10 Rekomendasi Mesin Amplas Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mesin Amplas Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Mesin amplas elektrik dapat Anda gunakan untuk menghaluskan kayu dan berbagai jenis logam. Bila Anda suka memperbaiki sendiri furnitur yang Anda punya, tentu Anda harus memiliki alat ini. Namun, dengan banyaknya merek mesin amplas elektrik, mungkin Anda merasa agak kesulitan saat hendak memilih produk yang tepat.

Oleh karena itu, kali ini kami tidak hanya akan menjelaskan cara memilihnya, tetapi juga memberikan daftar 10 rekomendasi mesin amplas elektrik terbaik untuk Anda. Dengan amplas elektrik, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan  20-30 menit lebih cepat dibanding menggunakan kertas amplas biasa. Jadi, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Daftar isi

Apakah mesin amplas elektrik itu?

Pertama, kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai apa itu mesin amplas elektrik.

Alat untuk menghaluskan kayu dan logam

Alat untuk menghaluskan kayu dan logam

Amplas elektrik adalah alat untuk menghaluskan kayu dan logam. Kertas amplas yang dipasang pada bagian bawah mesin amplas elektrik akan digesekkan dengan kayu atau logam hingga halus.

Permukaan kayu yang belum diampelas biasanya terasa kasar dan ada serat-serat kayu yang menyembul di permukaannya. Nah, untuk memudahkan proses pengecatan dan memperoleh finishing yang cantik, Anda harus menghaluskannya. Bila ukuran kayunya kecil, Anda cukup menggunakan kertas amplas saja. Akan tetapi, bila permukaan benda yang harus diampelas cukup luas, tentu terasa merepotkan dan sulit untuk mengampelasnya menggunakan kertas amplas secara manual, bukan?

Amplas elektrik akan memudahkan proses mengampelas. Karena itulah, kaum profesional atau orang-orang yang sering melakukan pekerjaan pertukangan biasanya memiliki alat ini.

Empat tipe mesin amplas elektrik

Secara umum terdapat empat tipe mesin amplas elektrik. Berikut kami akan jelaskan masing-masing tipe mesin amplas elektrik tersebut.

Amplas elektrik orbital : dapat dipasangi kertas amplas biasa

Amplas elektrik orbital : dapat dipasangi kertas amplas biasa

Tipe ini akan melakukan gerakan mengampelas secara sirkular. Anda bisa menggunakan tipe ini untuk menghaluskan maupun melakukan finishing terakhir. Namun, karena kemampuan mengikisnya lebih lemah dibanding amplas elektrik tipe sabuk, tipe ini kurang cocok digunakan untuk mengikis cat.

Anda bisa memasangkan kertas amplas biasa berbentuk persegi pada tipe ini sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli kertas amplasnya.

Amplas elektrik orbital acak : mengampelas dengan kertas amplas bulat

Amplas elektrik orbital acak : mengampelas dengan kertas amplas bulat

Menggunakan kertas amplas berbentuk lingkaran, amplas orbital acak ini juga mengampelas secara sirkular. Dikarenakan permukaan amplasnya kecil, Anda tidak hanya dapat mengampelas pada permukaan datar saja tetapi juga pada permukaan yang melengkung. Anda juga bisa memasangkan sponge pada pad amplasnya sehingga cocok untuk waxing dan memoles permukaan cat mobil.

Anda tidak bisa memasangkan kertas amplas biasa pada mesin ini sehingga tentu Anda harus menyiapkan biaya tambahan untuk membeli kertas amplasnya.

Amplas elektrik delta : mengamplas bagian sempit

Amplas elektrik delta : mengamplas bagian sempit

Amplas ini memiliki ujung bersudut tajam sehingga bentuknya menyerupai setrika. Karena ujungnya berbentuk segitiga, Anda bisa menggunakannya untuk memoles bagian ujung, area yang sempit, atau part lainnya. Sayangnya, tipe ini tergolong cukup sulit ditemukan di Indonesia. Selain itu, Anda juga harus menyediakan biaya tambahan lain untuk membeli kertas amplas khususnya.

Amplas elektrik sabuk : kemampuan tinggi untuk menghaluskan

Amplas elektrik sabuk : kemampuan tinggi untuk menghaluskan

Mesin amplas elektrik tipe ini memiliki kemampuan menghaluskan paling tinggi, sangat cocok untuk mengelupas cat maupun menghaluskan permukaan yang kasar. Untuk menggunakannya, Anda cukup memasang kertas amplas pada belt-nya yang berbentuk seperti roda tank. Tipe ini juga tidak mudah tersumbat oleh debu atau kotoran sehingga Anda dapat mengampelas lebih cepat. Tipe ini umumnya digunakan oleh para profesional.

Cara memilih mesin amplas elektrik

Terdapat empat tipe amplas elektrik dan Anda harus memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Oleh karena ini, berikut akan kami jelaskan cara memilih mesin amplas elektrik. Jadikanlah sebagai referensi Anda dalam memilih produk, ya!

1. Jadikan tipe amplas elektrik orbital sebagai pilihan pertama

1. Jadikan tipe amplas elektrik orbital sebagai pilihan pertama

Meski kemampuan menghaluskannya lebih rendah dibandingkan tipe lain, amplas elektrik orbital cocok untuk Anda gunakan dalam segala kondisi dan berbagai tujuan. Karena faktor tersebut, banyak yang menyukai tipe ini.

Oleh karena itulah, kami menganjurkan Anda untuk pertama-tama memilih tipe ini. Toh, Anda tetap dapat membeli tipe lainnya jika memang dibutuhkan, bukan?

2. Pilihlah yang ada penampung debunya

2. Pilihlah yang ada penampung debunya

Serbuk yang dihasilkan saat mengampelas dapat membahayakan tubuh Anda bila sampai terhirup. Maka, pilihlah produk yang ada penampung debunya.

Anda dapat mengeluarkan serbuk debu dari kontainer penambung debu dengan mudah. Meski begitu, ada juga produk yang penampung debunya dijual secara terpisah.

Akan tetapi, fitur penampung debu tetap tidak dapat melindungi Anda dari debu 100%. Oleh karena itu, pastikan Anda mulai bekerja setelah membuka jendela ruangan dan ventilasi lainnya. Anda juga dapat menggunakan masker, google, atau peralatan lainnya untuk melindungi diri dari serbuk debu.

3. Pastikan kecocokannya dengan kertas amplas yang tersedia di daerah Anda

3. Pastikan kecocokannya dengan kertas amplas yang tersedia di daerah Anda

Kertas amplas sangat dibutuhkan untuk mengampelas. Ketika kertas tersebut sudah tidak bisa digunakan, Anda harus segera menggantinya. Oleh karena itu, tentu Anda harus menggunakan kertas amplas dengan harga ekonomis. Tipe orbital cocok dengan hampir semua jenis kertas amplas yang tersedia. Anda cukup memotong dan menempelkan kertas amplas di bagian pad mesin tersebut, kemudian Anda bisa melanjutkan pekerjaan Anda.

Pada produk tertentu, pada bagian pad-nya terdapat magic tapes yang kompatibel dengan kertas amplas velcro. Meski kertas tersebut memiliki harga lebih mahal, Anda dapat dengan mudah menempel dan melepaskannya dari pad amplas elektrik.

Kemudian, Anda juga bisa menggunakan kertas amplas dengan desain berlubang seperti pada gambar diatas. Lubang tersebut berguna untuk memudahkan debu masuk ke tempat penampungan debu.

4. Pilihlah yang tidak bising

4. Pilihlah yang tidak bising

Sebetulnya mesin amplas elektrik adalah mesin bersuara bising. Oleh karena itu, pilihlah mesin amplas elektrik yang menghasilkan suara sekecil mungkin atau dapat diatur tingkat kebisingannya.

Anda juga bisa mempertimbangkan produk dengan fitur pengatur kecepatan. Dengan adanya fitur tersebut, Anda bisa mengubah kecepatan mesin amplas agar pekerjaan Anda berlangsung dengan lebih tenang.

10 Rekomendasi mesin amplas elektrik terbaik

Terdapat banyak merek mesin amplas elektrik yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, kali ini kami akan membantu Anda dengan cara memberikan rekomendasi mesin amplas elektrik terbaik.

10. Modern Amplas Elektrik Orbital M-2540

10. Modern amplas elektrik orbital M-2540 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 249.900

Berbobot ringan dan rendah daya listrik

Memiliki bobot hanya 900 gram saja, produk ini terasa sangat ringan. Dengan bobot seringan itu, Anda tidak akan merasa sulit untuk mengampelas area yang Anda mau. Bobot ringannya juga membantu Anda untuk menggenggam lebih erat mesin ini saat digunakan meski bagian handle-nya terasa agak licin.

Daya listriknya hanya 150 watt sehingga tidak akan membuat biaya listrik Anda membengkak. Kemudian, produk ini menggunakan kertas amplas biasa yang tentunya mempermudah Anda dalam membeli cadangan kertas amplas. Meski tidak dilengkapi dengan fitur lainnya, produk dengan harga terjangkau ini sangat cocok untuk Anda yang baru menekuni bidang pertukangan.

9. NRT-PRO Amplas Elektrik Orbital MEA-N920HD

9. NRT-PRO Amplas Elektrik Orbital MEA-N920HD

Lihat produk ini di Lazada

Harga : 229.500

Harga terjangkau dan sudah dilengkapi penampung debu

Bila Anda mencari amplas elektrik orbital yang sudah dilengkapi penampung debu dengan harga terjangkau, produk ini adalah pilihan tepat. Penampung debunya berbentuk kantong dan terletak di bagian belakang mesin. Anda bisa dengan mudah melepas dan membersihkan penampung debu tersebut.

Kemudian, produk ini masih menggunakan kertas amplas biasa. Anda cukup melepas klip penahan kertas di sekeliling pad-nya bila ingin mengganti kertas amplas. Dengan daya listrik cukup rendah yakni 180 watt, produk ini terlihat semakin menarik dimata Anda, bukan?

8. Maktec Amplas Elektrik Orbital MT 923

8. Maktec Amplas Elektrik Orbital MT 923

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 621.500

Nyaman digenggam dengan soft rubber grip

Dilapisi dengan karet berkualitas yang empuk, produk memiliki handling yang sangat baik. Handle-nya mudah digenggam dan ukurannya terasa pas di tangan. Bila Anda menginginkan mesin amplas elektrik yang dapat meminimalisir kram atau sakit pada tangan Anda, produk ini layak dipertimbangkan.

Sponge sleeve pada produk ini juga dapat membantu mengurangi getaran sehingga Anda akan semakin nyaman menggunakannya. Dilengkapi dengan high dust extraction, Anda pun tidak perlu khawatir lagi dengan debu yang bertebaran. Ditambah lagi, daya listriknya pun cukup rendah yakni hanya 190 watt.

7. Modern Amplas Elektrik Sabuk M-2553

7. Modern Amplas Elektrik Sabuk M-2553

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 542.500

Tipe belt berkualitas dengan harga terjangkau

Tidak seperti mesin amplas elektrik tipe belt lainnya yang memiliki harga cukup mahal, produk ini memiliki harga yang sangat terjangkau. Meski begitu, Anda tidak perlu meragukan kemampuan mengampelasnya karena produk ini memiliki kecepatan rotasi 380 per menit. Anda bisa dengan mudah mengelupas cat maupun menghaluskan permukaan kasar saat menggunakan produk ini.

Untuk meningkatkan kenyamanan Anda, produk ini sudah dilengkapi tempat penampungan debu. Bila budget Anda terbatas, tetapi membutuhkan produk dengan kemampuan mengikis tinggi, produk ini adalah pilihan terbaik. Meski begitu, Anda harus mempertimbangkan biaya listrik tambahan karena daya listrik produk ini cukup besar yakni 800 watt.

6. Modern Amplas Elektrik Orbital Acak M-3270

6. Modern Amplas Elektrik Orbital Acak M-3270

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 830.000

Handle unik plus fitur variable speed

Handle unik pada produk ini membuatnya nyaman untuk digenggam. Meski handle tersebut terbuat dari plastik, Anda tetap dapat menggenggam produk ini dengan kokoh baik menggunakan satu tangan maupun dua tangan. Agar semakin praktis digunakan, produk ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pengaturan kecepatan.

Kecepatan putaran mesinnya mencapai 3000 rpm sehingga tidak akan mengikis permukaan secara berlebihan. Spesifikasi seperti ini sangat pas bila Anda menginginkan mesin amplas yang dapat difungsikan juga untuk memoles cat mobil. Sayangnya, produk ini belum memiliki tempat penampungan debu.

5. Maktec Amplas Elektrik Orbital MT 924

5. Maktec Amplas Elektrik Orbital MT 924

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.010.000

Semakin praktis dengan hook and loop disc pad

Dengan teknologi hook and loop, Anda bisa dengan mudah melepas pad-nya, menempelkan kertas amplas baru pada pad, kemudian memasang pad-nya ke mesin. Teknologi tersebut juga membuat kertas amplasnya tidak mudah lepas dari pad saat sedang digunakan. Bila Anda menginginkan mesin amplas yang mudah diganti pad-nya, produk ini adalah salah satu opsi.

Produk ini juga dilengkapi dengan grip karet agar semakin mudah Anda genggam. Selain itu, penampung debu inbuilt-nya akan membantu menjaga Anda dari debu hasil mengampelas. Dengan segala kelebihan dan fitur yang dimiliki, produk ini cocok untuk Anda yang menyukai kepraktisan.

4. Bosch Amplas Elektrik Orbital Acak GEX 125-1A

4. Bosch Amplas Elektrik Orbital Acak GEX 125-1AE

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.229.900

Ergonomis dan tangguh plus fitur microfilter

Terbuat dari bahan berkualitas, produk keluaran Bosch ini kuat dan cocok Anda gunakan untuk jangka panjang. Dilapis menggunakan karet berwarna hitam, produk ini tidak hanya tangguh, tetapi juga nyaman digunakan. Ukuran handle-nya juga cukup ideal untuk Anda genggam dengan satu tangan.

Kemudian, tempat penampungan debunya dibuat dengan plastik berkualitas yang terasa firm dan rigid saat Anda sentuh. Bahkan, tempat penampungan debunya telah dilengkapi dengan microfilter sehingga kemampuan menampung debunya menjadi semakin baik. Untuk Anda yang membutuhkan produk awet dan fungsional, produk ini dapat menjadi opsi.

3. Makita Amplas Elektrik Orbital Acak GV 7000

3. Makita Amplas Elektrik Orbital Acak GV 7000

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.400.000

Teknologi soft start dan variable speed control dial

Produk ini sangat pas untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan penggunaan sebuah produk. Fitur soft start membuat produk ini terasa halus saat dinyalakan. Tombol lock-on pada produk ini juga semakin memudahkan Anda untuk mengampelas area yang Anda inginkan tanpa harus menekan tombol trigger-nya terus-menerus.

Titik berat yang rendah membuat produk ini mudah Anda kontrol. Anda juga bisa dengan mudah menggenggam produk ini menggunakan dua tangan dengan adanya handle di dekat pad. Ditambah adanya tombol pengaturan kecepatan berkisar antara 2.500-4.700 rpm yang berguna juga untuk mengurangi kebisingan, produk ini terlihat sangat impresif, bukan?

2. Makita Amplas Elektrik Sabuk 9032

2. Makita Amplas Elektrik Sabuk 9032

Lihat produk ini di Lazada

Harga : 3.483.600

Finishing maksimal hingga ke sudut tersempit!

Desain belt yang kecil dan memanjang pada produk ini memungkinkan Anda menjangkau sudut-sudut sempit. Tentu hal ini sangat membantu Anda untuk memberikan finishing terbaik pada permukaan kasar maupun mengelupas cat di setiap pekerjaan Anda. Beratnya juga hanya 1,6 kg sehingga cukup ideal untuk Anda pegang dengan satu tangan.

Selain penampung debu, produk ini juga dilengkapi fitur pengontrol kecepatan. Anda bisa menentukan tingkat kehalusan yang Anda inginkan serta mengontrol tingkat kebisingan yang ditimbulkan produk ini. Meski harganya cukup mahal, untuk Anda yang menginginkan finishing maksimal pada setiap pekerjaan Anda, produk ini wajib dipertimbangkan.

1. Makita Amplas Elektrik Orbital Acak BO 5041

1. Makita Amplas Elektrik Orbital Acak BO 5041

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.318.600

Fitur komplit untuk performa maksimal

Bila Anda menginginkan produk dengan kelengkapan fitur terbaik, produk ini adalah jawabannya. Handle serta lapisan karetnya didesain khusus agar Anda memperoleh superb handling. Kemudian, velcro pad yang memudahkan Anda dalam mengganti kertas amplas dikombinasikan dengan fitur trigger lock-on akan menambah kenyamanan Anda saat menggunakan produk ini.

Dengan kecepatan rotasi maksimum 12.000 rpm serta ukuran pad sebesar 5 inci pada produk ini, Anda dapat mengampelas dengan sangat cepat! Meski begitu, Anda tetap bisa dengan mudah mengatur kecepatan mesin dan kebisingannya melalui tombol variable speed. Agar semakin menarik, produk ini juga sudah dilengkapi penampung debu dan daya listriknya hanya 300 watt, lho!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi mesin amplas elektrik pada ulasan kami kali ini? Efisiensi waktu dan tenaga saat Anda melakukan pekerjaan pertukangan baik karena profesi maupun hobi akan meningkat pesat ketika Anda menggunakan mesin amplas elektrik yang tepat. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih produk yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda, ya!