10 Rekomendasi Koper Terbaik dengan Desain Modis (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Koper Terbaik dengan Desain Modis (Terbaru Tahun 2018)

Koper yang nyaman dan mudah dibawa ke mana saja tentunya sangat diperlukan ketika ingin melakukan perjalanan, entah itu untuk liburan maupun perjalanan bisnis. Saat ini di pasaran telah tersedia beragam jenis koper dengan desain modis, harga yang terjangkau, dilengkapi fungsi-fungsi menarik, dan berbagai keunggulan lainnya yang terkadang membuat kita bingung dalam memilih.

Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan membantu Anda mengetahui bagaimana memilih koper terbaik, dan selanjutnya memperkenalkan koper populer yang kami rekomendasikan berdasarkan harga dan keunggulan produk tersebut. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan koper terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, ya!

Daftar isi

Cara memilih koper

Berikut ini beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih koper. Silakan disimak!

Pilihlah ukuran yang sesuai dengan lama menginap

Poin pertama yang harus diperhatikan dalam memilih koper adalah ukurannya. Berikut ini adalah kriteria dalam memilih ukuran koper sesuai dengan berapa lama Anda akan menginap.

Jadikan “lama menginap × 10 liter” sebagai patokan

Jadikan "lama menginap × 10 liter" sebagai patokan

Koper untuk perjalanan biasanya dikategorikan berdasarkan dimensi dan kapasitasnya. Akan tetapi, idealnya untuk barang keperluan satu hari, Anda membutuhkan koper dengan kapasitas sekitar 10 liter. Jika Anda akan menginap selama beberapa hari, “lama menginap × 10 liter” bisa dijadikan panduan ukuran koper yang Anda butuhkan.

Mungkin memang lebih aman jika Anda memilih ukuran koper yang sesuai dengan lama perjalanan. Namun, untuk Anda yang berencana membeli banyak suvenir, ada baiknya mempertimbangkan untuk memilih koper dengan kapasitas satu ukuran lebih besar.

Perhatikan peraturan ukuran koper yang bisa dibawa ke kabin pesawat

Perhatikan peraturan ukuran koper yang bisa dibawa ke kabin pesawat

Ukuran barang yang bisa dibawa ke dalam kabin pesawat terbang ditentukan oleh jumlah kursinya. Untuk pesawat dengan kurang dari 100 kursi, umumnya Anda diperbolehkan membawa barang berukuran 45 x 35 x 20 cm dengan total ukuran tiga sisi kurang dari 100 cm. Sedangkan untuk pesawat terbang dengan 100 kursi atau lebih, biasanya peraturan ukuran bagasi adalah 55 x 40 x 25 cm dengan total kurang dari 115 cm.

Perlu diperhatikan juga bahwa berat total bagasi termasuk yang bisa dibawa ke dalam kabin adalah sekitar 10 kg. Oleh karena itu, pastikan bagasi Anda memenuhi peraturan untuk bisa dibawa ke kabin. Namun, masing-masing perusahaan penerbangan bisa jadi memiliki peraturan yang berbeda. Jadi, jangan lupa untuk terlebih dahulu mengecek keterangan maskapai penerbangan yang akan Anda gunakan.

Pilihlah bahan dan fungsi koper sesuai tempat tujuan

Bahan koper yang tersedia di pasaran ada yang terbuat dari soft case dan hard case. Dalam hal ini, masing-masing produk memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jadi, pilihlah yang sesuai dengan tujuan perjalanan Anda!

Soft case, direkomendasikan untuk perjalanan domestik

Soft case, direkomendasikan untuk perjalanan domestik

Koper soft case terbuat dari bahan lembut seperti kain atau kulit. Karena menggunakan bahan yang lembut, koper tipe ini memungkinkan untuk dipaksa ditekan jika diisi sedikit melebihi kapasitasnya. Koper tipe soft case juga ringan dan mudah dibawa. Selain itu, umumnya desainnya terdiri dari banyak kantong penyimpanan di bagian dalam sehingga memudahkan Anda menyusun dan memisahkan barang-barang sesuai kategori kebutuhan.

Namun, yang perlu diperhatikan dan dijadikan pertimbangan dalam memilih koper soft case adalah tipe ini tergolong mudah tembus air, misalnya ketika terkena hujan. Bahan soft case juga gampang dirobek dengan pisau atau benda tajam lainnya sehingga kurang cocok untuk perjalanan ke luar negeri dengan pertimbangan sisi keamanan barang. Koper tipe ini lebih cocok untuk digunakan dalam perjalanan domestik.

Hard case, daya tahan tinggi dan cocok untuk perjalanan ke luar negeri

Hard case, daya tahan tinggi dan cocok untuk perjalanan ke luar negeri

Untuk perjalanan ke luar negeri, pilihlah koper hard case yang terbuat dari bahan karbon atau plastik. Bahannya tergolong tidak mudah dipotong dengan pisau dan sebagian besar koper tipe ini sudah memiliki kunci yang menempel pada bodinya sehingga barang bawaan Anda akan lebih aman. Selain itu, saat di bandara luar negeri, biasanya bagasi sering ditangani sembarangan sehingga koper yang kuat dan tahan lama akan mengurangi risiko kerusakan koper.

Namun, koper hard case juga memiliki kekurangan, yaitu bodinya yang mudah tergores. Selain itu, harganya juga lebih mahal dibandingkan koper tipe soft case. Jadi, pastikan Anda memilih dengan teliti sesuai dengan pemakaian.

TSA locks, aman saat bepergian ke Amerika Serikat

TSA locks, aman saat bepergian ke Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, sejak serangan teroris 9/11, pemeriksaan bagasi semakin diperketat. Jika koper Anda dipasangi kunci, ada kemungkinan koper tersebut akan diperiksa secara acak dengan cara merusak kuncinya. Dan sayangnya tidak ada jaminan untuk kunci yang sudah rusak. Kunci yang memenuhi standar TSA (Transportation Security Administration) hadir untuk menghindari hal semacam itu.

Sebagai tambahan informasi, kunci TSA lock adalah gembok yang bisa dibuka dan ditutup dengan menggunakan kunci khusus dari pegawai TSA yang berwenang di bandara tanpa merusak gemboknya. Selain terjamin keamanannya, kunci TSA juga dibuat berdasarkan kerjasama antara TSA dengan beberapa perusahaan. Anda bisa membeli gembok ini di mana saja, tetapi jangan lupa untuk memperhatikan keasliannya. Jadi, sangat dianjurkan untuk memilih koper dengan kunci yang memiliki logo TSA ini ketika Anda akan bepergian ke Amerika Serikat.

Perhatikan cara buka-tutup koper dengan pertimbangan keamanan dan kemudahan penggunaan

Perhatikan cara buka-tutup koper dengan pertimbangan keamanan dan kemudahan penggunaan

Bagian pembuka dan penutup koper terdiri dari tipe yang menggunakan ritsleting atau tipe rangka yang keras. Jenis ritsleting tergolong lebih ringan dan memungkinkan Anda mengeluarkan barang bawaan dari dalam koper dengan mudah hanya di bagian ritsleting yang dibuka. Jadi, Anda tidak perlu membuka tas secara keseluruhan ketika berada dalam perjalanan.

Meskipun tipe rangka yang keras tergolong lebih berat, tetapi bahannya lebih kuat dan lebih terjamin keamanannya dibandingkan tipe ritsleting. Meskipun ada risiko koper dengan tipe ini terbuka dengan tidak sengaja saat dalam perjalanan, Anda bisa menambahkan sabuk khusus untuk mencegah agar hal itu tidak terjadi.

Perhatikan juga jumlah dan kestabilan roda

Perhatikan juga jumlah dan kestabilan roda

Roda pada koper jumlahnya beragam, mulai dari 2 hingga 8 roda. Koper dengan jumlah roda sedikit akan lebih leluasa perputarannya, tetapi akan menyulitkan untuk diangkat jika beban koper cukup berat. Sebaliknya, koper yang rodanya banyak biasanya membuat manuver dengan putaran kecil menjadi lebih sulit. Namun, koper tipe ini akan memudahkan Anda menggeret koper yang berat sekalipun. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih koper sesuai dengan berat bagasi yang harus diisi dan jarak yang Anda tempuh dengan berjalan kaki sambil membawa koper.

Selain itu, koper yang memiliki roda berukuran lebih besar juga akan lebih stabil ketika dibawa. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah koper dengan roda yang tidak terlalu kecil. Roda yang tidak menimbulkan suara berisik ketika diseret di jalan juga sangat penting untuk diperhatikan. Anda tentu akan merasa tidak nyaman jika dianggap terlalu berisik ketika menyeret koper sambil berlari. Jadi, periksalah terlebih dahulu penjelasan atau review dari para pengguna terkait keterangan roda pada koper yang ingin Anda beli.

10 Rekomendasi koper terbaik dengan desain modis

Berikut ini, kami akan memperkenalkan produk koper dengan desain modis yang direkomendasikan berdasarkan harga dan keunggulan serta kekurangan masing-masing. Silakan merujuk kepada poin-poin bagaimana memilih produk yang telah kami informasikan di atas, dan temukan koper yang cocok untuk Anda!

10. Polo Team Hardcase 20 Inch

10. Polo Team Hardcase 20 Inch

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 269.000

Ukuran yang compact untuk menemani perjalanan Anda

Koper dari Polo Team dengan desain compact berukuran 20 inci ini mampu menampung berbagai keperluan Anda dan bisa dibawa ke kabin pesawat, menjadikannya sangat cocok untuk menemani perjalanan Anda yang tidak ingin berlama-lama menunggu bagasi di bandara. Koper ini juga dilengkapi kunci kombinasi agar barang-barang Anda lebih aman dan terjaga selama perjalanan.

Koper berwarna pink lembut ini terbuat dari bahan ABS dilapisi polycarbonate berkualitas tinggi dan bisa dipastikan tahan terhadap benturan serta antiair. Untuk kenyamanan selama digunakan, koper ini juga dibekali dengan empat buah roda yang bisa berputar 360 derajat agar memudahkan Anda untuk menariknya sehingga beban koper akan terasa lebih ringan.

9. Navy Club Koper Softcase 24 Inch

9. Navy Club Koper Softcase 24 Inch

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 799.000

Dilengkapi ritsleting antitusuk!

Koper yang modis dan elegan keluaran Navy Club yang satu ini hadir dengan ukuran 24 inci dan dilengkapi dua kantong tambahan serbaguna di bagian depannya. Dengan ukuran yang cukup besar, koper ini bisa menjadi pilihan ketika Anda ingin berlibur selama sekitar satu minggu.

Koper softcase menggunakan bahan kanvas berkualitas serta terasa lembut. Selain itu, koper ini juga dilengkapi fitur anti-theft zipper, yaitu ritsleting gerigi ganda yang antitusuk untuk mencegah agar tidak mudah dibobol, menjamin barang-barang Anda lebih aman selama perjalanan.

8. AirTop 2 In 1

8. AirTop 2 In 1

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.218.000

Koper multifungsi yang cocok untuk perjalanan bisnis

Koper merek Airtop ini terbuat dari material nilon yang lembut untuk kenyamanan Anda saat menggunakannya. Bagian sampingnya dilengkapi dengan kantong berbahan jaring yang bisa digunakan untuk menyimpan botol air minum maupun barang keperluan lain yang berukuran kecil agar lebih mudah diambil.

Selain bisa digunakan sebagai koper, produk ini juga bisa digunakan sebagai backpack dan mampu menampung barang keperluan Anda selama sekitar empat hari sehingga sangat cocok jika dibawa untuk perjalanan bisnis. Terlebih lagi, rodanya didesain dengan material anti-fouling untuk mencegah agar kotoran tidak menempel.

7. Bric’s BXL48118

7. Bric's BXL48118

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 6.965.000

Dilengkapi dua kantong tambahan serbaguna

Untuk menyimpan keperluan tambahan Anda yang ukurannya tergolong kecil, koper dari Bric’s ini sangat cocok dijadikan pilihan dengan dua kantong tambahan serbagunanya yang dilengkapi ritsleting. Warnanya juga unik dengan bahan dasar nilon satin yang dikombinasikan dengan kulit berkualitas sehingga memberikan kesan yang lebih stylish.

Di samping itu, di sisi atas dan samping koper juga terdapat pegangan yang kuat yang akan semakin memudahkan Anda ketika menjinjing maupun menyeret koper. Roda ganda yang bisa berputar 360 derajat juga melengkapi koper dari Bric’s ini untuk memberikan kenyamanan pergerakan yang lebih stabil.

6. American Tourister Curio Spinner 25 Inch

6. American Tourister Curio Spinner 25 Inch

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.290.000

Tekstur yang unik untuk kesan berbeda dan menarik!

Koper tipe Curio Spinner dari American Tourister yang satu ini memiliki ciri khas menarik dengan tekstur permukan yang unik. Selain warna kuning, produk ini juga tersedia dalam beberapa pilihan warna cerah lainnya yang akan memberikan kesan ceria ketika digunakan di mana saja.

Koper ini sudah dibekali dengan TSA tersembunyi untuk keamanan barang-barang Anda di dalam koper. Pegangannya yang lembut serta roda ganda yang bisa berputar 360 derajat juga akan memberikan kenyamanan ketika Anda menggunakannya. Untuk semua keperluan liburan selama kurang lebih dua minggu, koper dengan kapasitas 137 liter ini adalah pilihan yang sangat tepat!

5. TUMI International Expandable Carry On V3

5. TUMI International Expandable Carry On V3

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.699.000

Desain elegan dengan material yang kuat dan tahan lama

Koper ukuran kabin keluaran TUMI ini didesain dengan tampilan yang sleek dan didukung dengan pilihan warna elegan, menjadikannya cocok untuk perjalanan bisnis domestik maupun ke luar negeri. Selain itu, di bagian dalam koper juga tersedia kait khusus untuk memudahkan Anda misalnya saat harus membawa setelan jas.

Dengan kapasitas 37 liter, koper ini mampu menampung keperluan perjalanan Anda dengan lama inap sekitar 4-5 hari. Koper ini terbuat dari bahan polycarbonate yang berkualitas sehingga dipastikan kuat dan tahan lama. Keempat roda pada koper yang bisa berputar sebesar 360 derajat akan memudahkan Anda menarik atau mendorongnya di permukaan apa saja.

4. Samsonite Omni PC 20 Inch Spinner

4. Samsonite Omni PC 20 Inch Spinner

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.358.000

Pilihan warna radiant pink yang memikat!

Omni Spinner keluaran Samsonite ini menggunakan bahan polycarbonate yang awet dan memiliki tekstur permukaan micro-diamond yang antigores untuk memastikan koper Anda akan tetap mulus hingga tempat tujuan. Untuk kenyamanan, koper ini dibekali dengan spinner wheels yang telah dimodifikasi sehingga memudahkan pergerakan koper ketika digeret.

Produk yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan kunci TSA untuk menjaga keamanan barang-barang Anda selama perjalanan. Koper yang bisa diperbesar ukurannya (expandable) ini memungkinkan untuk dibawa ke kabin pesawat dan cocok untuk keperluan liburan atau perjalanan bisnis selama lebih kurang lima hari.

3. Uniwalker Small 20 Inch Vintage Luggage

3. Uniwalker Small 20 Inch Vintage Luggage

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.718.000

Desain vintage dengan perpaduan motif yang cantik

Kesan vintage akan langsung terlihat dari koper keluaran Uniwalker yang dipadukan dengan desain bermotif floral cantik yang satu ini! Terbuat dari bahan kulit sintetis poliuretan memberikan tampilan elegan yang cukup kuat dan menjadikannya lebih tahan lama. Selain itu, permukaan kopernya juga didesain antigores dan mudah dibersihkan.

Dengan kapasitas tergolong sedang ukuran 20 inci, koper ini memungkinkan untuk memuat barang keperluan dengan lama inap sekitar lima hari. Di samping itu, koper ini juga memungkinkan untuk dibawa ke kabin pesawat. Meskipun tidak dilengkapi kunci TSA, koper ini juga dibekali pengunci bergaya retro yang menambah aksen tersendiri.

2. President Trolley Case Aero

2. President Trolley Case Aero

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.520.000

Desain stylish dengan pilihan warga yang sophisticated!

Produk keluaran President yang satu ini terbuat dari bahan SPC berkualitas yang menjamin bodinya kuat dan tahan lama. Bobotnya ringan, desainnya stylish, serta tersedia dalam tiga pilihan warna yang sophisticated. Koper ini juga sudah dilengkapi dengan kunci TPA dan fitur ritsleting antitusuk untuk menjaga keamanan barang bawaan Anda.

Rangkaian 4 roda yang terdapat pada koper ini bisa berputar 360 derajat dan dibuat dengan teknologi khusus dari Jepang yang memungkinkan pergerakan lebih mulus di atas permukaan apa pun. Kompartemen bagian dalamnya cukup luas dan masih bisa diperbesar jika Anda butuh ruang lebih untuk barang tambahan.

1. Kamiliant Mapuna Spinner

1. Kamiliant Mapuna Spinner

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.750.000

Desain yang unik dengan material yang tahan terhadap benturan!

Koper tipe Mapuna dari brand Kamiliant ini memiliki desain yang unik dengan motif yang terinspirasi bentuk ombak dikombinasikan dengan tekstur matte dan berkilau pada bodinya. Produk ini menggunakan bahan polypropylene yang menjadikannya sangat kuat dan tangguh serta tahan terhadap benturan. Sangat cocok untuk Anda yang sering melakukan traveling!

Koper ini dibekali dengan roda yang bisa berputar 360 derajat demi kemudahan dan kenyamanan ketika digeret. Ukurannya tersedia dalam tiga pilihan, mulai dari koper untuk dibawa ke kabin pesawat hingga koper berkapasitas sekitar 65 liter yang cukup untuk memuat barang keperluan selama kurang lebih satu minggu.

Menyewa koper untuk perjalanan bisnis juga bisa menjadi pilihan

Menyewa koper untuk perjalanan bisnis juga bisa menjadi pilihan

Jika Anda seorang pebisnis yang tidak sering melakukan perjalanan dinas, Anda juga bisa menggunakan layanan penyewaan koper. Saat ini di pasaran cukup banyak tersedia koper untuk para pebisnis. Akan tetapi, produk yang memiliki fungsi dan daya tahan superior biasanya tergolong mahal. Jika tidak sering digunakan, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyewa koper.

Selain itu, bagi Anda yang sering menggunakan koper, menyewa terlebih dahulu untuk memastikan kenyamanan penggunaan suatu produk juga bisa menjadi pilihan. Jika Anda menemukan koper yang Anda sukai, ada baiknya untuk mengecek apakah tersedia pilihan untuk menyewa produk tersebut.

Kesimpulan

Memiliki koper berukuran kecil yang bisa dibawa ke kabin dan juga koper ukuran lebih besar bisa dibilang sudah cukup untuk berbagai kebutuhan perjalanan Anda. Terlebih lagi, koper dengan desain yang modis dan berbagai fitur sesuai kebutuhan pemakaian tentunya akan membuat Anda lebih nyaman selama bepergian. Semoga artikel kali ini bisa membantu Anda menemukan koper terbaik untuk menemani perjalanan Anda, ya!