•  10 Merk Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2022) 1
  •  10 Merk Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2022) 2
  •  10 Merk Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2022) 3
  •  10 Merk Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2022) 4
  •  10 Merk Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2022)

Kamera CCTV berguna untuk memantau supaya rumah Anda lebih aman. Maka dari itu, memilih kamera CCTV terbaik untuk rumah Anda merupakan hal yang penting. Namun, jenisnya sangat beragam, seperti kamera CCTV mini jarak jauh tanpa kabel atau yang untuk outdoor. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih kamera CCTV yang bagus.

 

Oleh karenanya, kami akan menjelaskan tips memilih kamera CCTV untuk rumah Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek CCTV terbaik, seperti Hikvision, Xiaomi, dan Dahua. Mari baca artikel ini agar Anda makin paham soal kamera CCTV!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih kamera CCTV untuk rumah

Hal apa yang sebaiknya dilakukan saat ingin membeli kamera CCTV? Di bawah ini kami akan mengulas poin-poin cara memilih kamera CCTV yang cocok untuk rumah Anda. Simaklah dengan saksama dan temukan produk yang Anda butuhkan!

Ketahui berbagai jenis CCTV untuk rumah

Jika dilihat dari bentuk dan sistem yang digunakan, ada beberapa jenis CCTV yang tersedia di pasaran. Beberapa di antaranya adalah bullet camera, dome camera, dan IP camera. Apa perbedaannya? Mari baca perinciannya dari kami di bawah ini.

Bullet camera, lebih kukuh untuk dipasang di luar ruangan

Bullet camera, lebih kukuh untuk dipasang di luar ruangan

Sesuai namanya, bullet camera berbentuk bulat memanjang. Bullet camera menjadi jenis kamera CCTV yang sering ditemukan di aera outdoor dan semi-indoor. Jenis ini juga diaplikasikan di tempat umum, seperti mal, toko, atau kompleks perumahan.

 
Karena dipasang di luar ruangan, bullet camera umumnya weatherproof sehingga aman saat terpapar hujan atau panas. Konstruksinya juga lebih kukuh dari jenis kamera CCTV lainnya. Akan tetapi, bullet camera menggunakan lensa fix sehingga terus merekam area yang sama. Produknya pun tidak mempunyai fitur tilt, pan, atau zoom.

Dome camera, bentuk lebih simpel dengan fleksibilitas tinggi

Dome camera, bentuk lebih simpel dengan fleksibilitas tinggi

Dome camera punya karakteristik bentuk bulat yang mirip kubah. Banyak produknya didesain untuk pengaplikasian di ruangan tertutup (indoor). Hal ini karena dome camera umumnya tidak tahan terhadap cuaca. Meski demikian, produknya dilengkapi fitur menarik, seperti resolusi yang tinggi, night vision, hingga two-way audio.

PTZ camera, bisa diarahkan dan zooming sesuai keinginan

PTZ camera, bisa diarahkan dan zooming sesuai keinginan

PTZ merupakan kependekan dari pan, tilt, zoom. Bisa dibilang jenis ini memiliki bentuk yang mirip dengan dome camera. Perbedaannya, PTZ camera dapat bergerak ke kiri-kanan, atas-bawah, bahkan zooming beberapa kali lipat.

 
Beberapa PTZ camera juga mampu memutar kameranya secara otomatis mengikuti gerak objek tertentu. Jenis kamera ini biasanya dipasang di area yang luas, seperti halaman, parkiran outdoor, hingga pusat perbelanjaan.

CCTV mini, ukurannya kecil sehingga mudah dipindah-pindahkan

CCTV mini, ukurannya kecil sehingga mudah dipindah-pindahkan

Ada juga kamera CCTV yang berukuran mini, lho! Bahkan, ukuran produknya bisa sekecil 5 cm x 4,5 cm x 4,5 cm saja. Dimensinya yang mini membuat fleksibilitas jenis ini lebih tinggi. Anda dapat menempatkan dan memindahkannya sesuai kebutuhan dengan mudah. Untuk meningkatkan fleksibilitasnya, beberapa kamera CCTV mini menggunakan daya baterai. 

IP camera, dibekali fitur-fitur yang canggih

IP camera, dibekali fitur-fitur yang canggih

IP camera adalah jenis kamera CCTV yang terhubung dengan jaringan internet (WiFi). Produknya dapat terhubung ke ponsel melalui aplikasi khusus. Dengan begitu, Anda bisa memantau kondisi rumah secara real time di mana saja.


Ada juga IP camera yang menggunakan sistem penyimpanan cloud. Saat kapasitas memory card penuh, Anda dapat menggunakan cloud sebagai memori cadangan.


Sebagai informasi, sistem IP camera dipasang di beragam jenis kamera CCTV. Anda bisa menemukannya pada dome camera, bullet camera, PTZ camera, dan mini camera. Jadi, jangan lupa untuk memeriksanya, ya!

Cek performa kamera CCTV untuk kenyamanan penggunaan

Ada dua indikator yang menunjukkan kualitas kamera CCTV, yakni resolusi dan area yang mampu dijangkau. Mari simak pembahasannya mengenai dua hal ini.

Resolusi, menentukan jelas atau tidaknya objek yang direkam

Resolusi, menentukan jelas atau tidaknya objek yang direkam

Kualitas gambar kamera CCTV menjadi hal yang penting, terutama bila Anda ingin merekam bukti untuk pencegahan tindak kejahatan. Supaya mendapatkan gambar yang jelas, pilihlah kamera CCTV dengan kualitas gambar Full HD ke atas. Jika Anda butuh panduan menentukan piksel kamera yang bagus, simak detailnya berikut.


  • SD: jumlah piksel 720 x 480 (480p)
  • HD: jumlah piksel 1.280 x 720(720p)
  • Full HD: jumlah piksel 1.920 x 1.080 (1.080p)
  • QHD: Jumlah piksel 2.560 x 1.440 (2K)
  • UHD: jumlah piksel 3.840 x 2.160 (4K)

Jangkauan, luasan area yang mampu direkam kamera

Jangkauan, luasan area yang mampu direkam kamera

Jangkauan kamera CCTV adalah poin penting yang harus Anda perhatikan. Makin besar area yang dijangkau produknya, makin minim adanya blank spot. Ada tiga hal yang memengaruhi jangkauan kamera CCTV. Simak penjelasannya dari kami di bawah ini.


  • Jarak pandang

Jarak pandang kamera CCTV umumnya adalah 10–30 meter. Untuk penggunaan dalam ruangan, jarak pandang 10–20 meter sudah cukup. Sementara itu, jarak pandang 30 meter direkomendasikan untuk penggunaan di luar ruangan.


  • Field of view (FoV)

Selain jarak pandang, perhatikanlah field of view (FoV) dari kamera CCTV. FoV adalah besaran area yang mampu dijangkau oleh lensa kamera CCTV. Makin besar angkanya, makin luas juga area yang mampu ditangkap produknya.


  • Angle adjustment

Karena keterbatasan FoV, beberapa kamera CCTV dilengkapi angle adjustment. Fitur ini memungkinkan Anda menggerakkan dan mengarahkan kamera ke area yang Anda mauBila Anda memilih kamera CCTV dengan FoV kecil, pertimbangkan produk dengan angle adjustment.


Ada beberapa jenis angle adjustment dari kamera CCTV, yakni pan, tilt, dan rotate. Bahkan, ada produk yang memungkinkan untuk zooming. Selain memeriksa jenis angle adjustment, periksalah besaran pergerakan dari lensa kamera. Beberapa produk mampu berputar hingga 360° sehingga area yang tercakup jadi lebih luas.


Perhatikan fitur yang ditawarkan kamera CCTV

Untuk memudahkan penggunaannya, ada beberapa fitur penting yang ditambahkan ke kamera CCTV. Fitur-fitur yang paling umum adalah night vision, two-way audio, dan motion detection. Kami akan menjelaskannya satu per satu untuk Anda di poin berikut.

Night vision, menangkap objek dengan jelas di malam hari

Night vision, menangkap objek dengan jelas di malam hari
Jika Anda ingin kamera CCTV dapat tetap merekam dengan jelas saat malam hari, pertimbangkan yang memiliki fitur ini. Ada dua jenis fitur night vision yang diterapkan di kamera CCTV, yakni dengan lighting dan sensor inframerah. Kedua tipe ini punya karakteristik dan keunggulannya masing-masing.

Kamera dengan lighting bekerja seperti senter yang bisa mengambil video berwarna dalam kondisi minim cahaya. Namun, apabila jumlah cahayanya kurang, hasil video akan menjadi gelap. Sementara itu, kamera infrared akan memberikan gambar hitam putih. Akan tetapi, kamera ini bisa mengambil gambar walau dalam keadaan gelap gulita sekalipun.

Two-way audio, berkomunikasi dua arah lebih mudah

Two-way audio, berkomunikasi dua arah lebih mudah

Two-way audio merupakan fitur yang memungkinkan Anda melakukan komunikasi dua arah. Produk dengan fitur ini dilengkapi speaker dan mic. Jadi, Anda bisa berbicara dengan orang di sekitar kamera CCTV.

 
Fitur ini biasanya dimanfaatkan untuk mengawasi anak. Pasalnya, si kecil jadi bisa berkomunikasi jarak jauh dengan Anda. Beberapa kamera CCTV outdoor juga diberi fitur two-way audio sehingga Anda dapat berkomunikasi saat kurir paket datang.

Motion detection, memperingati saat ada objek mencurigakan

Motion detection, memperingati saat ada objek mencurigakan

Motion detection merupakan fitur yang memungkinkan kamera CCTV mendeteksi objek bergerak, seperti orang, hewan, dan mobil. Saat mendeteksi objek yang mencurigakan, produknya akan memberikan notifikasi ke ponsel Anda. Jadi, Anda bisa langsung mengetahui kondisi rumah Anda. Jika Anda sering berada di luar rumah, CCTV dengan fitur ini wajib dimiliki.

Periksa tingkat ketahanan CCTV yang akan dipasang di luar ruangan

Periksa tingkat ketahanan CCTV yang akan dipasang di luar ruangan

Jika Anda hendak memasang CCTV di luar ruangan, periksalah level ketahanan produk tersebut. Kamera CCTV outdoor yang bagus biasanya dibekali fitur weatherproof sehingga tahan hujan dan angin. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat IP rating.


Makin tinggi nilai IP rating, konstruksi kamera CCTV makin kukuh untuk menghadapi beragam kondisi. Untuk penggunaan di luar ruangan, kami merekomendasikan produk dengan IP rating IP66 atau IP67. Kamera CCTV dengan IP rating tersebut mampu bekerja dengan baik meski turun hujan.

10 Rekomendasi kamera CCTV terbaik untuk rumah Anda

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kamera CCTV terbaik untuk rumah Anda yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
BARDI Smart Outdoor Static IP Camera 1

BARDI

2
UPUPIN  3MP FULL HD Outdoor Wifi CCTV IP Camera 1

UPUPIN

3
TP-Link Tapo C200 1

TP-Link

4
Dahua Technology 2MP HDCVI IR Eyeball Camera 1

Dahua Technology

5
Xiaomi Mi 360° Home Security Camera 2K 1

Xiaomi

6
YI Home 3 Camera 1

YI

7
JAMAY  Camera A9 Mini Wireless Camera  1

JAMAY

8
Imou  Bullet 2C 1

Imou

9
Hikvision 4K Indoor Fixed Turret Camera 1

Hikvision

10
IMILAB  EC4 Wireless Outdoor Camera 5200mAh 1

IMILAB

Nama produk

Smart Outdoor Static IP Camera

3MP FULL HD Outdoor Wifi CCTV IP Camera

Tapo C200

2MP HDCVI IR Eyeball Camera

Mi 360° Home Security Camera 2K

Home 3 Camera

Camera A9 Mini Wireless Camera

Bullet 2C

4K Indoor Fixed Turret Camera

EC4 Wireless Outdoor Camera 5200mAh

Keunggulan

Desain elegan dengan housing yang premium

Makin leluasa memantau kondisi di luar rumah Anda!

Menawarkan beragam kemudahan di satu aplikasi

Kamera CCTV budget friendly berkualitas mumpuni

Pantau seluruh ruangan dengan satu kamera CCTV

Jaga si kecil makin nyaman dengan noise detection

Portable CCTV yang fleksibel diletakkan di mana saja

Konstruksi tangguh untuk menghadapi cuaca apa pun!

Tampilan gambar lebih jelas dengan resolusi tinggi

Makin hemat energi dengan tenaga surya

Harga mulai dariRp 528.000,00Rp 775.000,00Rp 450.000,00Rp 175.000,00Rp 599.000,00Rp 355.000,00Rp 299.000,00Rp 604.000,00Rp 730.000,00Rp 1.299.000,00
Jenis CCTVBullet camera, IP cameraPTZ Camera, IP cameraIP cameraDome cameraPTZ camera, IP cameraIP cameraCCTV mini, IP cameraBullet camera, IP cameraDome cameraIP camera
Resolusi gambar1.080p1.296p1.080p 1.080p2K1.080p 1.080p1080p4K2K, 1.080p, 360p
Jarak pandangTidak disebutkan50 meterTidak disebutkan20 meterTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan38,6–82,8 meter30 meterTidak disebutkan
FOV 130° Tidak disebutkanTidak disebutkan60–120°110°107° 150°60–120°50,8–102,2°150°
Angle adjustment-Pan: 355°・Tilt: 120°Pan: 360°・Tilt: 114°Pan: 360°・Tilt: 78°・Rotation: 360°Pan: 360°・Tilt: 108°---Pan: 360°・Tilt: 75°・Rotate: 360°Tidak disebutkan
Fitur Night vision, two-way audio, motion detectionNight vision, two-way audio, motion detectionNight vision, two-way audio, motion detectionNight visionNight vision, two-way audio, motion detectionMotion detection, noise detection Night vision, motion detectionNight vision, motion detectionNight visionNight vision, two-way audio, motion detection
IP ratingIP65IP66-----IP67 -IP66
Tautan produk
10

IMILAB EC4 Wireless Outdoor Camera 5200mAh

Mulai dari Rp 1.299.000,00

Jenis CCTVIP camera
Resolusi gambar2K, 1.080p, 360p
Jarak pandangTidak disebutkan
FOV150°
Angle adjustmentTidak disebutkan
Fitur Night vision, two-way audio, motion detection
IP ratingIP66
9

Hikvision4K Indoor Fixed Turret Camera

DS-2CE76U1T-ITPF

Mulai dari Rp 730.000,00

Jenis CCTVDome camera
Resolusi gambar4K
Jarak pandang30 meter
FOV50,8–102,2°
Angle adjustmentPan: 360°・Tilt: 75°・Rotate: 360°
Fitur Night vision
IP rating-
8
Jenis CCTVBullet camera, IP camera
Resolusi gambar1080p
Jarak pandang38,6–82,8 meter
FOV60–120°
Angle adjustment-
Fitur Night vision, motion detection
IP ratingIP67
7

JAMAY Camera A9 Mini Wireless Camera

Mulai dari Rp 299.000,00

Jenis CCTVCCTV mini, IP camera
Resolusi gambar1.080p
Jarak pandangTidak disebutkan
FOV150°
Angle adjustment-
Fitur Night vision, motion detection
IP rating-
6
Jenis CCTVIP camera
Resolusi gambar1.080p
Jarak pandangTidak disebutkan
FOV107°
Angle adjustment-
Fitur Motion detection, noise detection
IP rating-
5

XiaomiMi 360° Home Security Camera 2K

MJSXJ09CM

Mulai dari Rp 599.000,00

Jenis CCTVPTZ camera, IP camera
Resolusi gambar2K
Jarak pandangTidak disebutkan
FOV110°
Angle adjustmentPan: 360°・Tilt: 108°
Fitur Night vision, two-way audio, motion detection
IP rating-
4

Dahua Technology2MP HDCVI IR Eyeball Camera

HAC-T1A21

Mulai dari Rp 175.000,00

Jenis CCTVDome camera
Resolusi gambar1.080p
Jarak pandang20 meter
FOV60–120°
Angle adjustmentPan: 360°・Tilt: 78°・Rotation: 360°
Fitur Night vision
IP rating-
3
Jenis CCTVIP camera
Resolusi gambar1.080p
Jarak pandangTidak disebutkan
FOVTidak disebutkan
Angle adjustmentPan: 360°・Tilt: 114°
Fitur Night vision, two-way audio, motion detection
IP rating-
2

UPUPIN 3MP FULL HD Outdoor Wifi CCTV IP Camera

Mulai dari Rp 775.000,00

Jenis CCTVPTZ Camera, IP camera
Resolusi gambar1.296p
Jarak pandang50 meter
FOVTidak disebutkan
Angle adjustmentPan: 355°・Tilt: 120°
Fitur Night vision, two-way audio, motion detection
IP ratingIP66
1
Jenis CCTVBullet camera, IP camera
Resolusi gambar1.080p
Jarak pandangTidak disebutkan
FOV 130°
Angle adjustment-
Fitur Night vision, two-way audio, motion detection
IP ratingIP65

Baca juga rekomendasi produk pengamanan rumah lainnya di sini

Untuk keamanan rumah, Anda tidak hanya membutuhkan kamera CCTV. Berikut kami telah membahas beberapa produk pengamanan lain untuk rumah, seperti smart lock, alarm kebakaran, dan brankas. Yuk, dibaca semuanya demi keamanan rumah Anda!

Kesimpulan

Memasang kamera CCTV menjadi salah satu cara mencegah kejahatan terjadi di rumah. Kamera ini juga membantu Anda memantau kondisi rumah. Saat sedang di luar, Anda bisa mengawasi keadaan rumah dari jauh lewat ponsel.


Setelah membaca tips memilih dan rekomendasi produk dari kami, apakah Anda sudah menemukan kamera CCTV yang pas? Sebelum membeli, periksalah spesifikasi dan fiturnya. Dengan begitu, rumah Anda akan terlindungi dengan kamera CCTV terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siaran TV analog yang sudah mengudara di Indonesia akan diganti siaran TV digital. Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang mengampanyekan program migrasi TV analog ke digital (MODI). Program ini ditargetkan rampung pada November 2022. Anda yang masih memiliki TV analog sebaiknya segera membeli set-top box untuk tetap bisa menonton televisi.Set-top box kini sudah dijual di toko offline dan online. Kami akan menunjukkan cara memilih set-top box yang bagus. Selain itu, kami juga memiliki rekomendasi berbagai merek set-top box terbaik, seperti EVERCOSS, AKARI, dan POLYTRON. Simaklah dari awal hingga akhir!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belum lama ini Indonesia merilis kebijakan tentang migrasi dari TV analog ke TV digital. Karena itu, banyak masyarakat yang mulai mencari antena TV digital. Namun, masyarakat acap kali bingung ketika ingin memilih antena TV digital terbaik. Apakah memilih merek Toyosaki, SANEX, PX, OASE, atau lainnya?Artikel kali ini membahas tips memilih antena TV digital, baik untuk indoor maupun outdoor. Kami juga memberikan rekomendasi antena digital yang bagus untuk TV tabung, LED, dan LCD. Dengan begitu, tayangan televisi akan lebih jelas dan jernih. Jangan sampai ketinggalan untuk menyimak penjelasannya!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak dari Anda yang menggunakan antena parabola untuk menangkap sinyal TV atau menonton acara dari channel luar negeri. Supaya berfungsi, parabola membutuhkan alat untuk mengirimkan sinyal dari dish ke televisi atau yang disebut receiver parabola. Agar bisa menonton acara favorit, Anda membutuhkan receiver yang sesuai dengan antena parabola yang dimiliki.Supaya tak salah pilih, kami akan memandu Anda memilih receiver parabola serta menjelaskan fungsi dan cara kerjanya. Kami juga menyiapkan rekomendasi merek receiver parabola yang bagus, seperti Nex Parabola, Matrix, K-Vision, Venus, dan Tanaka. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkapnya!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mencari smart TV terbaik dengan harga murah? Saat ini, tersedia banyak merek smart TV yang bagus dengan harga 1 jutaan dan 3 jutaan, seperti Xiaomi dan Polytron. Ukuran smart TV murah juga bervariasi, mulai 24 inch, 32 inch, hingga 50 inch.Sebelum memilih smart TV, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah sistem operasi yang digunakan, seperti Android TV, WebOS, atau Tizen. Periksa juga kualitas gambar dan audio dari smart TV. Jika Anda bingung, jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum memilih.
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Smart TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smart TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Smart TV akan memperkaya konten yang bisa Anda nikmati di rumah bersama keluarga. Selain menawarkan ragam tayangan hiburan, produknya memiliki teknologi yang canggih. Anda bisa menikmati konten dari YouTube dan Netflix, maupun layanan lain, seperti browser dan game.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi smart TV terbaik dari berbagai merek, seperti Samsung, Xiaomi, LG, dan lainnya. Ukurannya pun beragam, mulai dari smart TV 32 inch sampai yang 50 inch. Namun, sebelumnya akan kami jelaskan cara memilih smart TV yang bagus untuk Anda. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi TV Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi TV Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Samsung adalah perusahaan elektronik dari Korea Selatan yang memproduksi serangkaian produk berkualitas tinggi, contohnya TV. TV merek Samsung dikenal dengan kualitas yang mumpuni dan memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Jenis TV Samsung bervariasi, mulai dari HD TV, Smart TV, hingga Lifestyle TV. Ukurannya pun bermacam-macam, ada 32 inci, 43 inci, 50 inci, hingga 75 inci. Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih serta merekomendasikan produk TV Samsung yang bagus. Anda bisa memilih produk sesuai kategori, ukuran, dan kebutuhan. Simak terus artikel berikut untuk menemukan TV Samsung terbaik bagi Anda.
    TV & perangkat video
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori