10 Rekomendasi Kartu Pos Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Kartu Pos Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Berkirim kartu pos baik kepada saudara, teman, maupun sahabat pena dari berbagai belahan dunia (postcrossing) menjadi hal yang kembali digemari. Banyaknya desain kartu pos yang menarik seperti bergambar pemandangan, batik, landmark negara, dan sebagainya membuat kegiatan ini semakin mengasyikkan.

Agar Anda tidak galau dalam memilih, di dalam artikel ini kami akan mengulas cara memilih kartu pos. Simak pula berbagai rekomendasi kartu pos yang unik di akhir artikel ini!

Daftar isi

Cara memilih kartu pos

Ketika mencari kartu pos, pastinya Anda sangat tertarik dengan berbagai desain gambarnya yang indah, lucu, atau unik. Namun, ternyata bukan itu saja poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam memilih kartu pos. Berikut ini kami akan berikan tips cara memilih kartu pos. Yuk, disimak!

Pilih desain atau gambar sesuai dengan tujuan penggunaan

Desain dan ilustrasi atau gambar pada kartu pos pastinya menjadi hal yang pertama Anda perhatikan saat membeli kartu pos. Apapun pilihan Anda, pastikan desain dan ilustrasinya sesuai dengan tujuan penggunaan atau hal yang ingin disampaikan dalam kartu pos. Selain untuk dikirimkan, kartu pos juga dapat dikumpulkan sebagai koleksi, bahkan dekorasi. Berikut tips cara memilihnya.

Perhatikan kotak kode pos dan tulisan-tulisan yang tercetak pada kartu pos

Perhatikan kotak kode pos dan tulisan-tulisan yang tercetak pada kartu pos

Ketika mengirimkan kartu pos, perhatikan kotak untuk penulisan kode pos. Pada umumnya, kartu pos hanya memiliki lima hingga enam kotak untuk penulisan kode pos. Akan tetapi, ada beberapa negara yang memiliki tujuh digit kode pos.

Selain itu, Anda juga dapat menyiasatinya dengan menambahkan sendiri kotak atau kolom kode pos atau menulisnya di luar kotak. Namun, kami tidak merekomendasikan hal ini ketika Anda ingin mengirimkan kartu pos kepada orang yang disegani, seperti atasan di kantor. Jadi, cek kembali kolom penulisan kode pos sebelum membeli.

Jika Anda membeli kartu pos dengan desain tulisan, terutama tulisan berbahasa asing, perhatikan juga artinya. Jangan sampai tulisan tersebut malah merusak tujuan Anda dalam mengirim kartu pos. Perhatikan juga ilustrasi gambar yang ada dan sesuaikan dengan kesukaan orang yang akan Anda kirimi kartu pos tersebut. Berhati-hatilah bila si penerima tidak menyukai hal tertentu. Misalnya saja, takut dengan anjing atau kucing. Jangan sampai Anda malah mengirim kartu pos bergambar hewan tersebut padanya.

Pilihlah yang berdesain foto pemandangan atau pola konsekutif bila digunakan sebagai dekorasi

Pilihlah yang berdesain foto pemandangan atau pola konsekutif bila digunakan sebagai dekorasi

Kartu pos yang berdesain foto pemandangan atau ilustrasi dapat digunakan sebagai dekorasi. Anda dapat membungkusnya dengan bingkai foto dan memajangnya di dinding. Dengan memilih desain yang tepat, kartu pos akan memberikan nuansa berbeda di ruangan Anda. Selain itu, Anda bisa menggunakan push pin berwarna agar terlihat lebih stylish.

Penting juga untuk memilih kartu pos sesuai dengan nuansa ruangan Anda. Bila bingung memilih, kartu pos berdesain foto pemandangan atau pola konsekutif tak akan pernah terasa salah tempat. Kartu pos dengan corak warna sepia juga akan menambah kesan hangat untuk ruangan Anda. Corak-corak tradisional, seperti batik juga ideal untuk menjadi pilihan.

Periksa variasi pola desain pada kartu pos yang dijual per set

Periksa variasi pola desain pada kartu pos yang dijual per set

Jika kartu pos yang Anda pilih dijual dalam set, perhatikanlah desain setiap lembarnya. Ada set yang berisi kartu pos dengan desain yang sama persis dan ada pula yang bervariasi. Terutama bagi Anda yang hendak menggunakan kartu pos sebagai dekorasi ruangan, pastinya kurang menyenangkan bila set kartu pos yang dibeli ternyata sama semua. Untuk memastikanya, Anda dapat bertanya langsung pada penjual.

Perhatikan pula prosedur pengiriman kartu pos di Indonesia

Perhatikan pula prosedur pengiriman kartu pos di Indonesia

Ada dua prosedur pengiriman kartu pos di Indonesia. Pertama, Anda bisa mengirimnya menggunakan prangko yang dijual di kantor pos dengan nominal tertentu. Setelah prangko ditempelkan, masukkan saja ke kotak pos atau pergilah ke kantor pos agar lebih terjamin. Namun, desain prangko yang dijual di kantor pos biasanya kurang eye-catching. Bila Anda juga menitikberatkan pada desain prangko, kami sarankan untuk membeli prangko secara online. Bagian filateli di kantor pos pun umumnya menjual prangko berdesain menarik.

Nominal prangko yang harus ditempelkan tentu saja berbeda tergantung pada bobot dan alamat tujuanya. Kartu pos berbobot ≤20 gram dipatok dengan tarif kurang lebih Rp 6.000 untuk pengiriman ke wilayah Asia dan Rp 7.000 untuk Eropa. Sementara tarif paling mahal dikenakan jika Anda ingin mengirim kartu pos ke Amerika, yakni Rp 8.000. Semakin berat bobotnya, maka semakin mahal tarifnya.

Meskipun terkesan trendi, kelemahan mengirim kartu pos dengan prangko adalah Anda tidak akan pernah tahu kapan kartu pos tersebut sampai di tujuan. Prosedur kedua yang kami rekomendasikan adalah mengirimnya menggunakan EMS (Express Email Service) dan RLN (Register Luar Negeri) atau pos tercatat. Tarifnya dihitung per gram dengan lama pengiriman sekitar dua minggu. Selain itu, Anda akan mendapat nomor bukti pengiriman.

Tarif pengiriman melalui EMS atau RLN terbilang mahal. Tak adanya prangko yang tertempel pada kartu pos pun barangkali akan mengurangi kegembiraan si penerima. Tak hanya itu saja, terkadang ada biaya tambahan untuk pengiriman berupa packing plastik dari kantor pos. Untuk itu, sesuaikanlah prosedur pengiriman dengan hal yang paling Anda prioritaskan.

10 Rekomendasi kartu pos terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan ulasan sepuluh rekomendasi kartu pos untuk Anda. Kartu pos ini dapat Anda kirimkan, dijadikan sebagai dekorasi, maupun sekedar untuk koleksi.

10. Birthday Cupcake Postcard

10. Birthday Cupcake Postcard

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.000

Berikan kejutan ulang tahun dengan pesan tertulis pada kartu pos

Berikanlah kejutan yang berkesan di hari ulang tahun orang-orang terkasih Anda dengan mengirimkan pesan tertulis di kartu pos ini. Coraknya yang berwarna cerah menggambarkan betapa Anda ikut berbahagia atas bertambahnya umur si penerima. Apalagi, merah muda merupakan simbol cinta dan kasih sayang.

Tak perlu khawatir kartu rusak sebelum sampai ke tangan penerima karena bagian depannya dilapisi laminasi doff. Selain gambar cupcake, Anda juga dapat memilih desain lainnya yang masih bertema ulang tahun. Bagi Anda yang tak ingin melewatkan momen bahagia setahun sekali ini, sediakan terus stoknya di rumah, ya!

Isi 1 lembar
Material Art paper 310 gram
Ukuran 10 x 4,8 cm

9. Kartu Pos Takjil Makanan Ramadan

9. Kartu Pos Takjil Makanan Ramadan

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.000

Menyambung tali persaudaraan menjelang datangnya Ramadan

Bertukar sepatah kata dengan orang-orang terdekat sembari menyambut Ramadan adalah hal yang biasa dilakukan. Momen ini juga merupakan waktu yang sangat pas untuk menyambung tali persaudaraan. Daripada saling bertukar pesan melalui aplikasi chatting atau media sosial saja, pasti terasa lebih real bila menggunakan kartu pos ini.

Kartu pos edisi makanan dan minuman takjil di bulan Ramadan ini digambar dengan teknik cat air sehingga warna dan coraknya pun unik. Seluruh gambar dicetak pada kertas tanpa laminasi yang memudahkan Anda menulis. Si penerima tentu akan lebih bersemangat menyambut bulan suci!

Isi 7 lembar
Material Kertas 310 gram
Ukuran 15,4 x 10,9 cm

8. Jigsaw Puzzle Postcard

8. Jigsaw Puzzle Postcard

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.000

Bisa untuk bermain! Kartu pos yang tak sekadar untuk saling berkirim pesan

Bila Anda ingin mengajarkan asyiknya saling berkirim kartu pos kepada anak sejak dini, barangkali produk ini bisa diandalkan. Bergambar berbagai karakter tokoh kartun lucu favorit anak-anak, kartu pos ini juga merupakan jigsaw puzzle! Tak hanya dikirimkan, tetapi juga untuk dimainkan.

Ajari anak menuliskan pesan-pesan yang baik untuk temannya melalui kartu pos ini. Mungkin saja hobi saling bertukar kartu pos ini akan menjadi populer di kalangan teman-temannya. Tanamkan kegemaran positif sejak dini pada anak, apalagi menulis pesan di kartu pos dapat mengembangkan kemampuannya dalam berkomunikasi.

Isi 1 lembar
Material Hardboard paper
Ukuran 14,2 x 10,2 cm

7. Cartoon Vintage Postcard

7. Cartoon Vintage Postcard

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500

Nostalgia dengan tokoh kartun favorit dalam cetakan bergaya vintage

Berkumpul kembali bersama teman-teman sekolah pasti sangat menyenangkan. Mengundang teman-teman melalui aplikasi chat tentunya terlalu mainstream sekaligus tidak bersifat personal. Untuk Anda generasi 90-an, bagaimana kalau mengundang teman-teman Anda untuk datang reuni dengan kartu pos bertema tokoh kartun ini?

Mengirim kartu pos tentunya akan mengingatkan kembali tentang masa-masa sekolah Anda, yaitu saat teknologi belum semaju sekarang. Selain itu, tokoh-tokoh kartun ini tentunya dapat memunculkan nuansa nostalgia bagi teman-teman Anda apalagi jika tokoh kartun tersebut merupakan favoritnya.

Isi 1 lembar
Material Art paper 310 gram
Ukuran 14 x 10 cm

6. Kartu Pos Map Indonesia

6. Kartu Pos Map Indonesia

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 39.000

Informasikan kekayaan Indonesia kepada teman-teman di berbagai belahan dunia

Tahukah Anda bila sebenarnya banyak orang di luar sana yang belum mengenal negara kita? Sekarang, saatnya kita menginformasikan kepada mereka mengenai kekayaan Indonesia. Bila Anda memiliki sahabat pena yang tinggal di belahan dunia lain, kartu pos ini pantas menjadi pilihan.

Seri kartu pos peta Indonesia ini berisi peta Indonesia dengan varian tema, seperti persebaran fauna, taman nasional, kuliner, dan sebagainya. Dengan varian warna yang berbeda-beda pula, teman Anda di seberang sana pasti menanti-nanti seri lain yang akan Anda kirim selanjutnya!

Isi 10 lembar
Material Art paper 310 gram
Ukuran 15,4 x 10,9 cm

5. Kartu Pos Indomie Goreng

5. Kartu Pos Indomie Goreng

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.000

Lucu-lucuan dengan kartu pos bergambar mi instan legendaris Indonesia

Siapa yang tidak kenal merek mi instan yang satu ini? Wajah bungkusnya kini banyak hadir dalam berbagai merchandise, mulai dari tas, tempat pensil, bahkan bantal kursi. Kini, mi instan yang banyak penggemarnya ini juga hadir dalam versi kartu pos.

Bungkusnya yang khas dan dapat dikenali dari pertama kali lihat ini tidak terasa janggal terpampang di kartu pos, malah terkesan jenaka. Bagi Anda yang sering berkirim kartu pos, buatlah si penerima di seberang sana cengar-cengir dengan kartu pos kiriman Anda!

Isi 1 lembar
Material Art paper 310 gram
Ukuran 16,5 x 12,2 cm

4. Nasi Goreng Recipe Postcard

4. Nasi Goreng Recipe Postcard

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.000

Resep nasi goreng yang praktis tertulis pada selembar kartu pos

Nasi goreng merupakan hidangan yang pasti dikenal oleh sebagian besar orang asing yang berkunjung ke Indonesia. Bila Anda memiliki teman atau kenalan berkebangsaan asing yang sedang berkunjung ke Indonesia, berikan saja kartu pos ini sebagai suvenir.

Pada kartu pos ini tertulis resep membuat nasi goreng yang praktis dalam bahasa Inggris. Adanya ilustrasi membuat memasak nasi goreng semakin terasa mudah dan simpel. Setelah pulang ke negaranya pun, dia tetap dapat merasakan nasi goreng khas Indonesia. Pasti berkesan, ya!

Isi 1 lembar
Material Art paper 310 gram
Ukuran 15 x 10 cm

3. Galaxy Postcard

3. Galaxy Postcard

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500

Hadirkan pemandangan luar angkasa yang mistis dan indah

Tahukah Anda bahwa cahaya bintang yang terlihat di langit pada malam hari merupakan cahaya dari masa lalu? Hal tersebut karena bintang terletak jutaan tahun cahaya jaraknya dari bumi! Bagi pencinta bintang, pengetahuan seperti ini tentu merupakan rahasia umum.

Nah, untuk para pencinta bintang, kartu pos yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Gugusan bintang yang membentuk galaksi terlihat berkilau dan berwarna-warni dalam backround langit yang gelap. Memberikan kesan yang mistis sekaligus indah, pasti romantis bila dikirimkan kepada kekasih yang menyukai bintang.

Isi 1 lembar
Material Art paper 310 gram
Ukuran 14 x 10 cm

2. Kartu Pos Tema Lukisan Lawas Jadul

2. Kartu Pos Tema Lukisan Lawas Jadul

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Foto-foto pemandangan jadul yang sudah sulit ditemukan di zaman sekarang

Gambar pemandangan zaman dulu selalu menyejukkan perasaan siapapun yang melihatnya. Pemandangan dengan warna-warna kuno yang khas dapat Anda jumpai dalam kartu pos yang satu ini. Merupakan produk reproduksi dari foto-foto lawas, produk ini pilihan ideal bagi Anda penyuka hal-hal antik.

Kartu pos yang satu ini paling pas untuk melengkapi koleksi Anda atau sekadar dipajang di dalam ruangan. Namun, mengirimkannya pada kakek, nenek, atau kerabat yang sudah lanjut usia, pasti akan membuat mereka tersenyum gembira.

Isi 3 lembar
Material Tidak disebutkan
Ukuran 14 x 9 cm

1. Batik Postcard

1. Batik Postcard

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.200

Lestarikan dan populerkan budaya batik mulai dari hal-hal kecil

Batik merupakan salah satu corak kain tradisional yang kini tengah menarik perhatian dunia. Namun, konon tidak semua orang tahu bahwa batik berasal dari Indonesia. Sekarang saatnya Anda sebagai generasi muda untuk melestarikan dan mempopulerkan budaya batik agar semakin dikenal. Mulai dari hal-hal kecil saja, seperti menggunakan kartu pos bercorak batik.

Tidak hanya ideal dikirimkan kepada orang-orang di belahan dunia lain, dikirimkan kepada kerabat atau sahabat di daerah lain pun sah-sah saja. Apalagi, setiap daerah memiliki ciri khas batik masing-masing. Pasti seru bila bisa bertukar kartu pos sambil semakin mengenal budaya negeri kita sendiri!

Isi 1 lembar
Material Silky paper 40 gram
Ukuran 15 x 10,5 cm

Baca juga produk kartu ucapan lainnya di sini!

Selain berkirim kartu pos, Anda dapat mengirim pesan kepada sahabat atau kerabat di berbagai momen spesial dengan kartu ucapan. Berbeda dengan kartu pos, kartu ucapan terasa wajar untuk diberikan secara langsung maupun diselipkan ke dalam buket bunga atau hadiah lainnya. Yuk, simak ulasan lengkapnya di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Nah, apakah kini Anda tertarik untuk membeli kartu pos dan mengirimkannya untuk kerabat atau sahabat? Hadir dengan berbagai desain dan ilustrasi menarik, kartu pos tak hanya untuk dikirimkan, tetapi juga sebagai dekorasi, bahkan koleksi.

Biaya mengirim kartu pos pun terbilang terjangkau dibandingkan dengan mengirim surat. Kemudian, menambahkan perangko-perangko berdesain menarik pada kartu pasti akan memberi kesan tersendiri bagi penerimanya. Hal yang terpenting, pilihlah sesuai tujuan penggunaannya!