10 Rekomendasi Gelas Champagne Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Gelas Champagne Terbaik (Terbaru Tahun 2018)


Gelas champagne biasanya digunakan pada acara-acara istimewa saja dan mungkin sebagian dari Anda menilai bahwa semua gelas champagne terlihat sama saja. Namun, terdapat beragam variasi gelas champagne dengan karakteristik yang berbeda-beda pula, lho!

Bagi Anda yang ingin tahu lebih jauh, pada artikel ini kami akan memperkenalkan cara untuk memilih gelas champagne beserta rekomendasi produk gelas champagne terbaik yang telah kami pilih secara seksama. Temukanlah gelas yang cocok untuk menemani momen istimewa Anda!

Daftar isi

Cara memilih gelas champagne

Hal yang perlu diperhatikan saat memilih gelas champagne adalah bentuk gelas, material, dan momen pemakaiannya. Berikut adalah tips-tips agar acara minum champagne bersama dengan keluarga atau teman-teman Anda menjadi lebih nikmat dan berkesan.

Pilih berdasarkan tipe gelas champagne

Meskipun kebanyakan gelas champagne terlihat sama saja, sebenarnya secara garis besar, gelas champagne terbagi menjadi 4 tipe. Simaklah pembahasannya satu per satu berikut ini!

Tipe flute, ramping dan paling umum digunakan

Tipe flute, ramping dan paling umum digunakan

Tipe flute ini adalah tipe gelas champagne yang paling sering ditemui. Desain gelasnya yang ramping dibuat agar soda pada champagne tidak cepat menguap.

Biasanya bagian dasar gelas champagne sengaja diberi sedikit goresan untuk membantu menciptakan gelembung pada saat champagne dituangkan ke dalamnya. Keindahan tampilan gelas tipe ini juga memberikan nilai estestika yang tinggi saat digunakan.

Tipe tulip, cocok untuk menikmati aroma champagne

Tipe tulip, cocok untuk menikmati aroma champagne

Tipe gelas dengan bentuk menyerupai gelas anggur ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati keharuman champagne.

Champagne sendiri adalah salah satu dari jenis minuman anggur atau wine yang mengandung soda dengan aroma menyegarkan. Penggunaan gelas tipe tulip yang bermulut lebar ini membuat aroma champagne tercium dengan lebih jelas.

Tipe coup atau saucer, pas untuk memeriahkan pesta Anda

Tipe coup atau saucer, pas untuk memeriahkan pesta Anda

Gelas champagne tipe coup atau saucer adalah tipe gelas champagne yang biasanya digunakan untuk membuat champagne tower pada acara pesta agar suasana menjadi lebih meriah

Gelas ini memiliki permukaan lebar dan tidak terlalu dalam sehingga soda pada minuman hilang dengan lebih cepat. Cocok untuk Anda yang kurang menyukai minuman bersoda.

Tipe stemless, kokoh dan tidak mudah terjatuh

Tipe stemless, kokoh dan tidak mudah terjatuh

Yang dimaksud dengan stem adalah kaki dari gelas champagne. Gelas tipe stemless berarti gelas tanpa kaki. Hal ini membuat gelas stemless lebih kokoh dan tidak mudah terjatuh meskipun tersenggol.

Desainnya juga indah dilihat dari berbagai sudut. Hanya saja gelas ini mirip dengan gelas air biasa sehingga kadang sulit dikenali. Hal ini perlu diperhatikan, terutama ketika pesta Anda dihadiri juga oleh anak-anak.

Memilih gelas champagne berdasarkan materialnya

Memilih gelas champagne berdasarkan materialnya

Umumnya, gelas champagne terbuat dari kaca. Gelas champagne yang terbuat dari kaca biasa memiliki intensitas yang tinggi dan dapat diproduksi dalam jumlah banyak sekaligus sehingga harganya cukup terjangkau. Kebeningan dan gemerlapnya mungkin akan kurang tampak dibandingkan dengan gelas yang terbuat dari kaca kristal. Akan tetapi, gelas dari kaca ini cukup praktis untuk Anda yang membutuhkan gelas dalam jumlah banyak pada saat mengadakan pesta di rumah.

Gelas dari kaca kristal direkomendasikan untuk Anda yang senang menikmati champagne perlahan-lahan sambil menikmati keindahannya. Namun, harganya tentu lebih mahal sehingga tidak terlalu cocok digunakan saat pesta.

Tidak sedikit juga orang yang meminum champage sambil menikmati pemandangan outdoor, seperti laut atau gunung. Bila Anda salah satunya, Anda dapat memilih gelas champagne dari material plastik untuk digunakan ketika berada di luar ruangan. Karena ringan dan tidak mudah pecah, gelas berbahan plastik tentunya lebih aman dibandingkan gelas berbahan kaca.

Memilih gelas champagne berdasarkan momen penggunaannya

Memilih gelas champagne berdasarkan momen penggunaannya

Berkaitan dengan pembahasan sebelumnya, yaitu mengenai material gelas, ada bagusnya juga bila Anda membedakan pemilihan gelas champagne berdasarkan momen penggunaannya. Menikmati momen spesial dengan gelas champagne yang istimewa, pasti akan membuat momen spesial Anda tak terlupakan. Saat itulah, sebaiknya Anda menggunakan gelas dari bahan kaca kristal yang memiliki desain cantik dan menawan walaupun harganya agak mahal.

Jika Anda membutuhkan gelas champagne dalam jumlah banyak seperti saat hendak mengadakan pesta, sebaiknya Anda memilih gelas dari bahan kaca. Meskipun bisa pecah bila terjatuh, Anda tidak perlu khawatir karena harga gelas berbahan kaca relatif murah.

Jika Anda suka meminum champagne sambil menikmati pemandangan alam di luar ruangan, kami menyarankan gelas dari bahan plastik mengingat gelas dari kaca mudah pecah. Tentu akan sangat disayangkan jika rencana minum Anda harus dibatalkan karena gelas champagne Anda pecah.

Memilih gelas champagne sambil memikirkan situasi atau momen penggunaan adalah poin penting untuk dapat menikmati champagne dengan nyaman.

10 Rekomendasi gelas champagne terbaik

Apakah penjelasan kami mengenai gelas champagne di atas menjadi pengetahuan baru bagi Anda? Nah, berikutnya kami akan memberikan rekomendasi gelas champagne terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga salah satunya cocok untuk Anda, ya!

10. IKEA SVALKA Champagne Flute

10. IKEA SVALKA Champagne Flute

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Harga terjangkau, cocok untuk pesta di rumah!

Gelas champagne tipe flute dari IKEA seri Svalka ini memiliki ukuran mulut yang lebih lebar dan bagian stem yang lebih rendah dibandingkan tipe flute pada umumnya. Hal tersebut juga membuat gelas ini bervolume bersih lebih besar dibandingkan gelas tipe serupa lainnya. Stem yang tidak terlalu panjang juga membuat gelas ini mampu berdiri dengan lebih stabil.

Desain yang dimilikinya sangat sederhana dan simpel sehingga kemungkinan besar akan cocok dengan interior rumah atau dekorasi pesta Anda. Berkat harganya yang relatif murah, pecah 1 atau 2 tentunya tidak akan menjadi masalah besar. Gelas ini pas digunakan untuk menyuguh para tamu saat Anda mengadakan pesta di rumah.

9. IKEA FLIMRA Champagne Glass

9. IKEA FLIMRA Champagne Glass

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 89.000

Kaca lebih tebal biar tangan tidak kedinginan

Gelas champagne tipe flute dari IKEA seri Flimra ini memiliki pattern yang mewah pada permukaannya dan dinding gelas yang tebal. Champagne paling nikmat disajikan dalam keadaan dingin, tetapi tidak semua orang tahan berlama-lama memegang gelas champagne yang dingin. Bila Anda salah satunya, gelas ini adalah pilihan yang tepat.

Dinding gelas yang tebal menjaga suhu di permukaan gelas bagian luar agar tidak serendah suhu di bagian dalam gelas. Hal ini tentunya akan membuat tangan Anda merasa lebih nyaman. Selain itu, kaki gelasnya dibuat pendek untuk kestabilan yang optimal. Bodinya yang ramping juga menjaga soda minuman Anda tidak cepat menguap.

8. Shiny Silver Crystal Gelas Champagne Flute

8. Shiny Silver Crystal Gelas Champagne Flute

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 480.000

Kilauan berlian yang mewah untuk momen indah dan berharga Anda

Gelas champagne tipe flute ini dibuat dengan desain yang indah dengan hiasan logam berwarna perak berbentuk dua hati pada bagian penopang gelas. Berlian tiruan yang tertanam di ornamen berbentuk hati akan berkilau saat terkena cahaya. Bagian stem-nya yang juga terbuat dari logam sangat serasi dengan bodinya. Sangat cantik, bukan?

Strukturnya yang ringan dan mudah digenggam akan memudahkan Anda saat minum menggunakan gelas ini. Untuk melewati momen indah bersama dengan pasangan Anda di acara pernikahan atau momen romantis istimewa lainnya, gelas ini dapat menjadi pilihan.

7. IKEA KONUNGSLIG Champagne Flute

7. IKEA KONUNGSLIG Champagne Flute

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 238.900

Gagang unik yang memperindah acara minum Anda

Gelas champagne tipe flute dari IKEA ini memiliki bodi berdesain kristal yang indah dan gagang berdesain seperti pilar yang klasik. Desain yang tidak biasa ini membuat gelas champagne terlihat lebih menarik. Kristal memberikan kesan mewah dan glamor, begitu juga dengan gelas ini yang dapat membuat acara minum Anda terkesan lebih mewah dan berkelas.

Ketika terkena sinar lampu, gelas ini akan memantulkan sinar sehingga membuatnya terlihat lebih berkilauan dan bercahaya. Tidak perlu diragukan, gelas ini adalah jodohnya champagne favorit Anda. Apabila Anda mencari gelas champagne dengan desain indah bernuansa klasik, gelas ini sesuai untuk Anda

6. Pasabahce Enoteca Champagne Glass

6. Pasabahce Enoteca Champagne Glass

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 80.600

Jernih dan berkilau dengan bahan kaca berkualitas tinggi

Gelas champagne tipe tulip ini adalah produk dari Pasabahce, produsen barang pecah belah asli dari Turki. Produk-produknya terkenal karena desain kasual yang sederhana. Meski berdesain simpel, siluet bundar pada gelas ini memiliki kesan anggun nan menawan yang menular ke siapa pun yang menggunakannya.

Gelas ini dibuat dengan seksama dan hati-hati sehingga memiliki kejernihan yang tinggi. Dengan gelas yang jernih, keindahan warna dari champagne Anda akan terlihat lebih jelas sehingga kilaunya tampak lebih menarik. Gelas ini cocok digunakan untuk memamerkan warna indah champagne favorit Anda.

5. IKEA IVRIG Champagne Glass

5. IKEA IVRIG Champagne Glass

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Mulut gelas kecil untuk lebih menikmati rasa champagne Anda

Gelas champagne tipe flute dari IKEA seri Ivrig ini memiliki desain mulut yang lebih kecil dibandingkan tipe flute lain pada umumnya. Lebar mulut yang kecil ini membuat Anda tidak dapat meminum champagne dengan tergesa-gesa sehingga membantu Anda menikmati champagne dengan lebih baik.

Bagian stem yang panjang dari gelas ini juga membuat Anda merasa nyaman dan lebih mudah ketika menggenggamnya. Apabila Anda termasuk orang yang suka menikmati champagne dengan perlahan-lahan dan nikmat, produk ini dapat membantu Anda.

4. Desain Hati Silver Plated Gelas Champagne Flute

4. Desain Hati Silver Plated Gelas Champagne Flute

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 380.000

Kaki gelas berbentuk hati yang menambah nuansa romantis

Gelas champagne tipe flute dengan gagang logam berwarna perak ini memiliki desain unik yang barangkali tidak akan Anda temukan di produk lainnya. Stem-nya dirancang membentuk hati ketika kedua gelas disatukan dan tentu saja dapat digunakan untuk minum seperti biasa ketika gelas dipisahkan.

Desain gelas champagne ini menandakan cinta yang tidak dapat dipisahkan dan selalu berdiri berdampingan, sangat romantis bukan? Gelas ini tentunya kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin menikmati champagne bersama dengan orang terkasih Anda. Memberikannya sebagai hadiah kepada sejoli yang baru menikah juga ide bagus, bukan?

3. Bella Vino Crystal Champagne Flute Glasses

3. Bella Vino Crystal Champagne Flute Glasses

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 942.500

Mewah, menawan, dan nyaman di tangan

Gelas champagne tipe flute dari Bella Vino ini terbuat dari bahan kaca kristal bebas timah tahan lama yang berkualitas tinggi. Hal ini membuat cahaya yang melewatinya akan dipantulkan sehingga gelas terlihat sangat menawan dan indah. Gelas champagne yang mewah ini tentunya sangat sesuai untuk menemani perjamuan Anda bersama klien atau orang-orang penting lainnya.

Stem pada gelas ini juga dibuat panjang sehingga Anda dapat memegangnya dengan lebih mudah dan nyaman. Hal ini juga membantu menghindari kontak langsung suhu hangat dari tangan Anda dengan bagian bowl-nya sehingga tidak merusak rasa champagne. 

2. Riedel O Wine Tumbler Champagne Glass

2. Riedel O Wine Tumbler Champagne Glass

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 835.000

Kasual tetapi tetap elegan, pas juga untuk pemula

Gelas champagne tipe stemless dari Riedel jenis O Wine Tumbler Champagne ini berdesain elegan, tetapi tetap memiliki kesan yang kasual. Tips bagi Anda pencinta aroma champagne! Ketika mengisi gelas ini dengan champagne, sebaiknya Anda hanya mengisi sepertiga dari kapasitas totalnya agar aroma dari champagne dapat tercium dengan lebih baik.

Lalu, apakah Anda seorang pemula ketika berurusan dengan champagne dan tidak mengetahui cara minum yang benar? Hal itu tidak masalah ketika menggunakan gelas ini. Anda dapat memegangnya seperti saat Anda memegang gelas biasa sehingga Anda dapat minum tanpa perlu memikirkan hal-hal yang rumit.

1. Eparé Double Wall Champagne Glass

1. Eparé Double Wall Champagne Glass

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 661.000

Dinding kaca borosilikat ganda untuk champagne yang dingin lebih lama!

Tahukah Anda bila suhu hangat tangan Anda sendiri dapat merusak cita rasa champagne di dalam gelas yang Anda pegang? Untuk itulah, Anda memerlukan gelas dengan desain smart yang satu ini! Gelas champagne tipe flute stemless ini memiliki dinding gelas ganda yang dapat membuat suhu minuman terjaga lebih lama.

Dinding gelas ganda ini membuat pertukaran suhu antara bagian dalam dan luar gelas menjadi terhambat. Hasilnya, Anda dapat menikmati champagne dalam keadaan dingin lebih lama. Rasa asli champagne favorit Anda pun bisa berumur lebih panjang. Bagi Anda yang begitu mengutamakan kenikmatan rasa asli champagne, gelas ini wajib Anda miliki!

Cara memegang gelas champagne

Pertama perlu diketahui bahwa bagian penampung pada gelas champagne disebut dengan bowl. Sedangkan, bagian kakinya disebut dengan stem. Sementara itu, bagian dasar piring penopangnya (bagian dasar stem) disebut dengan plate.

Pada saat memegang gelas champagne atau gelas wine, biasanya orang akan memegang memegang bagian stem. Namun, cara memegang tersebut tidaklah benar. Hal ini penting untuk diperhatikan, terutama ketika Anda menghadiri acara formal. Etika memegang gelas yang benar di tempat formal adalah dengan memegang bagian bawah bowl-nya.

Nikmatilah champagne dengan memegang gelasnya dengan benar

Nikmatilah champagne dengan memegang gelasnya dengan benar

Membawa gelas pada bagian bowl adalah etika pada perjamuan formal. Cara ini sudah lumrah digunakan di berbagai negara. Pada umumnya memang biasa disarankan untuk memegang pada stem agar terlihat elegan, tetapi cara ini adalah cara yang biasa digunakan oleh para sommelier.

Sommelier sendiri adalah sebutan untuk ahli wine. Ketika menilai berbagai jenis wine, mereka perlu memegang bagian stem agar dapat memandang wine dari berbagai sudut.

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda dapat mengerti etika yang benar saat memegang gelas champagne pada acara formal, ya!

Kesimpulan

Menurut Anda, bagaimana gelas champagne yang telah kami rekomendasikan di atas? Kami harap salah satunya adalah calon gelas champagne kesayangan Anda.

Gelas champagne memiliki kesan gelas istimewa yang hanya digunakan pada hari yang spesial. Dengan lebih mengerti tentang gelas champagne, semoga Anda dapat menemukan gelas champagne yang cocok untuk hari spesial Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan terima kasih sudah membacanya!