• 10 Rekomendasi Madu Manuka Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Madu Manuka Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Madu Manuka Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Madu Manuka Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Madu Manuka Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Madu Manuka Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Madu Manuka adalah jenis madu asal New Zealand yang kaya manfaat kesehatan berkat tingginya kandungan antibakteri dan antiinflamasi. Aroma dan rasa Manuka honey juga sangat khas. Jika Anda baru pertama kali mencoba madu Manuka, mungkin Anda akan bingung saat memilihnya.

Supaya Anda tidak salah pilih, kali ini kami akan berbagi tips memilih madu Manuka terbaik. Sepuluh rekomendasi madu Manuka asli yang bagus dari berbagai merek juga telah kami siapkan, misalnya Comvita dan Streamland. Kami juga akan menjelaskan cara minum madu Manuka yang benar di akhir artikel. Yuk, baca hingga selesai!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Juni 2022
Daftar isi

Apa itu madu Manuka?

Khasiat madu Manuka bagi kesehatan sangatlah terkenal di kalangan masyarakat. Karena itu, sebelum memasuki bagian cara memilih, ada baiknya kami menjelaskan beberapa karakteristik madu Manuka.

Madu Manuka merupakan madu asli yang berasal dari New Zealand

Madu Manuka merupakan madu asli yang berasal dari New Zealand

Manuka honey adalah jenis madu yang dihasilkan dari nektar pohon Manuka yang berasal dari New Zealand. Apa perbedaan madu Manuka dengan madu biasa? Madu Manuka dipercaya memiliki aroma dan tekstur yang tidak dimiliki oleh madu biasa. Madu Manuka juga mempunyai aktivitas antibakteri, antiinflamasi, serta antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan jenis madu lainnya.


Tak hanya itu, Madu Manuka mengandung 190 jenis nutrisi seperti vitamin dan mineral. Tidak heran bila di daerah asalnya, New Zealand, madu Manuka sangat disukai karena memiliki manfaat kesehatan yang tinggi.


Madu New Zealand ini juga hanya dapat dipanen setahun sekali dalam jangka waktu yang cepat. Karena itu, harga madu Manuka tergolong mahal.

Madu Manuka tidak boleh dikonsumsi bayi di bawah satu tahun dan orang dalam pengobatan

Madu Manuka tidak boleh dikonsumsi bayi di bawah satu tahun dan orang dalam pengobatan

Madu, termasuk madu Manuka, mengandung bakteri yang disebut Clostridium bolutinum. Jika madu Manuka dikonsumsi oleh bayi berumur di bawah satu tahun, bakteri tersebut bisa menyebabkan botulisme. Hal itu tentu sangat berbahaya.


Untuk anak di atas satu tahun, pemberian madu Manuka juga sebaiknya dibatasi. Sebisa mungkin berikan madu Manuka dalam takaran yang lebih sedikit dibandingkan orang dewasa.


Sebagai tambahan, flavonoid yang terkandung dalam madu Manuka dapat mengurangi kinerja obat-obatan. Oleh sebab itu, bila Anda sedang dalam masa pengobatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi madu Manuka.

Cara memilih madu Manuka

Di bawah ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih madu Manuka. Ada tiga poin penting yang akan kami sampaikan. Silakan simak secara saksama.

Pilih madu Manuka yang memiliki notasi angka sesuai kebutuhan penggunaan

Madu Manuka memiliki berbagai macam notasi angka, misalnya MGO 100, UMF 5+, atau di bawahnya. Anda mungkin bertanya-tanya, apa beda UMF dan MGO pada madu Manuka?


Notasi MGO atau methylglyoxal pada madu Manuka menunjukkan tingginya aktivitas antibakteri. Di sisi lain, Unique Manuka Factor atau UMF adalah kumpulan senyawa alami yang hanya bisa ditemukan pada madu Manuka. Senyawa tersebut antara lain leptosperin, DHA, dan MGO.


Makin tinggi notasi angka MGO/UMF madu Manuka, makin tinggi pula nilai gizinya. Harganya juga akan mahal. Karena itu, penting untuk membeli madu Manuka yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda.

Produk dengan notasi MGO 100 (UMF 5+) atau kurang, cocok untuk pemula

Produk dengan notasi MGO 100 (UMF 5+) atau kurang, cocok untuk pemula

Notasi MGO 100 atau UMF 5+ menunjukkan bahwa madu Manuka tersebut dianggap memiliki sedikit zat aktif. Artinya, madu tersebut memiliki kadar gizi lebih rendah dibandingkan madu Manuka yang notasi angkanya lebih besar.


Madu Manuka seperti ini disarankan untuk Anda yang ingin mengonsumsinya sebagai suplemen nutrisi harian, bukan sebagai obat. Madu dengan notasi ini juga cocok untuk Anda yang tidak menyukai rasa khas madu Manuka.


Harga madu Manuka dalam range notasi ini bisa dikatakan lebih terjangkau. Jadi, bila Anda baru pertama kali ingin mencoba madu Manuka, silakan memilih jenis ini. Setelah Anda terbiasa dengan rasa madu Manuka, Anda bisa mengonsumsi madu dengan nilai MGO/UMF lebih tinggi. Namun ingat, lakukan secara bertahap, ya!

Produk dengan notasi MGO 100–500+ (UMF 10–12+), khasiatnya lebih tinggi

Produk dengan notasi MGO 100–500+ (UMF 10–12+), khasiatnya lebih tinggi

Madu Manuka dengan notasi MGO 100–500+ atau UMF 10–12+ disebut sebagai madu dengan aktivitas antimikroba tingkat menengah. Meski memiliki manfaat kesehatan yang cukup tinggi, harga madu Manuka dalam range notasi ini relatif masih terjangkau. Namun, madu Manuka ini tetap belum dapat digunakan untuk tujuan medis. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari untuk menjaga kesehatan.

Produk dengan notasi yang lebih tinggi dari MGO 500+ (UMF 15+), lebih kaya nutrisi

Produk dengan notasi yang lebih tinggi dari MGO 500+ (UMF 15+), lebih kaya nutrisi

Madu Manuka dengan range notasi di atas MGO 500+ atau UMF 15+ memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Madu ini memiliki aktivitas antimikroba yang tinggi.


Namun, tentu harganya lebih mahal dibandingkan madu Manuka dengan nilai notasi yang lebih rendah. Karena itu, Anda lebih disarankan untuk mengonsumsi madu ini saat membutuhkan nutrisi tambahan. Jika Anda sedang sakit, madu ini juga bisa membantu membuat kondisi Anda lebih cepat membaik.


Selain itu, ada madu Manuka dengan notasi MGO 800+ atau lebih. Madu Manuka tersebut memiliki zat aktif yang sangat tinggi. Tidak heran bila kandungan gizinya lebih banyak dan harga jualnya lebih mahal. Apabila Anda mengutamakan kualitas, silakan mencoba madu Manuka ini. Sayangnya, cukup sulit mendapatkan madu Manuka dengan notasi angka tersebut di Indonesia.

Perhatikan sumber madunya

Perhatikan sumber madunya

Selain mengecek notasi angka, Anda juga perlu memeriksa asal nektar yang diambil untuk madu Manuka. Hal itu adalah indikator jaminan mutu yang ditetapkan oleh Kementerian Industri New Zealand. Jika madu Manuka berasal dari satu macam nektar pohon Manuka (monofloral), keasliannya dianggap lebih terjaga. Sebaliknya, madu yang diambil dari beragam nektar bunga (multifloral) dianggap kurang sempurna.


Sayangnya, tidak banyak produsen yang mencantumkan keterangan tersebut pada label produknya. Jadi, Anda hanya bisa bertanya langsung kepada penjual madu Manuka atau membaca review pembeli.

Pastikan keberadaaan sertifikasi resmi untuk menjamin keasliannya

Manfaat Manuka honey telah dikenal di seluruh dunia. Namun, saat ini telah banyak produk palsu yang beredar di pasaran. Untuk itu, Anda harus selalu memeriksa sertifikasi dari madu Manuka yang Anda beli. Pastikan bahwa Anda membeli madu Manuka asli.

Madu Manuka dengan standar resmi MGO atau UMF

Madu Manuka dengan standar resmi MGO atau UMF

Madu Manuka memiliki label notasi yang bervariasi, seperti K-factor, UMF, MGO, dan lainnya. Namun, label standar resmi dari departemen perindustrian New Zealand adalah MGO.


Sementara itu, label UMF dikeluarkan oleh UMF Honey Association yang merupakan lembaga independen tepercaya di New Zealand. Jadi, bila Anda ingin mengonsumsi madu Manuka yang gizinya terjamin, pastikan produknya memiliki label MGO atau UMF.

Madu Manuka yang memiliki laporan analisis dari pemerintah New Zealand

Madu Manuka yang memiliki laporan analisis dari pemerintah New Zealand

Untuk mendapatkan madu Manuka yang bergizi tinggi, ada hal lain yang perlu Anda perhatikan selain notasi angka. Hal tersebut adalah lampiran sertifikat kualitas yang biasanya dikeluarkan oleh pihak ketiga serta diakui pemerintah New Zealand.


Ada banyak lembaga yang dapat mengeluarkan sertifikat kualitas ini. Terkadang, pengujian kualitas ini bisa mengalami kesalahan penulisan notasi.


Demi memastikan keaslian madu Manuka, pastikan untuk memilih produk dengan sertifikat yang terakreditasi pemerintah. Uji kualitas yang dilakukan oleh badan akreditasi pemerintah biasanya menggunakan metode pengujian yang benar.

10 Rekomendasi madu Manuka terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk madu Manuka terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Manuka Doctor40 MGO Mānuka Honey

Mulai dari Rp 299.000,00

Nilai UMF/MGOMGO 40
Sertifikasi✔︎ (MGO)
Varian isi250 gr
9
Nilai UMF/MGOMGO 400
Sertifikasi✔︎ (MGO)
Varian isi500 gr
8

WildcapeUMF 15+ Manuka Honey

Mulai dari Rp 1.895.000,00

Nilai UMF/MGOUMF 15+
Sertifikasi✔︎ (UMF)
Varian isi500 gr, 1.000 gr
7

TahiManuka Honey UMF 15+

Mulai dari Rp 827.300,00

Nilai UMF/MGOUMF 15+
Sertifikasi✔︎ (UMF)
Varian isi250 gr
6
Nilai UMF/MGOUMF 20+
Sertifikasi✔︎ (UMF)
Varian isi250 gr, 500 gr
5

Beepower Australian Manuka MGO 263+

Mulai dari Rp 680.000,00

Nilai UMF/MGOMGO 263+
Sertifikasi✔︎ (MGO)
Varian isi500 gr
4
Nilai UMF/MGOMGO 573+
Sertifikasi✔︎ (MGO)
Varian isi250 gr, 500 gr
3
Nilai UMF/MGOUMF 10+
Sertifikasi✔︎ (UMF)
Varian isi500 gr
2

Manuka WellbeingMānuka Honey UMF™ 15+

Mulai dari Rp 1.599.900,00

Nilai UMF/MGOUMF 15+/MGO 550
Sertifikasi✔︎ (UMF)
Varian isi300 gr
1

Comvita UMF™ 10+ Mānuka Honey

Mulai dari Rp 129.900,00

Nilai UMF/MGOUMF 10+/MGO 263
Sertifikasi✔︎ (UMF)
Varian isi50 gr, 250 gr, 500 gr, 1.000 gr

Tabel perbandingan produk madu Manuka terbaik

Gambar produk
1
Comvita  UMF™ 10+ Mānuka Honey 1

Comvita

2
Manuka Wellbeing Mānuka Honey UMF™ 15+ 1

Manuka Wellbeing

3
Streamland  Manuka Honey Indonesian 1

Streamland

4
Manuka Health MGO 573+ Manuka Honey 1

Manuka Health

5
Beepower  Australian Manuka MGO 263+ 1

Beepower

6
Happy Valley Manuka Honey UMF® 20+ 1

Happy Valley

7
Tahi Manuka Honey UMF 15+ 1

Tahi

8
Wildcape UMF 15+ Manuka Honey 1

Wildcape

9
Australian By Nature Manuka Honey 12+ (MGO 400) 1

Australian By Nature

10
Manuka Doctor 40 MGO Mānuka Honey 1

Manuka Doctor

Nama produk

UMF™ 10+ Mānuka Honey

Mānuka Honey UMF™ 15+

Manuka Honey Indonesian

MGO 573+ Manuka Honey

Australian Manuka MGO 263+

Manuka Honey UMF® 20+

Manuka Honey UMF 15+

UMF 15+ Manuka Honey

Manuka Honey 12+ (MGO 400)

40 MGO Mānuka Honey

Keunggulan

Suplemen wajib sebelum berolahraga

Kemasan eksklusif yang cantik untuk dijadikan kado

Membantu meningkatkan kesuburan pria dan wanita

Produk favorit yang sangat berkhasiat

Tingkatkan sistem imun tubuh supaya tidak mudah lelah

Jaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah

Tak ada alasan lagi untuk meninggalkan sarapan!

Tersedia kemasan terbesar untuk stok di rumah

Jaminan kualitas karena dipanen dari hutan organik

Ganti penggunaan gula dengan madu Manuka ini

Harga mulai dariRp 129.900,00Rp 1.599.900,00Rp 1.050.000,00Rp 1.210.000,00Rp 680.000,00Rp 1.499.000,00Rp 827.300,00Rp 1.895.000,00Rp 820.000,00Rp 299.000,00
Nilai UMF/MGOUMF 10+/MGO 263UMF 15+/MGO 550UMF 10+MGO 573+MGO 263+UMF 20+UMF 15+UMF 15+MGO 400MGO 40
Sertifikasi✔︎ (UMF)✔︎ (UMF)✔︎ (UMF)✔︎ (MGO)✔︎ (MGO)✔︎ (UMF)✔︎ (UMF)✔︎ (UMF)✔︎ (MGO)✔︎ (MGO)
Varian isi50 gr, 250 gr, 500 gr, 1.000 gr300 gr500 gr250 gr, 500 gr500 gr250 gr, 500 gr250 gr500 gr, 1.000 gr500 gr250 gr
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar madu Manuka

Pertanyaan umum seputar madu Manuka

Pada bagian ini, kami akan menjawab beberapa pertanyaan populer mengenai madu Manuka. Jika Anda termasuk salah satu yang penasaran dengan jawabannya, mari disimak!

Bagaimana cara mengonsumsi madu Manuka yang efektif?

Cara minum madu Manuka yang disarankan adalah langsung diminum tanpa melalui proses pemasakan. Tujuannya supaya kandungan di dalam madu Manuka dapat terserap oleh tubuh secara maksimal.

Jika Anda kesulitan mengonsumsinya secara langsung, silakan campurkan madu Manuka ke dalam teh, susu, atau yoghurt. Takarannya adalah tiga kali per hari, sebanyak 5–15 ml sebelum makan. Anda juga sebaiknya mengonsumsi madu Manuka dengan sendok kayu supaya nilai gizinya tidak berkurang.

Bagaimana cara menyimpan madu Manuka yang benar?

Tekstur madu Manuka dapat mengeras bila diletakkan di dalam kulkas. Oleh sebab itu, kami sangat menyarankan untuk menyimpan madu Manuka di ruangan sejuk dengan suhu kamar. Hindari pula sinar matahari secara langsung.

Bagaimana cara membedakan madu Manuka asli dan palsu?

Ciri dari madu Manuka asli terletak pada keberadaan label MGO/UMF dari Kementerian Industri New Zealand. Selain itu, madu Manuka asli mempunyai warna yang lebih gelap daripada madu biasa. Teksturnya juga cenderung lebih kental serta memiliki rasa manis yang lezat.

Baca juga rekomendasi madu lainnya di sini

Selain madu Manuka, ada pula jenis madu lain yang tak kalah manfaatnya untuk kesehatan. Madu hutan, madu hitam, hingga clover honey merupakan beberapa contohnya. Anda penasaran dengan khasiat dari madu-madu tersebut? Jangan khawatir! Kami telah merangkum beberapa rekomendasi produk-produk terbaiknya pada artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi madu Manuka dari kami? Mengonsumsi madu Manuka sangat baik untuk kesehatan berkat kandungan antibakteri yang lebih banyak dibandingkan madu biasa. Namun, sebelum membeli madu Manuka, perhatikanlah besaran kandungan UMF dan MGO yang Anda butuhkan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan. 


Selanjutnya, bila Anda belum terbiasa dengan rasanya, pilihlah madu Manuka dengan konsentrasi yang rendah. Yuk, hidup lebih sehat dengan mengonsumsi madu Manuka!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya saja, Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Gatotkaca, Jawara, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi pada masyarakat saat ini berupa meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG adalah kaldu jamur. Jadi, tak heran jika kaldu jamur non MSG banyak dipakai untuk melezatkan berbagai masakan ataupun MPASI bayi.Sejumlah merek kaldu jamur yang bagus, seperti Totole, Lemonilo, dan Royco, menawarkan produk-produknya yang menarik. Nah, di artikel ini kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi kaldu jamur terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    Menambahkan penyedap rasa merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Kali ini kami akan membahas cara memilih penyedap rasa yang enak sekaligus aman dikonsumsi.Anda bisa memilih penyedap rasa dengan MSG yang harganya terjangkau dari merek terkenal Sasa, Masako, dan Royco. Ada juga penyedap rasa non MSG untuk MPASI dan diet, contohnya Pura, Jay's Kitchen, Lemonilo, serta Pawon Ibun. Simak juga tips dan komentar dari Cook Debbie Ariesthea, ya. Simak terus artikelnya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tepung Bakwan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti sudah tidak asing dengan salah satu jenis gorengan ini, bukan? Bakwan yang enak dibuat dari campuran tepung terigu, sayuran, jagung, dan bumbu. Kini membuat bakwan tidaklah sulit berkat adanya tepung bakwan instan. Tepung bakwan ini sudah diracik dengan bumbu-bumbu lengkap, Anda hanya perlu menyiapkan bahan, kemudian bakwan siap digoreng.Kobe, Sasa, Mamasuka dan Sajiku adalah beberapa merek yang populer. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih tepung bakwan yang bagus untuk Anda. Rekomendasi produk dan tips membuat bakwan goreng juga akan kami bagikan. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori