• 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Lem Kertas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Menarik untuk diketahui, lem kertas tak hanya tersedia dalam bentuk cair, lho. Kini, Anda dapat menemukan jenis lem kertas yang sangat mudah dipakai dan dibawa ke mana saja. Anda pun dapat menemukan lem kertas berukuran mini atau berbentuk pulpen yang dapat disimpan di dalam kantong!


Dengan makin banyaknya pilihan, Anda pun bisa lebih leluasa menjatuhkan pilihan. Selain UHU dan Deli, ada merek-merek lain yang bagus dengan berbagai kelebihan untuk digunakan. Temukan produk terbaik dengan berpedoman pada cara memilih lem kertas yang telah kami susun untuk Anda.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Arina Mabruroh
  • Pembaharuan terakhir: 29 Desember 2021
Daftar isi

Cara memilih lem kertas

Secara umum, lem kertas tersedia dalam bentuk cair, padat, dan tape. Evolusi lem kertas dari bentuk cair hingga menjadi bentuk tape memang patut diacungi jempol. Namun, inovasi ini tidak bisa dijadikan jaminan bahwa produk tersebut adalah yang paling nyaman untuk dipakai. Jadi, mari kita lihat keunggulan dan karakteristik macam-macam lem kertas secara lebih mendalam!

Pilih lem cair untuk daya rekat yang kuat

Pilih lem cair untuk daya rekat yang kuat

Lem cair memiliki kadar air yang tinggi sehingga mudah meresap dan merekat dengan kuat di kertas. Lem kertas jenis ini cocok digunakan untuk bahan yang sulit menempel, seperti daun kering dan biji-bijian. Harga lem cair pun relatif terjangkau serta dapat diaplikasikan di bidang yang lebar.


Meski begitu, lem cair ternyata memiliki sedikit kekurangan. Selain proses pengeringan yang cukup lama, bagian kertas yang terkena lem akan mengerut. Namun, belakangan ini tersedia lem cair yang tidak membuat kertas mengerut. Ada pula produk dengan dua lubang berukuran besar dan kecil agar Anda mudah mengatur banyaknya lem yang diperlukan. 


Beberapa jenis lem cair yang bisa dijadikan pilihan:


  • Lem kertas berbentuk pulpen praktis untuk dibawa karena bentuknya yang ramping. Lem ini sangat portabel dan cocok dipakai untuk pekerjaan yang membutuhkan ketelitian, misalnya membuat mosaik atau kolase biji-bijian.

  • Lem dengan aplikator berbentuk stamp akan membuat lem cair keluar dalam jumlah tidak berlebihan. Tipe ini mudah digunakan dan tidak membuat bidang kertas terlalu basah.

  • Lem cair dengan sprayer praktis digunakan dan cepat mengering. Tipe lem ini adalah solusi tepat untuk Anda yang menginginkan daya rekat kuat serta proses pengeringan cepat.

Gunakan lem tipe padat untuk proses pengeringan yang cepat

Salah satu keunggulan lem tipe padat bentuk stik yaitu lebih cepat kering dibandingkan tipe cair. Di samping itu, lem padat tidak meluber ke mana-mana dan tidak membuat kertas mengerut. Tipe ini cocok diaplikasikan di atas bidang yang sempit dan mudah dibawa-bawa karena berukuran kecil.


Namun, daya rekat lem ini relatif rendah sehingga benda yang direkatkan bisa terlepas seiring berjalannya waktu. Selain itu, lem padat dapat membuat permukaan kertas termal menghitam. Karena itu, sebelum menempelkan kertas termal, seperti setruk belanja, pastikan tulisannya tidak terkena lem sehingga warna tidak berubah.

Pertimbangkan tipe tape agar tangan tetap bersih

Tidak seperti jenis lainnya, lem berbentuk tape tidak membuat tangan atau meja kotor. Tipe ini cukup fungsional karena bisa digunakan di bidang yang sempit ataupun di atas satu garis lurus. Akan tetapi, tak bisa dimungkiri, harga tipe tape memang relatif lebih tinggi dibandingkan lem cair dan padat.


Selain harga, Anda juga perlu memperhatikan panjang dari lem tape. Pasalnya, setiap produk memiliki panjang yang berbeda, tergantung produsennya. Selain itu, Anda juga harus mengecek ketersediaan refill atau isi ulangnya agar lebih menghemat bujet.

Pastikan memilih produk berbahan aman untuk anak

Pastikan memilih produk berbahan aman untuk anak
Rasa ingin tahu anak-anak yang begitu tinggi membuat mereka tak jarang memasukkan benda-benda ke dalam mulut, termasuk lem. Bahan-bahan kimia yang terkandung pada lem bisa saja terhirup atau tertelan sehingga berdampak buruk bagi kesehatannya. Oleh karena itu, Anda perlu menyeleksi produk lem yang aman untuk mereka gunakan sehari-hari.

Cara mudah untuk mengetahui produk ramah anak adalah dengan memperhatikan keterangan "nontoxic" pada label kemasan. Selain itu, bacalah dengan teliti bahan-bahan yang digunakan dalam produk tersebut. Informasi-informasi ini akan menolong Anda memilih produk yang aman serta bebas dari bahan kimia berbahaya. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi lem kertas terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lem kertas terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

3MScotch Purple Glue Stick

7100009410

Mulai dari Rp 7.500,00

JenisPadat
Nontoxic
Kapasitas8 gram
9

UHUAll Purpose Adhesive Twist & Glue

Mulai dari Rp 35.400,00

JenisCair
NontoxicTidak disebutkan
Kapasitas35 ml, 90 ml
8
JenisPadat
NontoxicTidak disebutkan
Kapasitas10 gram, 20 gram, 40 gram
7

3MSuper 77 Multipurpose Spray Adhesive

7000000931

Mulai dari Rp 188.900,00

JenisCair (spray)
NontoxicTidak disebutkan
Kapasitas475 gram
6
JenisCair
NontoxicTidak disebutkan
Kapasitas22 ml, 75 ml
5
JenisTape
NontoxicTidak disebutkan
Kapasitas6 mm (lebar) x 6 m (panjang)
4
JenisPadat
Nontoxic
Kapasitas6 gram
3
JenisCair
NontoxicTidak disebutkan
Kapasitas60 gram
2
JenisTape
Nontoxic
Kapasitas6 mm x 8 m
1
JenisPadat
Nontoxic
Kapasitas9 gram

Tabel perbandingan produk lem kertas terbaik

Gambar produk
1
Deli Glue Stick 1

Deli

2
Deli Adhesive Roller 1

Deli

3
Aica Indria Lem Fox Stik Lem Putih PVAc 1

Aica Indria

4
JOYKO Glue Stick Pen 1

JOYKO

5
Tombow PiT Power Egg 1

Tombow

6
Povinal Lem Kertas Cair 1

Povinal

7
3M Super 77 Multipurpose Spray Adhesive 1

3M

8
F.I.L.A. Giotto Stick 1

F.I.L.A.

9
UHU All Purpose Adhesive Twist & Glue 1

UHU

10
3M Scotch Purple Glue Stick 1

3M

Nama produk

Glue Stick

Adhesive Roller

Lem Fox Stik Lem Putih PVAc

Glue Stick Pen

PiT Power Egg

Lem Kertas Cair

Super 77 Multipurpose Spray Adhesive

Giotto Stick

All Purpose Adhesive Twist & Glue

Scotch Purple Glue Stick

Keunggulan

Buat si kecil lebih semangat membuat origami berkat desainnya yang kawaii!

Menempel lebih kuat berkat dot pattern-nya

Lem putih yang kental, kertas tidak mudah mengerut

Kemasannya mini, mudah diselipkan di kantong layaknya pulpen

Bentuknya seperti telur, mudah digenggam

Harga ekonomis dan bisa digunakan seluruh anggota keluarga

Bekerja bebas drama dengan lem spray yang cepat kering!

Kemasannya transparan, perkiraan mengganti lem baru kian mudah

Dilengkapi tiga aplikator, prakarya anak pun selesai dengan rapi

Seperti sihir, lem bisa berubah warna setelah mengering!

Harga mulai dariRp 7.500,00Rp 17.000,00Rp 9.400,00Rp 3.250,00Rp 22.700,00Rp 2.100,00Rp 188.900,00Rp 12.100,00Rp 35.400,00Rp 7.500,00
JenisPadatTapeCairPadatTapeCairCair (spray)PadatCairPadat
NontoxicTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Kapasitas9 gram6 mm x 8 m60 gram6 gram6 mm (lebar) x 6 m (panjang)22 ml, 75 ml475 gram10 gram, 20 gram, 40 gram35 ml, 90 ml8 gram
Tautan produk

Tips menggunakan lem kertas

Pekerjaan Anda akan menjadi lebih efisien jika mengetahui cara menggunakan lem dengan benar. Untuk itu, kami akan membagikan beberapa tips menggunakan lem dan membahas masalah umum yang mungkin Anda hadapi.

Cara menggunakan lem cair dan lem padat

Pertama-tama, mari kita pelajari terlebih dahulu bagaimana cara memakai lem cair dan lem padat. Perhatikan juga aturan penggunaannya agar tidak muncul masalah saat menggunakan kedua jenis lem ini.

Jangan mengaplikasikan lem terlalu banyak

Jangan mengaplikasikan lem terlalu banyak

Hindari mengaplikasikan lem terlalu banyak saat ingin menempelkan sesuatu di atas bidang kertas yang lebar. Sebaliknya, cukup oleskan lem tipis-tipis dan ratakan ke seluruh bidang. Cara ini efektif untuk mengurangi risiko kertas mengerut sekaligus dapat memperpendek waktu pengeringan lem.


Sementara itu, lem padat mudah patah dan dapat menyebabkan munculnya gumpalan di permukaan kertas jika ditekan terlalu kuat. Karena itu, gunakan lem padat dengan hati-hati dan usahakan untuk tidak menekannya terlalu kuat.

Perhatikan pengaruhnya terhadap warna kertas setruk

Perhatikan pengaruhnya terhadap warna kertas setruk

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kertas termal seperti setruk belanja memiliki kemungkinan berubah warna menjadi hitam. Tergantung produknya, lem padat ada yang mudah mengubah warna kertas termal dan ada juga yang tidak. Oleh karena itu, periksalah aturan pakai produk lem tersebut sebelum Anda menggunakannya.

Gunakan air panas atau uap panas saat diperlukan

Gunakan air panas atau uap panas saat diperlukan

Lem sangat sensitif terhadap panas. Jadi, Anda dapat menggunakan setrika uap untuk mengelupas lem cair dan lem padat. Sama halnya ketika lem menempel di pakaian atau tutup lem mengeras sehingga sulit dibuka. Hal tersebut dapat diatasi dengan merendam pakaian atau lem ke dalam air panas.

Cara menggunakan lem tape

Cara menggunakan lem tape

Cara terbaik untuk mengaplikasikan lem tape adalah dengan menekan lem di angle yang tepat kemudian tarik secara perlahan. Jika Anda memotong ujung lem dalam posisi tegak, hasil akhir pengeleman pun akan terlihat mulus. Namun, jika suhu ruangan rendah, daya rekat lem akan menjadi lemah. Maka dari itu, sebaiknya simpan lem tape di tempat bersuhu di atas 20 °C.

Baca juga rekomendasi produk stationery lainnya di sini

Dewasa ini, produk stationery makin beragam jenisnya! Selain lem kertas, Anda juga bisa menyimak rekomendasi produk stationery lainnya yang telah kami siapkan untuk Anda. Terdapat produk, seperti pulpen, loose leaf binder, dan yang lainnya. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menjatuhkan pilihan pada salah satu produk? Lem kertas seperti apa yang Anda butuhkan? Seperti yang sudah kami paparkan sebelumnya, setiap produsen meluncurkan produk lem dengan beragam keunggulan.


Anda dapat mengecek ulasan produk dari kami untuk menemukan lem kertas terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Akhir kata, semoga artikel kami dapat membantu Anda dalam mencari produk yang sesuai. Selamat memilih lem kertas terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pulpen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pulpen merupakan alat tulis yang biasa digunakan sehari-hari. Berbagai variasi tinta, seperti tinta gel, tinta berbasis air dan berbasis minyak, bahkan tinta yang dapat dihapus, telah banyak beredar di pasaran. Produknya pun beragam mulai dari yang biasa hingga mewah.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih pulpen untuk berbagai keperluan. Beragam produk pilihan bermerek Faber Castell atau PILOT yang umum digunakan, serta merek PARKER yang elegan pun akan kami ulas pada rekomendasi produk.
    Alat tulis
  • 10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pensil Warna Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    Pensil warna tidak hanya populer di kalangan anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Berbagai merek pensil warna ternama, seperti Faber-Castell, Staedtler, dan Joyko mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Namun, adakah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pensil warna terbaik?Kali ini kami akan membagikan tips memilih pensil warna yang bagus. Tidak ketinggalan, rekomendasi produk-produk terbaik juga akan kami berikan setelahnya. Ada juga komentar dari illustrator kami, Karina Doniho, untuk menambah wawasan Anda tentang pensil warna. Pilihlah dengan cermat produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pulpen Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pulpen gel merupakan alat tulis yang tintanya terbuat dari gel. Keistimewaan pulpen ini adalah warna tintanya yang bervariasi sehingga dapat digunakan untuk berbagai kreativitas penggunanya. Kini terdapat banyak pilihan merek pulpen gel, mulai dari warna hitam, putih, sampai warna-warni yang menarik.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips cara memilih pulpen gel terbaik. Berbagai merek pulpen gel yang bagus juga ada dalam rekomendasi kami, seperti Kenko, Pilot, Zebra, Joyko, dan Pentel. Mari simak informasinya dan temukan pulpen gel yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik yang Cocok untuk Keperluan Belajar (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pensil Mekanik Terbaik yang Cocok untuk Keperluan Belajar (Terbaru Tahun 2021)
    Pensil mekanik merupakan alat tulis yang sering digunakan dalam kegiatan menulis atau menggambar. Alat tulis, seperti pulpen atau pensil kayu memang populer, tetapi pensil mekanik cukup diminati karena mudah digunakan. Selain itu, pensil ini tersedia dalam berbagai ketebalan isi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.Dalam artikel ini kami akan menjelaskan poin penting dalam memilih pensil mekanik yang bagus digunakan untuk belajar. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi pensil mekanik terbaik dari merek ternama, seperti Faber-Castell dan Pentel. Simak informasinya dan temukan pensil yang Anda butuhkan di sini!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Spidol Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda pernah melihat guru atau dosen menerangkan di depan kelas sambil membawa spidol? Spidol memang biasa digunakan untuk menulis di papan tulis atau whiteboard. Namun, ternyata spidol memiliki beragam jenis dengan fungsi yang berbeda.Agar Anda tidak salah membeli, kali ini kami akan memberikan tips memilih spidol yang tepat sesuai kebutuhan. Ulasan mengenai produk-produk terbaik juga akan kami bagikan. Anda dapat memilih spidol dari merek Snowman, Joyko, atau Faber-Castell. Jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Alat tulis
  • 10 Rekomendasi Tempat Pensil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Pensil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bila Anda adalah orang yang rapi dan terorganisasi, tempat pensil adalah barang yang wajib dimiliki. Tempat pensil dapat mengorganisasi alat tulis Anda supaya tidak berceceran di tas atau di atas meja. Saat ini ada banyak model dan desain tempat pensil, baik yang berbentuk klasik maupun tempat pensil aesthetic.Kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan merek tempat pensil yang bagus. Joyko, Harvest, Scoop adalah salah satu merek yang bisa Anda lirik. Anda juga bisa memilih tempat pensil terbaik berdasarkan bahannya atau desainnya. Penasaran? Langsung scroll ke bawah, yuk!
    Alat tulis
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori