1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Styling rambut
  6. >
  7. 10 Hair Dryer Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Hair Dryer Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Hair Dryer Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Hair Dryer Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Hair Dryer Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Hair Dryer Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Hair Dryer Terbaik - Ditinjau oleh Hairstylist (Terbaru Tahun 2023)

Hair dryer adalah salah satu item wajib untuk Anda yang suka melakukan styling rambut. Saat ini ada banyak pilihan hair dryer yang bagus dengan fitur perawatan rambut yang inovatif. Anda bisa memilih hair dryer yang dilengkapi pengaturan aliran udara, suhu, dan lainnya. Berbagai merek hair dryer yang bagus pun bisa dengan mudah Anda temukan, seperti Panasonic, Sharp, Dyson, dan Remington.

Kami akan menjelaskan cara memilih hair dryer untuk Anda. Kami juga akan membagikan dan me-review rekomendasi hair dryer terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli penata rambut kami, Kiki Talahatu.

Diperbaharui 01-10-2023
Pakar
Penata rambut (hairstylist)
Kiki Talahatu

Kiki adalah seorang hairstylist yang memiliki keahlian di bidang penataan rambut serta sanggul modern dan adat. Ia mengawali kariernya dengan belajar dari guru panggilan dan sanggar kecantikan. Kiki berpengalaman dalam bidang kerja potong rambut dan menyanggul selama enam tahun. Ia juga menjadi penata rambut dan sanggul untuk ajang kontes kecantikan para makeup artist (MUA). Selain bekerja sebagai penata rambut, ia juga mengajar les privat sanggul dan sudah memiliki 12 murid.

Profil Kiki Talahatu
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih hair dryer

Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih hair dryer. Mari simak satu per satu. 

① Ketahui kecepatan pengeringannya

Ketahui kecepatan pengeringannya

Banyak orang bertanya-tanya perihal seberapa cepat hair dryer bisa mengeringkan rambut. Pertanyaan ini banyak diajukan oleh orang berambut panjang atau orang yang keramas setiap hari. Oleh karena itu, tingkat kecepatan pengeringan menjadi salah satu faktor penting untuk memilih hair dryer.

Untuk mengetahui kemampuan pengeringan suatu produk, Anda perlu mengecek spesifikasinya dengan saksama. Anda bisa melihat keterangan pada kemasan atau informasi di website produk. Hair dryer dengan keterangan volume udara 1,6 m³/menit sudah cukup baik untuk digunakan


Namun, jika Anda menginginkan pengeringan yang cepat, pilihlah hair dryer dengan volume udara 1,9 m³/menit atau lebih. Produk yang dapat mengeringkan dalam waktu lima menit juga dapat dipilih oleh Anda yang memiliki rambut panjang dan tebal.

 
Sayangnya, tidak semua produsen mencantumkan informasi perihal ini di deskripsi produk di website ataupun e-commerce. Padahal, informasi tentang kecepatan pengeringan tentu sangat penting bagi Anda yang sehari-hari sangat sibuk. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menanyakannya kepada produsen atau penjual sebelum membeli produk agar tidak kecewa kemudian.

② Pilihlah hair dryer yang dapat merawat rambut

Dalam beberapa tahun terakhir, telah banyak beredar hair dryer yang menekankan pada fungsi perawatan rambut. Pilihlah produk dengan fungsi perawatan rambut untuk hasil yang lebih bagus dan sehat. Silakan Anda mengacu pada tiga fungsi berikut ini. 

Ion negatif, menekan jumlah listrik statis pada rambut

Ion negatif, menekan jumlah listrik statis pada rambut

Rambut yang cenderung kering rentan mengalami listrik statis. Jika Anda sembarangan dalam memilih hair dryer, muatan listrik statis dapat meningkat dan menambah masalah. Rambut Anda bisa-bisa menjadi mudah kusut dan patah. Untuk menekan jumlah listrik statis, hair dryer dengan kandungan ion negatif disarankan untuk Anda.

 

Ion hair dryer bekerja dengan melepaskan ion negatif yang akan menyeimbangkan elektron di rambut Anda. Kelembapan rambut pun dapat lebih terjaga. Hair dryer ini juga mampu mempercepat proses pengeringan rambut karena dapat memecah molekul air dan mempercepat penguapannya.


Pengering rambut dengan ion, seperti hair dryer Dyson dan Nanoe series dari Panasonic, bisa Anda pertimbangkan. Teknologi ion negatifnya dapat membuat rambut lebih mudah diatur. Namun, ion hair dryer dapat dikatakan sedikit tidak cocok untuk rambut yang mengalami tanda-tanda penuaan. Contohnya adalah rambut yang terasa kurang bervolume di bagian atas serta rambut yang tipis dan kecil.

Fitur pengaturan suhu, meminimalkan kerusakan rambut

Fitur pengaturan suhu, meminimalkan kerusakan rambut

Tahukah Anda, berapa suhu yang dihasilkan hair dryer biasa? Suhu yang dihasilkan sering kali sangat panas yaitu mencapai 100 °C atau lebih tinggi. Suhu tinggi ini secara langsung dapat merusak rambut.


Bagi Anda yang ingin meminimalkan kerusakan rambut, pilihlah produk yang dapat menyesuaikan dengan suhu rambut secara otomatis. Selain itu, produk dengan mode scalp care juga memungkinkan Anda mengeringkan rambut pada suhu yang nyaman untuk kulit kepala.

 

Anda pun bisa memilih produk yang memiliki pengaturan suhu dalam tiga pengaturan atau lebih. Hal itu mempermudah Anda mengatur sendiri suhu yang sesuai dengan kebutuhan rambut Anda.

Keramik dan kolagen, memberikan kelembapan pada rambut

Keramik dan kolagen, memberikan kelembapan pada rambut

Hair dryer dengan kedua fitur ini cocok digunakan oleh Anda dengan tipe rambut apa pun. Kelebihan pengering rambut dengan jaring keramik adalah mampu menghasilkan suhu panas yang stabil dan tidak menyengat di rambut. Dengan begitu, rambut pun terjaga kelembapannya.

 
Selanjutnya, hair dryer yang dilengkapi kolagen akan memberikan kelembapan dan lapisan perlindungan bagi rambut Anda. Produk ini sangat cocok untuk rambut yang diwarnai karena bisa membuat warna rambut lebih mengilap dan tahan lama. Dengan menggunakan hair dryer yang dilengkapi jaring keramik dan kolagen, rambut Anda tentu akan lebih mudah ditata. 

③ Pastikan hair dryer mudah digunakan

Pastikan hair dryer mudah digunakan

Hair dryer merupakan barang yang sering digunakan, bahkan rutin dipakai hampir setiap hari oleh orang-orang tertentu. Untuk itu, penting memilih produk yang mudah digunakan. Poin-poin berikut ini setidaknya dapat Anda jadikan acuan untuk menentukan tingkat kemudahan dan kenyamanan penggunaan hair dryer.


  1. Berat produk sekitar 400 gram atau kurang. Bobot maksimal yang bisa Anda pilih untuk penggunaan pribadi adalah 600 gram.
  2. Pilihlah produk dengan fitur tombol sederhana dan mudah dipahami.
  3. Panjang kabel 1,5 meter atau lebih sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan posisi stopkontak.
  4. Produk dengan konsumsi daya listrik 400–1200 watt cocok untuk digunakan di rumah.
  5. Prioritaskan produk dengan suhu angin yang dapat disesuaikan menurut kebutuhan.
  6. Produk berukuran compact dengan nozel pendek dan radius putar kecil memudahkan pengeringan rambut bagian belakang.

Poin-poin tersebut dapat Anda cek pada kemasan produk atau keterangan di website produk. Namun, untuk memudahkan Anda, pada ulasan produk di bawah ini kami juga akan mencantumkan informasinya.

10 Rekomendasi hair dryer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hair dryer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Kiki Talahatu.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Remington

D2400 Travel Dryer 1400

Remington D2400 Travel Dryer 1400 1枚目

Compact dan bisa dilipat, hair dryer sahabat para traveler

2

Tripacific Electrindo

Sekai Hair Dryer

Tripacific Electrindo Sekai Hair Dryer 1枚目

Hair dryer hemat listrik dengan fitur cukup lengkap

3

Wigo

Hair Dryer Taifun

Wigo Hair Dryer Taifun   1枚目

Harga murah dengan performa bagus

4

Sharp

Hair Dryer

Sharp Hair Dryer  1枚目

Jadikan rambut wangi aroma parfum

5

Dyson

Supersonic Hair Dryer

Dyson Supersonic Hair Dryer 1枚目

Desain unik dengan teknologi intelligent heat control

6

Panasonic

Nanoe Hair Dryer

Panasonic Nanoe Hair Dryer 1枚目

Hair dryer mini dan canggih dari Panasonic

7

Ravalindo Megah Perkasa

Glampalm BLDC Hair Dryer

Ravalindo Megah Perkasa  Glampalm BLDC Hair Dryer 1枚目

Lebih awet berkat mesin terbaru yang digunakannya

8

Tescom

Collagen & Platinum Hair Dryer

Tescom Collagen & Platinum Hair Dryer  1枚目

Kombinasi kolagen, platinum, dan nano ion untuk proteksi rambut maksimal

9

Philips

Prestige Pro Hair Dryer

Philips Prestige Pro Hair Dryer 1枚目

Rambut kering lebih cepat, tetapi tetap terlindungi

10

Akasha Wira International

Makarizo Professional Viola Hair Dryer

Akasha Wira International Makarizo Professional Viola Hair Dryer 1枚目

Hair dryer salon profesional yang aman dan nyaman!

Perincian produk
Close
No.1

RemingtonD2400 Travel Dryer 1400

Mulai dari Rp519.000,00

Compact dan bisa dilipat, hair dryer sahabat para traveler

Sesuai namanya, pengering rambut yang bagus keluaran Remington ini memang didesain untuk dapat dibawa bepergian. D2400 Travel Dryer 1400 ini memiliki ukuran yang compact, bisa dilipat, dan mempunyai voltase universal. Jadi, dibawa bepergian ke negara mana pun, ayo saja!


Kabelnya yang fleksibel dan tidak mudah melilit menjadikannya makin nyaman digunakan. Kilau dan kelembutan rambut Anda bisa tetap terjaga berkat Ceramic Ion Technology yang dimiliki hair dryer Remington ini. Anda tak perlu khawatir lagi rambut indah Anda menjadi kering dan kusam selama perjalanan.

No.2

Tripacific ElectrindoSekai Hair DryerHD 251

Mulai dari Rp240.000,00

Hair dryer hemat listrik dengan fitur cukup lengkap

Kebanyakan hair dryer membutuhkan daya listrik minimal 600 watt. Faktanya, tidak selalu hair dryer dengan watt rendah memiliki kualitas tidak bagus. Anda tipe orang yang jarang menggunakan pengering rambut? Jika ya, low watt hair dryer sudah cukup untuk Anda. Salah satu hair dryer jenis ini yang bagus adalah Sekai Hair Dryer HD 251. 


Hair dryer ini hanya membutuhkan daya 400 watt, lho. Produk ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pengaturan udara dingin, sistem perlindungan untuk panas berlebih, dan ionic blower. Daya listrik boleh rendah, tetapi fiturnya ternyata cukup lengkap, ya!

No.3

WigoHair Dryer Taifun W-900

Mulai dari Rp170.000,00

Harga murah dengan performa bagus

Hair dryer murah dan bagus merupakan sebutan yang pas disematkan pada Wigo Taifun W-900. Produk ini bisa dijadikan alternatif pilihan untuk Anda yang mencari hair dryer dengan angin dingin yang harganya terjangkau. Meskipun murah, performanya bagus dan dapat bersaing dengan hair dryer lain di kisaran harga yang sama.


Bahkan, tak sedikit yang menjadikan produk ini sebagai hair dryer untuk salon karena kecepatan anginnya yang kencang dan panas. Namun, Anda sebaiknya menggunakan hair protector terlebih dahulu. Hal itu berguna untuk melindungi rambut Anda dari efek paparan angin yang dihasilkannya. 

No.4

SharpHair Dryer IB-SD23Y-N/P/W

Mulai dari Rp339.000,00

Jadikan rambut wangi aroma parfum

Jika Anda senang menggunakan parfum atau vitamin rambut setelah keramas, hair dryer Sharp ini merupakan pilihan tepat. Produk ini dilengkapi dengan slot parfum yang wanginya akan keluar saat Anda menggunakan hair dryer ini. 


Pengering rambut ini memiliki dua level kecepatan dan dua pilihan suhu pengeringan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Hair dryer ini sudah pas bagi Anda yang hanya memerlukan fungsi pengering tanpa perawatan rambut. Harga hair dryer ini cukup murah, tetapi kualitas bagus Sharp tetap bisa Anda jumpai.

No.5

DysonSupersonic Hair Dryer

Mulai dari Rp7.599.000,00

Desain unik dengan teknologi intelligent heat control

Produk Dyson ini terbilang istimewa karena memiliki bentuk yang unik dan berbeda dari hair dryer lainnya. Keunggulannya terletak pada fitur magnetic attachments yang memungkinkan Anda mengganti nozel dengan mudah. Kerennya lagi, ada lima aksesori yang disertakan, yaitu smoothing nozzle, flyaway, styling concentrator, diffuser, dan gentle air

Meskipun lebih mahal dibandingkan hair dryer lainnya, teknologinya mampu melindungi rambut dari panas yang ekstrem. Cara kerja alat ini adalah dengan mengukur suhu lebih dari empat puluh kali per detik. Hal ini guna memberikan suhu yang pas pada rambut dan mencegah overheating. Pilihlah Dyson Supersonic jika Anda mencari hair dryer ion yang canggih.

No.6

PanasonicNanoe Hair DryerEH-NA27PN415

Mulai dari Rp1.419.000,00

Hair dryer mini dan canggih dari Panasonic

Produk ini kami rekomendasikan bagi Anda yang mencari hair dryer yang enteng dipegang. Di antara hair dryer lainnya, produk ini memiliki bobot yang paling ringan yaitu 375 gram. Pengering rambut ini pun bisa dilipat sehingga cocok juga Anda bawa saat tugas dinas ke luar kota.  


Hair dryer Panasonic yang bagus ini sudah menggunakan teknologi Nanoe. Teknologi ini menghasilkan partikel air berukuran nano yang dapat melembapkan rambut saat Anda mengeringkan rambut. Produk ini pun memiliki quick dry nozzle yang memisahkan aliran udara kuat dan lembut supaya rambut Anda cepat kering. 

No.7

Ravalindo Megah Perkasa Glampalm BLDC Hair DryerGP715AS

Mulai dari Rp2.999.000,00

Lebih awet berkat mesin terbaru yang digunakannya

Glampalm merupakan salah satu merek hair dryer yang bagus dan awet sehingga cocok untuk Anda yang mementingkan ketahanan mesin. Hair dryer buatan Korea Selatan ini menggunakan mesin terbaru yaitu V12 G7 DC Jet Motor. Motor ini diklaim memiliki masa pakai dua hingga tiga kali lebih lama dibandingkan motor hair dryer pada umumnya. 


Produk ini juga menggunakan Healing Stone Technology yang dilebur ke dalam koil panasnya untuk memastikan rambut tidak mengalami kerusakan. Desain ergonomis, digital touch buttons, dan angin kuat menjadikan hair dryer terbaru Glampalm ini makin recommended untuk Anda miliki.

No.8

TescomCollagen & Platinum Hair Dryer NTCD50

Mulai dari Rp3.118.000,00

Kombinasi kolagen, platinum, dan nano ion untuk proteksi rambut maksimal

Collagen & Platinum Hair Dryer ini didesain untuk memberikan perlindungan rambut secara maksimal. Teknologi nano ion di dalamnya bekerja secara efektif hingga ke akar rambut. Sementara itu, kandungan kolagen di bagian platinumnya berfungsi melembapkan rambut dan kulit kepala. Hair dryer yang tidak merusak rambut ini juga dilengkapi dengan moist hood yang mengeluarkan udara sejuk. 


Rambut Anda akan terhindar dari kerusakan akibat panas yang berlebihan. Bagi Anda yang sekaligus ingin melembapkan wajah, hair dryer Nobby by Tescom ini bisa Anda pilih. Produk ini dilengkapi facial mode yang membantu menjaga kulit wajah tetap lembap saat terkena angin pengering rambut.

No.9

PhilipsPrestige Pro Hair DryerHPS910/00

Mulai dari Rp1.499.000,00

Rambut kering lebih cepat, tetapi tetap terlindungi

Hair dryer profesional ini memiliki teknologi ThermoProtect yang mempercepat proses pengeringan rambut. Rambut Anda akan kering dengan cepat, tetapi tetap terlindungi dari panas berlebih. Ion negatif di dalamnya juga meningkatkan kilau rambut serta membuat rambut Anda bebas kusut. 

Dua nozel konsentrator disertakan saat Anda membeli hair dryer Philips yang bagus ini, ukuran 7 mm dan 9 mm. Dengan nozel konsentrator, aliran udara untuk mengeringkan rambut akan lebih terarah. Anda dapat mengeringkan bagian tertentu dengan lebih optimal saat menggunakan nozel konsentrator Philips berukuran tipis ini. Karena watt-nya besar, produk ini lebih cocok dijadikan sebagai hair dryer salon.

No.10

Akasha Wira InternationalMakarizo Professional Viola Hair Dryer

Mulai dari Rp900.000,00

Hair dryer salon profesional yang aman dan nyaman!

Bagi Anda yang membutuhkan hair dryer salon yang bagus dan hemat listrik, produk ini layak dipertimbangkan. Selain diklaim low noise, pengering rambut profesional ini juga tahan pecah dan tahan panas. 


Bobot hair dryer ini hanya 490 gram sehingga tangan Anda tak akan lelah memegangnya jika sebentar-sebentar harus menggunakannya. Berkat intelligent safety system-nya, hair dryer ini dapat mati otomatis saat malafungsi atau terlalu panas. 

Pertanyaan umum seputar hair dryer

Pertanyaan umum seputar hair dryer

Setelah membahas tips memilih dan merekomendasikan produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar hair dryer untuk Anda. Simak uraian di bawah ini untuk mengetahui jawaban dari tiap pertanyaannya, ya.

Bagaimana cara menyimpan hair dryer supaya awet?

Anda sebaiknya menyimpan hair dryer dengan cara meletakkannya di gantungan khusus hair dryer. Hindari melilitkan kabel pada bodi utama karena metode penyimpanan ini bisa menyebabkan kerusakan pada hair dryer. Simpan hair dryer di tempat yang tidak lembap dan tidak berdebu. Perhatikan juga lipatan kabelnya agar tidak menghambat kerja hair dryer.


Anda juga sebaiknya membersihkan hair dryer sebulan dua kali agar lebih awet. Saat membersihkannya, seka bagian belakang hair dryer dengan hati-hati menggunakan kain lembut atau tisu.

Apakah boleh menggunakan hair dryer biasa untuk kucing?

Hair dryer boleh digunakan untuk mengeringkan bulu kucing. Akan tetapi, suara hair dryer yang bising bisa membuat kucing panik dan takut, bahkan memberontak. Anda bisa mengetesnya terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kucing Anda tidak bermasalah dengan hal itu.


Anda bisa menggunakan hair dryer biasa untuk kucing dengan memakai suhu yang tidak panas. Namun, akan lebih baik jika Anda menggunakan pet hair dryer yang memang didesain dengan tingkat kebisingan yang rendah.

Apakah sering menggunakan hair dryer dapat merusak rambut?

Penggunaan hair dryer setiap hari berisiko menghilangkan minyak alami rambut, mengeringkan kutikula, dan merusak rambut. Suhu panas ekstrem pada hair dryer juga dapat membuat ujung rambut kering dan bercabang. Untuk mengurangi risiko tersebut, sebaiknya Anda melapisi rambut dengan vitamin atau serum rambut terlebih dahulu


Jangan sering memilih pengaturan suhu paling tinggi pada hair dryer untuk meminimalkan efek kerusakan rambut. Yang paling penting, istirahatkan rambut Anda dari paparan panas hair dryer saat Anda libur atau tidak memiliki agenda mendesak.

Baca juga rekomendasi alat styling rambut lainnya di sini

Hair dryer tidak hanya berfungsi mengeringkan rambut, tetapi juga mempermudah Anda menata rambut. Selain hair dryer, ada banyak alat styling rambut lainnya untuk memaksimalkan tampilan Anda. Silakan temukan rekomendasi alat styling rambut lainnya melalui tautan berikut ini, ya. 

Kesimpulan

Hair dryer sekarang tak hanya memiliki fungsi untuk mengeringkan rambut. Sebelum membelinya, ada baiknya Anda mengecek fitur dan kemampuan hair dryer dalam merawat rambut serta kulit kepala.


Jangan sampai hair dryer yang Anda beli malah membuat rambut kering atau rusak. Semoga tips memilih hair dryer dan rekomendasinya di atas ini dapat membantu Anda menemukan hair dryer yang tepat. Selamat memilih dan memiliki rambut indah terawat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer