10 Rekomendasi Sunblock Spray Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sunblock Spray Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Sunblock spray adalah produk praktis yang berfungsi untuk mencegah terbakarnya kulit di bagian yang susah digapai seperti punggung. Berbagai brand terkenal seperti Nivea, Banana Boat, dan Skin Aqua mengeluarkan produk sunblock spray andalan dengan fiturnya masing-masing. Bingung harus pilih yang mana?

Kali ini kami akan mengulas tentang sepuluh rekomendasi sunblock spray terbaik beserta cara memilih produk supaya Anda mendapatkan efek yang maksimal. Simak juga bahasan tentang cara penggunaan dan cara membuang produk yang aman di bagian akhir artikel. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan dapatkan produk yang bagus dan tepat!

Daftar isi

Cara memilih sunblock spray

Sunblock spray memang sangat mudah digunakan di mana saja dan meresap di kulit dengan baik. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan hal-hal tertentu sebelum memilihnya. Berikut ini adalah beberapa poin yang Anda perlu perhatikan.

Pilih chemical sunscreen atau physical sunscreen sesuai kebutuhan

Pilih chemical sunscreen atau physical sunscreen sesuai kebutuhan

Terdapat dua jenis sunscreen yang bisa digunakan, yaitu chemical sunscreen dan physical sunscreen. Chemical sunscreen memiliki efek tabir surya yang tinggi sehingga jenis ini direkomendasikan bagi Anda yang tidak ingin kulitnya terbakar matahari sama sekali. Sayangnya, chemical sunscreen dapat menyebabkan kulit sensitif menjadi kasar, kering, dan mudah teriritasi.

Physical sunscreen memiliki efek tabir surya yang lebih rendah daripada chemical sunscreen. Namun, kemungkinan iritasinya kecil dan lebih tahan lama dalam menghalangi sinar UV. Jika kulit Anda sensitif dengan stimulan, cek ulasan tentang beban pada kulit di bawah ini.

Pilih produk dengan kandungan yang tidak terlalu membebani kulit

Sunblock spray lebih berisiko mengiritasi kulit daripada sunblock bertekstur lotion. Pilih produk dengan mempertimbangkan kemampuannya menghalangi sinar UV, kemudahan dibersihkannya, serta efek kandungan kimianya terhadap kulit.

Gunakan produk dengan SPF dan PA rendah untuk sehari-hari

Gunakan produk dengan SPF dan PA rendah untuk sehari-hari

Semakin besar angka SPF (Sun Protector Factor) dan PA (Protection Grade of Ultraviolet A) yang tertulis pada sebuah produk, maka semakin tinggi pula kemampuannya dalam menghalangi sinar UV dan mengiritasi kulit. Jadi, bukan berarti produk dengan SPF dan PA tinggi adalah produk terbaik.

Jika Anda ingin melakukan aktivitas di luar rumah untuk waktu yang lama seperti berenang atau pergi ke pantai, produk dengan SPF dan PA tinggi memang paling pas untuk diaplikasikan. Namun, untuk penggunaan sehari-hari, SPF 20 sampai 30 dengan PA++ sudah cukup bagus untuk mencegah kulit terbakar.

Selain itu, untuk Anda yang menginginkan keamanan lebih, pilih sunblock yang aman digunakan di kulit wajah serta boleh dipakai untuk bayi dan anak-anak. Produk yang seperti itu biasanya tidak mengandung bahan stimulan sehingga mengurangi kemungkinan iritasi.

Untuk kulit sensitif, gunakan produk yang dapat dibersihkan dengan pembersih biasa

Untuk kulit sensitif, gunakan produk yang dapat dibersihkan dengan pembersih biasa

Kemudahan pembersihan sebuah produk juga penting untuk dipertimbangkan, terutama bagi Anda pemilik kulit sensitif. Sunblock yang tidak mudah luntur akan membutuhkan pembersih khusus untuk menghapusnya dan hal tersebut dapat menyebabkan kulit mudah teriritasi. Sebisa mungkin, pilih produk yang dapat dihapus secara mudah dengan sabun biasa.

Sebenarnya, sunblock spray mengandung zat aditif yang dapat mengiritasi kulit lebih banyak daripada sunblock lotion. Akan tetapi, cukup sulit menemukan sunblock spray tanpa zat aditif di pasaran. Sebagai gantinya, pilihlah produk yang mengandung bahan stimulan sesedikit mungkin untuk mengurangi risiko iritasi.

Sebisa mungkin produk dilengkapi bahan pelembap untuk mencegah kulit kering

Sebisa mungkin produk dilengkapi bahan pelembap untuk mencegah kulit kering

Kulit cenderung menjadi kering setelah terbakar matahari. Oleh karena itu, pilihlah produk yang mengandung bahan pelembap di dalamnya. Bahan pelembap akan mengunci kelembapan kulit supaya tidak menguap sehingga bisa mencegah kulit rusak karena terlalu kering. Apabila terlanjur membeli sunblock spray tanpa pelembap, pastikan Anda menggunakan toner dan essence terlebih dahulu sebelum menyemprotkannya.

Pilih produk yang dapat digunakan secara efektif dan pahami kekurangannya

Salah satu kekurangan dari sunblock spray adalah efeknya yang tidak tahan lama. Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari sunblock spray dengan memilih produk yang bisa digunakan secara efektif, misalnya bisa digunakan langsung di atas makeup dan mengandung bahan waterproof.

Produk yang dapat digunakan di atas makeup atau stocking lebih memudahkan reapply

Produk yang dapat digunakan di atas makeup atau stocking lebih memudahkan reapply

Kemampuan menghalangi sinar UV pada sunblock spray memang tidak lama, jadi Anda perlu melakukan reapply berkali-kali. Bagi Anda yang bekerja di dalam ruangan, Anda bisa reapply sunblock ketika jam istirahat. Namun, apabila Anda lebih sering beraktivitas di luar ruangan, semprot ulang sunblock spray setiap dua jam sekali.

Sunblock spray yang dapat digunakan di atas makeup dan stocking dapat memudahkan Anda untuk reapply tanpa harus menghapus makeup atau pun melepas stocking. Praktis, bukan? Sunblock spray yang dapat digunakan pada rambut juga dapat melindungi rambut Anda dari sinar matahari. Jadi, pilih produk berdasarkan jangkauan bagian tubuh yang dapat dilindunginya.

Produk waterproof  membuat Anda lebih nyaman saat berkeringat atau bermain air

Produk waterproof  membuat Anda lebih nyaman saat berkeringat atau bermain air

Selain tidak tahan lama, sunblock spray juga cenderung tidak tahan air sehingga akan luntur saat Anda berkeringat. Untuk membuat Anda lebih nyaman sekaligus mendapatkan efek sunblock yang lebih tahan lama meskipun sering berkeringat, gunakan produk yang waterpoof. Jika Anda berencana untuk pergi bermain air di pantai, kombinasikan sunblock spray dan lotion untuk pencegahan sunburn yang optimal.

Sesuaikan kapasitas produk dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan kapasitas produk dengan kebutuhan Anda

Sunblock yang Anda gunakan perlu reapply berkali-kali sehingga kami menyarankan Anda untuk memilih sunblock spray yang memiliki kapasitas besar. Jika berada di luar rumah selama 8 jam, Anda perlu reapply tiap 2 jam sekali. Jadi, dalam 1 hari Anda harus 4 kali reapply. Produk dengan kapasitas kecil akan mudah habis, apalagi jika digunakan untuk seluruh tubuh sehingga akan lebih efisien membeli produk berkapasitas besar.

Hanya saja, produk berkapasitas besar biasanya tidak efisien untuk dibawa-bawa karena ukurannya yang juga besar. Jika ingin menggunakan sunblock saat traveling, membawa produk yang dikemas dalam ukuran mini atau travel size pasti lebih praktis.

Kombinasikan dengan sunblock lotion untuk perlindungan optimal

Kombinasikan dengan sunblock lotion untuk perlindungan optimal

Dari berbagai jenis sunblock, sebenarnya sunblock spray adalah jenis yang paling sederhana. Namun, kemudahan penggunaan dan reapply merupakan faktor penting yang harus diperhatikan sehingga mengombinasikan sunblock spray dengan lotion adalah pilihan yang paling tepat.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan sunblock lotion sebelum keluar rumah dan menyemprotkan sunblock spray untuk reapply. Bagi Anda yang benar-benar tidak ingin terbakar matahari, coba lakukan cara ini, ya!

10 Rekomendasi sunblock spray terbaik

Berikut ini merupakan sepuluh rekomendasi sunblock spray terbaik dari kami. Temukanlah sunblock spray yang Anda butuhkan di antara jajaran produk terbaik di bawah ini!

10. Kao Biore UV Perfect Spray SPF50+ PA++++

10. Kao Biore UV Perfect Spray SPF50+ PA++++

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 155.000

Melindungi kulit Anda dari ujung kepala hingga ujung kaki

Anda membutuhkan produk sunblock spray yang bisa melindungi dari ujung kepala sampai kaki? Gunakan saja produk ini. Diformulasikan dengan warna yang transparan dan bertekstur ringan membuat kulit terasa lembut setelah produk diaplikasikan. Hasil semprotannya halus karena produk ini dilengkapi dengan spray nozzle yang bagus.

Sunblock spray ini bisa Anda gunakan setelah memakai makeup tanpa meninggalkan rasa lengket. Kelembapan kulit juga tetap terjaga berkat ekstrak chamomile yang dimilikinya. Akan tetapi, kulit sensitif sebaiknya menghindari produk ini karena sunblock spray dari Biore ini mengandung alkohol.

Jenis Chemical sunscreen
Jangkauan penggunaan Wajah, rambut, kulit kepala, dan badan
Isi bersih 50 gram
SPF & PA SPF 50+ dan PA++++
Kandungan pelembap
Waterproof

9. Parasol Cooling Mist Sun Spray SPF 25+ PA++

9. Parasol Cooling Mist Sun Spray SPF 25+ PA++

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 67.440

Melindungi, melembapkan, serta mencegah kerutan pada kulit

Sunblock spray ini mengandung SPF dan PA dengan angka yang cukup melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari langsung untuk kegiatan sehari-hari. Parasol Cooling Mist Sun Spray juga mengandung ekstrak Aloe vera dan vitamin E yang dapat melembapkan dan menyejukkan kulit.

Produk ini juga water resistant sehingga kulit Anda masih tetap dapat terlindungi meski terkena air. Selain tidak lengket dan tidak greasy, produk ini memiliki kemasan mungil yang praktis dan mudah dibawa ke mana saja. Gunakan sunblock spray ini 30 menit sebelum keluar rumah supaya bahan aktifnya terserap maksimal.

Jenis Chemical sunscreen
Jangkauan penggunaan Badan
Isi bersih 60 ml
SPF & PA SPF 25+ dan PA++
Kandungan pelembap
Waterproof

8. Banana Boat Sport Performance Clear UltraMist Sunscreen Spray with PowerStay Technology

8. Banana Boat Sport Performance Clear UltraMist Sunscreen Spray with PowerStay Technology

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 200.000

Dengan SPF tinggi dan lebih tahan lama, sangat mendukung untuk olahraga outdoor!

Sunblock spray yang direkomendasikan oleh Skin Care Cancer Foundation ini mudah menyerap di kulit, tidak lengket, serta memiliki SPF tinggi sehingga mampu menangkal 99% sinar UVB. Produk ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang gemar berolahraga di luar ruangan!

Pada produk ini, Banana Boat mengusung PowerStay Technology® yang berfungsi mengunci bahan aktif untuk meningkatkan daya tahan tabir suryanya. Kemampuan water resistant-nya mampu bertahan lebih dari 80 menit dari keringat maupun air sehingga tidak mengganggu aktivitas outdoor Anda.

Jenis Chemical sunscreen
Jangkauan penggunaan Badan dan wajah
Isi bersih 170 gr
SPF & PA SPF 110 dan PA+++
Kandungan pelembap
Waterproof

7. Beach Hut Max Clear Spray Sunblock SPF 75++

7. Beach Hut Max Clear Spray Sunblock SPF 75++

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 158.500

Memberi rasa dingin yang menyegarkan dalam sekali semprot

Dengan SPF 75++ yang dimiliki, Anda tentu tidak perlu khawatir dengan kemampuannya melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Tanpa rasa lengket dan berminyak, Anda bebas beraktivitas dengan nyaman. Setelah disemprotkan, sunblock spray ini akan memberikan efek dingin dan segar di kulit, cocok untuk reapply!

Untuk penggunaan di wajah, semprotkan produk ke telapak tangan terlebih dahulu baru diratakan ke wajah, ya. Tenang saja, sunblock spray ini tidak akan meninggalkan white cast di wajah Anda. Namun, Anda yang memiliki kulit sensitif dan kering perlu berhati-hati karena produk ini mengandung ethyl alcohol yang cukup tinggi.

Jenis Chemical sunscreen
Jangkauan penggunaan Wajah dan badan
Isi bersih 150 ml
SPF & PA SPF 75++
Kandungan pelembap
Waterproof

6. L’Oreal Paris UV Perfect Aqua Essence City Mist SPF 50 | PA ++++

6. L'Oreal Paris UV Perfect Aqua Essence City Mist SPF 50 | PA ++++

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 159.900

Perlindungan dari sinar UV hingga 12 jam

Sunblock spray dari L’Oreal Paris ini dapat melindungi kulit Anda dari sinar UVA dan UVB hingga 12 jam. Anda tidak perlu lagi repot reapply setiap saat. Produk yang tidak lengket ini juga sweatproof sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan perlindungan UV jika Anda berkeringat.

Sunblock spray ini juga mengandung vitamin E dan detoxyl untuk perlindungan kulit dari pengaruh buruk lingkungan. Bila Anda setiap hari memakai makeup, produk ini cocok untuk Anda karena L’Oreal Paris UV Perfect Aqua Essence City UV Mist dapat digunakan sesudah pemakaian makeup. 

Jenis Chemical sunscreen
Jangkauan penggunaan Wajah dan badan
Isi bersih 64 gr
SPF & PA SPF 50 dan PA++++
Kandungan pelembap
Waterproof

5. Babyganics Mineral-Based Sunscreen Spray 50+SPF

5. Babyganics Mineral-Based Sunscreen Spray 50+SPF

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 239.000

Dengan komposisi yang aman untuk si kecil kesayangan Anda

Ingin mengajak si kecil kesayangan beraktivitas outdoor tetapi khawatir kulitnya terbakar matahari? Produk ini bisa menjadi jawabannya. Sunblock spray tanpa phthalates, para-aminobenzoic acid (PABA), paraben, dan pewangi ini akan memberikan perlindungan maksimal dari sinar UV untuk kulit anak Anda.

Produk ini juga telah teruji non-allergenic sehingga aman untuk kulit sensitif. Diformulasikan dengan NeoNourish® Seed Oil Blend yang terbuat dari ekstrak tumbuh-tumbuhan, kulit si kecil tidak hanya terlindungi, tetapi juga ternutrisi. Ketika menggunakan produk ini, lakukan reapply setiap 80 menit sekali untuk pencegahan optimal.

Jenis Physical sunscreen
Jangkauan penggunaan Wajah dan badan
Isi bersih 177 ml
SPF & PA SPF 50+
Kandungan pelembap
Waterproof

4. Bioderma Photoderm Max Spray SPF 50+

4. Bioderma Photoderm Max Spray SPF 50+

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 462.000

Produk yang dapat menghambat kerusakan sel dengan Cellular Bioprotection®

Sunblock spray dari Bioderma ini memiliki SPF 50 dan UVA 33 yang dapat melindungi kulit dari penuaan dini dan terbakarnya kulit karena paparan sinar matahari. Produk ini dapat digunakan pada kulit normal, sensitif, dan kulit yang alergi dengan sinar matahari ekstrem. Bebas paraben, pewangi, non-comedogenic, serta hypoallergenic!

Selain melindungi kulit dari UVA dan UVB, sunblock spray ini juga mampu menghambat risiko rusaknya sel dengan kandungan Cellular Bioprotection® yang terdapat di dalam produknya. Walau hanya sementara, kandungan tersebut juga dapat memberikan kekebalan pada kulit terhadap paparan sinar matahari. Luar biasa, bukan?

Jenis Chemical sunscreen
Jangkauan penggunaan Wajah dan badan
Isi bersih 200 ml
SPF & PA SPF 50
Kandungan pelembap
Waterproof

3. Sunplay Skin Aqua Sarafit UV Mist SPF50+ PA++++ Fragrance Free

3. Sunplay Skin Aqua Sarafit UV Mist SPF50+ PA++++ Fragrance Free

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 135.000

Dengan double hyaluronic acid untuk memberi kelembapan lebih

Produk fragrance free ini tentu saja cocok untuk Anda yang sering merasa terganggu dengan aroma wewangian. Tanpa ethanol, zat pewarna, mineral oil, dan tidak menyebabkan alergi, membuat sunblock spray ini terasa aman digunakan setiap hari. Sayangnya, SPF dan PA-nya cukup tinggi untuk kulit sensitif.

Hasil akhirnya matte dan tidak lengket sehingga bisa digunakan di atas makeup. Produk asal Jepang ini tahan air dan keringat sehingga Anda dapat semakin nyaman berkegiatan. Selain itu, sunblock spray ini juga mengandung double hyaluronic acid dan collagen yang dapat melembapkan dan menjaga keremajaan kulit.

Jenis Chemical sunscreen
Jangkauan penggunaan Rambut, wajah, badan
Isi bersih 50 gr
SPF & PA SPF 50+ dan PA++++
Kandungan pelembap
Waterproof

2. Nivea Sun Spray SPF 30

2. Nivea Sun Spray SPF 30

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 119.000

Mampu menutrisi kulit dan menangkal radikal bebas, sangat pas untuk digunakan sehari-hari!

Nivea Sun Spray SPF 30 tepat digunakan oleh Anda yang tidak terlalu sering beraktivitas di luar rumah. Kalau hanya sekadar berjalan-jalan atau berangkat ke kantor, SPF 30 sudah cukup melindungi kulit Anda dari sinar UV sehari-hari. Teksturnya mudah terserap dan mampu menjaga kelembapan kulit!

Dengan rasa lembap ekstra yang diberikan, sunblock spray ini bisa dijadikan sahabat sehari-hari oleh Anda yang berkulit kering. Sunblock spray ini juga mengandung vitamin E yang berfungsi menutrisi kulit dan menangkal radikal bebas. Produk ini juga telah teruji secara dermatologi sehingga risiko kulit mengalami iritasi rendah.

Jenis Chemical sunscreen
Jangkauan penggunaan Tidak tercantum
Isi bersih 150 ml
SPF & PA SPF 30 dan PA+++
Kandungan pelembap
Waterproof

1. Kose Suncut Transparent Sunscreen Spray

1. Kose Suncut Transparent Sunscreen Spray

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 160.000

Produk bebas pewangi yang mudah dibersihkan dengan sabun

Sunblock spray dari Kose ini memiliki tekstur yang sangat ringan, berwarna transparan, dan cepat kering di kulit. Produk ini juga tahan terhadap keringat, air, dan sebum. Walau waterproof, produk ini dapat Anda bersihkan dengan mudah menggunakan sabun!

Kemasan botol spray-nya dapat digunakan terbalik sehingga memungkinkan Anda untuk menyemprotkannya pada bagian tubuh yang sulit dijangkau seperti punggung. Anda juga bisa menggunakannya sebagai pengganti makeup base di wajah, benar-benar multifungsi!

Jenis Chemical sunscreen
Jangkauan penggunaan Rambut, kulit kepala, wajah, dan badan
Isi bersih 60 gr
SPF & PA SPF 50+ dan PA++++
Kandungan pelembap
Waterproof

Hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan sunblock spray

Jika tidak digunakan secara benar, sunblock spray tidak akan merata di kulit. Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati saat membuang botolnya dan saat membawanya dalam pesawat. Berikut ini kami akan menguraikan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan sunblock spray.

Setelah menyemprot sunblock spray di kulit, ratakan dengan tangan

Setelah menyemprot sunblock spray di kulit, ratakan dengan tangan

Sunblock spray perlu diratakan dengan tangan setelah disemprotkan untuk mencegah hasil yang tidak rata. Apabila Anda ingin menyemprotkannya di atas makeup, semprotkan dengan jarak 20 cm dari wajah supaya hasilnya merata ke seluruh bagian wajah.

Ada beberapa produk sunblock spray yang bisa langsung merata tanpa perlu diratakan dengan tangan. Akan tetapi, selama di kemasan tidak tercantum keterangan tersebut, ratakan sendiri dengan tangan Anda, ya.

Kosongkan botol spray sebelum dibuang dan masukkan ke bagasi ketika naik pesawat

Kosongkan botol spray sebelum dibuang dan masukkan ke bagasi ketika naik pesawat

Sebagian besar produk sunblock spray umumnya mengandung gas. Sangat berbahaya jika Anda membuangnya sembarangan. Habiskan gas terlebih dahulu sebelum membuangnya ke tempat sampah. Lalu, ketika Anda ingin membawanya saat naik pesawat, periksalah peraturan maskapai yang Anda gunakan karena setiap maskapai memiliki peraturan yang berbeda. Masukkan ke bagasi terdaftar supaya lebih aman.

Baca juga rekomendasi sunscreen jenis lainnya di sini!

Selain jenis spray, sunblock juga tersedia dalam tekstur bubuk yang biasanya berbentuk face powder dan sunblock lotion. Anda bisa mengombinasikan penggunaannya dengan sunblock spray yang telah dibahas pada artikel ini untuk pencegahan yang maksimal. Baca kedua artikelnya di sini!

Kesimpulan

Sunblock spray merupakan sunblock yang sangat praktis digunakan. Namun, jangan sembarangan saat memilihnya. Pilih chemical sunscreen atau physical sunscreen sesuai kebutuhan dan hindari produk dengan kandungan yang terlalu membebani kulit.

Pilih produk berkapasitas besar untuk sehari-hari, sedangkan untuk traveling pilihlah kemasan kecil yang praktis. Jika Anda ingin perlindungan optimal, kombinasikan sunblock spray dengan sunblock lotion. Sudah memutuskan mau pilih yang mana? Selamat berbelanja!