• 10 Rekomendasi Mesin Amplas Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Amplas Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Amplas Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Amplas Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Amplas Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Mesin Amplas Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Mesin amplas elektrik dapat Anda gunakan untuk menghaluskan kayu dan berbagai jenis logam. Bila Anda suka memperbaiki sendiri furnitur yang dimiliki, tentu Anda harus memiliki alat ini. Namun, banyaknya merek mesin amplas elektrik seperti Maktec, Makita, dan Bosch mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang tepat.



Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Kemudian, kami juga akan memberikan daftar sepuluh rekomendasi mesin amplas elektrik terbaik untuk Anda. Dengan amplas elektrik, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan 20-30 menit lebih cepat dibanding menggunakan kertas amplas biasa. Yuk, baca terus untuk mengetahui lebih jauh!
  • Pembaharuan terakhir: 25 Mei 2020
  • 10.888 Views
Daftar isi

Apakah mesin amplas elektrik itu?

Pertama, kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai mesin amplas elektrik. Kami juga akan menginformasikan untuk Anda tipe-tipe mesin amplas elektrik.

Alat untuk menghaluskan kayu dan logam

Alat untuk menghaluskan kayu dan logam

Amplas elektrik adalah alat untuk menghaluskan kayu dan logam. Kertas amplas yang dipasang pada bagian bawah mesin amplas elektrik akan digesekkan dengan kayu atau logam hingga halus.


Permukaan kayu yang belum diampelas biasanya sangat kasar dan ada serat-serat kayu yang menyembul di permukaannya. Nah, untuk memudahkan proses pengecatan dan memperoleh finishing yang cantik, Anda harus menghaluskannya. Bila ukuran kayunya kecil, Anda bisa menggunakan kertas amplas saja. Lain halnya bila permukaan benda yang harus diampelas cukup luas. Tentu terasa merepotkan dan sulit untuk mengampelasnya menggunakan kertas amplas secara manual, bukan?


Amplas elektrik akan memudahkan proses mengampelas. Karena itulah, kaum profesional atau orang yang sering melakukan pekerjaan pertukangan biasanya memiliki alat ini.

Empat tipe mesin amplas elektrik

Secara umum terdapat empat tipe mesin amplas elektrik. Berikut kami akan jelaskan masing-masing tipe mesin amplas elektrik tersebut.

Amplas elektrik orbital : Dapat dipasangi kertas amplas biasa

Tipe ini akan melakukan gerakan mengampelas secara sirkular. Anda bisa menggunakan tipe ini untuk menghaluskan maupun melakukan finishing terakhir. Namun, kemampuan mengikisnya lebih lemah dibanding amplas elektrik tipe sabuk sehingga kurang cocok digunakan untuk mengikis cat.


Selain itu, Anda bisa memasangkan kertas amplas biasa berbentuk persegi pada tipe ini. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli kertas amplas khusus.

Amplas elektrik orbital acak : Mengampelas dengan kertas amplas bulat

Menggunakan kertas amplas berbentuk lingkaran, amplas orbital acak juga mengampelas secara sirkular. Dikarenakan permukaan amplasnya kecil, Anda dapat mengampelas pada permukaan datar dan melengkung. Anda juga bisa memasangkan sponge pada pad amplasnya sehingga cocok untuk waxing dan memoles permukaan cat mobil.



Anda tidak bisa memasangkan kertas amplas biasa pada mesin ini. Oleh karena itu, persiapkan biaya tambahan untuk membeli kertas amplasnya, ya!

Amplas elektrik delta : Cocok mengamplas bagian sempit

Amplas ini memiliki ujung bersudut tajam yang membuatnya terlihat menyerupai setrika. Karena ujungnya berbentuk segitiga, Anda bisa menggunakannya untuk memoles bagian sudut, area sempit, atau part lainnya. Sayangnya, tipe ini tergolong cukup sulit ditemukan di Indonesia. Selain itu, Anda juga harus menyediakan biaya tambahan untuk membeli kertas amplas khususnya.

Amplas elektrik sabuk : Berkemampuan tinggi untuk menghaluskan

Produk tipe ini memiliki kemampuan menghaluskan paling tinggi, sangat cocok untuk mengelupas cat atau menghaluskan permukaan yang kasar. Untuk menggunakannya, Anda cukup memasang kertas amplas pada belt-nya yang berbentuk seperti roda tank. Produk tipe sabuk juga tidak mudah tersumbat oleh debu atau kotoran sehingga Anda dapat mengampelas lebih cepat. Tipe ini umumnya digunakan oleh para profesional.

Cara memilih mesin amplas elektrik

Terdapat empat tipe amplas elektrik dan Anda harus memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, berikut akan kami jelaskan cara memilihnya.

Pilih tipe amplas elektrik orbital sebagai opsi pertama

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, terdapat empat tipe mesin amplas elektrik. Namun, kami menyarankan Anda untuk memilih tipe amplas elektrik orbital bila Anda baru akan membelinya pertama kali. Hal ini disebabkan amplas elektrik orbital sangat versatile meski kemampuan menghaluskannya lebih rendah dibanding tipe lain. Tipe ini cocok untuk Anda gunakan dalam segala kondisi dan berbagai tujuan. Karena faktor tersebut, banyak yang menyukai tipe ini. Toh, Anda tetap dapat membeli tipe lainnya jika memang dibutuhkan, bukan?

Pilih produk berdasarkan ada tidaknya penampung debu

Serbuk yang dihasilkan saat mengampelas dapat membahayakan tubuh Anda bila sampai terhirup. Maka dari itu, pilihlah produk yang memiliki penampung debu.


Anda dapat mengeluarkan serbuk debu dari wadah penambung debu dengan mudah. Selain itu, ada juga produk yang penampung debunya dijual secara terpisah.


Akan tetapi, keberadaan penampung debu tetap tidak dapat melindungi Anda dari debu 100%. Jadi, pastikan Anda mulai bekerja setelah membuka jendela ruangan dan ventilasi lainnya. Anda juga dapat menggunakan masker, google, atau peralatan lainnya untuk melindungi diri dari serbuk debu.

Pastikan kecocokannya dengan kertas amplas yang umum tersedia

Kertas amplas sangat dibutuhkan untuk mengampelas. Ketika kertas tersebut sudah tidak bisa digunakan, Anda harus segera menggantinya. Karenanya, tentu akan lebih ekonomis jika Anda bisa menggunakan kertas amplas dengan harga bersahabat. Tipe orbital cocok dengan hampir semua jenis kertas amplas yang tersedia. Anda cukup memotong dan menempelkan kertas amplas di bagian pad mesin tersebut. Kemudian, Anda bisa langsung melanjutkan pekerjaan. Nah, jika informasi terkait kesesuaian kertas amplas tidak tersedia, itulah saatnya Anda mencari informasi tambahan dari review pengguna.


Pada produk tertentu, pada bagian pad-nya terdapat magic tapes yang kompatibel dengan kertas amplas velcro. Kertas tersebut memang memiliki harga lebih mahal. Namun, Anda dapat lebih mudah menempel dan melepaskannya dari pad amplas elektrik. Kemudian, Anda juga bisa menggunakan kertas amplas dengan desain berlubang seperti pada gambar di atas. Lubang tersebut berguna untuk memudahkan debu masuk ke tempat penampungan debu.

Pilih produk dengan tingkat kebisingan rendah

Pilih produk dengan tingkat kebisingan rendah

Sebetulnya mesin amplas elektrik adalah mesin bersuara bising. Oleh karena itu, pilihlah mesin amplas elektrik yang menghasilkan suara sekecil mungkin atau dapat diatur kecepatan perputarannya. Tentu putaran rendah akan menghasilkan suara lebih pelan juga.


Produk yang kecepatannya bisa diubah sesuai kebutuhan akan sangat nyaman digunakan. Anda bebas mengatur kecepatan sesuai area yang hendak diampelas. Dengan begitu, pekerjaan pun dapat berlangsung dengan lebih tenang, deh!

10 Rekomendasi mesin amplas elektrik terbaik

Sekarang, kami akan segera memberikan rekomendasi mesin amplas elektrik terbaik. Mari simak selengkapnya dan temukan produk yang paling cocok untuk Anda!

10
TipeOrbital
Dilengkapi penampung debuTidak
Kecepatan rotasi14.000 rpm
9
TipeOrbital
Dilengkapi penampung debuYa
Kecepatan rotasiTidak disebutkan
8
TipeOrbital
Dilengkapi penampung debuYa
Kecepatan rotasi12.000 rpm
7
TipeSabuk
Dilengkapi penampung debuYa
Kecepatan rotasi380 rpm
6
TipeOrbital Acak
Dilengkapi penampung debuTidak
Kecepatan rotasi0-3.000 rpm
5
TipeOrbital acak
Dilengkapi penampung debuYa
Kecepatan rotasi12.000 rpm
4
TipeOrbital acak
Dilengkapi penampung debuYa
Kecepatan rotasi12.000 rpm
3
TipeOrbital acak
Dilengkapi penampung debuTidak disebutkan
Kecepatan rotasi4.700 rpm
2
TipeSabuk
Dilengkapi penampung debuTidak
Kecepatan rotasi980-5.600 ft/min
1
TipeOrbital acak
Dilengkapi penampung debuYa
Kecepatan rotasi4.000-12.000 opm

Tabel perbandingan produk mesin amplas elektrik terbaik

Gambar produk
1
Makita 5" Random Orbital Sander 1

Makita

2
Makita 3/8" x 21" Belt Sander 1

Makita

3
Makita Disc Sander  1

Makita

4
Bosch  Random Orbit Sander 1

Bosch

5
Maktec Round Sander  1

Maktec

6
Modern Amplas Elektrik Orbital Acak  1

Modern

7
Modern Power Tools  1

Modern

8
Maktec Finishing Sander 1/3 Sheet 1

Maktec

9
NRT-PRO  Amplas Elektrik Orbital  1

NRT-PRO

10
Modern Amplas Elektrik Orbital  1

Modern

Nama produk

5" Random Orbital Sander

3/8" x 21" Belt Sander

Disc Sander

Random Orbit Sander

Round Sander

Amplas Elektrik Orbital Acak

Power Tools

Finishing Sander 1/3 Sheet

Amplas Elektrik Orbital

Amplas Elektrik Orbital

KeunggulanProduk kaya fitur yang harg...Kini Anda bisa finishing ma...Bisa untuk mengampelas lima...Dust extraction makin maksi...Kian praktis digunakan deng...Digenggam satu atau dua tan...Tipe belt yang harganya ter...Nyaman digenggam dengan sof...Cegah overheat dengan adany...Kecepatannya tinggi, tetapi...
HargaRp 2.084.800,00Rp 3.550.000,00Rp 3.595.000,00Rp 1.332.000,00Rp 824.500,00Rp 700.000,00Rp 536.000,00Rp 650.000,00Rp 284.200,00Rp 255.000,00
TipeOrbital acakSabukOrbital acakOrbital acakOrbital acakOrbital AcakSabukOrbitalOrbitalOrbital
Dilengkapi penampung debuYaTidak Tidak disebutkanYaYaTidakYaYaYaTidak
Kecepatan rotasi4.000-12.000 opm980-5.600 ft/min4.700 rpm12.000 rpm12.000 rpm0-3.000 rpm380 rpm12.000 rpmTidak disebutkan 14.000 rpm
Tautan produk

Baca juga rekomendasi berbagai mesin pertukangan di sini

Baik untuk hobi maupun pekerjaan pertukangan, banyak mesin yang dapat mempermudah pekerjaan Anda. Mesin gergaji, impact drill, dan mesin serut kayu sangat fungsional untuk digunakan. Saatnya mengetahui lebih jauh mengenai seluruh produk tersebut dengan membacanya di sini!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan rekomendasi mesin amplas elektrik dengan berbagai spesifikasi dan fitur berbeda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat?


Efisiensi waktu dan tenaga saat Anda melakukan pekerjaan pertukangan akan meningkat pesat ketika Anda menggunakan mesin amplas elektrik yang tepat. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih produk yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bor listrik saat ini bukanlah merupakan perkakas khusus untuk tukang saja. Mesin bor merupakan alat yang sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini juga penting bagi Anda yang suka mengerjakan kerajinan tangan atau proyek Do It Yourself (DIY).Ada berbagai merek bor listrik di pasaran: Bosch, Makita, Black & Decker, dan banyak lainnya. Ada bor listrik untuk profesional dan ada juga untuk pemula. Artikel ini akan sangat berguna bagi Anda untuk memilih bor listrik. Selain itu, kami juga memberi 10 rekomendasi bor listrik terbaik untuk Anda. Mari disimak!
    DIY & tools
    78.181 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Bila Anda menggunakan lem lain, logam mungkin dapat melekat, tetapi mungkin kurang kuat dibanding memakai lem logam. Pada saat membeli, Anda mungkin bingung memilih di antara banyaknya merek. Masing-masing produk memiliki karakteristik tersendiri, misalnya tahan panas, tahan air, dan tahan guncangan.Melalui artikel ini, kami akan membahas mengenai cara memilih lem untuk logam dan juga memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih. Merek yang sudah populer seperti Aica-Aibon, UHU, Loctite, dan Dextone pun ada, lho. Selamat membaca!
    DIY & tools
    60.084 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika Anda menyekrup bagian yang tebal saat merangkai produk furnitur, Anda akan kesulitan melakukannya bila hanya menggunakan obeng. Pada saat itulah sebaiknya Anda gunakan mesin bor beton atau biasa disebut impact drill. Banyaknya merek impact drill seperti Makita, Bosch, Hitachi, atau DeWALT di pasaran bisa saja membuat Anda bingung memilih.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton terbaik. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda satu sama lain. Kami harap Anda dapat menemukan mesin bor beton yang akan membantu pekerjaan Anda melalui artikel ini. Selamat membaca!
    DIY & tools
    33.497 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lem kuat atau lem super dapat melekatkan berbagai permukaan benda dengan erat. Lem ini adalah sahabat bagi Anda yang gemar membuat kerajinan tangan DIY (do-it-yourself) atau sekadar untuk memperbaiki bagian barang. Namun, terdapat banyak merek dan tipe lem kuat di pasaran. Tahukah Anda produk seperti apa yang berkualitas?Kami telah mengumpulkan informasi mengenai lem kuat dengan performa baik dan ramah di kantong. Kami juga akan memaparkan tips menggunakannya. Terdapat berbagai merek, seperti UHU dan Aica-Aibon. Temukan produk yang paling pas dengan tujuan penggunaan Anda!
    DIY & tools
    8.269 Views
  • 10 Rekomendasi Pengasah Pisau Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pengasah Pisau Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat pisau yang Anda miliki mulai tumpul, Anda memerlukan pengasah pisau untuk mengembalikan ketajamannya. Pada zaman dahulu, pengasah pisau hanya berupa batu asahan. Namun, kini juga ada pengasah pisau dalam bentuk stick, portable, bahkan elektrik.Dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan berbagai pengasah pisau yang populer seperti Kleva, Tanica, Sharp, Surmene, Ikea, Victorinox, dengan membandingkan harga dan jenisnya. Pengasah pisau ini bisa Anda dapatkan secara mudah di online store langganan Anda. Mari buat momen memasak menjadi menyenangkan karena pisau-pisau Anda sudah kembali tajam!
    DIY & tools
    18.850 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Serut Kayu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin serut kayu yang biasa disebut juga mesin ketam atau planer berguna untuk menghaluskan permukaan kayu yang tidak rata. Dengan begitu, proses finishing kayu pun menjadi lebih mudah. Meski begitu, banyaknya mesin serut kayu yang berbeda spesifikasi satu sama lain mungkin bisa membuat Anda bingung memilih.Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi mesin serut kayu terbaik. Anda akan menemukan berbagai produk keluaran Bosch, AEG, Makita, dan sebagainya di sini. Pilihlah produk yang paling sesuai kebutuhan agar pekerjaan Anda semakin cepat selesai!
    DIY & tools
    19.641 Views
  • 10 Rekomendasi Topeng Binatang Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Topeng Binatang Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memakai topeng binatang dapat membuat penampilan Anda terlihat semakin meriah dan menarik saat menghadiri pesta kostum atau event tertentu. Berbagai jenis topeng sudah banyak tersedia di pasaran, seperti topeng kuda, kelinci, monyet, dan sebagainya. Selain itu, bentuk dan bahan dasar yang digunakan pun menjadikannya semakin nyaman dikenakan. Ada jenis topeng half face dan topeng full face yang dapat Anda pilih sesuai mood dan selera. Berikut akan kami rekomendasikan sepuluh pilihan topeng binatang terbaik untuk Anda beserta cara memilihnya. Yuk, bersenang-senang menggunakan topeng binatang!
    DIY & tools
    1.726 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori