10 Rekomendasi Vitamin E Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Vitamin E Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Vitamin C dan vitamin A telah terbukti secara ilmiah memiliki efek antioksidan. Sedangkan vitamin E diperlukan untuk kecantikan dan menjaga kesehatan. Vitamin E yang banyak terkandung dalam bahan alami, seperti minyak nabati dan kacang kedelai memang mudah dicerna tubuh, tetapi juga mudah terbuang melalui urin dan keringat.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya bila Anda memenuhi kebutuhan vitamin E tubuh dengan mengonsumsi suplemen vitamin E. Pada artikel ini kami akan memberikan cara-cara memilih vitamin E serta rekomendasi produk-produk vitamin E untuk Anda. Silahkan pilih produk vitamin E favorit Anda agar kulit tetap cantik dan kesehatan pun terjaga!

Daftar isi

Cara memilih vitamin E

Hal-hal apa saja yang seharusnya menjadi pertimbangan Anda dalam memilih vitamin E? Berikut ini kami memberikan 5 cara memilih vitamin E yang tepat untuk Anda!

Pilih vitamin E alami atau sintetis?

Pilih vitamin E alami atau sintetis?

Vitamin E terbagi menjadi dua tipe yaitu tipe alami dan tipe sintetis. Notasi huruf yang menunjukkan vitamin E tipe alami adalah “d”, sedangkan untuk tipe sintetis adalah “dl”.

Vitamin E masuk ke dalam darah 6 jam setelah dikonsumsi. Vitamin E tipe sintetis benar-benar diserap oleh tubuh sepenuhnya setelah 12 jam dicerna, sedangkan vitamin E tipe alami diserap penuh oleh tubuh setelah satu hari dicerna. Dengan kata lain, vitamin E tipe alami memiliki manfaat yang lebih efektif. Jadi, bagi Anda yang ingin merasakan manfaat fisiologis vitamin E yang lebih efektif, lebih baik bila Anda mengonsumsi tipe alami meskipun harga tipe alami lebih tinggi dari tipe sintetis.

Baik tipe alami maupun tipe sintetis sebenarnya memiliki efek dan manfaat yang sama. Jadi, Anda tidak harus selalu memilih vitamin E tipe alami. Pertimbangkanlah juga kebutuhan dan budget Anda dalam memilih vitamin E yang cocok untuk Anda.

Mari cari tahu tentang tokoferol dan tokotrienol!

Vitamin E diklasifikasikan menjadi dua senyawa, yaitu tokoferol dan tokotrienol. Kedua senyawa ini masing-masing memiliki 4 tipe yaitu “α”, “β”, “γ”, dan “δ”. Jadi, total ada 8 tipe dan diantaranya ada tipe dengan efek yang paling efektif. Berikut ini kami akan memberikan penjelasan untuk lebih detailnya.

Tipe tokoferol yang paling efektif

Tipe tokoferol yang paling efektif

Diantara tipe senyawa tokoferol, α-tokoferol adalah tipe senyawa dengan aktivitas fisiologis paling kuat. Senyawa α-tokoferol ini terdiri dari 4 tipe, yaitu:

  1. Vitamin E sintetis
  2. Vitamin E sintetis kombinasi
  3. Vitamin E alami
  4. Vitamin E alami kombinasi

Ketika Anda melihat tabel komposisi vitamin E alami dan menemukan tulisan d-α-tokoferol, maka vitamin E tersebut adalah vitamin E alami. Memerhatikan apakah tipe vitamin yang Anda pilih natural atau sintetis memang penting, tetapi memerhatikan jenis senyawanya untuk mengetahui klasifikasi vitaminnya juga tidak kalah penting.

Lebih baik pilih yang juga mengandung senyawa tokotrienol

Lebih baik pilih yang juga mengandung senyawa tokotrienol

Perbedaan antara tokoferol dan tokotrienol adalah pada ikatan senyawa karbon-karbonnya. Tokotrienol memiliki ikatan karbon rangkap dua sehingga lebih fleksibel. Karena fleksibel, tokotrienol lebih mudah masuk ke dalam membran sel. Dibandingkan dengan tokoferol, tokotrienol dapat bekerja lebih cepat dan memberikan efek yang lebih cepat, serta lebih efektif mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Berkaitan dengan perbedaan karakteristik tokoferol dan tokotrienol, ketika Anda memilih suplemen vitamin E, disarankan untuk memilih vitamin E yang juga mengandung senyawa tokotrienol.

Apakah Anda perlu meminum vitamin E setiap hari?

Apakah Anda perlu meminum vitamin E setiap hari?

Berdasarkan peraturan menteri kesehatan tahun 2013, konsumsi vitamin E per harinya untuk orang Indonesia secara umum dianjurkan dari 4-15 mg. Untuk semua anak-anak usia 0-6 bulan dianjurkan sebanyak 4 mg, untuk anak-anak usia 7-12 bulan dianjurkan sebanyak 5 mg, untuk usia 1-3 tahun dianjurkan sebanyak 6 mg. Untuk usia 4-6 tahun sebanyak 7 mg, 9-13 tahun 11 mg, dan 14 tahun sampai usia dewasa adalah sebanyak 15 mg.

Sementara untuk ibu hamil dianjurkan mengonsumsi vitamin sebanyak 15 mg dan ibu menyusui sebanyak 19 mg.

Vitamin E sangat mudah diekskresikan tubuh, sehingga Anda tidak perlu khawatir adanya efek samping dan overdosis. Akan tetapi, untuk hasil optimum, lebih baik bila Anda mengonsumsi vitamin E berdasarkan standar yang telah dianjurkan. Jadi, sebaiknya Anda juga mengecek kadar vitamin E pada suplemen vitamin yang Anda konsumsi.

Bagaimana dengan dosis, bentuk, dan harganya?

Jika Anda mengonsumsi vitamin E setiap hari, Anda harus memerhatikan hal-hal yang penting seperti bentuk, dosis, dan harga produk agar Anda dapat mengonsumsinya dengan nyaman.

Perhatikan bentuk dan dosis suplemennya

Perhatikan bentuk dan dosis suplemennya

Bentuk atau wujud dari suplemen vitamin E memengaruhi kemudahan dalam mengonsumsinya. Di pasaran, bentuk suplemen vitamin E yang dijual bervariasi, misalnya butir, tablet, kapsul, atau cairan. Pilihlah bentuk yang paling mudah untuk ditelan atau dikonsumsi oleh Anda dalam jangka waktu lama. Bila Anda memilih bentuk tablet atau kapsul, Anda akan lebih mudah mengonsumsinya di mana saja. Selain itu, dosis yang harus Anda konsumsi setiap kali meminumnya juga menjadi lebih pasti.

Direkomendasikan juga bagi Anda untuk mengecek ukurannya agar Anda tidak kesulitan menelannya.

Pertimbangkan harganya

Pertimbangkan harganya

Bila Anda hendak mengonsumsi vitamin E setiap hari, ada baiknya Anda juga memerhatikan harga suplemen pilihan Anda.

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, tokoferol alami memang memiliki efek yang lebih baik dan cepat, tetapi umumnya memiliki harga yang lebih mahal. Oleh sebab itu, pilihlah produk vitamin E yang sesuai dengan anggaran Anda sehingga tidak mempersulit kondisi keuangan Anda.

Kandungan vitamin C dan komponen lainnya

Kandungan vitamin C dan komponen lainnya

Vitamin E mencegah penuaan sel karena memiliki sifat antikosidan. Sama halnya dengan vitamin E, vitamin A dan C juga memiliki sifat sebagai antioksidan.

Vitamin E bermanfaat untuk melawan ROS (Reactive Oxygen Species) alias radikal bebas yang menerpa tubuh manusia agar tidak berbahaya. Vitamin E yang sudah terkena radikal bebas akan kehilangan keefektifannya dalam bekerja. Sementara itu, vitamin C dapat mengembalikan keefektifan vitamin E sehingga kembali dapat melawan radikan bebas. Karena itulah, akan lebih baik bila Anda memilih suplemen vitamin E yang sekaligus juga mengandung vitamin C.

Beberapa produk suplemen vitamin E mengandung komponen lain yang juga bermanfaat bagi tubuh. Sinerginya dengan vitamin akan memberikan manfaat optimal bagi tubuh. Jadi, perhatikan setiap kandungan dalam produknya, ya.

10 Rekomendasi vitamin E terbaik

Selanjutnya kami akan merekomendasikan 10 produk vitamin E terbaik untuk Anda. Sebaiknya Anda juga mencari tahu informasi dan berkonsultasi dengan dokter Anda tentang vitamin E yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Pilihlah yang sesuai dengan Anda agar kesehatan Anda terjaga!

10. Ultimate Nutrition Vitamin E

10. Ultimate Nutrition Vitamin E

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 380.800

Membantu pembentukan otot dan mudah diserap tubuh Anda

Vitamin E ini sangat mudah untuk diserap oleh tubuh Anda karena keseluruhan komponennya terdiri dari senyawa tokoferol. Botolnya yang berwarna gelap dan tidak transparan mencegah vitamin E di dalamnya mudah rusah terkena paparan sinar matahari. Manfaat mengonsumsi suplemen vitamin E ini adalah untuk melancarkan kinerja insulin.

Dengan kinerja insulin yang meningkat, maka pembentukan otot Anda akan semakin cepat. Vitamin E ini merupakan antioksidan yang ampuh untuk mencegah atau menghambat penyakit degeneratif. Bila Anda ingin vitamin E yang bekerja cepat serta dapat membantu Anda untuk membentuk otot, Anda telah menemukan produk yang tepat.

9. Nutrimax™ Vitamin E 400 IU Water Soluble

9. Nutrimax™ Vitamin E 400 IU Water Soluble

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 220.000

Melindungi fungsi hati dan mengoptimalkan detoksifikasi

Produk ini mengandung komponen-komponen Vitamin E alami yang larut dalam air sehingga membantu mempercepat penyerapan vitamin E oleh tubuh. Kandungannya antara lain d-α-tokoferol yang paling mudah diserap tubuh serta chlorophyllin yang mampu melindungi hati dan mengoptimalkan fungsi detoksifikasi.

Dengan mengonsumsi vitamin ini, kesuburan Anda dapat meningkat, sirkulasi darah di seluruh tubuh menjadi lebih lancar, dan meningkatkan imun tubuh. Produk ini juga berkhasiat mencegah penyakit diabetes, kanker, dan lain-lain. Jika Anda tidak ingin mudah sakit serta ingin selalu menjaga kesehatan organ lever Anda, vitamin E ini cocok untuk Anda.

8. Vitacost Natural Vitamin E — 400 IU

8. Vitacost Natural Vitamin E -- 400 IU

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 319.000

Berbentuk kapsul cair sehingga mudah diserap tubuh

Meskipun vitamin E sehat bagi tubuh, tetapi tidak semua orang dapat mengonsumsinya. Misalnya adalah produk yang kurang cocok dikonsumsi ibu hamil dan menyusui ini. Meski begitu, produk ini punya segudang manfaat, lho! Tidak hanya untuk dikonsumsi, isi kapsulnya dapat dioleskan ke kulit untuk menghilangkan bekas luka, bekas jerawat, bahkan stretch mark!

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengoleskannya di kepala untuk mengurangi kerontokan rambut. Bila dikonsumsi, vitamin E ini akan memberi pertahanan tubuh dari polusi. Isi kapsul yang berwujud cari memungkinkan Anda untuk membuka kapsulnya dan meminum isinya saja. Bila Anda mengalami kesulitan dalam menelan kapsul obat bulat-bulat, produk ini jawabannya!

7. GNC Vitamin E 400 IU

7. GNC Vitamin E 400 IU

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 950.000

Bahan gelatin yang aman untuk kesehatan tubuh

Vitamin E ini mengandung jenis senyawa tokoferol alami dan dibungkus dengan kapsul dari gelatin yang aman untuk dikonsumsi. Kapsul gelatin yang kenyal membuat suplemen ini mudah untuk ditelan. Hal ini sangat membantu Anda ketika perlu mengonsumsi vitamin E setiap hari apalagi bila Anda harus mengonsumsi dua sampai tiga kapsul vitamin E per harinya.

Bahan kapsul gelatinnya juga bermanfaat bagi kelembutan, kelembapan, dan kebersihan kulit, bahkan menghilangkan jerawat. Botol yang tidak transparan melindungi vitamin E dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. Bila Anda mencari suplemen vitamin E yang penuh manfaat di setiap butir kapsulnya, suplemen vitamin E ini cocok untuk Anda.

6. Nature’s Plus Mixed Tocopherol Vitamin E 400 IU

6. Nature's Plus Mixed Tocopherol Vitamin E 400 IU

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 269.000

Aman dikonsumsi oleh Anda yang alergi gluten

Sesuai dengan mereknya, Vitamin E ini termasuk jenis alami karena diekstrak dari minyak kacang kedelai alami. Khasiatnya pun semakin optimal untuk menjaga kesehatan dengan kandungan senyawa β, γ, dan δ tokoferol. Produk ini memberikan konsumen yang terbaik karena dibuat dengan teknologi terkini untuk mencegah produk dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet.

Manfaatnya antara lain meningkatkan sensitifitas insulin pada orang dengan penyakit diabetes tipe 2 dan mencegah otot-otot menjadi kram. Lalu, tidak adanya gluten membuat orang yang sensitif gluten dapat mengonsumsinya. Jadi, apabila Anda penderita alergi gluten, produk ini sangat cocok untuk Anda.

5. Wellness Natural Vitamin E-400 IU

5. Wellness Natural Vitamin E-400 IU

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 213.000

Manfaatnya terbukti oleh lembaga penelitian terpercaya

Produk suplemen ini merupakan vitamin E alami yang berguna untuk mencegah penyakit stroke dengan melancarkan aliran darah dan mencegah penggumpalan darah. Produk ini juga mengurangi gejala panas menjelang menopause. Bahkan berdasarkan penelitian National Cancer Institute, produk ini terbukti mengurangi risiko kanker prostat pada perokok.

Vitamin E ini pun mampu melindungi mata dari oksidasi untuk mencegah katarak dan meningkatkan produksi sperma. Menariknya, vitamin E ini dapat dioleskan ke kulit wajah untuk menjaga kelenturan kulit. Jadi, bila Anda menginginkan produk suplemen vitamin E yang teruji manfaatnya, produk ini layak untuk Anda pertimbangkan.

4. Sea-Quill Full Spectrum of Tocopherol E-400 IU

4. Sea-Quill Full Spectrum of Tocopherol E-400 IU

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 384.000

Stabil dari suhu panas serta aman dikonsumsi jangka panjang

Vitamin E ini diekstrak dari wheat germ yang dikenal kaya akan vitamin E. Vitamin E yang terkandung di dalamnya adalah tipe alami dengan manfaat yang lebih efektif dan lebih aman dikonsumsi untuk jangka panjang daripada tipe sintetis. Jenisnya adalah d-α-tokoferol asetat yang lebih stabil terhadap suhu panas dibandingkan dengan d-α-tokoferol biasa.

Manfaatnya sangat banyak, antara lain mencegah penuaan dini, melancarkan sirkulasi darah, dan membantu mencegah penyakit Alzheimer. Selain itu, vitamin E ini juga dianjurkan bagi Anda yang sering stres. Bila Anda ingin vitamin E yang ampuh untuk menjaga kesehatan Anda, vitamin E ini patut untuk Anda pertimbangkan.

3. Nature’s Bounty Water Soluble E-400 IU

3. Nature's Bounty Water Soluble E-400 IU

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 435.000

Larut dalam air sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh

Vitamin E ini merupakan vitamin E jenis kombinasi antara tipe alami dan tipe sintetis. Banyak orang yang segan mengonsumsi vitamin E karena takut gemuk, tetapi akan lain cerita dengan produk ini. Suplemen vitamin E ini larut dalam air sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh.

Kombinasi senyawa tokoferolnya sangat membantu mencegah efek negatif dari asap rokok, asap kendaraan bermotor, serta radiasi dari sinar ultraviolet, serta mencegah munculnya flek-flek pada kulit. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi vitamin E tetapi tetap ingin mengontrol berat badan, vitamin E ini sangat patut masuk daftar belanja Anda.

2. Blackmores Natural E 250 IU

2. Blackmores Natural E 250 IU

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 153.000

Dosis yang pas untuk meningkatkan kesuburan pria

Vitamin E dengan dosis 250 IU (International Unit) ini mencegah efek radikal bebas yang berbahaya. Manfaat utama dari vitamin E ini adalah membantu mempertahankan kesehatan organ jantung serta dapat mengurangi oksidasi dari kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) untuk mengurangi risiko munculnya penyakit jantung koroner.

Dengan dosis 250 IU per hari atau setara dengan 168 mg, merupakan dosis terapeutik yang tepat untuk meningkatkan kesuburan pria. Jenis Vitamin E-nya adalah d-α-tokoferol untuk efek fisiologis yang lebih efektif. Jadi, untuk Anda yang ingin mengonsumsi vitamin E dengan dosis yang mencukupi bagi tubuh, vitamin E ini sangat cocok bagi Anda.

1. Puritan’s Pride Vitamin C & E 500 mg/400 IU with Rose Hips

1. Puritan's Pride Vitamin C & E 500 mg/400 IU with Rose Hips

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 443.520

Dua antioksidan yang sangat ampuh menjaga kesehatan kulit

Keunggulan produk vitamin E ini dibandingkan produk lainnya adalah adanya kandungan vitamin C di dalamnya. Tahukah Anda bahwa mengonsumsi vitamin E akan lebih efektif bila dibarengi dengan vitamin C? Paduan kedua vitamin ini akan menghasilkan antioksidan yang ampuh untuk menjaga kesehatan kulit, kuku, dan rambut Anda.

Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen, sedangkan vitamin E berperan untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Kandungn rose hips-nya menambah tinggi kadar vitamin C-nya dan juga berguna menjaga kesehatan pencernaan. Bila Anda menginginkan hasil optimal dari suplemen vitamin E, produk ini sangat tepat untuk Anda.

Kesimpulan

Kami telah memberikan tips cara-cara memilih vitamin E serta rekomendasi vitamin E terbaik untuk Anda. Ketika Anda hendak mengonsumsi vitamin E setiap hari, perhatikanlah dosis dan bentuk suplemen vitamin E yang Anda pilih. Pehatikan juga harganya agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilihlah suplemen vitamin E yang tepat dan nyaman dikonsumsi setiap hari untuk hidup yang lebih sehat!