidak hanya melindungi kulit dari paparan sinar matahari saja, tetapi juga menjaga kelembapan kulit dengan kandungan hydramine-nya. Selain itu, sunblock ini juga mengandung vitamin E yang dapat menutrisi kulit dan menangkal radikal bebas. Bila Anda menginginkan kulit yang terhindar dari bahaya radikal bebas, Anda dapat menggunakan produk ini.

9. Parasol Cooling Mist Sun Spray SPF 25+ PA++

9. Parasol Cooling Mist Sun Spray SPF 25+ PA++

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 84.300

Melembapkan dan menyejukkan kulit

Sunblock spray ini mengandung SPF 25 PA++ yang cukup untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari langsung. Sunblock spray dari Parasol juga mengandung ekstrak Aloe vera yang dapat melembapkan dan menyejukkan kulit. Bila Anda menginginkan sunblock spray dengan sensasi dingin yang menyegarkan di kulit, Anda dapat memilih produk ini.

Anda dapat menggunakan produk ini pada wajah dan badan serta dapat juga digunakan setelah penggunaan makeup. Produk ini juga waterproof sehingga kulit Anda masih tetap dapat terlindungi meski terkena air. Selain itu, produk yang tidak lengket dan tidak greasy ini memiliki kemasan mungil yang praktis dan mudah dibawa ke mana saja.

8. Banana Boat Ultra Protect Sunscreen Lotion SPF 50

8. Banana Boat Ultra Protect Sunscreen Lotion SPF 50

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 200.500

Melindungi kulit dari keriput dan kanker kulit

Produk ini mengandung SPF 50 broad-spectrum yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang dapat menyebabkan kulit keriput bahkan dapat memicu kanker. Bila Anda menginginkan perlindungan kulit dari sinar matahari secara penuh, Anda dapat memilih produk ini. Anda juga dapat menggunakannya pada wajah dan badan.

Formulanya mudah meresap di kulit. Selain itu, produk ini pun tidak menyumbat pori-pori sehingga wajah Anda pun dapat terhindar dari jerawat. Sunblock spray ini pun dapat menjaga kelembapan kulit dengan kandungan lidah buaya, vitamin C, dan vitamin E-nya.

7. Eileen Grace Super Sheer SPF50+ Sunscreen Spray

7. Eileen Grace Super Sheer SPF50+ Sunscreen Spray

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 286.000

Sensasi dingin yang menyegarkan pada kulit saat digunakan

Produk asal Taiwan ini mengandung SPF 50+ dan PA++++ yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Produknya pun waterproof sehingga dapat digunakan ketika Anda berenang. Sayangnya, Anda tidak dapat mengaplikasikannya setelah penggunaan makeup karena produknya berwarna putih dan Anda pun harus meratakannya setelah menyemprotkannya ke wajah.

Sunblock spray ini memberikan sensasi dingin setelah disemprotkan ke kulit dan teksturnya pun tidak lengket. Anda pun dapat merasakan kulit Anda lebih lembut setelah produk ini diaplikasikan. Produk ini juga dapat melembapkan kulit selama 24 jam. Sunblock spray ini cocok untuk Anda yang menginginkan perlindungan kulit yang efektif dari sinar UVA dan UVB.

6. L’Oreal Paris UV Perfect Aqua Essence City UV Mist SPF 50 PA ++++

6. L'Oreal Paris UV Perfect Aqua Essence City UV Mist SPF 50 PA ++++

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 175.500

Perlindungan dari sinar UV hingga 12 jam

Sunblock spray dari L’Oreal Paris ini dapat melindungi kulit Anda dari sinar UVA dan UVB selama 12 jam sehingga Anda tidak perlu repot reapply setiap saat. Kandungan SPF 50 PA++++ yang dimilikinya mampu melindungi kulit dari penuaan dini dan penggelapan kulit. Sunblock ini juga mengandung vitamin E dan detoxyl untuk perlindungan kulit dari pengaruh buruk lingkungan.

Produk ini tidak lengket dan dapat digunakan pada wajah serta badan. Bila Anda gemar memakai makeup, produk ini cocok untuk Anda karena sunblock dari L’Oreal Paris ini dapat digunakan sesudah pemakaian makeup. Produknya ini sweatproof sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan perlindungan UV jika Anda berkeringat.

5. Paula’s Choice SUNSCREEN Spray Broad Spectrum SPF 43

5. Paula's Choice SUNSCREEN Spray Broad Spectrum SPF 43

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 539.000

Sunblock spray yang bebas alkohol

Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering dan sensitif karena produknya bebas alkohol. Perlindungan SPF-nya tidak terlalu tinggi, yaitu SPF 43 saja. Namun, sunscreen spray ini memberikan perlindungan broad-sprectrum sehingga kulit Anda terlindungi dengan penuh dari sinar matahari.

Produk ini sebaiknya digunakan sesaat sebelum Anda keluar ruangan agar produk dapat bekerja dengan optimal. Teksturnya ringan dan cepat meresap di kulit sehingga Anda dapat menggunakan produk ini dari kepala hingga ujung kaki. Selain itu, produk ini juga mengandung antioksidan sehingga kulit terlindungi dari bahaya radikal bebas.

4. Hanaka Sunscreen Spray Mist S​​PF50+++

4. Hanaka Sunscreen Spray Mist 150ml S​​PF50+++

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 122.500

Terbuat dari bahan alami yang aman untuk kulit

Sunblock spray dari Hanaka ini cukup menarik karena memiliki bahan yang alami, yaitu ekstrak tumbuh-tumbuhan. Bila Anda menginginkan produk berbahan alami yang aman di kulit, sunblock spray dari Hanaka ini patut Anda coba. Produk ini dapat Anda gunakan pada rambut dan seluruh tubuh.

Sunblock dengan merek dari negara Taiwan ini memiliki harga terjangkau, tetapi kualitasnya tidak perlu diragukan. Produk ini mengandung ekstrak lidah buaya, extrak chamomile dan vitamin C yang dapat melembapkan sekaligus melindungi kulit. Anda pun dapat terhindar dari flek hitam bila menggunakan sunblock spray ini secara rutin.

3. Bioderma Photoderm Max Spray SPF 50+

3. Bioderma Photoderm Max Spray SPF 50+

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 462.000

Sunsblock spray yang juga menghambat kerusakan sel

Sunsblock spray dari Bioderma ini memiliki SPF 50 dan UVA 33 yang cukup melindungi kulit dari penuaan dini dan terbakarnya kulit karena paparan sinar matahari. Produk ini cocok untuk Anda yang alergi terhadap sinar matahari karena perlindungan UVA dan UVB-nya yang cukup tinggi. Anda pun dapat menggunakannya pada area wajah dan badan.

Selain melindungi kulit dari UVA dan UVB, sunblock spray ini juga mampu menghambat risiko rusaknya sel dengan kandungan Cellular Bioprotection® yang terdapat di dalam produknya. Walau hanya sementara, kandungan tersebut juga dapat memberikan kekebalan pada kulit terhadap paparan sinar matahari. Luar biasa, bukan?

2. Skin Aqua Sarafit UV Mist SPF50+ PA++++ Fragrance Free

2. Skin Aqua Sarafit UV Mist SPF50+ PA++++ Fragrance Free

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 160.000

Melindungi sekaligus melembapkan kulit

Produk fragrance free ini tentu saja cocok untuk Anda yang sering merasa terganggu dengan aroma wewangian. Bagi pemilik kulit sensitif, produk ini juga cocok untuk Anda karena tidak mengandung alkohol, zat pewarna, dan mineral oil. Sayangnya, SPF dan PA-nya cukup tinggi untuk kulit sensitif, jadi Anda tetap harus hati-hati jika ingin memilih produk ini.

Sunblock spray ini dapat digunakan pada wajah dan badan serta dapat disemprotkan setelah penggunaan makeup. Hasil akhirnya matte dan tidak lengket. Produk asal Jepang ini sweatproof dan waterproof sehingga Anda dapat semakin nyaman berkegiatan. Selain itu, sunblock ini juga mengandung hyaluronic acid dan collagen yang dapat melembapkan kulit.

1. Kose SUNCUT Transparent Sunscreen Spray SPF 50+ PA++++

1. Kose SUNCUT Transparent Sunscreen Spray SPF 50+ PA++++

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 120.000

Dapat digunakan pada rambut, wajah, dan badan

Sunblock spray dari Kose ini memiliki tekstur yang sangat ringan dan lembut. Warnanya pun transparan dan cepat kering di kulit. Sunblock spray ini tahan terhadap keringat, air, dan sebum yang dihasilkan kulit. Selain itu, produk ini juga memiliki perlindungan UVA dan UVB yang cukup tinggi sehingga cocok untuk dipakai pada daerah dengan cuaca yang panas seperti di Indonesia.

Kose Suncut ini dapat digunakan pada rambut, wajah, badan, dan bahkan di atas makeup. Produk ini sangat cocok untuk Anda yang gemar menggunakan makeup dan menginginkan perlindungan secara maksimal. Kemasan botol spray-nya memungkinkan Anda untuk menyemprotkannya secara terbalik untuk menjangkau bagian tubuh yang sulit, seperti punggung.

Kesimpulan

Sunblock spray dapat menjadi pilihan Anda karena sangat praktis digunakan. Produk ini begitu memudahkan Anda yang gemar menggunakan makeup, menyukai aktivitas outdoor, maupun melakukan olahraga air di luar ruangan.

Pada artikel kali ini kami telah memberikan 10 rekomendasi sunblock spray yang beragam. Apakah Anda sudah menjatuhkan pilihan pada salah satu di antaranya? Ingatlah selalu untuk memilih sunblock spray sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, ya!