10 Rekomendasi Blower Terbaik untuk Membersihkan Kamera (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Blower Terbaik untuk Membersihkan Kamera (Terbaru Tahun 2018)

Agar kamera tetap dalam kondisi terbaik, Anda perlu membersihkannya dengan cermat. Jika Anda langsung mengelap lensa kamera saat ada debu yang menempel, hal ini justru berisiko mengakibatkan lensa tergores. Nah, Anda bisa menggunakan blower untuk membersihkan debu semacam itu!

Saat ini di pasaran terdapat berbagai jenis blower dengan merek dan harga yang beragam sehingga kita terkadang bingung memilih mana yang terbaik. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini kami akan menginformasikan beberapa poin mengenai cara memilih blower kamera agar Anda bisa menemukan produk yang tepat. Selanjutnya, kami akan memperkenalkan beberapa produk blower terbaik dengan keunggulannya masing-masing. Semoga artikel ini bisa membantu Anda!

Daftar isi

Cara memilih blower untuk membersihkan kamera

Sebagian orang mungkin mengira bahwa blower kamera hanya berfungsi sebagai penghilang debu. Akan tetapi, di pasaran juga tersedia beberapa jenis blower yang mempunyai fitur tambahan. Oleh karena itu, pilihlah blower kamera terbaik yang bisa memaksimalkan kinerja kamera Anda! Berikut ini beberapa poin yang harus Anda perhatikan sebelum membeli blower.

Pilihlah blower dengan volume udara lebih banyak

Pilihlah blower dengan volume udara lebih banyak

Yang paling penting untuk diperhatikan saat memilih blower kamera adalah volume udara di dalamnya. Jika volume udaranya terlalu lemah atau kecil, tentu tidak memungkinkan untuk menghembuskan debu yang menempel pada lensa kamera Anda. Jadi, pastikan untuk memilih blower dengan volume udara yang cukup yang mampu menghilangkan debu dengan maksimal.

Untuk memilih blower dengan volume udara yang kuat, Anda perlu membaca dan mengecek informasi detail produk dengan benar. Jika Anda membeli blower di toko kamera, disarankan untuk meminta penjelasan produk dari penjual. Anda bisa menanyakan saran dan rekomendasi petugas toko mengenai produk yang memiliki volume udara yang kuat untuk membersihkan debu dengan baik.

Pilih yang ukurannya compact agar mudah dibawa

Pilih yang ukurannya compact agar mudah dibawa

Biasanya kita menyimpan blower dan kamera bersamaan di dalam tas. Jika blower tersebut berukuran besar, tentunya kita akan kesulitan menyimpan dan mengeluarkannya dari tas. Oleh karena itu, pilihlah blower yang compact yang ukurannya pas untuk dimasukkan di tas kamera atau bahkan saku. Sedangkan untuk Anda yang hanya menggunakan blower kamera untuk pemakaian di rumah, Anda tidak perlu terlalu mempertimbangkan ukuran blower yang dipilih.

Namun, jangan lupa untuk mempertimbangkan bahwa blower berukuran kecil seperti ini biasanya tenaga hembusannya juga lemah.

Pilihlah jenis pompa manual

Pilihlah jenis pompa manual

Saat ini di pasaran juga sudah tersedia blower kamera terbaru dengan tipe spray yang menghilangkan debu dengan semprotan udara yang kuat. Namun, jenis ini sebetulnya memiliki berbagai kelemahan dan risiko. Karena hembusan anginnya yang terlalu kuat, ada risiko debu tersumbat pada celah di bagian belakang lensa yang bisa mengakibatkan debu menempel dan melapisi sensor kamera. Selain itu, ada juga risiko lensa menjadi kotor akibat minyak yang bisa saja keluar dari blower jenis spray ini. Jadi, perhatikanlah poin-poin ini jika Anda ingin menggunakan blower tipe spray.

Jika blower tersebut merupakan jenis pompa manual, Anda bisa menyemprotkan udara sesuai kebutuhan dengan mengatur seberapa kuat tekanan yang diberikan. Selain itu, karena Anda hanya menyemprotkan udara, Anda tidak perlu khawatir lensa kamera menjadi kotor. Jadi, saat memilih blower kamera, sebaiknya pilihlah blower jenis pompa manual.

Pilih blower yang tidak menggunakan bahan karet sintetis

Pilih blower yang tidak menggunakan bahan karet sintetis

Blower kamera yang dijual di pasaran biasanya terbuat dari karet sintetis, karet alam, silikon, lateks, dan lainnya. Namun, Anda perlu berhati-hati dengan blower kamera yang berbahan karet sintetis. Blower dengan bahan ini memang tergolong murah, tetapi mudah retak atau pecah setelah digunakan dalam jangka waktu lama. Pecahan tersebut bisa jadi ikut tertiup keluar dan fragmennya dapat mengakibatkan goresan pada lensa.

Oleh karena itu, jika Anda menggunakan blower yang berbahan karet sintetis, gantilah dengan yang baru secara rutin dan jangan gunakan dalam jangka waktu terlalu lama. Asalkan tidak ada retakan atau fragmen yang berisiko ikut tertiup dari dalam, blower dengan bahan ini tetap bisa berfungsi dengan baik untuk membersihkan kamera.

10 Rekomendasi blower terbaik untuk membersihkan kamera

Setelah membahas cara memilih blower yang tepat, selanjutnya kami akan memperkenalkan 10 rekomendasi blower terbaik untuk membersihkan kamera Anda!

10. Dustswipe Air Blower

10. Dustswipe Air Blower 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 150.000

Ujung kecil untuk menghembuskan udara lebih presisi

Blower dari Dustwipe ini terbuat dari material yang didesain sedemikian rupa agar nyaman ketika digenggam. Bagian ujungnya yang kecil akan memungkinkan Anda menghembuskan udara dengan lebih presisi ke bagian tertentu yang ingin dibersihkan, misalnya di sekitar pinggiran lensa yang biasanya sulit dijangkau.

Produk ini tergolong berukuran kecil sehingga cocok untuk dibawa ke mana saja karena tidak akan terlalu mengganggu posisi kamera Anda jika diletakkan berdampingan. Anda bisa menggunakan blower ini dengan memompa secara manual dan mengontrol seberapa kuat udara yang ingin ditiupkan untuk membersihkan debu pada kamera.

9. Pro’sKit Air Blower Ball Brush MS-154C

9. Pro'sKit Air Blower Ball Brush MS-154C

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 154.000

Dilengkapi kuas yang bisa diganti sesuai kebutuhan

Dengan ukuran yang tergolong kecil, blower yang satu ini bisa Anda masukkan dengan mudah ke dalam tas kamera Anda untuk dibawa-bawa. Alat ini juga dilengkapi tambahan kuas yang berfungsi membantu menyingkirkan debu yang lebih besar sebelum Anda meniupkan udara menggunakan blower.

lower ini didesain meruncing sehingga sangat efektif membersihkan debu untuk bagian-bagian pada kamera Anda yang sulit dijangkau. Dengan harga yang cukup terjangkau, dapatkan dua fungsi pada satu blower yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda!

8. EMORA Air Blower

8. EMORA Air Blower

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 228.000

Blower dengan material alami dan tidak beracun

Blower kamera yang satu ini didesain dengan warna biru lembut serta pipa yang transparan sehingga terkesan lebih trendy dibandingkan blower yang lain. Produk ini merupakan salah satu yang kami rekomendasikan karena didesain dengan material yang alami dan tidak beracun sehingga aman untuk digunakan.

Bagian pipanya terbuat dari material plastik keras dan ujungnya dilindungi karet dengan warna serupa dengan bodi blower. Selain untuk menghilangkan debu pada lensa kamera, blower ini juga bisa digunakan untuk membersihkan barang-barang elektronik yang lain, seperti lensa teropong, alat musik, keyboard, atau ponsel Anda.

7. SOUNDLINK Air Blower

7. SOUNDLINK Air Blower

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 461.000

Desain mini agar menghemat ruang di dalam tas

Blower merek Soundlink ini didesain dengan ukuran yang kecil sehingga mudah disimpan di dalam tas kamera tanpa membutuhkan ruang yang banyak. Bagian katupnya juga didesain khusus agar mampu mencegah debu masuk ke dalam blower pada saat digunakan. 

Untuk Anda yang menghindari blower dengan bahan karet sintetis, blower ini sangat direkomendasikan karena terbuat dari material latex yang berkualitas yang terdiri dari karet murni. Bagian ujung blower ini berbentuk runcing dan bisa diperpanjang dengan disambungkan ke pipa kecil untuk mencapai dan membersihkan bagian yang sulit dijangkau.

6. XSport Hurricane Air Blower

6. XSport Hurricane Air Blower

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 464.000

Material silikon dengan diameter 5 cm

Blower ini terbuat dari material karet silikon yang tidak berbau sehingga aman untuk digunakan untuk membersihkan lensa kamera Anda maupun barang elektronik lainnya. Bagian tempat keluarnya udara didesain memanjang dengan ujung pipa berwarna merah cerah.

Dengan diameter 5 cm, ukuran blower ini tergolong cukup besar sehingga membutuhkan ruang jika dibawa dan dimasukkan ke dalam tas kamera. Jadi, blower ini lebih cocok untuk digunakan di rumah saat Anda ingin membersihkan dan melakukan perawatan kamera secara keseluruhan.

5. AmazonBasics Air Blower

5AmazonBasics Air Blower

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 492.000

Katup satu arah untuk menjamin kebersihan kamera Anda

Produk blower yang satu ini merupakan merek AmazonBasics yang dibekali dengan material karet berkualitas sehingga bisa digunakan untuk waktu yang lama. Blower ini didesain dengan diameter sekitar 6 cm yang tergolong cukup besar sehingga lebih direkomendasikan untuk digunakan di rumah.

Dengan katup udara yang hanya bergerak satu arah, blower ini mampu menghasilkan udara yang bersih ketika digunakan. Bagian ujung blower ini didesain bisa diberdirikan saat digunakan sehingga produk ini tidak mudah bergeser saat diletakkan di tengah-tengah proses membersihkan kamera.

4. UES VSGO Cleopatra Air Blower DDA-7

4. UES VSGO Cleopatra Air Blower DDA-7

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 515.000

Blower desain elegan serta tahan lama

Dengan panjang 12 cm dan lebar sekitar 5 cm, blower VSGO ini sangat cocok digunakan di rumah karena ukurannya tergolong besar dengan volume udara yang memadai untuk membersihkan seluruh perangkat kamera Anda. Bahannya terbuat dari karet silikon berkualitas serta lembut sehingga bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Katup udaranya juga didesain dengan sistem satu arah agar menjamin kebersihan udara yang keluar ketika membersihkan kamera. Terlebih lagi, produk ini didesain dengan warna hitam yang dikombinasikan dengan warna gold untuk memberikan tampilan yang elegan!

3. Carson Dust Blaster

3. Carson Dust Blaster

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 572.000

Dibekali volume udara tambahan 15 % untuk memaksimalkan penggunaan

Desain blower yang satu ini berbentuk unik dan dibekali katup tambahan yang berfungsi mencegah debu masuk ke dalam blower. Bagian bodinya dilengkapi dengan klip yang bisa Anda gantung pada tali tas kamera Anda sehingga mudah dibawa ke mana saja.

Bahannya terbuat dari material silikon berkualitas yang aman untuk kamera dan nyaman digunakan. Terlebih lagi, blower ini mempunyai volume udara 15% lebih banyak dibandingkan kebanyakan blower lainnya sehingga akan semakin maksimal dalam membersihkan kamera Anda!

2. Pixel Strong Cleaning Air Blower RB-20

2. Pixel Strong Cleaning Air Blower RB-20

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 738.000

Desain ergonomis dan bahan berkualitas yang ramah lingkungan

Blower dari Pixel ini berukuran panjang sekitar 15 cm dan lebar 6 cm yang tergolong besar yang memastikan blower ini memiliki volume udara yang banyak untuk membersihkan lensa dan kamera secara keseluruhan. Desainnya tergolong kuat serta dibekali dengan material karet lembut dan berkualitas yang ramah lingkungan.

Blower ini juga didesain ergonomis sehingga nyaman digenggam dan tidak membuat cepat pegal ketika digunakan. Dengan udara pada blower yang dapat dengan mudah beralih ketika digunakan, Anda bisa membersihkan lensa kamera dengan maksimal.

1. JJC Profesional Air Blower

1. JJC Profesional Air Blower

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 950.000

Dorongan udara kuat untuk membersihkan secara maksimal

Blower ini didesain dengan dua katup udara single-way yang terdapat di kedua saluran masuk dan keluar udara untuk memastikan udara yang dihasilkan tidak berisiko terkontaminasi kotoran dari luar. Bagian bawah bodinya juga dilengkapi dengan filter berupa kain penyaring pada saluran masuk udara yang dapat menyaring partikel debu dengan diameter lebih dari 21 mikron.

Bagian ujung pipanya terbuat dari silikon lembut untuk mencegah risiko kerusakan jika blower ini secara tidak sengaja mengenai gear kamera Anda. Desainnya sendiri juga dibekali dengan material silikon yang lembut dan tersedia dalam berbagai pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Kesimpulan

Merawat kebersihan kamera dengan menggunakan blower adalah hal yang penting agar kamera Anda bisa memberikan performa terbaik untuk waktu yang lama. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan cara memilih blower yang terbaik sebelum membelinya!

Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan blower yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!