• 10 Sunscreen/Sunblock Spray Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sunscreen/Sunblock Spray Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sunscreen/Sunblock Spray Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sunscreen/Sunblock Spray Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sunscreen/Sunblock Spray Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sunscreen/Sunblock Spray Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Sunscreen atau sunblock berbentuk spray praktis untuk mencegah terbakarnya kulit di bagian yang susah digapai seperti punggung. Berbagai brand terkenal, seperti Nivea, Banana Boat, dan Skin Aqua telah mengeluarkan produk andalan dengan fiturnya masing-masing. Bingung harus pilih yang mana?

Kali ini kami akan mengulas tentang sepuluh rekomendasi sunscreen spray terbaik beserta cara memilih produknya. Simak pula bahasan cara pakai dan cara membuang produk yang aman di bagian akhir artikel. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan dapatkan produk yang terbaik!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sunscreen/sunblock spray

Sunscreen atau sunblock spray memang sangat mudah digunakan di mana saja dan meresap di kulit dengan baik. Akan tetapi, Anda perlu mempertimbangkan hal-hal tertentu sebelum memilihnya. Berikut ini adalah beberapa poin yang Anda perlu perhatikan.

Pilih chemical sunscreen atau physical sunscreen sesuai kebutuhan

Pilih chemical sunscreen atau physical sunscreen sesuai kebutuhan
Terdapat dua jenis sunscreen yang bisa digunakan, yaitu chemical sunscreen dan physical sunscreen. Chemical sunscreen memiliki efek tabir surya yang baik dan dapat diaplikasikan lebih mudah dan nyaman tanpa white cast. Jenis ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin memakai sunscreen tanpa terganggu white cast. Sayangnya, chemical sunscreen dapat menyebabkan kulit sensitif menjadi kasar, kering, dan mudah teriritasi.
Physical sunscreen juga memiliki efek tabir surya yang baik, tetapi kurang nyaman dalam pengaplikasian dan umumnya menyebabkan white cast. Namun, jenis sunscreen ini cenderung tidak mengiritasi serta lebih luas rentang proteksinya terhadap UVB dan UVA. Nah, jika kulit Anda sensitif, mari cek ulasan di bawah ini.

Cocokkan jenis sunscreen spray dengan kondisi kulit Anda

Sunscreen spray umumnya mengandung alkohol sehingga lebih berisiko mengiritasi kulit daripada jenis sunscreen lainnya. Pilih produk dengan mempertimbangkan kemampuannya menghalangi sinar UV, kemudahan dibersihkan, serta efek kandungan kimianya terhadap kulit.

Gunakan produk dengan SPF dan PA rendah untuk sehari-hari

Gunakan produk dengan SPF dan PA rendah untuk sehari-hari
Makin besar kandungan SPF (Sun Protector Factor) dan PA (Protection Grade of Ultraviolet A), makin tinggi kemampuan sunscreen menghalangi sinar UV. Namun, bukan berarti produk ber-SPF dan PA tinggi adalah produk terbaik. 

Jika Anda akan beraktivitas outdoor jangka panjang seperti berenang atau ke pantai, sunscreen ber-SPF dan PA tinggi pas diaplikasikan. Namun, untuk penggunaan sehari-hari, sunscreen dengan SPF 30 dan PA++ sudah cukup bagus untuk mencegah kulit terbakar.


Demi keamanan, sebaiknya sunscreen spray tidak disemprotkan langsung ke wajah, apalagi pada bayi dan anak-anak. Selalu semprotkan sunscreen di telapak tangan, jauh dari wajah dan mata. Setelah itu, barulah ratakan sunscreen pada wajah dan area lainnya.


Selain itu, hindari pula menggunakan sunscreen spray di area outdoor yang berangin. Tujuannya adalah untuk menghindari partikel sunscreen tidak sengaja tertiup masuk mata atau terhirup saat disemprotkan.

Untuk kulit sensitif, gunakan produk yang dapat dibersihkan dengan pembersih biasa

Untuk kulit sensitif, gunakan produk yang dapat dibersihkan dengan pembersih biasa

Kemudahan pembersihan sebuah produk juga penting untuk dipertimbangkan, terutama bagi Anda pemilik kulit sensitif. Sebenarnya sunscreen spray mengandung zat aditif seperti alkohol yang bisa mengiritasi kulit lebih banyak daripada jenis lainnya. Jadi, Anda yang memiliki kulit sensitif perlu lebih berhati-hati saat memilih sunscreen spray. Apabila diperlukan, lakukanlah patch test sebelumnya.


Cukup sulit menemukan sunscreen spray tanpa zat aditif di pasaran. Sebagai gantinya, pilihlah produk yang mengandung bahan stimulan sesedikit mungkin untuk mengurangi risiko iritasi.


Sunscreen yang tidak mudah luntur juga membutuhkan pembersih khusus untuk menghapusnya. Hal tersebut dapat menyebabkan kulit mudah teriritasi. Sebisa mungkin, pilih produk yang dapat dihapus secara mudah dengan sabun biasa.

Sebisa mungkin pilih produk dengan pelembap untuk mencegah kulit kering

Sebisa mungkin pilih produk dengan pelembap untuk mencegah kulit kering
Kulit cenderung menjadi kering setelah terbakar matahari. Oleh karena itu, pilihlah produk yang mengandung bahan pelembap di dalamnya. Bahan pelembap akan mengunci kelembapan kulit agar air di dalam kulit tidak mudah menguap. Hal ini juga bisa mencegah kulit kering. Apabila terlanjur membeli sunscreen spray tanpa pelembap, pakailah moisturizer terlebih dahulu sebelum menyemprotkannya.

Pilih produk yang dapat digunakan secara efektif dan pahami kekurangannya

Salah satu kekurangan dari sunscreen atau sunblock spray adalah efeknya yang tidak tahan lama. Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dengan memilih produk yang bisa digunakan secara efektif, misalnya dengan memilih jenis yang waterproof.

Produk yang dapat digunakan di atas makeup atau stocking lebih memudahkan reapply

Produk yang dapat digunakan di atas makeup atau stocking lebih memudahkan reapply
Kemampuan menghalangi sinar UV pada sunscreen spray memang tidak lama. Jadi, Anda perlu melakukan penyemprotan ulang berkali-kali. Bagi Anda yang bekerja di dalam ruangan, Anda bisa reapply sunscreen ketika jam istirahat. Namun, apabila Anda lebih sering beraktivitas di luar ruangan, semprot ulang sunscreen spray tiap dua jam sekali.

Sunscreen spray yang dapat digunakan di atas makeup akan memudahkan Anda untuk reapply tanpa harus menghapusnya. Praktis, bukan? Sunscreen spray yang dapat digunakan pada rambut juga bisa melindungi rambut Anda dari sinar matahari. Jadi, pilih produk berdasarkan jangkauan bagian tubuh yang dapat dilindunginya.

Produk waterproof membuat Anda lebih nyaman saat berkeringat atau bermain air

Produk waterproof  membuat Anda lebih nyaman saat berkeringat atau bermain air
Selain tidak tahan lama, sunscreen spray juga cenderung tidak tahan air sehingga akan luntur saat Anda berkeringat. Agar Anda lebih nyaman sekaligus mendapatkan efek sunblock yang lebih tahan lama, gunakan produk yang waterpoof.

Jika Anda berencana untuk pergi bermain air di pantai, gunakan sunscreen krim atau losion waterproof terlebih dahulu. Setelah itu, baru gunakan sunscreen spray untuk reaplikasi tiap dua jam. Dengan begitu, pencegahan sunburn pun akan menjadi optimal.

Sesuaikan kapasitas produk dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan kapasitas produk dengan kebutuhan Anda
Sunscreen spray perlu disemprotkan ulang berkali-kali. Karena itu, sebaiknya pilihlah produk dengan volume yang cukup besar. Jika berada di luar rumah selama delapan jam, Anda perlu reapply tiap dua jam. Jadi, Anda harus menyemprotkan ulang sunscreen sebanyak empat kali dalam satu hari. Produk dengan volume kecil akan mudah habis, apalagi jika digunakan untuk seluruh tubuh.
Hanya saja, produk dengan volume besar biasanya tidak efisien untuk dibawa-bawa karena ukurannya yang juga besar. Jika Anda ingin menggunakan sunscreen saat traveling, membawa produk yang dikemas dalam ukuran mini atau travel size pasti lebih praktis.

Kombinasikan dengan sunscreen/sunblock lotion untuk perlindungan optimal

Kombinasikan dengan sunscreen/sunblock lotion untuk perlindungan optimal
Dari berbagai jenis sunscreen atau sunblock, sebenarnya produk dalam bentuk spray adalah jenis yang paling sederhana. Namun, kemudahan penggunaan dan frekuensi reapply merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Mengombinasikan sunscreen spray dengan lotion adalah pilihan yang paling tepat.
Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan sunscreen lotion sebelum keluar rumah dan menyemprotkan produk jenis spray untuk reapply. Bagi Anda yang benar-benar tidak ingin terbakar matahari, coba lakukan cara ini, ya!

10 Rekomendasi sunscreen/sunblock spray terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sunscreen spray terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

10

KaoBiore UV Perfect Spray SPF50+ PA++++

Mulai dari Rp 155.000,00

JenisChemical sunscreen
Jangkauan penggunaanWajah, rambut, kulit kepala, dan badan
Isi bersih50 gram
SPF & PASPF 50+ dan PA++++
Kandungan pelembap
Waterproof
9
JenisChemical sunscreen
Jangkauan penggunaanBadan
Isi bersih60 ml
SPF & PASPF 25+ dan PA++
Kandungan pelembap
Waterproof
8

Banana BoatSport Performance Clear UltraMist Sunscreen Spray with PowerStay Technology

Mulai dari Rp 200.000,00

JenisChemical sunscreen
Jangkauan penggunaanBadan dan wajah
Isi bersih170 gr
SPF & PASPF 110 dan PA+++
Kandungan pelembap
Waterproof
7

Beach Hut Max Clear Spray Sunblock SPF 75++

Mulai dari Rp 158.500,00

JenisChemical sunscreen
Jangkauan penggunaanWajah dan badan
Isi bersih150 ml
SPF & PASPF 75++
Kandungan pelembap
Waterproof
6

L’Oreal Paris UV Perfect Aqua Essence City Mist SPF 50 | PA ++++

Mulai dari Rp 159.900,00

JenisChemical sunscreen
Jangkauan penggunaanWajah dan badan
Isi bersih64 gr
SPF & PASPF 50 dan PA++++
Kandungan pelembap
Waterproof
5

BabyganicsMineral-Based Sunscreen Spray 50+SPF

Mulai dari Rp 239.000,00

JenisPhysical sunscreen
Jangkauan penggunaanWajah dan badan
Isi bersih177 ml
SPF & PASPF 50+
Kandungan pelembap
Waterproof
4
JenisChemical sunscreen
Jangkauan penggunaanWajah dan badan
Isi bersih200 ml
SPF & PASPF 50
Kandungan pelembap
Waterproof
3

Sunplay Skin AquaSarafit UV Mist SPF50+ PA++++ Fragrance Free

Mulai dari Rp 135.000,00

JenisChemical sunscreen
Jangkauan penggunaanRambut, wajah, badan
Isi bersih50 gr
SPF & PASPF 50+ dan PA++++
Kandungan pelembap
Waterproof
2
JenisChemical sunscreen
Jangkauan penggunaanTidak tercantum
Isi bersih150 ml
SPF & PASPF 30 dan PA+++
Kandungan pelembap
Waterproof
1

Kose SuncutTransparent Sunscreen Spray

Mulai dari Rp 160.000,00

JenisChemical sunscreen
Jangkauan penggunaanRambut, kulit kepala, wajah, dan badan
Isi bersih60 gr
SPF & PASPF 50+ dan PA++++
Kandungan pelembap
Waterproof

Tabel perbandingan produk sunscreen/sunblock spray terbaik

Gambar produk
1
Kose Suncut Transparent Sunscreen Spray 1

Kose Suncut

2
Nivea Sun Spray SPF 30 1

Nivea

3
Sunplay Skin Aqua Sarafit UV Mist SPF50+ PA++++ Fragrance Free 1

Sunplay Skin Aqua

4
Bioderma Photoderm Max Spray SPF 50+ 1

Bioderma

5
Babyganics Mineral-Based Sunscreen Spray 50+SPF 1

Babyganics

6
L’Oreal Paris  UV Perfect Aqua Essence City Mist SPF 50 | PA ++++ 1

L’Oreal Paris

7
Beach Hut  Max Clear Spray Sunblock SPF 75++ 1

Beach Hut

8
Banana Boat Sport Performance Clear UltraMist Sunscreen Spray with PowerStay Technology 1

Banana Boat

9
Parasol Cooling Mist Sun Spray SPF 25+ PA++ 1

Parasol

10
Kao Biore UV Perfect Spray SPF50+ PA++++ 1

Kao

Nama produk

Transparent Sunscreen Spray

Sun Spray SPF 30

Sarafit UV Mist SPF50+ PA++++ Fragrance Free

Photoderm Max Spray SPF 50+

Mineral-Based Sunscreen Spray 50+SPF

UV Perfect Aqua Essence City Mist SPF 50 | PA ++++

Max Clear Spray Sunblock SPF 75++

Sport Performance Clear UltraMist Sunscreen Spray with PowerStay Technology

Cooling Mist Sun Spray SPF 25+ PA++

Biore UV Perfect Spray SPF50+ PA++++

Keunggulan

Produk bebas pewangi yang mudah dibersihkan dengan sabun

Mampu menutrisi kulit dan menangkal radikal bebas, sangat pas untuk digunakan sehari-hari!

Dengan double hyaluronic acid untuk memberi kelembapan lebih

Produk yang dapat menghambat kerusakan sel dengan Cellular Bioprotection®

Dengan komposisi yang aman untuk si kecil kesayangan Anda

Perlindungan dari sinar UV hingga 12 jam

Memberi rasa dingin yang menyegarkan dalam sekali semprot

Dengan SPF tinggi dan lebih tahan lama, sangat mendukung untuk olahraga outdoor!

Melindungi, melembapkan, serta mencegah kerutan pada kulit

Melindungi kulit Anda dari ujung kepala hingga ujung kaki

Harga mulai dariRp 160.000,00Rp 119.000,00Rp 135.000,00Rp 462.000,00Rp 239.000,00Rp 159.900,00Rp 158.500,00Rp 200.000,00Rp 67.440,00Rp 155.000,00
JenisChemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenPhysical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreenChemical sunscreen
Jangkauan penggunaanRambut, kulit kepala, wajah, dan badanTidak tercantumRambut, wajah, badanWajah dan badanWajah dan badanWajah dan badanWajah dan badanBadan dan wajahBadanWajah, rambut, kulit kepala, dan badan
Isi bersih60 gr150 ml50 gr200 ml177 ml64 gr150 ml170 gr60 ml50 gram
SPF & PASPF 50+ dan PA++++SPF 30 dan PA+++SPF 50+ dan PA++++SPF 50SPF 50+SPF 50 dan PA++++SPF 75++SPF 110 dan PA+++SPF 25+ dan PA++SPF 50+ dan PA++++
Kandungan pelembap
Waterproof
Tautan produk

Hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan sunscreen/sunblock spray

Jika tidak digunakan secara benar, sunscreen atau sunblock spray tidak akan merata di kulit. Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati saat membuang botolnya dan saat membawanya dalam pesawat. Berikut ini kami akan menguraikan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan tabir surya dalam bentuk spray.

Setelah menyemprot sunscreen/sunblock spray di kulit, ratakan dengan tangan

Setelah menyemprot sunscreen/sunblock spray di kulit, ratakan dengan tangan
Sunscreen spray perlu diratakan dengan tangan setelah disemprotkan untuk mengurangi risiko masuk mata atau terhirup. Selain itu, meratakan sunscreen dengan tangan juga memastikan hasil pengolesan lebih merata.

Apabila Anda ingin menyemprotkannya pada area badan, lengan, dan tungkai, pastikan spray terletak jauh dari wajah dan mata. Selain itu, pastikan Anda tidak berada di lokasi yang berangin agar sunscreen tidak terhirup. Apabila ingin menyemprotkan di atas makeup, semprotkan dengan jarak 20 cm dari wajah supaya hasilnya merata.

Ada beberapa produk sunscreen spray yang bisa langsung merata tanpa perlu diratakan dengan tangan. Akan tetapi, selama di kemasan tidak tercantum keterangan tersebut, ratakan sendiri dengan tangan Anda, ya.

Pastikan pemakaian sunscreen mencukupi kebutuhan

Pastikan pemakaian sunscreen mencukupi kebutuhan

Salah satu kelemahan dari sunscreen spray adalah sulitnya mengetahui apakah jumlah yang digunakan sudah cukup untuk mendapatkan proteksi SPF optimal. Untuk mengatasinya, semprotkan sunscreen pada telapak tangan untuk memastikan jumlahnya cukup. Ingatlah, area wajah membutuhkan sunscreen sebanyak ¼ sendok teh atau sekitar 1,25 ml untuk mendapatkan proteksi optimal.

Kosongkan botol spray sebelum dibuang dan masukkan ke bagasi ketika naik pesawat

Kosongkan botol spray sebelum dibuang dan masukkan ke bagasi ketika naik pesawat
Sebagian besar produk tabir surya dalam bentuk spray umumnya mengandung gas. Sangat berbahaya jika Anda membuangnya sembarangan. Habiskan gas terlebih dahulu sebelum membuangnya ke tempat sampah. Lalu, ketika Anda ingin membawanya saat naik pesawat, periksalah peraturan maskapai yang Anda gunakan karena setiap maskapai memiliki peraturan yang berbeda. Masukkan ke bagasi terdaftar supaya lebih aman.

Baca juga rekomendasi sunscreen/sunblock jenis lainnya di sini!

Selain jenis spray, sunscreen atau sunblock juga tersedia dalam tekstur bubuk yang biasanya berbentuk face powder dan sunblock lotion. Anda bisa mengombinasikan penggunaannya dengan tabir surya bentuk spray yang telah dibahas pada artikel ini untuk pencegahan yang maksimal. Baca kedua artikelnya di sini!

Kesimpulan

Sunscreen atau sunblock berbentuk spray merupakan produk yang sangat praktis digunakan. Namun, jangan sembarangan saat memilihnya. Gunakanlah chemical sunscreen atau physical sunscreen sesuai kebutuhan dan hindari produk dengan kandungan yang terlalu membebani kulit.


Untuk pemakaian sehari-hari, pilihlah produk dengan kemasan lebih besar. Sedangkan untuk traveling, Anda bisa memilih kemasan kecil yang praktis. Jika menginginkan perlindungan optimal, kombinasikan sunscreen spray dengan sunscreen lotion. Sudah memutuskan mau pilih yang mana? Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sinar matahari berlebihan berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali melindungi kulit dengan mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen. Beragam sunscreen yang bagus untuk badan dan muka banyak beredar di pasaran. Merek impor, seperti Cetaphil dan Skin Aqua, maupun produk lokal seperti Wardah dan Somethinc, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin kami, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK. Simak sampai akhir, yuk!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk melindungi kulit anak-anak yang masih rentan terhadap sinar UV (ultraviolet), diperlukan sunscreen atau sunblock khusus anak-anak. Berbagai merek sunscreen anak dan sunblock anak beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing. Misalnya, merek Nivea, Banana Boat, Neutrogena, dan masih banyak lagi.Simaklah dahulu tips memilih sunscreen untuk anak-anak di bawah ini sebelum membeli. Setelah itu, jangan lewatkan sepuluh rekomendasi sunscreen terbaik yang bagus untuk anak-anak. Sunscreen untuk balita hingga sunscreen untuk anak SD (sekolah dasar), ada di sini! Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina.
    Perawatan badan
  • 10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Whitening agent, seperti alpha arbutin, kojic acid, dan niacinamide di dalamnya akan mengembalikan warna kulit Anda seperti semula.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett, NIVEA, Vaseline, dan Kojie San. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Paparan sinar UV memberikan efek buruk terhadap kulit. Oleh sebab itu, Anda perlu melindungi kulit menggunakan sunscreen atau sunblock. Ada banyak produk sunscreen/sunblock di pasaran dengan tingkat SPF yang berbeda. Untuk perlindungan yang maksimal, banyak orang memilih sunscreen atau sunblock SPF 50.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih sunscreen/sunblock SPF 50 serta memberi review produk yang bagus. Produk dari merek ternama, seperti Nivea, LANEIGE, dan Wardah ada dalam rekomendasi kami. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan komentarnya.
    Perawatan badan
  • 10 Sabun Mandi Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Mandi Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Masih banyak pria yang memilih sabun mandi secara asal-asalan. Padahal, sabun mandi merupakan produk perawatan kulit yang digunakan setiap hari. Kesalahan memilih sabun mandi dapat menyebabkan kulit kering atau berminyak yang dapat memengaruhi penampilan Anda.Kami akan berbagi informasi mengenai cara memilih sabun mandi yang bagus untuk pria. Selain itu, kami akan merekomendasikan beberapa produk sabun mandi yang cocok untuk para pria. Sabun mandi dari berbagai merek, seperti Bath Box, Kahf, dan Banner adalah beberapa contohnya. Ada juga komentar dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah. Silakan simak informasinya sampai tuntas!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori