• 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Siapa sih yang tidak ingin makan nasi putih pulen yang baru matang dengan nikmat? Produk rice cooker yang ada di pasaran saat ini sudah sangat bervariasi, mulai dari rice cooker keluaran merek ternama seperti Cosmos, Miyako, Yong Ma, Kirin, rice cooker yang juga memiliki fitur penghangat nasi, sampai rice cooker yang dilengkapi dengan teknologi induction heating (IH). Tidak hanya untuk memasak nasi putih, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, menggoreng telur, membuat agar-agar, dan berbagai jenis makanan lainnya.

Kali ini kami akan memperkenalkan 10 produk rice cooker yang direkomendasikan dengan membandingkan harga dan keunggulan yang dimiliki masing-masing produk, kemudian mengurutkannya dalam format ranking. Kami juga akan memperkenalkan produk rice cooker yang bisa dibeli dengan harga murah namun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek terkenal yang harganya lebih mahal! Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 18 Desember 2019
  • 51.609 Views
Daftar isi

Cara memilih rice cooker

Masyarakat Indonesia sebagian besar mengonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok setiap hari. Tentunya, kita ingin menikmati nasi putih enak yang dimasak dengan rice cooker berkualitas bagus, kan? Sebetulnya, rice cooker juga merupakan salah satu penentu enak atau tidaknya nasi putih yang telah dimasak, lho! Oleh karena itu, tidak salah jika kami katakan bahwa diperlukan perhatian khusus ketika memilih produk rice cooker.
Dengan memperhatikan poin-poin yang ada di bawah ini, pilihlah rice cooker yang bisa memasak nasi putih dengan lebih enak!

Daya pemanas

Daya pemanas
Untuk bisa menanak nasi putih dengan rasa yang enak dan tekstur yang pulen, diperlukan daya pemanas yang tinggi. Daya pemanas tinggi ini menghasilkan perpindahan panas secara konveksi yang kemudian membuat beras bergerak ke segala arah lalu menjadi panas secara merata. Dengan begitu, nasi akan matang dengan baik dan siap untuk dinikmati.
Rice cooker memiliki 2 tipe, yaitu tipe induction heating (IH) dan tipe micro controller. Rice cooker tipe IH memiliki daya pemanas yang lebih kuat. Teknologi IH mampu memanaskan beras secara keseluruhan sehingga bisa meminimalisasi terjadinya kasus di mana nasi tidak matang secara merata. Rice cooker tipe IH ini cocok dipakai untuk memasak nasi dalam jumlah banyak untuk sekali masak.
Di antara rice cooker tipe IH, terdapat fitur pressure yang bisa menjadi nilai plus pada rice cooker. Setelah nasi matang pada suhu di atas 100 derajat Celsius, fitur pressure ini mampu menambah rasa enak pada nasi. Tidak hanya itu, fitur pressure ini juga dapat mempersingkat waktu memasak nasi dari biasanya dan bisa digunakan untuk jenis masakan lainnya.
Rice cooker tipe micro controller memasak nasi dengan cara yang sama seperti saat kita menanak nasi di panci menggunakan kompor gas. Panas yang dihasilkan dari bawah akan memanaskan beras yang ada di dalam rice cooker. Akan tetapi, rice cooker tipe ini rentan akan kasus di mana nasi tidak matang dengan rata. Meskipun begitu, hal ini tidak terlalu menjadi masalah untuk Anda yang biasa memasak nasi dalam jumlah sedikit. Selain itu, rice cooker tipe micro controller ini harganya lebih murah dibandingkan rice cooker tipe IH sehingga cocok untuk orang yang tinggal sendiri dan biasa memasak nasi dalam porsi sedikit. Akhir-akhir ini, rice cooker tipe micro controller yang memiliki daya pemanas tinggi juga sudah mulai dijual di pasaran, lho!

Bahan baku panci

Bahan baku panci
Tiap perusahaan rice cooker menggunakan panci yang terbuat dari bahan baku berbeda-beda. Namun, bahan baku panci yang kami rekomendasikan adalah yang terbuat dari keramik. Daya konduksi panas yang tinggi dari bahan keramik mampu menghasilkan perpindahan panas secara konveksi di dalam panci yang kemudian mempertahankan tekstur pulen pada nasi serta rasa manis yang dari awal sudah dimiliki oleh beras. Karenanya, nasi akan matang dengan rasa yang sangat enak.
Perawatan yang perlu dilakukan terhadap panci bahan keramik yang dilapisi coating pada permukaannya juga cukup mudah. Hanya dengan menggunakan detergen atau pembersih peralatan makan biasa, kotoran yang menempel pada panci bisa dihilangkan dengan mudah.
Akan tetapi, rice cooker dengan panci berbahan baku keramik keluaran merek terkenal rata-rata harganya sangat tinggi. Harga yang mahal biasanya membuat kita mengurungkan niat untuk membeli sebuah produk. Namun, harga mahal ini sepadan dengan kemampuan yang diberikan. Di antara para konsumen yang sudah mencoba, banyak yang mengatakan setuju bahwa rice cooker tipe ini benar-benar mampu menghasilkan nasi dengan rasa yang sangat enak.

Apakah nasi tetap enak meskipun sudah lama dihangatkan di rice cooker?

Apakah nasi tetap enak meskipun sudah lama dihangatkan di rice cooker?
Untuk orang yang memiliki anggota keluarga banyak, waktu makan dari masing-masing anggota keluarga tentunya berbeda-beda. Faktanya, tidak banyak keluarga di Indonesia yang dalam satu hari langsung bisa menghabiskan nasi yang ditanak dalam satu kali memasak.
Di saat seperti itu, rice cooker dengan fitur penghangat yang unggul memiliki peran penting untuk mempertahankan rasa manis dan enak dari nasi, meskipun mungkin tidak seenak seperti ketika baru matang.
Yang dimaksud dengan fitur penghangat yang kami rekomendasikan adalah rice cooker yang mampu membuat kondisi vakum di dalam panci hingga beberapa jam setelah nasi matang. Kondisi vakum ini akan mencegah terjadinya oksidasi pada nasi sehingga nasi tetap enak meskipun sudah lewat beberapa jam dari sejak nasi matang. Kami juga merekomendasikan produk rice cooker yang dilengkapi dengan fungsi isolasi yang mampu menjaga agar nasi tetap hangat.

10 Rekomendasi produk rice cooker

10
9
8
7
6

Yong MaYMC114 Magic Com Stainless

YMC 114 / MC 3480

Rp 509.000,00

5
4
3
2

SharpHD3128 Rice Cooker Jar Pro Ceramic

KSP8MY

Rp 459.000,00

1

Tabel perbandingan produk rice cooker terbaik

Gambar produk
1
Zojirushi  MC 3700 Digital Magic Com 1

Zojirushi

2
Sharp HD3128 Rice Cooker Jar Pro Ceramic 1

Sharp

3
Yong Ma  YMC 110 Digital Rice Cooker 1

Yong Ma

4
Mito  R5 Digital Rice Cooker 8in1 1

Mito

5
Rinnai MC 1380 Magic Com Digital 1

Rinnai

6
Yong Ma YMC114 Magic Com Stainless 1

Yong Ma

7
Philips  HD3030 Fuzzy Logic Rice Cooker 1

Philips

8
Xiaomi HD 3127 Magic Com Rice Cooker 1

Xiaomi

9
Cosmos  CRJ 3201D Rice Cooker 1

Cosmos

10
Panasonic BOLDe Titanium Eco Rice Cooker 1

Panasonic

Nama produk

MC 3700 Digital Magic Com

HD3128 Rice Cooker Jar Pro Ceramic

YMC 110 Digital Rice Cooker

R5 Digital Rice Cooker 8in1

MC 1380 Magic Com Digital

YMC114 Magic Com Stainless

HD3030 Fuzzy Logic Rice Cooker

HD 3127 Magic Com Rice Cooker

CRJ 3201D Rice Cooker

BOLDe Titanium Eco Rice Cooker

KeunggulanFungsi timer untuk memasak ...Fitur pelapis ProCeramic pa...Panci dengan elemen tembaga...Rice cooker desain futurist...Sistem one touch yang prakt...Rice cooker dengan lapisan ...5 lapisan pada panci untuk ...Panci 5 lapis terbuat dari ...Rice cooker futuristik deng...Rice cooker mini yang hemat...
HargaRp 504.000,00Rp 459.000,00Rp 700.000,00Rp 359.000,00Rp 495.000,00Rp 509.000,00Rp 705.000,00Rp 418.800,00Rp 495.000,00Rp 185.000,00
Tautan produk

Kesimpulan

Bagaimana kesan Anda setelah membaca artikel dari kami?
Produk rice cooker yang kami rekomendasikan di atas memiliki kemampuan dan pengoperasian yang berbeda-beda, namun semuanya mampu menghasilkan nasi putih yang enak. Pilihlah produk rice cooker yang paling cocok dengan kebutuhan Anda dengan menyesuaikan jumlah anggota keluarga dan aktivitas Anda sehari-hari. Nikmatilah nasi putih dengan rasa yang lebih enak setiap hari!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    103.985 Views
  • 10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda ingin dapat menonton program televisi favorit dengan kualitas gambar terlihat lebih detail dan nyata? Jika ya, pilihlah Smart TV dengan resolusi 4K atau biasa disebut juga ultra high definition (UHD). Saat ini sudah banyak dijual Smart TV 4K dengan harga yang bervariasi serta memiliki performa tinggi.Kami akan merekomendasikan berbagai produk terbaik Sony, Samsung, LG, dan sebagainya untuk Anda. Sebelumnya kami juga akan memberikan penjelasan cara memilihnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui lebih jelas TV 4K yang Anda butuhkan. Mari simak terus sampai habis!
    Elektronik rumah tangga
    39.959 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    44.061 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    52.334 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik untuk Self Cut (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik untuk Self Cut (Terbaru Tahun 2020)
    Anda yang memiliki anak laki-laki pasti mengalami betapa seringnya Anda harus mengantar mereka pergi ke salon atau tukang cukur karena rambut mereka yang cepat panjang. Demikian juga dengan para pria dewasa, hitunglah seberapa sering Anda harus pergi ke salon dalam setahun. Cukup boros dan kurang efisien, bukan?Sebenarnya Anda bisa berhemat tanpa perlu ke salon untuk mencukur rambut dengan cara mencukur rambut sendiri. Kali ini, kami akan memperkenalkan alat cukur rambut untuk pencukuran sendiri, Anda dapat mencukur rambut sendiri di rumah dan kapan saja. Yuk disimak artikel berikut yang akan mengulas cara memilih alat cukur dan lihat juga rekomendasi alat cukur yang kami pilihkan untuk Anda.
    Elektronik rumah tangga
    12.957 Views
  • 10 Rekomendasi SSD Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi SSD Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai media perekam data, SSD (Solid State Drive) dianggap mempunyai kemampuan yang lebih baik dibandingkan HDD. SSD sering digunakan sebagai media penyimpanan utama dengan tingkat kemampuan membaca dan menulis data yang cepat. Saat ini, ada banyak jenis SSD yang bisa Anda temukan di pasaran dengan kapasitas dan karakter yang beragam. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan menjelaskan cara memilih produk SSD yang sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, kami juga memberikan rekomendasi SSD terbaik, baik SSD internal maupun eksternal, seperti merek Sandisk, Seagate, hingga Samsung. Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    2.146 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori