• 10 Rekomendasi Tisu Basah Terbaik untuk Menghilangkan Bakteri (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Tisu Basah Terbaik untuk Menghilangkan Bakteri (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Tisu Basah Terbaik untuk Menghilangkan Bakteri (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Tisu Basah Terbaik untuk Menghilangkan Bakteri (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Tisu Basah Terbaik untuk Menghilangkan Bakteri (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Tisu Basah Terbaik untuk Menghilangkan Bakteri (Terbaru Tahun 2022)

Tisu basah yang mampu menghilangkan bakteri merupakan item penting, terlebih di saat pandemi. Anda bisa menggunakan tisu basah antibakteri untuk mengelap anggota tubuh atau membersihkan barang. Merek tisu basah antibakteri saat ini pun beragam, seperti Paseo, Dettol, Softies, OneMed, dan Saniter.


Jenis dan kemasan tisu basah pun bervariasi. Ada tisu basah beralkohol, tisu basah yang aman bagi bayi, hingga tisu yang dikemas portabel. Agar tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih tisu basah yang bagus untuk Anda. Sepuluh rekomendasi tisu basah antibacterial terbaik juga akan kami ulas. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih tisu basah untuk menghilangkan bakteri

Tisu basah sangat praktis digunakan, baik saat berada di rumah, di kantor, maupun ketika Anda bepergian. Tentunya, akan lebih praktis jika tisu basah tersebut memiliki kandungan antibakteri untuk menjamin kebersihan. Berikut ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih tisu basah.

Perhatikan jenis tisu basah yang Anda pilih

Berdasarkan peruntukannya, ada dua jenis tisu basah antibakteri yang beredar di pasaran. Apa saja jenis tisu basah yang dimaksud? Mari simak pembahasannya di bawah ini. 

Tisu basah untuk peralatan, mengandung alkohol 60% ke atas

Tisu basah untuk peralatan, mengandung alkohol 60% ke atas

Tisu basah untuk peralatan biasa ditandai dengan kandungan alkohol yang cukup tinggi, yakni kisaran 60% ke atas. Di sisi lain, beberapa produk juga ada yang mengandung benzalkonium chloride. Benzalkonium chloride sendiri adalah zat yang umum digunakan untuk mengatasi beberapa jenis bakteri, virus, dan jamur. Pada tisu basah untuk peralatan, kandungan benzalkonium chloride-nya terbilang cukup tinggi. 


Di sisi lain, tisu basah untuk peralatan biasanya akan menuliskan keterangan "surface disinfectant" atau "medical wipes". Anda bisa menggunakan jenis tisu basah ini untuk membersihkan pegangan pintu, meja, handphone, dan peralatan lainnya. 


Namun, berhati-hatilah untuk benda yang dilapisi pernis atau terbuat dari bahan kulit. Kandungan alkohol yang tinggi bisa mengakibatkan kerusakan pada benda-benda tersebut. 

Tisu basah untuk kulit, minim alkohol dan mengandung pelembap

Tisu basah untuk kulit, minim alkohol dan mengandung pelembap

Tisu basah untuk kulit bisa jadi juga mengandung alkohol dan benzalkonium chloride. Namun, kandungannya akan jauh lebih rendah dibandingkan dengan tisu basah untuk peralatan. Bahkan, beberapa merek tisu basah antibakteri juga mengeluarkan produk yang tidak mengandung alkohol. Produk tisu basah antibakteri nonalkohol ini akan banyak Anda jumpai pada tisu basah bayi antibakteri. 


Di sisi lain, beberapa produk juga ada yang menambahkan kandungan pelembap, seperti Aloe vera dan propylene glycolDengan demikian, kulit Anda akan bersih dan tetap lembap. 


Selain itu, kandungan alkohol pada tisu basah untuk kulit terbilang kecil, jadi tidak cocok untuk membersihkan peralatan. Hal tersebut tidak akan efektif dan hanya akan memberikan rasa aman palsu. 

Pilihlah kemasan tisu basah yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Tisu basah secara umum dibagi menjadi dua tipe yaitu tipe portabel dan tipe isi ulang. Pilihlah tisu basah yang sesuai dengan cara penggunaan dan aktivitas Anda.

Tipe portabel, praktis dibawa bepergian

Tipe portabel, praktis dibawa bepergian

Tisu tipe portabel mudah dibawa dan digunakan setiap kali Anda berada di tempat yang mungkin memiliki banyak bakteri. Anda bisa menggunakannya untuk mengelap keranjang ketika berbelanja atau membersihkan meja saat akan makan. Selain itu, tisu basah ini juga dapat digunakan untuk membersihkan tangan sebelum makan atau sesudah bermain. Terutama jika Anda tidak menemukan tempat untuk mencuci tangan.


Di pasaran, ada dua macam kemasan tisu basah tipe portabel, yakni:

  • Kemasan isi banyak

Tisu basah dalam kemasan isi banyak ini memiliki isi antara sepuluh lembar hingga tiga puluh lembar. Untuk berjaga-jaga, Anda cukup membawa kemasan berisi sepuluh lembar. Namun, apabila Anda memiliki anak kecil, sebaiknya Anda membawa kemasan isi tiga puluh lembar.


  • Kemasan satuan

Tisu basah dalam kemasan satuan biasanya memiliki harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan kemasan isi banyak. Namun, kemasan satuan dinilai lebih higienis dan lebih terjaga kelembapannya. Anda tidak perlu takut lupa menutup seal yang bisa mengakibatkan tisu basah yang tersisa menjadi kering. 

Tipe isi ulang, cocok untuk di rumah atau kantor

Tipe isi ulang, cocok untuk di rumah atau kantor

Jika Anda sering membersihkan meja di rumah atau kantor dengan menggunakan tisu basah, dianjurkan untuk memilih tipe isi ulang. Jumlah isi tisu basah untuk tipe ini berbeda-beda, antara enam puluh lembar sampai seratus lembar. Karena isinya lebih banyak, tipe ini tentunya lebih ekonomis. Jika habis, Anda hanya perlu membeli isi ulangnya sehingga lebih bisa mengurangi sampah.


Terdapat dua bentuk kemasan tisu basah tipe isi ulang, yakni:

  • Bentuk tabung 

Bentuk tabung memiliki berbagai kapasitas yang besar, bahkan ada yang isinya hingga seratus lembar. Salah satu merek yang memiliki tisu basah dalam kemasan tabung adalah Mitu.


  • Bentuk kotak 

Kemasan berbentuk kotak lebih mudah dibuka dan ditutup. Selain itu, isiannya juga lebih mudah diambil dibandingkan dengan kemasan tabung. 

Sesuaikan kandungan pada tisu basah dengan tujuan penggunaan Anda

Berdasarkan kandungannya, tisu basah antibakteri dapat dibagi menjadi tiga kelompok. Pertama, kelompok tisu basah alkohol. Kedua, kelompok tisu basah nonalkohol. Ketiga, kelompok tisu basah minim zat kimia. Setiap kelompok ini memiliki tujuan penggunaannya tersendiri. Jadi, silakan Anda perhatikan penjelasannya berikut ini.

Kandungan alkohol, untuk efek disinfeksi maksimal

Tisu basah beralkohol mempunyai efek disinfeksi yang tinggi. Untuk itu, tisu ini cocok digunakan untuk membersihkan barang-barang di kantor, rumah, ataupun barang-barang di fasilitas umum. Anda akan dapat membersihkan barang-barang tersebut dengan cepat dan mudah. 


Biasanya, tisu basah seperti ini memiliki kemasan bertuliskan “tisu basah beralkohol” atau “tisu basah disinfektan”. Selain itu, keterangan alkohol biasanya berada di urutan atas pada bagian ingredients kemasan.


Namun, tisu basah jenis ini dapat menimbulkan iritasi karena konsentrasi alkoholnya yang cukup tinggi. Berhati-hatilah jika hendak menggunakannya untuk anak-anak atau pada kulit yang mengalami luka.

Nonalkohol, aman untuk bayi dan anak-anak

Nonalkohol, aman untuk bayi dan anak-anak

Tisu basah antibakteri nonalkohol umumnya menggunakan bahan lain sebagai disinfektan, seperti ekstrak biji anggur atau zat alami lainnya. Tisu basah nonalkohol aman digunakan untuk bayi dan anak-anak. Tisu basah ini mampu memberikan efek desinfeksi yang baik, tetapi tidak membuat kulit kering


Di sisi lain, untuk membersihkan jari dan mulut anak, pilihlah tisu basah yang berbahan food grade. Akan lebih baik jika produk tersebut juga tidak mengandung pewangi atau bahan pengawet seperti paraben. Untuk anak-anak yang kulitnya masih sangat rentan, tisu basah nonalkohol dengan standar food grade adalah pilihan terbaik.

Minim zat kimia, aman untuk kulit sensitif

Minim zat kimia, aman untuk kulit sensitif

Perlu Anda ketahui, dalam penyimpanannya, tisu basah yang lembap dilipat dan dibiarkan dalam waktu yang cukup lama. Hal ini sangat berpotensi menimbulkan bakteri. Untuk itu, tisu basah biasanya mengandung bahan pengawet serta bahan kimia antibakteri lainnya, salah satunya adalah methylisothiazolinone (MIT).


Dilansir dari Tempo, MIT adalah senyawa kimia yang terbilang cukup keras bagi kulit dan bisa menimbulkan iritasi. Sekarang ini, banyak produk tisu basah antibakteri sudah tidak menggunakan zat kimia itu lagi. Namun, tetap waspadai bahan kimia lain yang digunakan sebagai pengganti MIT, seperti 2-Methyl-3(2H)-isothiazolone, Caswell No. 572A, 2-Methyl-4-isothiazoline-3-one. 


Di sisi lain, kandungan kimia, seperti paraben, ftalat, sulfat, klorin, etanol, dan formaldehida juga sebaiknya dihindari oleh kulit sensitif. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan tisu basah antibakteri dengan aman dan nyaman. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi tisu basah terbaik untuk menghilangkan bakteri

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tisu basah terbaik untuk menghilangkan bakteri berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10
Isi10 lembar dan 50 lembar
JenisTisu basah untuk kulit
KemasanTipe portabel, kemasan isi banyak
Kandungan 100% kapas alami, ekstrak chamomile, dan ekstrak lidah buaya
9

PZ CussonsCussons Baby Protect Care Antibacterial Wipes

Mulai dari Rp 18.000,00

Isi50 lembar
JenisTisu basah untuk kulit
KemasanTipe portabel, kemasan isi banyak
Kandungan Tea tree oil
8
Isi20 lembar
JenisTisu basah untuk kulit
KemasanTipe portabel, kemasan isi banyak
Kandungan Antibacterial agent
7

Reckitt BenckiserDettol Anti Bakteri Wet Wipes Sensitive

Mulai dari Rp 7.500,00

Isi10 lembar dan 50 lembar
JenisTisu basah untuk kulit
KemasanTipe portabel, kemasan isi banyak
Kandungan Benzalkonium klorida (0,2%)
6

Pigeon Anti-Bacterial Wet Tissues

Mulai dari Rp 21.500,00

Isi20 lembar dan 60 lembar
JenisTisu basah untuk kulit
KemasanTipe portabel, kemasan isi banyak
Kandungan Alkohol dan propylene glycol
5
Isi60 lembar
JenisTisu basah untuk kulit
KemasanTipe isi ulang, bentuk tabung
Kandungan Tea tree oil, chamomile extract, moisturizer
4
Isi10 lembar
JenisTisu basah untuk peralatan
KemasanTipe portabel, kemasan isi banyak
Kandungan Benzalkonium chloride 0,16%
3

PaseoPaseo Antibacterial Cleansing Wipes

Mulai dari Rp 8.500,00

Isi25 lembar dan 50 lembar
JenisTisu basah untuk kulit
KemasanTipe portabel, kemasan isi banyak
Kandungan Phyhexamethyline biguanide 16,68% dan Aloe vera
2
Isi50 lembar
JenisTisu basah untuk kulit
KemasanTipe portabel, kemasan isi banyak
Kandungan Benzalkonium chloride 0,05%, didecyldiamonium chloride 0,043%
1

OneMed One Wipe Tissue Desinfektan Onemed Pcs

Mulai dari Rp 1.200,00

IsiSatu lembar
JenisTisu basah untuk peralatan
KemasanTipe portabel, kemasan satuan
Kandungan 70% etil alkohol

Tabel perbandingan produk tisu basah terbaik untuk menghilangkan bakteri

Gambar produk
1
OneMed  One Wipe Tissue Desinfektan Onemed Pcs 1

OneMed

2
Godrej  Saniter personal wipes 1

Godrej

3
Paseo Paseo Antibacterial Cleansing Wipes 1

Paseo

4
Unilever Wipol Multisurface Wipes 1

Unilever

5
Godrej Mitu Baby Antiseptic Wipes   1

Godrej

6
Pigeon  Anti-Bacterial Wet Tissues 1

Pigeon

7
Reckitt Benckiser Dettol Anti Bakteri Wet Wipes Sensitive 1

Reckitt Benckiser

8
Softex  Softies Anti Bacterial + Antiseptic 1

Softex

9
PZ Cussons Cussons Baby Protect Care Antibacterial Wipes 1

PZ Cussons

10
Mitra Niaga Nusatama Cotton Tree Baby Wipes 1

Mitra Niaga Nusatama

Nama produk

One Wipe Tissue Desinfektan Onemed Pcs

Saniter personal wipes

Paseo Antibacterial Cleansing Wipes

Wipol Multisurface Wipes

Mitu Baby Antiseptic Wipes

Anti-Bacterial Wet Tissues

Dettol Anti Bakteri Wet Wipes Sensitive

Softies Anti Bacterial + Antiseptic

Cussons Baby Protect Care Antibacterial Wipes

Cotton Tree Baby Wipes

Keunggulan

Kuman yang menempel akan lenyap seketika!

Bersihkan kuman dan bakteri di tangan hanya dalam waktu tiga puluh detik

Kulit Anda tetap lembut berkat kandungan Aloe vera-nya

Tisu basah disinfektan, perlindungan maksimal saat Anda bepergian

Dengan antiseptik alami, kuman pergi dan kulit tetap terlindungi

Formula food grade, lebih aman untuk si kecil

Lolos uji dermatologi, aman dan lembut di kulit Anda

Wajah bersih, praktis, tanpa iritasi

Tisu basah berbentuk sarung tangan, lebih mudah untuk membersihkan tubuh si kecil

Diformulasikan khusus untuk kulit sensitif

Harga mulai dariRp 1.200,00Rp 17.000,00Rp 8.500,00Rp 12.000,00Rp 19.600,00Rp 21.500,00Rp 7.500,00Rp 13.500,00Rp 18.000,00Rp 8.500,00
IsiSatu lembar50 lembar25 lembar dan 50 lembar10 lembar60 lembar20 lembar dan 60 lembar10 lembar dan 50 lembar20 lembar50 lembar10 lembar dan 50 lembar
JenisTisu basah untuk peralatanTisu basah untuk kulitTisu basah untuk kulitTisu basah untuk peralatanTisu basah untuk kulitTisu basah untuk kulitTisu basah untuk kulitTisu basah untuk kulitTisu basah untuk kulitTisu basah untuk kulit
KemasanTipe portabel, kemasan satuanTipe portabel, kemasan isi banyakTipe portabel, kemasan isi banyak Tipe portabel, kemasan isi banyakTipe isi ulang, bentuk tabungTipe portabel, kemasan isi banyak Tipe portabel, kemasan isi banyakTipe portabel, kemasan isi banyak Tipe portabel, kemasan isi banyakTipe portabel, kemasan isi banyak
Kandungan 70% etil alkoholBenzalkonium chloride 0,05%, didecyldiamonium chloride 0,043%Phyhexamethyline biguanide 16,68% dan Aloe veraBenzalkonium chloride 0,16%Tea tree oil, chamomile extract, moisturizerAlkohol dan propylene glycolBenzalkonium klorida (0,2%)Antibacterial agent Tea tree oil100% kapas alami, ekstrak chamomile, dan ekstrak lidah buaya
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar tisu basah

Pertanyaan umum seputar tisu basah

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan populer seputar tisu basah. Jika Anda masih penasaran dengan tisu basah, simak jawabannya di sini!

Bolehkah membersihkan luka dengan tisu basah?

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, tisu basah mengandung bahan pengawet. Bahan pengawet ini berpotensi menimbulkan iritasi dan malah memperparah luka. Jadi, sebaiknya hindari menggunakan tisu basah untuk luka terbuka. Luka sebaiknya dibersihkan dengan air mengalir. 

Apakah tisu basah baik untuk wajah?

Jika kulit Anda sensitif, tisu basah tidak direkomendasikan untuk digunakan pada wajah. Hal ini karena banyaknya kandungan bahan kimia yang terdapat pada tisu basah. Bahan kimia pada tisu basah bisa saja menyebabkan kulit kering, skincare menjadi tidak efektif, bahkan iritasi. 


Di sisi lain, penggunaan tisu basah untuk wajah tidak akan efektif membersihkan kotoran pada wajah. Kotoran yang tidak terangkat sempurna malah bisa menyebabkan masalah jerawat dan komedo. Kami sarankan, Anda tetap menggunakan facial cleanser atau sabun muka untuk membersihkan wajah.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk menjaga kebersihan di sini

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, penting sekali untuk menjaga kebersihan. Selain menggunakan tisu basah antibakteri, ada beberapa produk pilihan lain yang bisa Anda siapkan. Silakan Anda lihat produk-produk tersebut pada tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Bakteri dapat menyebar dengan cepat dan mudah. Untuk itu, penggunaan tisu basah dapat menjadi salah satu cara untuk melindungi diri Anda dan keluarga. 


Jadi, ingatlah untuk memilih produk tisu basah yang sesuai dengan kebutuhan agar pemakaiannya lebih optimal dan ekonomis. Akhir kata, selamat menjaga kebersihan dan semoga Anda sehat selalu. Sampai jumpa di artikel lainnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pelicin Pakaian Terbaik untuk Setrika (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pelicin Pakaian Terbaik untuk Setrika (Terbaru Tahun 2022)
    Pelicin pakaian adalah salah satu solusi untuk memudahkan kegiatan menyetrika. Kandungan pelicin pakaian yang relatif aman membuatnya banyak diminati. Variannya juga cukup beragam, misalnya pelicin pakaian antibakteri, pelicin pakaian serbaguna, dan pelicin pakaian untuk setrika laundry.Artikel ini akan membagikan tips memilih beserta rekomendasi pelicin pakaian yang bagus untuk setrika. Produk dari merek ternama, seperti So Klin, Kispray, dan Molto juga akan kami review. Banyak juga rekomendasi pelicin pakaian untuk setrika yang aromanya tahan lama. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat mencuci baju, Anda membutuhkan deterjen yang bagus untuk membersihkan noda. Deterjen sebaiknya juga lembut di tangan dan aman untuk kulit sensitif. Saat ini bahkan sudah banyak produsen yang membuat deterjen dengan formula antibakteri hingga antiseptik. Berbagai keunggulan ini dapat ditemukan pada merek terkenal, seperti Rinso, Attack, So Klin, dan Daia.Namun, banyaknya produk deterjen yang bagus dapat membuat Anda bingung memilih. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih deterjen terbaik beserta sepuluh rekomendasi produk yang dapat Anda pertimbangkan. Simak ulasan kami hingga tuntas, ya!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menjaga kebersihan rumah adalah hal yang perlu dilakukan setiap hari. Namun, tidak semua orang memiliki waktu untuk bersih-bersih. Bagi Anda yang sibuk, serahkan saja urusan menyedot debu hingga mengepel lantai pada robot vacuum cleaner. Alat ini dapat bekerja membersihkan lantai secara otomatis sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Anda.Banyak merek ternama, seperti Samsung, Xiaomi, Bardi, ECOVACS, dan Kurumi, memproduksi robot pembersih lantai dengan berbagai spesifikasi. Jika Anda kebingungan menentukan pilihan, silakan baca artikel ini sampai habis. Temukanlah tips memilih, review, serta rekomendasi robot vacuum cleaner yang bagus dari kami. 
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Detergen cair yang mudah larut dalam air membuat proses mencuci pakaian lebih mudah. Selain itu, mesin cuci bisa lebih awet karena tidak ada residu yang tertinggal dan mengendap. Tak hanya membersihkan noda, deterjen cair juga ada yang mengandung pewangi dan pelembut. Lewat artikel ini, kami akan mengulas tips memilih deterjen atau sabun cuci baju cair yang bagus untuk Anda. Berbagai merek deterjen cair terbaik, seperti Rinso, Attack, dan Gentle Gen akan kami ulas keunggulannya. Ada juga produk rekomendasi deterjen cair yang wanginya tahan lama dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pengharum ruangan menjadi solusi cepat untuk menghilangkan bau tidak sedap di sebuah ruangan. Pewangi ruangan dapat membantu memperbaiki mood agar Anda relaks kembali setelah lelah bekerja seharian. Sebagian produk pengharum ruangan dapat menebarkan aroma tahan lama, sementara sebagian yang lain cepat hilang. Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh produk pengharum ruangan yang bagus. Mulai dari merek Stella, Glade, Heaven Scent, Miniso, dan lainnya. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda bisa mendapatkan pengharum ruangan terbaik yang cocok untuk Anda, ya!
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Supaya baju Anda selalu harum, mencuci baju dengan deterjen yang wanginya tahan lama adalah kuncinya. Saat ini, ada banyak jenis deterjen yang dijual di pasaran, salah satunya adalah deterjen bubuk. Selain bisa dipakai untuk mencuci dengan mesin cuci dua tabung, deterjen bubuk juga banyak dipakai untuk mesin cuci otomatis.Pada artikel ini kami akan mengulas beberapa merek deterjen yang bagus, seperti Rinso, Attack, hingga SoKlin. Sebelumnya, bacalah dahulu tips memilih deterjen bubuk berikut ini. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan deterjen terbaik yang paling bersih dan paling wangi sesuai kebutuhan.
    Peralatan kebersihan
  • 10 Rekomendasi Spin Mop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Spin Mop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mengepel lantai menggunakan metode konvensional memang cukup merepotkan. Anda harus memeras kain pel yang sudah tercampur cairan pembersih lantai menggunakan tangan. Untungnya, saat ini sudah tersedia alat pel lantai tanpa peras bernama spin mop yang sangat mudah digunakan.Agar lebih paham, simaklah penjelasan kami mengenai cara memilih spin mop sesuai dengan kebutuhan Anda. Bermacam-macam alat pel lantai yang bagus, seperti merek Lion Star dan Bolde juga sudah kami himpun. Ikuti informasinya dan buat pekerjaan rumah Anda menjadi lebih mudah dengan spin mop!
    Peralatan kebersihan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori