mybest
Mainan anjing

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Perawatan anjing
  4. 10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024)

Kali ini, kami akan membahas mengenai mainan anjing. Mainan ini dikhususkan untuk jenis anjing kecil seperti Corgi, Chihuahua, dan anjing kecil lainnya. Banyak mainan anjing dari berbagai merek, seperti KONG, M-PETS, Nylabone, dan lain-lain. Jenis dan fungsi mainan yang beragam mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilihnya.


Kami akan menjelaskan beberapa hal yang patut dipertimbangkan saat memilih mainan anjing. Kami juga akan memberikan rekomendasi mainan yang bagus untuk anjing kecil Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Temukanlah mainan yang paling cocok untuk si anabul!

Diperbaharui 14/07/2023
drh. Tito Suprayoga
Pakar
Veterinarian
drh. Tito Suprayoga

drh. Tito Suprayoga, M.Sc. adalah dokter hewan lulusan S1 dan S2 Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Selain menjadi asisten laboratorium Biokimia, drh. Tito juga pernah menjadi pembicara pada UKM Hewan Kesayangan di Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Demi mendukung keilmuannya di dunia praktisi hewan kecil, ia sering mengikuti continuing education baik nasional maupun internasional. Ia berpengalaman bekerja di PDHB drh. Cucu K. Sajuthi dkk Green Garden. Kini drh. Tito praktek mandiri di area Pekanbaru. Anda bisa menyapa drh. Tito di Instagram-nya untuk mengetahui informasi-informasi mengenai kesehatan dan perawatan anabul Anda.

Profil drh. Tito Suprayoga
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Karakteristik dan kriteria anjing kecil

Karakteristik dan kriteria anjing kecil

Banyaknya ras anjing mungkin membuat Anda sulit membedakan anjing kecil, sedang, besar, hingga superbesar. Anjing yang bisa disebut kecil umumnya memiliki bobot tubuh antara 1–10 kg. Selain itu, tingginya tidak lebih dari 40 cm dari bahu dihitung dalam kondisi berdiri.


Ras anjing kecil contohnya adalah Pomeranian, Dachshund, Toy Poodle, Corgi, Maltese, Pug, Chihuahua, Beagle, Papillon, Shih Tzu, dan sebagainya. Di samping ras anjing yang sudah kami sebutkan, masih banyak lagi ras anjing yang tergolong ras anjing kecil. Anda bisa mencari tahu lebih jauh melalui internet jika ragu dengan ras anjing Anda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih mainan untuk anjing kecil

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih mainan yang paling cocok untuk anjing kecil Anda. Berikut ini, ada empat poin yang harus Anda perhatikan. 

1

Pilihlah sesuai cara bermainnya

Mainan anjing secara garis besar dibagi menjadi empat jenis, yaitu mainan gigit, tarik-menarik, lempar tangkap, dan mainan berisi camilan. Berikut ini akan kami jelaskan secara rinci mengenai empat jenis permainan tersebut. 

Permainan melempar, bisa membantu anjing yang kurang olahraga

Permainan melempar, bisa membantu anjing yang kurang olahraga

Mainan lempar tangkap berguna bagi anjing dan pemiliknya untuk bermain bersama dan mengatasi kurang gerak. Anda bisa melempar frisbee atau bola lalu anjing Anda akan mengambilnya. Permainan ini dapat membantu melepaskan stres serta membangun hubungan kepercayaan antara pemilik dan anjingnya. 


Kurangnya aktivitas pada anjing dapat meningkatkan risiko obesitas dan kekakuan sendi. Hal ini tentu saja akan berdampak pada kesehatan dan kenyamanan mereka. Dampak tersebut terjadi pada anjing-anjing yang telah disteril (kastrasi/ovariohisterektomi). Biasanya mereka cenderung mengalami penurunan aktivitas.


Oleh karena itu, biasakan mengajak mereka exercise, seperti jalan-jalan atau bermain. Permainan melempar salah satunya dapat dipraktikkan untuk mengajak anabul exercise. Namun, jangan melakukan permainan ini di ruangan dengan banyak perabotan, ya. Silakan Anda lakukan permainan ini di taman atau lapangan yang luas


Bagi anjing, mengejar mainan itu mudah karena merupakan naluri alami mereka. Namun, dibutuhkan pelatihan agar anjing Anda dapat mengembalikan mainan tersebut. Untuk tahap awal, lempar mainan dalam jarak dekat. Kemudian, Anda bisa meningkatkan jaraknya secara perlahan. Jika anjing Anda tidak mau melepaskan mainan yang dibawa, cobalah memberinya imbalan camilan.


Kehadiran pemilik sangat penting dalam permainan lempar tangkap. Namun, untuk anjing kecil jangan melempar mainan terlalu jauh. Jika ingin bermain frisbee dengan baik, ada trik untuk menjadikan alas makan sebagai frisbee. Saat frisbee dilempar, anjing akan berpikir bahwa makanan miliknya terbang. Jadi, otomatis anjing Anda akan mengejar dan menangkapnya.

Permainan tarik-menarik, cocok untuk bersenang-senang dengan anjing Anda

Permainan tarik-menarik, cocok untuk bersenang-senang dengan anjing Anda

Anjing-anjing berukuran kecil biasanya memiliki sifat yang aktif, suka bermain, dan tidak jarang melakukan kebiasaan yang kurang tepat. Kebiasaan tersebut seperti suka menggigit benda-benda rumah kemudian menarik hingga sobek karena naluri berburu mereka.


Nah, untuk mengalihkan kebiasaan-kebiasaan tersebut, ajaklah mereka bermain permainan tarik-menarik. Dengan demikian, naluri bermain dan berburu mereka tersalurkan dan kebiasaan buruk mereka bisa diperbaiki. Selain itu, Anda juga bisa berolahraga di rumah dan berkomunikasi dengan anjing Anda melalui permainan tarik-menarik.


Mainan dengan tali panjang sangat ideal untuk permainan tarik-menarik. Jika anjing Anda sangat bersemangat, biarkanlah anjing Anda menariknya cukup lama, baru kemudian Anda tarik kembali. Namun, diperlukan mainan yang memiliki kualitas bahan yang kuat dan tidak mudah sobek agar bertahan untuk jangka waktu lama.


Jika tipe mainan ini memiliki bentuk yang berbeda pada kedua ujungnya, berikan ujung yang lebih mudah digigit untuk anjing Anda. Begitu juga saat bermain, buatlah kemenangan dan kekalahan dengan adil. Anda bisa saja memenangkan permainan, tetapi berikan juga kemenangan untuk anjing Anda. 


Mainan berbentuk tali sering diklaim memiliki efek membersihkan gigi untuk anjing. Namun, pada kenyataannya, mainan itu sendiri tidak begitu saja menghilangkan kotoran pada gigi anjing. Hanya saja, jika anjing terus mengunyahnya dalam waktu lama, sekresi air liur akan meningkat.


Saat seperti itu bisa Anda manfaatkan untuk mengoleskan pasta gigi khusus anjing pada mainan ini. Pasta gigi inilah yang nantinya akan membantu membersihkan gigi anjing. 

Permainan gigit, cocok untuk anjing yang sedang tumbuh gigi dan dapat memperkuat rahang

Permainan gigit, cocok untuk anjing yang sedang tumbuh gigi dan dapat memperkuat rahang

Saat giginya sedang tumbuh, anjing senang menggigit sesuatu agar rasa tidak nyamannya berkurang. Nah, pada saat seperti itu, Anda bisa memberikan permainan yang bisa digigit. Pada masa pergantian gigi susu ke gigi permanen, biasanya anak anjing akan aktif melakukan aktivitas menggigit benda-benda di sekitarnya.


Pastikan anak anjing terhindar dari menggigit dan memakan benda-benda asing yang berbahaya. Selain itu, hindarkan juga dari kebiasaan yang kurang tepat. Caranya, Anda dapat mengalihkan perhatian mereka menggunakan mainan kunyah atau gigit (chew toys).


Ada permainan gigit yang menghasilkan suara. Tipe yang seperti ini biasanya sangat disukai oleh anak anjing. Namun, perhatikan pemilihan bahan yang cocok baik dari segi bentuk, ukuran, maupun tingkat kelembutan bahan mainan. Jangan memilih mainan dengan bahan yang keras karena berisiko melukai gusi atau menyebabkan patah tulang area mulut.


Kami juga menyarankan agar pemakaian mainan kunyah ini diberikan setelah gigi susu pada anak anjing sudah mulai berganti. Hal tersebut biasanya berlangsung pada usia 4–7 bulan. Terakhir, terkait permainan yang bisa digigit, penting juga untuk memperhatikan ukuran mainan. Pastikan ukuran mainannya tidak terlalu kecil agar tidak tertelan oleh anjing Anda. 

Permainan berisi camilan, cocok untuk Anda yang ingin mengalihkan perhatian anjing Anda

Permainan berisi camilan, cocok untuk Anda yang ingin mengalihkan perhatian anjing Anda

Beberapa pet owner kewalahan karena anabul mereka memiliki kebiasaan yang tidak tepat, seperti menggigit sambil mengoyak benda-benda rumah. Anjing perlu dilatih sejak dini untuk menanggulangi kebiasaan tersebut. Alihkan kebiasaan mereka dengan hal-hal yang lebih menarik. Permainan yang berisi camilan dapat digunakan untuk melatih dan mengalihkan anabul ketika mereka melakukan kebiasaan buruk.


Mainan edukatif yang dapat diisi camilan sangat ideal saat Anda ingin mengalihkan perhatian anjing. Anjing Anda akan asyik bermain untuk mendapatkan camilan. Jadi, anjing Anda tidak akan menggonggong atau mencari perhatian Anda selama beberapa waktu. Jika khawatir anjing Anda makan terlalu banyak saat Anda tidak di rumah, mainan ini bisa Anda pilih


Namun, ada beberapa anjing yang merasa frustrasi karena mereka tidak mengerti cara kerjanya dan mencoba memecahkan mainannya. Untuk itu, pertimbangkanlah dengan cermat kepribadian anjing Anda dan tingkat kesulitan mainan.


Mainan yang bisa menampung camilan disebut mainan edukasi, tetapi sebenarnya tidak untuk meningkatkan kecerdasan anjing. Anjing Anda hanya akan belajar cara kerja mainan tersebut untuk mendapatkan camilan.


Namun, mainan ini dapat membantu menghilangkan kebiasaan anjing menggonggong sembarangan. Jika sering dilatih, permainan ini dapat digunakan untuk mendisiplinkan anjing Anda, misalnya saat kedatangan tamu ke rumah. Bahkan, mainan ini akan sangat berguna ketika Anda membawanya ke klinik atau rumah sakit hewan. Anjing Anda bisa bersikap lebih tenang sembari menunggu.

2

Temukan mainan dengan ukuran dan material yang pas untuk anjing Anda

Temukan mainan dengan ukuran dan material yang pas untuk anjing Anda

Ukuran ideal untuk mainan anjing adalah seukuran mulut anjing itu sendiri. Anjing Anda dapat menggigitnya dengan mudah, tetapi tidak terlalu kecil sampai bisa tertelan. Anda bisa membelikan mainan yang sedikit lebih besar ukurannya untuk mencegah risiko tertelan. 


Di sisi lain, jika ukuran mainan terlalu besar, anjing Anda tidak akan bisa menguasai mainan tersebut. Kemungkinan, anjing Anda malah enggan untuk memainkannya. 


Selain ukuran mainan, penting juga untuk memperhatikan material atau tingkat keempukan mainan. Ukuran mulut dan kekuatan gigitan setiap anjing berbeda-beda. Ada risiko gigi anjing bisa rusak karena bermain dengan mainan yang terlalu keras. Hindari mainan yang terlalu keras, terutama untuk anak anjing dan anjing yang sudah tua karena rahangnya melemah.

3

Pastikan mainan yang Anda pilih kuat dan tahan lama

Pastikan mainan yang Anda pilih kuat dan tahan lama

Penting untuk memilih mainan yang sulit dihancurkan agar anjing Anda dapat bermain dengan aman. Produk yang mudah pecah tidak dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Selain itu, Anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk membeli mainan baru. Bahkan, ada risiko pecahan mainan tertelan oleh anjing Anda. 


Beberapa mainan terlihat sangat lucu, tetapi memiliki jahitan atau tepian. Mainan seperti ini dapat dengan mudah robek oleh kekuatan rahang anjing. Kami lebih merekomendasikan produk sederhana yang tidak memiliki tepian atau bagian-bagian kecil. Anda bisa memilih mainan yang terbuat dari karet tebal yang tahan lama


Di sisi lain, mainan kayu atau mainan dengan tali dapat berbahaya untuk anjing Anda. Jika tertelan, serat kayu atau serat tali bisa menumpuk di perut anjing Anda. Sebelum membeli mainan jenis tali, pastikan Anda bisa memeriksa mainan tersebut. Jika talinya mudah terurai, sebaiknya Anda menghindari membelinya.


Selain itu, plush toy dengan jahitan terbuka mungkin dapat robek dalam sekejap mata. Jadi, jika Anda ingin membelikan mainan anjing dalam bentuk boneka/plush toy, carilah produk dari produsen tepercaya.


Terakhir, sebagai pemilik anjing, penting untuk memperhatikan mainan anjing Anda. Jika ada bagian yang rusak, Anda harus segera memperbaikinya, jangan sampai bagian tersebut tertelan oleh anjing. Apalagi jika anabul yang Anda pelihara sangat suka bermain dengan benda-benda hingga merusaknya. 

4

Carilah mainan yang sesuai dengan kepribadian anjing Anda

Carilah mainan yang sesuai dengan kepribadian anjing Anda

Penting juga untuk memilih mainan yang sesuai dengan kepribadian dan selera anjing Anda. Hal ini agar anjing Anda mau memainkan mainan yang Anda belikan.


Beberapa anjing menyukai mainan yang mengeluarkan suara keras. Sementara itu, ada juga anjing yang takut dengan mainan bersuara. Beberapa anjing juga menyukai mainan berdasarkan bahannya, baik plastik maupun kain. Jadi, pastikan Anda mengamati selera dan kepribadian anjing Anda


Kenali karakteristik dan kebiasaan anjing yang Anda pelihara. Setelah itu, tentukan jenis mainan yang sesuai dengan karakter dan tujuan yang ingin Anda capai. Apakah Anda ingin membuat mereka senang dan aktif, ingin mengalihkan kebiasaan buruk mereka, dan lain sebagainya. Jangan asal membelikan mainan karena bisa jadi mereka tidak menyukainya dan berakhir sia-sia.


Seperti hobi dan selera manusia, anjing juga memiliki kepribadian dan selera masing-masing. Terutama, jika anjing tersebut memiliki sedikit pengalaman bermain dengan manusia saat masih kecil. Jika mainan terlalu sulit dimainkan olehnya, lama-lama anjing bisa kehilangan minat dan enggan memainkannya

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi mainan terbaik untuk anjing kecil

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mainan terbaik untuk anjing kecil yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Tito Suprayoga.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Silicone Frisbee

 Silicone Frisbee 1

Rp10.500

Lebih Murah

Permainan lempar tangkap jadi makin seru dengan frisbee ini

2

Bola Karet Lonceng Rainbow Small

 Bola Karet Lonceng Rainbow Small 1

Rp109.000

Agak Mahal

Bola karet dengan lonceng, teman olahraga anjing kecil Anda

3

Dog Toy Rubber Bone TPR

 Dog Toy Rubber Bone TPR 1

Rp34.567

Agak Murah

Stick mainan untuk gigi anjing yang lebih bersih

4

Shaking Q Pet

 Shaking Q Pet 1

Rp32.500

Agak Murah

Anjing Anda tetap dapat asyik bermain di rumah saja

5

Mainan Tali GigitanCA1031

 Mainan Tali Gigitan 1

Rp30.000

Agak Murah

Asyik bermain tarik-tarikan untuk anjing yang kompetitif

6

Puppy Chew Rubber Teething Sandal

 Puppy Chew Rubber Teething Sandal 1

Rp16.900

Agak Murah

Cegak anak anjing Anda menggigiti sandal dengan memberinya mainan ini

7

KONG

Wobbler™

KONG Wobbler™ 1

Rp239.000

Agak Mahal

Menikmati snack sambil bermain, pasti seru untuk anabul!

8

KONG

Airdog® Squeaker DumbbellASDB3

KONG Airdog® Squeaker Dumbbell 1

Rp115.000

Agak Mahal

Aman dan awet untuk latihan menggigit, mainan yang pas untuk anak anjing

9

COLLAR

PULLER Micro

COLLAR PULLER Micro 1

Rp105.000

Agak Mahal

Menjalin kedekatan dengan anjing Anda melalui permainan lempar tangkap

10

Nylabone

Flavor Frenzy Power Chew Triple Pack

Nylabone Flavor Frenzy Power Chew Triple Pack 1

Rp224.000

Agak Mahal

Mainan anjing agar tidak bosan, tidak ada lagi menggigiti benda

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Silicone Frisbee

Silicone Frisbee 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp10.500
Lebih Murah
Harga referensi
Rp10.500
Lebih Murah

Permainan lempar tangkap jadi makin seru dengan frisbee ini

Produk satu ini sangat cocok untuk Anda mainkan di pantai, taman, ataupun lapangan luas dengan anjing Anda. Frisbee ini memiliki bobot yang ringan karena terbuat dari silikon. Anjing kecil Anda pasti tidak akan kesulitan menggigit frisbee ini. 


Selain itu, dengan bentuk aerodinamik, Anda bisa melempar frisbee ini dengan lurus dan stabil. Anjing Anda pun bisa menangkapnya dengan lebih mudah. Bermain lempar tangkap pun jadi lebih mengasyikkan. 

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Bola Karet Lonceng Rainbow Small

Harga referensi
Rp109.000
Agak Mahal

Bola karet dengan lonceng, teman olahraga anjing kecil Anda

Mainan ini merupakan bola karet aneka warna yang di dalamnya terdapat lonceng. Mainan ini sangat cocok untuk membantu anjing yang malas bergerak. Bentuk dan suara bola karet ini tentu akan menarik perhatian anjing peliharaan Anda.


Namun, pastikan Anda ada bersamanya saat anjing Anda bermain dengan bola ini. Hal ini untuk mencegah risiko lonceng keluar dari tempatnya dan tertelan apabila posisi karet berubah atau terkoyak.

No.3

Dog Toy Rubber Bone TPR

Harga referensi
Rp34.567
Agak Murah

Stick mainan untuk gigi anjing yang lebih bersih

Produk ini terbuat dari material karet berkualitas sehingga aman untuk anjing kecil kesayangan Anda. Untuk Anda yang tidak ingin repot-repot membersihkan gigi anjing Anda, sebaiknya Anda mencoba produk ini. Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi khusus anjing pada bagian bergerigi di ujung kiri dan kanan.  

Selain itu, produk ini juga dapat memuaskan hasrat anjing Anda dalam menggigit. Barang-barang di rumah Anda pun akan lebih aman dari gigitan anjing Anda.
No.4

Shaking Q Pet

Harga referensi
Rp32.500
Agak Murah

Anjing Anda tetap dapat asyik bermain di rumah saja

Saat memasuki musim hujan, akan sulit untuk membawa anjing Anda bermain ke luar rumah. Namun, Anda tidak perlu khawatir! Produk ini akan membuat kegiatan bermain di rumah tetap mengasyikkan.


Anda dapat menaruh makanan kesukaan anjing Anda dalam mainan ini. Jadi, ketika Anda sibuk, anjing kecil Anda tetap bisa mendapatkan makanan sambil tetap aktif bergerak. Di sisi lain, tanpa makanan pun, mainan ini tetap menarik bagi anjing. Hal ini lantaran adanya lonceng yang terdapat di bagian dalamnya. 

No.5

Mainan Tali GigitanCA1031

Harga referensi
Rp30.000
Agak Murah

Asyik bermain tarik-tarikan untuk anjing yang kompetitif

Permainan tarik-menarik akan sangat disukai oleh anjing yang memiliki naluri tinggi dalam berburu. Nah, untuk anjing yang kompetitif dan memiliki naluri berburu tinggi, mainan ini pas untuk Anda berikan kepadanya. Memiliki dua bentuk ujung, Anda bisa memberikan bagian ujung yang lebih pas dengan ukuran mulut anjing Anda. Pastikan Anda menyeimbangkan antara menang dan kalah saat bermain, ya!

No.6

Puppy Chew Rubber Teething Sandal

Puppy Chew Rubber Teething Sandal 1
Sumber: shopee.co.id
Puppy Chew Rubber Teething Sandal 2
Sumber: shopee.co.id
Puppy Chew Rubber Teething Sandal 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp16.900
Agak Murah
Harga referensi
Rp16.900
Agak Murah

Cegak anak anjing Anda menggigiti sandal dengan memberinya mainan ini

Anak anjing Anda sedang dalam tahap ingin menggigiti semua sandal di rumah akibat teething? Kalau begitu, Anda bisa memberikan mainan berbentuk sandal ini sebagai gantinya! memiliki bentuk menyerupai sandal dalam warna-warni menarik, anabul Anda akan senang memainkannya. Terlebih lagi, mainan ini terbuat dari karet yang aman serta akan mengeluarkan bunyi saat digigit.

No.7

KONGWobbler™

Harga referensi
Rp239.000
Agak Mahal

Menikmati snack sambil bermain, pasti seru untuk anabul!

Anjing merupakan binatang yang senang bermain. Apalagi ditambah dengan makanan kesukaannya, pasti anjing kecil Anda akan lupa waktu. KONG menghadirkan Wobbler untuk menjawab kedua hal di atas.

Bentuk mainan ini menghasilkan gerakan yang tidak terprediksi sehingga membuat anjing kecil Anda makin penasaran. Wobbler juga akan mengeluarkan makanan apabila digoyang atau ditekan. Produk ini terbuat dari bahan plastik polimer yang kuat serta aman untuk anjing kecil Anda. 
No.8

KONGAirdog® Squeaker DumbbellASDB3

Harga referensi
Rp115.000
Agak Mahal

Aman dan awet untuk latihan menggigit, mainan yang pas untuk anak anjing

Apakah Anda sedang mencari mainan anjing yang kuat dan awet dimainkan dalam waktu lama? Airdog® Squeaker Dumbbell dari KONG ini bisa menjadi solusinya. Mainan ini terbuat dari karet berkualitas tinggi dengan tingkat kekerasan sedang yang aman untuk anjing kecil Anda.

Mainan ini berbentuk dumbbell, dengan bulatan pada bagian kiri dan kanan yang bisa menghasilkan bunyi ketika dimainkan. Anjing Anda tentu akan makin tertarik dengan mainan ini. 
No.9

COLLARPULLER Micro

Harga referensi
Rp105.000
Agak Mahal

Menjalin kedekatan dengan anjing Anda melalui permainan lempar tangkap

Mainan ini hadir dalam bentuk ring dengan ketebalan 1,5 cm berwarna ungu. Sesuai namanya, PULLER Micro adalah permainan tarik-menarik dengan ukuran yang pas untuk anjing kecil Anda. 


Di sisi lain, saat berada di taman atau tanah lapang, Anda bisa menggunakan produk ini untuk permainan lempar tangkap. Anjing Anda tentu akan gembira sekali bisa bermain dengan pemiliknya menggunakan produk yang satu ini. 

No.10

NylaboneFlavor Frenzy Power Chew Triple Pack

Harga referensi
Rp224.000
Agak Mahal

Mainan anjing agar tidak bosan, tidak ada lagi menggigiti benda

Anjing memang dikenal sebagai binatang yang memiliki banyak energi dan tidak bisa diam. Ada juga sebagian anjing yang hiperaktif dibanding anjing lainnya. Anjing hiperaktif ini memiliki lebih banyak tenaga dan lebih tidak bisa diam. Jika bosan, anjing hiperaktif akan senang menggigit barang-barang di sekitarnya.


Nah, untuk mengatasi masalah di atas, Anda bisa gunakan Flavor Frenzy Power Chew Triple Pack dari Nylabone. Mainan ini memiliki tingkat kekerasan yang tinggi, pas untuk anjing yang gemar menggigit. Selain itu, mainan ini juga hadir dengan rasa yang unik, anjing Anda pasti makin senang memainkannya. 

Tindakan pencegahan saat memberikan mainan pada anjing

Berikut ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan saat memberikan mainan pada anjing. Silakan perhatikan dengan saksama untuk keselamatan anjing Anda. 

Cuci mainan anjing secara rutin

Cuci mainan anjing secara rutin

Jika sudah memiliki mainan untuk anjing Anda, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mainan tersebut terutama ketika akan digunakan. Terdapat banyak mikroba/bakteri di lingkungan yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan terutama sistem pencernaan anjing.


Saat anjing bermain dengan mainannya, air liur dan plak akan menempel pada mainan. Jika dibiarkan begitu saja, kuman dan bakteri dapat berkembang biak. Untuk itu, sering-seringlah mencuci mainan anjing Anda untuk menjaganya tetap bersih. Cuci hingga bersih dan simpanlah jika mainan tersebut sedang tidak digunakan.


Saat mencuci mainan yang terbuat dari kain, cucilah dengan deterjen tanpa pewangi dan biarkan mengering secara menyeluruh. Harap diperhatikan bahwa pengeringan yang tidak sempurna dapat meningkatkan jumlah bakteri.

Jangan memberikan mainan kucing kepada anjing

Jangan memberikan mainan kucing kepada anjing

Produk pet toys sudah dirancang agar sesuai dengan jenis dan kebutuhan masing-masing hewan. Pemberian mainan kucing untuk anjing dapat meningkatkan risiko tertelan. Selain itu, risiko masalah pencernaan akibat ukuran mainan yang tidak sesuai juga bisa terjadi.


Pada dasarnya, anjing senang bermain dengan mengunyah mainannya. Sementara kucing bermain dengan banyak berguling. Karena cara bermainnya berbeda, kekuatan dan konstruksi mainan anjing dan kucing juga berbeda. Jangan pernah memberikan mainan kucing kepada anjing karena anjing kecil sekalipun dapat merusaknya. Bagian yang rusak ini bisa saja tertelan secara tidak sengaja.


Jika Anda memiliki kucing dan anjing, simpanlah mainan kucing di tempat yang tidak bisa dijangkau anjing Anda. Mainan kucing memiliki banyak bagian kecil seperti lonceng dan bulu. Bagian-bagian kecil ini sangat mudah tertelan oleh anjing dan itu sangat berbahaya. 

Mainan handmade bisa berbahaya karena ketahanannya kurang baik

Mainan handmade bisa berbahaya karena ketahanannya kurang baik

Beberapa orang suka membuat mainan anjing sendiri dari kain perca. Namun, mainan seperti itu  tidak cukup kuat dan dapat menyebabkan kecelakaan yang tidak terduga. Jika Anda fokus pada keselamatan anjing Anda, pilihlah mainan yang diproduksi oleh produsen tepercaya.


Mainan anjing yang tersedia secara komersial dijahit dengan benang yang kuat pada mesin jahit industri. Sementara, mesin jahit rumahan dan benang jahit umum biasanya tidak cukup kuat.


Berhati-hatilah karena anjing juga sering menelan kapas, serat kain, dan benang yang terdapat pada mainan mereka. Jika serat kain atau kapas sampai tertelan oleh anjing Anda, hal itu dapat mengakibatkan penyumbatan usus. 


Selain dari segi ketahanan mainan, jenis bahan yang digunakan untuk pembuatan mainan tersebut juga perlu diperhatikan. Periksa apakah bahan tersebut aman untuk anjing atau berbahaya dan dapat menimbulkan masalah kesehatan. Biasanya produk-produk pet toys dari produsen tepercaya sudah lolos dari uji bahan berbahaya bagi kesehatan anjing.

Baca juga rekomendasi produk kebutuhan untuk anjing lainnya di sini

Sebagai pemilik anjing, tentu banyak hal yang perlu Anda siapkan untuk anjing peliharaan Anda. Tidak hanya mainan, hal mendasar lainnya, seperti susu, makanan, dan peralatan lain juga perlu diperhatikan. Agar Anda bisa memberikan yang terbaik untuk anjing Anda, silakan baca artikel-artikel berikut ini. 

Kesimpulan

Anda bisa mengamati anjing Anda untuk mengetahui selera dan kepribadiannya sehingga bisa membelikan mainan yang cocok untuknya. Namun, lebih penting lagi, Anda harus memperhatikan keselamatan anjing Anda.


Pilihlah mainan dengan kualitas, daya tahan, dan material yang baik. Kemudian, pastikan tidak ada ornamen yang bisa tertelan oleh anjing Anda. Dengan demikian, anjing Anda senang, hati Anda pun tenang.

5 Rekomendasi Mainan untuk Anjing Kecil terbaik

No. 1: Silicone Frisbee

No. 2: Bola Karet Lonceng Rainbow Small

No. 3: Dog Toy Rubber Bone TPR

No. 4: Shaking Q Pet

No. 5: Mainan Tali GigitanCA1031

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan hewan
  3. Perawatan anjing
  4. 10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.