• 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!

Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
  • Pembaharuan terakhir: 08 Januari 2021
  • 335.675 Views
Daftar isi

Cara memilih mesin cuci

Ketika memilih mesin cuci, pilihlah produk yang paling sesuai dengan gaya hidup Anda. Berikut adalah poin-poin yang dapat Anda pertimbangkan dalam memilih mesin cuci yang tepat.

Pilihlah mesin cuci berdasarkan jenisnya

Terdapat tiga jenis mesin cuci yang umum beredar di pasaran, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Jenis manakah yang cocok dengan kebutuhan Anda? Mari temukan bersama melalui penjelasan di bawah ini!

Mesin cuci top loading : optimal merontokkan kotoran pada pakaian

Mesin cuci top loading : optimal merontokkan kotoran pada pakaian
Gaya hidup dan intensitas aktivitas mencuci dapat menjadi pertimbangan dalam memilih mesin cuci. Apabila Anda jarang mencuci atau cenderung menimbun cucian, mesin cuci top loading adalah pilihan tepat. Daya pencuciannya lebih baik dibandingkan dengan mesin cuci front loading.
Desain rampingnya dapat menjadi pertimbangan bagi Anda yang memiliki space ruangan terbatas. Di samping itu, air dan deterjen dapat menjangkau seluruh tabung pencucian sehingga mesin cuci terbebas dari residu deterjen penyebab jamur.

Mesin cuci front loading : mengeringkan dengan optimal dan hemat air

Mesin cuci front loading : mengeringkan dengan optimal dan hemat air
Jenis front loading ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang mencari mesin dengan kemampuan pengeringan yang optimal dan hemat air. Meski begitu, apabila dibandingkan dengan dua jenis mesin cuci lainnya, kemampuannya dalam membersihkan kotoran membandel kurang optimal.
Jenis ini umumnya tersedia dalam model yang tampak trendi. Namun, Anda membutuhkan ruang yang sedikit lebih luas untuk mengakomodasi pintu yang terbuka ke samping. Lalu, bagian dalam tabungnya mudah lembap sehingga cenderung memicu timbulnya jamur. Untuk itu, mesin ini lebih cocok bagi Anda yang teratur mencuci setiap hari.

Mesin cuci dua tabung : ukuran bongsor, tetapi memiliki banyak keuntungan

Mesin cuci dua tabung : ukuran bongsor, tetapi memiliki banyak keuntungan
Jenis mesin cuci ini sangat pas digunakan untuk membersihkan kotoran yang membandel, seperti noda lumpur. Volume air yang dibutuhkannya untuk dapat bekerja optimal memang lebih besar dibandingkan dengan dua jenis mesin cuci lainnya. Akan tetapi, arus air di dalamnya menjadi lebih kencang sehingga lebih efektif merontokkan kotoran.
Sesuai namanya, mesin cuci ini memiliki tabung pencucian dan pengeringan yang terpisah sehingga ukurannya cukup besar. Jika Anda memilih jenis mesin cuci ini, Anda perlu mempertimbangkan space ruang pencucian. Sisi praktisnya, kedua tabung dapat digunakan secara bersamaan sehingga Anda dapat membagi proses pencucian.

Pahamilah fungsi dasar mesin cuci terlebih dahulu

Selanjutnya, kami akan membahas hal-hal lainnya yang harus Anda pahami ketika memilih mesin cuci. Pahamilah fungsi dasar mesin cuci pilihan Anda agar sesuai dengan kebutuhan.

Sesuaikan kapasitas mesin cuci pilihan Anda dengan jumlah anggota keluarga

Sesuaikan kapasitas mesin cuci pilihan Anda dengan jumlah anggota keluarga
Salah satu pertimbangan pemilihan kapasitas mesin cuci adalah jumlah anggota keluarga. Umumnya, berat cucian setiap orang dalam satu hari adalah 1,5 kg. Maka dari itu, pilihlah kapasitas yang lebih besar dari perkiraan jumlah cucian sekeluarga dalam sehari.
Selain itu, frekuensi pencucian pun menjadi faktor yang berpengaruh. Mesin cuci berkapasitas 5 kg dapat menjadi pilihan bila Anda tinggal sendiri. Namun, pilihlah mesin cuci berkapasitas 7-9 kg apabila Anda tinggal berdua atau tidak mencuci setiap hari.
Apabila Anda cenderung memisahkan jenis dan warna cucian, mesin cuci berkapasitas 6 kg dirasa cukup. Kemudian, intensitas penggantian handuk, sprei, bed cover, dan sebagainya, juga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan ketika memilih mesin cuci.

Pastikan ukuran dan bentuk mesin cuci sesuai dengan ruang pencucian Anda

Pastikan ukuran dan bentuk mesin cuci sesuai dengan ruang pencucian Anda
Pertimbangan selanjutnya adalah ukuran mesin cuci. Pilihlah mesin cuci yang dapat melewati rute ke tempat ruang pencucian, seperti tangga, lift, ataupun pintu. Pastikan produk dapat diletakkan di space yang Anda tentukan. Periksalah ukuran mesin cuci Anda di situs resmi produk atau seller. Di samping itu, Anda juga harus mempertimbangkan letak dan ketinggian keran air yang tersedia.

Pilihlah mesin cuci yang dilengkapi dengan teknologi pengontrol kebisingan

Pilihlah mesin cuci yang dilengkapi dengan teknologi pengontrol kebisingan
Apabila Anda lebih sering mencuci di malam hari, pilihlah mesin cuci berteknologi peredam getaran. Selain itu, carilah mesin cuci dengan tingkat kebisingan tidak lebih dari 45 dB. Kedua fitur tersebut dapat Anda cermati dalam keterangan produk. Untuk mesin cuci top loading atau mesin cuci dua tabung, pilihlah mesin cuci yang disertai dengan teknologi inverter. Inverter dapat menghemat konsumsi daya listrik Anda.

Cermati fitur bermanfaat lainnya yang Anda butuhkan

Setelah memahami fungsi dasar, ada baiknya bila Anda juga memahami fitur tambahan lain yang akan mempermudah pekerjaan Anda. Selanjutnya kami akan memperkenalkan rekomendasi fitur berguna di bawah ini untuk Anda jadikan referensi.

Perhatikan fitur dan metode pembersihan dari masing-masing produsen

Perhatikan fitur dan metode pembersihan dari masing-masing produsen
Apabila Anda ingin membersihkan cucian dari kotoran yang membandel, pilihlah metode pembersihan yang spesifik untuk menghilangkan kotoran secara efektif. Selain itu, ada pula mesin cuci yang dilengkapi fitur penggunaan air panas yang dapat mengoptimalkan kinerja deterjen.
Selain mempertimbangkan fungsi spesifik, Anda perlu memperhatikan karakteristik mesin cuci buatan masing-masing produsen. Pilihlah mesin cuci buatan produsen yang dapat mengakomodasi gaya hidup Anda. Contohnya, customer service yang tetap melayani di hari libur nasional atau akhir pekan.

Fitur pembersih tabung otomatis untuk merawat mesin cuci Anda

Fitur pembersih tabung otomatis untuk merawat mesin cuci Anda
Pilihlah mesin cuci berfitur pembersih tabung otomatis sehingga Anda tidak repot dengan masalah perawatannya. Fungsi ini dapat membersihkan residu deterjen yang memicu munculnya bakteri dan jamur di dalam tabung pencucian. Mesin cuci yang terawat dapat bekerja secara lebih optimal.
Metode pembersihan otomatis ini bervariasi tergantung pada produsen. Di antaranya adalah membersihkan residu dalam tabung pencucian dengan air atau mengontrol munculnya jamur hitam dengan teknologi orisinal produsen. Ada pula produk yang memanfaatkan Ag+ atau ion perak sebagai antibakteri.

Fitur time delay yang mempermudah gaya hidup Anda

Fitur time delay yang mempermudah gaya hidup Anda
Pilihlah produk berfitur time delay sehingga Anda tidak perlu khawatir meninggalkan cucian di dalam mesin cuci. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk mengatur waktu selesainya pencucian sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya, untuk mengatur waktu pencucian agar selesai tepat ketika Anda tiba di rumah seusai bekerja. Apalagi, penjemuran pakaian yang tidak tertunda dapat mengurangi pertumbuhan jamur dan mencegah bau. Cermati pilihan Anda sesuai dengan penggunaan harian karena setiap produsen menawarkan variasi berbeda.

10 Rekomendasi mesin cuci terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan mesin cuci terbaik dengan berbagai macam variasi sesuai dengan kondisi yang kami paparkan di atas. Temukanlah mesin cuci yang membuat kegiatan mencuci Anda semakin effortless!
10

Aqua JapanWashing Machine Semi Automatic QW-P1250T

Rp 1.990.000,00

JenisDua tabung
Kapasitas12 kg
Ukuran (width x depth x height)890 x 535 x 1.042 mm
Fitur-fitur lainnyaDynamic soak function, water selector, knob design upgrade
9

Panasonic Mesin Cuci Twin Tub NA-W87FC1/BC1

Rp 1.860.000,00

JenisDua tabung
Kapasitas6 kg (wash)/ 5,5 kg (dry)
Ukuran (width x depth x height)791 x 525 x 953 mm
Fitur-fitur lainnyaWater filter, high feet, brushing board, whirlpool wash method, centrifugal spinning
8

Electrolux Vapour Care EWF85743

Rp 4.850.000,00

Jenis Front loading
Kapasitas 7,5 kg
Ukuran (width x depth x height)600 x 568 x 850 mm
Fitur-fitur lainnyaTime manager, tabung hive, ukuran pintu XXL
7

Polytron Primadona Samba 57 Series PWM1357XG

Rp 1.585.000,00

JenisDua tabung
Kapasitas10 kg
Ukuran (width x depth x height)830 x 512 x 958 mm
Fitur-fitur lainnyaEnergy saving, antikarat, magic pearl, filter net, water inlet pipe
6

PolytronZeromatic Maya PAW85511M

Rp 2.199.000,00

JenisTop loading
Kapasitas8,5 kg
Ukuran (width x depth x height)540 x 552 x 920 mm
Fitur-fitur lainnyaWaterfall technology, auto memory recall, child lock system, anti rust
5

Sharp Megamouth Series ES-M905P-WR/WB

Rp 2.680.000,00

JenisTop loading
Kapasitas9 kg
Ukuran (width x depth x height)Tidak disebutkan x 585 x 993 mm
Fitur-fitur lainnyaNew dolphin pulsator, softener & detergent case, lint filter, child lock, power off memory
4

Sharp Front Loading Quick Wash Series ES-FL1491XW

Rp 5.850.000,00

JenisFront loading
Kapasitas9,5 kg
Ukuran (width x depth x height) 682 x 672 x 860 mm
Fitur-fitur lainnyaTriple quick wash, super clean rinse, hot water
3
JenisTop loading
Kapasitas13 kg
Ukuran (width x depth x height)610 x 675 x 1105 mm
Fitur-fitur lainnyaActiv Dualwash™, child lock, delay end, door lock, 2nd diamond drum, magic filter, magic dispenser, smart check, 10 water levels, eco tub clean, gentle fabric care, water fall technology, digital inverter motor
2
JenisFront loading
Kapasitas12 kg (wash) / 8 kg (dry)
Ukuran (width x depth x height)600 x 640 x 850 mm
Fitur-fitur lainnyaTrueSteam™ (alergy care, steam refresh, Steam Softener™), TurboWash™, EcoHybrid™, SmartThinQ™ / Smart Diagnosis™, pause+add item, child lock function, invert direct drive
1
JenisFront loading
Kapasitas9 kg
Ukuran (width x depth x height)600 x 550 x 850 mm
Fitur-fitur lainnyaIntensive stain removal, eco drum clean, diamond drum, stayclean drawer, child lock, delay end, cold water inlet, steam cycle, easier ironing, digital inverter technology

Tabel perbandingan produk mesin cuci terbaik

Gambar produk
1
Samsung Front Loading with Ecobubble WW90J 1

Samsung

2
LG  Mesin Cuci Front Loading FG1612H2V 1

LG

3
Samsung Bebas dengan Wobble Technology WA5700 1

Samsung

4
Sharp  Front Loading Quick Wash Series ES-FL1491XW 1

Sharp

5
Sharp  Megamouth Series ES-M905P-WR/WB 1

Sharp

6
Polytron Zeromatic Maya PAW85511M 1

Polytron

7
Polytron  Primadona Samba 57 Series PWM1357XG 1

Polytron

8
Electrolux  Vapour Care EWF85743 1

Electrolux

9
Panasonic  Mesin Cuci Twin Tub NA-W87FC1/BC1 1

Panasonic

10
Aqua Japan Washing Machine Semi Automatic QW-P1250T 1

Aqua Japan

Nama produk

Front Loading with Ecobubble WW90J

Mesin Cuci Front Loading FG1612H2V

Bebas dengan Wobble Technology WA5700

Front Loading Quick Wash Series ES-FL1491XW

Megamouth Series ES-M905P-WR/WB

Zeromatic Maya PAW85511M

Primadona Samba 57 Series PWM1357XG

Vapour Care EWF85743

Mesin Cuci Twin Tub NA-W87FC1/BC1

Washing Machine Semi Automatic QW-P1250T

Keunggulan

Mesin cuci pintar dan serbabisa yang mendukung gaya hidup dinamis Anda

Dua sistem pengeringan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan

Pakaian mudah dikeluarkan pasca pencucian, tanpa terlilit satu sama lain

Bekerja dengan tenang, cucian pun dapat selesai lebih cepat

Tabung pencucian inovatif yang memastikan kehigienisan cucian Anda

Bebas khawatir pencucian kurang optimal meski tekanan air sedang kecil

Kapasitas dan tenaga besar untuk hasil cucian yang lebih bersih

Alergi berkurang, hasil cuci semakin bersih dengan sedikit kerutan

Hemat energi, pakaian lebih higienis karena bebas jamur dan bakteri

Mencuci dengan lembut dan menyeluruh, plus cucian kering lebih cepat!

HargaRp 6.600.000,00Rp 10.150.000,00Rp 7.852.416,00Rp 5.850.000,00Rp 2.680.000,00Rp 2.199.000,00Rp 1.585.000,00Rp 4.850.000,00Rp 1.860.000,00Rp 1.990.000,00
JenisFront loadingFront loadingTop loadingFront loadingTop loadingTop loadingDua tabung Front loadingDua tabungDua tabung
Kapasitas9 kg12 kg (wash) / 8 kg (dry)13 kg9,5 kg9 kg8,5 kg10 kg 7,5 kg6 kg (wash)/ 5,5 kg (dry)12 kg
Ukuran (width x depth x height)600 x 550 x 850 mm600 x 640 x 850 mm610 x 675 x 1105 mm 682 x 672 x 860 mmTidak disebutkan x 585 x 993 mm540 x 552 x 920 mm830 x 512 x 958 mm600 x 568 x 850 mm791 x 525 x 953 mm890 x 535 x 1.042 mm
Fitur-fitur lainnyaIntensive stain removal, eco drum clean, diamond drum, stayclean drawer, child lock, delay end, cold water inlet, steam cycle, easier ironing, digital inverter technologyTrueSteam™ (alergy care, steam refresh, Steam Softener™), TurboWash™, EcoHybrid™, SmartThinQ™ / Smart Diagnosis™, pause+add item, child lock function, invert direct driveActiv Dualwash™, child lock, delay end, door lock, 2nd diamond drum, magic filter, magic dispenser, smart check, 10 water levels, eco tub clean, gentle fabric care, water fall technology, digital inverter motorTriple quick wash, super clean rinse, hot waterNew dolphin pulsator, softener & detergent case, lint filter, child lock, power off memoryWaterfall technology, auto memory recall, child lock system, anti rustEnergy saving, antikarat, magic pearl, filter net, water inlet pipeTime manager, tabung hive, ukuran pintu XXLWater filter, high feet, brushing board, whirlpool wash method, centrifugal spinningDynamic soak function, water selector, knob design upgrade
Tautan produk

Gunakan pemutih pakaian untuk menghilangkan bakteri dan jamur dari tabung pencucian

Gunakan pemutih pakaian untuk menghilangkan bakteri dan jamur dari tabung pencucian
Anda dapat membersihkan tabung pencucian dengan menggunakan pemutih pakaian. Gunakanlah pemutih jenis oxidative bleaching agent untuk membersihkannya setiap 6 bulan sekali. Bila Anda menggunakan pemutih yang mengandung klorin, cukup gunakan setahun sekali saja.
Caranya, campurkan pemutih pakaian bersama air bersuhu 30º hingga 40º ke dalam mesin cuci, putar selama 10 menit, lalu diamkan semalam. Keesokan harinya, putar kembali selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air biasa. Bila memang diperlukan, Anda dapat melakukan pembersihan ini 2-3 bulan sekali.

Baca juga rekomendasi berbagai produk pelengkap mesin cuci di sini!

Kali ini telah disampaikan berbagai jenis mesin cuci terbaik dari ketiga model mesin cuci di pasaran. Nah, melengkapi mesin cuci dengan berbagai produk pendukung lainnya akan mempermudah kegiatan mencuci Anda sehari-hari. Untuk lebih lengkapnya, cek laman berikut ini!

Kesimpulan

Mesin cuci dengan beragam model, fungsi, serta harga banyak beredar di pasaran. Namun, pilihlah mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan memahami kapasitas, kualitas, serta keunggulan masing-masing mesin cuci dengan baik.
Kami berharap salah satu dari produk-produk mesin cuci yang kami rekomendasikan di atas, dapat menjadi pilihan Anda untuk mempermudah gaya hidup Anda. Yuk, cermat dalam berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Front Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mesin cuci merupakan alat elektronik yang digunakan dalam keseharian. Salah satu jenisnya adalah mesin cuci front loading yang praktis. Beragamnya fitur dan teknologi yang hadir dalam mesin cuci barangkali malah membuat Anda bingung memilih yang sesuai.Kali ini, kami akan merekomendasikan produk-produk pilihan, seperti Panasonic, LG, dan lain sebagainya. Namun, sebelum itu, simaklah terlebih dahulu cara memilihnya. Jangan lewatkan rekomendasinya untuk menemukan mesin cuci front loading idaman Anda!
    Peralatan kebersihan
    96.599 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Top Loading Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang sering menumpuk baju kotor, sebaiknya memilih mesin cuci top loading. Hal ini karena teknologi mesin cuci top loading lebih baik dalam menghilangkan noda dibandingkan mesin cuci front loading. Banyak produsen ternama, seperti LG, Samsung, Sharp, dan Polytron berlomba-lomba menawarkan produk dengan fitur-fitur unggulan.Beragam fitur yang ditawarkan tiap produsen mungkin dapat membuat Anda bingung. Agar tak salah pilih, kami akan mengulas poin yang perlu diperhatikan sebelum membeli mesin cuci top loading. Tak lupa, kami juga mengulas sepuluh mesin cuci top loading terbaik untuk Anda. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
    51.907 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Sharp Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Sharp Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mesin cuci adalah alat terobosan yang memudahkan Anda untuk mencuci pakaian. Salah satu merek mesin cuci yang banyak dicari adalah Sharp dengan kualitas yang terbaik. Sharp memiliki berbagai jenis mesin cuci dengan kapasitas yang berbeda serta teknologi mutakhir.Mungkin Anda bingung dalam memilih mesin cuci Sharp mana yang pas untuk digunakan. Tenang saja karena dalam artikel ini kami akan memberikan tips dalam memilih mesin cuci Sharp. Tidak ketinggalan, rekomendasinya juga akan kami berikan untuk Anda. Tidak perlu berlama-lama lagi, selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
    9.507 Views
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Tabung Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Tabung Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vacuum cleaner terdiri dari beberapa jenis, di antaranya adalah handy, robotic, hingga tanpa kabel. Namun, jenis yang memiliki daya isap paling kuat adalah vacuum cleaner tabung Vacuum cleaner tabung pun memiliki model penampung debu dan head yang berbeda-beda.Ada beberapa merek yang memproduksi vacuum cleaner tabung, antara lain Panasonic, Philips, Sharp, dan lainnya. Kualitas masing-masing merek tidak perlu diragukan lagi sehingga mungkin Anda bingung dalam memilih. Untuk itu, kami akan memberi informasi cara memilih vacuum cleaner tabung, serta merekomendasikan produk terbaik. Yuk, temukan produk yang ideal untuk Anda!
    Peralatan kebersihan
    59.343 Views
  • 10 Rekomendasi Exhaust Fan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Exhaust Fan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ruangan dengan sirkulasi udara yang baik terasa lebih sejuk dan nyaman dihuni. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda bisa membeli exhaust fan. Ukuran dan lokasi pemasangan exhaust fan sangatlah beragam, bisa jadi Anda malah kebingungan saat hendak membelinya.Tenang saja, artikel ini kami hadirkan untuk menjawab permasalahan Anda. Cara memilih dan rekomendasi exhaust fan terbaik akan kami berikan untuk Anda. Ada exhaust fan berkualitas keluaran Panasonic, Mitsubishi Electric, Maspion, dan sebagainya dalam artikel ini. Kami harap Anda bisa menemukan produk yang Anda cari.
    Peralatan kebersihan
    12.094 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci LG Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci LG Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memiliki mesin cuci tentu membawa banyak manfaat pada kegiatan rumah tangga Anda. Salah satunya, Anda dapat menghemat waktu mencuci sambil melakukan pekerjaan lain. Terlebih lagi, saat ini mesin cuci hadir dalam berbagai tipe dan dilengkapi teknologi yang makin canggih. Anda dapat mengandalkan aneka fitur yang memberikan kemudahan dan kenyamanan.Salah satu merek mesin cuci yang terkenal ialah LG. Terdapat empat tipe mesin cuci LG, yaitu twin tub, top loading, front loading, dan TWINWash™. Dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Selamat menyimak ulasan dari kami!
    Peralatan kebersihan
    2.460 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori