10 Rekomendasi Madu Manuka Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Madu Manuka Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2018)

Madu Manuka adalah madu asli dari negara New Zealand, yang dipercaya bermanfaat untuk kecantikan kulit. Selain itu, madu Manuka juga memiliki manfaat kesehatan yaitu menyembuhkan penyakit lambung akibat bakteri helicobacter pylori, mencegah demam, dan mencegah dental caries.

Apa itu madu Manuka, serta apa saja khasiat yang dimiliki madu Manuka, akan kami jelaskan lebih lanjut di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan 10 produk madu Manuka yang layak Anda coba. Silahkan disimak!

Apa itu madu Manuka?

Madu Manuka adalah madu yang diambil dari bunga pada tanaman Manuka. Tanaman ini berasal dari New Zealand dan Australia. Penduduk New Zealand menyebutnya madu ajaib sehingga digunakan untuk menyembuhkan gastritis.

Cerita singkat pembuatan madu Manuka

Cerita singkat pembuatan madu Manuka 

Ada dua madu yang terkenal karena aroma serta rasanya yaitu madu akasia dan madu astragalus. Akan tetapi, ada yang mengatakan rasa khas dari madu-madu ini berasal dari serbuk sari yang diambil bersamaan dengan madunya. Sedangkan madu Manuka adalah madu yang bukan hanya menawarkan aroma dan rasa yang khas dari bunga aslinya, tetapi adanya manfaat untuk kesehatan. Jadi, madu Manuka memberi ekspektasi lebih.

Bunga Manuka bukanlah bunga yang hanya perlu diserbuki oleh lebah. Oleh sebab itu, untuk menghasilkan madu Manuka dengan tingkat yang sangat murni, maka harus diperlukan untuk mengondisikan lingkungan dimana madu Manuka hanya ada di sekitar sarang lebah.

Selanjutnya, kualitas tanah, cuaca, curah hujan, tingkat kepadatan tanaman, dan sebagainya juga diperlukan. Semua hal ini berpengaruh besar terhadap kondisi bunga dan komposisi madu. Meskipun pernyataan ini ekstrim, madu Manuka hanya dapat diambil dan diolah di New Zealand. Akan tetapi, madu Manuka terbaik tidak selalu yang berasal dari New Zealand.

Jadi bisa dikatakan bahwa madu Manuka dengan tingkat kemurnian dan kualitas yang terbaik itu memiliki nilai yang sangat langka sehingga tentu saja harganya pun meningkat.

Manfaat dan khasiat madu Manuka

Manfaat dan khasiat madu manuka

Rahasia manfaat kesehatan yang berasal dari madu Manuka adalah pada salah satu komposisinya yang disebut Methylglyoxal (MGO).

Di New Zealand, daun dari tumbuhan Manuka dipercaya sebagai obat herbal karena memiliki fungsi  antibakeri. Dari beberapa penelitian, madu Manuka juga memiliki efek yang sama.

Aktivitas antimikroba dari madu Manuka bersumber dari hidrogen peroksida yang berasal dari tekanan osmotik akibat tingginya konsentrasi gula serta enzim glucose oxidase di dalam madu. Pada madu Manuka, senyawa MGO memberikan manfaat tambahan yaitu diharapkan dapat mematikan bakteri Helicobacter pylori sehingga dapat menyembuhkan gastritis, stomach ulcer, dan bahkan diperkirakan kanker lambung.

Pada penelitian terhadap aktivitas antibakteri dari madu Manuka, ditemukan bahwa ternyata bakteri-bakteri berikut dapat dihambat pertumbuhannya. Bakteri-bakteri tersebut adalah bakteri staphylococcus, bakteri penyebab dental cariesHelicobater pyloriEscherichia coli yang menyebabkan orang mengalami keracunan makanan, dan aktivitas antivirus.

Jangan kaget ketika perut Anda terasa tidak enak saat mengonsumsi madu Manuka karena artinya komponen madu Manuka tersebut sedang berusaha mematikan Helicobacter pylori yang menyerang lambung Anda. Selain aktivitas antibakteri ditemukan pula antiinflamasi yaitu menghilangkan peradangan serta rasa sakit akibat penyakit stomach ulcer dan gastritis.

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, madu Manuka juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan yaitu mencegah jerawat, caries, batuk, dan demam.

Cara memilih madu Manuka

Methylglyoxal merupakan sumber aktivitas antibakteri pada madu Manuka. Senyawa ini bernilai langka karena hanya dapat dibuat pada daerah tertentu di dunia.

Ketika memilih madu Manuka, merupakan hal yang penting untuk mengerti besarnya konsentrasi komponen MGO.

Penjelasan UMF dan MGO yang menunjukkan khasiat antibakteri

Penjelasan UMF dan MGO yang menunjukkan khasiat antibakteri

Hal yang merepresentasikan aktivitasi antibakteri pada madu Manuka adalah tingkat UMF (Unique Manuka Factor). Sejak aktivitasi antibakteri dari MGO ditemukan pada madu Manuka pada tahun 2008, aktivitas antibakteri menjadi lebih akurat untuk diketahui saat kadar MGO diukur.

Sejauh ini, tingkat UMF dan MGO merupakan singkatan yang dipakai untuk methylglyoxal. Contoh hubungan kedua tingkat ini adalah tingkat UMF 10+ setara dengan MGO 100+.

Berapakah tingkat MGO dan UMF yang harus Anda pilih?

Berapakah tingkat MGO dan UMF yang harus Anda pilih?

Angka MGO menunjukkan seberapa besar kandungan MGO dalam madu Manuka tersebut. Semakin tinggi nilai MGO, semakin tinggi pula aktivitas antibakteri yang dihasilkan madu tersebut. Jadi, kalau Anda tidak ingin salah memilih madu Manuka, pilihlah madu dengan angka MGO yang tinggi.

Bagaimanapun juga, semakin tinggi angka MGO, semakin mahal juga harga madunya. Madu Manuka biasanya dikonsumsi setiap hari sehingga Anda juga perlu memperhitungkan biayanya.

Bila Anda sehat- sehat saja, Anda bebas memilih konsentrasi MGO manapun karena sudah cukup menyehatkan untuk tubuh Anda. Oleh karena itu, hal pertama yang harus Anda pikirkan dalam memilih madu Manuka adalah besarnya konsentrasi MGO dalam madu tersebut sesuai atau tidak dengan kondisi tubuh Anda.

Pada penelitian-penelitian tentang seberapa signifikan aktivitas antibakteri, besarnya UMF yang digunakan adalah 12+ dan 13+. Dengan berpatokan pada data ini, sebaiknya Anda memilih madu Manuka dengan UMF minimal 10+ ke atas dan MGO 100+ ke atas. Dengan demikian, Anda dapat mengatakan bahwa Anda bisa merasakan manfaat dan manjurnya madu Manuka.

10 Rekomendasi madu Manuka terbaik

Setelah kami menjelaskan cara-cara memilih madu Manuka, sekarang saatnya kami memberikan rekomendasi madu Manuka untuk Anda. Pilihlah madu Manuka berdasarkan kemanjuran dan harganya, serta sebaiknya konsultasikan kepada dokter Anda ketika Anda mau mengonsumsi madu Manuka.

10. Mossop’s Manuka Honey UMF® 10+

10. Mossop's Manuka Honey UMF® 10+

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 460.000

Tidak dipanaskan untuk menjaga kualitas madu

Produk ini memiliki tingkat UMF sebesar 10+. Tingkat UMF 10-14+ dapat digunakan untuk konsumen yang mencari natural healing. Madu ini diproses di sebuah tempat yang bersih di New Zealand yang terjaga kualitasnya sehingga aman dikonsumsi. Madu ini tidak dipanaskan, melainkan didiinginkan untuk menjaga kualitas madu.

Porsi madu yang cukup besar membantu Anda untuk dapat mengonsumsi madu lebih banyak, dan Anda juga dapat membagikannya kepada konsumen pemula. Ketika Anda ingin mengonsumsi madu bersama keluarga Anda, madu ini bisa untuk Anda pertimbangkan.

9. Airborne New Zealand Manuka Honey

9. Airborne New Zealand Manuka Honey

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 450.000

Keaslian madu yang dapat dipercaya

Madu Manuka ini dikemas dalam botol yang transparan sehingga konsumen dapat langsung melihat warna dan keaslian madunya. Ditambah lagi dengan digunakannya serbuk sari dari bunga Manuka sebanyak lebih dari 70 buah sehingga keaslian madu dapat terbukti. Kemudian, tingkat NPA (non-Peroxide Activity) juga bagus.

Tingkat NPA nya berkisar antara 8-12 yang menunjukkan bahwa madu ini efektif melawan banyak sekali macam penyakit. Keunggulan lainnya adalah pada harganya. Meskipun kualitasnya bagus, tetapi harganya cukup terjangkau. Kalau Anda ingin membeli madu Manuka yang terpercaya, madu Manuka ini sangat cocok bagi Anda.

8. Comvita Manuka Honey UMF 15+

8. Comvita Manuka Honey UMF 15+

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 950.000

Medical grade dan bersertifikat halal

Madu Manuka dengan UMF 15+ ini sungguh memiliki kualitas yang hebat karena telah mendapatkan sertifikat medical grade sehingga sering dipakai di rumah sakit dan klinik untuk mengobati pasien luka bakar. Selain itu, madu ini juga sangat aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung GMO (Genetically Modified Organism), yaitu bahan yang terkandung di dalam makanan yang oleh masyarakat dianggap berbahaya.

Selain itu, produk ini juga sudah bersertifikat halal sehingga dapat dikonsumsi oleh masyarakat muslim. Bila Anda ingin mengonsumsi madu yang sudah terbukti kualitasnya untuk pengobatan, madu Manuka ini patut untuk masuk daftar belanja Anda.

7. Australian By Nature Manuka Honey 8+ (MGO 200)

7. Australian By Nature Manuka Honey 8+ (MGO 200)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 330.000

Diproduksi di tempat yang paling terakreditasi serta bebas pengawet

Produk ini adalah produk dengan UMF 8+ atau setara dengan MGO 200. Meskipun tingkat UMF nya tidak tinggi, tetapi sudah cukup bagi Anda untuk menjaga tubuh Anda tetap segar dan sehat. Tempat produksi madu ini adalah tempat dengan fasilitas yang paling terakreditasi dan terstandarisasi oleh kementerian New Zealand sehingga Anda tak perlu ragu lagi dengan kualitasnya.

Kualitasnya juga telah teruji karena telah tersertifikasi Molan Gold Standar (MGS). MGS adalah standar untuk menjadi garansi bahwa kandungan Methylglyoxal-nya adalah murni 200 mg/kg. Ditambah lagi, madu ini juga bebas dari pengawet. Jadi, bila Anda ingin mengonsumsi madu yang sangat diakui di dunia, madu ini cocok untuk Anda.

6. Taylor Pass Honey Co. UMF® Manuka Honey 15+

6. Taylor Pass Honey Co. UMF® Manuka Honey 15+

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 790.000

Berasal dari tempat yang masih sangat terjaga kualitasnya

Porsi madu ini cukup besar yaitu 500 gram sehingga cukup untuk dikonsumsi oleh Anda dan keluarga Anda. Menariknya, tempat asal madu ini berada di New Zealand bagian selatan yang kondisi alamnya masih asri, dengan kondisi air dan udara yang segar, membuat madu yang dihasilkan pun terjamin secara mutu dan kualitasnya.

Oleh sebab itu, tidak heran bila madu ini mendapat sertifikat dari Oritain untuk proses pengolahan yang baik bagi konsumen. Kalau Anda ingin mengonsumsi madu dari tempat dan pembuatan yang sangat diperhatikan, madu Manuka ini bisa menjadi pilihan Anda.

5. Tahi Manuka Honey UMF 15+

5. Tahi Manuka Honey UMF 15+

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp. 699.000

Bebas polutan dan pestisida

Madu dari New Zealand ini merupakan madu yang bebas polutan dan pestisida. Hal ini disebabkan karena lebah yang digunakan tidak dibebaskan keluar kandang sehingga risikonya kecil untuk terpapar polutan. Selain itu, lebah tersebut juga tidak diberi makan gula atau senyawa kimia lainnya sehingga aman dikonsumsi untuk manusia.

Madu ini tidak dipasteurisasi untuk menjaga kualitasnya agar tetap optimal. Prosedur pembuatan yang baik membuat rasa madu yang dihasilkan pun menjadi manis dan halus, serta beraroma harum. Jika Anda mau mengonsumsi madu Manuka yang bersih serta aman, madu Manuka ini sangat layak untuk Anda pertimbangkan.

4. Happy Valley NZ Manuka Honey UMF® 20+

4. Happy Valley NZ Manuka Honey UMF® 20+

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 950.000

Tingkat UMF yang sangat tinggi dan after-taste yang nikmat

Madu Manuka ini memiliki UMF 20+, artinya tingkat UMF madu ini sangat tinggi sehingga aktivitas antibakterinya luar biasa efektif dan ampuh. Madu ini mengandung banyak chemical marker (struktur kimia untuk menilai kualitas suatu obat herbal) sehingga berkualitas tinggi, yang umumnya tidak ditemukan pada madu lainnya.

Rasa madu ini juga dapat memanjakan Anda karena after taste nya sangat nikmat. Hebatnya, produsen madu ini memberikan informasi hasil tes laboratorium pada kemasannya sehingga konsumen dapat mengetahui bukti kualitasnya. Jadi, bila Anda ingin mencegah risiko terkena penyakit, madu Manuka ini sangat tepat untuk Anda.

3. Manuka Health Manuka Honey MGO™ 550+

3. Manuka Health Manuka Honey MGO™ 550+

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 925.000

Tekstur yang halus, creamy taste, serta melegakan tenggorokan 

Madu yang berasal dari New Zealand ini memiliki kandungan MGO yang tinggi yaitu sebesar 550+ atau setara dengan 550 mg/kg. Dengan kandungan MGO yang besar artinya madu ini mengandung aktivitas antibakteri yang tinggi. Keunggulan madu ini adalah pada kualitas teksturnya yang halus serta creamy.

Dengan rasa yang manis, madu ini cocok untuk diminum bersama teh saat radang tenggorokan, atau untuk mengurangi batuk dan mencegah tonsillitis. Selain itu, madu ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan iritasi pada kulit. Jadi, bagi Anda yang ingin melegakan tenggorokan Anda dengan cara alami, madu Manuka ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Streamland Premium Manuka Honey

2. Streamland Premium Manuka Honey

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.550.000

Manfaat hebat untuk kesehatan dengan rasa yang lezat

Produk ini memiliki tingkat UMF yang sangat tinggi yaitu 20+. Artinya, dengan mengonsumsi madu ini, kesehatan Anda akan terjamin karena ampuh untuk mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit. Namun, jika Anda ingin menggunakan madu ini sebagai obat alami untuk mencegah penyakit, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar lebih terjamin keamanannya.

Madu ini memiliki tekstur yang halus dan rasa yang manis, hasil dari tahap creaming process dalam proses pembuatannya. Karena rasanya yang lezat, madu ini cocok untuk Anda oleskan pada roti tawar Anda untuk memberi rasa manis pada roti Anda. Bagi Anda yang ingin merasakan nikmatnya madu sambil bersantai, produk ini bisa menjadi pilihannya.

1. Manuka Doctor Bio Active Manuka Honey UMF 15+

1. Manuka Doctor Bio Active Manuka Honey UMF 15+

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 420.000

Pemanis alami serta menyegarkan Anda setelah beraktivitas

Madu Manuka dengan UMF 15+ ini dikemas dengan BPA (bisphenol A) free, artinya madu di dalamnya terhindar dari senyawa BPA yang dapat membawa penyakit sehingga aman untuk dikonsumsi. Madu ini memiliki nilai plus dalam rasanya yang manis sehingga sesuai untuk dicampurkan pada minuman Anda sebagai pemanis alami.

Ditambah lagi, madu ini mudah larut di dalam mulut Anda. Madu ini dapat menyegarkan Anda yang lelah karena seharian beraktivitas. Bagi Anda yang ingin madu yang lezat untuk kembali sehat dan bugar setelah bekerja satu hari penuh, madu Manuka ini paling tepat untuk Anda.

Waktu dan cara paling tepat mengonsumsi madu manuka

Cara paling umum dalam mengonsumsi madu Manuka adalah setiap tiga kali sehari, sebanyak 5 sampai 15 ml sebelum makan. Madu Manuka ini efektif dikonsumsi saat demam, terkena luka gores, luka bakar, inflamasi, atau mencegah dental caries.

Ketika demam

 Ketika demam

Madu Manuka dipercaya dapat menyembuhkan peradangan/inflamasi sehingga efektif menyembuhkan demam dan radang tenggorokan. Caranya adalah dengan meminumnya atau mencampurkan madunya bersama susu panas atau jahe untuk melegakan hidung yang tersumbat.

Ketika mengalami luka bakar, luka gores, dan peradangan

Ketika mengalami luka bakar, luka gores, dan peradangan

Selain untuk mengatasi demam, madu Manuka juga dapat digunakan untuk mengobati luka bakar dan luka gores, karena dapat menyembuhkan inflamasi (peradangan). Cara pemakaiannya adalah meneteskannya pada gauze atau band aid, kemudian menempelkannya langsung pada daerah luka untuk mempercepat penyembuhkan, serta untuk mensterilkan sehingga mencegah terjadinya infeksi dari jamur.

Untuk mencegah dental caries

Untuk mencegah dental caries

Madu Manuka juga dapat mengobati dental caries dengan cara mencegah pembentukkan dental caries pada enamel gigi karena adanya senyawa potassium phosphate yang terkandung pada madu Manuka.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi madu Manuka dari kami? Mengonsumsi madu Manuka baik untuk kesehatan karena kandungan antibakteri yang lebih baik dari madu lainnya. Sebelum membeli, pastikan dulu kandungan UMF nya agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang sesuai. Jadi, mari hidup lebih sehat dengan mengonsumsi madu Manuka!