• 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. 

Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 24 April 2020
  • 124.844 Views
Daftar isi

Cara memilih rice cooker

Rice cooker menentukan enak atau tidaknya nasi yang kita makan. Dengan memperhatikan poin-poin yang ada di bawah ini, pilihlah rice cooker yang bisa memasak nasi putih dengan lebih enak!

Perhatikan metode pemanasan untuk kualitas nasi yang baik

Pada dasarnya, rice cooker terbagi menjadi empat tipe, yaitu tipe IH, pressure IH, gas, dan tipe microcomputer. Setiap tipe menawarkan kualitas nasi dan harga yang berbeda tergantung metode pemanasannya.

Tipe IH : meningkatkan konveksi panas untuk kematangan yang merata

Untuk Anda penyuka nasi pera yang tetap terasa pulen, kami merekomendasikan rice cooker tipe induction heating (IH). Teknologi IH mampu memanaskan bagian dalam panci secara keseluruhan sehingga nasi bisa matang dengan sempurna. Tingkat panasnya yang tidak terlalu tinggi membuat nasi akan matang dengan tekstur yang sedikit pera, tetapi tetap terasa pulen.


Saat ini sudah banyak produk tipe IH yang dijual dengan harga terjangkau. Jika Anda bingung menentukan produk yang akan dipilih, Anda bisa memilih tipe ini. Harganya terjangkau, mudah dibersihkan, pula! Tipe ini cocok untuk membuat hidangan yang membutuhkan nasi bertekstur agak keras seperti nasi goreng, curry, semur, dan rendang.

Tipe pressure IH : mengeluarkan rasa lezat dan manis dari nasi

Rice cooker tipe pressure IH cocok bagi Anda penggemar nasi yang pulen dan empuk. Pressure IH adalah pengembangan lebih lanjut dari teknologi IH dengan menambahkan fitur pressure atau tekanan. Tingkat panasnya yang tinggi mampu mencapai hingga ke dalam nasi sehingga rasa lezat dan manis dari nasi bisa lebih keluar. Pada inner lid di tipe pressure IH terdapat pressure ball yang berfungsi mempersingkat waktu penanakan nasi.


Saat ini, beberapa produsen ternama seperti Tiger, Zojirushi, dan Panasonic lebih banyak mengeluarkan rice cooker tipe pressure IH daripada tipe lain. Tipe ini memang dianggap sebagai tipe yang terbaik, tetapi bukan berarti tipe lain tidak bagus untuk dipilih. Pilihlah tipe berdasarkan tekstur favorit serta cara penggunaan yang ternyaman menurut Anda.

Tipe gas : rasa nasinya seperti dimasak dengan tungku!

Tipe gas : rasa nasinya seperti dimasak dengan tungku!

Selain tiga tipe yang telah kami rekomendasikan di atas, rice cooker tipe gas juga bisa Anda jadikan pilihan. Anda bisa memasak nasi langsung di atas kompor gas dengan tipe ini. Rasa nasinya mirip seperti ketika Anda memasak nasi secara tradisional menggunakan tungku. Karena hasil nasi yang sangat enak, tipe gas sangat cocok untuk Anda para pencinta kuliner.


Tekstur nasi yang dihasilkan oleh rice cooker tipe gas lebih lengket dengan rasa manis dan lezat yang optimal. Kelebihan ini tidak dimiliki oleh tipe lainnya. Tidak heran banyak orang yang memilih tipe gas sebagai senjata menanak nasi! Perawatannya pun tidak merepotkan dan mudah dibersihkan. Anda bisa menggunakan LPG maupun city gas untuk bisa memasak dengan tipe ini.

Tipe microcomputer : untuk yang lebih mengutamakan harga

Rice cooker tipe microcomputer biasanya dijual dengan harga yang terjangkau. Tipe ini sangat populer di kalangan orang yang tinggal sendiri dan yang tidak ingin mengeluarkan budget besar untuk sebuah rice cooker.

Namun, karena panas yang dihasilkan hanya dari bawah, terkadang kematangan nasi menjadi tidak merata. Di samping itu, tipe ini juga memiliki kelemahan pada bagian panci yang tipis. Jika Anda menginginkan tipe microcomputer, pilihlah produk dengan panci yang cukup tebal.


Anda juga tidak bisa berharap banyak terhadap kualitas nasi yang dihasilkan. Nasi akan mudah mengeras ketika dipanaskan terus menerus selama 3 jam dengan tipe ini. Warna nasi pun akan berubah menguning dan menjadi kering setelah 8 jam.

Pilih berdasarkan bahan panci

Enak atau tidaknya nasi juga ditentukan oleh bahan yang digunakan pada panci bagian dalam. Bahan yang kerap digunakan pada rice cooker adalah baja, tembaga, dan keramik. Apa saja perbedaannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Bahan baja yang menjaga panas untuk menikmati kelezatan dan nutrisi pada nasi

Bahan baja yang mudah menghantar panas sangat cocok untuk rice cooker dengan tingkat panas tinggi seperti tipe pressure IH. Selain waktu masak yang lebih singkat, bahan ini juga bisa menjaga kelezatan dan nutrisi pada nasi. 


Produk berbahan baja tersedia dalam berbagai harga, mulai dari yang murah hingga mahal. Jika Anda ingin kelezatan optimal, tentu saja kami merekomendasikan produk yang berharga mahal. Kualitas dari produk yang dijual dengan harga murah biasanya kurang terjamin, bahkan permukaan antilengketnya cenderung mudah mengelupas. 


Panci berbahan baja rata-rata memiliki bobot yang berat. Jika Anda ragu dengan perawatannya, sebaiknya Anda langsung ke toko untuk mencoba mengangkatnya. Produk yang susah dicuci karena terlalu berat pasti akan merepotkan Anda.

Bahan tembaga untuk menghindari nasi matang tidak merata

Bahan tembaga memiliki konduktivitas termal atau penghantar panas yang tinggi sehingga dapat mentransfer panas lebih cepat daripada bahan baja. Berkatnya, nasi lezat dan manis dengan kematangan yang merata pun dapat Anda nikmati.


Beberapa produsen ternama menerapkan bahan multi-layer pada produknya dengan mencampur bahan tembaga dengan bahan lain agar lapisannya lebih tebal. Toshiba dan Panasonic terkenal mempunyai produk rice cooker dengan panci berbahan tembaga yang berkualitas.

Bahan keramik untuk fitur penghangat terbaik

Jika Anda kerap menggunakan fitur penghangat pada rice cooker, panci berbahan keramik sangat pas digunakan. Bahan keramik dapat menyimpan panas dengan baik sehingga suhu tidak akan mudah turun setelah dipanaskan. Tagihan listrik pun jadi lebih hemat! Meski membutuhkan waktu lebih lama untuk menjadi panas, panas yang disimpan oleh bahan ini lebih merata ke seluruh nasi. Jadi, tekstur serta rasa manis dari nasi juga dapat dirasakan secara optimal.


Namun, panci dengan bahan keramik cenderung membuat nasi mudah berkerak. Selain itu, Anda juga perlu lebih berhati-hati ketika mencucinya karena sifatnya yang cenderung mudah pecah dibandingkan bahan lain.


Panci dari bahan keramik yang berharga murah sekalipun mampu menjaga kandungan sari pati pada beras agar tidak menghilang. Sebagian besar rice cooker dengan panci bahan keramik biasanya menawarkan harga yang terjangkau. Tidak heran jika bahan ini disukai oleh semua kalangan!

Pilih kapasitas sesuai kebutuhan dan gaya hidup

Pilih kapasitas sesuai kebutuhan dan gaya hidup

Sebelum membeli, tentukan kapasitas rice cooker sesuai kebutuhan Anda. Untuk Anda yang tinggal sendiri, pilih produk yang berkapasitas 3 cup beras (0,5 liter). Namun, bagi keluarga beranggotakan 3 orang atau lebih, gunakan rice cooker dengan kapasitas minimal 5 cup (1 liter). Sedangkan, jika Anda memiliki anggota keluarga lebih dari 5 orang, pilihlah produk dengan kapasitas 8,5 cup (1,8 liter).


Demi mendapatkan nasi yang enak, hindari menanak nasi dengan kapasitas maksimal. Sebagai contoh, masaklah 0,5-2 cup pada rice cooker berkapasitas 0,5 liter, 1-4,5 cup untuk kapasitas 1 liter, dan 2-8 cup untuk kapasitas 1,8 liter. Beras yang diisi terlalu sedikit bisa membuat nasi akan mudah gosong. Sebaliknya, nasi juga tidak bisa matang secara merata jika dimasukkan terlalu banyak pada rice cooker.


Menentukan kapasitas rice cooker tidak hanya berdasarkan jumlah anggota keluarga, tetapi juga kuantitas konsumsi nasi sehari-hari. Ada baiknya Anda membeli rice cooker yang kapasitasnya satu tingkat lebih besar dari yang dianjurkan. Misalnya, belilah rice cooker berkapasitas 1 liter meski Anda hanya hidup berdua dengan pasangan. Rice cooker ukuran 0,5 liter memang cukup untuk sekali makan, tetapi Anda perlu memasak dua kali untuk makan sehari.

Perhatikan fitur tambahan agar lebih praktis

Perhatikan fitur tambahan agar lebih praktis

Pastikan produk pilihan Anda memiliki fitur yang dapat mendukung gaya hidup Anda sehari-hari. Jangan salah, sekarang ini rice cooker memiliki banyak fitur, lho! Mulai dari fitur berbagai mode masak hingga smartphone controlled untuk mengontrol pemasakan nasi melalui smartphone, Anda tinggal memilih yang sesuai kebutuhan.


Selain itu, ada juga fitur timer agar rice cooker memasak tepat pada waktu yang telah ditentukan. Cocok untuk Anda yang sibuk. Anda yang memiliki anak pasti juga akan terbantu jika ada fitur steam untuk memasak kue kukus pada rice cooker.


Pada umumnya, kotoran pada nasi akan keluar bersamaan dengan uap air. Kotoran dan uap air yang tertahan akan berpengaruh pada kelezatan nasi. Maka dari itu, jika Anda ingin nasi yang benar-benar enak, pilihlah rice cooker yang memiliki ventilasi uap air. 

Pilih yang mudah dibersihkan

Sebaiknya Anda memilih produk yang mudah dibersihkan karena rice cooker adalah produk yang digunakan setiap hari. Pertama, pilihlah produk dengan inner lid yang bisa dilepas supaya Anda bisa mencucinya dengan air. Kemudian, pilihlah yang bentuknya tidak terlalu rumit sehingga Anda dapat dengan mudah membersihkannya hingga ke sela-sela.


Rice cooker yang memiliki sedikit spare part juga akan membantu Anda dalam perawatan sehari-hari. Semakin banyak spare part, akan semakin repot pula Anda mencucinya.

10 Rekomendasi produk rice cooker terbaik

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan sepuluh produk rice cooker terbaik. Sambil mempertimbangkan cara memilih yang telah kami paparkan, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10
TipeTidak dijelaskan
Bahan panci Tidak dijelaskan
Kapasitas 2 liter
Fitur tambahanMemasak sup, bubur, kue・merebus・mengukus・menggoreng・timer・digital timing
9
TipeTidak dijelaskan
Bahan panciTidak dijelaskan
Kapasitas 0,8 liter
Fitur tambahanMengukus
8
TipeTidak dijelaskan
Bahan panci Eco ceramic
Kapasitas 2 liter
Fitur tambahanMengukus
7
TipeMicrocomputer
Bahan panciTidak dijelaskan
Kapasitas 1,8 liter
Fitur tambahanMemasak bubur, sup, kue・mengukus・penghangat
6
TipeGas
Bahan panciAluminium cor
Kapasitas 4-9 liter
Fitur tambahanAutomatic cut off
5
TipeTidak dijelaskan
Bahan panciGold iron
Kapasitas 2 liter
Fitur tambahanMemasak yoghurt, bubur bayi, bubur, sup, kue・mengukus・pemasakan cepat・penghangat・timer
4
TipeMicrocomputer
Bahan panci Tidak dijelaskan
Kapasitas 1 liter
Fitur tambahanMemasak sup・mengukus・pemasakan cepat・timer
3
TipeIH
Bahan panciLogam campuran
Kapasitas 1 liter
Fitur tambahanMemasak yoghurt, kue, sup・mengukus・smartphone controlled・pemasakan cepat
2

Zojirushi NP-HRQ18 XT 1,8 Liter

NP-HRQ18 XT

Rp 15.900.000,00

TipeIH pressure
Bahan panciKombinasi stainless steel, alumunium, dan platinum
Kapasitas 1,8 liter
Fitur tambahanMemasak nasi tim, long grain, bubur, sushi・mengukus・pemasakan cepat・timer・smart control
1
TipeIH
Bahan panciKeramik
Kapasitas 1,8 liter
Fitur tambahanMemasak kue, multi grain, sup・mengukus・pemasakan cepat・timer

Tabel perbandingan produk rice cooker terbaik

Gambar produk
1
Panasonic Rice Cooker 1

Panasonic

2
Zojirushi  NP-HRQ18 XT 1,8 Liter  1

Zojirushi

3
Xiaomi Mi Induction Heating Rice Cooker 1

Xiaomi

4
Philips  Penanak Nasi Fuzzy Logic 1

Philips

5
Yong Ma  Magic Com 1

Yong Ma

6
Rinnai Rice Cooker Gas 1

Rinnai

7
Cosmos  Digital Rice Cooker 1.8 L 1

Cosmos

8
Yong Ma Magic Com 1

Yong Ma

9
Sharp Apple Rice Cooker 1

Sharp

10
Mito  Digital Rice Cooker R5+ 8 in 1 2L 1

Mito

Nama produk

Rice Cooker

NP-HRQ18 XT 1,8 Liter

Mi Induction Heating Rice Cooker

Penanak Nasi Fuzzy Logic

Magic Com

Rice Cooker Gas

Digital Rice Cooker 1.8 L

Magic Com

Apple Rice Cooker

Digital Rice Cooker R5+ 8 in 1 2L

KeunggulanPanas merata dengan pemanas...Hasilkan empat tekstur nasi...Kontrol rice cooker dengan ...Listrik padam? Tenang, ada ...Pengontrol suhu otomatis un...Memasak nasi dengan kapasit...Nasi matang sempurna berkat...Panci antigores, antikarat,...Mempercantik ruangan dengan...Dengan delapan mode memasak...
HargaRp 6.800.000,00Rp 15.900.000,00Rp 1.299.000,00Rp 1.049.000,00Rp 704.500,00Rp 2.950.000,00Rp 599.000,00Rp 575.000,00Rp 545.000,00Rp 359.000,00
TipeIHIH pressureIHMicrocomputerTidak dijelaskanGasMicrocomputerTidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskan
Bahan panciKeramikKombinasi stainless steel, alumunium, dan platinumLogam campuranTidak dijelaskanGold ironAluminium corTidak dijelaskanEco ceramicTidak dijelaskanTidak dijelaskan
Kapasitas 1,8 liter1,8 liter1 liter1 liter2 liter4-9 liter1,8 liter2 liter0,8 liter2 liter
Fitur tambahanMemasak kue, multi grain, sup・mengukus・pemasakan cepat・timer Memasak nasi tim, long grain, bubur, sushi・mengukus・pemasakan cepat・timer・smart controlMemasak yoghurt, kue, sup・mengukus・smartphone controlled・pemasakan cepatMemasak sup・mengukus・pemasakan cepat・timerMemasak yoghurt, bubur bayi, bubur, sup, kue・mengukus・pemasakan cepat・penghangat・timerAutomatic cut offMemasak bubur, sup, kue・mengukus・penghangatMengukusMengukusMemasak sup, bubur, kue・merebus・mengukus・menggoreng・timer・digital timing
Tautan produk

Tips memasak nasi untuk hasil yang lebih enak

Selain cara memilih rice cooker yang sudah kami jelaskan di atas, cara memasak nasi pun sangat memengaruhi kualitas nasi yang dihasilkan. Simak tips untuk memasak nasi dari kami agar nasi buatan Anda menjadi lebih enak.

Gunakan baskom saat mencuci beras

Apakah Anda sering mencuci beras menggunakan panci rice cooker? Tujuan mencuci beras yaitu untuk menghilangkan kotoran dan bekatul pada setiap butir beras. Jika Anda mencuci dengan panci rice cooker, kotoran tersebut akan tertinggal di panci. Jadi, sebaiknya gunakan baskom atau wadah lainnya untuk mencuci beras.

Gunakan kulkas sebagai tempat penyimpanan

Mungkin Anda terkejut jika kami katakan bahwa tempat terbaik untuk menyimpan beras adalah kulkas. Namun, inilah faktanya! Penyimpanan yang salah dapat menyebabkan jamur dan menyebabkan beras menjadi rusak. Di dalam kulkas, beras dapat tersimpan dengan aman tanpa khawatir dengan suhu dan kelembapan.


Untuk menghasilkan nasi yang enak, beras sebaiknya dimasak dalam waktu sekitar dua bulan. Jika lebih dari itu, beras akan mulai mengeluarkan aroma sehingga kualitas rasanya akan menurun. Jadi, kami sarankan untuk mengonsumsinya sesegera mungkin.


Bagi Anda yang mulai tertarik untuk menyimpan beras di dalam kulkas, simpanlah di kulkas yang berukuran besar. Gunakan kulkas ukuran 500 liter supaya beras sebanyak 10 kg muat disimpan di dalamnya.

Baca juga rekomendasi produk rice cooker lainnya di sini

Saat ini sudah semakin banyak model rice cooker di pasaran. Masing-masing produk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apabila Anda ingin mengetahui lebih banyak rekomendasi produk sesuai dengan jenis dan modelnya, silakan cek artikel-artikel kami di bawah ini.  

Kesimpulan

Setelah membaca artikel kami, apakah Anda memiliki gambaran produk mana yang akan dipilih? Sesuaikan produk dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mempertimbangkannya dari tipe, fitur, kapasitas, dan juga bahan pancinya.

Mendapatkan produk yang tepat tentu akan membuat hari-hari Anda lebih menyenangkan karena dapat menikmati hidangan yang berkualitas. Jadi, telitilah dalam memilih, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    188.893 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Permainan game seperti PS4, online game, dan sebagainya adalah hiburan yang banyak diminati saat ini. Saat sedang memainkan game kesukaan Anda, tentunya Anda ingin bisa fokus merasakan dunia game tanpa gangguan. Selain visual, suara juga merupakan faktor yang membuat Anda dapat merasakan dunia game dengan optimal.Agar dunia game terasa semakin nyata, Anda harus menggunakan earphone gaming yang berkualitas, misalnya keluaran Shure, SoundPEATS, Marshall, atau Razer. Kali ini, kami akan membahas cara memilih earphone gaming dan rekomendasi produk terbaik yang paling diminati. Pilihlah yang sesuai dengan gaya bermain Anda!
    Elektronik rumah tangga
    78.383 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    100.820 Views
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan berkilau. Banyak produsen yang menawarkan catok pelurus rambut, seperti Philips, Elov, BaByliss, atau Revlon. Namun, Anda akan menemukan perbedaan fitur di tiap produk. Nah, berikut ini akan kami bahas beberapa tips cara memilih catok pelurus rambut beserta sepuluh produk rekomendasinya. Mari simak artikel berikut ini dan temukan catok pelurus rambut terbaik untuk Anda! Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    87.988 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda dapat menikmati pengalaman browsing di dunia internet yang bebas dari kendala, seperti putusnya koneksi atau buffering, dengan menjaga kestabilan koneksi internet di rumah dengan memasang wireless router. Wireless router adalah solusi untuk mendapatkan kualitas jaringan ketika menggunakan internet. Namun, sekarang ini sudah banyak produsen menjual wireless router dengan berbagai fitur dan keunggulan yang bervariasi sehingga sulit bagi pembeli untuk menentukan wireless router yang pas sesuai kebutuhan.Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana memilih wireless router, membandingkan produk yang terbaik dari sisi performa dan harga, serta merekomendasikan produk yang terbaik untuk Anda. Selain itu, juga akan dijelaskan tips memasang wireless router. Temukan wireless router terbaik Anda yang dapat memberikan kenyamanan ketika menggunakan internet.
    Elektronik rumah tangga
    68.653 Views
  • 10 Rekomendasi Flashdisk Terbaik Ukuran Mini (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Flashdisk Terbaik Ukuran Mini (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda berencana membeli flash disk atau USB flash drive, ada baiknya untuk mempertimbangkan versi mini yang ukurannya hanya sekitar 2-3 cm. Dengan kecepatan dan fitur lain yang serupa dengan USB biasa, Anda tidak akan merasa terganggu meskipun jika USB mini dibiarkan menempel pada PC atau laptop.Selain itu, saat ini kapasitas USB mini pun semakin beragam, termasuk yang bisa menyimpan data hingga 256 GB layaknya hard disk eksternal! Nah, kali ini kami akan membahas bagaimana cara memilih flash disk ukuran mini yang tepat, serta merekomendasikan produk terbaik untuk Anda jadikan pertimbangan. Mari temukan flash disk mini yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    5.970 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori