• 10 Rekomendasi Setrika Uap Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Setrika Uap Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Setrika Uap Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Setrika Uap Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Setrika Uap Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Setrika Uap Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Setrika tradisional dinilai kurang praktis untuk digunakan dan lebih time consuming. Akhir-akhir ini, setrika uap pun semakin dilirik oleh masyarakat. Pasalnya, setrika uap disinyalir mampu menghilangkan kerutan di pakaian Anda dengan lebih mudah dan cepat.

Namun, Anda pasti akan dibuat bimbang dengan banyaknya pilihan setrika uap, seperti dari merek Philips, Xiaomi, dan Panasonic. Lalu, harus pilih yang mana, ya? Simak ulasan cara memilih setrika uap terbaik dan rekomendasi produk dari kami agar Anda tidak bingung lagi!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 1.359 Views
Daftar isi

Cara memilih setrika uap

Saat membandingkan pelbagai merek setrika uap, pasti Anda akan menemukan perbedaan antara satu merek dengan merek yang lain. Pada kesempatan kali ini, kami akan memaparkan secara tuntas bagaimana cara memilih setrika uap yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Perlu diketahui bahwa ada produk lain yang menyerupai setrika uap yaitu steamer. Namun, pada artikel kali ini kami hanya akan membahas tentang setrika yang cara penggunaannya adalah ditekan atau digosokkan ke pakaian.

Pilih berdasarkan tipe setrika

Sebelum memilih, pelajari terlebih dahulu tentang perbedaan tipe setrika uap. Pada umumnya, setrika uap terdiri dari dua tipe yaitu tipe standar dan tipe handheld. Ada beberapa tipe handheld yang dapat digunakan ketika pakaian sedang digantung. Oleh sebab itu, silakan memilih berdasarkan tujuan penggunaan. Tiap-tiap tipe memiliki keunggulannya masing-masing dan Anda pun bisa memilih keduanya.

Tipe standar: Dapat ditekan dengan kuat

Tipe standar: Dapat ditekan dengan kuat
Setrika tipe standar memiliki alas permukaan yang lebar dan bobot yang berat sehingga dapat ditekan dengan kuat ke pakaian. Dengan uap yang dikeluarkan, Anda bisa menghaluskan lipatan celana dan rok.
Setrika uap pun menjadi item wajib yang harus dimiliki setiap keluarga. Anda dapat memakainya untuk menyetrika saputangan kecil hingga seprai berukuran lebar.

Tipe handheld: Sangat praktis dan mudah dipakai

Tipe handheld: Sangat praktis dan mudah dipakai
Keunggulan utama dari setrika uap tipe handheld adalah mudah digunakan dan bobotnya cenderung ringan. Saat dipakai dengan posisi menggantung, setrika ini efektif menghilangkan kerutan dan bau. Namun, Anda harus berhati-hati memakai setrika tipe ini karena pakaian akan lebih cepat panas. Tidak heran apabila beberapa merek tipe handheld sudah dilengkapi dengan sarung tangan.

Pilihlah berdasarkan berat setrika

Pilihlah berdasarkan berat setrika
Umumnya, setrika standar memiliki berat sekitar 1 kg hingga 1,5 kg. Setrika yang memiliki bobot cukup berat dapat membantu Anda merapikan pakaian tanpa perlu tenaga tambahan. Khususnya, untuk Anda yang sering menyetrika kain berukuran besar, seperti pakaian, seprai, dan lainnya. Jika setrika memiliki bobot yang berat, Anda dapat menghilangkan kerutan tanpa harus menekannya dengan tangan.
Namun, apabila Anda menyetrika pakaian berukuran kecil, pilihlah setrika dengan bobot 1 kg lebih ringan. Anda dapat memakainya untuk menyetrika blouse tipis, saputangan, hingga pakaian anak. Tipe ini punya keunggulan mudah dikeluarkan dan disimpan. Makanya, tipe ini cocok dipakai untuk harian sehingga beban pekerjaan rumah tangga Anda terasa lebih ringan.
Pada umumnya, tipe handheld memiliki berat sekitar 1 kg. Jika Anda ingin memakainya untuk pakaian gantung, lakukan eksperimen kecil-kecilan dengan memegang botol plastik berukuran 1 liter. Cari tahu apakah lengan Anda terasa lelah jika harus memegang setrika tipe ini secara terus-menerus. Jika tangan Anda cepat lelah, jangan ragu untuk memilih setrika uap yang lebih ringan dengan berat kurang dari 1 kg.

Cek apakah terdapat kabel

Ada atau tidaknya kabel dapat memengaruhi aktivitas menyetrika. Apakah Anda mencari produk yang berkabel, tetapi suhu panas tetap terjaga? Atau Anda mencari produk tanpa kabel yang sangat nyaman dipakai? Pilihlah yang sesuai dengan keperluan.

Tipe kabel: Mampu menjaga suhu tetap panas

Tipe kabel: Mampu menjaga suhu tetap panas
Untuk setrika uap berkabel, Anda bisa memakainya terus-menerus tanpa khawatir suhunya menurun. Suhu setrika akan terus terjaga meski sedang digunakan karena terdapat kabel yang menghubungkannya dengan sumber daya. Tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin menyetrika banyak pakaian dalam satu waktu. Satu lagi, tipe ini juga punya tenaga uap yang kuat.
Meskipun begitu, setrika tipe ini bisa membuat Anda frustrasi karena hanya bisa dipakai sejauh jangkauan kabel. Anda juga harus menyiapkan kabel tambahan jika lokasi menyetrika jauh dari stopkontak. Tipe ini kurang cocok untuk Anda yang sering terburu-buru atau ingin menyetrika dengan cepat.

Tipe nirkabel: Dapat dipakai dengan lebih leluasa

Tipe nirkabel: Dapat dipakai dengan lebih leluasa
Jika Anda ingin menyetrika dengan leluasa tanpa gangguan, pilihlah setrika tanpa kabel atau nirkabel. Setrika tipe ini akan mulai panas jika diletakkan di atas dudukan pengisi daya. Sayangnya, suhu setrika tipe ini cepat sekali dingin. Namun, Anda bisa mengakalinya dengan trik tertentu. Saat menyetrika kemeja, ikuti langkah-langkah berikut ini.
Pertama, Anda dapat menekan bagian kerah, letakkan setrika di dudukan pengisi daya, angkat setrika, dan pakailah untuk menyetrika bagian lengan. Kedua, letakkan kembali setrika di dudukan pengisi daya, rapikan pakaian dengan tangan, lalu setrikalah bagian belakang pakaian. Jika Anda rutin mengembalikan setrika ke dudukan pengisi daya, suhu setrika akan lebih stabil.
Meskipun begitu, baik uap maupun panasnya akan lebih cepat turun dibandingkan tipe kabel. Tipe ini juga cocok untuk orang kidal alias left handed, lho. Umumnya, kabel dipasang di bagian kanan setrika. Jika dipakai dengan tangan kiri, kabel akan selalu mengarah ke depan dan menghalangi pergerakan setrika.

Perhatikan durasi penguapan dan volume uap yang dihasilkan

Dua poin utama yang perlu diperhatikan ketika memilih setrika uap adalah durasi penguapan dan volume uap yang dihasilkan. Sia-sia saja jika Anda memilih produk setrika yang hanya mampu menghasilkan sedikit uap. Karena itu, periksalah durasi dan volume uap yang dapat dihasilkan.

Pegang prinsip “semakin banyak uap, semakin baik”

Pegang prinsip “semakin banyak uap, semakin baik”
Volume uap diukur dari berapa banyak jumlah uap yang dihasilkan dalam waktu tertentu dan ditampilkan dalam satuan 5 gram per menit. Jika Anda ingin merapikan pakaian dengan lebih cepat sekaligus menghilangkan bau, pilihlah setrika uap yang menghasilkan uap air hingga mencapai 10 gram per menit.

Perhatikan juga durasi penguapan

Perhatikan juga durasi penguapan
Anda juga harus memperhatikan apakah durasi penguapan sebanding dengan kapasitas tangki airnya. Jika tangki air terlalu kecil, setrika uap tidak akan mampu menghasilkan banyak uap air. Setidaknya, pilihlah setrika dengan tangki air yang cukup besar dan minimal bisa digunakan selama 5 menit berturut-turut.

Perhatikan bahan pembuat tapak setrikanya

Perhatikan bahan pembuat tapak setrikanya
Terakhir, sangatlah penting untuk memperhatikan bahan tapak setrika. Bagian setrika yang sering terabaikan ini memiliki peranan penting dalam menentukan kenyamanan dan ketahanan setrika.
Ada tiga jenis bahan tapak setrika yang biasa dipakai, yaitu keramik, titanium, dan fluorin. Keramik memiliki karakteristik licin dan mudah digunakan, serta harganya cukup mahal. Di sisi lain, titanium adalah bahan kedua yang paling licin setelah keramik, kemudian diikuti oleh fluorin. Bahan fluorin memang lebih murah, tetapi tidak terlalu licin ketika dipakai dan mudah menyangkut di pakaian.
Jika dilihat dari daya tahannya, urutan bahan dari yang terkuat juga sama, yaitu keramik, titanium, dan fluorin. Ketika lapisan tapak setrika terkelupas, Anda tidak dapat memperbaikinya. Jadi, sangatlah penting untuk memilih bahan yang kuat dan tahan lama.

10 Rekomendasi setrika uap terbaik

Anda sudah mengetahui tips memilih setrika uap terbaik. Berikutnya, kami akan membagikan kepada Anda daftar rekomendasi setrika uap terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Mari kita lihat satu per satu!
TipeHandheld
Kabel✔︎ (2.286 meter)
Bahan tapak setrikaBesi berlapis teflon
Berat 0.62 kg
Kapasitas tangkiTidak dicantumkan
TipeStandar
Kabel✔︎ (1.4 meter, bisa berputar)
Bahan tapak setrikaTitanium (perak)
Berat1 kg
Kapasitas tangki200 ml
TipeStandar
Kabel✔︎ (Panjang kabel tidak diketahui)
Bahan tapak setrikaKeramik
Berat0.8 kg
Kapasitas tangki340 ml
TipeStandar
Kabel✔︎ (1.8 meter)
Bahan tapak setrikaLogam antilengket
Berat1 kg
Kapasitas tangki145 ml
TipeHandheld
Kabel×
Bahan tapak setrikaTidak dicantumkan
Berat0.76 kg
Kapasitas tangki200 ml

5. Meco Eleverde Meco Horizontal/Vertical Dry & Steamer Ironing

Rp444.000,00

TipeHandheld
Kabel ✔︎ (1.7018 meter)
Bahan tapak setrikaTidak dicantumkan
Berat0.912 kg
Kapasitas tangki110 ml
TipeStandar
Kabel✔︎ (Panjang kabel tidak diketahui)
Bahan tapak setrikaLapisan khusus antilengket
Berat1.2 kg
Kapasitas tangki220 ml
TipeHandheld
Kabel×
Bahan tapak setrikaAluminum alloy
Berat1.363 kg
Kapasitas tangki100 ml
TipeStandar
Kabel✔︎ (1.3 meter)
Bahan tapak setrikaTeflon antilengket
Berat0.4 kg
Kapasitas tangkiTidak dicantumkan
TipeStandar
Kabel✔︎ (Panjang kabel tidak diketahui)
Bahan tapak setrikaSteamGlide Plus
Berat1.485 kg
Kapasitas tangki300 ml

Baca juga rekomendasi produk setrika lainnya di sini

Tak sebatas setrika uap, kami juga telah menulis daftar rekomendasi setrika terbaik (setrika biasa) dan juga meja setrika yang nyaman untuk dipakai. Dengan demikian, Anda dapat memilih jenis setrika yang paling Anda butuhkan. Proses menyetrika pun semakin praktis dengan meja setrika yang kokoh. Silakan klik link di bawah ini untuk informasi selengkapnya.

Kesimpulan

Setrika uap akan membuat pakaian Anda lebih rapi, bersih, dan meyakinkan. Oleh sebab itu, pilihlah setrika uap berkualitas agar Anda dapat mengenakan pakaian rapi yang menunjang penampilan. Anda pun pasti menginginkan setrika yang tak hanya nyaman dipakai, tetapi juga tahan lama, bukan?
Silakan memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan jadikan artikel kami sebagai panduan memilih setrika uap terbaik. Happy shopping!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    12.038 Views
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Bluetooth headset adalah headset nirkabel yang praktis digunakan bukan hanya dalam urusan pekerjaan, melainkan juga untuk keperluan pribadi. Namun, beberapa variasi fitur dan harga bluetooh headset dapat membuat bingung pengguna dalam memilih produk yang tepat.Artikel berikut ini membahas cara memilih bluetooth headset yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih produk. Selain itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi bluetooth headset terbaik dari Jabra, Bose, JBL, Samsung, dan Plantronics. Selamat menyimak!
    Elektronik rumah tangga
    7.914 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang, salah satunya menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang bagus beserta rekomendasi produk terbaik untuk Anda.
    Elektronik rumah tangga
    9.077 Views
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan berkilau. Ada berbagai produsen yang menawarkan catok pelurus rambut terbaik, seperti Philips, Panasonic, atau Revlon. Namun, Anda akan menemukan perbedaan material pelat pemanas di antaranya keramik, titanium, atau teflon. Kali ini kami akan membagi beberapa tips cara memilih catok pelurus rambut sekaligus memperkenalkan sepuluh produk terbaik yang akan menyempurnakan penampilan Anda. Anda dapat membeli produk-produk catok pelurus tersebut secara online di Lazada, Tokopedia, atau Bukalapak.
    Elektronik rumah tangga
    9.067 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Siapa sih yang tidak ingin makan nasi putih pulen yang baru matang dengan nikmat? Produk rice cooker yang ada di pasaran saat ini sudah sangat bervariasi, mulai dari rice cooker keluaran merek ternama seperti Cosmos, Miyako, Yong Ma, Kirin, rice cooker yang juga memiliki fitur penghangat nasi, sampai rice cooker yang dilengkapi dengan teknologi induction heating (IH). Tidak hanya untuk memasak nasi putih, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, menggoreng telur, membuat agar-agar, dan berbagai jenis makanan lainnya.Kali ini kami akan memperkenalkan 10 produk rice cooker yang direkomendasikan dengan membandingkan harga dan keunggulan yang dimiliki masing-masing produk, kemudian mengurutkannya dalam format ranking. Kami juga akan memperkenalkan produk rice cooker yang bisa dibeli dengan harga murah namun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek terkenal yang harganya lebih mahal! Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    5.654 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2019)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    9.214 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Berdua (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik untuk Anda yang Tinggal Berdua (Terbaru Tahun 2019)
    Di zaman modern ini, keberadaan kulkas memang tidak dapat dipisahkan dari keseharian. Bagi Anda yang tinggal berdua, tentu kulkas juga merupakan salah satu must have item. Namun, adanya berbagai kulkas berkualitas keluaran Samsung, Sharp, LG, Hitachi, dan sebagainya mungkin bisa membuat Anda bingung memilih.Agar Anda semakin mudah menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi kulkas terbaik untuk Anda yang tinggal berdua. Selamat membaca dan memilih produk, ya!
    Elektronik rumah tangga
    167 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori