• 10 Rekomendasi Kartu Pos Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kartu Pos Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kartu Pos Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kartu Pos Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kartu Pos Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kartu Pos Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Berkirim kartu pos baik kepada saudara, teman, maupun sahabat pena dari berbagai belahan dunia (postcrossing) menjadi hal yang kembali digemari. Banyaknya desain kartu pos yang menarik seperti bergambar pemandangan, batik, landmark negara, dan sebagainya membuat kegiatan ini semakin mengasyikkan.

Agar Anda tidak galau dalam memilih, di dalam artikel ini kami akan mengulas cara memilih kartu pos. Simak pula berbagai rekomendasi kartu pos yang unik di akhir artikel ini!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 4.831 Views
Daftar isi

Cara memilih kartu pos

Ketika mencari kartu pos, pastinya Anda sangat tertarik dengan berbagai desain gambarnya yang indah, lucu, atau unik. Namun, ternyata bukan itu saja poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam memilih kartu pos. Berikut ini kami akan berikan tips cara memilih kartu pos. Yuk, disimak!

Pilih desain atau gambar sesuai dengan tujuan penggunaan

Desain dan ilustrasi atau gambar pada kartu pos pastinya menjadi hal yang pertama Anda perhatikan saat membeli kartu pos. Apapun pilihan Anda, pastikan desain dan ilustrasinya sesuai dengan tujuan penggunaan atau hal yang ingin disampaikan dalam kartu pos. Selain untuk dikirimkan, kartu pos juga dapat dikumpulkan sebagai koleksi, bahkan dekorasi. Berikut tips cara memilihnya.

Perhatikan kotak kode pos dan tulisan-tulisan yang tercetak pada kartu pos

Perhatikan kotak kode pos dan tulisan-tulisan yang tercetak pada kartu pos
Ketika mengirimkan kartu pos, perhatikan kotak untuk penulisan kode pos. Pada umumnya, kartu pos hanya memiliki lima hingga enam kotak untuk penulisan kode pos. Akan tetapi, ada beberapa negara yang memiliki tujuh digit kode pos.
Selain itu, Anda juga dapat menyiasatinya dengan menambahkan sendiri kotak atau kolom kode pos atau menulisnya di luar kotak. Namun, kami tidak merekomendasikan hal ini ketika Anda ingin mengirimkan kartu pos kepada orang yang disegani, seperti atasan di kantor. Jadi, cek kembali kolom penulisan kode pos sebelum membeli.
Jika Anda membeli kartu pos dengan desain tulisan, terutama tulisan berbahasa asing, perhatikan juga artinya. Jangan sampai tulisan tersebut malah merusak tujuan Anda dalam mengirim kartu pos. Perhatikan juga ilustrasi gambar yang ada dan sesuaikan dengan kesukaan orang yang akan Anda kirimi kartu pos tersebut. Berhati-hatilah bila si penerima tidak menyukai hal tertentu. Misalnya saja, takut dengan anjing atau kucing. Jangan sampai Anda malah mengirim kartu pos bergambar hewan tersebut padanya.

Pilihlah yang berdesain foto pemandangan atau pola konsekutif bila digunakan sebagai dekorasi

Pilihlah yang berdesain foto pemandangan atau pola konsekutif bila digunakan sebagai dekorasi
Kartu pos yang berdesain foto pemandangan atau ilustrasi dapat digunakan sebagai dekorasi. Anda dapat membungkusnya dengan bingkai foto dan memajangnya di dinding. Dengan memilih desain yang tepat, kartu pos akan memberikan nuansa berbeda di ruangan Anda. Selain itu, Anda bisa menggunakan push pin berwarna agar terlihat lebih stylish.
Penting juga untuk memilih kartu pos sesuai dengan nuansa ruangan Anda. Bila bingung memilih, kartu pos berdesain foto pemandangan atau pola konsekutif tak akan pernah terasa salah tempat. Kartu pos dengan corak warna sepia juga akan menambah kesan hangat untuk ruangan Anda. Corak-corak tradisional, seperti batik juga ideal untuk menjadi pilihan.

Periksa variasi pola desain pada kartu pos yang dijual per set

Periksa variasi pola desain pada kartu pos yang dijual per set
Jika kartu pos yang Anda pilih dijual dalam set, perhatikanlah desain setiap lembarnya. Ada set yang berisi kartu pos dengan desain yang sama persis dan ada pula yang bervariasi. Terutama bagi Anda yang hendak menggunakan kartu pos sebagai dekorasi ruangan, pastinya kurang menyenangkan bila set kartu pos yang dibeli ternyata sama semua. Untuk memastikanya, Anda dapat bertanya langsung pada penjual.

Perhatikan pula prosedur pengiriman kartu pos di Indonesia

Perhatikan pula prosedur pengiriman kartu pos di Indonesia
Ada dua prosedur pengiriman kartu pos di Indonesia. Pertama, Anda bisa mengirimnya menggunakan prangko yang dijual di kantor pos dengan nominal tertentu. Setelah prangko ditempelkan, masukkan saja ke kotak pos atau pergilah ke kantor pos agar lebih terjamin. Namun, desain prangko yang dijual di kantor pos biasanya kurang eye-catching. Bila Anda juga menitikberatkan pada desain prangko, kami sarankan untuk membeli prangko secara online. Bagian filateli di kantor pos pun umumnya menjual prangko berdesain menarik.
Nominal prangko yang harus ditempelkan tentu saja berbeda tergantung pada bobot dan alamat tujuanya. Kartu pos berbobot ≤20 gram dipatok dengan tarif kurang lebih Rp 6.000 untuk pengiriman ke wilayah Asia dan Rp 7.000 untuk Eropa. Sementara tarif paling mahal dikenakan jika Anda ingin mengirim kartu pos ke Amerika, yakni Rp 8.000. Semakin berat bobotnya, maka semakin mahal tarifnya.
Meskipun terkesan trendi, kelemahan mengirim kartu pos dengan prangko adalah Anda tidak akan pernah tahu kapan kartu pos tersebut sampai di tujuan. Prosedur kedua yang kami rekomendasikan adalah mengirimnya menggunakan EMS (Express Email Service) dan RLN (Register Luar Negeri) atau pos tercatat. Tarifnya dihitung per gram dengan lama pengiriman sekitar dua minggu. Selain itu, Anda akan mendapat nomor bukti pengiriman.
Tarif pengiriman melalui EMS atau RLN terbilang mahal. Tak adanya prangko yang tertempel pada kartu pos pun barangkali akan mengurangi kegembiraan si penerima. Tak hanya itu saja, terkadang ada biaya tambahan untuk pengiriman berupa packing plastik dari kantor pos. Untuk itu, sesuaikanlah prosedur pengiriman dengan hal yang paling Anda prioritaskan.

10 Rekomendasi kartu pos terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan ulasan sepuluh rekomendasi kartu pos untuk Anda. Kartu pos ini dapat Anda kirimkan, dijadikan sebagai dekorasi, maupun sekedar untuk koleksi.
Isi1 lembar
MaterialArt paper 310 gram
Ukuran10 x 4,8 cm
Isi7 lembar
MaterialKertas 310 gram
Ukuran15,4 x 10,9 cm
Isi1 lembar
MaterialHardboard paper
Ukuran14,2 x 10,2 cm
Isi1 lembar
MaterialArt paper 310 gram
Ukuran14 x 10 cm
Isi10 lembar
MaterialArt paper 310 gram
Ukuran15,4 x 10,9 cm
Isi1 lembar
MaterialArt paper 310 gram
Ukuran16,5 x 12,2 cm
Isi1 lembar
MaterialArt paper 310 gram
Ukuran15 x 10 cm
Isi1 lembar
MaterialArt paper 310 gram
Ukuran14 x 10 cm

2. Kartu Pos Tema Lukisan Lawas Jadul

Rp 35.000,00

Isi3 lembar
MaterialTidak disebutkan
Ukuran14 x 9 cm
Isi1 lembar
MaterialSilky paper 40 gram
Ukuran15 x 10,5 cm

Baca juga produk kartu ucapan lainnya di sini!

Selain berkirim kartu pos, Anda dapat mengirim pesan kepada sahabat atau kerabat di berbagai momen spesial dengan kartu ucapan. Berbeda dengan kartu pos, kartu ucapan terasa wajar untuk diberikan secara langsung maupun diselipkan ke dalam buket bunga atau hadiah lainnya. Yuk, simak ulasan lengkapnya di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Nah, apakah kini Anda tertarik untuk membeli kartu pos dan mengirimkannya untuk kerabat atau sahabat? Hadir dengan berbagai desain dan ilustrasi menarik, kartu pos tak hanya untuk dikirimkan, tetapi juga sebagai dekorasi, bahkan koleksi.
Biaya mengirim kartu pos pun terbilang terjangkau dibandingkan dengan mengirim surat. Kemudian, menambahkan perangko-perangko berdesain menarik pada kartu pasti akan memberi kesan tersendiri bagi penerimanya. Hal yang terpenting, pilihlah sesuai tujuan penggunaannya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di Instagram.Masalahnya, setiap bulan selalu ada judul novel romantis baru yang terbit mulai dari Senja & Pagi hingga Antologi Rasa. Anda akan dibuat bingung saat hendak membelinya. Guna mengurangi kebingungan Anda, kami akan memberikan tips tentang bagaimana cara memilih novel romantis terbaik.
    Buku & alat tulis
    82.681 Views
  • 10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang menggeluti seni rupa atau mau mulai belajar melukis, pastinya sudah akrab dengan sketchbook. Berbagai jenis kertas sketchbook, seperti kent paper, drawing paper, watercolor paper, charcoal paper, dan sebagainya akan kami ulas untuk Anda. Anda dapat memilih mana yang bagus berdasarkan kebutuhan Anda untuk sekadar menekuni hobi, belajar, atau bekerja.Setelah memahami jenis-jenis kertas sketchbook, pilihlah yang paling cocok untuk Anda. Untuk memudahkan Anda, kami juga akan membantu memberikan rekomendasi produk sketchbook terbaik pilihan kami untuk Anda. Selamat membaca!
    Buku & alat tulis
    11.645 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    Buku catatan tidak hanya digunakan untuk bekerja atau belajar, tetapi juga untuk berbagai keperluan lain. Beberapa produsen buku catatan seperti Kikki dan Kokuyo menawarkan beberapa produk terbaiknya. Tentu saja, produk-produk tersebut dibuat dengan jenis kertas, tipe garis, dan motif cover yang berbeda.Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih buku catatan terbaik yang mudah dipakai. Tidak ketinggalan, kami juga merekomendasikan produk buku catatan terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Jadi, simak ulasannya sampai habis ya!
    Buku & alat tulis
    9.765 Views
  • 10 Rekomendasi Kalkulator Ilmiah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kalkulator Ilmiah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kalkulator ilmiah, atau yang juga dikenal dengan scientific calculator, adalah alat hitung yang biasa dipakai untuk kebutuhan berbagai bidang ilmu, seperti sipil, elektronika, arsitektur, dan lainnya, serta bagi para pelajar jurusan sains. Beberapa produsen kalkulator ilmiah terkenal, seperti Sharp, Casio, dan Joyko, banyak mengeluarkan kalkulator yang berguna untuk menghitung beragam perhitungan matematika ini.Kalkulator ilmiah tersedia dalam berbagai tipe, ada yang memungkinkan Anda memprogram fungsi-fungsi di dalamnya, ada juga yang mampu melakukan perhitungan statistik. Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih kalkulator ilmiah beserta rekomendasi produk yang diambil dari berbagai situs belanja online. Yuk, mari kita simak!
    Buku & alat tulis
    10.907 Views
  • 10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu alat tulis yang cukup populer adalah loose leaf binder yang dapat digunakan baik untuk belajar maupun bekerja. Salah satu poin yang membuat loose leaf binder praktis digunakan adalah kertasnya yang bisa diisi ulang dan dapat berfungsi sebagai catatan atau bahkan scrapbook. Masalahnya, tidak semua binder nyaman digunakan.Tidak sedikit loose leaf binder yang ringnya sulit dibuka atau bahkan mudah rusak. Selain itu, banyaknya loose leaf binder, misalnya keluaran Kokuyo, Joyko, atau Bantex bisa saja membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi loose leaf binder terbaik. Selamat menyimak!
    Buku & alat tulis
    10.238 Views
  • 10 Rekomendasi Sticky Notes Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sticky Notes Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sticky notes adalah salah satu perlengkapan yang sering dipakai. Anda dapat menggunakannya sebagai memo pada buku catatan, pembatas buku, untuk menyampaikan pesan, dan sebagainya. Di pasaran, Anda biasanya banyak menjumpai sticky notes tipe klasik yang berbentuk persegi. Padahal, ada banyak varian lain yang juga menarik.Agar bisa memilih sticky notes yang sesuai kebutuhan, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Di artikel ini, kami akan menjelaskannya bagi Anda. Tak lupa, ada juga rekomendasi sticky notes terbaik pilihan kami, antara lain merek Post-it, Joyko, BIG, dan lainnya. Tetap disimak, ya!
    Buku & alat tulis
    3.584 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori