• 10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Mungkin sebagian besar dari Anda kerap kali membiarkan kucing peliharaan berkeliaran di area rumah agar kucing tidak stres. Namun, sebaiknya Anda juga menyediakan kandang untuk kucing sebagai tempat perlindungan. Anda juga bisa menjadikan kandang kucing sebagai tempat bagi kucing untuk tidur.

Banyaknya pilihan kandang kucing yang bagus mungkin bisa membuat Anda bingung untuk memilih. Untuk memudahkan Anda, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi kandang kucing terbaik, misalnya dari merek Lucky. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan anabul kesayangan Anda.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2021
  • 61.555 Views
Daftar isi

Cara memilih kandang kucing

Di bawah ini, kami telah menyediakan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memilih kandang kucing. Dengan demikian, pemilihan kandang akan lebih mudah dan Anda tidak akan salah membeli.

Sesuaikan kandang dengan ukuran kucingnya

Saat memilih kandang kucing, ada baiknya untuk mengecek ukuran dan bobot kucingnya terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa mengecek area untuk meletakkan kandang. Kemudian, barulah Anda bisa mencari kandang kucing yang diinginkan. 

Untuk kitten atau anak kucing, pilihlah ukuran medium

Untuk kitten atau anak kucing, pilihlah ukuran medium

Biasanya, kitten atau anak kucing membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru ditempatinya. Anda bisa memulainya dengan menaruh kitten di kandang yang sudah disediakan. Anak kucing dari ras domestik umumnya memiliki bobot sekitar 0,5–4 kg. Oleh karena itu, Anda bisa memilih kandang kucing berukuran medium.

Untuk kucing besar atau dewasa, pilihlah ukuran jumbo

Untuk kucing besar atau dewasa, pilihlah ukuran jumbo

Kucing dewasa domestik umumnya memiliki berat sebesar 4-11 kg. Ukuran kandang kucing yang disediakan pun harus mampu menampung bobotnya tersebut. Hal ini berpengaruh dengan kenyamanan dan keamanan si kucing kesayangan. 


Saat ini, kandang kucing dewasa dengan ukuran besar atau jumbo sudah banyak tersedia di pasaran. Jadi, Anda akan lebih mudah menemukan kandang kucing ukuran besar dengan varian yang disediakan.

Perhatikan keamanan dari kandang tersebut

Keamanan kandang juga merupakan poin penting yang perlu diperhatikan. Di sini kami akan menjelaskan beberapa hal terkait aspek keamanan kandang.

Pastikan produk aman meski kucing menggigitnya

Pastikan produk aman meski kucing menggigitnya
Kucing mempunyai kebiasaan menggigit apa pun. Jadi, kucing bisa saja menggigit kandang dan menelan cat yang terkelupas. Maka itu, ketahui terlebih dahulu keamanan material yang digunakan untuk membuat kandang tersebut. Selain itu, cek juga mudah tidaknya cat terkelupas pada kandang pilihan Anda.

Pilih produk yang kuat dan bisa menahan berat kucing dewasa

Pilih produk yang kuat dan bisa menahan berat kucing dewasa
Seperti sudah kami singgung di atas, bobot kucing dewasa biasanya berkisar antara 4–11 kg. Jika rak pada kandang tidak dapat menahan bobot kucing, rak tersebut bisa terlepas dan menyebabkan kucing terluka. Jadi, pastikan Anda memilih kandang yang kuat dan kokoh serta mampu menahan beban ketika kucing melompat.

Cek fitur tambahan dari kandang kucing

Keunggulan tambahan pada kandang kucing juga bisa Anda perhatikan sebelum membeli produk. Hal ini akan membuat si anabul makin nyaman di kandangnya. 

Kandang yang cukup tinggi untuk kucing bermain bebas

Kandang yang cukup tinggi untuk kucing bermain bebas
Berada terlalu lama dalam kandang bisa membuat kucing Anda stres. Jika tidak ada cukup ruang untuk bergerak, kucing Anda bisa makin stres dan malah sakit. Untuk menjaga kesehatan kucing Anda, pilihlah kandang yang memungkinkan kucing untuk bergerak dengan leluasa.

Untuk ukuran kandang kucing yang ideal, pilihlah yang mempunyai tinggi sekitar 120 cm untuk kucing dewasa. Selain itu, kucing juga menyukai tempat yang tinggi. Sebaiknya pilih kandang yang mempunyai tingkatan 2-3 tingkat agar kucing bebas bergerak naik turun di dalam kandang.

Kandang yang cukup luas untuk memuat toilet kucing

Kandang yang cukup luas untuk memuat toilet kucing
Saat memilih kandang kucing, pertimbangkan juga ukuran toilet yang harus Anda masukkan ke dalamnya. Adanya toilet bisa menyebabkan berkurangnya ruang untuk berjalan sehingga kucing akan merasa tidak nyaman. Jadi, pilihlah kandang yang cukup besar agar kucing bisa tetap leluasa bergerak meski terdapat toilet di dalamnya.

Pertimbangkan produk yang memiliki roda agar mudah dipindahkan

Pertimbangkan produk yang memiliki roda agar mudah dipindahkan

Tersedianya roda di bagian bawah kandang juga merupakan hal yang perlu dipertimbangkan. Biasanya bagian bawah kandang akan kotor dengan pasir kucing, debu, atau bulu kucing yang rontok. Namun, ada beberapa kandang yang lumayan berat sehingga Anda mungkin akan kesulitan untuk mengangkatnya.

Dengan adanya roda, Anda bisa menggerakkan kandang cukup dengan menggesernya, kandang pun bisa dibersihkan dengan mudah. Jadi, untuk menjaga kebersihan kandang kucing lebih optimal, kami menyarankan Anda untuk memilih kandang yang menggunakan roda.

Tentukan material kandang kucing yang diinginkan

Tentukan material kandang kucing yang diinginkan
Sebagian besar kandang kucing terbuat dari bahan besi, tetapi ada juga yang berbahan plastik dan kayu. Kami akan menjelaskan secara detail bahan-bahan kandang kucing tersebut di bawah ini. 

  • Besi: Kandang dengan material ini lebih mudah ditemukan dibanding material lain. Material besi juga dikenal kuat sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan bobot kucing kesayangan. Namun, kebiasaan kucing yang senang menggigit harus Anda perhatikan jika memilih kandang dari besi. Hal ini untuk menghindari cedera pada kucing.

  • Plastik: Bobot ringan dan kemudahan perawatannya membuat kandang berbahan plastik mudah dipakai oleh siapa saja. Kandang berbahan plastik juga tergolong ringan dan mudah dipindahkan. Sayangnya, di Indonesia sendiri kandang yang seluruhnya terbuat dari plastik masih jarang ditemukan.

  • Kayu: Kandang berbahan kayu terlihat lebih modis dengan detail menawan dan cocok dijadikan sebagai bagian dari interior ruangan. Namun, bahan tersebut lebih sulit untuk dibersihkan karena mudah menyerap bau dan kotoran.

10 Rekomendasi kandang kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh kandang kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Paws N TailAnimal Cage

Mulai dari Rp 1.450.000,00

Ukuran78,5 cm × 47,7 cm × 64 cm
Dilengkapi roda
MaterialBesi
TingkatanTidak ada
9
Ukuran91 cm × 56 cm × 130 cm
Dilengkapi roda
MaterialBesi
Tingkatan2 tingkat
8

Kandang Kucing Kayu Jati

Mulai dari Rp 1.550.000,00

Ukuran50 cm × 50 cm × 80 cm
Dilengkapi rodax
MaterialKayu jati
TingkatanTidak ada
7
Ukuran92 cm × 63 cm × 141 cm
Dilengkapi roda
MaterialBesi
Tingkatan2 tingkat
6
Ukuran79 cm × 52 cm × 82 cm
Dilengkapi roda
MaterialBesi
Tingkatan2 tingkat
5
Ukuran79 cm × 52 cm × 141 cm
Dilengkapi roda
MaterialTidak disebutkan
Tingkatan4 tingkat
4
Ukuran60 cm × 40 cm × 70 cm
Dilengkapi rodax
MaterialBesi
Tingkatan1 tingkat
3
Ukuran90 cm × 60 cm × 60 cm
Dilengkapi roda
MaterialAluminium
Tingkatan1 tingkat
2
Ukuran92 cm × 60 cm × 68 cm
Dilengkapi rodax
MaterialTidak disebutkan
Tingkatan1 tingkat
1
Ukuran48 cm x 38 cm x 30 cm
Dilengkapi rodax
MaterialBesi
TingkatanTidak ada

Tabel perbandingan produk kandang kucing terbaik

Gambar produk
1
Lucky Kandang Kucing Size M 1

Lucky

2
Kandang Kucing Lipat Tanpa Roda XXL 1

3
Kandang Kucing Aluminium 1

4
Kandang Kucing Tingkat 1

5
Kandang Kucing 1

6
Kandang Kucing 3 Lantai 2 Tingkat 1

7
Cat Cage 1

8
Kandang Kucing Kayu Jati 1

9
Kandang Kucing dengan Hammock 1

10
Paws N Tail Animal Cage 1

Paws N Tail

Nama produk

Kandang Kucing Size M

Kandang Kucing Lipat Tanpa Roda XXL

Kandang Kucing Aluminium

Kandang Kucing Tingkat

Kandang Kucing

Kandang Kucing 3 Lantai 2 Tingkat

Cat Cage

Kandang Kucing Kayu Jati

Kandang Kucing dengan Hammock

Animal Cage

Keunggulan

Berukuran ringkas, bisa ditaruh di ruang yang luasnya terbatas sekalipun

Ukurannya besar, bisa dilipat pula!

Makin elegan dan mudah dibersihkan dengan alas keramik

Produk yang cukup tinggi dengan harga bersahabat di kantong

Ada empat tingkat rak tambahan, kucing pun makin asyik bermain

Harganya ekonomis, sudah dilengkapi roda juga, lho!

Superbesar! Bisa muat untuk banyak kucing

Kuatkan nuansa natural dalam ruangan Anda

Dilengkapi hammock untuk kenyamanan tidur si kucing

Pintu atasnya sangat besar, makin mudah memasukkan kucing

Harga mulai dariRp 150.000,00Rp 395.000,00Rp 849.000,00Rp 310.000,00Rp 1.375.000,00Rp 900.000,00Rp 1.840.000,00Rp 1.550.000,00Rp 1.650.000,00Rp 1.450.000,00
Ukuran48 cm x 38 cm x 30 cm92 cm × 60 cm × 68 cm90 cm × 60 cm × 60 cm60 cm × 40 cm × 70 cm79 cm × 52 cm × 141 cm79 cm × 52 cm × 82 cm92 cm × 63 cm × 141 cm50 cm × 50 cm × 80 cm91 cm × 56 cm × 130 cm78,5 cm × 47,7 cm × 64 cm
Dilengkapi rodaxxxx
MaterialBesiTidak disebutkanAluminiumBesiTidak disebutkanBesiBesiKayu jatiBesiBesi
TingkatanTidak ada1 tingkat1 tingkat1 tingkat4 tingkat2 tingkat2 tingkatTidak ada2 tingkatTidak ada
Tautan produk

Baca juga rekomendasi berbagai kandang lainnya di sini

Tidak hanya kucing, banyak orang memilih hamster, kelinci, atau anjing sebagai hewan peliharaan. Adanya kandang tentu akan membuat hewan peliharaan Anda makin aman dan nyaman. Kenali lebih jauh mengenai cara memilih dan rekomendasi seluruh kandang tersebut dengan membacanya di sini.

Kesimpulan

Pada artikel kali ini, kami telah merekomendasikan kandang untuk kucing Anda di rumah. Bagaimana, sudahkah Anda menemukan kandang yang sesuai dengan kebutuhan?

Perlu diingat bahwa ada beberapa poin yang sangat penting sebelum membeli kandang kucing. Ukuran, material yang digunakan, dan berbagai hal lainnya penting untuk Anda perhatikan. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda untuk mendapatkan kandang kucing yang tepat, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda memelihara anjing atau kucing, membasmi kutu tentu bukanlah hal yang baru. Parasit yang merugikan hewan dan manusia ini dapat berkembang biak dengan cepat apabila dibiarkan. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan obat kutu anjing dan kucing yang dijual di pasaran atau rumah sakit hewan. Untuk membantu Anda, kami akan membagikan rekomendasi merk obat kutu kucing dan anjing, seperti Hartz, Revolution, dan NexGard. Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak informasinya dan temukan pembasmi kutu yang bagus untuk hewan peliharaan Anda!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    140.263 Views
  • 10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pasir hamster merupakan benda yang dibutuhkan hamster untuk keperluan toileting. Beberapa orang mungkin tidak menganggap benda ini penting, tetapi hamster akan merasa lebih nyaman apabila Anda menyediakannya. Selain higienis, pasir hamster juga akan memudahkan Anda ketika akan membuang kotoran hamster.Saat ini, pasir hamster tersedia dalam beberapa jenis bahan, seperti kayu, mineral, dan kertas. Kami akan mengulasnya satu per satu serta memberikan tips memilih pasir hamster yang sesuai dengan kebutuhan. Simak juga beberapa rekomendasi pasir hamster yang bisa Anda dapatkan secara online. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    41.084 Views
  • 10 Rekomendasi Kandang Ayam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kandang Ayam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang suka memelihara ayam, penting untuk Anda mengenal jenis-jenis kandang ayam. Jenis ayam pun berbeda-beda, ada ayam hias, seperti bekisar, ada juga ayam ternak yang dimanfaatkan telur atau dagingnya. Anda perlu menyesuaikan jenis ayam dan kandangnya, apakah perlu kandang ayam tradisional atau kandang modern. Bahan kandang ayam pun bermacam-macam, seperti bambu, kayu, atau baja ringan.Kami akan mengupas tuntas tentang kandang ayam dan memberikan tips serta rekomendasi produk yang bagus. Beberapa jenis kandang, seperti umbaran, baterai, dan kurungan, akan kami ulas untuk Anda. Simak selengkapnya di bawah ini!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    1.700 Views
  • 10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hiasan Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki akuarium indah dengan ikan yang sehat adalah salah satu terapi mata yang menyenangkan. Hal tersebut dipercaya bisa membuat Anda merasa lebih relaks, serta mengurangi tingkat stres. Selain itu, akuarium juga bisa difungsikan sebagai dekorasi ruangan. Dengan manfaat di atas, banyak orang ingin memiliki akuarium dengan hiasan yang cantik.Namun, sebagian orang masih kesulitan memilih hiasan yang sesuai untuk akuariumnya. Karena itu, kami akan memberikan tips cara menata akuarium di rumah Anda. Beberapa tanaman hias seperti Java moss, Lilaeopsis brasiliensis, serta hiasan rumah nanas SpongeBob akan kami ulas dengan lengkap.
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    32.171 Views
  • 10 Rekomendasi Rumah dan Tempat Tidur Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rumah dan Tempat Tidur Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai hewan yang gemar tidur, kucing membutuhkan rumah dan tempat tidur yang nyaman. Agar kucing kesayangan Anda bisa tidur dengan nyaman, sediakan tempat tidur yang sesuai dengan karakternya. Ada berbagai tipe tempat tidur kucing yang bisa Anda pilih seperti tipe rumah, body fit, tanpa atap, dan hammock.Banyaknya pilihan mungkin akan membuat Anda bingung. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih rumah dan tempat tidur untuk kucing. Kami juga akan mengulas rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Simak informasinya sampai habis, ya.
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    30.341 Views
  • 10 Rekomendasi Hammock Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hammock Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Cat hammock atau tempat tidur kucing gantung belakangan ini makin populer di kalangan cat lovers. Dengan ayunan pelan dari cat hammock, kucing Anda bisa beristirahat dengan relaks di atasnya. Akan tetapi, terdapat banyak tipe cat hammock di pasaran dengan beragam jenisnya. Jadi, cat hammock seperti apakah yang tepat untuk kucing Anda?Kami akan menjawab pertanyaan tersebut dengan merekomendasikan produk-produk cat hammock yang bagus untuk Anda. Tidak lupa, kami juga akan memaparkan cara memilihnya. Pilihlah produk terbaik dari rekomendasi kami dan ciptakanlah tidur yang berkualitas untuk kucing kesayangan Anda!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
    1.880 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori