• 10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)

Parfum menjadi bagian dari bodycare yang tidak boleh dilewatkan para wanita. Aroma parfum dapat menggambarkan kepribadian. Jadi, Anda harus benar-benar jeli saat memilih parfum yang akan digunakan. Anda dapat memilih parfum wangi floral, fruity, citrus, sampai oud.


Manakah yang merupakan parfum wanita terbaik? Simaklah tips dari kami dalam memilih parfum terbaik untuk wanita. Kami akan merekomendasikan beragam merek parfum lokal dan luar yang bagus. Ada YSL, Jo Malone, Roja Parfums, sampai HMNS dan Summerscent yang viral di TikTok. Temukan aroma parfum yang segar, lembut, manis, hingga hangat dalam rekomendasi kami!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Grace Mulyani
  • Pembaharuan terakhir: 28 September 2022
Daftar isi

Cara memilih parfum untuk wanita

Ada banyak parfum yang tersedia untuk wanita, baik parfum luar maupun parfum lokal. Simak poin-poin berikut ini agar menjadi panduan Anda dalam memilih parfum wanita terbaik.

Ketahui macam-macam aroma parfum wanita

Ada beragam aroma dasar parfum. Pemilihan aroma dasar ini dapat Anda sesuaikan dengan kepribadian serta acara yang akan dihadiri. Kami akan menjelaskan beragam aroma dasar parfum secara sederhana sesuai dengan fragrance wheel dari Michael Edwards.

Floral, aroma bunga yang feminin dan menyegarkan

Floral, aroma bunga yang feminin dan menyegarkan

Aroma floral adalah aroma parfum yang memberikan kesan feminin dan paling umum digunakan dalam parfum wanita. Rose, jasmine, dan lili adalah beberapa aroma floral yang umum digunakan dalam parfum untuk wanita.


Aroma floral dibagi lagi menjadi beberapa subkategori:

  • Floral memiliki aroma yang segar, seperti rose dan lili.
  • Floral fruity adalah campuran aroma floral dan buah-buahan yang manis, seperti apel dan peach.
  • Soft floral adalah aroma yang soft, powdery, dan sweet dengan sedikit hint creamy.
  • Floral ambery merupakan perpaduan aroma floral dan spice yang lebih hangat.

Parfum dengan wangi floral sering dianggap sebagai aroma parfum wanita terbaik. Aroma floral memang dapat digunakan untuk berbagai acara, mulai dari acara kasual sampai formal.

Fresh, wanginya menyegarkan dengan berbagai pilihan aroma

Fresh, wanginya menyegarkan dengan berbagai pilihan aroma

Selain aroma bunga, aroma fresh juga sering digunakan untuk parfum wanita. Aromanya bright dengan wangi buah, citrus, dan oceanic. Aroma parfum ini menggambarkan kepribadian ceria.


Berikut adalah beberapa macam aroma fresh:

  • Aromatic memiliki aroma yang clean dan fresh, seperti campuran aroma lavender dan woody.
  • Citrus menawarkan aroma yang menyegarkan, seperti bergamot, lime, grapefruit, dan yuzu.
  • Water adalah aroma yang cenderung lebih aquatic.
  • Green adalah aroma yang segar seperti rerumputan.
  • Fruity memiliki aroma buah-buahan selain citrus, seperti apel dan pear.

Woody, memberikan kesan yang hangat

Woody, memberikan kesan yang hangat

Woody atau kayu-kayuan adalah aroma parfum yang hangat. Meski aroma ini lebih sering digunakan dalam parfum pria, aroma woody juga cukup diminati para wanita. Aroma woody memberikan kesan yang klasik dan strong untuk para wanita.


Berikut ini adalah subkategori dari aroma woody:

  • Woody yang murni dapat berupa aroma sandalwood dan patchouli.
  • Aromatic adalah perpaduan aroma woody dengan aroma yang lebih segar, seperti lavender.
  • Mossy woods memiliki aroma yang lebih lembut, manis, dan earthy, seperti oakmoss dan amber.
  • Dry woods memiliki perpaduan aroma sandalwood yang creamy dan leather yang smoky.

Salah satu aroma woody yang memberikan kesan mewah untuk wanita adalah oud. Menggunakan parfum oud memang tidak mudah karena aromanya yang strong. Untuk itu, temukan beragam informasi mengenai parfum oud terbaik dalam artikel berikut.

Oriental, aromanya lebih sensual dan eksotis

Oriental, aromanya lebih sensual dan eksotis

Parfum beraroma oriental memiliki wangi yang eksotis dan sensual. Parfum oriental merupakan parfum beraroma herbal dan rempah-rempah. Wangi parfum oriental lebih cocok digunakan untuk menghadiri acara malam hari.


Contoh subkategori parfum oriental adalah sebagai berikut:

  • Oriental memiliki aroma yang manis dan hangat, seperti cinnamon, vanila, dan musk.
  • Soft oriental merupakan campuran aroma rempah yang hangat dan aroma floral.
  • Woody oriental adalah aroma yang lebih earthy dengan campuran patchouli ataupun sandalwood.

Jika Anda menyukai aroma parfum yang lebih manis atau gourmand, seperti parfum vanila, cek tautan berikut ini!

Pilih konsentrasi parfum sesuai kondisi pemakaian

Pilih konsentrasi parfum sesuai kondisi pemakaian
Ada empat jenis parfum berdasarkan konsentrasi minyak esensialnya. Makin banyak kandungan minyak esensial, maka makin awet aromanya, serta makin tinggi pula harganya.

  • Eau de cologne

Eau de cologne memiliki konsentrasi minyak esensial yang paling rendah sekitar 5%. Aromanya dapat bertahan 1–2 jam. Jenis parfum ini cocok digunakan oleh Anda yang baru pertama kali menggunakan parfum. Cologne lebih pas digunakan saat santai, seperti sehabis mandi ataupun sebelum tidur.


  • Eau de toilette (EDT)

EDT memiliki konsentrasi minyak esensial sekitar 5–15%. Aromanya dapat bertahan dalam waktu 2–4 jam penggunaan. Ada banyak jenis parfum EDT yang dijual di pasaran dengan harga terjangkau. Aroma EDT lebih soft dan cocok digunakan untuk aktivitas harian, seperti berkuliah dan pergi ke kantor.


  • Eau de parfum (EDP)

EDP memiliki konsentrasi minyak esensial sebesar 15–20%. Wanginya dapat bertahan sekitar 4–6 jam. Sama seperti EDT, jenis EDP juga banyak digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Aromanya yang lebih tahan lama membuat EDP cocok untuk Anda yang aktif seharian. Anda juga dapat memilih EDP untuk menghadiri pesta.


  • Perfume (extrait de parfum)

Perfume adalah jenis parfum dengan konsentrasi minyak esensial tertinggi hingga 30%. Aromanya lebih kuat dan tahan seharian. Harganya pun lebih tinggi dibandingkan jenis parfum lainnya. Perfume sering direkomendasikan untuk pengguna dengan kulit sensitif karena kandungan alkoholnya lebih rendah.

Kenali perubahan aroma parfum

Kenali perubahan aroma parfum
Aroma parfum bisa berubah dari waktu ke waktu berdasarkan urutan top notes, middle notes, dan base notes. Namun, perlu diperhatikan juga ada tipe parfum yang tidak mengalami perubahan aroma.

  • Top notes: Aroma yang paling awal tercium saat parfum disemprotkan. Aroma ini tercium sekitar 5–15 menit setelah disemprotkan. Top notes atau head notes akan memberikan kesan pertama untuk sebuah parfum. Top notes biasanya berupa aroma fruity dan floral.

  • Middle notes: Aroma yang tercium sekitar 20 menit sampai 1 jam parfum disemprotkan. Aroma middle notes biasanya merupakan perpaduan aroma floral, spices, atau woody.

  • Base notes: Aroma parfum yang bertahan paling lama. Aromanya lebih deep dan rich, seperti sandalwood, vetiver, oud, amber, dan patchouli.

Untuk mengetahui perubahan aroma parfum, Anda bisa mencari tahu dari situs resmi parfum tersebut atau situs Fragrantica. Selain itu, Anda juga bisa mencoba tester parfum terlebih dahulu untuk mengetahui kecocokan parfum tersebut.

Cari tahu karakteristik beragam merek parfum

Berikutnya, Anda bisa memilih parfum wanita berdasarkan mereknya. Tiap merek memiliki karakter masing-masing. Kami akan menjelaskan beberapa karakteristik merek parfum yang terkenal di kalangan wanita.

Jo Malone, menggunakan bahan yang sederhana

Jo Malone adalah parfum asal Inggris yang terkenal dengan seri Cologne Intense. Karakteristik parfum Jo Malone adalah penggunaan bahan yang sederhana. Tiap lapisan aromanya hanya memiliki satu wangi saja. Oleh karena itu, parfum Jo Malone sangat mudah di-layering dengan parfum lainnya. Parfum Jo Malone cocok untuk Anda yang senang mengeksplorasi campuran aroma parfum sendiri.

Victoria's Secret, memiliki aroma yang manis dan fresh

Parfum Victoria's Secret juga populer di kalangan wanita. Kebanyakan parfum Victoria's Secret memiliki aroma yang manis dan fresh. Desain botol parfumnya juga warna-warni dan menggemaskan. Beberapa seri parfum dari Victoria's Secret adalah Bombshell, Tease, dan Love. Aroma yang ditawarkan sangat cocok untuk remaja hingga wanita berusia 30-an.

HMNS, merek parfum lokal dengan kualitas atas

HMNS atau dibaca humans adalah merek parfum lokal yang booming pada tahun 2020-an. Kualitas dan branding parfum HMNS memang bisa dibilang lebih high end. Aroma yang ditawarkan HMNS terbilang cukup kompleks. Parfum ini dapat digunakan oleh wanita yang berusia 20-an ke atas.

Labcitane, menawarkan konsep perfume apothecary

Merek parfum lokal terbaik lainnya yang menawarkan aroma parfum menarik untuk wanita adalah Labcitane. Parfum Labcitane menggunakan bahan baku extrait de parfum.


Labcitane menggunakan konsep perfume apothecary. Parfum Labcitane baru diracik setelah Anda memesannya atau handmade by order. Jadi, Anda perlu melakukan maserasi terlebih dahulu sebelum menggunakan parfum. Teknik maserasi adalah penyimpanan parfum pada suhu ruang untuk mengekstrak bahan-bahan organiknya selama 5–14 hari. Alhasil, aromanya akan makin "matang" setelah dimaserasi.

10 Rekomendasi parfum terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk parfum terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 28 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa HMNS Orgasm memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Victoria’s Secret Bombshell Eau de Parfum yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 8 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
HMNS Orgasm 1

HMNS

2
Summerscent Celine 1

Summerscent

3
Labcitane Vanilla Roses 1

Labcitane

4
W.DRESSROOM Dress Perfume No.97 April Cotton 1

W.DRESSROOM

5
Evangeline Selection - Royal Lavender Eau de Parfum 1

Evangeline

6
Yves Saint Laurent Black Opium Eau de Parfum 1

Yves Saint Laurent

7
Roja Parfums Elixir Pour Femme 1

Roja Parfums

8
Victoria's Secret  Bombshell Eau de Parfum 1

Victoria's Secret

9
The Body Shop White Musk L'Eau Eau De Toilette 1

The Body Shop

10
Jo Malone  Velvet Rose & Oud Cologne Intense 2

Jo Malone

Nama produk

Orgasm

Celine

Vanilla Roses

Dress Perfume No.97 April Cotton

Selection - Royal Lavender Eau de Parfum

Black Opium Eau de Parfum

Elixir Pour Femme

Bombshell Eau de Parfum

White Musk L'Eau Eau De Toilette

Velvet Rose & Oud Cologne Intense

Keunggulan

Parfum wanita best seller dengan aroma vanila yang lembut

Parfum viral di TikTok untuk cewek kue yang harganya murah

Terbuat dari extrait de parfum yang aromanya tahan lama

Wangi parfum Korea yang fresh dan clean

Aroma lavender yang lembut, parfum tidur terbaik untuk wanita

Tampil sensual dengan parfum wanita terbaik beraroma kopi

Menawarkan kesan elegan, parfum rekomendasi Nagita Slavina

Aroma fruity floral manis untuk wanita usia 20-an yang girly

Parfum dengan aroma klasik dan lembut untuk segala usia

Rekomendasi parfum wanita terbaik beraroma oud dari Tasya Farasya

Harga mulai dariRp 323.000,00Rp 68.900,00Rp 185.000,00Rp 59.000,00Rp 39.000,00Rp 2.675.000,00Rp 4.650.000,00Rp 900.000,00Rp 299.000,00Rp 2.400.000,00
Isi100 ml35 ml50 ml, 100 ml70 ml, 150 ml100 ml90 ml7,5 ml, 100 ml50 ml, 100 ml30 ml, 60 ml50 ml, 100 ml
Tipe parfumEDPEDTPerfumeEau de cologneEDPEDPEDPEDPEDTEDP
Top notesRed applePear, orange, appleSugar, woody, roseLime, bergamot, pear, anise, cloveApple, green notes, pine, rosemaryPear, orange blossom, pink pepperBergamotPassionfruit, grapefruit, pineapple, tangerine, big strawberryPearClove
Middle notesRose, jasmine, peonyAlmond, lilyRoseRose, violet, lily of the valleyLavender, eucalyptus, geraniumLicorice, bitter almond, jasmine, coffeeLily of the valley, geranium, rose de mai, jasmin de grasse, ylang ylang, heliotrope, violet, raspberry, peachPeony, vanilla orchid, red berries, jasmine, lily of the valleyLily of the valley, jasmine, roseDamask rose
Base notesVanilla beans, amber Musk, red fruitsVanilla, white musk, cedar woodMusk, amber, vanilla, honey, sandalwoodSage, musk, tobaccoCashmere wood, cedar, patchouli, vanillaViolet leaves, cinnamon, cedarwood, sandalwood, vanilla, orris, sur cèdre, orris, ambrette, muskMusk, woody notes, oakmossMuskOud
Tautan produk
10

Jo Malone Velvet Rose & Oud Cologne Intense

Mulai dari Rp 2.400.000,00

Isi50 ml, 100 ml
Tipe parfumEDP
Top notesClove
Middle notesDamask rose
Base notesOud
9

The Body ShopWhite Musk L'Eau Eau De Toilette

Mulai dari Rp 299.000,00

Isi30 ml, 60 ml
Tipe parfumEDT
Top notesPear
Middle notesLily of the valley, jasmine, rose
Base notesMusk
8
Isi50 ml, 100 ml
Tipe parfumEDP
Top notesPassionfruit, grapefruit, pineapple, tangerine, big strawberry
Middle notesPeony, vanilla orchid, red berries, jasmine, lily of the valley
Base notesMusk, woody notes, oakmoss
7
Isi7,5 ml, 100 ml
Tipe parfumEDP
Top notesBergamot
Middle notesLily of the valley, geranium, rose de mai, jasmin de grasse, ylang ylang, heliotrope, violet, raspberry, peach
Base notesViolet leaves, cinnamon, cedarwood, sandalwood, vanilla, orris, sur cèdre, orris, ambrette, musk
6

Yves Saint LaurentBlack Opium Eau de Parfum

Mulai dari Rp 2.675.000,00

Isi90 ml
Tipe parfumEDP
Top notesPear, orange blossom, pink pepper
Middle notesLicorice, bitter almond, jasmine, coffee
Base notesCashmere wood, cedar, patchouli, vanilla
5

EvangelineSelection - Royal Lavender Eau de Parfum

Mulai dari Rp 39.000,00

Isi100 ml
Tipe parfumEDP
Top notesApple, green notes, pine, rosemary
Middle notesLavender, eucalyptus, geranium
Base notesSage, musk, tobacco
4

W.DRESSROOMDress Perfume No.97 April Cotton

Mulai dari Rp 59.000,00

Isi70 ml, 150 ml
Tipe parfumEau de cologne
Top notesLime, bergamot, pear, anise, clove
Middle notesRose, violet, lily of the valley
Base notesMusk, amber, vanilla, honey, sandalwood
3
Isi50 ml, 100 ml
Tipe parfumPerfume
Top notesSugar, woody, rose
Middle notesRose
Base notesVanilla, white musk, cedar wood
2
Isi35 ml
Tipe parfumEDT
Top notesPear, orange, apple
Middle notesAlmond, lily
Base notesMusk, red fruits
1
Isi100 ml
Tipe parfumEDP
Top notesRed apple
Middle notesRose, jasmine, peony
Base notesVanilla beans, amber

Tips menggunakan parfum agar aromanya tahan lama

Tips menggunakan parfum agar aromanya tahan lama

Tiap orang pasti ingin aroma parfumnya lebih tahan lama. Penggunaan parfum akan sangat memengaruhi ketahanan aroma parfum. Apakah Anda sudah menggunakan parfum dengan benar? Berikut ini adalah beberapa tips menggunakan parfum agar aromanya lebih tahan lama.


  • Gunakan parfum dan body lotion setelah mandi. Penggunaan body lotion membuat kulit lebih lembap. Kelembapan kulit akan menjaga aroma parfum lebih tahan lama. Anda juga dapat memilih body lotion yang aromanya senada dengan aroma parfum.

  • Gunakan parfum di area nadi, seperti di area pergelangan tangan, leher, dan belakang telinga. Area nadi tersebut merupakan area yang paling hangat. Aroma parfum akan makin tercium saat disemprotkan di area tersebut.

  • Anda tidak perlu menggosok parfum setelah disemprotkan. Biarkanlah parfum tersebut menyerap dengan sendirinya. Menggosok hasil semprotan parfum hanya akan membuat aromanya tidak tahan lama.

Baca juga rekomendasi parfum lainnya untuk wanita di sini

Masih ada banyak parfum terbaik untuk wanita. Terlebih lagi, kini sudah banyak parfum lokal wanita dengan harga murah dan viral di TikTok. Klik tautan di bawah ini untuk menemukan parfum wanita yang bagus untuk Anda.

Kesimpulan

Parfum adalah salah satu produk kecantikan yang digunakan untuk menunjang penampilan agar semakin percaya diri. Oleh karena itu, pemilihan parfum tentu tidak boleh sembarangan. Apakah Anda sudah menemukan parfum wanita terbaik versi Anda?

Kami sarankan agar Anda mencoba berbagai aroma dengan tester atau botol mini yang disediakan di toko-toko tepercaya. Setelahnya, temukanlah yang paling sesuai dengan kepribadian. Jangan lupa juga untuk membaca review parfum, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Parfum Zara Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Parfum Zara Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Parfum bukan hanya sekadar pengharum yang dapat menambah kepercayaan diri. Aromanya secara tidak langsung dapat membentuk karakter bagi pemakainya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih merek parfum yang bagus serta sesuai dengan kepribadian. Anda bisa mencoba berbagai varian parfum dari ZARA seperti Red Vanilla, Black Amber, Pink Flambe, atau Man Silver.Agar dapat menemukan aroma parfum ZARA sesuai dengan kepribadian Anda, kami akan memberikan beberapa tips cara memilihnya. Simak juga beberapa rekomendasi produk parfum ZARA terbaik pilihan kami berikut ini. Selamat membaca!
    Parfum & fragrance
  • 10 Rekomendasi Parfum Victoria's Secret Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Parfum Victoria's Secret Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Victoria's Secret tidak hanya memiliki koleksi lingerie, tetapi juga parfum. Indera penciuman Anda akan dimanjakan dengan aromanya yang memikat. Namun, Anda mungkin kesulitan memilih parfum Victoria's Secret yang paling wangi karena pilihannya yang bervariasi.Untuk itu, kali ini kami akan mengulas tips memilih parfum Victoria's Secret terbaik. Kami juga akan berbagi sepuluh rekomendasi produk yang original, seperti Bombshell, Bare Vanilla, dan Coconut Passion. Eau de parfum dan body mist Victoria's Secret yang best seller tentu ada. Anda sudah tidak sabar untuk tampil makin memesona? Simak ulasannya dari kami ini, ya!
    Parfum & fragrance
  • 10 Rekomendasi Parfum Evangeline yang Paling Wangi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Parfum Evangeline yang Paling Wangi (Terbaru Tahun 2022)
    Parfum menjadi hal yang sangat penting digunakan untuk menunjang penampilan. Selain dapat menambah rasa percaya diri, parfum juga dapat mengurangi aroma tubuh yang kurang sedap. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir akan membuat orang sekitar merasa tidak nyaman.Salah satu merek parfum lokal yang bagus adalah Evangeline. Parfum Evangeline mulai booming sejak tahun 2019 dan makin populer karena aroma wangi dan harganya yang terjangkau. Ditambah lagi, parfum Evangeline juga memiliki banyak seri, seperti Sakura, Zodiac, dan Musk. Jangan lewatkan sepuluh rekomendasi parfum Evangeline yang paling wangi dalam artikel ini, ya!
    Parfum & fragrance
  • 10 Rekomendasi Parfum Jo Malone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Parfum Jo Malone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu parfum best seller di pasaran saat ini adalah Jo Malone. Merek asal Inggris yang diciptakan oleh Joanne Lesley Malone CBE pada 1983 ini memiliki seri parfum dengan aroma terbaik. Apakah Anda baru ingin mencoba parfum Jo Malone? Di artikel ini kami akan membahas tuntas tentang keunikan parfum Jo Malone!Anda bisa membaca tips memilih beserta rekomendasi parfum Jo Malone yang bagus dan paling wangi. Temukan seri Cologne, Cologne Intense, Absolu Collection, dan koleksi terlaris lainnya. Yuk, simak informasinya lebih lanjut!
    Parfum & fragrance
  • 10 Rekomendasi Parfum Lokal Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Parfum Lokal Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Tampil selalu wangi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Di tengah tren produk lokal belakangan ini, banyak bermunculan merek parfum wanita dari brand lokal yang berkualitas. Soal ketahanannya, beberapa merek parfum lokal ini bahkan bisa bersaing dengan brand luar. Parfum yang tahan lama, autentik, dan harga yang affordable membuat parfum lokal menarik untuk dicoba. Apa saja merek parfum wanita yang bagus dan wanginya tahan lama? Kali ini, kami telah menghimpun beragam parfum wanita terbaik, seperti Vitalis, Evangeline, Wardah, Oullu, dan HMNS. Langsung saja yuk, intip rekomendasi parfum wanita berikut ini!
    Parfum & fragrance
  • 10 Rekomendasi Parfum MINISO Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Parfum MINISO Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    MINISO adalah merek yang menjual beragam produk, mulai dari perlengkapan rumah hingga kosmetik. Salah satu produknya adalah parfum. Tak sedikit produk Parfum MINISO yang wanginya enak dan tahan lama. Aromanya pun dapat mencerminkan karakter Anda.Kali ini kami akan memberikan tips cara memilih parfum MINISO terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk yang bagus. Anda bisa menemukan parfum MINISO Sparkle dan Pink Romance. Parfum MINISO best seller pun ada di daftar kami, seperti British Pear dan body mist Twinkling Stars. Yuk, temukan wangi parfum MINISO andalan Anda di artikel ini!
    Parfum & fragrance
  • 10 Rekomendasi Fragrance/Perfume Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Fragrance/Perfume Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Membahas soal parfum, Anda pasti pernah mendengar berbagai jenis wewangian. Ada jenis wewangian populer seperti eau de cologne dan eau de toilette. Nah, selain kedua jenis wewangian tersebut, apakah Anda pernah mendengar perfume oil?Perfume oil, atau disebut fragrance oil, banyak disukai oleh penggemar wewangian akhir-akhir ini. Namun, rupanya belum banyak orang yang memahami apa itu perfume oil/fragrance oil. Kali ini, kami akan menjelaskannya untuk Anda. Tidak lupa, kami akan menyertakan rekomendasi berbagai merek perfume oil yang bagus, seperti The Body Shop dan Sensatia Botanicals. Simak ulasan kami, ya!
    Parfum & fragrance
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori