• 10 Permen Mint Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Permen Mint Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Permen Mint Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Permen Mint Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Permen Mint Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Permen Mint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Banyak orang menyukai permen mint karena sensasi segar yang dirasakan saat mengulumnya. Selain itu, permen peppermint juga memiliki efek meredakan sakit tenggorokan hingga rasa mual untuk ibu hamil. Kali ini kami akan mengulas rekomendasi permen mint yang bagus dan enak.


Berbagai merek permen mint terbaik sudah disiapkan, baik permen mint untuk menyegarkan napas maupun permen mint untuk ibu hamil. Bahkan, ada juga permen mint bebas gula untuk Anda yang sedang diet. Beberapa merek permen rasa mint yang akan diulas adalah Alba Pastilles, Relaxa, Frozz, dan sebagainya. Yuk, lanjutkan membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Noni Rosliyani
  • Pembaharuan terakhir: 28 September 2022
Daftar isi

Cara memilih permen mint

Permen mint merupakan permen yang mengandung peppermint, sejenis tanaman dari genus Mentha sebagai pemberi rasa mint. Ada banyak varian yang dapat dipilih, tetapi sesuaikanlah dengan selera dan tujuan Anda memakannya.

Pilih permen mint sesuai dengan manfaatnya

Di bawah ini akan kami bahas jenis-jenis permen mint berdasarkan khasiat yang akan Anda dapatkan ketika mengonsumsinya. Simak setiap poinnya dengan saksama, ya!

Permen dengan pemanis xylitol: Untuk menghilangkan bau mulut

Permen dengan pemanis xylitol: Untuk menghilangkan bau mulut

Pernahkah Anda mengalami bau mulut setelah makan makanan berbumbu kuat, seperti rendang atau ayam bakar? Nah, permen mint dapat membantu Anda menghilangkan bau tersebut. Namun, permen mint yang mengandung gula malah akan memicu berkembangnya bakteri penyebab bau mulut.


Karena itu, jika Anda ingin menghilangkan bau mulut, produk bebas gula yang mengandung xylitol adalah pilihannya. Xylitol mampu menekan perkembangan bakteri penyebab karies gigi dan menstimulasi sekresi air liur untuk mencegah bau mulut. Jadi, periksa ada tidaknya xylitol saat memilih produk apabila Anda ingin terbebas dari bau mulut.

Permen dengan kandungan peppermint: Menyegarkan dan merelaksasi pikiran

Permen dengan kandungan peppermint: Menyegarkan dan merelaksasi pikiran

Mint dikenal sebagai tanaman herbal yang menenangkan. Di antara tanaman mint, peppermint merupakan varietas yang memiliki aroma kuat dan rasa menyegarkan. Tidak heran bila peppermint direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh Anda yang menginginkan efek relaksasi atau penyegaran. Anda bisa mengonsumsinya sambil beristirahat sebelum kembali beraktivitas.

Permen dengan kandungan mentol yang kuat: Bantu atasi kantuk

Permen dengan kandungan mentol yang kuat: Bantu atasi kantuk

Jumlah mentol dalam permen mint bergantung pada komposisi dan jenis mint yang digunakan. Permen dengan kandungan mentol yang kuat akan memberi rasa dingin dan segar sehingga akan mengurangi kantuk. Permen ini sangat cocok dikonsumsi saat sedang mengemudi atau belajar, bukan?

Permen dengan herbal tertentu: Bantu atasi tenggorokan kering dan radang

Permen dengan herbal tertentu: Bantu atasi tenggorokan kering dan radang

Beberapa permen mint yang dijual di pasaran dapat mengatasi radang tenggorokan atau tenggorokan kering dan batuk, lho. Produk seperti ini mengandung bahan-bahan herbal tertentu yang dapat meringankan rasa tidak nyaman di hidung serta tenggorokan. Jadi, produk dengan kandungan mentol bisa dijadikan pilihan untuk mengatasi hidung tersumbat.

Carilah produk rendah kalori atau bebas gula jika sedang berdiet

Carilah produk rendah kalori atau bebas gula jika sedang berdiet

Saat mendengar kata permen, Anda mungkin membayangkan banyaknya kandungan gula yang ada di dalamnya. Sebenarnya, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa produk permen yang bebas gula atau rendah kalori. Permen mint bebas kalori dapat menjadi pilihan bagi Anda yang melakukan diet atau sedang membatasi asupan gula.

Pertimbangkan permen dengan kandungan bahan herbal lain di samping mint

Pertimbangkan permen dengan kandungan bahan herbal lain di samping mint

Anak-anak biasanya tidak menyukai sensasi khas dari rasa mentol. Oleh karena itu, kami merekomendasikan permen mint yang mengandung beberapa jenis herbal. Rasa dari herbal lain akan mengurangi sensasi dari mint sehingga lebih mudah dikonsumsi oleh anak-anak. Selain itu, akan lebih baik lagi apabila permen tersebut mengandung xylitol agar anak-anak terhindar dari karies gigi.

Nikmati permen mint isi cokelat sebagai camilan

Nikmati permen mint isi cokelat sebagai camilan

Jika Anda mencari permen yang tidak biasa, mungkin Anda akan menyukai permen mint dengan isian. Salah satu varian isian yang sering dikombinasikan dengan permen mint adalah rasa cokelat. Cokelat nan manis serta mint yang segar memberikan perpaduan yang pas


Anda juga dapat menambahkan permen mint ke dalam minuman cokelat panas favorit Anda. Dengan menambahkan mint, minuman tidak hanya terasa manis, tetapi juga ada sensasi menyegarkan. Menikmatinya bisa memberi efek relaks yang menyenangkan.

Perhatikan jumlah konsumsi permen mint pada ibu hamil

Perhatikan jumlah konsumsi permen mint pada ibu hamil

Kebanyakan ibu hamil sering mengalami morning sickness atau mual muntah. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak ibu hamil yang mengonsumsi permen mint. Mentol di dalam mint memang bisa menenangkan otot-otot perut sehingga bisa meredakan rasa mual muntah. Namun, Anda harus memperhatikan jumlah konsumsinya dalam batas yang wajar.

 
Kebanyakan permen mengandung gula, padahal ibu hamil harus membatasi konsumsi gula agar berat badannya dan berat badan janin terkontrol. Kelebihan berat badan pada ibu hamil bisa memicu diabetes dan berat badan bayi berlebih bisa menghambat persalinan.


Selain itu, terlalu banyak makan permen mint juga bisa memicu munculnya gastroesophageal reflux disease (GERD) atau naiknya asam lambung. Di sisi lain, kondisi hamil muncul perubahan hormon yang membuat kerja pencernaan melambat sehingga ibu hamil kerap terkena GERD. Karena itu, selalu konsultasikan dengan obsgyn Anda sebelum memutuskan untuk mengonsumsi permen mint, ya.

10 Rekomendasi permen mint terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk permen mint terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 26 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Fisherman’s Friend Strong Mint menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Strepsils Original memiliki angka penjualan tertinggi.

10
Jumlah kalori10 kkal per buah
Kandungan gulax
KomposisiPemanis alami isomalt, pengatur keasaman asam sitrat, perisa alami (ekstrak herbal, lemon, mentol), konsentrat wortel (mengandung antioksidan tokoferol), pemanis alami (glikosida steviol), ekstrak mint (0,03%)
Isi11 dan 16
9
Jumlah kalori0 kkal
Kandungan gulax
KomposisiMentol, minyak peppermint, kayu putih, minyak gandapura, dan timol
Isi24 strips
8
Jumlah kalori0 kkal
Kandungan gulax
KomposisiLiquorice, air, dextrin, menthol, gom tragakan, minyak eukaliptus, tinctur capsicum
IsiTidak ada keterangan
7
Jumlah kalori0 kkal
Kandungan gulax
KomposisiPemanis alami sorbitol, antikempal magnesium stearat, perisa artifisial ceri, perisa alami mint, pewarna makanan (karmoisin CI 14720)
IsiTidak ada keterangan
6

Agel LanggengRelaxa Barley Mint (Bag)

Mulai dari Rp 8.400,00

Jumlah kalori10 kkal per butir
Kandungan gula✔︎
KomposisiPerisa sintetik barley mint, garam, ekstrak mint, dan pewarna biru berlian
Isi50 butir
5
Jumlah kalori10 kkal per butir
Kandungan gula✔︎
KomposisiLemak nabati, pembentuk gel (gelatin sapi), pengental (gom arab), perisa peppermint, spearmint, garam, pengemulsi lesitin kedelai, mentol kristal, pewarna makanan (titanium dioksida CI 77891, tartrazin CI 19140, biru berlian CI 42090)
Isi50 butir
4

Perfetti Van MelleGolia Activ Plus Original

Mulai dari Rp 5.000,00

Jumlah kalori10 kkal
Kandungan gula✔︎
KomposisiSirop maltosa, humektan nabati, perisa alami, pengatur keasaman, pewarna sintetik biru berlian
Isi42 butir
3
Jumlah kaloriTidak ada keterangan
Kandungan gula✔︎
KomposisiMinyak nabati, bubuk cokelat, perisa alami peppermint, menthol, pengemulsi lesitin kedelai, pewarna biru berlian CI42090
Isi80 butir
2

P.K.G. GeloraAlba Pastilles Classic Flavour

Mulai dari Rp 8.900,00

Jumlah kaloriTidak ada keterangan
Kandungan gula✔︎
KomposisiPewarna makanan green C-509, menthol mint oil
Isi50 butir
1
Jumlah kaloriTidak ada keterangan
Kandungan gula✔︎
KomposisiAmylmetacresol, dibenal, minyak eukaliptus, pewarna karmoisim, pewarna ponceau, perisa minyak adas manis, perisa minyak peppermint, perisa mentol, dan asam tartarat
Isi6, 8, 12 butir

Pertanyaan umum seputar permen mint

Pertanyaan umum seputar permen mint

Permen mint adalah salah satu jenis permen yang selalu banyak dicari orang. Rasa mint-nya segar sehingga sering dipakai untuk menyegarkan napas dan melegakan tenggorokan. Bila Anda masih memiliki pertanyaan seputar permen mint, berikut ini kami telah merangkum pertanyaannya.

Apakah permen mint baik untuk batuk?

Sebenarnya, dokter tidak menyarankan konsumsi permen mint untuk mengatasi batuk. Akan tetapi, permen mint bila dikonsumsi dalam batas wajar bisa menyejukkan dan meringankan sakit tenggorokan, walaupun sifatnya hanya sementara. Bila Anda mengonsumsi permen mint berlebihan, bisa muncul efek samping, seperti mual, muntah, sakit perut, atau sakit kepala.

Apakah boleh makan permen setiap hari?

Kebanyakan permen mengandung gula, glukosa, dan pemanis buatan jadi tidak baik dikonsumsi setiap hari. Mengonsumsi permen terlalu banyak juga bisa memicu munculnya diabetes atau kerusakan pada gigi. Jadi, meskipun permen dapat meredakan stres dan mengaktifkan hormon bahagia pada otak, tetap beri batasan dalam konsumsinya, ya!

Apakah penderita asam lambung boleh makan permen mint?

Kandungan xylitol dalam permen mint bersifat antibakteri dan bisa menetralkan asam di dalam lambung. Mengonsumsi xylitol dapat meningkatkan air liur yang kemudian menekan asam kembali ke lambung. Akan tetapi, pada orang yang sensitif, permen mint justru dapat meningkatkan asam lambungnya jadi selalu konsultasikan dengan dokter, ya.

Tips mengonsumsi permen mint

Tentu saja permen mint enak untuk dikonsumsi langsung begitu saja. Akan tetapi, Anda dapat menikmati permen ini dengan cara yang berbeda dari biasanya. Berikut beberapa cara yang disarankan untuk mengonsumsi permen mint!

Simpan di kulkas untuk menambah rasa dingin

Simpan di kulkas untuk menambah rasa dingin

Dengan mendinginkan permen terlebih dahulu, Anda akan mendapatkan rasa mentol dan sensasi dingin yang lebih kuat. Cara ini cukup ampuh menghilangkan kantuk di tengah-tengah waktu belajar. Anda juga dapat menggunakan cara ini pada permen mint isi cokelat untuk menikmati tekstur yang berbeda.

Tambahkan permen mint ke dalam teh panas

Tambahkan permen mint ke dalam teh panas

Anda dapat membuat teh rasa mint secara mudah dengan memasukkan sebutir permen mint ke dalam teh panas. Permen mint yang manis juga dapat dijadikan sebagai pengganti gula sehingga Anda tidak perlu menambahkan gula lagi. Jadi, bila Anda ingin menikmati teh herbal dengan mudah, mengapa tidak mencoba cara ini?

Baca juga rekomendasi permen terbaik lainnya di sini!

Selain permen mint, ada banyak sekali varian permen dengan rasa lain. Oleh sebab itu, kami juga telah menyiapkan artikel lain yang membahas produk-produk terkait. Cek link di bawah ini!

Kesimpulan

Banyak sekali permen mint yang dapat Anda temukan di pasaran. Namun, pilih permen mint berdasarkan khasiat yang ingin Anda rasakan. Perhatikan juga kandungannya dan carilah yang sesuai dengan selera Anda.


Ada sepuluh rekomendasi produk yang telah kami berikan. Sudahkah Anda menemukan produk yang ingin dicoba? Silakan gunakan poin-poin di artikel ini untuk menentukan pilihan dan selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Dark Chocolate Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari tiga jenis coklat, yaitu dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate, dark chocolate menjadi jenis coklat yang paling banyak diminati. Pasalnya, dark chocolate memberikan manfaat baik untuk tubuh, termasuk saat diet. Tak hanya rasa pahit, dark chocolate juga sangat kaya akan cita rasa.Dalam artikel kali ini kami akan memberikan tips memilih dark chocolate yang enak dijadikan camilan atau bahan masakan. Jangan ketinggalan juga melihat rekomendasi produk dark chocolate terbaik dari Indonesia, mulai dari merek Chocolate Monggo, SilverQueen, Tulip, dan Pipiltin Cocoa. Yuk, simak artikel ini sampai habis!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Merk Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan ringan atau snack tentu sangat nikmat dimakan kapan saja, baik saat kerja maupun saat santai. Snack juga wajib dibawa saat Anda pergi piknik. Ada banyak pilihan snack Indonesia sampai snack impor yang dapat Anda nikmati. Camilan yang renyah, gurih, manis, sampai pedas bisa Anda pilih.Kali ini kami akan merekomendasikan berbagai snack terenak yang kekinian dan viral di TikTok. Tak ketinggalan juga kami akan merekomendasikan snack rendah kalori dan snack jadul yang lezat. Sebelumnya, simak dahulu tips dari kami untuk memilih snack yang enak disantap kapan saja. Selamat membaca!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Menjalankan program diet bukan berarti Anda tidak boleh ngemil. Anda bisa ngemil, hanya saja tidak boleh sembarangan. Jika ingin menikmati camilan, konsumsilah biskuit diet rendah kalori. Biskuit diet memiliki kadar kalori serta kandungan gula yang rendah sehingga tidak akan menambah berat badan.Ada banyak produk biskuit untuk diet yang enak, seperti merek WRP, Tropicana Slim, atau Ladang Lima. Pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terpopuler dan membahas tentang biskuit untuk diet. Tidak lupa, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga memberikan komentarnya di sini. Yuk, baca sampai selesai!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Rekomendasi Basreng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Basreng Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bakso goreng atau basreng adalah salah satu camilan khas yang berasal dari Sunda. Bentuk basreng bukanlah bulat seperti bakso, melainkan berbentuk irisan tipis. Rasa basreng juga bermacam-macam, mulai dari gurih, pedas, hingga pedas dengan sentuhan segar daun jeruk.Nah, kali ini kami akan memberikan tips memilih basreng yang enak sekaligus rekomendasi produk terbaiknya. Merek basreng yang bagus, seperti Maicih dan Ginding, bisa Anda temukan di sini. Ada basreng siap makan, ada pula basreng mentah. Ukurannya pun bervariasi, mulai dari 50 gram, 100 gram, sampai di atas 250 gram. Yuk, disimak!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Rekomendasi Es Krim Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Es Krim Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Dingin, lembut, dan creamy. Siapa yang dapat menolak sensasi es krim? Es krim adalah makanan favorit semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain bergizi karena mengandung mineral, vitamin, dan protein, varian rasanya pun banyak. Ada es krim cokelat, stroberi, vanila, bahkan tiramisu. Es krim rendah kalori, low sugar, dan tidak mengandung susu pun ada!Pada artikel ini kami akan me-review sepuluh es krim yang enak. Merek es krim terbaik, mulai dari Wall's, Campina, Aice, sampai Häagen-Dazs ada dalam rekomendasi kami. Temukan review es krim terenak berikut ini!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Merk Wafer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Wafer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Wafer adalah camilan berupa biskuit yang tipis, renyah, dan ringan. Selain rasanya yang variatif, jenis-jenis wafer juga cukup beragam. Ada wafer stick rasa krim vanila, wafer bersalut coklat, hingga wafer honeycomb klasik kegemaran banyak orang.Agar lebih memudahkan pembaca menemukan wafer terbaik, kami akan menjabarkan tips memilih wafer paling enak untuk Anda. Merek wafer enak, seperti wafer Loacker, Tango, Nissin, Nabati, Astor, dan Twister ada dalam rekomendasi kami. Bila Anda adalah penggemar wafer, silakan simak review wafer terbaik berikut ini. Selamat menemukan wafer terenak untuk Anda dan keluarga!
    Makanan kecil & snack
  • 10 Makanan Oleh-Oleh Khas Bandung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makanan Oleh-Oleh Khas Bandung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai salah satu kota wisata di Indonesia, Bandung tidak pernah sepi oleh wisatawan. Selain memiliki banyak tempat wisata unik, kota ini juga dikenal sebagai pelopor di bidang kuliner. Dengan alasan itu, kami akan merangkum sepuluh makanan oleh-oleh khas kota ini yang dapat Anda beli secara online.Selain Kartika Sari dan Amanda Brownies, ada beberapa merek oleh-oleh khas Bandung kekinian seperti Bandung Makuta dan Chocomory dalam rekomendasi kami. Kalau begitu, mari kita mulai artikel ini dengan membahas tips cara memilih oleh-oleh khas Bandung yang enak. Pastikan Anda membacanya hingga akhir, ya!
    Makanan kecil & snack
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori