• 10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Kali ini, kami akan membahas mengenai mainan anjing. Mainan ini dikhususkan untuk jenis anjing kecil seperti Corgi, Chihuahua, dan anjing kecil lainnya. Banyak mainan anjing dari berbagai merek, seperti KONG, M-PETS, Nylabone, dan lain-lain. Jenis dan fungsi mainan yang beragam mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilihnya.


Kami akan menjelaskan beberapa hal yang patut dipertimbangkan saat memilih mainan anjing. Kami juga akan memberikan rekomendasi mainan yang bagus untuk anjing kecil Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Temukanlah mainan yang paling cocok untuk si anabul!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drh. Tito Suprayoga
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 06 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga
drh. Tito Suprayoga
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

drh. Tito Suprayoga, M.Sc. adalah dokter hewan lulusan S1 dan S2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Selain menjadi asisten laboratorium Biokimia, drh. Tito juga pernah menjadi pembicara pada UKM Hewan Kesayangan di Fakultas Kedokteran Hewan UGM.

 
Demi mendukung keilmuannya di dunia praktisi hewan kecil, ia sering mengikuti continuing education baik nasional maupun internasional. Ia berpengalaman bekerja di PDHB drh. Cucu K. Sajuthi dkk Green Garden. Kini drh. Tito praktek mandiri di area Pekanbaru. Anda bisa menyapa drh. Tito di Instagram-nya untuk mengetahui informasi-informasi mengenai kesehatan dan perawatan anabul Anda.

Karakteristik dan kriteria anjing kecil

Karakteristik dan kriteria anjing kecil

Banyaknya ras anjing mungkin membuat Anda sulit membedakan anjing kecil, sedang, besar, hingga superbesar. Anjing yang bisa disebut kecil umumnya memiliki bobot tubuh antara 1–10 kg. Selain itu, tingginya tidak lebih dari 40 cm dari bahu dihitung dalam kondisi berdiri.


Ras anjing kecil contohnya adalah Pomeranian, Dachshund, Toy Poodle, Corgi, Maltese, Pug, Chihuahua, Beagle, Papillon, Shih Tzu, dan sebagainya. Di samping ras anjing yang sudah kami sebutkan, masih banyak lagi ras anjing yang tergolong ras anjing kecil. Anda bisa mencari tahu lebih jauh melalui internet jika ragu dengan ras anjing Anda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih mainan untuk anjing kecil

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih mainan yang paling cocok untuk anjing kecil Anda. Berikut ini, ada empat poin yang harus Anda perhatikan. 

Pilihlah sesuai cara bermainnya

Mainan anjing secara garis besar dibagi menjadi empat jenis, yaitu mainan gigit, tarik-menarik, lempar tangkap, dan mainan berisi camilan. Berikut ini akan kami jelaskan secara rinci mengenai empat jenis permainan tersebut. 

Permainan melempar, bisa membantu anjing yang kurang olahraga

Permainan melempar, bisa membantu anjing yang kurang olahraga

Mainan lempar tangkap berguna bagi anjing dan pemiliknya untuk bermain bersama dan mengatasi kurang gerak. Anda bisa melempar frisbee atau bola lalu anjing Anda akan mengambilnya. Permainan ini dapat membantu melepaskan stres serta membangun hubungan kepercayaan antara pemilik dan anjingnya. 


Kurangnya aktivitas pada anjing dapat meningkatkan risiko obesitas dan kekakuan sendi. Hal ini tentu saja akan berdampak pada kesehatan dan kenyamanan mereka. Dampak tersebut terjadi pada anjing-anjing yang telah disteril (kastrasi/ovariohisterektomi). Biasanya mereka cenderung mengalami penurunan aktivitas.


Oleh karena itu, biasakan mengajak mereka exercise, seperti jalan-jalan atau bermain. Permainan melempar salah satunya dapat dipraktikkan untuk mengajak anabul exercise. Namun, jangan melakukan permainan ini di ruangan dengan banyak perabotan, ya. Silakan Anda lakukan permainan ini di taman atau lapangan yang luas


Bagi anjing, mengejar mainan itu mudah karena merupakan naluri alami mereka. Namun, dibutuhkan pelatihan agar anjing Anda dapat mengembalikan mainan tersebut. Untuk tahap awal, lempar mainan dalam jarak dekat. Kemudian, Anda bisa meningkatkan jaraknya secara perlahan. Jika anjing Anda tidak mau melepaskan mainan yang dibawa, cobalah memberinya imbalan camilan.


Kehadiran pemilik sangat penting dalam permainan lempar tangkap. Namun, untuk anjing kecil jangan melempar mainan terlalu jauh. Jika ingin bermain frisbee dengan baik, ada trik untuk menjadikan alas makan sebagai frisbee. Saat frisbee dilempar, anjing akan berpikir bahwa makanan miliknya terbang. Jadi, otomatis anjing Anda akan mengejar dan menangkapnya.

Permainan tarik-menarik, cocok untuk bersenang-senang dengan anjing Anda

Permainan tarik-menarik, cocok untuk bersenang-senang dengan anjing Anda

Anjing-anjing berukuran kecil biasanya memiliki sifat yang aktif, suka bermain, dan tidak jarang melakukan kebiasaan yang kurang tepat. Kebiasaan tersebut seperti suka menggigit benda-benda rumah kemudian menarik hingga sobek karena naluri berburu mereka.


Nah, untuk mengalihkan kebiasaan-kebiasaan tersebut, ajaklah mereka bermain permainan tarik-menarik. Dengan demikian, naluri bermain dan berburu mereka tersalurkan dan kebiasaan buruk mereka bisa diperbaiki. Selain itu, Anda juga bisa berolahraga di rumah dan berkomunikasi dengan anjing Anda melalui permainan tarik-menarik.


Mainan dengan tali panjang sangat ideal untuk permainan tarik-menarik. Jika anjing Anda sangat bersemangat, biarkanlah anjing Anda menariknya cukup lama, baru kemudian Anda tarik kembali. Namun, diperlukan mainan yang memiliki kualitas bahan yang kuat dan tidak mudah sobek agar bertahan untuk jangka waktu lama.


Jika tipe mainan ini memiliki bentuk yang berbeda pada kedua ujungnya, berikan ujung yang lebih mudah digigit untuk anjing Anda. Begitu juga saat bermain, buatlah kemenangan dan kekalahan dengan adil. Anda bisa saja memenangkan permainan, tetapi berikan juga kemenangan untuk anjing Anda. 


Mainan berbentuk tali sering diklaim memiliki efek membersihkan gigi untuk anjing. Namun, pada kenyataannya, mainan itu sendiri tidak begitu saja menghilangkan kotoran pada gigi anjing. Hanya saja, jika anjing terus mengunyahnya dalam waktu lama, sekresi air liur akan meningkat.


Saat seperti itu bisa Anda manfaatkan untuk mengoleskan pasta gigi khusus anjing pada mainan ini. Pasta gigi inilah yang nantinya akan membantu membersihkan gigi anjing. 

Permainan gigit, cocok untuk anjing yang sedang tumbuh gigi dan dapat memperkuat rahang

Permainan gigit, cocok untuk anjing yang sedang tumbuh gigi dan dapat memperkuat rahang

Saat giginya sedang tumbuh, anjing senang menggigit sesuatu agar rasa tidak nyamannya berkurang. Nah, pada saat seperti itu, Anda bisa memberikan permainan yang bisa digigit. Pada masa pergantian gigi susu ke gigi permanen, biasanya anak anjing akan aktif melakukan aktivitas menggigit benda-benda di sekitarnya.


Pastikan anak anjing terhindar dari menggigit dan memakan benda-benda asing yang berbahaya. Selain itu, hindarkan juga dari kebiasaan yang kurang tepat. Caranya, Anda dapat mengalihkan perhatian mereka menggunakan mainan kunyah atau gigit (chew toys).


Ada permainan gigit yang menghasilkan suara. Tipe yang seperti ini biasanya sangat disukai oleh anak anjing. Namun, perhatikan pemilihan bahan yang cocok baik dari segi bentuk, ukuran, maupun tingkat kelembutan bahan mainan. Jangan memilih mainan dengan bahan yang keras karena berisiko melukai gusi atau menyebabkan patah tulang area mulut.


Kami juga menyarankan agar pemakaian mainan kunyah ini diberikan setelah gigi susu pada anak anjing sudah mulai berganti. Hal tersebut biasanya berlangsung pada usia 4–7 bulan. Terakhir, terkait permainan yang bisa digigit, penting juga untuk memperhatikan ukuran mainan. Pastikan ukuran mainannya tidak terlalu kecil agar tidak tertelan oleh anjing Anda. 

Permainan berisi camilan, cocok untuk Anda yang ingin mengalihkan perhatian anjing Anda

Permainan berisi camilan, cocok untuk Anda yang ingin mengalihkan perhatian anjing Anda

Beberapa pet owner kewalahan karena anabul mereka memiliki kebiasaan yang tidak tepat, seperti menggigit sambil mengoyak benda-benda rumah. Anjing perlu dilatih sejak dini untuk menanggulangi kebiasaan tersebut. Alihkan kebiasaan mereka dengan hal-hal yang lebih menarik. Permainan yang berisi camilan dapat digunakan untuk melatih dan mengalihkan anabul ketika mereka melakukan kebiasaan buruk.


Mainan edukatif yang dapat diisi camilan sangat ideal saat Anda ingin mengalihkan perhatian anjing. Anjing Anda akan asyik bermain untuk mendapatkan camilan. Jadi, anjing Anda tidak akan menggonggong atau mencari perhatian Anda selama beberapa waktu. Jika khawatir anjing Anda makan terlalu banyak saat Anda tidak di rumah, mainan ini bisa Anda pilih


Namun, ada beberapa anjing yang merasa frustrasi karena mereka tidak mengerti cara kerjanya dan mencoba memecahkan mainannya. Untuk itu, pertimbangkanlah dengan cermat kepribadian anjing Anda dan tingkat kesulitan mainan.


Mainan yang bisa menampung camilan disebut mainan edukasi, tetapi sebenarnya tidak untuk meningkatkan kecerdasan anjing. Anjing Anda hanya akan belajar cara kerja mainan tersebut untuk mendapatkan camilan.


Namun, mainan ini dapat membantu menghilangkan kebiasaan anjing menggonggong sembarangan. Jika sering dilatih, permainan ini dapat digunakan untuk mendisiplinkan anjing Anda, misalnya saat kedatangan tamu ke rumah. Bahkan, mainan ini akan sangat berguna ketika Anda membawanya ke klinik atau rumah sakit hewan. Anjing Anda bisa bersikap lebih tenang sembari menunggu.

Temukan mainan dengan ukuran dan material yang pas untuk anjing Anda

Temukan mainan dengan ukuran dan material yang pas untuk anjing Anda

Ukuran ideal untuk mainan anjing adalah seukuran mulut anjing itu sendiri. Anjing Anda dapat menggigitnya dengan mudah, tetapi tidak terlalu kecil sampai bisa tertelan. Anda bisa membelikan mainan yang sedikit lebih besar ukurannya untuk mencegah risiko tertelan. 


Di sisi lain, jika ukuran mainan terlalu besar, anjing Anda tidak akan bisa menguasai mainan tersebut. Kemungkinan, anjing Anda malah enggan untuk memainkannya. 


Selain ukuran mainan, penting juga untuk memperhatikan material atau tingkat keempukan mainan. Ukuran mulut dan kekuatan gigitan setiap anjing berbeda-beda. Ada risiko gigi anjing bisa rusak karena bermain dengan mainan yang terlalu keras. Hindari mainan yang terlalu keras, terutama untuk anak anjing dan anjing yang sudah tua karena rahangnya melemah.

Pastikan mainan yang Anda pilih kuat dan tahan lama

Pastikan mainan yang Anda pilih kuat dan tahan lama

Penting untuk memilih mainan yang sulit dihancurkan agar anjing Anda dapat bermain dengan aman. Produk yang mudah pecah tidak dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Selain itu, Anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk membeli mainan baru. Bahkan, ada risiko pecahan mainan tertelan oleh anjing Anda. 


Beberapa mainan terlihat sangat lucu, tetapi memiliki jahitan atau tepian. Mainan seperti ini dapat dengan mudah robek oleh kekuatan rahang anjing. Kami lebih merekomendasikan produk sederhana yang tidak memiliki tepian atau bagian-bagian kecil. Anda bisa memilih mainan yang terbuat dari karet tebal yang tahan lama


Di sisi lain, mainan kayu atau mainan dengan tali dapat berbahaya untuk anjing Anda. Jika tertelan, serat kayu atau serat tali bisa menumpuk di perut anjing Anda. Sebelum membeli mainan jenis tali, pastikan Anda bisa memeriksa mainan tersebut. Jika talinya mudah terurai, sebaiknya Anda menghindari membelinya.


Selain itu, plush toy dengan jahitan terbuka mungkin dapat robek dalam sekejap mata. Jadi, jika Anda ingin membelikan mainan anjing dalam bentuk boneka/plush toy, carilah produk dari produsen tepercaya.


Terakhir, sebagai pemilik anjing, penting untuk memperhatikan mainan anjing Anda. Jika ada bagian yang rusak, Anda harus segera memperbaikinya, jangan sampai bagian tersebut tertelan oleh anjing. Apalagi jika anabul yang Anda pelihara sangat suka bermain dengan benda-benda hingga merusaknya. 

Carilah mainan yang sesuai dengan kepribadian anjing Anda

Carilah mainan yang sesuai dengan kepribadian anjing Anda

Penting juga untuk memilih mainan yang sesuai dengan kepribadian dan selera anjing Anda. Hal ini agar anjing Anda mau memainkan mainan yang Anda belikan.


Beberapa anjing menyukai mainan yang mengeluarkan suara keras. Sementara itu, ada juga anjing yang takut dengan mainan bersuara. Beberapa anjing juga menyukai mainan berdasarkan bahannya, baik plastik maupun kain. Jadi, pastikan Anda mengamati selera dan kepribadian anjing Anda


Kenali karakteristik dan kebiasaan anjing yang Anda pelihara. Setelah itu, tentukan jenis mainan yang sesuai dengan karakter dan tujuan yang ingin Anda capai. Apakah Anda ingin membuat mereka senang dan aktif, ingin mengalihkan kebiasaan buruk mereka, dan lain sebagainya. Jangan asal membelikan mainan karena bisa jadi mereka tidak menyukainya dan berakhir sia-sia.


Seperti hobi dan selera manusia, anjing juga memiliki kepribadian dan selera masing-masing. Terutama, jika anjing tersebut memiliki sedikit pengalaman bermain dengan manusia saat masih kecil. Jika mainan terlalu sulit dimainkan olehnya, lama-lama anjing bisa kehilangan minat dan enggan memainkannya

10 Rekomendasi mainan terbaik untuk anjing kecil

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mainan terbaik untuk anjing kecil yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Tito Suprayoga.

10

NylaboneFlavor Frenzy Power Chew Triple Pack

Mulai dari Rp 224.000,00

Jenis permainanPermainan gigit
Ukuran9,6 cm x 2,7 cm x 1,6 cm
Tingkat kekerasan materialStrong
BahanNilon
9
Jenis permainanPermainan tarik-menarik dan lempar tangkap
UkuranDiameter 12,5 cm ・Ketebalan 1,5 cm
Tingkat kekerasan materialTidak ada keterangan
BahanTidak ada keterangan
8

KONGAirdog® Squeaker Dumbbell

ASDB3

Mulai dari Rp 115.000,00

Jenis permainanPermainan gigit
Ukuran5 cm x 13,3 cm
Tingkat kekerasan materialModerate
BahanKaret
7
Jenis permainanPermainan berisi camilan
Ukuran15,2 cm x 13,5 cm
Tingkat kekerasan materialModerate
BahanPlastik polimer
6

Puppy Chew Rubber Teething Sandal

Mulai dari Rp 16.900,00

Jenis permainanPermainan gigit
Ukuran12 cm
Tingkat kekerasan materialModerate
BahanKaret
5
Jenis permainanPermainan tarik-menarik
Ukuran5 cm x 29 cm x 8 cm
Tingkat kekerasan materialTidak disebutkan
BahanTali katun
4
Jenis permainanPermainan berisi camilan
Ukuran13,5 cm x 9,5 cm
Tingkat kekerasan materialTidak ada keterangan
BahanPlastik
3
Jenis permainanPermainan gigit
Ukuran14,2 cm x 3,6 cm, 14,2 cm x 2,5 cm
Tingkat kekerasan materialTidak ada keterangan
BahanKaret TPR
2
Jenis permainanPermainan lempar tangkap
UkuranTidak ada keterangan
Tingkat kekerasan materialTidak ada keterangan
BahanKaret
1
Jenis permainanPermainan lempar tangkap
UkuranDiameter 18 cm ・Ketebalan 3 mm
Tingkat kekerasan materialLow
Bahan Silicone

Tabel perbandingan produk mainan terbaik untuk anjing kecil

Gambar produk
1
Silicone Frisbee 1

2
Bola Karet Lonceng Rainbow Small 1

3
Dog Toy Rubber Bone TPR 1

4
Shaking Q Pet 1

5
Mainan Tali Gigitan 1

6
Puppy Chew Rubber Teething Sandal 1

7
KONG Wobbler™ 1

KONG

8
KONG Airdog® Squeaker Dumbbell 1

KONG

9
COLLAR PULLER Micro 1

COLLAR

10
Nylabone Flavor Frenzy Power Chew Triple Pack 1

Nylabone

Nama produk

Silicone Frisbee

Bola Karet Lonceng Rainbow Small

Dog Toy Rubber Bone TPR

Shaking Q Pet

Mainan Tali Gigitan

Puppy Chew Rubber Teething Sandal

Wobbler™

Airdog® Squeaker Dumbbell

PULLER Micro

Flavor Frenzy Power Chew Triple Pack

Keunggulan

Permainan lempar tangkap jadi makin seru dengan frisbee ini

Bola karet dengan lonceng, teman olahraga anjing kecil Anda

Stick mainan untuk gigi anjing yang lebih bersih

Anjing Anda tetap dapat asyik bermain di rumah saja

Asyik bermain tarik-tarikan untuk anjing yang kompetitif

Cegak anak anjing Anda menggigiti sandal dengan memberinya mainan ini

Menikmati snack sambil bermain, pasti seru untuk anabul!

Aman dan awet untuk latihan menggigit, mainan yang pas untuk anak anjing

Menjalin kedekatan dengan anjing Anda melalui permainan lempar tangkap

Mainan anjing agar tidak bosan, tidak ada lagi menggigiti benda

Harga mulai dariRp 10.500,00Rp 109.000,00Rp 34.567,00Rp 32.500,00Rp 30.000,00Rp 16.900,00Rp 239.000,00Rp 115.000,00Rp 105.000,00Rp 224.000,00
Jenis permainanPermainan lempar tangkapPermainan lempar tangkapPermainan gigitPermainan berisi camilanPermainan tarik-menarikPermainan gigitPermainan berisi camilanPermainan gigitPermainan tarik-menarik dan lempar tangkapPermainan gigit
UkuranDiameter 18 cm ・Ketebalan 3 mmTidak ada keterangan14,2 cm x 3,6 cm, 14,2 cm x 2,5 cm13,5 cm x 9,5 cm5 cm x 29 cm x 8 cm12 cm15,2 cm x 13,5 cm5 cm x 13,3 cmDiameter 12,5 cm ・Ketebalan 1,5 cm9,6 cm x 2,7 cm x 1,6 cm
Tingkat kekerasan materialLowTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak disebutkanModerateModerateModerateTidak ada keteranganStrong
Bahan SiliconeKaretKaret TPRPlastikTali katunKaretPlastik polimerKaretTidak ada keteranganNilon
Tautan produk

Tindakan pencegahan saat memberikan mainan pada anjing

Berikut ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan saat memberikan mainan pada anjing. Silakan perhatikan dengan saksama untuk keselamatan anjing Anda. 

Cuci mainan anjing secara rutin

Cuci mainan anjing secara rutin

Jika sudah memiliki mainan untuk anjing Anda, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mainan tersebut terutama ketika akan digunakan. Terdapat banyak mikroba/bakteri di lingkungan yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan terutama sistem pencernaan anjing.


Saat anjing bermain dengan mainannya, air liur dan plak akan menempel pada mainan. Jika dibiarkan begitu saja, kuman dan bakteri dapat berkembang biak. Untuk itu, sering-seringlah mencuci mainan anjing Anda untuk menjaganya tetap bersih. Cuci hingga bersih dan simpanlah jika mainan tersebut sedang tidak digunakan.


Saat mencuci mainan yang terbuat dari kain, cucilah dengan deterjen tanpa pewangi dan biarkan mengering secara menyeluruh. Harap diperhatikan bahwa pengeringan yang tidak sempurna dapat meningkatkan jumlah bakteri.

Jangan memberikan mainan kucing kepada anjing

Jangan memberikan mainan kucing kepada anjing

Produk pet toys sudah dirancang agar sesuai dengan jenis dan kebutuhan masing-masing hewan. Pemberian mainan kucing untuk anjing dapat meningkatkan risiko tertelan. Selain itu, risiko masalah pencernaan akibat ukuran mainan yang tidak sesuai juga bisa terjadi.


Pada dasarnya, anjing senang bermain dengan mengunyah mainannya. Sementara kucing bermain dengan banyak berguling. Karena cara bermainnya berbeda, kekuatan dan konstruksi mainan anjing dan kucing juga berbeda. Jangan pernah memberikan mainan kucing kepada anjing karena anjing kecil sekalipun dapat merusaknya. Bagian yang rusak ini bisa saja tertelan secara tidak sengaja.


Jika Anda memiliki kucing dan anjing, simpanlah mainan kucing di tempat yang tidak bisa dijangkau anjing Anda. Mainan kucing memiliki banyak bagian kecil seperti lonceng dan bulu. Bagian-bagian kecil ini sangat mudah tertelan oleh anjing dan itu sangat berbahaya. 

Mainan handmade bisa berbahaya karena ketahanannya kurang baik

Mainan handmade bisa berbahaya karena ketahanannya kurang baik

Beberapa orang suka membuat mainan anjing sendiri dari kain perca. Namun, mainan seperti itu  tidak cukup kuat dan dapat menyebabkan kecelakaan yang tidak terduga. Jika Anda fokus pada keselamatan anjing Anda, pilihlah mainan yang diproduksi oleh produsen tepercaya.


Mainan anjing yang tersedia secara komersial dijahit dengan benang yang kuat pada mesin jahit industri. Sementara, mesin jahit rumahan dan benang jahit umum biasanya tidak cukup kuat.


Berhati-hatilah karena anjing juga sering menelan kapas, serat kain, dan benang yang terdapat pada mainan mereka. Jika serat kain atau kapas sampai tertelan oleh anjing Anda, hal itu dapat mengakibatkan penyumbatan usus. 


Selain dari segi ketahanan mainan, jenis bahan yang digunakan untuk pembuatan mainan tersebut juga perlu diperhatikan. Periksa apakah bahan tersebut aman untuk anjing atau berbahaya dan dapat menimbulkan masalah kesehatan. Biasanya produk-produk pet toys dari produsen tepercaya sudah lolos dari uji bahan berbahaya bagi kesehatan anjing.

Baca juga rekomendasi produk kebutuhan untuk anjing lainnya di sini

Sebagai pemilik anjing, tentu banyak hal yang perlu Anda siapkan untuk anjing peliharaan Anda. Tidak hanya mainan, hal mendasar lainnya, seperti susu, makanan, dan peralatan lain juga perlu diperhatikan. Agar Anda bisa memberikan yang terbaik untuk anjing Anda, silakan baca artikel-artikel berikut ini. 

Kesimpulan

Anda bisa mengamati anjing Anda untuk mengetahui selera dan kepribadiannya sehingga bisa membelikan mainan yang cocok untuknya. Namun, lebih penting lagi, Anda harus memperhatikan keselamatan anjing Anda.


Pilihlah mainan dengan kualitas, daya tahan, dan material yang baik. Kemudian, pastikan tidak ada ornamen yang bisa tertelan oleh anjing Anda. Dengan demikian, anjing Anda senang, hati Anda pun tenang.

Artikel terkait

  • 10 Shampo Anjing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Anjing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Setiap dog lover pasti mendambakan seekor anjing dengan bulu yang sehat berkilau. Anda dapat mewujudkan keinginan ini dengan bantuan sampo anjing. Namun, dari banyaknya merek sampo anjing di pasaran, manakah yang bagus untuk hewan kesayangan Anda?Kami akan membantu Anda mendapatkan sampo anjing terbaik. Tak hanya berbagi informasi mengenai cara memilih, kami juga akan memberikan rekomendasi merek sampo anjing yang bagus. Anda akan menjumpai sampo antikutu dari Purotex, sampo anjing antirontok BUD-DEE, hingga sampo untuk mengatasi jamur, Miconazole. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Harness (Tali Anjing) yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Harness (Tali Anjing) yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Bila Anda memiliki anjing peliharaan, mengajak anjing berjalan-jalan adalah suatu keharusan agar anjing terhindar dari stres. Saat melakukan kegiatan ini, tentunya Anda membutuhkan harness atau tali anjing. Namun, di pasaran sangat banyak tali anjing yang bagus sehingga mungkin membingungkan Anda.Untuk itu, kami akan memberikan tips untuk memilih harness anjing agar Anda mudah menemukan produk yang tepat. Harness untuk anjing besar seperti Husky dan anjing kuat seperti Pitbull dan Herder akan kami berikan. Anda akan menjumpai merek Ferplast, Rockware, dan Rabbitgoo. Jadi, mari simak selengkapnya!
    Perawatan anjing
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak mainan dengan berbagai bentuk yang dapat membuat anjing Anda menjadi makin sehat, pintar, dan disiplin. Terdapat banyak jenis mainan anjing beredar di pasaran. Bila Anda baru pertama kali memelihara anjing, mungkin Anda bingung harus memilih mainan yang mana, bukan?Kami akan memberikan sepuluh rekomendasi mainan terbaik untuk anjing. Ada mainan untuk dikunyah, untuk bermain lempar tangkap, perawatan gigi, atau untuk sekadar melatih anjing. Ada mainan anjing merek KONG, Nylabone, dan sebagainya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga.
    Perawatan anjing
  • 10 Tempat Makan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tempat Makan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Tempat makan anjing adalah wadah khusus yang digunakan oleh anjing kesayangan Anda saat makan. Saat ini, produk tempat makan anjing telah hadir dengan berbagai model dan fitur. Ada tempat makan otomatis, bowl yang dilengkapi fitur antiselip, hingga yang memiliki desain stylish dari keramik.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tempat makan untuk anjing serta sepuluh produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan tempat makan anjing yang paling pas, ya!
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Kandang Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, makin banyak orang yang memelihara anjing. Oleh karena itu, kebutuhan akan kandang anjing baik untuk anjing besar maupun anjing kecil tentu meningkat. Apalagi, kandang anjing kadang digunakan sebagai tempat tidur dan beristirahat oleh anjing Anda.Terdapat beragam kandang anjing dengan berbagai ukuran, bahan, warna, serta harga beredar di pasaran. Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi kandang anjing dari berbagai merek yang bagus. Pilihlah kandang anjing berkualitas dalam artikel ini untuk anjing kesayangan Anda. Selamat berbelanja!
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Pet Tag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pet Tag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai pemilik anjing, kucing, atau kelinci, pernahkah terpikirkan bahwa anabul kesayangan Anda melarikan diri dan tersesat? Jika sampai hilang, tentunya anjing dan kucing tidak dapat berbicara untuk memberitahukan tempat tinggalnya. Untuk menjaga hewan peliharaan, sebaiknya Anda memasang pet tag pada kalungnya.Pet tag dapat ditulisi informasi mengenai kontak yang dapat dihubungi jika kucing atau anjing sampai hilang. Ada beragam merek, desain warna, dan ukuran pet tag di e-commerce. Ada pula kalung GPS kucing dan anjing dari merek Jamay. Simaklah tips memilih dan rekomendasi pet tag yang bagus di artikel ini!
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Kalung Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kalung Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kalung atau collar anjing merupakan aksesori yang bisa memudahkan Anda saat mengajak anjing berjalan-jalan. Ada berbagai desain kalung anjing yang dijual di pet shop ataupun online shop. Namun, banyaknya kalung anjing yang dijual mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih. Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memperkenalkan sepuluh rekomendasi kalung anjing terbaik kepada Anda. Kalung dengan fitur tambahan seperti yang dilengkapi dengan LED juga turut kami ulas. Jadi, bagi Anda yang memelihara anjing di rumah, simak terus artikel ini, ya!
    Perawatan anjing
  • 10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sisir Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kucing yang sehat dan berbulu lebat memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, bulu yang lebat dan tak terawat dapat membuat kucing tidak nyaman, bahkan bisa menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu, sisir kucing merupakan alat perawatan yang wajib Anda miliki.Kali ini, kami akan berbagi cara memilih sisir kucing yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh sisir kucing dalam berbagai bentuk dan ukuran, salah satunya dari merek Hartz. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Mari ketahui sisir apa yang terbaik untuk si fluffy!
    Grooming hewan
  • 10 Gunting Kuku Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gunting Kuku Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Berkat tingkahnya yang lucu, kucing menjadi binatang piaraan favorit banyak orang. Namun, furnitur di rumah Anda bisa saja rusak karena dicakari olehnya. Supaya hal itu tidak terjadi, Anda harus memiliki gunting khusus untuk memangkas kuku kucing yang panjang.Kami akan memperkenalkan produk gunting kuku kucing yang bagus, seperti merek Hartz dan Mijia. Tips memilih produk sesuai kebutuhan Anda dan kucing Anda juga akan kami bahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Temukan produk terbaik yang akan membuat sesi trimming lebih mudah!
    Grooming hewan
  • 10 Rekomendasi Pet Cargo Anjing yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pet Cargo Anjing yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Pet cargo sangat diperlukan untuk bepergian dengan anjing Anda. Tas ini berguna ketika Anda ingin bepergian baik menggunakan transportasi pribadi maupun umum, seperti pesawat, bus, dan kereta. Apakah Anda memiliki masalah untuk memilih produk pet cargo yang sesuai?Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih pet cargo yang tepat. Kami juga akan merekomendasikan produk pet cargo yang bagus dari berbagai merek baik untuk anjing kecil maupun anjing besar. Beberapa produk tersebut antara lain Sling Bag Pet Carrier, Folding Pet Carrier, dan Tas Astronot Anjing. Pahami artikelnya sampai selesai, ya!
    Perawatan anjing
  • Artikel populer

  • 10 Shampo Anjing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Anjing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Setiap dog lover pasti mendambakan seekor anjing dengan bulu yang sehat berkilau. Anda dapat mewujudkan keinginan ini dengan bantuan sampo anjing. Namun, dari banyaknya merek sampo anjing di pasaran, manakah yang bagus untuk hewan kesayangan Anda?Kami akan membantu Anda mendapatkan sampo anjing terbaik. Tak hanya berbagi informasi mengenai cara memilih, kami juga akan memberikan rekomendasi merek sampo anjing yang bagus. Anda akan menjumpai sampo antikutu dari Purotex, sampo anjing antirontok BUD-DEE, hingga sampo untuk mengatasi jamur, Miconazole. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Kandang Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, makin banyak orang yang memelihara anjing. Oleh karena itu, kebutuhan akan kandang anjing baik untuk anjing besar maupun anjing kecil tentu meningkat. Apalagi, kandang anjing kadang digunakan sebagai tempat tidur dan beristirahat oleh anjing Anda.Terdapat beragam kandang anjing dengan berbagai ukuran, bahan, warna, serta harga beredar di pasaran. Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi kandang anjing dari berbagai merek yang bagus. Pilihlah kandang anjing berkualitas dalam artikel ini untuk anjing kesayangan Anda. Selamat berbelanja!
    Perawatan anjing
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak mainan dengan berbagai bentuk yang dapat membuat anjing Anda menjadi makin sehat, pintar, dan disiplin. Terdapat banyak jenis mainan anjing beredar di pasaran. Bila Anda baru pertama kali memelihara anjing, mungkin Anda bingung harus memilih mainan yang mana, bukan?Kami akan memberikan sepuluh rekomendasi mainan terbaik untuk anjing. Ada mainan untuk dikunyah, untuk bermain lempar tangkap, perawatan gigi, atau untuk sekadar melatih anjing. Ada mainan anjing merek KONG, Nylabone, dan sebagainya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga.
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Harness (Tali Anjing) yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Harness (Tali Anjing) yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Bila Anda memiliki anjing peliharaan, mengajak anjing berjalan-jalan adalah suatu keharusan agar anjing terhindar dari stres. Saat melakukan kegiatan ini, tentunya Anda membutuhkan harness atau tali anjing. Namun, di pasaran sangat banyak tali anjing yang bagus sehingga mungkin membingungkan Anda.Untuk itu, kami akan memberikan tips untuk memilih harness anjing agar Anda mudah menemukan produk yang tepat. Harness untuk anjing besar seperti Husky dan anjing kuat seperti Pitbull dan Herder akan kami berikan. Anda akan menjumpai merek Ferplast, Rockware, dan Rabbitgoo. Jadi, mari simak selengkapnya!
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Kalung Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kalung Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kalung atau collar anjing merupakan aksesori yang bisa memudahkan Anda saat mengajak anjing berjalan-jalan. Ada berbagai desain kalung anjing yang dijual di pet shop ataupun online shop. Namun, banyaknya kalung anjing yang dijual mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih. Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memperkenalkan sepuluh rekomendasi kalung anjing terbaik kepada Anda. Kalung dengan fitur tambahan seperti yang dilengkapi dengan LED juga turut kami ulas. Jadi, bagi Anda yang memelihara anjing di rumah, simak terus artikel ini, ya!
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Pet Tag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pet Tag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai pemilik anjing, kucing, atau kelinci, pernahkah terpikirkan bahwa anabul kesayangan Anda melarikan diri dan tersesat? Jika sampai hilang, tentunya anjing dan kucing tidak dapat berbicara untuk memberitahukan tempat tinggalnya. Untuk menjaga hewan peliharaan, sebaiknya Anda memasang pet tag pada kalungnya.Pet tag dapat ditulisi informasi mengenai kontak yang dapat dihubungi jika kucing atau anjing sampai hilang. Ada beragam merek, desain warna, dan ukuran pet tag di e-commerce. Ada pula kalung GPS kucing dan anjing dari merek Jamay. Simaklah tips memilih dan rekomendasi pet tag yang bagus di artikel ini!
    Perawatan anjing
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori