10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Mungkin sebagian besar dari Anda membiarkan kucing peliharaan dilepaskan begitu saja berkeliaran di area rumah agar kucing tidak mengalami stres. Namun, sebaiknya Anda juga menyediakan kandang untuk kucing sebagai perlindungan atau bisa juga dijadikan tempat bagi kucing untuk tidur.

Banyaknya pilihan kandang kucing yang tersedia di pasaran terkadang membuat kita bingung harus membeli yang mana. Ukuran dan fitur yang ditawarkan juga sangat bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Kali ini kami akan memperkenalkan 10 kandang kucing yang direkomendasikan berdasarkan harga dan keunggulannya. Pilihlah yang paling nyaman untuk kucing Anda!

Daftar isi

Cara memilih kandang kucing

Pertama, kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli kandang kucing, termasuk di antaranya ukuran dan tinggi kandang. Jadi, silakan simak penjelasan berikut ini!

Perhatikan ukurannya dengan cermat

Saat memilih kandang kucing, mungkin kebanyakan orang mempertimbangkan ukurannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah tiga poin yang harus diperhatikan yang berkaitan dengan ukuran kandang.

Pilih ukuran kandang sesuai ruang yang tersedia

Pilih ukuran kandang sesuai ruang yang tersedia

Sebelum membeli kandang kucing, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan ruang untuk meletakkan kandang. Pada dasarnya sebagian besar kandang kucing tersedia dalam ukuran besar sehingga Anda juga membutuhkan cukup banyak ruang untuk meletakkannya. Oleh karena itu, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan tempat di mana Anda ingin meletakkan kandang tersebut dan mengukur seberapa besar ukuran kandang yang bisa tersedia di pasaran. Jangan lupa untuk mengukur ketinggiannya juga!

Dengan terlebih dahulu menentukan ukuran ruang yang tersedia, Anda bisa memilih kandang yang tepat. Jika ruangan Anda tidak terlalu besar, dianjurkan untuk memilih kandang kucing dengan ukuran yang lebih ramping.

Pilihlah kandang yang cukup tinggi

Pilihlah kandang yang cukup tinggi

Saat memilih kandang kucing, sebaiknya Anda juga memperhatikan tinggi kandang tersebut. Dengan tinggi yang cukup, kucing juga akan bebas bergerak sesuai dengan kebiasaannya. Jika tidak ada cukup ruang untuk bergerak, hal ini bisa menyebabkan stres pada kucing atau membuat kucing jadi sakit. Untuk melindungi kesehatan tubuh dan pikiran hewan peliharaan Anda, pilihlah kandang dengan tinggi cukup yang bisa digunakan dengan leluasa. Untuk ukuran standar kandang kucing, pilihlah yang mempunyai tinggi sekitar 120 cm.

Selain itu, pertimbangkanlah juga fakta bahwa kucing menyukai tempat yang tinggi. Pilihlah kandang yang mempunyai tingkatan dua sampai tiga tingkat agar kucing bebas bergerak naik turun di dalam kandang.

Pilih yang cukup luas untuk memuat toilet kucing

Pilih yang cukup luas untuk memuat toilet kucing

Saat memilih ukuran kandang kucing, pertimbangkan juga ukuran toilet yang mungkin harus Anda masukkan ke dalam kandang. Dengan adanya toilet, biasanya akan menyebabkan berkurangnya ruang untuk berjalan sehingga kucing akan merasa tidak nyaman. Jika Anda akan meletakkan toilet khusus di dalam kandang, dianjurkan untuk memilih kandang kucing yang cukup besar agar kucing tetap leluasa bergerak di dalamnya.

Pertimbangkan juga keamanan kandang

Keamanan kandang juga merupakan poin yang penting yang perlu diperhatikan. Di sini kami akan menjelaskan beberapa hal terkait aspek keamanan kandang.

Pilihlah yang aman untuk digigit oleh kucing

Pilihlah yang aman untuk digigit oleh kucing

Kucing mempunyai kebiasaan menggigit apa pun. Jadi, kucing bisa saja menggigit jaring kandang dan menelan cat yang terkelupas dari jaring kandang tersebut. Oleh karena itu, periksalah bahan rangka kandang terlebih dahulu, apakah aman untuk digigit. Atau pilihlah kandang yang catnya tidak mudah terkelupas.

Pilihlah yang kuat dan bisa menahan berat kucing dewasa

Pilihlah yang kuat dan bisa menahan berat kucing dewasa

Berat badan kucing dewasa biasanya berkisar antara 5-7 kg. Jika sebuah rak pada kandang tidak dapat menahan beban berat kucing, rak pada kandang bisa terlepas dan menyebabkan kucing terluka. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih kandang yang kuat dan kokoh serta mampu menahan beban ketika kucing melompat.

Pilih yang menggunakan roda agar mudah digerakkan

Pilih yang menggunakan roda agar mudah digerakkan

Tersedianya roda di bagian bawah kandang juga merupakan hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kandang kucing. Biasanya bagian bawah kandang akan kotor dengan pasir kucing, debu, atau rambut kucing yang rontok. Namun, ada beberapa kandang yang lumayan berat sehingga sulit untuk mengangkatnya.

Dengan adanya roda ini, Anda bisa menggerakkan kandang cukup dengan menggesernya sehingga bagian bawah kandang bisa dibersihkan dengan mudah. Jadi, untuk menjaga agar ruang tempat meletakkan kandang kucing tetap bersih, disarankan untuk memilih kandang yang menggunakan roda.

Kandang kucing berbahan plastik lebih mudah dibersihkan

Kandang kucing berbahan plastik lebih mudah dibersihkan

Sebagian besar kandang kucing terbuat dari bahan besi, tetapi ada juga yang menggunakan bahan plastik dan kayu. Kandang dengan bahan kayu terlihat lebih modis karena dirancang dengan sangat detail dan cocok juga dijadikan sebagai bagian dari interior ruangan. Namun, bahan tersebut lebih sulit untuk dibersihkan karena mudah menyerap bau dan kotoran.

Sementara itu, kandang dengan bahan plastik tergolong ringan dan mudah digerakkan. Tidak seperti besi, bahan plastik ini tidak berkarat sehingga bisa terlihat tetap bersih. Ini adalah keunggulan dari kandang yang terbuat dari bahan plastik di mana Anda bisa mencucinya dari kotoran dengan mudah.

Dibandingkan dengan kandang berbahan besi, bahan plastik tergolong lebih mahal karena mudah dirawat serta ringan sehingga mudah dipindah-pindahkan. Produk tipe ini bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang menginginkan kandang kucing yang ringan agar tidak menyulitkan dalam perawatannya.

10 Rekomendasi kandang kucing terbaik

Berikut ini, kami akan memperkenalkan 10 rekomendasi kandang kucing terbaik. Silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda dengan memperhatikan poin-poin cara memilih kandang kucing yang telah kami jelaskan sebelumnya. Jangan sampai salah pilih, ya!

10. Kandang Kucing Anjing Besi Lipat

10. Kandang Kucing Anjing Besi Lipat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 220.000

Kandang untuk anak kucing kesayangan Anda!

Kandang yang berwarna biru dengan ukuran ukuran 63 x 45 x 51 cm ini didesain kokoh dengan material yang tergolong antikarat dan sudut bulat yang aman untuk kucing kesayangan Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa ukuran tersebut tergolong kecil untuk kucing dewasa bergerak dengan bebas sehingga produk ini lebih disarankan untuk digunakan bagi anak kucing.

Selain itu, kandang kucing yang satu ini bisa dilipat ketika tidak sedang digunakan sehingga akan menghemat tempat penyimpanan bagi Anda yang memiliki ruangan yang kecil. Produk ini dilengkapi dengan dua pintu di bagian depan dan atas untuk memudahkan Anda mengeluarkan dan memasukkan kucing.

9. Cat Cage 12C Dua Tingkat

9. Cat Cage 12C Dua Tingkat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 309.000

Warna pink imut dengan rangka besi yang kokoh

Produk kandang kucing yang satu ini memiliki berat 6 kg serta didesain dengan material besi yang kuat dan kokoh untuk memungkinkan kucing memanjat dengan leluasa. Jika Anda ingin hewan peliharaan Anda betah di dalam kandang, maka kandang yang satu ini bisa menjadi pilihan!

Di samping itu, kandang ini terdiri dari dua tingkat yang tentu saja akan menambah kenyamanan untuk kucing Anda melakukan gerakan di dalam kandang sesuai dengan tingkah laku alaminya. Rangka besi kandang kucing ini juga dilapisi cat berwarna lembut sehingga memberikan tampilan yang imut.

8. NDpets Kandang Kucing D03

8. NDpets Kandang Kucing D03

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 350.000

Material kuat dan bisa dilipat untuk menghemat ruang

Produk kandang yang satu ini terbuat dari material yang kuat dan tahan lama dengan ukuran yang tergolong cukup besar bagi kucing Anda untuk bisa bermain dengan leluasa. Kandang kucing ini juga dilengkapi tatakan kotoran di bagian bawah sehingga tidak mengganggu ruang gerak kucing di dalam kandang.

Meskipun kandang ini didesain dengan hanya satu pintu di bagian sisi depan, ukurannya cukup besar dan akan memudahkan Anda mengeluarkan dan memasukkan kucing dewasa sekalipun. Material serta desain rangkanya juga dirancang untuk memudahkan saat dibersihkan serta dapat dilipat untuk memudahkan penyimpanan ketika kandang tidak digunakan.

7. Kandang Kucing Plastik Transparan

7. Kandang Kucing Plastik Transparan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 550.000

Kandang plastik yang aman bagi kucing dan mudah dibersihkan

Selain karena bobotnya yang ringan, kandang kucing yang terbuat dari bahan plastik juga tergolong sangat mudah dibersihkan, sangat tepat untuk Anda yang tidak mau repot membersihkan kotoran yang menempel. Meskipun bahannya terbuat dari plastik, kandang ini cukup kuat dan kokoh karena dibekali  frame dari besi sehingga aman untuk kucing Anda bermain di dalamnya.

Jika Anda merasa bosan dengan model kandang berbentuk kotak, produk ini bisa dilepas dan dipasang kembali dengan berbagai variasi bentuk sesuai keinginan dan kebutuhan. Namun, perlu diperhatikan bahwa kandang ini tidak memiliki penutup pada bagian atasnya. Anda harus lebih berhati-hati dan memastikan kucing tidak bisa keluar dengan mudah dari dalam kandang.

6. Petzoo Kandang Kucing 4 Tingkat

6. Petzoo Kandang Kucing 4 Tingkat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 836.000

Dilengkapi roda agar mudah menggeser kandang

Kandang kucing yang satu ini menggunakan material kawat logam dan dirancang dengan tinggi sekitar 107 cm sehingga bisa digunakan untuk induk maupun anak kucing. Kandang ini juga dilengkapi dengan dua pintu di bagian depan sehingga Anda bisa dengan mudah mengeluarkan dan memasukkan kucing baik saat berada di lantai bawah atau bagian atas kandang.

Produk ini didesain dengan empat tingkat dan tiga tangga sehingga mampu memberikan kebebasan kucing Anda bergerak dan memanjat dengan leluasa. Roda yang terdapat pada bagian bawah kandang ini juga akan sangat memudahkan Anda untuk menggesernya saat ingin membersihkan lantai di bagian bawah kandang.

5. Kandang Kucing 3 Tingkat dengan Hammock

5. Kandang Kucing 3 Tingkat dengan Hammock

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.575.000

Dilengkapi hammock untuk kenyamanan tidur si kucing

Ukuran kandang yang satu ini tergolong lumayan tinggi, yaitu sekitar 130 cm dengan tiga tingkat sehingga memberikan cukup ruang agar kucing Anda bebas bergerak. Selain untuk kucing, kandang ini juga cocok untuk beberapa jenis hewan peliharaan lain yang berukuran kecil, seperti hamster dan sugar glider.

Jika kandang sedang tidak dipakai, Anda bisa membongkarnya dengan mudah dan menyimpannya tanpa menghabiskan banyak tempat. Materialnya terbuat dari besi yang telah dilapisi cat anti karat sehingga aman bagi kucing Anda. Bagian dalam kandang juga dilengkapi dengan hammock (tempat tidur gantung) yang bisa digunakan kucing untuk bersantai dan tidur dengan nyaman.

4. Necoichi Portable Kandang Kucing

4. Necoichi Portable Kandang Kucing

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.300.000

Portabel dan nyaman dibawa ke mana saja

Untuk Anda yang senang bepergian dengan membawa kucing, perlindungan dan kenyamanan untuk kucing di dalam kandang tentunya sangat penting. Kandang merek Necoichi ini sangat direkomendasikan karena didesain portabel dan praktis dibawa ke mana saja. Kandang ini juga dilengkapi dengan alas berupa tikar yang mudah dibersihkan untuk menambah kenyamanan kucing.

Pintu kandangnya bisa digulung ke atas agar si kucing leluasa keluar dan masuk kandang saat Anda sudah tiba di tempat tujuan. Untuk mencegah kucing keluar dari kandang, pintunya juga dibekali ritsleting dengan bahan mesh di bagian pintu depan sehingga Anda tetap bisa mengecek kondisi kucing tersayang saat dalam perjalanan.

3. Kandang Kucing Kayu

3. Kandang Kucing Kayu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.400.000

Terbuat dari bahan kayu dengan desain yang modis

Tidak seperti material kandang kucing pada umumnya, produk yang satu ini terbuat dari bahan kayu berkualitas dengan ukuran 100 x 100 x 80 cm, cukup besar untuk memuat toilet khusus di dalam kandang. Desain rangkanya yang kuat serta ukurannya yang luas menjadikan kandang ini cocok sebagai tempat kucing Anda bermain dengan leluasa.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kandang berbahan kayu harus lebih sering dibersihkan agar menghindari jamur penyebab bau. Bagi Anda yang ingin meletakkan kandang ini di tempat yang mudah terlihat sebagai bagian dari interior ruangan, kandang kucing dengan bentuk yang modis dan warna kayu yang tidak mencolok ini bisa menjadi pilihan yang tepat!

2. Cool Runners Tall Small Wire Pet Crate

2. Cool Runners Tall Small Wire Pet Crate

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.015.000

Material yang aman dan muat untuk dua ekor kucing!

Jika Anda memiliki kebiasaan meletakkan kandang hewan peliharaan di luar rumah, kandang yang satu ini bisa menjadi pilihan. Materialnya ringan serta tahan karat sehingga tidak akan menjadi masalah jika terpapar sinar matahari langsung ataupun terkena hujan. Di samping itu, materialnya juga aman dan tidak beracun untuk kucing Anda yang memiliki kebiasaan menggigit apa saja.

Desainnya juga tergolong besar dan bisa menampung dua ekor kucing dewasa dalam satu kandang. Jika tidak ingin digunakan, kandang ini bisa dilipat untuk menghemat tempat penyimpanan di ruangan Anda. Kandang ini juga dilengkapi dengan faux sheepskin mattress yang lembut sehingga bisa menambah kenyamanan kucing Anda ketika beristirahat.

1. Little Giant Pet Lodge Small with Single Door

1. Little Giant Pet Lodge Small with Single Door

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.920.000

Cocok juga untuk membawa kucing ke luar rumah

Brand Little Giant telah mengeluarkan pet lodge series dalam berbagai ukuran, dan salah satunya adalah kandang berukuran 11 x 46 x 65 cm ini. Selain untuk penggunaan di rumah, kandang ini juga cocok untuk membawa hewan peliharaan Anda ke luar karena bagian atasnya dilengkapi pegangan untuk memudahkan mengangkat dan membawanya.

Bagian bawah kandang juga dilengkapi penampung kotoran berupa baki plastik ABS yang mudah dilepas untuk dibersihkan. Selain itu, kandang ini juga memiliki sudut-sudut yang bulat untuk memastikan keselamatan pemilik dan hewan peliharaan. Untuk keamanan kucing peliharaan Anda, pintu kandang juga dibekali dengan gerendel untuk menguncinya dengan baik.

Kesimpulan

Pada artikel kali ini, kami telah merekomendasikan kandang untuk kucing Anda di rumah. Bagaimana? Apakah Anda menemukan kandang yang sesuai dengan kebutuhan?

Perlu diingat, bahwa ada beberapa poin yang sangat penting sebelum membeli kandang kucing, mulai dari ukuran, bahan yang digunakan, dan sebagainya. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda untuk mendapatkan kandang terbaik yang akan membuat kucing senang!