10 Rekomendasi Madu Manuka Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Madu Manuka Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2018)

Madu Manuka adalah madu asli dari negara New Zealand yang bermanfaat untuk kecantikan kulit karena dapat mencegah munculnya jerawat. Selain itu, madu ini juga memiliki manfaat kesehatan, seperti menyembuhkan penyakit lambung akibat bakteri Helicobacter pylori, mencegah demam, dan mencegah dental caries.

Namun, terdapat istilah yang kurang familier pada madu Manuka sehingga akan menyulitkan Anda dalam memilih produk yang tepat. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih madu Manuka sekaligus merekomendasikan produk yang layak Anda coba dari merek terkenal seperti Manuka Health, Happy Valley, dan lainnya. Jadi, silakan disimak!

Daftar isi

Cara memilih madu Manuka

Sebelum masuk ke bagian rekomendasi produk, kami akan menjelaskan tentang cara memilih madu Manuka secara detail. Silakan simak secara saksama, ya!

Pilih yang memiliki deskripsi UMF atau MGO

Madu Manuka memiliki beberapa notasi yang menunjukkan kualitas produk, seperti NPA, TA, MGS, UMF, MGO, dan lainnya. Di antara notasi tersebut, produk dengan notasi UMF dan MGO lebih direkomendasikan untuk dipilih. Mari simak karakteristik dari kedua notasi tersebut.

UMF : Sertifikasi dari asosiasi madu Manuka, semakin tinggi nilai numeriknya, semakin banyak kandungan antibakteri

UMF : Sertifikasi dari asosiasi madu Manuka, semakin tinggi nilai numeriknya, semakin banyak kandungan antibakteri

UMF adalah singkatan dari “Unique Manuka Factor” yang merupakan standar resmi yang hanya dapat ditampilkan pada produk yang telah disertifikasi dari Asosiasi UMF New Zealand. Jadi, bila Anda memilih produk dengan notasi ini, bisa dipastikan kualitas produk tersebut telah terjamin.

UMF dituliskan dalam notasi numerik, misalnya UMF 5+ untuk menunjukkan seberapa banyak aktivitas antimikroba di dalamnya. Semakin tinggi angkanya, semakin tinggi juga efek antibakteri yang Anda dapatkan. Dikatakan bahwa nilai aksi antibakteri ini hampir sama dengan konsentrasi larutan fenol yang digunakan untuk larutan disinfektan.

MGO : Menunjukkan kandungan methylglyoxal, semakin tinggi semakin baik

MGO : Menunjukkan kandungan methylglyoxal, semakin tinggi semakin baik

MGO menunjukkan jumlah methylglyoxal yang terkandung di dalam madu Manuka. Sama seperti UMF, MGO juga dinotasikan dalam notasi numerik. Angka-angka unik ini merupakan merek dagang terdaftar dari Manuka Health Co., New Zealand.

Secara umum, nilai numerik MGO dituliskan seperti MGO 100+. Semakin tinggi angka yang tertulis, maka semakin baik efek yang terkandung di dalamnya.

Pilih yang memiliki notasi UMF 10+ dan MGO 100+ atau lebih

Pilih yang memiliki notasi UMF 10+ dan MGO 100+ atau lebih

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, UMF dan MGO merupakan nilai numerik yang menunjukkan kualitas tinggi dari madu Manuka. Disarankan untuk memilih produk dengan nilai UMF 10+ dan MGO 100+.

Madu Manuka dengan notasi UMF 10+ dan MGO 100+ atau lebih memiliki nilai yang hampir setara dengan larutan disinfektan dengan konsentrasi larutan fenol 10% yang sering digunakan dalam praktik medis aktual. Padahal, untuk cairan disinfektan biasa, konsentrasi larutan fenolnya hanya sekitar 2%-5%. Jadi, dapat Anda bayangkan tingginya aktivitas antimikroba dari madu Manuka tersebut.

Madu Manuka yang digunakan dalam penelitian untuk menyelidiki efek antibakteri memiliki nilai antara UMF 12+ hingga 13+. Karena itu, jika Anda memilih setidaknya produk dengan UMF 10+ dan MGO 100+ atau lebih, dapat dikatakan bahwa Anda akan memperoleh manfaat yang telah terbukti.

Pilih yang dapat dikonsumsi dalam jangka panjang

Tujuan mengonsumsi madu Manuka pasti berbeda bagi masing-masing orang, tetapi kebanyakan orang ingin mendapatkan manfaat kesehatan. Madu Manuka dapat memberikan manfaat yang sangat baik bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Jadi, mari pilih produk yang mudah didapat agar Anda dapat mengonsumsinya secara berkelanjutan.

Pilih yang konsentrasinya rendah karena makin tinggi, semakin kuat pula rasanya

Pilih yang konsentrasinya rendah karena makin tinggi, semakin kuat pula rasanya

Rasa dari Madu Manuka juga manis seperti madu, tetapi semakin tinggi konsentrasi UMF dan MGO, semakin kuat juga rasanya. Jadi, bila Anda memilih produk dengan konsenstrasi UMF dan MGO yang tinggi, mungkin akan lebih sulit untuk menikmatinya karena rasa yang dihasilkan unik seperti obat.

Untuk itu, kami sarankan Anda mencoba produk dengan konsentrasi UMF dan MGO yang rendah terlebih dahulu. Ketika Anda telah terbiasa dengan rasa dari madu Manuka, Anda dapat meningkatkan dan beralih ke produk dengan konsentrasi yang diinginkan secara bertahap.

Pilih yang harganya terjangkau sebab harga berbanding lurus dengan konsentrasinya

Pilih yang harganya terjangkau sebab harga berbanding lurus dengan konsentrasinya

Keberlanjutan dalam mengonsumsi madu Manuka juga dipengaruhi oleh harga karena madu Manuka dijual dengan harga yang cukup mahal untuk setiap botolnya, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Karena itu, faktor harga ini harus masuk dalam pertimbangan Anda agar Anda bisa meminumnya secara kontinu.

Produk dengan label UMF dan MGO juga cenderung lebih mahal, terutama yang memiliki nilai numerik tinggi. Jadi, pilihlah produk yang memiliki kadar konsentrasi rendah agar Anda mudah mengonsumsinya dilihat dari segi harga maupun rasanya.

Hati-hati terhadap produk palsu! Periksa tabel informasi produk

Hati-hati terhadap produk palsu! Periksa tabel informasi produk

Untuk mengecek keaslian madu Manuka yang dijual di pasaran, pertama-tama Anda harus memeriksa keberadaan lot number. Lot number adalah bukti bahwa kualitas suatu produk dikelola dengan benar. Angka unik tersebut menunjukkan jalur produksi, area produksi, dan lainnya sehingga dapat dikatakan bahwa lot number dapat diandalkan.

Sebagaimana disebutkan pada bagian penjelasan tentang UMF dan MGO, sertifikasi dari asosiasi resmi madu Manuka juga merupakan bahan pertimbangan untuk menilai keaslian suatu produk. Madu Manuka yang asli selalu disertai dengan sertifikat kualitas. Jadi, mari periksa ada atau tidaknya sertifikat dari produk yang akan Anda beli.

10 Rekomendasi madu Manuka terbaik

Setelah kami menjelaskan cara-cara memilih madu Manuka, kini saatnya kami memberikan rekomendasi madu Manuka untuk Anda. Mari temukan produk yang paling pas untuk Anda!

10. Airborne Manuka Honey

10. Airborne Manuka Honey

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 390.000

Tidak hanya rasanya yang lezat, harganya pun terjangkau!

Jika Anda memiliki budget terbatas, madu Manuka produksi Airborne ini bisa menjadi pilihan! Dengan nilai NPA (Non Peroxide Activity) atau aktivitas antibakteri antara 8-12, produk ini dapat melawan berbagai macam penyakit. Madu Manuka ini juga memiliki rasa yang lezat sehingga cocok untuk dikonsumsi semua usia, bahkan oleh anak-anak.

Nilai UMF/MGO NPA 8-12
Berat 500 gr

9. Mossop’s UMF® 10+ Manuka Honey

9. Mossop's UMF® 10+ Manuka Honey

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 430.000

Produk alami tanpa tambahan dihydroxyacetone atau methylglyoxal

Madu Manuka ini diekstrasi dan dikirim dalam keadaan alami, tanpa tambahan dihydroxyacetone (DHA) atau methylglyoxal (MG) sehingga Anda tidak perlu meragukan kualitas dan kemurniannya. Dengan nilai UMF 10+, konsentrasi dan rasa produk ini tidak terlalu tinggi sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang mencoba madu Manuka untuk pertama kalinya.

Nilai UMF/MGO UMF 10+
Berat 250 gr

8. Comvita UMF 20+ Manuka Honey

8. Comvita UMF 20+ Manuka Honey

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.193.000

Efektif untuk mengobati luka bakar, meredakan batuk, dan sakit tenggorokan

Madu Manuka satu ini sering dipakai di rumah sakit dan klinik untuk mengobati luka bakar karena telah mendapatkan sertifikat medical grade. Selain itu, nilai UMF yang tinggi membuat produk ini dapat diandalkan dalam meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

Dengan segala kelebihannya tersebut, membuat produk ini cocok untuk Anda yang mencari madu Manuka dengan kualitas untuk pengobatan yang sudah terbukti. Tidak hanya itu, Anda yang muslim pun bisa mengonsumsi madu Manuka ini dengan tenang karena sudah bersertifikat halal.

Nilai UMF/MGO UMF 20+
Berat 250 gr

7. Australian By Nature Manuka Honey 12+ (MGO 400)

7. Australian By Nature Manuka Honey 12+ (MGO 400)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 770.000

Diproduksi di tempat yang paling terakreditasi serta bebas pengawet

Lokasi produksi madu Manuka yang satu ini merupakan tempat dengan fasilitas yang memiliki akreditasi dan standarisasi tertinggi oleh kementerian New Zealand sehingga cocok untuk Anda yang mengutamakan kualitas produk. Dengan nilai MGO 400, produk ini ampuh untuk mempercepat proses penyembuhan.

Selain memiliki nilai MGO yang tinggi, produk ini juga telah tersertifikasi dari Molan Gold Standar (MGS) yang menunjukkan bahwa produk ini murni dan berkualitas. Ditambah lagi, madu ini juga bebas dari pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Nilai UMF/MGO MGO 400
Berat 500 gr

6. Taylor Pass Honey Co. UMF® Manuka Honey 15+

6. Taylor Pass Honey Co. UMF® Manuka Honey 15+

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.100.000

Mutu terjaga berkat tempat yang masih sangat terjaga kualitasnya

Lokasi alam yang masih asri sebagai tempat pembudidayaan dan pabrik yang higienis membuat madu ini terjamin mutunya. Tidak heran, madu ini juga mendapat sertifikat dari Oritain untuk proses pengolahan madu yang baik bagi konsumen. Jadi, kalau Anda ingin mengonsumsi madu dari tempat dan pembuatan yang sangat diperhatikan, produk ini bisa menjadi pilihan Anda.

Nilai UMF/MGO UMF 15+
Berat 500 gr

5. Tahi Manuka Honey UMF 15+

5. Tahi Manuka Honey UMF 15+

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 700.000

Untuk Anda yang senang mengonsumsi madu secara langsung!

Madu Manuka ini memiliki rasa yang kaya dan kompleks sehingga sangat pas sebagai pelengkap di meja makan Anda. Tekstur yang creamy dan meleleh saat di mulut menjadikan produk ini nikmat saat dikonsumsi secara langsung. Tidak hanya itu, produk ini juga kaya akan antibakteri, antimikroba, serta agen anti-inflamasi sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Nilai UMF/MGO UMF 15+
Berat 250 gr

4. Happy Valley UMF® 20+ NZ Manuka Honey

4. Happy Valley UMF® 20+ NZ Manuka Honey

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 989.000

Kaya akan chemical marker yang bermanfaat

Madu ini mengandung banyak chemical marker (struktur kimia untuk menilai kualitas suatu obat herbal) sehingga terbukti berkualitas tinggi. Penggunaan 100% madu Manuka asli yang dapat dilacak membuat produk ini memiliki rasa yang unik dan kaya akan manfaat kesehatan.

Anda dapat mengonsumsi produk ini secara langsung atau sebagai campuran pada minuman atau makanan untuk penambah energi saat beraktivitas, sangat pas untuk Anda yang aktif setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk perawatan kecantikan, lho!

Nilai UMF/MGO UMF 20+
Berat 250 gr dan 500 gr

3. Manuka Health MGO™ 550+ Manuka Honey

3. Manuka Health MGO™ 550+ Manuka Honey

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 915.000

Produk favorit di seluruh dunia!

Dengan kandungan MGO yang tinggi, madu Manuka ini dapat mengatasi berbagai macam penyakit sehingga cocok untuk Anda yang mencari manfaat kesehatan. Produk ini ternyata memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang halus sehingga cocok untuk Anda yang mencari madu Manuka dengan rasa lezat di lidah.

Setiap botol dari madu ini juga dapat dilacak asal peternak lebahnya sehingga akan mempermudah Anda dalam menentukan keaslian produk di pasaran. Dengan berbagai keunggulan, tidak heran produk ini menjadi salah satu madu Manuka favorit di seluruh dunia.

Nilai UMF/MGO MGO 550+
Berat 250 gr

2. Streamland Premium Manuka Honey

2. Streamland Premium Manuka Honey

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.200.000

Rasa yang lezat dan memiliki banyak manfaat

Dengan tingkat UMF yang sangat tinggi, madu ini ampuh untuk mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit. Madu ini memiliki tekstur yang halus dan rasa yang manis, hasil dari tahap creaming process dalam proses pembuatannya.

Karena rasanya yang lezat dan manis, madu ini cocok untuk dioleskan pada roti tawar Anda, sebagai bahan perawatan kecantikan, atau sebagai energi saat berolahraga. Bagi Anda yang ingin merasakan nikmatnya madu dengan banyak kegunaan, produk ini bisa menjadi pilihan.

Nilai UMF/MGO UMF 20+
Berat 250 gr

1. Manuka Doctor 20+ Bio Active Manuka Honey

1. Manuka Doctor 20+ Bio Active Manuka Honey

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 450.000

Tingkatkan kesehatan dengan produk yang dikemas dalam botol BPA free

Madu Manuka ini dikemas dalam botol BPA (bisphenol A) free sehingga bebas kandungan zat kimia dan aman untuk dikonsumsi. Dengan rasa yang manis, madu ini cocok untuk dicampurkan pada minuman sebagai pemanis alami atau dikonsumsi secara langsung untuk mendapatkan manfaatnya secara sempurna.

Penggunaan 100% madu murni yang disertifikasi oleh laboratorium independen menjadikan produk ini teruji kualitas dan manfaatnya, seperti sebagai antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan. Sangat cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan kesehatan tubuh dengan lebih aman.

Nilai UMF/MGO UMF 20+
Berat 500 gr

Cara efektif dalam mengonsumsi madu Manuka

Cara efektif dalam mengonsumsi madu Manuka

Cara paling umum dalam mengonsumsi madu Manuka adalah tiga kali sehari, sebanyak 5-15 ml sebelum makan. Sebagai tambahan, mengonsumsi madu Manuka sangat efektif untuk mencegah demam, menyembuhkan luka gores, luka bakar, inflamasi, atau mencegah dental caries.

Jika Anda merasa demam atau sakit tenggorokan, silakan mengonsumsinya secara langsung dengan sendok. Anda juga dapat meminum atau mencampurkan madu ke dalam susu panas atau jahe untuk melegakan hidung yang tersumbat.

Selain untuk dikonsumsi, madu Manuka juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka dengan lebih cepat. Anda hanya perlu mengoleskan madu secara langsung pada luka Anda dan menutupnya dengan kain kasa. Berhubung kandungan bakterisidanya tinggi, madu Manuka juga dapat digunakan untuk mencegah kerusakan gigi.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi madu Manuka dari kami? Mengonsumsi madu Manuka baik untuk kesehatan karena kandungan antibakteri yang lebih baik dari madu lainnya.

Sebelum membeli, pastikan dulu kandungan UMF dan MGO-nya agar Anda bisa mendapatkan manfaat sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu, bila Anda belum terbiasa dengan rasanya, pilihlah madu Manuka dengan konsentrasi rendah. Yuk, hidup lebih sehat dengan mengonsumsi madu Manuka!