10 Rekomendasi Kotak P3K Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kotak P3K Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kotak P3K sering juga disebut dengan kotak obat, umumnya tersedia dalam berbagai macam pilihan kotak dari yang berukuran besar maupun kotak P3K yang portabel. Kotak P3K yang disimpan di rumah, biasanya berukuran besar dan kadang-kadang menggunakan desain yang menarik. Ada pula kotak P3K yang khusus dipersiapkan untuk bencana yang pada umumnya dapat memuat radio, selimut, dan berbagai keperluan emergency lainnya.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas bagaimana cara memilih kotak P3K yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan akan memberikan rekomendasi berbagai pilihan kotak P3K terbaik yang tersedia saat ini. Yuk disimak ulasan berikut ini !

Daftar isi

Cara memilih kotak P3K

Sebelum memilih kotak P3K, Anda perlu menentukan terlebih dahulu kebutuhan kotak P3K apa yang Anda perlukan saat ini. Apakah kotak P3K yang disimpan di rumah atau yang akan disimpan di mobil atau lainnya. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih untuk penggunaan di rumah atau yang portabel

Pertama-tama tentukan terlebih dahulu kotak P3K apa yang Anda perlukan, untuk di rumah atau untuk dibawa bepergian. Untuk penggunaan di rumah, Anda bisa memilih kotak P3K yang berukuran besar yang bisa memuat banyak obat-obatan dan kebutuhan P3K lainnya. Jika Anda akan membawanya untuk bepergian misalnya untuk travelling atau kegiatan outdoor, maka kami sarankan Anda untuk memilih kotak P3K yang ringan dan praktis.

Kotak P3K untuk di rumah

Kotak P3K untuk di rumah

Ketika Anda memilih kotak P3K untuk disimpan di rumah, Anda perlu memilih kotak yang bisa menyimpan perlengkapan P3K dengan aman dan memiliki fitur yang kokoh. Bobot kotak tidak menjadi masalah, karena hanya akan disimpan di rumah saja. Namun Anda perlu memastikan terlebih dahulu, perlengkapan P3K apa saja yang akan Anda simpan di dalam kotak tersebut. Pastikan kotak yang akan Anda beli dapat memuat semua perlengkapan P3K yang sudah Anda siapkan.

Kotak P3K portabel untuk bepergian

Kotak P3K portabel untuk bepergian

Kotak P3K untuk bepergian sebaiknya yang berbentuk simpel dan berbobot ringan. Pilihlah yang dapat disimpan di dalam tas dengan mudah. Anda juga dapat memilih penyimpanan P3K yang memiliki tali pegangan, untuk memudahkan Anda membawanya. Umumnya kotak P3K portabel juga direkomendasikan untuk persiapan bencana. Anda harus memilih obat-obatan dan peralatan medis apa yang ingin Anda bawa dan pastikan semuanya muat di dalam kotak P3K. Anda tidak perlu memuat 1 item dalam jumlah banyak, seperlunya saja, namun pastikan semua P3K penting tersedia.

Pilih berdasarkan materialnya

Kotak P3K terbuat dari berbagai material, ada yang terbuat dari plastik, kayu, metal dan lain sebagainya. Tentunya material pembuatnya akan mempengaruhi bobot dan daya tahan kotak P3K tersebut. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Material plastik, lebih ringan dibandingkan bahan lain

Material plastik, lebih ringan dibandingkan bahan lain

Kotak P3K dari bahan plastik umumnya ringan. Ini tentunya akan memudahkan Anda untuk memindah-mindahkannya.

Material kayu, memberikan kesan natural

Material kayu, memberikan kesan natural

Kotak P3K dari bahan kayu umumnya lebih berat, namun memiliki keunggulan kokoh. Biasanya kotak P3K dengan material kayu tersedia dalam berbagai desain yang menarik. Bagi Anda yang ingin memiliki kotak P3K dengan tampilan dan desain yang berbeda, maka material kayu bisa menjadi pilihan Anda.

Material metal, bahan kokoh dan tahan lama

Material metal, bahan kokoh dan tahan lama

Kotak P3K yang terbuat dari bahan metal umumnya tahan lama. Kotak tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang mencari kotak P3K yang kuat dan tahan lama dan juga bagi Anda yang sangat mengutamakan desain dan tampilan kotak P3K.

Material kain atau nilon, mudah dibawa bepergian

Material kain atau nilon, mudah dibawa bepergian

Kotak P3K dengan material kain atau nilon biasanya sangat ringan dan mudah dibawa kemana saja. Umumnya kotak P3K jenis ini direkomendasikan untuk Anda yang akan membawanya bepergian.

10 Rekomendasi kotak P3K terbaik

Sebelum Anda membeli, pertimbangkan kebutuhan kotak P3K apakah yang Anda perlukan? Untuk membantu Anda dalam memilih, simak rekomendasi 10 kotak P3K berikut ini !

10. Autofriend Kotak P3K Plastik

10. Autofriend Kotak P3K Plastik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 52.700

Transparan dengan pegangan

Ingin mudah mencari obat-obatan tanpa harus membuka kotak obat Anda? Kotak P3K transparan ini bisa menjadi pilihan Anda. Kotak P3K ini terbuat dari material plastik berkualitas yang tembus pandang, sehingga akan memudahkan Anda untuk melihat isi yang ada di dalamnya tanpa harus membukanya dan mencari obat-obatan dengan mudah. Dengan begitu akan lebih mempersingkat waktu pencarian obat ketika dibutuhkan.

Kotak ini dijual satu paket dengan isinya, dimana Anda bisa mendapatkan 8 buah produk didalamnya termasuk obat-obatan dan perlengkapan P3K. Produk yang tersedia didalamnya diantaranya adalah gunting, kapas steril, rivanol, obat merah, perban dan paracetamol, Anda juga dapat menambahkan obat-obatan penting lainnya untuk melengkapi kebutuhan Anda.

9. Lynx Kotak Obat P3K Outdoor

9. Lynx Kotak Obat P3K Outdoor

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 117.600

Tahan air dengan paket komplet untuk P3K

Anda para petualang yang hobi traveling tentu perlu untuk selalu membawa perlengkapan P3K ketika Anda sedang menikmati hobi olahraga Anda. Bahannya yang tahan air mampu melindungi perlengkapan dan obat-obatan P3K di dalamnya dari kemungkinan basah terkena cipratan air saat berpetualang bersama rekan-rekan Anda. Didesain berbentuk seperti dompet dengan ritsleting pada bagian atasnya sehingga praktis untuk dibawa-bawa.

Tas P3K ini telah dilengkapi dengan 13 buah produk yang dibutuhkan untuk pertolongan pertama, di antaranya alcohol pad, gunting, kapas steril, dan perban. Untuk kemudahan Anda, tersedia juga buku panduan dalam paketnya, yang akan membantu Anda untuk menggunakan produk yang tersedia didalamnya ketika memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan.

8. Dhaulagiri Emergency Kit Box

8. Dhaulagiri Emergency Kit Box

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 64.000

Semi hard case aman benturan

Kotak P3K ini terbuat dari material semi hard case yang kuat dan tidak mudah pecah. Kami merekomendasikan  kotak P3K pribadi yang berukuran kecil, anti pecah dan dapat dibawa kemana-mana ini untuk Anda letakkan di mobil. Dengan begitu, jika terjadi kecelakaan ringan, kotak obat ini tidak hancur dan dapat membantu Anda memberikan pertolongan pertama.

Desain luarnya berwarna merah dengan ritsleting pada bagian tengahnya yang apabila dibuka akan membagi kotak menjadi 2 bagian seperti koper. Bagian dalamnya dilapisi dengan bahan kain yang dilengkapi dengan kantong penyimpanan obat pada satu sisi dan 2 karet elastis pada sisi lainnya untuk menahan obat agar tidak terjatuh ketika kotak dibuka. Pastikan keluarga Anda aman dari bahaya!

7. Maspion MC 11 Kotak P3K Dinding

7. Maspion MC 11 Kotak P3K Dinding

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 150.000

Dilengkapi dengan 4 ruang penyimpanan obat

Kotak P3K dinding ini dapat menjadi pilihan Anda yang ingin meletakkannya di tumah Anda. Meskipun ukurannya besar, yakni 30 cm x 11 cm x 40 cm, namun bobotnya ringan karena terbuat dari plastik. Sehingga memungkinkan untuk Anda angkat dan menggantungkannya di dinding. Dengan begitu akan lebih aman dari jangkauan anak-anak balita.

KotaK P3K berukuran besar ini dibagi menjadi 4 ruang penyimpanan obat-obatan dan perlengkapan P3K, sehingga akan memudahkan Anda untuk menata obat-obatan dan perlengkapan sesuai dengan kemasannya dan jenisnya.  Dilengkapi dengan pintu berengsel dari kaca akan memudahkan Anda untuk melihat isi didalamnya tanpa harus membukanya. Pas untuk menyimpan kebutuhan P3K seluruh keluarga Anda !

6. Onemed Kotak P3K Kayu

6. Onemed Kotak P3K Kayu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Natural dan berukuran besar

Untuk Anda yang menyukai produk-produk berbahan kayu, kotak P3K ini cocok untuk Anda. Bahan kayu membuat suasana rumah Anda menjadi lebih natural dan enak dipandang mata, dibandingkan dengan hanya menggunakan kotak P3k dari bahan plastik. Selain fungsinya sebagai kotak P3K, produk ini juga dapat menghiasi dinding rumah Anda.

Memiliki 4 ruang penyimpanan yang cukup besar, Anda bisa menyimpan obat-obatan berbentuk botol, kemasan kotak secara terpisah-pisah dan menyesuaikan ukurannya dengan ruang yang ada. Letakan di ketinggian yang tidak mudah dijangkau anak Anda, untuk keamanan dan menghindari kepala anak-anak terbentur kotak kayu ini.

5. Onemed Kotak P3K

5. Onemed Kotak P3K

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 19.200

Penyekat antar ruang yang dapat dibongkar pasang

Untuk Anda yang setiap hari harus mengonsumsi obat-obatan secara rutin, produk dari Onemed ini dapat menjadi pilihan Anda. Onemed menawarkan kotak obat yang terbagi atas sekat-sekat sehingga menciptakan ruang penyimpanan yang kecil, sehingga Anda dapat dengan mudah mengklasifikasikan obat-obatan yang akan Anda konsumsi setiap hari pada masing-masing ruangnya.

Pada setiap ruangnya, Anda dapat menyimpan obat untuk satu kali minum dan menandai hari dan jam untuk mengkonsumsinya. Materialnya yang terbuat dari plastik menambah nilai plusnya, membuat kotak ini ringan dan mudah dimasukan ke dalam tas Anda. Jika Anda harus rutin mengonsumsi obat-obatan namun memiliki mobilitas tinggi, gunakanlah produk ini untuk memudahkan Anda!

4. Tas P3K Portabel

4. Tas P3K Portabel

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 171.900

Tas tahan air dengan tali selempang

Untuk Anda, petugas kesehatan, yang harus bertugas di lapangan atau mengunjungi desa-desa untuk memberikan pelayanan kesehatan, produk ini bisa Anda gunakan untuk menunjang kegiatan Anda. Tas P3K berbentuk tabung ini terbuat dari material kain yang tahan air, sehingga aman jika Anda bawa bepergian untuk kegiatan outdoor sekalipun hujan rintik-rintik.

Kotak P3K berbentuk tas ini dilengkapi dengan tali selempang yang kuat dan tahan lama sehingga memudahkan Anda membawanya. Karena pekerja medis di lapangan dituntut untuk serba cepat dan tanggap, tas ini dapat membantu Anda karena tidak menyulitkan pergerakan Anda. Tali selempangnya yang bisa diatur sesuai tinggi badan Anda sehingga lebih nyaman.

3. Kotak P3K Susun

3. Kotak P3K Susun

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 229.000

Dilengkapi dua susun kompartemen

Kotak P3K ini cocok untuk Anda yang berprofesi tenaga medis profesional, misalnya perawat, petugas medis PMI, atau petugas ambulans karena produk ini telah disetujui oleh FDA Amerika sehingga terjamin kualitasnya. Dengan menggunakan produk ini, pasien yang Anda tangani akan merasa lebih nyaman dan percaya dengan Anda.

Keunikan produk ini adalah terdiri dari 2 susun kompartemen sehingga memudahkan Anda dalam mengatur obat-obatan dan alat medis lainnya dengan lebih rapi. Rak bagian atasnya terbagi dalam 4 buah ruang dengan 1 ruang berukuran panjang untuk menyimpan kebutuhan P3K bertipe lonjong misalnya perban panjang, pinset dan gunting.

2. Kotak P3K Aluminium

2. Kotak P3K Aluminium

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 975.000

Kunci pengaman dan tahan lama

Jika Anda punya anak kecil di rumah dan khawatir mereka bisa membuka kotak obat dan mengkonsumsi obat tanpa sepengetahuan Anda, maka produk ini bisa menjadi pilihan Anda. Kotak P3K ini dilengkapi dengan 2 buah kunci pengaman yang dapat memastikan kotak tidak akan mudah dibuka oleh siapa saja termasuk anak-anak. Pastikan Anda selalu menguncinya setiap habis mengambil dan menggunakan obat-obatan.

Terbuat dari material aluminium yang kuat, menjamin produk ini bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Material aluminium membuatnya aman dari kemungkinan pecah jika terjatuh atau terbentur benda keras lainnya, menjamin obat Anda aman tersimpan di dalamnya. Desain kompartemen dalam dengan 2 rak susun dan tali tas menambah nilai plusnya sehingga memungkinkannya untuk dibawa bepergian.

1. Vakind Kotak P3K Multi Layer

1. Vakind Kotak P3K Multi Layer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 246.000

Kotak portabel dengan banyak laci

Kotak P3K portabel dengan banyak laci ini memungkinkan Anda menyimpan obat dalam jumlah banyak dan lengkap untuk kebutuhan pertolongan pertama. Ada kompartemen untuk menyimpan obat-obatan berbentuk botol, ada yang digunakan untuk tablet-tablet, perban dan sebagainya.

Laci bagian tengahnya dapat Anda gunakan untuk menyimpan obat-obatan penting dan kapas. Bagian terbawahnya pun memiliki laci berbentuk horizontal yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan perlengkapan P3K yang berukuran kecil dan pipih lainnya. Kotak P3K yang lengkap ini cocok diletakkan di ruangan UKS sekolah karena dapat menyimpan obat-obatan yang cukup lengkap.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan diatas, sudahkah Anda menentukan kotak P3K yang Anda perlukan untuk kebutuhan emergency atau sebagai kotak obat keluarga Anda? Ada baiknya Anda memiliki minimal 2 buah kotak P3K, satu untuk disimpan di rumah dan satu lagi yang portabel untuk bepergian dan keperluan bencana.

Pastikan Anda secara rutin mengecek tanggal kedaluwarsa obat-obatan dan perlengkapan P3K yang tersimpan didalamnya dan menggantikannya dengan yang baru secara rutin. Yuk segera siapkan kotak P3K untuk keperluan keluarga Anda !