• 10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Mungkin sebagian besar dari Anda kerap kali membiarkan kucing peliharaan berkeliaran di area rumah agar kucing tidak stres. Namun, sebaiknya Anda juga menyediakan kandang untuk kucing sebagai tempat perlindungan. Anda juga bisa menjadikan kandang kucing sebagai tempat bagi kucing untuk tidur.

Banyaknya pilihan kandang kucing yang bagus mungkin bisa membuat Anda bingung untuk memilih. Untuk memudahkan Anda, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi kandang kucing terbaik, misalnya dari merek Lucky. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan anabul kesayangan Anda.
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih kandang kucing

Di bawah ini, kami telah menyediakan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memilih kandang kucing. Dengan demikian, pemilihan kandang akan lebih mudah dan Anda tidak akan salah membeli.

Sesuaikan kandang dengan ukuran kucingnya

Saat memilih kandang kucing, ada baiknya untuk mengecek ukuran dan bobot kucingnya terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa mengecek area untuk meletakkan kandang. Kemudian, barulah Anda bisa mencari kandang kucing yang diinginkan. 

Untuk kitten atau anak kucing, pilihlah ukuran medium

Untuk kitten atau anak kucing, pilihlah ukuran medium

Biasanya, kitten atau anak kucing membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru ditempatinya. Anda bisa memulainya dengan menaruh kitten di kandang yang sudah disediakan. Anak kucing dari ras domestik umumnya memiliki bobot sekitar 0,5–4 kg. Oleh karena itu, Anda bisa memilih kandang kucing berukuran medium.

Untuk kucing besar atau dewasa, pilihlah ukuran jumbo

Untuk kucing besar atau dewasa, pilihlah ukuran jumbo

Kucing dewasa domestik umumnya memiliki berat sebesar 4-11 kg. Ukuran kandang kucing yang disediakan pun harus mampu menampung bobotnya tersebut. Hal ini berpengaruh dengan kenyamanan dan keamanan si kucing kesayangan. 


Saat ini, kandang kucing dewasa dengan ukuran besar atau jumbo sudah banyak tersedia di pasaran. Jadi, Anda akan lebih mudah menemukan kandang kucing ukuran besar dengan varian yang disediakan.

Perhatikan keamanan dari kandang tersebut

Keamanan kandang juga merupakan poin penting yang perlu diperhatikan. Di sini kami akan menjelaskan beberapa hal terkait aspek keamanan kandang.

Pastikan produk aman meski kucing menggigitnya

Pastikan produk aman meski kucing menggigitnya
Kucing mempunyai kebiasaan menggigit apa pun. Jadi, kucing bisa saja menggigit kandang dan menelan cat yang terkelupas. Maka itu, ketahui terlebih dahulu keamanan material yang digunakan untuk membuat kandang tersebut. Selain itu, cek juga mudah tidaknya cat terkelupas pada kandang pilihan Anda.

Pilih produk yang kuat dan bisa menahan berat kucing dewasa

Pilih produk yang kuat dan bisa menahan berat kucing dewasa
Seperti sudah kami singgung di atas, bobot kucing dewasa biasanya berkisar antara 4–11 kg. Jika rak pada kandang tidak dapat menahan bobot kucing, rak tersebut bisa terlepas dan menyebabkan kucing terluka. Jadi, pastikan Anda memilih kandang yang kuat dan kokoh serta mampu menahan beban ketika kucing melompat.

Cek fitur tambahan dari kandang kucing

Keunggulan tambahan pada kandang kucing juga bisa Anda perhatikan sebelum membeli produk. Hal ini akan membuat si anabul makin nyaman di kandangnya. 

Kandang yang cukup tinggi untuk kucing bermain bebas

Kandang yang cukup tinggi untuk kucing bermain bebas
Berada terlalu lama dalam kandang bisa membuat kucing Anda stres. Jika tidak ada cukup ruang untuk bergerak, kucing Anda bisa makin stres dan malah sakit. Untuk menjaga kesehatan kucing Anda, pilihlah kandang yang memungkinkan kucing untuk bergerak dengan leluasa.

Untuk ukuran kandang kucing yang ideal, pilihlah yang mempunyai tinggi sekitar 120 cm untuk kucing dewasa. Selain itu, kucing juga menyukai tempat yang tinggi. Sebaiknya pilih kandang yang mempunyai tingkatan 2-3 tingkat agar kucing bebas bergerak naik turun di dalam kandang.

Kandang yang cukup luas untuk memuat toilet kucing

Kandang yang cukup luas untuk memuat toilet kucing
Saat memilih kandang kucing, pertimbangkan juga ukuran toilet yang harus Anda masukkan ke dalamnya. Adanya toilet bisa menyebabkan berkurangnya ruang untuk berjalan sehingga kucing akan merasa tidak nyaman. Jadi, pilihlah kandang yang cukup besar agar kucing bisa tetap leluasa bergerak meski terdapat toilet di dalamnya.

Pertimbangkan produk yang memiliki roda agar mudah dipindahkan

Pertimbangkan produk yang memiliki roda agar mudah dipindahkan

Tersedianya roda di bagian bawah kandang juga merupakan hal yang perlu dipertimbangkan. Biasanya bagian bawah kandang akan kotor dengan pasir kucing, debu, atau bulu kucing yang rontok. Namun, ada beberapa kandang yang lumayan berat sehingga Anda mungkin akan kesulitan untuk mengangkatnya.

Dengan adanya roda, Anda bisa menggerakkan kandang cukup dengan menggesernya, kandang pun bisa dibersihkan dengan mudah. Jadi, untuk menjaga kebersihan kandang kucing lebih optimal, kami menyarankan Anda untuk memilih kandang yang menggunakan roda.

Tentukan material kandang kucing yang diinginkan

Tentukan material kandang kucing yang diinginkan
Sebagian besar kandang kucing terbuat dari bahan besi, tetapi ada juga yang berbahan plastik dan kayu. Kami akan menjelaskan secara detail bahan-bahan kandang kucing tersebut di bawah ini. 

  • Besi: Kandang dengan material ini lebih mudah ditemukan dibanding material lain. Material besi juga dikenal kuat sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan bobot kucing kesayangan. Namun, kebiasaan kucing yang senang menggigit harus Anda perhatikan jika memilih kandang dari besi. Hal ini untuk menghindari cedera pada kucing.

  • Plastik: Bobot ringan dan kemudahan perawatannya membuat kandang berbahan plastik mudah dipakai oleh siapa saja. Kandang berbahan plastik juga tergolong ringan dan mudah dipindahkan. Sayangnya, di Indonesia sendiri kandang yang seluruhnya terbuat dari plastik masih jarang ditemukan.

  • Kayu: Kandang berbahan kayu terlihat lebih modis dengan detail menawan dan cocok dijadikan sebagai bagian dari interior ruangan. Namun, bahan tersebut lebih sulit untuk dibersihkan karena mudah menyerap bau dan kotoran.

10 Rekomendasi kandang kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh kandang kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Paws N TailAnimal Cage

Mulai dari Rp 1.450.000,00

Ukuran78,5 cm × 47,7 cm × 64 cm
Dilengkapi roda
MaterialBesi
TingkatanTidak ada
9
Ukuran91 cm × 56 cm × 130 cm
Dilengkapi roda
MaterialBesi
Tingkatan2 tingkat
8

Kandang Kucing Kayu Jati

Mulai dari Rp 1.550.000,00

Ukuran50 cm × 50 cm × 80 cm
Dilengkapi rodax
MaterialKayu jati
TingkatanTidak ada
7
Ukuran92 cm × 63 cm × 141 cm
Dilengkapi roda
MaterialBesi
Tingkatan2 tingkat
6
Ukuran79 cm × 52 cm × 82 cm
Dilengkapi roda
MaterialBesi
Tingkatan2 tingkat
5
Ukuran79 cm × 52 cm × 141 cm
Dilengkapi roda
MaterialTidak disebutkan
Tingkatan4 tingkat
4
Ukuran60 cm × 40 cm × 70 cm
Dilengkapi rodax
MaterialBesi
Tingkatan1 tingkat
3
Ukuran90 cm × 60 cm × 60 cm
Dilengkapi roda
MaterialAluminium
Tingkatan1 tingkat
2
Ukuran92 cm × 60 cm × 68 cm
Dilengkapi rodax
MaterialTidak disebutkan
Tingkatan1 tingkat
1
Ukuran48 cm x 38 cm x 30 cm
Dilengkapi rodax
MaterialBesi
TingkatanTidak ada

Tabel perbandingan produk kandang kucing terbaik

Gambar produk
1
Lucky Kandang Kucing Size M 1

Lucky

2
Kandang Kucing Lipat Tanpa Roda XXL 1

3
Kandang Kucing Aluminium 1

4
Kandang Kucing Tingkat 1

5
Kandang Kucing 1

6
Kandang Kucing 3 Lantai 2 Tingkat 1

7
Cat Cage 1

8
Kandang Kucing Kayu Jati 1

9
Kandang Kucing dengan Hammock 1

10
Paws N Tail Animal Cage 1

Paws N Tail

Nama produk

Kandang Kucing Size M

Kandang Kucing Lipat Tanpa Roda XXL

Kandang Kucing Aluminium

Kandang Kucing Tingkat

Kandang Kucing

Kandang Kucing 3 Lantai 2 Tingkat

Cat Cage

Kandang Kucing Kayu Jati

Kandang Kucing dengan Hammock

Animal Cage

Keunggulan

Berukuran ringkas, bisa ditaruh di ruang yang luasnya terbatas sekalipun

Ukurannya besar, bisa dilipat pula!

Makin elegan dan mudah dibersihkan dengan alas keramik

Produk yang cukup tinggi dengan harga bersahabat di kantong

Ada empat tingkat rak tambahan, kucing pun makin asyik bermain

Harganya ekonomis, sudah dilengkapi roda juga, lho!

Superbesar! Bisa muat untuk banyak kucing

Kuatkan nuansa natural dalam ruangan Anda

Dilengkapi hammock untuk kenyamanan tidur si kucing

Pintu atasnya sangat besar, makin mudah memasukkan kucing

Harga mulai dariRp 150.000,00Rp 395.000,00Rp 849.000,00Rp 310.000,00Rp 1.375.000,00Rp 900.000,00Rp 1.840.000,00Rp 1.550.000,00Rp 1.650.000,00Rp 1.450.000,00
Ukuran48 cm x 38 cm x 30 cm92 cm × 60 cm × 68 cm90 cm × 60 cm × 60 cm60 cm × 40 cm × 70 cm79 cm × 52 cm × 141 cm79 cm × 52 cm × 82 cm92 cm × 63 cm × 141 cm50 cm × 50 cm × 80 cm91 cm × 56 cm × 130 cm78,5 cm × 47,7 cm × 64 cm
Dilengkapi rodaxxxx
MaterialBesiTidak disebutkanAluminiumBesiTidak disebutkanBesiBesiKayu jatiBesiBesi
TingkatanTidak ada1 tingkat1 tingkat1 tingkat4 tingkat2 tingkat2 tingkatTidak ada2 tingkatTidak ada
Tautan produk

Baca juga rekomendasi berbagai kandang lainnya di sini

Tidak hanya kucing, banyak orang memilih hamster, kelinci, atau anjing sebagai hewan peliharaan. Adanya kandang tentu akan membuat hewan peliharaan Anda makin aman dan nyaman. Kenali lebih jauh mengenai cara memilih dan rekomendasi seluruh kandang tersebut dengan membacanya di sini.

Kesimpulan

Pada artikel kali ini, kami telah merekomendasikan kandang untuk kucing Anda di rumah. Bagaimana, sudahkah Anda menemukan kandang yang sesuai dengan kebutuhan?

Perlu diingat bahwa ada beberapa poin yang sangat penting sebelum membeli kandang kucing. Ukuran, material yang digunakan, dan berbagai hal lainnya penting untuk Anda perhatikan. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda untuk mendapatkan kandang kucing yang tepat, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan penambah nafsu makan. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin kucing merek apa yang bagus?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, dan VITA-GEL. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada kalanya memilih pasir kucing membuat para cat mom dirundung dilema. Pasalnya, memilih pasir kucing tentunya membutuhkan perhatian khusus. Anda dituntut untuk dapat menemukan pasir kucing yang tak hanya nyaman dipakai oleh kucing, tetapi juga mudah dibersihkan dan wangi.Harga dan jenis pasir kucing sangatlah beragam. Tidak hanya itu, merk pasir kucing juga cukup banyak, seperti Cub n Kit, Sumo Cat, Catsan, Cature, dan lainnya. Lalu, bagaimana cara memilih cat litter yang sesuai dengan kebutuhan si kucing? Berikut ini adalah step by step memilih pasir kucing yang bagus. 
    Perawatan kucing
  • 10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Shampo kucing adalah produk perawatan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kucing kesayangan Anda. Ada berbagai macam shampo kucing, baik untuk kucing Persia, Anggora, maupun ras lainnya. Shampo kucing diformulasi sesuai kebutuhan dan permasalahan anabul. Ada shampo antikutu, antijamur, antikusut, dan antirontok. Bahkan, ada juga shampo untuk kucing bulu putih dan kucing long hair. Kami akan memberikan tips agar Anda dapat memilih shampo kucing yang bagus. Simak juga review shampo kucing dari merek populer, seperti Bio-Groom, Raid-All, dan I’m Organic. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    Diare merupakan masalah umum yang rentan terjadi pada kucing. Masalah ini dapat diketahui melalui kotoran yang dikeluarkannya. Normalnya, kotoran kucing berwarna cokelat tua, tidak terlalu keras atau lembek, dan tidak terlalu bau. Apabila kotoran kucing Anda lebih encer dan sangat bau, ada kemungkinan kucing mengalami diare.Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memberinya obat diare. Berikutnya, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan merek obat diare kucing yang bagus seperti Primacat dan Olive Care. Produk ini bisa ditemukan dengan mudah di e-commerce. Simak sampai habis, ya!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi  (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi (Terbaru Tahun 2022)
    Pasir kucing yang wangi merupakan must have item jika Anda memutuskan memelihara kucing. Pasir jenis ini akan menyerap bau menyengat yang disebabkan oleh kotoran atau kencing kucing. Tidak hanya itu, area sekitar litter box pun akan beraroma lebih segar. Dengan demikian, rumah akan terasa nyaman tak hanya bagi kucing, tetapi juga bagi Anda. Kong Irae, Maxi, Markotops, juga KitCat merupakan contoh merek pasir kucing yang wangi dan bagus di pasaran. Dalam artikel ini, kami telah menyiapkan tips cara memilih pasir kucing wangi. Kami juga sudah mencantumkan rekomendasi produknya. Selamat membaca!
    Perawatan kucing
  • 10 Shampo Anak Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Anak Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Anak kucing belum bisa self-grooming atau mengurus dirinya sendiri. Kulitnya pun sensitif sehingga memilih shampo untuknya membutuhkan perhatian yang khusus. Tentunya Anda tidak ingin penampilan dan kesehatan anak kucing Anda menjadi taruhannya karena salah memilih shampo, bukan?Menjaga kebersihan kucing kesayangan adalah hal yang tidak mudah. Untuk itu, penggunaan shampo kitten dari merek tepercaya, seperti Tropiclean, Earthbath, dan lainnya akan sangat membantu. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih shampo anak kucing yang bagus serta rekomendasi produknya untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.
    Perawatan kucing
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori