1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Parfum & fragrance
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Parfum yang Cocok untuk Remaja Wanita (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Parfum yang Cocok untuk Remaja Wanita (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Parfum yang Cocok untuk Remaja Wanita (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Parfum yang Cocok untuk Remaja Wanita (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Parfum yang Cocok untuk Remaja Wanita (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Parfum yang Cocok untuk Remaja Wanita (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Parfum yang Cocok untuk Remaja Wanita (Terbaru Tahun 2023)

Remaja SMP ataupun SMA banyak disibukkan dengan segudang aktivitas, mulai dari sekolah, les, hingga hang out dengan teman. Untuk itu, Anda butuh parfum yang wanginya dapat membuat tubuh harum setiap saat. Agar Anda tetap segar dan wangi, pilihlah parfum yang tahan lama dan aromanya versatile untuk semua aktivitas. 

Kali ini, kami akan memberikan tips memilih parfum yang bagus dan wanginya enak untuk remaja wanita. Beberapa merek parfum populer, seperti The Body Shop, Evangeline, dan Pucelle, ada dalam list kami. Simak review parfum dari kami di bawah ini!
Diperbaharui 10-13-2022
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ulil Maulida

Ulil Maulida merupakan seorang culinary enthusiast. Menurutnya, makanan yang enak akan membuat orang bahagia secara instan. Hobi kulineran dan eksplorasi rasa membawanya untuk membangun brand roti dengan ragi alami bersama suaminya yang diberi nama “Rotibati”. Selain itu, dirinya juga memiliki ketertarikan terhadap fragrance atau dunia wewangian. Sama halnya seperti makanan, wewangian juga dapat membangkitkan mood lewat aroma yang dihirup indra penciuman.

Profil Ulil Maulida
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih parfum yang cocok untuk remaja wanita

Kunci utama pemilihan parfum adalah memilih karakter wangi yang Anda suka. Namun, wangi seperti apa yang cocok untuk remaja wanita? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

① Pilih parfum dengan aroma yang fresh dan ringan

Pilih parfum dengan aroma yang fresh dan ringan
Wangi yang fresh dan ringan sangat cocok untuk usia remaja. Pilihlah parfum aroma citrus, fruity, floral, atau soft menyerupai wangi sabun. Aroma seperti ini dianjurkan karena akan memberi kesan yang bersih dan segar.

 

Parfum dengan wangi yang ringan seperti ini juga pilihan paling aman untuk para remaja yang baru mulai memakai parfum. Namun, jika Anda suka aroma parfum yang manis, wangi manis fruity ataupun manis vanila bisa dipertimbangkan.

② Hindari parfum beraroma kuat saat kerja paruh waktu atau di sekolah

Hindari parfum beraroma kuat saat kerja paruh waktu atau di sekolah
Jangan gunakan parfum dengan aroma yang kuat jika Anda sedang berada di sekolah atau sedang bekerja paruh waktu. Pilihlah parfum dengan aroma lembut dan kasual yang baru tercium aromanya dari jarak dekat.

Meski begitu, ada juga sekolah atau tempat kerja yang melarang penggunaan parfum. Karenanya, Anda tentu perlu menyesuaikan dengan peraturan tersebut. Terkadang, parfum akan tercium lebih kuat oleh orang lain daripada diri sendiri. Maka dari itu, Anda perlu lebih memperhatikan pemakaiannya. 

③ Periksa konsentrasi parfum yang pas untuk remaja wanita

Ada beberapa pilihan parfum yang cocok untuk remaja, yaitu body mist/cologne, eau de toilette, dan eau de perfume. Berikut akan kami jelaskan mengenai tiap-tiap tipe.

Body mist/cologne, wanginya ringan dan harganya paling murah

Body mist/cologne, wanginya ringan dan harganya paling murah
Body mist atau cologne adalah jenis pewangi yang konsentrasinya paling ringan. Wanginya biasanya hanya bertahan selama 1–2 jam. Dengan durasi yang tergolong sebentar, produk ini mudah disemprotkan ulang ketika aromanya mulai memudar. Harganya pun paling terjangkau dibandingkan konsentrasi parfum lainnya sehingga menyemprotkannya berkali-kali pun tak jadi masalah. 

Karena wanginya ringan, jenis parfum ini bisa diandalkan untuk disemprotkan kapan pun Anda butuh kesegaran. Disemprotkan selepas Anda mengikuti jam pelajaran olahraga pun bisa.

Eau de toilette, cocok dipakai untuk daily scent

Eau de toilette, cocok dipakai untuk daily scent
Eau de toilette memiliki aroma dengan ketahanan wangi sekitar 2–4 jam. Aromanya pun masih tergolong ringan dan cocok dipakai untuk beraktivitas sehari-hari. Dibandingkan eau de parfum, eau de toilette (EDT) biasanya memiliki range harga yang lebih terjangkau. Meski begitu, tentu saja ketahanan aromanya masih di bawah eau de parfum, ya.

Eau de parfum, wanginya paling tahan lama

Eau de parfum, wanginya paling tahan lama
Eau de parfum memiliki aroma yang dapat bertahan 4–6 jam, bahkan ada juga yang lebih. Jadi, dibandingkan tipe parfum yang kami jelaskan sebelumnya, eau de parfum (EDP) punya ketahanan aroma yang paling long lasting. Karakter wanginya tentu lebih pekat daripada EDT dan cologne

Sebanding dengan kualitasnya tersebut, EDP memiliki harga jual yang lebih tinggi. Namun, kini Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, saat ini ada banyak merek parfum lokal yang menciptakan EDP dengan harga terjangkau untuk remaja!

④ Periksa perubahan aroma seiring berjalannya waktu

Periksa perubahan aroma seiring berjalannya waktu
Saat akan membeli sebuah parfum, ada hal penting lainnya yang perlu perhatikan. Umumnya parfum memiliki beberapa tingkat aroma yang akan berubah seiring berjalannya waktu. Ada top notes, middle notes, dan terakhir base notes. Simak uraiannya berikut ini!

  • Top notes: Aroma yang tercium saat parfum pertama kali disemprotkan. Aromanya cenderung fresh dan ringan, seperti wangi buah (fruity) dan bunga (floral).

  • Middle notes: Setelah didiamkan sebentar, aroma parfum akan masuk pada wangi middle notes. Aroma tengah ini sering disebut jantung aroma dari sebuah parfum. Biasanya middle notes terdiri dari susunan notes bunga.

  • Base notes: Aroma yang paling terakhir tercium saat Anda menghidu sebuah parfum. Aroma ini bertahan paling lama di kulit Anda. Biasanya aroma base tersusun dari aroma beraroma kuat, seperti kayu-kayuan, vanila, amber, dan musk.

10 Rekomendasi parfum terbaik untuk remaja wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk parfum terbaik yang cocok untuk remaja wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Evangeline

Black Sakura

Evangeline  Black Sakura 1枚目

Wangi cherry blossom yang siap menemani aktivitas Anda

2

MINISO

British Pear

MINISO  British Pear 1枚目

Parfum best seller MINISO, perpaduan aroma fruity dan floral

3

Pinkberry

EDP Wild Berry

Pinkberry  EDP Wild Berry  1枚目

Wangi sweet, fruity, floral yang cocok untuk remaja

4

W.Dressroom

Dress Perfume No.97 April Cotton

W.Dressroom Dress Perfume No.97 April Cotton 1枚目

Kembaran dengan wanginya Jungkook BTS!

5

Mykonos

Baby Love

Mykonos  Baby Love 1枚目

Wangi baby powder yang lembut dan soapy

6

Vitalis

Body Scent Blossom

Vitalis  Body Scent Blossom 1枚目

Parfum minimarket yang terjangkau dan aromanya enak

7

Ready Set

Koriko 1950

Ready Set Koriko 1950 1枚目

Bagaikan berada di toko kue, wangi gourmand yang menggoda!

8

Pucelle

Audacity Eau de Parfum Valorous

Pucelle Audacity Eau de Parfum Valorous 1枚目

Merek parfum remaja terpopuler yang manis dan tahan lama!

9

The Body Shop

White Musk Fragrance Mist

The Body Shop White Musk Fragrance Mist  1枚目

Must-have perfume untuk pencinta wangi musky powdery

10

Solinotes

Vanille

Solinotes Vanille 1枚目

Parfum wangi vanila yang tidak membuat pusing

Perincian produk
Close
No.1

Evangeline Black Sakura

Mulai dari Rp30.000,00

Wangi cherry blossom yang siap menemani aktivitas Anda

Kelebihan:

  • Tidak meninggalkan bekas/stain di baju ketika disemprotkan

Kekurangan:

  • Kemasan tidak travel-friendly


Evangeline termasuk parfum lokal yang punya banyak sekali varian aroma. Varian Black Sakura ini termasuk yang banyak disukai di kalangan wanita alias yang terlaris. Wanginya sendiri merupakan perpaduan fruity note dari buah beri dan sweet floral dari bunga sakura. 


Jika wanginya memudar, tinggal semprot lagi saja! Anda tak perlu khawatir seragam sekolah Anda terkena bercak parfum sebab produk ini tak meninggalkan stain. Parfum ini siap menemani Anda yang memiliki segudang kesibukan di sekolah.

No.2

Parfum best seller MINISO, perpaduan aroma fruity dan floral

Kelebihan:

  • Desain kaca yang simpel dan elegan

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengatakan aromanya terlalu strong

Para pencinta parfum pasti kenal dengan parfum hi-end asal London, Jo Malone. Nah, wangi dari MINISO British Pear ini disebut-sebut oleh banyak reviewer memiliki vibe yang mirip dengan Jo Malone English Pear & Freesia. Parfum dengan aroma fruity dan floral ini juga merupakan varian best seller-nya MINISO, lho! Anda tertarik mencobanya?

No.3

Pinkberry EDP Wild Berry

Mulai dari Rp44.300,00

Wangi sweet, fruity, floral yang cocok untuk remaja

Kelebihan:

  • Botol slim dan travel-friendly

Kekurangan:

  • Beberapa reviewer mengatakan tutup botol ringkih dan gampang lepas

Parfum yang satu ini datang dari merek beauty product untuk remaja, Pinkberry. Pada varian EDP Wild Berry, aromanya adalah manis, fruity, dan ada hint floral. Parfum ini cocok untuk para wanita muda yang youthful. Saat disemprotkan, aromanya akan membuat Anda memiliki image yang girly, cantik, dan supel. 

No.4

W.DressroomDress Perfume No.97 April Cotton

Mulai dari Rp59.000,00

Kembaran dengan wanginya Jungkook BTS!

Kelebihan:

  • Aromanya lembut dan tidak menusuk hidung
  • Cocok dipakai daily

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengatakan aromanya kurang tahan lama

Parfum ini sempat menghebohkan penggemar BTS karena Jungkook BTS pernah terlihat membawanya. Memang, karakter wangi parfum yang disukai Jungkook adalah yang wanginya lembut, soapy, powdery, atau seperti wangi bayi. Jika ingin merasakan seperti apa wangi parfum yang dipakai Jungkook, silakan check out parfum ini dari keranjang belanja Anda.

No.5

Wangi baby powder yang lembut dan soapy

Kelebihan:

  • Wanginya lembut, tidak membuat pusing 
  • Cocok dipakai ke sekolah

Kekurangan:

  • Botol tidak bening sehingga sulit melihat produk yang tersisa di dalamnya

Aroma parfum yang terlalu loud bisa jadi membuat Anda pusing dan kurang nyaman dipakai ke sekolah. Jika demikian, pertimbangkan parfum lokal Mykonos Baby Love. Didominasi note bunga violet dan musk, parfum ini punya wangi kalem khas baby cologne. Beberapa pencinta parfum ini ada juga yang mengatakan wanginya mirip sabun mandi yang lembut dan segar.

No.6

Vitalis Body Scent Blossom

Mulai dari Rp24.700,00

Parfum minimarket yang terjangkau dan aromanya enak

Kelebihan:

  • Terjangkau dan mudah didapatkan di minimarket terdekat

Kekurangan:

  • Perlu re-apply parfum beberapa kali karena wanginya gampang hilang

Jika Anda sedang mencari parfum remaja yang harganya ramah di kantong pelajar, inilah jawabannya. Dengan harga di bawah 30 ribu, Anda sudah mendapatkan body mist fragrance 120 ml. Produk ini juga sangat mudah Anda temukan di banyak tempat, termasuk di minimarket terdekat. 


Meski wanginya tidak terlalu tahan lama, Anda dapat re-apply parfum ini berulang kali tanpa merasa sayang atau rugi. Terlebih lagi, wanginya yang ringan dan ada sentuhan floral cocok untuk segudang aktivitas Anda di sekolah.

No.7

Ready SetKoriko 1950

Mulai dari Rp169.000,00

Bagaikan berada di toko kue, wangi gourmand yang menggoda!

Kelebihan:

  • Cocok untuk pencinta wangi gourmand
  • Parfum remaja yang wanginya tahan lama

Kekurangan:

  • Gambar dan tulisan pada stiker botol parfum mudah pudar

Bagi penggemar film dari Studio Ghibli, Anda pasti tau kota Koriko dari film Kiki's Delivery Service. Dari sini saja, apakah Anda sudah terbayang seperti apa aroma parfumnya? Bayangkan saja aroma roti, wafer cokelat, atau kue vanila yang baru keluar panggangan di bakery tempat Kiki magang. 


Parfum ini memiliki aroma gourmand (wangi kue atau dessert) yang akan membuat Anda berkata, "hmmm, yummy". Tenang saja, aromanya tak sampai membuat pusing atau enek, kok. Asyiknya lagi, parfum wanita ini wanginya tahan lama!

No.8

PucelleAudacity Eau de Parfum Valorous

Mulai dari Rp42.500,00

Merek parfum remaja terpopuler yang manis dan tahan lama!

Kelebihan:

  • Parfum daily yang tahan lama
  • Meski terjangkau, botolnya sudah terbuat dari kaca dengan spray nozzle yang bagus 

Kekurangan:

  • Botolnya tidak transparan sehingga sulit untuk mengecek sisa produknya

Pucelle pernah menjadi merek parfum remaja yang sangat hits pada masanya. Nah, kali ini, Pucelle makin terdepan dengan formulasi parfum-parfumnya yang dikemas cantik dan wanginya tahan lama. 


Salah satu parfum Pucelle yang kami rekomendasikan untuk remaja wanita adalah seri Audacity Valorous ini. Wangi parfum ini dibuka dengan aroma fruity yang manis. Selanjutnya, aroma manis dari buah beri ini akan berubah menjadi creamy, warm, dan musky. Diimbangi note sandalwood dan cedarwood pada bagian base, parfum ini tidak akan terkesan terlalu childish

No.9

The Body ShopWhite Musk Fragrance Mist

Mulai dari Rp239.000,00

Must-have perfume untuk pencinta wangi musky powdery

Kelebihan:

  • Wanginya lembut dan tidak membuat pusing
  • Vegan-friendly dan cruelty-free

Kekurangan:

  • Kemasan kaca 100 ml, kurang travel-friendly


White Musk merupakan parfum best seller-nya The Body Shop. Wangi parfum ini sangat lembut dengan sentuhan musky dan powdery. Jika digambarkan, aromanya mirip wangi bedak bayi. Beberapa penggemar parfum ini juga mengatakan aromanya mirip wangi sabun mandi. 


Intinya, wanginya sangat enak, soft, dan tidak menusuk hidung. Dipakai sekolah, les, ekskul, atau nge-date dengan pacar, parfum ini sangat versatile!

No.10

Parfum wangi vanila yang tidak membuat pusing

Kelebihan:

  • Wangi vanilanya tidak membuat enek atau pusing
  • Cocok di-layer dengan wewangian lain

Kekurangan:

  • Longevity-nya diklaim moderate menurut review

Untuk sekelas merek parfum luar negeri, Solinotes termasuk parfum yang harganya terjangkau. Di antara varian wangi yang dimilikinya, Solinotes Vanille merupakan wangi yang cocok untuk remaja perempuan. 


Wangi vanilanya soft, tidak terlalu manis, dan tidak membuat enek atau pusing. Anda bahkan dapat me-layer parfum ini dengan aroma parfum lainnya untuk menciptakan signature scent Anda sendiri.

Tips agar wangi parfum tahan lama

Tips agar wangi parfum tahan lama

Anda tentu ingin pafum yang Anda kenakan bertahan lama setelah disemprotkan, bukan? Kalau begitu, mari simak tips di bawah ini!


  • Parfum akan lebih awet jika disemprotkan pada kulit yang lembap. Oleh karena itu, kenakan parfum setelah mandi atau setelah Anda mengaplikasikan losion.

  • Semprotkan parfum pada titik nadi, seperti leher, belakang telinga, pergelangan tangan, lipatan siku, dan area belakang lutut.

  • Setelah menyemprotkan parfum ke kulit, jangan digosok. Menggosok parfum yang disemprot pada kedua pergelangan tangan dapat membuat partikel parfum pecah dan aromanya cepat pudar.

  • Hindari menyimpan parfum dengan tutup terbuka dan jauhkan dari sinar matahari langsung agar kualitasnya tidak berubah.

Baca juga rekomendasi parfum lainnya untuk wanita di sini

Saat ini, pilihan parfum untuk wanita ada banyak sekali. Parfum dengan harga terjangkau hingga merek parfum buatan lokal bisa menjadi pilihan menarik. Simak tautan di bawah ini untuk membaca review parfum wanita lainnya!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan sepuluh rekomendasi parfum untuk remaja wanita berikut cara memilihnya kepada Anda. Ada banyak pilihan aroma dan konsentrasi parfum yang dapat dipilih untuk menunjang kegiatan Anda. 

Parfum yang wanginya lembut dan ringan akan lebih cocok untuk remaja karena lebih versatile dipakai ke sekolah. Selain itu, beberapa merek parfum lokal bisa menjadi pilihan karena harganya relatif ramah di kantong pelajar. Jadi, parfum mana yang siap di-check out kali ini?

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer