• 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Menarik untuk diketahui, lem kertas tak hanya tersedia dalam bentuk cair, lho. Kini, Anda dapat menemukan jenis lem kertas yang sangat mudah dipakai dan dibawa ke mana saja. Anda pun dapat menemukan lem kertas berukuran mini yang dapat disimpan di dalam kantong!

Dengan semakin banyaknya pilihan, Anda bisa lebih leluasa menjatuhkan pilihan. Selain merek UHU dan Fox, apakah Anda tertarik untuk mencoba merek lain? Temukan keunggulan dari masing-masing produk dengan berpedoman pada cara memilih lem kertas terbaik dari kami.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 1.586 Views
Daftar isi

Cara memilih lem kertas

Secara umum, lem kertas tersedia dalam bentuk cair, padat, dan tape. Evolusi lem kertas dari bentuk cair hingga menjadi bentuk tape memang patut diacungi jempol. Namun, inovasi ini tidak bisa dijadikan jaminan bahwa produk tersebut adalah yang paling nyaman untuk dipakai. Jadi, mari kita lihat keunggulan dan karakteristik dari setiap jenis lem kertas secara lebih mendalam!

Pilih lem cair yang serbaguna

Pilih lem cair yang serbaguna
Lem cair memiliki kadar air yang tinggi sehingga mudah meresap dan merekat dengan kuat di kertas. Jenis ini juga cenderung lebih sulit dilepas. Oleh sebab itu, tipe ini disarankan untuk merekatkan kertas yang sulit menempel, terutama untuk membuat prakarya anak-anak.
Harga lem cair pun relatif murah dan bisa dipakai untuk menempelkan kertas dalam jumlah banyak, serta dapat diaplikasikan di bidang yang lebar. Meskipun begitu, lem cair juga memiliki beberapa kekurangan. Tangan Anda akan terasa lengket jika lem menempel di tangan. Proses pengeringan lem pun cukup lama. Setelah lem menempel, bagian yang terkena lem biasanya akan mengerut.
Belakangan ini, kita bisa menemukan lem cair yang tidak membuat kertas mengerut. Ada pula lem yang memiliki dua lubang besar dan kecil untuk mencegah lem keluar secara berlebihan. Lem kertas berbentuk pena yang praktis untuk dibawa juga mulai dijual di pasaran. Model ini sangat portabel dan cocok dipakai untuk pekerjaan yang membutuhkan ketelitian.

Mencari lem dengan harga ekonomis? Pilih tipe padat!

Mencari lem dengan harga ekonomis? Pilih tipe padat!
Lem padat (berbentuk stik) memiliki keunggulan lebih cepat kering dibandingkan tipe lem cair. Di samping itu, lem padat tidak meluber ke mana-mana dan benda yang direkatkan tidak mudah mengerut. Tipe ini cocok diaplikasikan di atas bidang yang sempit. Selain itu, tipe ini mudah dibawa-bawa karena berukuran kecil. Jika Anda sering memakainya di kantor atau di sekolah, pilihlah lem padat yang berharga lebih tinggi.
Namun, kekurangan dari lem padat adalah daya rekatnya yang relatif rendah sehingga bidang yang direkatkan bisa terlepas seiring berjalannya waktu. Selain itu, saat diaplikasikan di tepi amplop dan semacamnya, diperlukan alas penopang. Hal ini tentu terasa kurang praktis.
Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa ketika menggunakan lem padat untuk menempelkan kertas thermal seperti setruk belanja, permukaan kertas bisa menghitam. Makanya, sebelum menempelkan setruk, pastikan tulisannya tidak terkena lem sehingga warnanya tidak luntur atau berubah.

Pertimbangkan tipe tape agar tangan tetap bersih

Pertimbangkan tipe tape agar tangan tetap bersih
Lem kertas berbentuk tape tidak membuat tangan atau meja Anda kotor. Proses pengeringan lem pun tidak memakan waktu lama. Tipe ini sangat fungsional, bisa digunakan di bidang yang sempit ataupun di atas satu garis lurus.
Tak bisa dimungkiri, harga tipe tape memang relatif lebih mahal dibandingkan harga lem cair dan padat. Selain harga, Anda juga perlu memperhatikan soal ukuran panjang dan pendek lem tape. Pasalnya, masing-masing produk lem tape memiliki panjang yang berbeda tergantung produsennya. Satu lagi, Anda juga harus mengecek apakah refill atau isi ulang lem tersedia di pasaran. Jika terdapat isi ulangnya, Anda pun dapat menghemat budget.
Akhir-akhir ini, lem berbentuk stamp juga mulai tersedia di pasaran. Tipe ini sangat bermanfaat untuk menempelkan kertas memo, mengelola setruk pengeluaran kantor, dan menempel setruk pengeluaran bulanan Anda.

Supaya mudah dibawa ke mana saja, pilih kemasan compact

Supaya mudah dibawa ke mana saja, pilih kemasan compact
Saat ingin membawa lem di dalam kotak pensil, Anda pasti mencari lem yang bentuknya praktis dan bobotnya ringan, bukan? Anda akan sangat terbantu jika lem tersebut memiliki bentuk compact yang bisa diletakkan di meja kantor ataupun diselipkan ke dalam pen stand.
Lem cair berbentuk pena menawarkan kemudahan untuk dibawa ke mana saja. Ditambah lagi, ada pula lem tape berbentuk vertikal dan lem tape yang compact ketika pegangannya digeser. Jika Anda bisa menemukan lem yang praktis sekaligus berkualitas bagus, produk lem kertas compact adalah yang terbaik. Inilah kesenangan dalam memilih produk stationery. Anda selalu bisa menemukan setiap produk yang diinginkan!

10 Rekomendasi lem kertas terbaik

Berikutnya, terdapat daftar rekomendasi lem kertas terbaik yang dapat Anda pilih. Ada berbagai macam jenis lem kertas mulai dari bentuk cair, padat, hingga tape. Silakan memilih yang sesuai dengan kebutuhan.
JenisSemprot
Kapasitas475 gr
Refill×
JenisTape
Kapasitas11 m
Refill×
JenisCair
Kapasitas7 ml, 20 ml, 35 ml, 60 ml, 125 ml
Refill
JenisPadat
Kapasitas8 gr
Refill×
JenisTape
KapasitasHamster 8.5 m dan cockatiel 8 m
Refill
JenisCair
Kapasitas75 ml
Refill
JenisPadat
Kapasitas10 gr, 20 gr, 40 gr
Refill×
JenisCair
Kapasitas20 ml
Refill×
JenisCair
Kapasitas60 gr
Refill
JenisTape
Kapasitas13 meter
Refill×

Tips menggunakan lem kertas

Pekerjaan Anda akan menjadi lebih efisien jika mengetahui cara menggunakan lem yang benar. Kami akan menjelaskan beberapa tips menggunakan lem dan beberapa masalah umum yang mungkin akan Anda hadapi.

Cara menggunakan lem cair dan lem padat

Pertama-tama, mari kita kita pelajari terlebih dahulu bagaimana cara memakai lem cair dan lem padat. Perhatikan juga aturan penggunaan agar tidak muncul masalah saat menggunakan kedua jenis lem ini.

Jangan mengaplikasikan lem terlalu banyak

Jangan mengaplikasikan lem terlalu banyak
Hindari untuk mengaplikasikan terlalu banyak lem saat akan melekatkannya di atas bidang yang lebar. Oleskan tipis dan ratakan ke seluruh bagian bidang. Cara ini efektif untuk mengurangi risiko kertas yang mengerut dan memperpendek waktu pengeringan lem.
Selain itu, lem padat juga mudah patah dan menyebabkan munculnya gumpalan di permukaan kertas jika ditekan secara paksa. Karena itu, usahakan untuk tidak menekan lem terlalu kuat.

Perhatikan perubahan warna dari kertas setruk

Perhatikan perubahan warna dari kertas setruk
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kertas thermal seperti setruk belanja memiliki kemungkinan berubah warna menjadi hitam. Anda harus ekstra hati-hati saat menempelkan setruk belanja ke buku catatan rumah tangga atau buku tanda terima. Tergantung pada produknya, lem padat ada yang mudah berubah warna dan ada juga yang tidak. Oleh karena itu, periksalah aturan pakai produk lem tersebut sebelum Anda menggunakannya.

Gunakan air panas atau uap panas saat diperlukan

Gunakan air panas atau uap panas saat diperlukan
Lem sangat sensitif terhadap panas. Jadi, Anda dapat menggunakan setrika uap untuk mengelupas lem cair dan lem padat. Sama halnya saat lem menempel di pakaian, Anda dapat merendam pakaian tersebut dengan air panas. Begitu pula ketika lem mengeras sehingga tutupnya sulit dibuka, bisa diatasi dengan merendam tutup lem ke dalam air panas bersuhu sekitar 80℃.
Lem yang sudah kering dan terhidrasi bisa dipulihkan mencapai suatu tingkat tertentu dengan air panas. Namun, ada baiknya Anda segera membersihkan lem di sekitar tutupnya sesudah digunakan, lalu tutuplah rapat-rapat sebelum disimpan.

Cara menggunakan lem tape

Cara menggunakan lem tape
Cara terbaik untuk mengaplikasikan lem tape adalah dengan menekan lem di angle yang tepat, lalu tarik secara perlahan dan berhati-hati. Jika Anda memotong bagian ujung lem dalam posisi tegak, hasil akhir pengeleman pun akan terlihat mulus. Satu lagi, jika suhunya rendah, daya rekat lem pun menjadi lemah. Maka dari itu, simpan lem tape di tempat bersuhu tinggi (di atas 20℃).

Baca juga rekomendasi produk selotip dan masking tape terbaik di sini!

Dewasa ini, produk stationery semakin beragam jenisnya! Khusus untuk perekat, Anda juga bisa memakai selotip yang tersedia dalam pelbagai jenis dan warna, lho. Jika Anda menyukai selotip dengan warna dan desain yang superlucu, cobalah mengoleksi masking tape. Untuk lebih jelasnya, berikut ini rekomendasi selotip dan masking tape terbaik yang bisa Anda pakai untuk keperluan sehari-hari.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menjatuhkan pilihan pada salah satu produk? Lem kertas seperti apa yang Anda butuhkan?
Seperti yang sudah kami paparkan sebelumnya, setiap produsen telah meluncurkan produk lem dengan beragam keunggulan. Anda dapat mengecek ulasan produk dari kami untuk menemukan lem kertas terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Akhir kata, semoga artikel kami dapat membantu Anda dalam mencari produk yang sesuai! Good luck!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Cat Tembok Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Memilih cat tembok bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti pemilihan warna, lokasi ruangan yang hendak dicat, kualitas cat, hingga penyesuaian dengan warna furnitur. Untuk itu Anda harus benar-benar jeli dalam memilih cat tembok.Saat ini, ada banyak jenis cat yang bisa dipilih seperti Nippon Paint, Jotun, Dulux Catylax, dan lain-lain. Supaya Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan memberikan rekomendasi cat tembok terbaik beserta keunggulannya. Sebelum itu, kami juga berbagi tips mengenai hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih cat tembok. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    5.936 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Bantal Tidur Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang penting bagi semua orang. Sebelum tidur, ada di antara kita yang memiliki kebiasaan mendengarkan musik, harus menggunakan selimut atau eyepack, dan lainnya. Akan tetapi, satu benda yang hampir tidak bisa dilewatkan oleh siapa pun untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalah bantal!Saat membeli bantal secara langsung di tokonya, tentu Anda dapat dengan mudah memilih bantal yang nyaman dan tepat sesuai selera. Namun, apa yang harus Anda lakukan saat membeli bantal melalui Internet? Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih bantal yang tepat dan nyaman sesuai kebutuhan Anda, serta merekomendasikan produk terbaiknya. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah tangga
    3.098 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Pengharum Ruangan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Berada di ruangan yang harum tentunya bisa memperbaiki mood dan membuat Anda rileks. Ada banyak jenis pengharum ruangan dengan keunggulan yang berbeda, misalnya Glade, Stella, BayFresh, dan sebagainya sehingga bisa saja membuat Anda bingung saat hendak membelinya.Untuk itulah, kali ini kami akan memperkenalkan beberapa produk pengharum ruangan terbaik yang dapat dibeli melalui internet. Anda dapat memilih pengharum ruangan berdasarkan desain, efek, tipe, dan sebagainya sesuai selera serta kebutuhan Anda. Jadi, jangan sampai salah pilih ya!
    Kebutuhan rumah tangga
    2.647 Views
  • 10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Desk Humidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Humidifier adalah alat yang umumnya digunakan untuk menjaga kelembapan ruangan. Humidifier juga efektif menangkal virus dan debu yang menyebabkan alergi. Humidifier memiliki banyak tipe, yaitu tipe uap, gelombang ultrasonik, hibrid, dan vaporisasi (paper humidifier). Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.Meskipun humidifier merupakan alat yang sederhana, ada banyak variasi harga dan model yang tersedia. Jadi untuk membantu Anda menemukan humidifier yang cocok, kami akan menjelaskan cara memilih desk humidifier dan memperkenalkan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Mari ciptakan lingkungan tempat tinggal yang nyaman dan sehat dengan humidifier terbaik pilihan Anda.
    Kebutuhan rumah tangga
    2.808 Views
  • 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Produsen pensil warna, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Maped mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna?Kali ini kami akan membahas hal tersebut untuk Anda. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Pilihlah dengan cermat manakah produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Selamat membaca.
    Kebutuhan rumah tangga
    2.467 Views
  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Akhir-akhir ini, semakin banyak muncul variasi deterjen, baik dari segi aroma maupun kandungan yang dinilai aman untuk kulit sensitif, bahkan kulit bayi. Banyaknya varian deterjen tentunya membuat bingung dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan produk-produk pilihan, seperti Rinso, Attack, So Klin, dan lain sebagainya. Selain itu, kami juga menyertakan tips cara memilih dan cara penggunaan deterjen yang benar agar hasil cuci lebih memuaskan.
    Kebutuhan rumah tangga
    2.875 Views
  • 10 Rekomendasi Keranjang Cucian Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Keranjang Cucian Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Keranjang cucian merupakan benda yang pasti ada di tempat cucian. Apabila di ruangan laundry Anda terdapat keranjang cucian dengan motif dan bentuk menarik, pasti kegiatan mencuci yang melelahkan akan terasa lebih menyenangkan, bukan?Ada begitu banyak model keranjang cucian mulai dari yang berbahan rotan, kain, sampai yang dilengkapi dengan penutup atau juga bisa dilipat. Pada artikel kali ini, kami memberikan tips memilih keranjang cucian, berikut rekomendasi produk dari IKEA dan lainnya. Untuk Anda yang penasaran, simaklah artikel ini!
    Kebutuhan rumah tangga
    134 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori