• 10 Rekomendasi Koper Terbaik dengan Desain Modis (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Koper Terbaik dengan Desain Modis (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Koper Terbaik dengan Desain Modis (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Koper Terbaik dengan Desain Modis (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Koper Terbaik dengan Desain Modis (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Koper Terbaik dengan Desain Modis (Terbaru Tahun 2020)

Koper yang nyaman dan mudah dibawa ke mana saja tentunya sangat diperlukan ketika Anda melakukan perjalanan. Saat ini, di pasaran telah tersedia berbagai jenis koper dengan desain dan fitur yang beragam. Dengan banyaknya ragam desain dan fitur koper, hal ini membuat Anda bingung.


Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas bagaimana cara memilih koper terbaik. Tak lupa, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk dari brand ternama seperti Uniwalker, Polo, dan Travelpro. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan koper terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, ya!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Mia Kamila
  • Pembaharuan terakhir: 18 November 2020
  • 29.266 Views
Daftar isi

Cara memilih koper

Berikut ini adalah beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih koper. Silakan simak ulasannya di bawah ini!

Pilihlah bahan koper sesuai dengan tujuan penggunaan

Pilihlah bahan koper sesuai dengan tujuan penggunaan

Berdasarkan bahannya, ada dua tipe koper yakni hard case dan soft case. Tipe hard case memiliki permukaan keras dan tahan lama, biasanya terbuat dari karbon atau plastik. Sementara itu, tipe soft case biasanya terbuat dari bahan yang lembut seperti kain atau kulit. 


Dari pemaparan tersebut, kami menyarankan tipe hard case untuk perjalanan jangka panjang. Hal ini karena hard case lebih baik dalam segi keamanan. Koper tipe hard case tidak mudah terkoyak oleh benda tajam sehingga dapat mencegah pencurian barang. Tipe hard case juga tahan terhadap benturan sehingga bisa melindungi benda-benda di dalam koper dengan baik. Namun, makin kuat bahannya, makin berat pula bobotnya. Jadi, pastikan Anda juga memeriksa berat koper sebelum membelinya, ya. 


Di sisi lain, tipe soft case yang ringan dan mudah dibawa sangat cocok untuk perjalanan jangka pendek. Tipe ini memiliki banyak kantong penyimpanan, baik di dalam maupun di luar koper sehingga mudah mengorganisir barang. Selain itu, tipe soft case juga sangat mudah untuk dibawa keluar masuk bagasi. 

Perhatikan cara buka-tutup koper dengan pertimbangan keamanan dan kemudahan penggunaan

Perhatikan cara buka-tutup koper dengan pertimbangan keamanan dan kemudahan penggunaan

Bagian pembuka dan penutup koper dibedakan menjadi dua tipe, yakni tipe ritsleting dan tipe rangka (frame lock). Silakan Anda pilih tipe koper yang nyaman untuk Anda gunakan.


Tipe ritsleting direkomendasikan bagi Anda yang mengutamakan kapasitas penyimpanan yang optimal. Tipe ini memiliki bobot yang ringan dengan kemudahan bongkar muat barang bawaan. Tipe ritsleting juga memungkinkan Anda untuk memiliki space tambahan. Jadi, Anda bisa membawa lebih banyak barang ke dalam koper. Selain itu, tipe ritsleting memungkinkan Anda untuk mengeluarkan atau memasukkan barang dengan mudah. Anda cukup membuat celah kecil, tidak perlu membuka semua ritsletingnya. 


Sementara itu, tipe rangka (frame lock) sangat ideal bagi mereka yang mengutamakan keamanan. Dengan tipe ini, risiko koper tidak sengaja terbuka akan jauh lebih kecil sehingga lebih aman. Jika rangka koper terbuat dari logam, bobotnya tentu akan menjadi lebih berat. Namun, tipe ini relatif aman untuk membawa setelan atau gaun yang mudah kusut. 

Pilihlah ukuran koper sesuai dengan tujuan penggunaan

Poin lain yang harus diperhatikan dalam memilih koper adalah ukurannya. Berikut ini adalah beberapa poin yang harus Anda perhatikan saat memilih ukuran koper.

Sesuaikan dengan lama menginap, gunakan panduan lama menginap x 10 liter

Sesuaikan dengan lama menginap, gunakan panduan lama menginap x 10 liter

Koper tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari SS hingga L. Meskipun ukurannya sama, kapasitasnya mungkin sedikit berbeda tergantung produsennya. Jadi, pastikan untuk memeriksa kapasitas koper yang hendak Anda beli. Jika Anda akan menginap selama beberapa hari, “lama menginap dikali 10 liter” bisa dijadikan panduan ukuran koper yang Anda butuhkan.


Sebagian besar koper berukuran S berkapasitas 20–30 liter, cocok untuk perjalanan 2–3 malam. Koper ukuran M berkapasitas 60–70 liter, ideal untuk perjalanan sekitar 6–7 malam. Sementara itu, tipe berkapasitas besar seperti 90–100 liter dapat menampung barang bawaan hingga sepuluh malam. Tipe ini cocok untuk perjalanan jangka panjang.


Jika Anda berencana membeli banyak oleh-oleh, tambahkan rumus +1 hari untuk perkiraan lama menginap. Begitu juga jika Anda membawa sepatu atau kurang pandai mengemas, tambahkan patokan +1 hari untuk perkiraan lama menginap. Dari patokan tersebut, Anda akan tahu ukuran koper mana yang sebaiknya Anda bawa.

Koper ukuran ringan dan compact, cocok untuk penggunaan sehari-hari

Koper ukuran ringan dan compact, cocok untuk penggunaan sehari-hari

Jika Anda mencari sesuatu yang mudah digunakan saat bepergian. Pilihlah koper ukuran 20 liter atau koper dengan bobot 2 kg atau kurang. Berbentuk kecil dan mudah digunakan, koper model compact sangat nyaman digunakan saat bepergian dengan kereta atau bus.


Jika Anda ingin menggunakannya untuk tujuan rekreasi di luar ruangan, pilihlah koper dengan banyak ruang penyimpanan. Jika koper Anda berkapasitas 30–40 liter, Anda dapat dengan mudah menyimpan barang untuk dua hari satu malam. Namun, meski dengan ukuran kapasitas yang besar, jika diatur dalam koper 3 kg, maka akan tetap mudah dibawa. 

Koper ukuran kabin, pas untuk perjalanan jangka pendek

Koper ukuran kabin, pas untuk perjalanan jangka pendek

Jika Anda sering menggunakan koper untuk perjalanan jangka pendek, pilihlah koper ukuran kabin. Ukuran koper yang dapat Anda bawa ke dalam pesawat tergantung pada jumlah kursi di pesawat. Jadi, periksalah ukuran maskapai penerbangan yang paling sering Anda gunakan sebelum memilih ukuran koper. Jika Anda sering menggunakan JAL atau ANA, Anda dapat memilih ukuran sesuai panduan berikut ini:


  • Kurang dari 100 tempat duduk: 45 cm x 35 cm x 20 cm atau kurang dengan total ukuran tiga sisi kurang dari 100 cm, berat maksimal 10 kg.
  • 100 kursi atau lebih: 55 cm x 40 cm x 25 cm atau kurang dengan total penjumlahan tiga sisi 115 cm atau kurang, berat maksimal 10 kg.

Namun, harap dicatat bahwa tiap-tiap maskapai memiliki ketentuan dan kebijakan yang berbeda-beda mengenai ukuran koper kabin. Kebanyakan maskapai memberi ketentuan bahwa berat koper tidak boleh lebih dari 7 kg. Selain itu, koper tipe ritsleting dapat menaikan ukuran koper. Jadi, pastikan Anda memeriksa ketentuan koper kabin yang diizinkan oleh maskapai Anda.

Perhatikan ukuran, jumlah, dan bunyi roda koper

Perhatikan ukuran, jumlah, dan bunyi roda koper

Roda koper merupakan faktor penting yang menentukan kemudahan Anda membawa koper. Saat memilih koper, penting untuk memeriksa ukuran dan jumlah roda serta bunyi yang dihasilkan. Perlu diingat bahwa pada dasarnya, makin besar roda, maka, koper akan makin stabil, tahan lama, dan kuat.


Kebanyakan, roda koper terdiri dari tipe dua roda dan tipe empat roda. Kami merekomendasikan tipe empat roda. Putaran untuk tipe empat roda lebih kecil daripada tipe dua roda sehingga lebih mudah digerakkan dengan lancar. Hasilnya, koper akan sangat nyaman digunakan. Jika roda berputar 360 derajat, Anda dapat dengan mudah memutarnya ke segala arah. Ditambah lagi, jika roda didesain tanpa suara, Anda dapat menggunakannya dengan lebih nyaman tanpa takut menganggu orang sekitar. 

Pilihlah koper dengan fitur kunci untuk keamanan

Pilihlah koper dengan fitur kunci untuk keamanan

Jika Anda bepergian ke luar negeri atau sering membawa dokumen penting, penting untuk memilih koper dengan kunci. Dengan fitur kunci, keamanan barang bawaan Anda akan lebih terjamin. 


Jika Anda bepergian ke Amerika Serikat atau Hawaii, disarankan untuk memilih kunci TSA daripada kunci biasa. Di bandara Amerika, jika Anda membiarkan koper Anda terkunci dengan kunci biasa, kunci tersebut akan dibuka paksa untuk memeriksa isi koper. Sayangnya, tidak ada jaminan untuk kunci yang rusak.


Jika Anda memilih kunci TSA, Anda tidak perlu khawatir akan kunci yang dirusak. Anda pun dapat menggunakannya sebagai kunci TSA ini di negara lain selain Amerika Serikat.

Pilihlah tipe two way untuk penggunaan sehari-hari

Pilihlah tipe two way untuk penggunaan sehari-hari

Bagi Anda yang berencana menggunakan koper untuk shopping atau les, pilihlah tipe multifungsi ini. Selain sebagai koper, tipe ini juga bisa dijadikan backpack atau tas. Tipe two way ini merupakan jenis yang sering dijumpai pada koper soft case. Tipe ini nyaman digunakan karena dapat difungsikan sebagai tas biasa atau sebagai koper saat barang bawaan Anda berat.


Kelebihan tipe two way adalah mudah digunakan pada medan yang banyak anak tangga atau jalan yang tidak rata. Tipe ini akan memudahkan wanita dan manula dalam berbagai situasi, seperti naik turun bus atau kereta api.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi koper terbaik dengan desain modis

Berikut ini, kami akan memperkenalkan produk koper dengan desain modis yang direkomendasikan. Silakan merujuk kepada poin-poin cara memilih dan temukan koper yang cocok untuk Anda!

10
Tipe bahanHard case
Bagian pembuka dan penutupTipe frame lock
Ukuran koperS
Berat35 kg
Dimensi koper56 cm x 34 cm x 19 cm
Jumlah roda4 roda
KunciBiasa
Tipe two wayx
9
Tipe bahanHard case
Bagian pembuka dan penutupTipe ritsleting
Ukuran koperS
BeratTidak ada keterangan
Dimensi koper50 cm x 35 cm x 24 cm
Jumlah roda4 roda
KunciBiasa
Tipe two wayx
8

TravelproLuggage Crew 11 20" Carry-on Internationals

Rp 4.926.000,00

Tipe bahanSoft case
Bagian pembuka dan penutupTipe ritsleting
Ukuran koperS
BeratTidak ada keterangan
Dimensi koper54,6 cm x 39 cm x 20 cm
Jumlah roda4 roda
KunciBiasa
Tipe two wayx
7

EigerindoEiger Cyprus RV Trolley Backpack 40L

Rp 1.599.000,00

Tipe bahanSoft case
Bagian pembuka dan penutupTipe ritsleting
Ukuran koperS
BeratTidak ada keterangan
Dimensi koperTidak ada keterangan
Jumlah roda2 roda
KunciBiasa
Tipe two way
6
Tipe bahanSoft case
Bagian pembuka dan penutupTipe ritsleting
Ukuran koperM
Berat4,05 kg
Dimensi koper61 cm x 42 cm x 28 cm
Jumlah roda4 roda
KunciTSA
Tipe two wayx
5

Samsonite Winfield 2 Fashion Carry-On Spinner

Rp 3.890.000,00

Tipe bahanHard case
Bagian pembuka dan penutupTipe ritsleting
Ukuran koperS
Berat3 kg
Dimensi koper58,5 cm x 37 cm x 24 cm
Jumlah roda4 roda
KunciTSA
Tipe two wayx
4
Tipe bahanHard case
Bagian pembuka dan penutupTipe ritsleting
Ukuran koperS
Berat3,15 kg
Dimensi koper55 cm x 40 cm x 20 cm
Jumlah roda4 roda
KunciTSA
Tipe two wayx
3

American Tourister Curio Spinner 69/25 EXP TSA Black

Rp 2.790.000,00

Tipe bahanHard case
Bagian pembuka dan penutupTipe ritsleting
Ukuran koperM
Berat3,9 kg
Dimensi koper69 cm x 49 cm x 30 cm
Jumlah roda4
KunciTSA
Tipe two wayx
2
Tipe bahanHard case
Bagian pembuka dan penutupTipe frame lock
Ukuran koperS
Berat3,5 kg
Dimensi koper55 cm x 36 cm x 24 cm
Jumlah roda4
KunciXtraSecu™ 3 Point Lock
Tipe two wayx
1
Tipe bahanHard case
Bagian pembuka dan penutupTipe ritsleting
Ukuran koperS
Berat3,9 kg
Dimensi koper52,5 cm x 38,5 cm x 26 cm
Jumlah roda4 roda
KunciTSA
Tipe two wayx

Tabel perbandingan koper terbaik dengan desain modis

Gambar produk
1
President  Trolley Case Aero Size 20 1

President

2
American Tourister TRIGARD 55/20 1

American Tourister

3
American Tourister  Curio Spinner 69/25 EXP TSA Black 1

American Tourister

4
Delsey Chatelet Air 55 cm Slim Cabin Case 1

Delsey

5
Samsonite  Winfield 2 Fashion Carry-On Spinner 1

Samsonite

6
Navy Club Koper Softcase 24 Inch 1

Navy Club

7
Eigerindo Eiger Cyprus RV Trolley Backpack 40L 1

Eigerindo

8
Travelpro Luggage Crew 11 20" Carry-on Internationals  1

Travelpro

9
Polo  Hardcase Kabin size 20 inch  1

Polo

10
Uniwalker Vintage Luggage 20 Inch 1

Uniwalker

Nama produk

Trolley Case Aero Size 20

TRIGARD 55/20

Curio Spinner 69/25 EXP TSA Black

Chatelet Air 55 cm Slim Cabin Case

Winfield 2 Fashion Carry-On Spinner

Koper Softcase 24 Inch

Eiger Cyprus RV Trolley Backpack 40L

Luggage Crew 11 20" Carry-on Internationals

Hardcase Kabin size 20 inch

Vintage Luggage 20 Inch

Keunggulan

Koper cantik dengan daya tahan luar biasa

XtraSecu™ 3 Point Lock untuk pengamanan ekstra bagi koper Anda

Tekstur koper yang unik untuk kesan berbeda dan menarik!

Koper elegan untuk perjalanan bisnis

Stylish dengan pilihan warna yang memikat!

Makin aman dengan ritsleting antitusuk!

Tas multifungsi yang mudah dibawa ke mana-mana

Koper tahan air dan antinoda dengan teknologi DuraGuard®

Ukuran yang compact untuk menemani perjalanan Anda

Desain vintage dengan warna dan motif yang cantik

HargaRp 2.290.909,00Rp 3.290.000,00Rp 2.790.000,00Rp 7.233.400,00Rp 3.890.000,00Rp 1.381.000,00Rp 1.599.000,00Rp 4.926.000,00Rp 722.500,00Rp 2.700.000,00
Tipe bahanHard caseHard caseHard caseHard caseHard caseSoft caseSoft caseSoft caseHard caseHard case
Bagian pembuka dan penutupTipe ritsleting Tipe frame lockTipe ritsleting Tipe ritsleting Tipe ritsleting Tipe ritsleting Tipe ritsleting Tipe ritsleting Tipe ritsleting Tipe frame lock
Ukuran koperSSMSSMSSSS
Berat3,9 kg3,5 kg3,9 kg3,15 kg3 kg4,05 kgTidak ada keterangan Tidak ada keteranganTidak ada keterangan35 kg
Dimensi koper52,5 cm x 38,5 cm x 26 cm55 cm x 36 cm x 24 cm69 cm x 49 cm x 30 cm55 cm x 40 cm x 20 cm58,5 cm x 37 cm x 24 cm61 cm x 42 cm x 28 cmTidak ada keterangan54,6 cm x 39 cm x 20 cm50 cm x 35 cm x 24 cm56 cm x 34 cm x 19 cm
Jumlah roda4 roda444 roda4 roda4 roda2 roda4 roda4 roda4 roda
KunciTSAXtraSecu™ 3 Point Lock TSATSATSATSABiasa BiasaBiasaBiasa
Tipe two wayxxxxxxxxx
Tautan produk

Menyewa koper untuk perjalanan bisnis dan liburan juga bisa menjadi pilihan

Menyewa koper untuk perjalanan bisnis dan liburan juga bisa menjadi pilihan
Jika sesekali Anda ingin pergi berlibur atau perlu melakukan perjalanan dinas, Anda juga bisa menggunakan layanan penyewaan koper. Saat ini di pasaran cukup banyak tersedia koper untuk para traveller atau pebisnis. Akan tetapi, produk yang memiliki fungsi dan daya tahan superior biasanya tergolong mahal. Jika tidak sering digunakan, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyewa koper.

Selain itu, Anda dapat menyewa terlebih dahulu untuk memastikan kenyamanan penggunaan suatu produk yang ingin Anda beli. Jika Anda menemukan koper yang Anda sukai, ada baiknya untuk mengecek apakah tersedia pilihan untuk menyewa produk tersebut.

Baca juga rekomendasi tas lainnya untuk traveling di sini

Selain tas koper yang modis, ada beragam tas lainnya yang bisa Anda gunakan untuk bepergian. Untuk itu, silakan baca artikel rekomendasi tas lain untuk travelling di sini. 

Kesimpulan

Koper akan sangat membantu untuk membawa barang-barang Anda saat bepergian. Ada koper kecil yang mudah dibawa ke mana-mana. Ada juga koper besar yang bisa muat banyak barang bawaan. Silakan tentukan ukuran dan desain koper sesuai kebutuhan Anda.

Dengan desain koper yang modis, Anda bisa bergaya selama bepergian. Tentunya, perjalanan Anda pun akan makin menyenangkan. Semoga artikel kali ini bisa membantu Anda menemukan koper terbaik untuk menemani perjalanan Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Skincare Travel Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Skincare Travel Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Skincare travel set merupakan serangkaian produk perawatan kulit berukuran ringkas yang memungkinkan Anda untuk melakukan perawatan kulit, bahkan saat di luar rumah sekalipun. Skincare travel set juga berisi beragam produk yang Anda perlukan untuk kulit wajah, mulai dari pembersih wajah sampai pelembap.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih skincare travel set sekaligus memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Bermacam-macam produk dari merek terkenal, seperti Shiseido, Etude, Laneige, dan SK II juga akan kami ulas. Demi kesehatan kulit, travel set tak boleh ketinggalan di setiap perjalanan Anda!
    Perlengkapan travelling
    27.096 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Pertahanan Diri Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Pertahanan Diri Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2020)
    Saat ini kejahatan bisa terjadi di mana saja, baik tempat yang sepi maupun ramai. Wanita sering menjadi sasaran empuk bagi pelaku kejahatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda para wanita untuk bisa melindungi diri sendiri. Salah satu caranya adalah dengan membawa alat pertahanan diri seperti stun gun, semprotan merica, atau alarm pribadi. Terdapat bermacam-macam tipe alat pertahanan diri dari tindak kejahatan. Berikut ini, kami sajikan untuk Anda cara memilih alat pertahanan diri yang tepat bagi wanita. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi alat pertahanan diri terbaik untuk Anda. Selamat membaca, ya!
    Perlengkapan travelling
    15.502 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Terbaik untuk Perjalanan Menginap 1 Malam (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tas Terbaik untuk Perjalanan Menginap 1 Malam (Terbaru Tahun 2020)
    Saat melakukan perjalanan dua hari satu malam, packing adalah salah satu kebutuhan yang harus dilakukan. Namun, masalah yang sering terjadi adalah packing yang kurang rapi karena tas terlalu besar atau kecil. Malah barangkali, tas terebut ternyata memang kurang tepat guna.Untuk itu, kami akan berbagi cara praktis dalam memilih tas untuk bepergian berikut rekomendasi produknya. Apapun pilihan Anda, baik Esgotado, Phillipe Jourdan, Herschel, Adorable Project, atau lainnya, perjalanan pasti lebih menyenangkan jika Anda menggunakan tas favorit.
    Perlengkapan travelling
    4.258 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Koper Terbaik untuk Perjalanan Bisnis (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tas Koper Terbaik untuk Perjalanan Bisnis (Terbaru Tahun 2020)
    Saat melakukan perjalanan bisnis, para pebisnis biasanya membawa barang yang cukup banyak. Daripada punggung sakit akibat beban berat dari memanggul backpack, pilih saja tas koper! Tas koper yang tidak terlalu besar akan cukup untuk membawa barang Anda jika harus menginap selama 1-3 hari.Tips memilih tas koper yang bagus untuk perjalanan bisnis akan kami uraikan dalam artikel ini. Anda pun bisa menemukan produk-produk rekomendasi kami dari TUMI, Samsonite, Traveler’s Choice, Navy Club, dan lainnya. Simaklah dan dapatkan tas koper terbaik untuk perjalanan bisnis Anda di sini!
    Perlengkapan travelling
    12.139 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Leher Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bantal Leher Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bantal leher merupakan barang yang sebaiknya dibawa saat traveling atau bepergian menggunakan kereta, mobil, atau pesawat. Bagi para pekerja, benda ini juga diperlukan untuk menopang leher ketika Anda sekadar tidur sejenak di kantor atau bersantai di rumah. Memakai bantal leher pastinya akan membuat Anda lebih nyaman mengistirahatkan tubuh.Saat ini, sudah banyak bantal leher berbagai jenis yang dijual di pasaran. Di antara jenis bantal tersebut, ada produk keluaran Miniso, BCOZZY, Bonform, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi bantal leher terbaik serta cara memilihnya. Selamat membaca!
    Perlengkapan travelling
    4.995 Views
  • 10 Rekomendasi Pelindung Koper Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelindung Koper Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang kerap bepergian, pelindung koper atau luggage cover tentu bukanlah sekadar aksesori. Pelindung koper berfungsi melindungi koper dari goresan, kotoran, dan cairan. Fungsi lainnya yaitu sebagai penanda agar koper Anda tidak tertukar dengan koper orang lain.Saat ini, tersedia pelindung koper dengan bahan dan desain menarik seperti yang diproduksi oleh Passport dan Kalibre. Karena desainnya yang menarik, pelindung koper juga menjadi bagian dari fashion saat traveling. Seperti apa cara memilih pelindung koper yang baik? Berikut ini kami telah mengulas tips serta rekomendasi pelindung koper terbaik untuk Anda!
    Perlengkapan travelling
    2.789 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori