10 Rekomendasi Kartu Pos Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kartu Pos Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Berikirim kartu pos memang terdengar kuno sekali ya. Tetapi, belakangan ini berkirim kartu pos baik kepada saudara, teman, maupun orang asing dari berbagai negara (postcrossing) menjadi hal yang digemari kembali. Banyak desain kartu pos yang menarik dapat Anda temukan di toko buku maupun toko online. Tak hanya pemandangan saja, banyak desain menarik seperti corak batik atau gambar makanan tradisional. Tak hanya dari kertas, ada bahan lain juga yang digunakan untuk kartu pos.

Anda tertarik untuk mengirim kartu pos kepada kerabat? Wah, artikel kali ini tepat sekali untuk Anda baca. Kami akan mengulas tentang cara memilih kartu pos serta memberikan berbagai rekomendasi kartu pos yang unik untuk Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih kartu pos

Ketika mencari kartu pos, pastinya Anda sangat tertarik dengan berbagai desain gambar. Berikut ini kami akan berikan tips cara memilih kartu pos. Yuk, disimak!

Sesuaikan dengan kebutuhan

Ilustrasi atau gambar pada kartu pos pastinya menjadi hal yang pertama Anda perhatikan saat membeli kartu pos. Gambar tersebut tentunya harus sesuai dengan hal yang akan Anda sampaikan ya. Nah, selain untuk dikirim, kartu pos juga dapat Anda gunakan sebagai dekorasi lho. Bagaimana cara memilihnya ya?

Saat mengirim kartu pos, perhatikan kotak kode pos dan arti bahasa asing

Saat mengirim kartu pos, perhatikan kotak kode pos dan arti bahasa asing

Ketika mengirimkan kartu pos, perhatikan kotak untuk penulisan kode pos. Pada umumnya pada kartu pos hanya terdapat 5-6 kotak untuk penulisan kode pos. Tetapi, ada beberapa negara yang memiliki 7 digit kode pos sehingga Anda harus mengecek kembali tempat penulisan kode pos. Anda juga dapat mensiasatinya dengan menambahkan sendiri kotaknya atau menulisnya di luar kotak.

Jika Anda membeli kartu pos dengan desain tulisan bahasa asing, perhatikan artinya. Jangan sampai Anda mengirimkan ucapan selamat menikah untuk teman Anda yang berulang tahun. Perhatikan juga ilustrasi gambar yang ada dan sesuaikan dengan kesukaan orang yang akan Anda berikan kartu pos tersebut.

Foto landscape atau pola yang berurutan untuk dekorasi

Foto landscape atau pola yang berurutan untuk dekorasi

Kartu pos yang menggunakan foto atau ilustrasi dapat digunakan sebagai dekorasi. Anda dapat membingkainya menggunakan bingkai foto dan menyusunnya di tembok. Jika Anda ingin menggunakannya sebagai dekorasi ruangan, pilihlah foto-foto landscape dalam model sepia untuk atmosfer ruangan yang lebih baik. Selain foto landscape, Anda juga dapat memilih kartu pos yang memiliki pola, seperti pola batik.

Cek pola dalam 1 set

Cek pola dalam 1 set

Jika Anda membeli 1 set kartu pos, perhatikan desain dalam 1 set tersebut. Terkadang ada set kartu pos yang memiliki desain yang sama dan ada juga yang memiliki desain yang berbeda-beda. Terutama untuk Anda yang membeli kartu pos untuk dekorasi ruangan, pastinya kurang menyenangkan jika Anda mendapatkan 1 set dengan desain yang sama.

Bagaimana prosedur mengirim kartu pos di Indonesia?

Bagaimana prosedur mengirim kartu pos di Indonesia?

Prosedur pengiriman kartu pos di Indonesia cukup simpel. Anda hanya perlu membeli amplop dan perangko sebagai mata uang pembayaran kartu pos. Setelah surat dituliskan dan dimasukkan ke dalam amplop, tempelkan perangko sesuai dengan harga yang ditentukan. Lalu kirimkan ke kantor pos atau kotak pos. Surat atau kartu pos Anda akan segera diantarkan oleh pegawai pos Indonesia.

Tarif yang dikenakan pada setiap kartu pos tergantung pada bobot dan tujuannya. Untuk berat di bawah 20 gram harganya kurang lebih Rp 6.000 untuk wilayah Asia dan Rp 7.000 untuk Eropa. Sementara tarif paling mahal dikenakan jika Anda ingin mengirim kartu pos ke Amerika, yakni Rp 8.000. Semakin berat bobotnya maka tarifnya juga semakin mahal.

Pastikan alamat tujuan jelas beserta kode posnya. Selain itu pastikan juga harga perangko sesuai dengan tarfinya agar tidak dikembalikan.

10 Rekomendasi kartu pos terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan 10 rekomendasi kartu pos untuk Anda. Kartu pos ini dapat Anda kirimkan, jadikan sebagai dekorasi, maupun sekedar untuk koleksi.

10. Birthday Cupcake Postcard

10. Birthday Cupcake Postcard

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.000

Ucapkan selamat ulang tahun dengan kartu pos

Anda ingin membuat orang tersayang terkesan dengan hadiah Anda? Untuk membuat hadiah Anda lebih berkesan dari yang lain, sertakanlah kartu pos berisi ucapan ulang tahun ini. Coraknya yang berwarna menggambarkan betapa Anda ikut berbahagia dengan orang yang berulang tahun. Apalagi merah muda adalah simbol cinta dan kasih sayang.

Kartu pos untuk ulang tahun ini memiliki ukuran 14,8 x 10 cm dengan art paper 310 g yang lebih tebal. Bagian depannya diberikan laminasi doff. Selain gambar cupcake, Anda juga dapat menemukan berbagai desain lainnya untuk kartu pos edisi ulang tahun. Anda tertarik membelinya?

9. Kartu Pos – Takjil Makanan Ramadhan

9. Kartu Pos - Takjil Makanan Ramadhan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.000

Warna warni menjelang bulan Ramadhan

Menjelang bulan Ramadhan pastinya takjil sangat ditunggu-tunggu. Selain itu, bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang sangat pas untuk bersilaturahmi. Anda dapat menggunakan kartu pos ini untuk menjalin silaturahmi dengan kerabat maupun teman yang sudah lama tak berjumpa.

Kartu pos edisi makanan dan minuman di bulan Ramadhan ini digambar dengan teknik cat air sehingga warna dan coraknya pun unik. Seluruh gambar dicetak pada kertas 310 g, tanpa laminasi yang memudahkan Anda menulis dengan ukuran 15,4 x 10,9 cm. Wah, menarik sekali ya!

8. Hand-painted Postcard Coloring Greeting Cards

 8. Hand-painted Postcard Coloring Greeting Cards

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 84.000

Berkreasi dengan kartu pos sebagai undangan

Anda ingin mengadakan pesta ulang tahun untuk si kecil? Yuk, ajak si kecil untuk berkreasi sendiri pada kartu undangan ulang tahunnya dengan Hand-painted Postcard Coloring Greeting Cards. Set kartu ini dilengkapi dengan pensil warna sehingga si kecil dapat mewarnai sendiri pola pada kartunya.

Terdapat 3 tema yang dapat Anda pilih, flowers blooming series, colorful life series, atau global travel series. Selain untuk kartu undangan, Anda juga dapat menggunakan kartu ini sebagai lomba mewarnai pada acara ulang tahun si kecil. Aktivitas yang menarik, bukan?

7. Beautiful Cartoon Character Postcard

 7. Beautiful Cartoon Character Postcard

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 45.000

Nostalgia dengan tokoh kartun favorit

Reuni bersama teman-teman sekolah pasti sangat menyenangkan ya. Mengundang teman-teman melalui aplikasi chat tentunya terlalu mainstream sekaligus tidak bersifat personal. Untuk Anda generasi 90-an, yuk, undang teman-teman Anda untuk datang reuni dengan kartu pos bertema tokoh kartun ini.

Mengirim kartu pos tentunya akan mengingatkan kembali tentang masa-masa sekolah Anda saat teknologi belum semaju sekarang. Selain itu, tokoh-tokoh kartun ini tentunya dapat memunculkan nuansa nostalgia bagi teman-teman Anda apalagi jika tokoh kartun tersebut adalah favoritnya. Siapa tokoh kartun favortimu?

6. Kartu Pos Map Indonesia

6. Kartu Pos Map Indonesia

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 39.000

Tampilkan kekayaan Indonesia

Seri kartu pos peta Indonesia ini berisi 10 peta Indonesia dengan Bhinneka Tunggal Ika, sebaran fauna, taman nasional, gunung berapi, kuliner, goa, senjata tradisional, dan bahasa daerah. Set kartu pos ini memiliki ukuran 10,9 x 15,4 cm dengan art paper 310 g tanpa laminasi namun tetap glossy agar mudah ditulis.

Kartu pos ini dapat Anda kirimkan untuk teman Anda yang berada di luar negeri untuk sekedar bernostalgia dengan budaya Indonesia. Selain itu, kartu pos ini dapat Anda gunakan juga untuk memperkenalkan kekayaan Indonesia kepada si kecil maupun kepada teman Anda yang ingin belajar tentang Indonesia.

5. Kartu Pos Kayu Buatan Tangan 3D

5. Kartu Pos Kayu Buatan Tangan 3D

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 75.000

Lebih unik dengan bahan kayu

Selain kertas, Anda juga dapat menemukan kartu pos dalam bentuk kayu dengan ukuran 9,5 x 14,5 cm. Bahan dasar kayu merupakan bahan dasar yang cukup unik untuk kartu pos. Bahan kayu ditambah dengan ukiran yang unik ini pas sekali untuk penerima yang berjiwa artistik.

Kartu pos ini memiliki 4 tema, yaitu Good Luck, Thank You, Best Wishes, dan Happy Day, dan keempatnya memiliki cutting yang berbeda dengan tema hutan. Anda dapat memilih tema kartu pos yang sesuai dengan hal yang ingin Anda ungkapkan untuk teman atau kerabat Anda.

4. Resep Nasi Goreng

4. Resep Nasi Goreng

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.500

Resep makanan ditulis pada kartu pos

Anda memiliki teman orang asing yang pernah berkunjung ke Indonesia? Pastinya teman Anda pernah mencoba mencicipi nasi goreng ya, salah satu makanan Indonesia yang mendunia. Agar teman Anda dapat memasak sendiri nasi gorengnya sekaligus mengingatkannya tentang nasi goreng yang pernah disantap di Indonesia, kirimkan saja kartu pos berisi resep ini.

Kartu pos dengan resep nasi goreng ini dituliskan dalam bahasa Inggris sehingga memudahkan teman Anda memahaminya. Selain itu, kartu pos ini terbuat dari ukuran art paper 310 g serta bagian depannya dilaminasi doff yang tentunya lebih tebal dan tidak mudah terlipat saat pengirimanPilihan yang baik, bukan?

3. Novelty Retro Post Card Vintage Irregular Shaped

3. Novelty Retro Post Card Vintage Irregular Shaped

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 87.000

Bentuk kartu pos yang unik

Bosan dengan bentuk kartu pos yang begitu saja? Novelty Retro Post Card Vintage Irregular Shaped memiliki bentuk-bentuk unik mengikuti bentuk benda yang ada. Set kartu pos ini berisi barang-barang vintage seperti kaset, mesin jahit, jam, komputer, dan lain-lain. Unik ya!

Bentuk-bentuk yang unik ini akan membuat pemberian kartu Anda lebih diingat oleh rekan Anda yang menyukai barang antik. Dalam 1 set Novelty Retro Post Card Vintage Irregular Shaped Anda akan mendapatkan 30 lembar barang-barang klasik. Desain kartu pos yang netral dapat Anda gunakan dalam berbagai kesempatan untuk mengucapkan selamat seperti ulang tahun, kelahiran buah hati, atau pun hanya sekedar bertukar kabar.

2. Retro Vintage Postcard Set

2. Retro Vintage Postcard Set

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 58.000

Foto-foto sepia untuk para traveller

Koleksi set kartu pos vintage dengan tema foto sepia sangat pas untuk dekorasi ruangan Anda. Anda dapat menikmati bangunan-bangunan terkenal dari berbagai negara seperti patung Liberty di Amerika, menara Eiffel di Perancis, dan menara Pisa di Italia.

Desain kartu pos ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki bucket list perjalanan ke berbagai kota. Dengan memasangnya di ruangan maupun di bingkai di meja kerja, tentunya Anda akan selalu ingat bucket list kota tujuan Anda. Selain itu, desain ini juga pas sekali untuk rekan Anda yang menyukai traveling untuk memberikan kesan nostalgia perjalanan di kota favoritnya.

1. Kartu Pos Batik Tulis

1. Kartu Pos Batik Tulis

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.200

Kartu pos dengan kain batik

Kemerdekaan yang kita rasakan sekarang tak lepas dari jasa-jasa para pahlawan. Sayangnya, sering kali para veteran menjadi orang-orang yang dilupakan. Untuk mengenang jasa mereka, tak ada salahnya untuk mengirimkan para veteran kartu pos dengan kain batik ini pada saat hari kemerdekaan.

Dengan mengirimkan kartu pos bercorak batik dan dilengkapi dengan bendera Indonesia, para veteran pasti akan merasa lebih dihargai dan dikenang jasa-jasanya untuk kemerdekaan negeri ini. Kartu pos ini menggunakan bahan silky paper yang tidak mudah luntur sehingga ucapan Anda untuk para veteran tetap awet.

Kesimpulan

Wah, banyak sekali ya variasi kartu posnya. Kartu pos dengan berbagai desain yang menarik, tak hanya untuk dikirimkan, tapi dapat Anda jadikan sebagai dekorasi rumah. Tak hanya berbentuk persegi panjang, kartu pos juga hadir dalam bentuk yang unik serta bahan dasar kayu. Untuk mengirim kartu pos, pastikan lagi bahwa kartu pos Anda tidak membutuhkan biaya tambahan ya.

Bagaimana? Apa Anda tertarik untuk membeli kartu pos dan mengirimkannya untuk saudara atau teman? Atau untuk koleksi? Tentunya sesuaikan dengan kebutuhan Anda ya. Selamat memilih!