10 Rekomendasi Plush Doll Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Plush Doll Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

Boneka merupakan hadiah yang paling sering diberikan untuk bayi. Dengan tangan kecilnya, bayi menunjukkan rasa cintanya yang besar terhadap boneka binatang dengan menyentuh ataupun memeluknya. Namun untuk bayi dengan tubuh yang masih kecil sekali, boneka binatang yang besar tidak disarankan. Jika Anda ingin membelikan boneka pertama kalinya untuk bayi, mungkin Anda harus memberi perhatian bukan pada apa yang bayi sukai melainkan keamanan untuk bayi.

Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan produk boneka binatang yang direkomendasikan untuk bayi. Bayi tidak hanya sekadar menatap boneka binatang, namun bayi akan merangsang kelima inderanya untuk berkembang, seperti menggenggam, mengayunkan dan menjilati boneka tersebut. Mari kita cari tahu bagaimana cara memilih boneka yang terbaik untuk bayi.

Daftar isi

Apakah boneka yang cocok untuk bayi?

Mari kita cari tahu jenis boneka yang cocok untuk bayi untuk dimainkan.

Boneka yang memiliki bentuk mudah digenggam oleh bayi

Boneka yang memiliki bentuk mudah digenggam oleh bayi

Bila Anda berpikir boneka yang berisi cotton fluffy adalah yang cocok untuk bayi, Anda keliru. Bayi tidak menyukainya karena bahan tersebut itu membuat bayi gerah. Sangat disarankan untuk memilih boneka yang diisi dengan kapas agar memudahkan tangan bayi yang kecil dapat menggengamnya.

Juga ada mainan yang disebut bamboo shoots yang berbentuk seperti hand-donut dan sticks, yang membuat bayi mudah untuk menggenggam. Juga ada jenis boneka plush toys dengan empeng (dot).

Boneka cerdas yang dapat mendorong perkembangan bayi

Boneka binatang yang cerdas yang dapat mendorong perkembangan bayi

Educational toys yang menggabungkan unsur pembelajaran ke dalam permainan sudah sangat populer. Ada banyak jenis mainan yang dapat dipelajari dan mendorong perkembangan intelektual bayi.

Juga untuk mainan boneka yang dapat berbunyi, bayi akan dapat belajar dari sentuhan dan suaranya. Mainan boneka binatang yang dapat ditaruh di stroller ataupun carseat dapat mendorong bayi unuk belajar menyentuh ataupun menggerakkan boneka tersebut agar terdengar suaranya.

Boneka yang dilengkapi dengan melodi yang unik, untuk menidurkan bayi

Boneka yang dilengkapi dengan melodi yang unik, untuk menidurkan bayi

Boneka yang mengeluarkan suara dengan menggunakan baterai sudah sangat populer. Produk ini di dalamnya diisi dengan melodi yang dapat membuat bayi tertidur. Saat melodi tersebut diputar, bayi akan dapat tertidur dengan nyenyak sekali.

Namun itu semua tergantung dengan produknya. Beberapa bayi akan mulai menangis ketika melodi terdengar untuk pertama kalinya. Boneka ini dapat digunakan dari bayi hingga usia sekitar 4 sampai 5 tahun. Produk ini juga dapat menenangkan ketika bayi menangis pada malam hari.

Cara memilih plush toy

Mari kita lihat bagaimana cara memilih boneka untuk bayi. Silahkan Anda memilih mainan boneka yang aman dan lembut untuk bayi Anda.

Pilihlah boneka yang menggunakan bahan yang  friendly di kulit bayi

Pilihlah boneka yang menggunakan bahan yang friendly di kulit bayi

Ketika memilih mainan boneka binatang untuk anak, pilihlah bahan yang sangat aman di kulit bayi Anda. Sangat disarankan dan lebih aman jika Anda memilih mainan boneka yang menggunakan kapas organik.

Selain itu, jika kulit bayi Anda sangat sensitif, sebaiknya berhati-hati dengan kadar formaldehida yang terdapat pada boneka. Jika dalam proses pembuatan mainan boneka tersebut mengandung kadar formaldehida, mungkin dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Sebaiknya Anda memilih mainan boneka yang tidak mengandung formaldehida.

Pilihlah mainan boneka yang telah memenuhi standar keamanan

Pilihlah mainan boneka yang telah memenuhi standar keamanan

Ketika bermain boneka, bayi akan menyentuh dan menjilat boneka tersebut. Pilihlah boneka yang telah diuji dan telah disetujui keamanannya oleh pihak ketiga karena itu merupakan salah satu kriteria keamanan yang harus dipenuhi.

Ada beberapa standar keamanan di masing-masing negara misalnya European Safety Standard (Ce), American Society for Testing Materials (ASTM) dan International Standard Ecotex. Jika dibuat di Indonesia harus memenuhi standar keamanan dari Badan Standardisasi Nasional (SNI).

Pilihlah boneka yang tidak menggunakan small parts

Pilihlah boneka yang tidak menggunakan small parts

Ada mainan boneka yang dibuat dengan menggunakan berbagai bahan, seperti mata terbuat dari manik-manik atau kancing. Dalam keadaan ini ada kemungkinan bayi menggigit dan menelan bagian-bagian kecil tersebut. Sebaiknya ketika Anda memberikan mainan boneka ke bayi, pilihlah boneka yang tidak menggunakan bagian-bagian kecil ini seperti di bagian mata. Mungkin lebih baik Anda memilih dengan menggunakan bordir.

Pilihlah boneka yang kemungkinan dapat dicuci

Pilihlah boneka yang kemungkinan dapat dicuci

Beberapa boneka ada yang tidak dapat dicuci di beberapa bagiannya. Namun ada baiknya Anda harus tetap menjaga kebersihan boneka tersebut karena bayi sangat suka menjilati boneka binatangnya. Jika memungkinkan Anda dapat memilih boneka dengan bagian yang bisa dicuci. Jika Anda mencuci dengan mesin cuci, akan lebih mudah untuk dibersihkan. Namun itu tergantung pada pabrik pembuatnya, ada yang hanya bisa dicuci dengan tangan. Jadi sebelum membeli sebaiknya memeriksa terlebih dahulu.

10 Rekomendasi plush doll terbaik

Disini kami akan merekomendasikan 10 pilihan plush doll terbaik. Tentunya kami akan memilih boneka yang aman, nyaman dan mudah untuk dibersihkan serta memiliki fitur yang menarik. Simak ya!

10. Skip Hop Bandana Buddies Activity Toy Dog

10. Skip Hop Bandana Buddies Activity Toy Dog

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 349.000

Mainan boneka yang dilengkapi dengan teether

Ketika bermain, bayi akan sangat senang menggigit mainannya, apalagi jika bayi akan tumbuh gigi. Mainan boneka untuk 3 bulan ke atas ini ini akan sangat cocok dengan situasi tersebut karena dilengkapi dengan teether yang lembut sehingga bayi bisa bermain sambil menggigit-gigit. Jangan khawatir dengan keamanan dari boneka ini karena bebas BPA, PVC dan phthalate sehingga terbebas dari zat yang membahayakan untuk bayi.

Selain itu mainan boneka ini akan sangat membantu Anda ketika melakukan perjalanan atau sekedar berpergian dengan bayi. Mainan boneka ini dapat Anda pasang di stroller, car seat atau infant carrier sehingga bayi dapat bermain-main dan tidak mudah bosan. Sangat membantu bukan?!

9. Summer Infant Slumber Buddies Elephant

9. Summer Infant Slumber Buddies Elephant

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 728.000

Boneka proyeksi yang dapat menenangkan bayi

Menenangkan dan menidurkan bayi bukanlah hal yang mudah, namun dengan boneka ini masalah tersebut dapat diatasi. Boneka ini dapat menampilkan gambar bintang yang dapat diproyeksikan ke langit dan dinding kamar bayi. Ditambah dengan pilihan melodi yang dapat menenangkan dan membuat bayi Anda tertidur. Anda dapat menaruh boneka di meja ataupun biarkan bayi memeluknya. Memudahkan pekerjaan Anda bukan?

Selain cocok digunakan untuk bayi, boneka ini juga bisa digunakan oleh orang dewasa jika kesulitan untuk tidur. Bulu yang halus akan membuat boneka ini sangat nyaman untuk dipeluk. Selain itu, boneka ini dilengkapi fitur auto shut off yang dapat Anda pasang sesuai dengan menit yang dipilih, jadi Anda dapat menghemat pemakaian baterai.

8. ELC My First Talking Ted

8. ELC My First Talking Ted

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 349.000

Memiliki fitur interaktif yang menyenangkan untuk bayi

Jika Anda mencari boneka interaktif untuk bayi Anda, maka produk ini sangat cocok untuk Anda beli. Boneka teddy bear ini akan sangat menghibur bayi karena dapat berbicara ketika ditekan di bagian tertentu. Bayi Anda akan belajar kosakata baru dan mengekspresikan emosi mereka dengan mencium dan memeluk. Sangat mengedukasi dan menghibur bukan?

Boneka ini sangat cocok untuk dimainkan mulai dari usia 3 bulan. Selain itu jika bayi Anda kesulitan untuk tidur, boneka ini akan membantu mengantar tidur. Boneka ini ketika dipencet akan memainkan lima lagu yang akan menenangkan bayi hingga tertidur. Bayi Anda dapat tidur sambil memeluk boneka tersebut dengan bulu halusnya yang akan membuat nyaman.

7. Melissa and Doug Blossom Bunny Rabit

7. Melissa and Doug Blossom Bunny Rabit

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 863.000

Dapat dicuci dengan mesin cuci

Semua bayi pasti akan sangat menyenangi boneka kelinci. Dengan telinga panjang dan bulu yang lembut, mainan boneka ini bisa menjadi pilihan Anda. Boneka kelinci ini akan sangat nyaman untuk dipeluk dan tidak akan menyebabkan iritasi di kulit karena terbuat dari bahan polyester yang bebas dari bahan kimia. Jika bayi sudah mengantuk, Anda tidak perlu bingung mencari bantal karena boneka ini dapat dijadikan bantal untuk bayi.

Mainan boneka ini sangat cocok untuk dimainkan dari 3 bulan ke atas. Anda dapat bermain peran dan mengajarkan berbagai hal menggunakan boneka ini. Ketika sering dimainkan tentunya Anda sangat menaruh perhatian akan kebersihan boneka, namun tak perlu khawatir karena boneka ini dapat dicuci dengan mesin cuci. Jadi Anda akan merasa tenang jika bayi memainkan boneka ini.

6. Playgro Clip Clop Donkey Teether Book

6. Playgro Clip Clop Donkey Teether Book

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 319.000

Boneka dengan berbentuk buku yang berisi gambar yang menarik

Boneka keledai yang lembut ini di dalamnya berisi buku yang menampilkan gambar-gambar yang menarik dan sifatnya mengedukasi. Dilengkapi dengan teether sehingga bayi dapat menggigit-gigit di bagian tersebut. Teether ini akan sangat membantu sekali jika anak sedang tumbuh gigi sehingga bayi dapat sekalian bermain. Boneka ini sangat cocok dimainkan untuk bayi 3 bulan ke atas.

Anda juga dapat mengenalkan berbagai objek di dalam boneka ini yang akan membantu mengembangkan sisi kognitif dan motorik halus dengan tangan dan jari kecil mereka. Mereka dapat melakukan gerakan seperti menggengam, menarik objek dan membuka halaman. Banyak manfaatnya bukan?

5. Jellycat Blossom Beige Bunny

5. Jellycat Blossom Beige Bunny

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.090.000

Sudah diuji dan lulus standar keamanan mainan di Eropa

Mainan boneka kelinci ini berasal dari London. Boneka ini sudah diuji dan lulus European Safety Standard for Toys dan aman untuk segala usia. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika ingin membelikan boneka ini untuk bayi karena sangat aman untuk dimainkan. Boneka ini dapat dimainkan dari mulai bayi yang baru lahir. Untuk menjaga kebersihan, Anda hanya dapat mencuci boneka ini menggunakan tangan.

Bayi Anda akan merasa tertarik untuk memainkan boneka ini karena didesain dengan motif bunga yang lucu di bagian kuping dan kakinnya. Dibuat dari bahan 100% polyester dan bulu yang lembut akan memberi kenyamanan ketika bayi memeluk boneka ini. Boneka ini memang tergolong mahal jadi jika Anda ingin membelikan boneka ini untuk bayi Anda sebaiknya siapkan budget lebih.

4. Infantino Hug and Tug Musical Flamingo

4. Infantino Hug and Tug Musical Flamingo

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 677.000

Boneka yang ditarik yang akan mengeluarkan musik

Jika Anda mempunyai masalah dengan bayi yang sulit tidur ataupun ketika diajak berpergian mudah bosan, maka mainan boneka ini sangat cocok untuk dibeli. Mainan boneka ketika ditarik akan mengeluarkan musik yang akan membantu bayi tertidur. Selain itu bayi Anda juga akan berlatih motorik halusnya dalam menyentuh, menarik dan menggenggam.

Mainan boneka ini dapat memudahkan Anda karena dapat digantung di car seat ataupun stroller, sehingga bayi dapat bermain sepuasnya. Ketika berpergian mainan boneka ini wajib Anda bawa karena akan dapat menyibukkan dan menenangkan bayi agar tidak mudah bosan. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi untuk membawa bayi untuk berpergian.

3. IKEA Jattestor Elephant

3. IKEA Jattestor Elephant

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 339.000

Boneka besar yang dapat dijadikan bantal

Boneka dari Eropa ini sudah teruji keamanannya untuk dimainkan oleh bayi. Bulu boneka ini sangat halus sehingga bayi akan sangat nyaman memeluk boneka ini. Selain itu karena bentuknya yang cukup besar, Anda dapat menggunakannya sebagai bantal untuk bayi tidur. Dijamin bayi Anda akan merasa senang karena tidur dengan boneka kesayangannya.

Selain untuk bermain, Anda juga bisa mengenalkan binatang gajah kepada anak Anda. Karena binatang gajah termasuk yang jarang bisa ditemui sehari-hari. Bayi Anda akan dapat terbantu mengembangkan imajinasinya ketika sedang bermain. Sangat menyenangkan dan bermanfaat bukan boneka ini?!

2. Gund Animated Peek A Boo Bear

2. Gund Animated Peek A Boo Bear

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 230.000

Boneka yang mengajak bermain peek a boo

Mainan boneka yang berasal dari Amerika ini akan sangat menarik perhatian bayi. Boneka ini akan mengajak bermain peek a boo atau petak umpet sambil mengucapkan enam kalimat yang berbeda. Dari sisi edukasi, boneka beruang ini akan mengucapkan kalimat baru yang akan dipelajari oleh bayi. Tentunya bayi Anda akan merasa senang karena boneka beruang ini seolah-olah mengajak bayi Anda berbicara dan bermain bersama-sama.

Selain itu, selimut yang dipakai untuk bermain peek a boo akan sangat menarik perhatian bayi. Bayi akan sangat berusaha untuk menyentuh atapun menarik selimut berbahan satin ini. Mainan boneka ini dapat dimainkan dari bayi yang baru lahir. Namun yang harus diperhatikan mainan ini menggunakan baterai, sehingga Anda perlu mengawasi ketika bayi yang lebih muda sedang bermain.

1. Lamaze Octotunes

1. Lamaze Octotunes

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.033.00

Mengenalkan delapan bunyi nada yang berbeda

Boneka octopus yang berwarna-warni itu tentunya pasti disukai bayi. Dari nama bonekanya sudah pasti akan berhubungan dengan nada. Boneka ini ketika diperas tentakelnya akan mengeluarkan delapan bunyi nada yang berbeda. Mainan boneka ini akan mendukung perkembangan motorik halus bayi karena bayi akan belajar memegang dan meremas dari bagian boneka tersebut.

Boneka ini dapat dimainkan mulai dari lahir. Warna-warna yang cerah dan wajah octopus yang sangat ramah akan sangat menarik perhatian bayi yang masih lebih kecil. Tenang saja jika Anda mempunyai bayi yang sudah mulai besar, bayi akan dapat mengeksplorasi bunyi dari tentakel tersebut dengan cara meremas. Mainan boneka ini memang tergolong mahal namun boneka ini dapat dimainkan untuk beberapa tahun ke depan.

Kesimpulan

Boneka merupakan sahabat bermain untuk bayi Anda. Dengan memainkan boneka akan membantu bayi belajar dan mengembangkan kemampuannya dengan cara bermain yang menyenangkan. Tentunya standar keamanan dan kualitas akan sangat menjadi perhatian Anda dalam memilih dan membeli boneka untuk bayi.

Nah bagaimana dengan 10 rekomendasi boneka untuk bayi yang kami berikan? Apakah sudah ada yang cocok dengan kebutuhan bayi Anda? Pastikan boneka tersebut aman untuk usianya dan nyaman dimainkan oleh bayi Anda. Semoga bayi Anda dapat belajar dan bermain dengan nyaman serta menyenangkan!