10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Ada berbagai macam lem kertas yang biasa kita gunakan sehari-hari. Ada lem cair, lem batang (stick), lem roller, lem bentuk pen, lem bentuk stamp, dan lainnya. Karakternya juga berbeda- beda, ada yang merekat sangat kuat, ada yang cepat merekat, dan ada yang mudah dilepas.

Berbagai macam merek seperti UHU, Fox, Pavinol, Kokuyo, dan sebagainya, dengan keunggulannya masing-masing akan kami perkenalkan disini. Semoga Anda menemukan lem kertas yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Daftar isi

Cara memilih lem kertas

Lem kertas pada umumnya berbentuk cair, padat, dan roller (tape). Lem cair yang pertama kali muncul di pasaran, kemudian disusul dengan bentuk padat atau batang, dan yang terakhir muncul adalah lem roller. Meskipun lem roller merupakan bentuk yang paling baru, bukan berarti lem jenis ini yang paling praktis.

Masing-masing jenis lem memiliki ciri khusus. Apa saja kelebihan dan kekurangannya, kita simak ulasannya berikut ini.

Lem cair yang serbaguna

Lem cair yang serbaguna

Lem cair memiliki kadar air yang tinggi sehingga mudah meresap dan merekat sangat kuat. Baik digunakan untuk menempelkan pada bidang kertas. Fungsinya serbaguna termasuk untuk membuat kerajinan tangan atau prakarya anak-anak.

Harga lem cair relatif murah, praktis digunakan untuk menempelkan dalam jumlah banyak ataupun diaplikasikan pada bidang yang luas. Tetapi ada kekurangan dari lem cair antara lain jika tangan terkena lem cair maka tangan menjadi lengket, membutuhkan waktu untuk kering, bagian yang dilekatkan dengan lem akan menjadi mengkerut, dan sebagainya.

Belakangan ini sudah dijual lem cair yang tidak membuat kertas menjadi mengerut, ada juga lem cair yang memiliki dua lubang yaitu lubang besar dan lubang kecil untuk mencegah lem keluar berlebihan. Selain itu, ada juga lem cair berbentuk pen yang praktis untuk dibawa dan bermanfaat untuk pekerjaan yang detail.

Lem padat yang harganya terjangkau

Lem padat yang harganya terjangkau

Lem padat (bentuk stik) memiliki keunggulan lebih cepat kering dibandingkan dengan lem cair. Disamping itu, lem padat tidak melebar kemana-mana seperti lem cair, bahan yang dilekatkan juga tidak mudah menjadi keriput sehingga cocok diaplikasikan pada bidang yang kecil. Ukuran lem padat biasanya kecil, praktis, dan mudah dibawa kemana-mana. Baik digunakan untuk keperluan di kantor maupun sekolah.

Kekurangan dari lem padat ini yaitu daya rekatnya relatif rendah, bidang yang direkatkan bisa lepas seiring waktu berjalan. Disamping itu, saat diaplikasikan pada tepi amplop dan semacamnya, diperlukan alas ketika mengoleskan, sama halnya seperti saat menggunakan lem cair.

Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa ketika menggunakan lem padat untuk menempelkan kertas thermal seperti setruk belanja, permukaan kertas bisa berubah warna menjadi menghitam. Oleh karena itu, sebelum menempelkannya pastikan tulisan di setruk belanja tidak terkena dampak dari berubahnya warna kertas.

Lem roller yang tidak membuat tangan menjadi kotor

Lem roller yang tidak membuat tangan menjadi kotor

Lem berbentuk roller memiliki kelebihan yaitu tidak membuat tangan atau meja menjadi kotor dan tidak membutuhkan waktu lama untuk kering. Baik digunakan untuk bidang yang sempit ataupun satu garis lurus.

Kekurangan dari lem roller ini adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan lem cair maupun lem padat. Panjang dari roller juga berbeda-beda tergantung dari produk sehingga ketika memilih perlu memastikan panjang tape, jangan dilihat dari harganya saja. Selain itu, perhatikan juga apakah tersedia refill atau tidak, karena tidak semua produk menyediakan refill.

Belakangan ini juga mulai dipasarkan lem stamp yang cocok untuk menempelkan kertas memo atau setruk pembelian pada buku catatan rumah tangga maupun buku kontrol tanda terima di kantor. Disini kami juga akan memperkenalkan satu produk lem stamp.

Lem yang praktis untuk dibawa pergi

Lem yang praktis untuk dibawa pergi

Saat akan membawa lem dalam kotak pensil, tentu kita memilih lem yang bentuknya praktis dan ringan. Begitu pula untuk keperluan di kantor, lebih cocok lem yang ukurannya sesuai dengan meja kantor atau ukurannya pas diletakkan di pen stand.

Lem cair berbentuk pen merupakan salah satu produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Selain itu juga ada lem roller dengan posisi berdiri seperti memegang bolpoin dan lem roller yang bagian pegangannya berputar. Kita bisa memilih berbagai macam jenis lem, tetapi sebisa mungkin pilihlah lem yang praktis dan kinerjanya bagus.

10 Rekomendasi lem kertas terbaik

Berikut ini akan kami perkenalkan lem kertas rekomendasi untuk Anda. Ada berbagai macam bentuk lem kertas, dari mulai bentuk cair, padat, sampai roller. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Silakan Anda simak ya.

10. 3M Super 77

10. 3M Super 77

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 106.000

Pekerjaan cepat selesai dengan lem spray

Lem 3M Super 77 berbentuk spray atau semprotan yang cocok untuk segala jenis benda, baik untuk keperluan rumah tangga maupun industri. Hanya membutuhkan waktu 15 sampai 30 detik hingga benar-benar merekat sehingga sangat cocok bagi Anda yang mengutamakan waktu cepat dalam menyelesaikan pekerjaan.

Dapat digunakan untuk merekatkan kertas, card board, kain, isolasi, plastik, logam, kayu, dan material lainnya. Formula yang digunakan dalam lem spray ini sangat aman, bisa langsung diaplikasikan pada permukaan material yang direkatkan. Hasilnya pun tahan lama dan tidak meninggalkan noda kuning setelah mengering.

9. Kokuyo Dotliner Stamp

9. Kokuyo Dotliner Stamp

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 78.000

Praktis hanya dengan sekali tekan

Lem ini sangat mudah digunakan, cukup dengan satu kali tekan saja seperti Anda menekan stempel. Meskipun ukurannya kecil, lem berbentuk stamp ini bisa digunakan sampai 600 kali, lho. Selain praktis karena tinggal ditekan, lem yang keluar pun tidak terlalu banyak sehingga bisa menghemat pemakaian.

Jika bagian penutupnya dibuka, lem stamp ini bisa digunakan seperti lem roll biasa. Anda bisa memakainya sebagai lem stamp ataupun sebagai lem roll sesuai kebutuhan. Produk ini sangat bermanfaat untuk pekerjaan kantor yang ringan seperti mengelem amplop, materai, merekatkan file dokumen di selembar kertas, dan lainnya.

8. UHU Twist & Glue

8. UHU Twist & Glue

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 34.600

Lengkap dengan 3 aplikator dalam 1 kemasan

UHU Twist & Glue merupakan lem cair yang memiliki 3 macam perekatan bentuk titik, garis, dan permukaan. Dengan bentuk ini akan mempermudah penggunaan, bisa diaplikasikan pada bidang kecil, sedang, dan besar, tergantung dari permukaan yang akan dilekatkan, dan tidak menyebabkan kotor.

Dikemas dalam botol kuning yang bentuknya unik, lem ini cocok digunakan pada permukaan kardus, kertas, kulit, gabus, kain, kayu, logam, porselen, kaca, styrofoam, dan plastik, tetapi kurang cocok untuk menempelkan foto. Keunggulan lain dari lem UHU ini yaitu bisa diisi ulang dan bisa dibersihkan dengan air hangat.

7. Scotch Purple Glue Stick

7. Scotch Purple Glue Stick

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.500

Lem stik yang dapat berubah warna setelah mengering

Lem padat bentuk batang dari Scotch ini memiliki ciri khusus yaitu berwarna ungu ketika diaplikasikan, tetapi berubah warna menjadi transparan ketika sudah kering. Hal ini sangat bermanfaat sebagai penanda bagian yang sudah dioleskan lem, dan bagian yang belum dioleskan lem.

Daya rekatnya juga kuat dan mudah menempel. Lem ini cukup aman bagi anak-anak karena bebas toxic. Selain itu, tutup botol ini juga cukup besar sehingga tidak mudah hilang dan tidak mudah ditelan anak-anak. Anda tidak perlu khawatir memberikannya pada anak-anak untuk membuat kerajinan tangan dan prakarya di sekolah.

6. Tombow Pit Power-C Glue Tape

6. Tombow Pit Power-C Glue Tape

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 69.500

Hasil pengeleman lebih rapi

Tombow Pit Power-C merupakan perekat buatan Jepang berbentuk roller yang mudah digunakan, cukup ditekan, dan digeser saja. Glue tape ini sangat kuat merekat pada permukaan kertas, berwarna bening sehingga hasil pengeleman tampak lebih rapi. Tangan Anda juga tetap bersih karena tidak lengket di tangan.

Bagi Anda yang menyukai pekerjaan tangan seperti membuat scrapbook, lem ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk menempelkan ornamen-ornamen. Selain itu, lem ini juga sangat cocok untuk pekerjaan wrapping, mengelem kertas kado maupun membuat kotak kado. Tersedia beberapa warna ceria yaitu merah, pink, hijau dan biru.

5. Povinal Lem Cair

5. Povinal Lem Cair

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 9.300

Mudah lengket pada bahan kertas

Anda pasti cukup mengenal lem cair yang satu ini. Lem Povinal sangat populer di kalangan anak-anak, khususnya dalam membuat kerajinan tangan dan prakarya. Karena sifatnya yang sangat mudah lengket di kertas dan harganya sangat terjangkau, lem cair banyak dipakai untuk keperluan di sekolah, rumah tangga maupun di kantor.

Anda tidak perlu mengoleskan lem dengan jari-jari tangan, dengan adanya ujung lubang berbentuk pipih, Anda dapat mengoleskannya hanya dengan menekan botolnya saja. Tersedia 3 varian yaitu ukuran kecil 22 ml, ukuran sedang 75 ml, dan ukuran jumbo 500 ml. Lem Povinal juga cukup dikenal sebagai bahan pembuatan slime, jika berminat Anda bisa coba membuatnya!

4. Giotto Glue Stick

4. Giotto Glue Stick

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.000

Cocok untuk pembuatan paper craft

Keunggulan dari lem padat Giotto ini yaitu mampu merekat kuat pada kertas, karton, foto, dan hasilnya yang tahan lama sehingga kami merekomendasikan lem ini untuk Anda yang suka membuat kerajinan tangan dengan paper craft. Selain daya rekatnya tinggi, lem ini juga tidak berbau menyengat seperti lem pada umumnya sehingga aman untuk anak-anak.

Kemasan lem Giotto bernuansa biru dan transparan sehingga Anda dapat dengan mudah melihat isinya. Untuk memakainya pun cukup mudah, tinggal memutar bagian bawah dan oleskan secukupnya pada bahan yang akan dilekatkan. Dilengkapi juga dengan penutup berbentuk clip-on yang akan menjaga lem tetap bersih dan lekat!

3. Castol U-Glue

3. Castol U-Glue

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.500

Lem bening yang serbaguna

Castol U-Glue merupakan salah satu produk dari Castol yang memiliki ciri berwarna bening, berguna untuk merekatkan barang-barang rumah tangga maupun kerajinan tangan. Dapat diaplikasikan pada berbagai jenis material seperti kertas, kulit, plastik, kaca kristal, kayu, keramik/porselen dan styrofoam. Praktis dan serbaguna, bukan?

Lem ini memerlukan waktu untuk sampai benar-benar merekat sehingga Anda dapat mengerjakan proses pengeleman tanpa harus buru-buru. Dengan pengerjaan yang tenang, tentu akan mendapatkan hasil karya yang sempurna. Daya tarik lain dari produk ini yaitu Anda dapat memperolehnya dengan harga yang terjangkau!

2. Lem Fox Stik

2. Lem Fox Stik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 7.800

Aman tanpa bahan kimia berlebih

Lem Fox memiliki keunggulan tidak menggunakan bahan kimia yang berlebih sehingga aman bagi penggunanya, serta ramah lingkungan. Diaplikasikan langsung dengan tangan pun tidak masalah, tidak menimbulkan efek yang berbahaya karena setelah kering lem ini akan mengelupas dengan sendirinya.

Lem putih ini berkualitas tinggi, sangat kuat merekat pada material kertas, kain, karton, dan kayu. Kadar airnya relatif sedikit dibandingkan dengan lem kertas biasa sehingga meskipun diaplikasikan pada kertas yang tipis tidak akan menjadi mengerut atau melengkung. Sangat direkomendasikan untuk keperluan di sekolah, kantor, dan rumah.

1. Kokuyo Dotliner Tape Glue

1. Kokuyo Dotliner Glue Tape

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 87.000

Mudah, rapi, dan cepat kering

Lem berbentuk roller dengan motif dot ini cukup menarik perhatian karena mudah digunakan, hasilnya rapi dan cepat kering. Kokuyo Dotliner Tape Glue tersedia dalam 2 tipe yaitu tipe permanent (warna biru) : lemnya kuat, sekali menempel sulit dilepas, dan tipe removable (warna kuning) : lemnya bisa dilepas tanpa meninggalkan bekas lengket.

Memiliki ukuran panjang 16 m dan lebar 8,4 mm, lem ini sangat cocok untuk pekerjaan craft, pembuatan scrapbook, maupun pekerjaan mengelem lainnya. Anda juga bisa mengisi ulang dengan membeli kemasan refill-nya. Dengan menggunakan lem ini, Anda akan merasakan pekerjaan mengelem menjadi mudah dan menyenangkan!

Tips menggunakan lem

Pekerjaan menempel menggunakan lem akan lebih efisien dengan mengetahui tips-tips cara menggunakan lem yang tepat. Kami akan menjelaskan beberapa tips yang bermanfaat sebagai berikut.

Cara menggunakan lem cair dan lem padat

Pertama-tama, kita perhatikan tips menggunakan lem cair dan lem padat.

Hati-hati jangan sampai berlebihan!

Hati-hati jangan sampai berlebihan!

Lem cair dan lem padat yang cocok untuk melekatkan bidang yang luas, perlu Anda perhatikan agar jangan sampai berlebihan saat diaplikasikan. Oleskan tipis-tipis, kemudian ratakan pada seluruh permukaan. Dengan cara seperti ini, hasilnya tidak akan terjadi keriput, dan mengurangi lamanya waktu kering.

Khusus untuk lem padat, jika ditekan dengan kuat akan menyebabkan gumpalan pada permukaan yang ditempelkan. Oleh karena itu, usahakan agar tidak menekan terlalu keras.

Hati-hati dengan perubahan warna setruk belanja!

Hati-hati dengan perubahan warna struk belanja!

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa lem padat dapat menyebabkan perubahan warna pada kertas thermal seperti setruk belanja menjadi gelap. Anda perlu berhati-hati ketika menempelkan setruk belanja pada buku catatan rumah tangga atau buku tanda terima. Tergantung dari produknya, lem padat ada yang mudah berubah warna dan ada yang sukar berubah warna. Oleh karena itu, periksa dahulu hal-hal yang perlu diperhatikan dari produk tersebut sebelum menggunakannya.

Gunakan air panas atau uap saat terjadi masalah!

Gunakan air panas atau uap saat terjadi masalah!

Lem dikatakan lemah terhadap panas. Dengan demikian, bagian yang direkatkan dengan lem cair maupun lem padat dapat menjadi lunak sehingga sangat berguna jika Anda ingin melakukan pengeleman ulang. Sama halnya ketika pakaian terkena noda lem, bisa dihilangkan dengan direndam air panas. Begitu pula ketika lem mengeras sehingga tutupnya sulit dibuka, bisa diatasi dengan merendam tutup lem dengan air panas bersuhu sekitar 80℃.

Biasanya lem cair bisa menjadi kering karena kehilangan kandungan air. Kondisi ini sedikit banyak bisa dipulihkan dengan air panas. Namun, hal yang lebih penting adalah membersihkan lem yang tersisa di sekitar tutup lem sesudah digunakan, kemudian menutup lem rapat-rapat, baru disimpan.

Cara menggunakan lem roller

Cara menggunakan lem roller

Tips agar lem roller menempel dengan rapi adalah tekan lem roller dengan posisi tegak lurus (sudut 90°) kemudian geser secara perlahan. Jika sudah selesai, berdirikan bagian ujungnya untuk memutus.

Hal yang perlu diperhatikan dari lem roller adalah daya rekatnya menjadi lemah jika suhunya rendah. Maka dari itu, sebaiknya disimpan di tempat yang bersuhu tinggi (di atas 20℃).

Kesimpulan

Bagaimana produk lem kertas yang kami perkenalkan tadi? Kami telah menjelaskan tentang jenis-jenis lem kertas serta tips cara memakainya agar Anda mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Lem kertas mengalami banyak kemajuan baik dari segi kualitas maupun jenisnya. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!