mybest
Sunscreen

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Sunscreen Spray Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Spray Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Spray Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Spray Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Spray Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Spray Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Sunscreen Spray Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Sunscreen atau sunblock kini sudah menjadi kebutuhan penting untuk melindungi kulit. Tak heran jika jenisnya pun makin beragam agar penggunaannya makin mudah. Salah satunya produk sunscreen spray. Produk ini memungkinkan Anda melindungi area tubuh yang sulit dijangkau seperti punggung. Penggunaannya pun sangat mudah dan praktis.

Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk sunscreen spray dari berbagai merek, misalnya Skintific, SOMETHINC, dan Azarine. Supaya Anda tidak salah memilih, baca tips memilih yang kami susun bersama dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani. Selamat membaca.
Diperbaharui 20/09/2023
dr. Annisa Anjani
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta. Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Profil dr. Annisa Anjani
Lanjut membaca
Ucha Candra
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ucha Candra

Ucha Candra, atau akrab dipanggil Ucha, adalah konten kreator yang sering membuat konten review produk-produk skincare di akun Instagram miliknya. Lulusan Universitas Brawijaya jurusan Sastra Jepang ini bergabung dengan mybest Indonesia sejak 2017. Selain menjadi content writer, kecintaannya pada dunia tulis-menulis mengantarkannya menjadi editor konten-konten skincare mybest Indonesia. Kesempatan ini membawanya untuk meng-explore hobinya lebih jauh, yakni dunia skincare dan fashion.

Profil Ucha Candra
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah sunscreen spray bisa untuk wajah?

Apakah sunscreen spray bisa untuk wajah?
Sunscreen berbentuk spray tidak disarankan untuk digunakan di wajah. Sunscreen spray pada awalnya diciptakan untuk memudahkan pemakaian terutama pada anak-anak yang umumnya bergerak dengan aktif. Belakangan ini, banyak juga yang mencari sunscreen spray karena praktis untuk re-apply sunscreen saat di luar rumah.

Namun, berdasarkan hasil beberapa penelitian, bahan dalam sunscreen spray memiliki risiko tinggi terhirup oleh penggunanya. Bahan aktif yang terhirup ini berpotensi menyebabkan hipersensitivitas pernafasan hingga asma. Karena itu, sunscreen spray sebaiknya dipakai untuk re-apply di area badan.

Sunscreen spray boleh dipakai anak umur berapa?

Sunscreen spray boleh dipakai anak umur berapa?
Sunscreen spray lebih disarankan untuk dipakai anak-anak mulai usia 12 tahun. Ini karena Anda perlu menahan napas saat menyemprotkan sunscreen spray untuk mencegah bahan aktifnya terhirup. Nah, anak usia 12 tahun umumnya sudah bisa menerima instruksi untuk menahan napas dan bisa menahan napas dalam jangka waktu tertentu.

Cara memilih Sunscreen Spray

Saat memilih sunscreen spray, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti kandungan SPF-nya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu Anda pertimbangkan. Kami telah merangkum semuanya dalam tips memilih sunscreen spray di bawah ini.

1

Pastikan untuk memilih sunscreen minimal SPF30 PA++++

Pastikan untuk memilih sunscreen minimal SPF30 PA++++

Apa pun bentuk sunscreen-nya, pemilihan broad spectrum atau tingkat perlindungannya perlu disesuaikan dengan tempat, tingkat UV index, dan aktivitas. Untuk iklim Indonesia, Anda disarankan memilih minimal produk dengan SPF 30 PA++++. Akan tetapi, hal ini juga bergantung dengan UV index dan aktivitas pada hari itu. Jika UV index sedang tinggi atau kerap beraktivitas outdoor, sebaiknya gunakan sunscreen di atas SPF 30 PA++++.

Anda yang mengalami masalah pigmentasi kulit juga disarankan untuk memakai sunscreen SPF 50 ke atas. Namun, jika kulit Anda belum memiliki masalah pigmentasi, sunscreen SPF 30 sudah cukup untuk membantu pencegahan. Jangan lupa juga untuk selalu re-apply karena sunscreen bisa terhapus keringat, air, gesekan, atau faktor eksternal lainnya.

dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani
Sunscreen berfungsi untuk memperpanjang waktu saat berada di bawah paparan sinar matahari sebelum terkena efek buruk sinar UV. Makin tinggi SPF-nya, makin panjang pula waktu yang didapatkan kulit untuk bertahan dari efek sinar UV.

Namun, hal ini bukan berarti Anda dapat menunda waktu re-apply sunscreen karena sunscreen bisa terhapus akibat keringat atau faktor eksternal lainnya. Masa aktif perlindungan sunscreen juga biasanya terbatas sekitar 2-3 jam saja. 
2

Untuk kulit yang sensitif, pilih sunscreen spray jenis hybrid atau yang minim kandungan chemical-nya

Untuk kulit yang sensitif, pilih sunscreen spray jenis hybrid atau yang minim kandungan chemical-nya
Kebanyakan produk sunscreen spray di pasaran merupakan jenis chemical sunscreen. Jenis ini dipilih karena chemical sunscreen memiliki tekstur yang ringan sehingga tidak menyumbat bagian semprotannya. Namun, sayangnya, chemical sunscreen kurang bersahabat untuk kulit sensitif yang rentan iritasi.

Inilah sebabnya, jika Anda memiliki jenis kulit sensitif, carilah produk sunscreen spray dari jenis physical atau hybrid sunscreen. Physical sunscreen bekerja dengan memantulkan sinar UV. Selain itu, physical sunscreen juga tidak diserap kulit sehingga tidak memicu iritasi pada kulit sensitif.


Ada pun ciri-ciri physical sunscreen adalah sebagai berikut:

  • Physical sunscreen hanya terdiri dari 2 bahan, yaitu titanium dioxide dan zinc oxide. Sementara itu, chemical sunscreen menggunakan bahan aktif oxybenzone, octisalate, octocrylene, ethylhexyl, methyl methacrylate crosspolymer, hingga butylene glycol.
  • Physical sunscreen cenderung padat, kental, terkadang lengket, dan menimbulkan whitecast.


Jenis sunscreen spray lain yang perlu dipertimbangkan pemilik kulit sensitif adalah hybrid sunscreen. Jenis ini dapat memberikan perlindungan maksimal seperti physical sunscreen, tetapi dengan tekstur yang ringan. Tak hanya cocok untuk kulit sensitif, hybrid sunscreen juga cocok untuk semua jenis kulit karena sifatnya non-comedogenic

3

Cermati kandungan pelembapnya

Cermati kandungan pelembapnya

Di pasaran, ada beragam jenis bahan yang digunakan sebagai tambahan pelembap dalam sunscreen spray. Untuk memilihnya, Anda perlu menyesuaikan dengan jenis kulit yang Anda miliki. Berikut ulasan singkat kami mengenai beberapa bahan pelembap dalam sunscreen spray


  • Untuk kulit kering, prioritaskan kandungan pelembap berupa ceramide
Ceramide sebenarnya sudah ada dalam sel kulit manusia. Namun, kulit kering memiliki lebih sedikit ceramide. Kandungan ini berkhasiat mempertahankan skin barrier, meningkatkan hidrasi kulit, dan mencegah penguapan air pada kulit. Kulit pun terhidrasi, lembap, dan kenyal.

  • Untuk kulit berminyak, prioritaskan pelembap dari hyaluronic acid dan Aloe vera 
Hyaluronic acid dan Aloe vera tak cuma menjadikan kulit lembap, tetapi juga elastis dan kenyal. Teksturnya pun ringan, mudah diserap kulit, dan tidak lengket sehingga cocok untuk untuk kulit berminyak. Sebenarnya ceramide juga bagus untuk kulit berminyak. Namun, jika kulit tergolong sangat berminyak sebaiknya Anda menghindari ceramide. Hal tersebut karena ceramide cenderung menutup permukaan kulit sehingga rentan menimbulkan komedo.

  • Untuk kulit sensitif, prioritaskan kandungan Centella asiatica (cica) dan Aloe vera 
Centella asiatica dan Aloe vera mampu menenangkan kulit yang meradang. Inilah sebabnya keduanya cocok untuk kulit sensitif yang rentan iritasi. Selain itu, Aloe vera juga memiliki kandungan antibakteri untuk membantu penyembuhan luka dan mencegah jerawat. 
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Sunscreen Spray Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Sunscreen Spray terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 20 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Kadar SPF
Kadar PA
Jenis sunscreen
Bentuk sunscreen
Pilihan isi
Kandungan utama
Kandungan pelembap
Kandungan lainnya
Area pemakaian
Mudah diratakan
Cepat menyerap
Waterproof
Aman untuk kulit sensitif
Jenis kulit
Keamanan
BPOM
1

Skintific

All Day Light Sunscreen Mist

Skintific All Day Light Sunscreen Mist 1

Rp169.000

Menengah

Memberi perlindungan maksimal dengan praktis, kulit wajah pun nyaman sepanjang hari

50

++++

Chemical

Spray

50 ml, 120 ml

UV pearls, 5X ceramide, Centella asiatica

Aloe vera extract

Bisabolol, tocopherol

Wajah

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Paraben-free, alcohol-free, SLS-free, essential oil-free, vegan friendly

NA11221700015

2

SOMETHINC

Holyshield! Sunscreen Shake Mist SPF46 PA+++

SOMETHINC Holyshield! Sunscreen Shake Mist SPF46 PA+++ 1

Rp120.000

Agak Murah

Hybrid sunscreen dengan encapsulated UV filter

46

+++

Hybrid

Spray

50 ml

Benzophenone-4, titanium dioxide, avobenzone, octinoxate, octocrylene

Butylene glycol, lecithin

Phenoxyethanol

Wajah

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

0% benzene, vegan friendly, hypoallergenic, fungal acne friendly, dermatologically tested

NA18211701822

3

Madame Gie

Madame Protect Me Sunscreen Spray SPF 50 PA++++

Madame Gie Madame Protect Me Sunscreen Spray SPF 50 PA++++ 1

Rp129.000

Menengah

Mencakup seluruh bagian wajah dalam sekali semprot dengan Protection Technology

50

++++

Chemical

Spray

50 ml, 100 ml

Isododecane, athylhexyl methoxycinnamate, cyclopentasiloxane, alcohol

Glycerin

Centella asiatica extract, allantoin, parfum

Wajah

Semua jenis kulit

Tidak diketahui

NA11221201182

4

Azarine

Hydrasoothe Sunscreen Mist

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Mist 1

Rp65.000

Lebih Murah

Sunscreen lokal yang melembapkan dan tidak meninggalkan white cast

50

++++

Chemical

Spray

60 ml

Hyaluronic acid, ceramide, Centella asiatica extract, ectoin

Hyaluronic acid, ceramide

Propanediol, phenoxyethanol

Wajah

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Dermatologically tested, 0% alkohol, fragrance, mineral oil

NA18211701892

5

Banana Boat

Ultra Protect Ultramist SPF 50

Banana Boat Ultra Protect Ultramist SPF 50 1

Rp254.000

Agak Mahal

Semprotan ultraweight, nyaman di kulit saat beraktivitas

50

++++

Chemical

Spray

170 gram

Aloe vera, vitamin C, vitamin E

Tocopheryl acetate, Aloe barbadensis leaf extract

Isobutane, isododecane, disopropyl adipate, homosalate, ethylhexyl salicylate

Wajah dan badan

Tidak diketahui

Tidak diketahui

BPOM

NE51151700046

6

Bening's

Sunscreen Spray

Bening's  Sunscreen Spray 1

Rp165.000

Menengah

Tak akan pernah lupa re-apply sunscreen saat traveling berkat produk ini!

30

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Spray

60 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Wajah

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Tidak diketahui

NA18221700995

7

Dew It Skin

Dew It On The Go - Sunscreen Mist

Dew It Skin Dew It On The Go - Sunscreen Mist 1

Rp162.000

Menengah

Membantu merawat kulit kusam Anda menjadi lebih glowing

50+

Tidak diketahui

Chemical

Spray

50 ml, 150 ml

Ethylhexyl methoxycinnamate, benzophenone-3, ethylhexyl salicylate

Caprylic, capryloyl glycerin, tocopheryl acetate

Phenoxyethanol, alcohol, fragrance

Wajah dan badan

Normal, kering, kusam

Vegan, halal, aman untuk bumil dan busui

NA18211700791

8

Shiseido

Anessa Perfect UV Skincare Spray

Shiseido Anessa Perfect UV Skincare Spray 1

Rp339.000

Lebih Mahal

Bisa digunakan di seluruh tubuh, bahkan di atas makeup dan rambut!

50+

++++

Chemical

Spray

60 gram

Yellow flower extract, hyaluronic acid, collagen

Glycerin, sodium acetylated hyaluronate, soluble collagen

Isobutane, dimethicone, propane

Seluruh tubuh

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Colorant free, non-comedogenic, dermatology tested

NA22201700008

9

Nivea

Sun Kids Sensitive Spray

Nivea Sun Kids Sensitive Spray 1

Rp233.100

Agak Mahal

Aman untuk kulit anak yang sensitif, serta melembapkan kulit

50+

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Spray

200 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Seluruh tubuh

Semua jenis kulit

Tidak diketahui

NC47161700517

10

Parasol

Cooling Mist Sun Spray

Parasol Cooling Mist Sun Spray 1

Rp80.000

Agak Murah

Melindungi, melembapkan, serta mencegah kerutan pada kulit

25

++

Chemical

Spray

60 ml

Octocrylene, benzophenone-3, butyl methoxydibenzoylmethane

Aloe barbadensis leaf extract, canola oil

Bisabolol, dimethylmethoxy chromanyl palmitate

Wajah dan tubuh

Tidak diketahui

Semua jenis kulit

Tidak diketahui

NA18151700308

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SkintificAll Day Light Sunscreen Mist

All Day Light Sunscreen Mist 1
Sumber: skintificcanada.com
All Day Light Sunscreen Mist 3
Sumber: shopee.co.id
All Day Light Sunscreen Mist 4
Sumber: shopee.co.id
All Day Light Sunscreen Mist 5
Sumber: shopee.co.id
All Day Light Sunscreen Mist 6
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp169.000
Menengah
Harga referensi
Rp169.000
Menengah

Memberi perlindungan maksimal dengan praktis, kulit wajah pun nyaman sepanjang hari

Nikmati perlindungan kulit tingkat tinggi selama 12 jam dengan SKINTIFIC Day Light Sunscreen Spray SPF50 PA++++. Dengan formula ringan dan cara pemakaian yang praktis, produk ini akan memudahkan Anda melindungi wajah dari sinar matahari. Tak perlu repot-repot mengoleskan krim, Anda cukup menyemprotkannya ke seluruh wajah.


Bagi Anda yang sering beraktivitas di bawah sinar matahari atau yang hendak travelling, jangan lupa membawa produk ini dalam tas. Kandungan aktif di dalamnya bakal melindungi kulit Anda sekaligus menjaga kelembapannya tanpa meninggalkan kesan lengket. Jika ingin yang lebih praktis, Anda bisa memilih produk ini dalam ukuran travel size.

Kadar SPF50
Kadar PA++++
Jenis sunscreenChemical
Bentuk sunscreenSpray
Pilihan isi50 ml, 120 ml
Kandungan utamaUV pearls, 5X ceramide, Centella asiatica
Kandungan pelembapAloe vera extract
Kandungan lainnyaBisabolol, tocopherol
Area pemakaianWajah
Mudah diratakan
Cepat menyerap
WaterproofTidak diketahui
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit
KeamananParaben-free, alcohol-free, SLS-free, essential oil-free, vegan friendly
BPOMNA11221700015
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SOMETHINCHolyshield! Sunscreen Shake Mist SPF46 PA+++

Harga referensi
Rp120.000
Agak Murah

Hybrid sunscreen dengan encapsulated UV filter

Produk ini merupakan gabungan dari physical sunscreen dan chemical sunscreen atau yang lebih dikenal dengan hybrid sunscreen. Holyshield! Sunscreen Shake Mist SPF46 PA+++ merupakan versi updated dari varian SOMETHINC Holyshield! yang sebelumnya. 


Pada formula terbaru ini, SOMETHINC menggunakan teknologi encapsulated UV filter sehingga lebih minim iritan. Selain itu, produk teranyar ini tidak mengandung alkohol dan tidak pedih di mata atau kulit. 

Kadar SPF46
Kadar PA+++
Jenis sunscreenHybrid
Bentuk sunscreenSpray
Pilihan isi50 ml
Kandungan utamaBenzophenone-4, titanium dioxide, avobenzone, octinoxate, octocrylene
Kandungan pelembapButylene glycol, lecithin
Kandungan lainnyaPhenoxyethanol
Area pemakaianWajah
Mudah diratakan
Cepat menyerap
WaterproofTidak diketahui
Aman untuk kulit sensitif
Jenis kulitSemua jenis kulit
Keamanan0% benzene, vegan friendly, hypoallergenic, fungal acne friendly, dermatologically tested
BPOMNA18211701822
View all
No.3

Madame GieMadame Protect Me Sunscreen Spray SPF 50 PA++++

Harga referensi
Rp129.000
Menengah

Mencakup seluruh bagian wajah dalam sekali semprot dengan Protection Technology

Produk ini adalah solusi perlindungan dari matahari yang efektif dan praktis tanpa harus menggeser makeup. Tak hanya melindungi dari sinar UV, sunscreen Madame Gie ini juga dapat membantu mengurangi kerutan pada wajah Anda. Hal itu disebabkan keberadaan kandungan skincare di dalamnya. 


Diformulasikan dengan bahan aktif alami untuk menjaga kelembapan kulit, sunscreen spray ini tidak meninggalkan rasa lengket atau berat. Desain kemasannya yang compact pun memudahkan penggunaan di mana saja. Ditambah lagi, produk ini dilengkapi dengan 360° Protection Technology yang mampu mencakup seluruh bagian kulit wajah saat diaplikasikan. 

Kadar SPF50
Kadar PA++++
Jenis sunscreenChemical
Bentuk sunscreenSpray
Pilihan isi50 ml, 100 ml
Kandungan utamaIsododecane, athylhexyl methoxycinnamate, cyclopentasiloxane, alcohol
Kandungan pelembapGlycerin
Kandungan lainnyaCentella asiatica extract, allantoin, parfum
Area pemakaianWajah
Mudah diratakan
Cepat menyerap
Waterproof
Aman untuk kulit sensitif
Jenis kulitSemua jenis kulit
KeamananTidak diketahui
BPOMNA11221201182
View all
No.4

AzarineHydrasoothe Sunscreen Mist

Harga referensi
Rp65.000
Lebih Murah

Sunscreen lokal yang melembapkan dan tidak meninggalkan white cast

Bagi Anda yang mendambakan sunscreen yang tak hanya melindungi, tetapi juga melembapkan, lirik produk ini. Mengandung hyaluronic acid, ceramide, dan Centella asiatica, sunscreen lokal ini akan membuat kulit halus dan lembap. Anda juga tak perlu khawatir wajah jadi abu-abu atau belang karena produk ini tidak menimbulkan white cast.

Kadar SPF50
Kadar PA++++
Jenis sunscreenChemical
Bentuk sunscreenSpray
Pilihan isi60 ml
Kandungan utamaHyaluronic acid, ceramide, Centella asiatica extract, ectoin
Kandungan pelembapHyaluronic acid, ceramide
Kandungan lainnyaPropanediol, phenoxyethanol
Area pemakaianWajah
Mudah diratakan
Cepat menyerap
WaterproofTidak diketahui
Aman untuk kulit sensitif
Jenis kulitSemua jenis kulit
KeamananDermatologically tested, 0% alkohol, fragrance, mineral oil
BPOMNA18211701892
View all
No.5

Banana BoatUltra Protect Ultramist SPF 50

Harga referensi
Rp254.000
Agak Mahal

Semprotan ultraweight, nyaman di kulit saat beraktivitas

Ultra Protect Ultramist SPF 50 memberikan pengalaman ultraweight yang luar biasa. Produk ini hadir dalam bentuk semprotan dengan cairan bening dan tekstur yang menyatu ringan dengan kulit saat disemprot. Sensasi ini seolah-olah membuat Anda tidak menggunakan tabir surya sama sekali! 


Meskipun begitu, sunscreen ini tetap memiliki daya tahan tinggi terhadap air. Kelebihan lainnya, ditambah dengan kandungan Aloe vera, vitamin E, dan vitamin C yang memberikan manfaat baik untuk kulit Anda. Nikmati perlindungan maksimal tanpa beban berkat formula yang ringan dan efektif dari sunscreen ini.

Kadar SPF50
Kadar PA++++
Jenis sunscreenChemical
Bentuk sunscreenSpray
Pilihan isi170 gram
Kandungan utamaAloe vera, vitamin C, vitamin E
Kandungan pelembapTocopheryl acetate, Aloe barbadensis leaf extract
Kandungan lainnyaIsobutane, isododecane, disopropyl adipate, homosalate, ethylhexyl salicylate
Area pemakaianWajah dan badan
Mudah diratakan
Cepat menyerap
Waterproof
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Jenis kulitTidak diketahui
KeamananBPOM
BPOMNE51151700046
View all
No.6

Bening's Sunscreen Spray

Harga referensi
Rp165.000
Menengah

Tak akan pernah lupa re-apply sunscreen saat traveling berkat produk ini!

Anda tentu pernah mendengar klinik kecantikan yang sedang sangat viral, yaitu Bening's by dr. Oky Pratama, bukan? Salah satu produk Bening's yang tidak boleh Anda lewatkan adalah sunscreen spray ini. Dengan formula ringan yang cepat meresap, produk ini memberikan perlindungan SPF tinggi dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya. 


Kandungan bahan aktifnya bekerja untuk menjaga kelembapan kulit dan menghindarkan rasa lengket atau berat. Desain spray-nya memudahkan penggunaan dalam segala situasi, termasuk saat Anda pergi traveling. Bening's Sunscreen Spray adalah pilihan andalan untuk menjaga kulit terlindungi sepanjang hari tanpa mengorbankan kenyamanan atau penampilan alami kulit.

Kadar SPF30
Kadar PATidak diketahui
Jenis sunscreenTidak diketahui
Bentuk sunscreenSpray
Pilihan isi60 ml
Kandungan utamaTidak diketahui
Kandungan pelembapTidak diketahui
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Area pemakaianWajah
Mudah diratakan
Cepat menyerap
WaterproofTidak diketahui
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit
KeamananTidak diketahui
BPOMNA18221700995
View all
No.7

Dew It SkinDew It On The Go - Sunscreen Mist

Harga referensi
Rp162.000
Menengah

Membantu merawat kulit kusam Anda menjadi lebih glowing

Apakah Anda sedang mengulik sunscreen terbaik untuk kulit kusam? Jika demikian, waterproof sunscreen tipe spray merek Dew It ini bisa menjadi jawabannyat! Kandungan vitamin C dan E-nya akan merawat kulit kusam Anda dan menjadikannya lebih cerah bercahaya. Aplikasan saja sunscreen dengan sensasi menyejukkan ini secara rutin untuk dapatkan kulit yang lebih glowing terlindungi dan bebas belang.

Kadar SPF50+
Kadar PATidak diketahui
Jenis sunscreenChemical
Bentuk sunscreenSpray
Pilihan isi50 ml, 150 ml
Kandungan utamaEthylhexyl methoxycinnamate, benzophenone-3, ethylhexyl salicylate
Kandungan pelembapCaprylic, capryloyl glycerin, tocopheryl acetate
Kandungan lainnyaPhenoxyethanol, alcohol, fragrance
Area pemakaianWajah dan badan
Mudah diratakan
Cepat menyerap
Waterproof
Aman untuk kulit sensitif
Jenis kulitNormal, kering, kusam
KeamananVegan, halal, aman untuk bumil dan busui
BPOMNA18211700791
View all
No.8

ShiseidoAnessa Perfect UV Skincare Spray

Harga referensi
Rp339.000
Lebih Mahal

Bisa digunakan di seluruh tubuh, bahkan di atas makeup dan rambut!

Produk laris asal Jepang ini bisa dipilih jika Anda mencari sunscreen spray yang ringan dan tidak lengket di kulit. Selain itu, sunscreen ini juga tidak akan membuat kulit kering karena mengandung collagen dan hyaluronic acid. Produk ini dapat memberikan perlindungan menyeluruh, baik pada wajah, tubuh, hingga rambut Anda. Anda bahkan dapat memakainya di atas makeup

Kadar SPF50+
Kadar PA++++
Jenis sunscreenChemical
Bentuk sunscreenSpray
Pilihan isi60 gram
Kandungan utamaYellow flower extract, hyaluronic acid, collagen
Kandungan pelembapGlycerin, sodium acetylated hyaluronate, soluble collagen
Kandungan lainnyaIsobutane, dimethicone, propane
Area pemakaianSeluruh tubuh
Mudah diratakan
Cepat menyerap
Waterproof
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit
KeamananColorant free, non-comedogenic, dermatology tested
BPOM NA22201700008
View all
No.9

NiveaSun Kids Sensitive Spray

Harga referensi
Rp233.100
Agak Mahal

Aman untuk kulit anak yang sensitif, serta melembapkan kulit

Memakaikan sunscreen pada anak memang tidak mudah, apalagi pada balita yang aktif. Solusinya, Anda bisa memakai sunscreen spray yang pemakaiannya mudah, praktis, dan cepat. Jangkauan semprotannya luas sehingga bisa meng-cover bagian tubuh lebih luas. 


Bahan-bahan yang digunakan juga sangat aman untuk kulit anak yang terbilang masih sensitif. Penyerapannya cepat dan perlindungan SPF-nya pun tinggi. Tak perlu takut matahari lagi saat bermain di pantai atau berenang, deh!

Kadar SPF50+
Kadar PATidak diketahui
Jenis sunscreenTidak diketahui
Bentuk sunscreenSpray
Pilihan isi200 ml
Kandungan utamaTidak diketahui
Kandungan pelembapTidak diketahui
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Area pemakaianSeluruh tubuh
Mudah diratakan
Cepat menyerap
Waterproof
Aman untuk kulit sensitif
Jenis kulitSemua jenis kulit
KeamananTidak diketahui
BPOMNC47161700517
View all
No.10

ParasolCooling Mist Sun Spray

Harga referensi
Rp80.000
Agak Murah

Melindungi, melembapkan, serta mencegah kerutan pada kulit

Sunscreen yang satu ini mengandung SPF dan PA yang cukup untuk melindungi kulit Anda saat berada di dalam ruangan. Parasol Cooling Mist Sun Spray juga mengandung ekstrak Aloe vera dan vitamin E yang melembapkan dan memiliki manfaat anti-wrinkle. Produk ini juga water-resistant sehingga kulit Anda akan tetap terlindungi meski terkena air. 
Kadar SPF25
Kadar PA++
Jenis sunscreenChemical
Bentuk sunscreenSpray
Pilihan isi60 ml
Kandungan utamaOctocrylene, benzophenone-3, butyl methoxydibenzoylmethane
Kandungan pelembapAloe barbadensis leaf extract, canola oil
Kandungan lainnyaBisabolol, dimethylmethoxy chromanyl palmitate
Area pemakaianWajah dan tubuh
Mudah diratakan
Cepat menyerap
Waterproof
Aman untuk kulit sensitifTidak diketahui
Jenis kulitSemua jenis kulit
KeamananTidak diketahui
BPOMNA18151700308
View all

Berapa takaran pemakaian sunscreen spray yang tepat?

Berapa takaran pemakaian sunscreen spray yang tepat?
Sebenarnya cukup sulit untuk menakar penggunaan sunscreen spray. Menurut sejumlah sumber, kulit membutuhkan sekitar satu ons sunscreen untuk melindungi seluruh tubuh. Berikut ini beberapa cara mudah untuk menentukan takaran pemakaian sunscreen spray yang tepat.

  • Semprot sampai kulit berkilau (glistening). Untuk area badan, semprotkan sunscreen dari jarak dekat ke kulit. Semprot cukup banyak sampai kulit Anda terlihat berkilau. Setelah itu gosok untuk meratakan sunscreen pada kulit. 

  • Semprot terlebih dahulu ke permukaan tangan. Jangan menyemprotkan sunscreen secara langsung ke area wajah dan mulut agar sunscreen tidak terhirup atau tertelan. Alih-alih, semprotkan dulu sunscreen ke tangan, baru kemudian oleskan ke wajah hingga merata. 

Bagaimana cara memakai sunscreen spray yang benar?

Bagaimana cara memakai sunscreen spray yang benar?
Jika disemprotkan secara langsung ke kulit, sunscreen spray sebaiknya digunakan untuk badan saja. Selain itu, hindari tempat terbuka yang berangin saat akan menyemprotkan sunscreen agar tidak terbawa angin. Anda juga perlu menahan napas saat menyemprotkan sunscreen agar tidak menghirupnya secara tidak sengaja.

Sebagian produk sunscreen spray dikemas dalam kemasan aerosol. Kemasan seperti ini mudah terbakar sehingga Anda perlu menghindari api saat akan menggunakannya. Hindari pula orang yang merokok, lilin, atau sumberapi lainnya seperti saat pesta BBQ. Pastikan pula Anda telah meratakan sunscreen spray dan menunggunya hingga kering sebelum mendekati sumber api.


Jika ingin mengoleskan kembali atau re-apply sunscreen, sebaiknya Anda membersihkan wajah terlebih dahulu. Sama seperti produk sunscreen lainnya, sunscreen spray sebaiknya digunakan pada wajah yang bersih. Jadi, Anda perlu membersihkan makeup sebelum re-apply sunscreen spray saat dibutuhkan. 

5 Rekomendasi Sunscreen Spray terbaik

No. 1: SkintificAll Day Light Sunscreen Mist

No. 2: SOMETHINCHolyshield! Sunscreen Shake Mist SPF46 PA+++

No. 3: Madame GieMadame Protect Me Sunscreen Spray SPF 50 PA++++

No. 4: AzarineHydrasoothe Sunscreen Mist

No. 5: Banana BoatUltra Protect Ultramist SPF 50

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Sunscreen Spray Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.