10 Rekomendasi Food Steamer Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Food Steamer Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Salah satu proses pengolahan makanan yang dapat dikatakan sehat adalah dengan mengukusnya. Mungkin ada beberapa kendala yang terjadi ketika Anda menyiapkan makanan yang dikukus. Namun, kini telah hadir produk elektronik berupa food steamer, yang akan memudahkan Anda untuk mengukus makanan di rumah.

Berbagai macam merek food steamer telah tersedia di pasaran. Bagaimana cara memilih yang tepat, untuk mendapatkan produk terbaik? Berikut ini, kami akan menjelaskan hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih food steamer, sekaligus merekomendasikan 10 food steamer terbaik yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Daftar isi

Cara memilih food steamer

Food steamer akan memudahkan Anda dalam menyiapkan makanan kukus yang enak, sehat, dan bergizi tinggi dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika sedang memilih food steamer.

Makin banyak tingkat wadahnya, makin banyak yang bisa dikukus

Makin banyak tingkat wadahnya, makin banyak yang bisa dikukus

Food steamer pada umumnya memiliki 1 sampai 3 langkah sewaktu menjalankannya. Bertambahnya jumlah makanan yang dapat Anda kukus, tentunya membutuhkan wadah pengukusan yang lebih banyak, yang dapat Anda letakkan secara bertingkat di atas food steamer. Anda dapat mengukus berbagai macam jenis makanan yang berbeda pada setiap wadahnya, seperti memasak daging pada wadah pertama dan mengukus sayuran pada wadah kedua, yang Anda letakkan di atas wadah pertama. Semakin besar wadah yang Anda miliki, maka kapasitas untuk meletakkan makanan yang dikukus pun akan semakin banyak.

Penggunaan food steamer yang paling mudah adalah yang menggunakan satu langkah pengaturan saja. Namun, ada kalanya Anda ingin mengurangi waktu pengukusan. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mudah, pada food steamer yang memiliki beberapa langkah pengaturan. Ada beberapa produk yang dapat dioperasikan menggunakan satu atau beberapa langkah, tergantung kebutuhan Anda ketika menggunakannya. Selagi memilih food steamer, ada baiknya Anda memikirkan juga, bagaimana Anda akan menggunakannya, dan ada berapa langkah yang Anda perlukan.

Pilihlah yang ukuran dan beratnya pas untuk dapur Anda

Pilihlah yang ukuran dan beratnya pas untuk dapur Anda

Ukuran dan berat food steamer perlu Anda perhatikan karena akan berpengaruh terhadap tempat penyimpanan dan tempat ketika Anda menggunakannya. Apabila food steamer memiliki ukuran yang terlalu besar dan terlalu berat maka Anda akan kesulitan ketika menggunakannya.

Salah satu nilai tambah yang dapat Anda cari pada food steamer adalah yang kuat dan yang memiliki kapasitas memasak yang banyak. Beberapa food steamer memiliki wadah yang dapat ditumpuk secara bersamaan sehingga meningkatkan kapasitas masakan Anda.

Periksa apa saja kegunaan dan fungsi yang ada pada produk tersebut

Ada beberapa fungsi yang terdapat pada food steamer. Periksalah kembali fungsi apa saja yang ada pada food steamer pilihan Anda, sebelum membelinya.

Adanya fungsi timer adalah suatu keharusan

Adanya fungsi timer adalah suatu keharusan

Pada dasarnya, food steamer adalah peralatan elektronik rumah tangga yang dapat Anda tinggalkan ketika menggunakannya dan menggunakan air dalam pengaturan proses memasaknya. Di samping itu, timer sangat penting digunakan ketika Anda memasak sehingga biasanya food steamer dilengkapi oleh timer. Pada umumnya, timer dapat diatur hingga 60 menit. Pada beberapa produk, timer dapat digunakan di atas 60 menit atau hanya untuk waktu yang singkat saja.

Keunggulan dari food steamer adalah Anda dapat meninggalkan dapur dengan rasa aman setelah menyalakan food steamer dan mengatur timer. Maka dari itu, periksalah fungsi timer pada food steamer pilihan Anda.

Kemudahan dalam menambahkan air sewaktu mengukus

Kemudahan dalam menambahkan air sewaktu mengukus

Food steamer bekerja dengan cara mengukus makanan. Jadi, alat ini memerlukan air dalam pengoperasiannya. Untuk semua produk food steamer, hal pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan air ke dalam wadah yang telah disediakan. Namun, ada saatnya Anda ingin menambahkan air pada saat proses memasak berlangsung. Periksalah food steamer pilihan Anda, apakah dapat ditambahkan air secara langsung tanpa mematikannya, atau harus mematikannya terlebih dahulu sebelum menambahkan air.

Ketika Anda menggunakan food steamer dalam waktu yang singkat, Anda dapat memasaknya dengan air yang pertama kali Anda masukkan. Jika Anda perlu memasak dalam waktu yang lama, mungkin Anda perlu menambahkan air tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu menambahkan air pada suhu temperatur yang sama dengan air yang sedang digunakan pada proses memasak tersebut.

Bagi Anda yang sering mengukus dalam waktu yang lama, sebaiknya periksa ketersediaan air secara berkala, apakah masih cukup untuk menjalankan food steamer yang Anda gunakan.

Pilihlah food steamer yang mudah dibersihkan

Pilihlah food steamer yang mudah dibersihkan

Faktor kemudahan dalam membersihkan food steamer adalah penting, terutama jika food steamer ini digunakan setiap hari. Walaupun dapat memasak masakan yang lezat, food steamer menjadi tidak terpakai apabila sulit dibersihkan dan kotoran dapat menempel dengan mudah.

Setiap bagian dari food steamer harus dapat dibuka dan dibersihkan dengan mudah. Dengan kemudahan ini, frekuensi pemakaian food steamer tentunya akan meningkat. Pilihlah food steamer yang memberikan kemudahan pada Anda sebagai penggunanya.

Jika diperlukan, pilihlah yang ada fungsi tambahan lainnya

Jika diperlukan, pilihlah yang ada fungsi tambahan lainnya

Ada beberapa tambahan fungsi pada setiap food steamer yang kita jumpai di pasaran. Ada beberapa produk food steamer yang dilengkapi dengan tempat telur, yang dapat digunakan untuk membuat telur kukus, atau adanya koleksi resep yang dapat digunakan pada food steamer tersebut.

Variasi tambahan yang ada pada food steamer bukanlah suatu keharusan. Ketika Anda mendapatkan food steamer yang memiliki variasi lebih daripada yang lainnya, Anda tentu lebih senang dalam menggunakannya, dan dapat menghasilkan makanan yang lebih beragam.

10 Rekomendasi food steamer terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi food steamer terbaik dari kami. Temukanlah food steamer terbaik pilihan Anda berdasarkan beberapa pertimbangan di atas.

10. Panci Elektrik 20 cm

10. Panci Elektrik 20 cm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 187.500

Mengukus, merebus, dan menggoreng pada alat yang sama

Sewaktu bepergian dalam waktu yang lama, Anda mungkin membutuhkan alat memasak elektrik yang multifungsi dan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Panci elektrik ini tidak terlalu besar untuk Anda bawa bepergian dan dimasukkan ke dalam koper. Anda dapat menggunakan panci elektrik ini untuk mengukus, merebus, dan menggoreng masakan Anda. Cocok juga untuk dapur yang kecil, untuk memasak makanan bagi 1-2 orang.

Tidak perlu khawatir akan keamanan bahan yang digunakan oleh panci ini, karena panci ini terbuat dari stainless steel dengan kualitas yang baik dan anti karat. Selain itu, wadah makanan yang dikukus terbuat dari plastik BPA Free yang anti leleh sehingga kuat dan aman untuk digunakan.

9. Philips Avent 4-in-1 Healthy Baby Food Maker

9. Philips Avent 4-in-1 Healthy Baby Food Maker

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.845.000

Menyiapkan MPASI menjadi lebih mudah dengan adanya 4 fungsi dalam 1 alat

Menyiapkan MPASI (Makanan Pendamping Asi) untuk sang buah hati sangatlah menyenangkan, tetapi akan sedikit merepotkan apabila Anda harus menggunakan beberapa alat masak untuk mendapatkan satu menu makanan saja. Philips Avent mengeluarkan produk food steamer yang dikombinasikan dengan alat blenderdefrost, dan reheat.

Alat ini begitu praktis, dapat melakukan keempat aktivitas tersebut dalam satu wadah yang sama, dan ukuran wadah ini adalah 1.000 ml, dapat membuat empat porsi makanan bayi. Sebagai tambahan, Anda akan mendapatkan buku resep untuk membuat makanan yang lezat menggunakan food steamer ini. Ciptakanlah makanan sehat dan lezat untuk buah hati Anda!

8. Akebonno Steam Cooker MSP 92214

8. Akebonno Steam Cooker MSP 92214

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 250.000

Food steamer hemat energi dengan harga terjangkau

Food steamer ini cocok bagi Anda yang ingin mengukus dalam porsi yang tidak terlalu banyak dan ingin menghemat energi, karena daya yang digunakannya termasuk tidak besar, yaitu 400 watt. Alat ini dapat mengukus makanan dan mempertahankan nutrisinya, serta membuat makanan Anda terbebas dari kolesterol, baik untuk kesehatan Anda.

Anda akan mendapatkan dua buah wadah food steamer yang aman untuk kesehatan Anda, terbuat dari bahan polikarbonat yang sudah BPA free. Food steamer ini juga mudah untuk Anda pindahkan, karena memiliki berat yang ringan. Bagi Anda yang ingin mencoba menggunanan food steamer, alat ini dapat menjadi pilihan karena harganya yang terjangkau.

7. Russell Hobbs Home Food Steamer

7. Russell Hobbs Home Food Steamer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.049.250

Ayo masak nasi sekaligus mengukus lauknya, cukup dengan satu alat saja!

Untuk Anda yang menginginkan produk yang memudahkan Anda saat di dapur, dengan desain yang menarik, yang terlihat mewah dan elegan, carilah produk keluaran Russell Hobbs. Salah satunya adalah food steamer yang terbuat dari bahan stainless steel, berkualitas dan tahan lama. Fungsi tambahannya juga memudahkan Anda dalam memasak.

Anda dapat mengukus makanan hingga sebanyak 9 liter, dengan waktu memasak yang cukup lama jika diperlukan. Anda juga dimudahkan dengan adanya lubang pada sisi wadah, yang dapat digunakan untuk menambahkan air ketika sedang mengukus. Masakan Anda dapat dikukus pada tiga wadah terpisah dan ada satu wadah untuk membuat nasi atau sup sebanyak 1 liter.

6. Philips Food Steamer HD9104

6. Philips Food Steamer HD9104

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 489.000

Dengan bentuk yang memanjang, memudahkan Anda untuk mengukus ikan secara utuh

Philips Food Steamer HD9104 ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dibandingkan food steamer lainnya, dengan bentuk persegi panjang yang memudahkan Anda untuk mengukus ikan secara utuh. Makanan Anda akan lebih terasa lezat dengan adanya tabung booster untuk mengisi bumbu dan rempah yang akan memberi aroma pada masakan Anda.

Kapasitas total food steamer ini adalah sebanyak 5 liter dengan adanya dua buah wadah yang dapat digunakan secara bertumpuk, dan ada rak telur juga untuk merebus telur. Dari segi perawatan, wadah yang tidak terlalu besar ini mudah dibersihkan walaupun Anda memiliki kitchen sink yang kecil. Tentunya cocok untuk dapur Anda!

5. Oxone Eco Food Steamer OX-261

5. Oxone Eco Food Steamer OX-261

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 469.000

Mudah diangkat dan dibawa, dengan wadahnya yang bergagang

Food steamer ini dilengkapi dengan tiga wadah yang dapat digunakan secara bersamaan dengan cara ditumpuk, dan memiliki kapasitas yang berbeda. Setiap wadahnya dapat dikaitkan dengan wadah yang lainnya, serta dilengkapi dengan penutup yang memiliki gagang agar dapat dipindahkan atau dibawa dengan mudah.

Dengan kapasitas sebanyak 9 liter, beratnya yang ringan (4 kg), dan menggunakan daya listrik yang rendah, yaitu 60o watt, food steamer ini cocok digunakan oleh Anda yang sering membuka bazar atau pameran makanan, dengan jenis makanan yang dikukus, seperti siomay, dimsum, bakpao, dan lain sebagainya.

4. Philips Food Steamer HD 9132

4. Philips Food Steamer HD 9132

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.162.000

Hasilkan masakan yang lezat dengan resep dari Jamie Oliver

Jamie Oliver adalah salah satu koki terkenal yang berasal dari Inggris yang dikenal dari beberapa acara televisi yang dibintanginya dan buku-buku masak yang ditulisnya. Salah satu buku resep yang ia tulis adalah  yang eksklusif untuk produk food steamer dengan merek Philips ini.

Anda dapat mencoba resep sederhananya yang hanya membutuhkan waktu sebanyak 15 menit untuk mendapatkan makanan yang lezat bagi keluarga Anda. Untuk mendapatkan kelezatan yang lebih, food steamer ini dilengkapi dengan flavour booster, dimana Anda dapat meletakkan bumbu ke dalamnya, dan ia akan bekerja untuk memberi rasa pada makanan yang sedang Anda kukus.

3. Kenwood Food Steamer FS620

3. Kenwood Food Steamer FS620

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.240.000

Food steamer dengan kapasitas yang besar, untuk hidangan Anda sekeluarga

Ingin memasak masakan sehat dengan food steamer untuk seluruh keluarga Anda? Dengan kapasitas 12 liter, food steamer keluaran Kenwood ini dapat menghidangkan makanan untuk seluruh keluarga Anda dengan variasi makanan yang beragam, dalam satu kali memasak saja.

Untuk menyajikan makanan yang berbeda-beda, food steamer ini dilengkapi dengan tiga buah wadah, dilengkapi dengan mangkuk untuk memasak nasi atau sup, dan rak telur. Jadi, bukanlah hal yang tidak mungkin untuk menyajikan sup ayam kesukaan si kecil, bersamaan dengan telur rebus untuk kesukaan si sulung, sekaligus menyajikan ikan kukus untuk suami, dan kukusan sayur untuk Anda sendiri. Sangat praktis!

2. Kenwood Food Steamer FS560

2. Kenwood Food Steamer FS560

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.098.500

Memasak tiga jenis masakan sekaligus tanpa khawatir akan saling bertukar aroma

Memasak berbagai jenis masakan dalam satu waktu dapat menimbulkan pertukaran aroma antara satu masakan dan masakan lainnya. Dengan wadah food steamer yang memiliki alas yang terbuat dari stainless steel,  yang dideasain untuk menahan bau masakan sehingga Anda tidak perlu khawatir rasa dan bau masakan akan terkontaminasi oleh masakan yang lainnya, yang dimasak secara bersamaan.

Anda juga akan mendapatkan tampilan mewah pada dapur Anda dengan menggunakan food steamer produksi Kenwood ini. Pengaturan food steamer ini dapat Anda lihat melalui layar LCD yang modern. Jadi Anda akan mendapatkan makanan lezat yang bervariasi, serta tampilan dapur yang hi-tech, keren sekali bukan?

1. Philips Food Steamer HD9140

1. Philips Food Steamer HD9140

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.199.730

Tersedia mangkuk untuk sup kesukaan Anda dan kehangatannya dapat terjaga

Sewaktu menyajikan masakan, Anda dapat mengambil waktu luang di pagi hari, sewaktu anak-anak sedang bersekolah. Namun, ketika mereka akan makan siang, masakan sudah menjadi dingin, dan Anda perlu memanaskannya lagi. Dengan menggunakan Philips Food Steamer HD9140, Anda tidak perlu melakukan pemanasan secara berulang.

Food steamer ini dilengkapi dengan penjaga kehangatan makanan sehingga makanan Anda selalu hangat, siap disajikan setiap saat. Anda pun dapat menyajikan sup kesukaan anak-anak Anda karena food steamer ini dilengkapi dengan wadah mangkok untuk membuat sup. Dapatkan masakan yang selalu tersaji hangat untuk Anda sekeluarga!

Kesimpulan

Mengkonsumsi masakan setiap hari tanpa menggunakan minyak tentunya sangat baik untuk kesehatan Anda. Salah satu metode masak tanpa menggunakan minyak adalah dengan mengukusnya. Bagaimana cara mengukus yang praktis? Salah satunya adalah dengan menggunakan food steamer pilihan Anda.

Gunakanlah food steamer pilihan Anda ini dan hidangkan masakan lezat dan sehat bagi keluarga Anda. Dengan memakan masakan yang sehat, tentunya badan Anda akan menjadi sehat juga. Mari mulai mengukus!