1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Mainan & aktivitas bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Boneka Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Boneka Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Boneka Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Boneka Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Boneka Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Boneka Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Boneka Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023)

Banyak orang menjadikan boneka sebagai teman bermain bayinya. Hal ini tidak salah, tetapi Anda harus mencari boneka yang aman untuk bayi. Untuk itu, kami akan mengulas rekomendasi boneka untuk bayi yang bagus dan lucu. Beberapa di antaranya adalah plush doll yang imut, boneka rattle untuk digantung di stroller, boneka musik, dan boneka edukatif.

 
Ada beberapa merek boneka untuk bayi, seperti Mattel, IKEA, hingga Playgro. Jika Anda mencari boneka untuk bayi baru lahir ataupun bayi yang bisa merangkak, artikel ini layak dibaca. Yuk, dapatkan boneka terbaik kesukaan bayi Anda di sini!

Diperbaharui 09-25-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih boneka untuk bayi

Penting untuk mempertimbangkan keamanan bayi saat memilihkan boneka untuknya. Karena itu, simak dengan saksama ulasan mengenai cara memilih boneka yang tepat untuk bayi berikut ini.

① Pilihlah boneka berdasarkan cara memainkannya

Ada beragam jenis boneka untuk bayi. Hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah mengetahui jenis-jenisnya sesuai cara memainkannya. Selanjutnya, Anda dapat memilih sesuai dengan tahapan perkembangan atau usia bayi.

Jenis rattle, mudah digenggam dan dapat dimainkan sendiri

Jenis rattle, mudah digenggam dan dapat dimainkan sendiri

Apabila Anda menginginkan sesuatu yang mudah dipegang atau disentuh bayi, pilihlah mainan rattle. Rattle sangat mudah digenggam dan digoyang-goyangkan bahkan oleh tangan kecil bayi. Selain itu, rattle juga sangat cocok dijadikan mainan pertama untuk bayi.


Contoh mainan rattle antara lain adalah mainan kerincingan tipe tongkat. Selain bisa dimainkan sendiri, tipe ini mudah digenggam bahkan oleh bayi yang belum pandai menggenggam. Ada pula mainan rattle berbentuk cincin. Tipe ini dapat terus digoyang-goyangkan bayi tanpa takut akan terlepas.

Jenis musik, menenangkan bayi dalam sekejap

Jenis musik, menenangkan bayi dalam sekejap

Boneka yang bisa mengeluarkan musik dapat dipertimbangkan jika Anda mencari boneka untuk membantu menenangkan bayi ketika rewel. Boneka musik dapat menarik perhatian bayi dengan mudah. Jika Anda juga menggerakkan boneka tersebut, si kecil pasti akan makin tertarik.


Beberapa mainan bahkan bisa secara otomatis berbunyi ketika bayi mulai menangis. Mainan jenis ini dapat Anda gunakan untuk bayi baru lahir hingga berusia 4–5 tahun. Boneka seperti ini tentu akan sangat membantu saat bayi menangis pada malam hari.

Jenis edukatif, dapat membantu tumbuh kembang bayi

Jenis edukatif, dapat membantu tumbuh kembang bayi

Anda ingin memasukkan elemen pembelajaran ke dalam mainan bayi? Jika demikian, coba pilih jenis mainan edukatif. Selain mengenalkan bayi dengan warna, suara, dan tekstur, mainan edukatif juga dapat ditarik dan digoyangkan untuk merangsang panca indra. Boneka edukatif ini sangat sempurna untuk melatih imajinasi bayi Anda.


Ada tipe yang bisa dimainkan dengan tangan, ada pula tipe yang bisa dipasang di kereta bayi dan kursi anak. Jika suara dan teksturnya beraneka ragam, bayi akan senang memainkannya terus-menerus.

Jenis karakter, bisa jadi teman untuk si bayi

Jenis karakter, bisa jadi teman untuk si bayi

Boneka binatang atau karakter bisa dijadikan teman pertama bayi Anda saat kecil. Boneka ini akan menjadi mainan pendamping seiring pertumbuhan bayi Anda. Pilihlah satu yang terlihat menggemaskan atau berwarna-warni dan menarik perhatian si kecil. Buah hati Anda pasti akan menyukainya.


Ketika bayi berusia sekitar dua atau tiga tahun, boneka karakter dapat menjadi teman tidur dan teman bermain. Bahkan, jika boneka tersebut disimpan dengan baik, boneka tetap dapat dimainkan setelah bayi Anda besar.

② Pastikan bahan boneka nyaman untuk kulit bayi

Pastikan bahan boneka nyaman untuk kulit bayi

Pilihlah bahan yang aman dan nyaman untuk disentuh oleh bayi Anda. Bahan yang kami rekomendasikan adalah kapas organik. Bahan dengan kapas organik enak disentuh dan lembut untuk kulit halus bayi Anda.


Selain kapas organik, boneka berbahan kain terry juga aman. Seratnya yang berbentuk loop akan terasa lembut dan tak mudah tersangkut di jari atau kuku kecil bayi. Boneka dengan pewarna organik juga aman untuk bayi walaupun warnanya memudar. Apalagi jika ada label "non-formaldehyde", Anda bisa lebih tenang memberikannya untuk bayi.

③ Carilah boneka dengan ukuran yang mudah dipegang bayi

Carilah boneka dengan ukuran yang mudah dipegang bayi

Ada berbagai ukuran boneka, tetapi ukuran boneka terbaik untuk bayi adalah yang bisa dipegang bayi dengan mudah. Jika bonekanya terlalu besar, bayi Anda tidak akan bisa mengangkatnya. Untuk itu, pilihlah boneka yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil, dengan pedoman 20–30 cm.

④ Periksa standar keamanan boneka

Periksa standar keamanan boneka

Ketika bermain boneka, bayi akan menyentuh dan menjilat boneka tersebut. Pilihlah boneka yang telah diuji dan terjamin keamanannya. Beberapa standar keamanan yang umum adalah Standar Keamanan Eropa (CE), American Society for Testing Materials (ASTM), dan OEKO-TEX. Anda juga bisa mencari boneka buatan Indonesia yang memenuhi SNI.

⑤ Hindari boneka yang memiliki komponen-komponen kecil

Hindari boneka yang memiliki komponen-komponen kecil

Hal lain yang perlu diperiksa ketika memastikan keamanan boneka adalah ada tidaknya komponen kecil. Kami menyarankan Anda agar memilih mata atau hidung boneka yang dibordir dibandingkan yang menggunakan manik-manik.


Selain itu, pilih boneka yang tidak menggunakan komponen kecil yang mudah dilepas. Hal ini penting karena ada risiko komponen tersebut tertelan jika bayi menjilati atau menariknya.


Hindari pula boneka yang menggunakan tali panjang yang mudah ditangkap tangan atau kaki bayi Anda. Hal ini supaya kaki si kecil Anda tidak terjerat atau terlilit. Jadi, sebaiknya pilihlah boneka yang sesederhana mungkin.

⑥ Pertimbangkan boneka yang dapat dicuci

Pertimbangkan boneka yang dapat dicuci

Boneka yang dimainkan bisa menjadi kotor karena sentuhan, air liur, bahkan bisa saja terkena susu. Oleh karena itu, ada baiknya memilih boneka yang bisa dicuci. Banyak produk yang bisa dicuci dengan tangan. Namun, boneka yang bisa dicuci dengan mesin cuci tentu lebih praktis.


Jika menggunakan mesin cuci, Anda tinggal memasukkannya ke dalam jaring dan mencucinya bersama pakaian yang lain. Dengan begitu, Anda bisa menjaga boneka tersebut tetap bersih setiap saat. Jika bisa dicuci, boneka tersebut pun bisa digunakan untuk waktu yang lama.

10 Rekomendasi boneka terbaik untuk bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk boneka terbaik untuk bayi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Baby Loop

Bunny Minky Doll

Baby Loop Bunny Minky Doll 1枚目

Teksturnya bisa mengasah syaraf sensorik anak

2

Mattel

Fisher-Price Soothe & Glow Seahorse

Mattel Fisher-Price  Soothe & Glow Seahorse  1枚目

Iringi bayi Anda tidur dengan suara yang menenangkan

3

Playgro

Clip Clop Activity Rattle

Playgro Clip Clop Activity Rattle 1枚目

Mainan interaktif untuk menstimulasi motorik dan sensorik anak

4

IKEA

FABLER BJÖRN

IKEA FABLER BJÖRN 1枚目

Plush toys yang lembut dan empuk dipeluk

5

Cuit

Kojo Rattle Doll (Boneka Edukasi)

Cuit Kojo Rattle Doll (Boneka Edukasi) 1枚目

Sarana mendongeng atau bonding time antara orang tua dan anak

6

Imundex

Boneka Multifungsi

Imundex Boneka Multifungsi 1枚目

Mainan boneka yang dilengkapi dengan teether

7

Little Friends

Wrist and Ankle

Little Friends Wrist and Ankle 1枚目

Hadirkan suara gemerincing saat bayi bergerak

8

GUND

Animated Flappy

GUND Animated Flappy 1枚目

Bermain peek-a-boo dengan otomatis menggerakkan telinganya

9

Istana Boneka

Boneka Bola Kerincing Warna Warni

Istana Boneka Boneka Bola Kerincing Warna Warni 1枚目

Bola lembut yang mengajak si kecil aktif bergerak

10

Mothercare

ELC My First Talking Ted

Mothercare ELC My First Talking Ted 1枚目

Memiliki fitur interaktif yang menyenangkan untuk bayi

Perincian produk
Close
No.1

Baby LoopBunny Minky Doll

Mulai dari Rp89.000,00

Teksturnya bisa mengasah syaraf sensorik anak

Kelebihan:

  • Boneka empuk dan menggemaskan
  • Tekstur bahan bertotol, bisa mengasah sensorik anak

Kekurangan:

  • Tidak ada pilihan warna, hanya warna putih dengan sedikit warna pink atau biru di telinga

Boneka ini memiliki permukaan yang bertotol sehingga dapat digunakan untuk menstimulasi sensorik anak. Si kecil bisa belajar kasar dan halus menggunakan boneka ini. Misalnya, menyentuh telinga boneka yang teksturnya halus dan menyentuh badan boneka yang teksturnya kasar.


Selain itu, boneka ini juga empuk dengan bahan yang tersertifikasi aman dimainkan anak-anak. Karena bentuknya cukup panjang, boneka ini bisa dipakai mainan ataupun teman tidur si kecil.

No.2

MattelFisher-Price Soothe & Glow Seahorse

Mulai dari Rp372.900,00

Iringi bayi Anda tidur dengan suara yang menenangkan

Kelebihan:

  • Bahan boneka lembut dan empuk sehingga tidak melukai anak

Kekurangan:

  • Sulit dicuci karena terdapat mesin musik dan lampu

Menidurkan bayi bukanlah hal yang mudah, tetapi Anda dapat membuatnya sedikit lebih ringan jika memiliki boneka ini. Mattel merancangnya agar dapat mengeluarkan suara dan lampu lembut untuk menenangkan dan membuat bayi Anda tertidur. Bentuknya seperti guling sehingga bayi Anda dapat tertidur sambil memeluknya.


Untuk lampunya bisa diatur mulai dari 10 detik hingga 5 menit. Selain itu, ada juga delapan macam musik lullaby dan suara laut yang menenangkan. Volume suara pun bisa diatur sesuai dengan keinginan. Mainan ini sangat kami rekomendasikan jika Anda memiliki bayi yang mudah rewel pada malam hari.

No.3

PlaygroClip Clop Activity Rattle

Mulai dari Rp229.000,00

Mainan interaktif untuk menstimulasi motorik dan sensorik anak

Kelebihan:

  • Bisa digantung di atas stroller atau car seat

Kekurangan:

  • Tidak bisa mengeluarkan suara musik, tetapi hanya gemerincing

Mainan interaktif dari Playgro ini dilengkapi berbagai fitur, seperti kerincingan, manik-manik bergelombang, dan beragam tekstur. Boneka berbentuk keledai ini adalah mainan yang tepat untuk menstimulasi motorik dan sensorik si kecil.


Di sisi lain, ukurannya terbilang kecil sehingga mudah digenggam oleh bayi Anda. Ada juga clip yang memudahkannya untuk digantung di stroller. Jadi, bayi Anda dapat memainkannya kapan saja dan di mana saja.

No.4

Plush toys yang lembut dan empuk dipeluk

Kelebihan:
  • Empuk dan nyaman dipeluk
  • Ringan dibawa ke mana saja

Kekurangan:

  • Ukurannya relatif kecil, kurang nyaman untuk dipeluk

Boneka plush ini memiliki bulu yang sangat halus sehingga bayi akan sangat nyaman memeluknya. Selain itu, kontrasnya perbedaan warna dan tekstur boneka dapat membantu merangsang indera sentuhan dan penglihatan bayi.


Dari segi harga, plush doll ini juga terbilang sangat murah jika dibandingkan mainan boneka lain di rekomendasi produk. Boneka ini sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang mencari produk berkualitas dengan harga terjangkau.

No.5

CuitKojo Rattle Doll (Boneka Edukasi)

Mulai dari Rp74.000,00

Sarana mendongeng atau bonding time antara orang tua dan anak

Kelebihan:

  • Bisa dicuci, tetapi tanpa menggunakan mesin cuci
  • Bisa menjadi hiasan atau gantungan

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mengeluhkan kerincing yang tidak berbunyi atau harus ditekan dengan keras

Mendongengkan kepada bayi merupakan salah satu bonding time terbaik. Namun, kadang tidak setiap orang bisa melakukannya dengan baik. Cuit, merek lokal ini hadir untuk membantu memaksimalkan kualitas bonding time antara orang tua dan anak.


Boneka tangan seri Kojo ini memiliki empat macam karakter daun, yaitu Mappy, Kojji, Clovy, dan Monnie. Semuanya bisa mengeluarkan suara gemerincing yang menarik. Jadi, bayi akan menyimak dongeng Anda dengan asyik.

No.6

ImundexBoneka Multifungsi

Mulai dari Rp140.000,00

Mainan boneka yang dilengkapi dengan teether

Kelebihan:

  • Bisa mengeluarkan suara dengan menarik tuas di ekor
  • Terdapat mainan kerincing dan teether

Kekurangan:

  • Hanya cocok untuk bayi 6 bulan ke atas

Ketika bermain, bayi akan sangat senang menggigit mainannya, apalagi jika bayi akan tumbuh gigi. Boneka ini dilengkapi dengan teether yang lembut sehingga bayi bisa bermain sambil menggigit-gigitnya.


Selain itu, boneka ini akan sangat membantu bagi Anda saat melakukan perjalanan atau sekedar berpergian dengan bayi. Boneka ini dapat dipasang di stroller atau car seat sehingga bayi dapat bermain-main dan tidak mudah bosan. Sangat membantu, bukan?

No.7

Little FriendsWrist and Ankle

Mulai dari Rp65.400,00

Hadirkan suara gemerincing saat bayi bergerak

Kelebihan:

  • Warna dan suaranya menarik perhatian bayi

Kekurangan:

  • Beberapa bayi mungkin akan risih saat tangannya memakai gelang

Sesuai namanya, boneka rattle yang satu ini dapat dipasangkan pada pergelangan tangan atau pergelangan kaki bayi. Anda bisa menjadikannya aksesori sekaligus mainan bayi. Jadi, setiap kali bayi bergerak, akan terdengar suara gemerincing. Si kecil akan makin bersemangat menggerakkan tangan dan kakinya. Pengikatnya pun sangat lembut dan aman, tak akan melukai kulit si kecil.

No.8

Bermain peek-a-boo dengan otomatis menggerakkan telinganya

Kelebihan:
  • Bisa berbicara dan menyanyi dengan menekan ujung kaki boneka
  • Telinga gajah bisa bergerak menutup mata
  • Bulu boneka tidak mudah rontok

Kekurangan:

  • Sulit dicuci karena terdapat mesin suara yang bekerja dengan tenaga baterai

Boneka ini akan mengajak bayi Anda bermain peek-a-boo atau cilukba dan bernyanyi. Tekan ujung kaki kanannya yang bertuliskan "Sing" supaya boneka bernyanyi dan ujung kaki kiri bertuliskan "Play" untuk bermain cilukba.


Tenang! Suara yang dikeluarkan boneka ini lembut dan tidak mengagetkan bayi. Boneka gajah ini menggemaskan karena telinganya bisa bergerak menutupi matanya saat mengajak anak bermain cilukba. Bayi Anda pasti menyukainya!

No.9

Istana BonekaBoneka Bola Kerincing Warna Warni

Mulai dari Rp39.000,00

Bola lembut yang mengajak si kecil aktif bergerak

Kelebihan:

  • Bisa mengeluarkan suara gemerincing untuk menarik minat anak
  • Tidak mudah kempes

Kekurangan:

  • Lebih cocok dimainkan oleh bayi usia enam bulan ke atas

Bayi akan mulai merangkak saat berusia tujuh bulan. Nah, Anda dapat membelikannya boneka bola ini untuk membuatnya makin aktif bergerak. Sebagaimana Anda ketahui, bayi sangat senang dengan bola atau sesuatu yang bergerak.


Anda dapat bermain kejar-mengejar bola ataupun lempar tangkap dengan bayi. Anda pun tak perlu mengkhawatirkan keamanannya karena bola boneka ini empuk dan lembut. Selain itu, di dalam boneka bola ini juga terdapat suara gemerincing untuk menarik minat anak bergerak.

No.10

MothercareELC My First Talking Ted

Mulai dari Rp529.000,00

Memiliki fitur interaktif yang menyenangkan untuk bayi

Kelebihan:
  • Bisa mengeluarkan suara
  • Bonekanya empuk dan bulunya lembut

Kekurangan:

  • Sulit dicuci karena terdapat mesin suara di dalam tubuh boneka

Jika Anda mencari boneka interaktif untuk bayi berusia tiga bulan ke atas, boneka ini sangat cocok untuk dibeli. Boneka teddy bear ini akan sangat menghibur bayi karena dapat berbicara ketika ditekan di bagian tertentu. Jadi, buah hati Anda dapat belajar kosakata baru sekaligus mengekspresikan emosi dengan mencium dan memeluknya.


Selain itu, boneka ini mampu memainkan lima lagu yang akan menenangkan bayi ketika ditekan. Bayi Anda pun dapat tidur sambil memeluk boneka tersebut dengan bulu halusnya yang nyaman.

Perawatan untuk boneka yang tidak dapat dicuci

Perawatan untuk boneka yang tidak dapat dicuci

Beberapa boneka untuk bayi mungkin tidak bisa dicuci sehingga banyak orang tua yang ragu untuk membelinya. Namun, membersihkan boneka yang tidak bisa dicuci sebenarnya sangat mudah.


Tepuk saja untuk menghilangkan debu kasar, kemudian taburi dengan soda kue. Taburkan soda kue secara menyeluruh dan diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan. Hal ini tidak hanya akan membantu menghilangkan noda, tetapi juga membersihkan bau.


Di sisi lain, Anda juga bisa menggunakan semprotan disinfektan. Gunakan semprotan disinfektan khusus bayi sehingga mainan tetap aman saat bayi Anda memainkan kembali bonekanya. Apabila Anda tahu cara merawatnya, Anda bisa membeli boneka yang tidak bisa dicuci tanpa khawatir.

Baca juga rekomendasi mainan lainnya untuk bayi di sini

Selain boneka, ada beragam jenis mainan lainnya untuk bayi, seperti mainan gantung, play gym, dan mainan edukatif. Silakan baca artikel rekomendasinya di bawah ini.

Kesimpulan

Boneka merupakan sahabat bermain untuk bayi. Bermain boneka dapat membantu bayi belajar dan mengembangkan kemampuannya dengan cara nan menyenangkan. Namun, jangan lupa perhatikan standar keamanan dan kualitas karena keduanya penting.


Nah, bagaimana dengan sepuluh rekomendasi boneka untuk bayi yang kami berikan? Apakah sudah ada yang cocok dengan kebutuhan bayi Anda? Pastikan bonekanya aman dan nyaman untuk bayi Anda. Semoga bayi Anda dapat bermain dengan nyaman dan menyenangkan! Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer