• 10 Sunscreen/Sunblock Spray Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sunscreen/Sunblock Spray Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sunscreen/Sunblock Spray Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sunscreen/Sunblock Spray Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sunscreen/Sunblock Spray Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sunscreen/Sunblock Spray Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Sunscreen atau sunblock spray praktis untuk mencegah terbakarnya kulit di bagian yang susah digapai seperti punggung. Berbagai merek terkenal, seperti Nivea, Banana Boat, hingga brand lokal Somethinc dan Azarine mengeluarkan sunscreen spray yang bagus. Ada sunscreen spray yang dilengkapi pelembap, pencerah, antioksidan, hingga yang hypoallergenic.

Kali ini, kami akan mengulas sepuluh sunscreen spray terbaik beserta cara memilih produknya. Simak pula cara pakai sunscreen atau sunblock spray yang aman pada bagian akhir artikel. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 11 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunscreen/sunblock spray

Sunscreen atau sunblock spray memang sangat mudah digunakan di mana saja dan meresap di kulit dengan baik. Akan tetapi, Anda perlu mempertimbangkan hal-hal tertentu sebelum memilihnya. Berikut ini adalah beberapa poin yang Anda perlu perhatikan.

Pilih chemical sunscreen atau physical sunscreen sesuai kebutuhan

Pilih chemical sunscreen atau physical sunscreen sesuai kebutuhan
Terdapat dua jenis sunscreen yang bisa digunakan, yaitu chemical sunscreen dan physical sunscreen. Mari simak perbedaan keduanya.

  • Chemical sunscreen

Chemical sunscreen memiliki efek tabir surya tanpa menimbulkan white cast. Cara kerjanya adalah dengan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas untuk dikeluarkan lewat kulit. Zat yang terkandung dalam chemical sunscreen adalah oxybenzone, homosalate, octinoxate, dan avobenzoneChemical sunscreen lebih rentan menyebabkan kulit sensitif menjadi kering dan iritasi.


  • Physical sunscreen

Physical sunscreen atau mineral sunscreen bekerja dengan mengeblok sinar UV agar tidak menembus kulit. Sayangnya, jenis sunscreen ini umumnya menyebabkan white cast. Meski begitu, physical sunscreen cenderung tidak mengiritasi serta lebih luas rentang proteksinya terhadap UVB dan UVA. Mineral aktif yang ada dalam physical sunscreen adalah titanium dioxide dan zinc dioxide.

Ketahui SPF dan PA pada sunscreen/sunblock Anda

Sunscreen mengandung SPF dan PA. SPF (sun protection factor) adalah pelindung kulit dari sinar UVB. Sementara itu, PA (protection grade of UVA) merupakan pelindung kulit dari sinar UVA. Saat memilih sunscreen atau sunblock, perhatikan kadar SPF dan PA yang tertera dan sesuaikan dengan kegiatan Anda.

SPF dan PA rendah, cocok untuk pemakaian indoor

SPF dan PA rendah, cocok untuk pemakaian indoor
Makin besar kandungan SPF dan PA, makin tinggi kemampuan sunscreen menghalangi sinar UV. Namun, bukan berarti produk ber-SPF dan PA tinggi adalah produk terbaik. 

Jika Anda akan beraktivitas outdoor jangka panjang seperti berenang atau ke pantai, sunscreen ber-SPF dan PA tinggi pas diaplikasikan. Namun, untuk penggunaan di dalam ruangan, sunscreen SPF 30 dan PA++ sudah cukup untuk melindungi kulit dari sinar UV.

SPF dan PA tinggi, disarankan untuk pemakaian outdoor

SPF dan PA tinggi, disarankan untuk pemakaian outdoor

Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan atau terpapar sinar matahari langsung, pakailah sunscreen dengan SPF dan PA tinggi. Anda dapat menggunakan sunscreen dengan SPF 50 untuk mencegah sunburn (kulit terbakar sinar matahari)


SPF 50 dikatakan mampu memberikan perlindungan hingga 500 menit atau sekitar 8 jam. Untuk perlindungan terhadap UVA, sunscreen atau sunblock dengan PA+++ sudah cukup baik untuk melindungi kulit.

Cocokkan sunscreen spray dengan kebutuhan kulit Anda

Sunscreen spray umumnya mengandung alkohol sehingga lebih berisiko mengiritasi kulit daripada jenis sunscreen lainnya. Pilih produk dengan mempertimbangkan kemudahan dibersihkan serta efek kandungan kimianya terhadap kulit.

Produk mudah dibersihkan, pas untuk kulit sensitif atau berminyak

Produk mudah dibersihkan, pas untuk kulit sensitif atau berminyak

Produk yang mudah dibersihkan juga penting untuk dipertimbangkan, terutama untuk kulit sensitif atau kulit berminyak yang rentan berjerawat. Produk yang sulit dibersihkan dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.


Sebenarnya, sunscreen spray mengandung zat aditif seperti alkohol yang bisa mengiritasi kulit lebih banyak daripada jenis lainnya. Jadi, Anda yang memiliki kulit sensitif perlu lebih berhati-hati saat memilih sunscreen spray. Apabila diperlukan, lakukanlah patch test sebelumnya. 


Cukup sulit menemukan sunscreen spray tanpa zat aditif di pasaran. Sebagai gantinya, pilihlah produk yang mengandung bahan stimulan sesedikit mungkin untuk mengurangi risiko iritasi. Sunscreen yang yang dapat dihapus secara mudah dengan sabun biasa tentu dapat dipertimbangkan.

Produk dengan pelembap, cocok untuk mencegah kulit kering

Produk dengan pelembap, cocok untuk mencegah kulit kering
Kulit cenderung menjadi kering setelah terbakar matahari. Oleh karena itu, pilihlah produk yang mengandung bahan pelembap di dalamnya. Kandungan pelembap dalam skincare, antara lain hyaluronic acid, Aloe vera, gliserol, dan jojoba oil.

Bahan pelembap akan mengunci kelembapan kulit sekaligus mencegah kulit kering. Apabila telanjur membeli sunscreen spray tanpa pelembap, pakailah moisturizer terlebih dahulu sebelum menyemprotkannya.

Cek produk yang dapat digunakan secara efektif dan pahami kekurangannya

Salah satu kekurangan dari sunscreen atau sunblock spray adalah efeknya yang tidak tahan lama. Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dengan memilih produk yang bisa digunakan secara efektif, misalnya dengan memilih jenis yang waterproof.

Produk yang dapat digunakan di atas makeup, lebih memudahkan reapply

Produk yang dapat digunakan di atas makeup, lebih memudahkan reapply
Kemampuan menghalangi sinar UV pada sunscreen spray memang tidak lama. Jadi, Anda perlu melakukan penyemprotan ulang berkali-kali. Bagi Anda yang bekerja di dalam ruangan, Anda bisa reapply sunscreen ketika jam istirahat. Namun, apabila Anda lebih sering beraktivitas di luar ruangan, semprot ulang sunscreen spray tiap dua jam sekali.

Sunscreen spray yang dapat digunakan di atas makeup akan memudahkan Anda untuk reapply tanpa harus menghapusnya. Sunscreen spray yang dapat digunakan pada rambut juga bisa melindungi rambut Anda dari sinar matahari. Jadi, pilih produk berdasarkan jangkauan bagian tubuh yang dapat dilindunginya.

Produk waterproof, aman saat terkena air

Produk waterproof, aman saat terkena air
Sunscreen spray cenderung tidak tahan air sehingga akan luntur saat Anda berkeringat. Agar Anda lebih nyaman sekaligus mendapatkan efek sunblock yang lebih tahan lama, gunakan produk yang waterpoof.

Jika Anda hendak bermain air di pantai, gunakan sunscreen krim atau losion waterproof terlebih dahulu. Setelah itu, baru gunakan sunscreen spray untuk reapply tiap dua jam. Dengan begitu, pencegahan sunburn pun akan menjadi optimal.

Periksa kapasitas produk pilihan Anda

Periksa kapasitas produk pilihan Anda
Sunscreen spray perlu disemprotkan ulang berkali-kali. Karena itu, sebaiknya pilihlah produk dengan volume yang cukup besar. Jika berada di luar rumah selama delapan jam, Anda perlu reapply tiap dua jam. Jadi, Anda harus menyemprotkan ulang sunscreen sebanyak empat kali dalam satu hari. Produk dengan volume kecil akan mudah habis, apalagi jika digunakan untuk seluruh tubuh.

Hanya saja, produk dengan volume besar biasanya tidak efisien untuk dibawa-bawa karena ukurannya yang juga besar. Jika Anda ingin menggunakan sunscreen saat traveling, produk dalam kemasan mini (travel size) pasti lebih praktis.

10 Rekomendasi sunscreen/sunblock spray terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sunscreen/sunblock spray terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 25 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Azarine memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Kose yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 6 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

Gambar produk
1
Azarine Hydrasoothe Sunscreen Mist 1

Azarine

2
Somethinc Holyshield! Sunscreen Shake Mist SPF46 PA+++ 1

Somethinc

3
Skeeneeds Hyaluronic Acid Sunscreen Mist / Sunscreen Spray 1

Skeeneeds

4
Jarte Beauty  Sunscreen Spray 1

Jarte Beauty

5
Beiersdorf Nivea Sun Spray SPF 30 1

Beiersdorf

6
Kose  Suncut UV protect spray 1

Kose

7
Shiseido Anessa Perfect UV Skincare Spray 1

Shiseido

8
Banana Boat Sport Cool Zone Spray SPF 50+ 1

Banana Boat

9
Macaria Sunscreen Spray 1

Macaria

10
Parasol Cooling Mist Sun Spray SPF 25+ PA++ 1

Parasol

Nama produk

Hydrasoothe Sunscreen Mist

Holyshield! Sunscreen Shake Mist SPF46 PA+++

Hyaluronic Acid Sunscreen Mist / Sunscreen Spray

Sunscreen Spray

Nivea Sun Spray SPF 30

Suncut UV protect spray

Anessa Perfect UV Skincare Spray

Sport Cool Zone Spray SPF 50+

Sunscreen Spray

Cooling Mist Sun Spray SPF 25+ PA++

Keunggulan

Sunscreen lokal yang melembapkan dan tidak meninggalkan white cast

Hybrid sunscreen dengan encapsulated UV filter

Physical sunscreen yang aman bagi ibu hamil

Bisa meredakan kulit kemerahan, berjerawat, dan iritasi

Menutrisi kulit dan menangkal radikal bebas, pas digunakan sehari-hari!

Produk bebas pewangi yang mudah dibersihkan dengan sabun

Sunscreen merek Jepang yang ringan dan tidak lengket

Tahan air dan keringat, sangat mendukung untuk olahraga outdoor!

Cocok digunakan sebelum atau setelah makeup

Melindungi, melembapkan, serta mencegah kerutan pada kulit

Harga mulai dariRp 65.000,00Rp 109.000,00Rp 89.000,00Rp 55.000,00Rp 119.000,00Rp 260.000,00Rp 302.000,00Rp 267.000,00Rp 119.000,00Rp 80.000,00
JenisChemical sunscreenPhysical & chemical sunscreenPhysical sunscreenPhysical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenPhysical sunscreenChemical sunscreen
Jangkauan penggunaanWajahWajah dan badanWajahWajahWajahRambut, kulit kepala, wajah, dan badanWajah, rambut, dan badanBadan dan wajahWajahBadan
Isi bersih60 ml50 ml60 ml30 ml150 ml60 g, 90 g60 g170 g100 ml60 ml
SPF & PASPF 50 PA++++SPF 46 PA+++SPF 35Tidak disebutkanSPF 30 PA+++SPF 50+ PA++++SPF 50+ PA++++ SPF 50+SPF 30SPF 25+ PA++
Kandungan pelembapHyaluronic acid, ceramide, cicaButylene glycolHyaluronic acid, niacinamide, glycerin, Aloe veraAloe veraVitamin ESqualane & hyaluronic acidHyaluronic acid, collagenAloe barbadensis leaf extractJojoba oil, Aloe veraAloe vera, vitamin E
Waterproofxxxxx
Cocok untuk kulit Semua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitBerminyak dan sensitifSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulit
Tautan produk
10
JenisChemical sunscreen
Jangkauan penggunaanBadan
Isi bersih60 ml
SPF & PASPF 25+ PA++
Kandungan pelembapAloe vera, vitamin E
Waterproof
Cocok untuk kulit Semua jenis kulit
9
JenisPhysical sunscreen
Jangkauan penggunaanWajah
Isi bersih100 ml
SPF & PASPF 30
Kandungan pelembapJojoba oil, Aloe vera
Waterproofx
Cocok untuk kulit Semua jenis kulit
8

Banana BoatSport Cool Zone Spray SPF 50+

Mulai dari Rp 267.000,00

JenisChemical sunscreen
Jangkauan penggunaanBadan dan wajah
Isi bersih170 g
SPF & PASPF 50+
Kandungan pelembapAloe barbadensis leaf extract
Waterproof
Cocok untuk kulit Semua jenis kulit
7

ShiseidoAnessa Perfect UV Skincare Spray

Mulai dari Rp 302.000,00

JenisChemical sunscreen
Jangkauan penggunaanWajah, rambut, dan badan
Isi bersih60 g
SPF & PASPF 50+ PA++++
Kandungan pelembapHyaluronic acid, collagen
Waterproof
Cocok untuk kulit Semua jenis kulit
6
JenisChemical sunscreen
Jangkauan penggunaanRambut, kulit kepala, wajah, dan badan
Isi bersih60 g, 90 g
SPF & PASPF 50+ PA++++
Kandungan pelembapSqualane & hyaluronic acid
Waterproof
Cocok untuk kulit Semua jenis kulit
5
JenisChemical sunscreen
Jangkauan penggunaanWajah
Isi bersih150 ml
SPF & PASPF 30 PA+++
Kandungan pelembapVitamin E
Waterproof
Cocok untuk kulit Semua jenis kulit
4
JenisPhysical sunscreen
Jangkauan penggunaanWajah
Isi bersih30 ml
SPF & PATidak disebutkan
Kandungan pelembapAloe vera
Waterproofx
Cocok untuk kulit Berminyak dan sensitif
3

SkeeneedsHyaluronic Acid Sunscreen Mist / Sunscreen Spray

Mulai dari Rp 89.000,00

JenisPhysical sunscreen
Jangkauan penggunaanWajah
Isi bersih60 ml
SPF & PASPF 35
Kandungan pelembapHyaluronic acid, niacinamide, glycerin, Aloe vera
Waterproofx
Cocok untuk kulit Semua jenis kulit
2

SomethincHolyshield! Sunscreen Shake Mist SPF46 PA+++

Mulai dari Rp 109.000,00

JenisPhysical & chemical sunscreen
Jangkauan penggunaanWajah dan badan
Isi bersih50 ml
SPF & PASPF 46 PA+++
Kandungan pelembapButylene glycol
Waterproofx
Cocok untuk kulit Semua jenis kulit
1
JenisChemical sunscreen
Jangkauan penggunaanWajah
Isi bersih60 ml
SPF & PASPF 50 PA++++
Kandungan pelembapHyaluronic acid, ceramide, cica
Waterproofx
Cocok untuk kulit Semua jenis kulit

Hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan sunscreen/sunblock spray

Jika tidak digunakan secara benar, sunscreen atau sunblock spray tidak akan merata di kulit. Berikut ini kami akan menguraikan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan tabir surya dalam bentuk spray.

Ratakan sunscreen spray dengan tangan

Ratakan sunscreen spray dengan tangan

Demi keamanan, sebaiknya sunscreen spray tidak disemprotkan langsung ke wajah, apalagi pada bayi dan anak-anak. Selalu semprotkan sunscreen di telapak tangan, jauh dari wajah dan mata. Setelah itu, barulah ratakan sunscreen pada wajah dan area lainnya.


Ada beberapa produk sunscreen spray yang bisa langsung merata tanpa perlu diratakan dengan tangan. Akan tetapi, selama di kemasan tidak tercantum keterangan tersebut, ratakan sendiri dengan tangan Anda, ya.


Selain itu, hindari menggunakan sunscreen spray di area outdoor yang berangin. Tujuannya adalah untuk menghindari partikel sunscreen tidak sengaja tertiup masuk mata atau terhirup saat disemprotkan.

Pastikan pemakaian sunscreen mencukupi kebutuhan

Pastikan pemakaian sunscreen mencukupi kebutuhan

Salah satu kelemahan dari sunscreen spray adalah sulitnya mengetahui apakah jumlah yang digunakan sudah cukup untuk mendapatkan proteksi SPF optimal. Untuk mengatasinya, semprotkan sunscreen pada telapak tangan untuk memastikan jumlahnya cukup. Ingatlah, area wajah membutuhkan sunscreen sebanyak ¼ sendok teh atau sekitar 1,25 ml untuk mendapatkan proteksi optimal.

Kombinasikan dengan sunscreen/sunblock lotion untuk perlindungan optimal

Kombinasikan dengan sunscreen/sunblock lotion untuk perlindungan optimal
Dari berbagai jenis sunscreen atau sunblock, sebenarnya produk dalam bentuk spray adalah jenis yang paling sederhana. Namun, kemudahan penggunaan dan frekuensi reapply merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Mengombinasikan sunscreen spray dengan lotion adalah pilihan yang paling tepat.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan sunscreen lotion sebelum keluar rumah dan menyemprotkan produk jenis spray untuk reapply. Bagi Anda yang benar-benar tidak ingin terbakar matahari, coba lakukan cara ini, ya!

Kosongkan botol spray sebelum dibuang dan masukkan ke bagasi ketika naik pesawat

Kosongkan botol spray sebelum dibuang dan masukkan ke bagasi ketika naik pesawat
Sebagian besar produk tabir surya dalam bentuk spray umumnya mengandung gas. Oleh karena itu, sangat berbahaya jika Anda membuang sunscreen spray secara sembarangan. Habiskan gas terlebih dahulu sebelum membuangnya ke tempat sampah. Selain itu, ketika Anda hendak membawanya naik pesawat, sebaiknya masukkan sunscreen spray ke bagasi terdaftar agar lebih aman.

Baca juga rekomendasi sunscreen/sunblock lainnya di sini

Produk sunscreen/sunblock banyak sekali macamnya. Ada sunscreen/sunblock yang dibuat khusus untuk berbagai tipe kulit. Simak review lengkapnya di bawah ini.

Kesimpulan

Sunscreen atau sunblock berbentuk spray merupakan produk yang sangat praktis digunakan. Namun, Anda tidak dapat sembarangan saat memilihnya. Gunakanlah jenis sunscreen sesuai kebutuhan kulit Anda. Selain itu, hindari produk dengan kandungan yang terlalu membebani kulit, terlebih jika Anda memiliki kulit sensitif.


Jika menginginkan perlindungan optimal, Anda dapat mengombinasikan sunscreen spray dengan sunscreen lotion. Jadi, sudahkah Anda memutuskan mau memilih produk yang mana? 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang enggan menggunakan body lotion atau hand body karena terasa lengket. Sebetulnya, body lotion adalah pelembap yang menutrisi semua jenis kulit. Anda bisa menemukan body lotion yang tidak lengket serta mampu memutihkan dengan kandungan collagen. Ada pula body lotion dengan SPF untuk kulit kering, kulit remaja, serta kebutuhan kulit lainnya.Kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi merek yang bagus. Body lotion Scarlett, Vaseline, Nivea, Grace and Glow, dan Marina akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Kandungan whitening agent, seperti alpha arbutin, glutathione, kojic acid, dan niacinamide akan mengembalikan warna kulit Anda.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett Whitening, NIVEA, dan Vaseline. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion merupakan produk body care yang cocok dimiliki semua orang. Tak hanya melembapkan, manfaat hand body lotion juga beragam, misalnya mencerahkan dan menghidrasi kulit. Marina, salah satu merek kosmetik lokal yang bagus pun mengeluarkan body lotion. Produk yang berkualitas dengan beragam varian menjadi alasan kepopuleran Marina.Jika Anda bingung menentukan pilihan body lotion Marina yang terbaik, tak perlu khawatir. Kami akan memberikan tips memilih juga rekomendasi produknya. Marina Healthy & Glow dan Marina Bright & Fresh termasuk di antara produk yang kami rekomendasikan. Jadi, baca artikelnya sampai selesai, ya. 
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang tidak boleh di-skip dari perawatan kulit sehari-hari. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Misalnya, untuk Anda yang memiliki kulit kering, pilihlah sunscreen yang kaya pelembap.Kali ini, kami akan memberikan tips beserta rekomendasi sunscreen yang bagus untuk kulit kering. Merek sunscreen ternama, seperti Azarine, Skin Aqua, dan COSRX ada dalam list rekomendasi kami. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk melindungi kulit anak-anak yang masih rentan terhadap sinar ultraviolet, diperlukan sunscreen atau sunblock khusus anak-anak. Berbagai merek sunscreen anak dan sunblock anak beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing. Ada merek Nivea, Beeme, Momami, dan masih banyak lagi.Namun, simak dahulu tips memilih sunscreen untuk anak-anak di bawah ini sebelum membeli. Jangan lewatkan juga rekomendasi sunblock anak yang bagus untuk berenang, sunscreen anak SD, sunscreen untuk anak 10 tahun, dan sebagainya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Shea Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Shea Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Shea butter berasal dari pohon shea yang berasal dari negara-negara benua Afrika, seperti Ghana, Nigeria, dan Uganda. Shea butter adalah lemak alami yang diekstrak dari shea nut. Di dunia kecantikan, shea butter dikenal efektif dalam melembapkan kulit. Namun, banyaknya produk shea butter yang beredar mungkin akan membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan.Kali ini, kami akan membagikan informasi seputar cara memilih shea butter yang bagus untuk perawatan tubuh dan rambut Anda. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk dari merek ternama, seperti Cetaphil, The Body Shop, dan L'Occitane. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori