10 Rekomendasi Toilet Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Toilet Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Toilet anak atau pispot anak banyak dicari oleh orang tua yang ingin melatih anaknya untuk bisa pergi ke kamar kecil sendiri. Selain bisa melatih si kecil supaya lebih mandiri, Anda pun tidak harus repot memakaikan popok bayi lagi. Sehingga pengeluaran untuk popo juga berkurang.

Terdapat dua jenis toilet anak yang dijual di pasaran, antara lain toilet anak tipe duduk dan tipe jongkok. Sebenarnya toilet anak yang mana yang cocok untuk anak Anda? Pada artikel berikut, kami akan menguraikan cara memilih toilet anak beserta 10 rekomendasi toilet anak terbaik. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut.

Daftar isi

Keunggulan dari penggunaan toilet anak

Keunggulan dari penggunaan toilet anak

Selain toilet anak, kini ada juga tempat duduk kecil atau bantalan yang bisa dipasang pada toilet dewasa sehingga anak kecil juga bisa menggunakan toilet dewasa. Tempat duduk tersebut semakin banyak digunakan oleh masyarakat karena dianggap lebih praktis. Manakah yang lebih praktis? Sebenarnya toilet anak juga memiliki banyak keunggulan, lho!

Keunggulan utama dari toilet anak adalah bisa diletakkan di mana saja. Jadi, Anda bisa menggunakan toilet anak di dalam kamar anak tanpa harus ke toilet. Apabila Anda ingin melatih si kecil melakukan potty training, toilet anak bisa membuat si kecil merasa lebih nyaman daripada tempat duduk kecil di toilet.

Selain itu, dengan menggunakan toilet anak, kaki si kecil bisa langsung memijak lantai. Dengan kaki memijak lantai, posisi tubuh anak Anda pun lebih stabil dan nyaman dibandingkan dengan penggunaan tempat duduk kecil pada toilet dewasa.

Cara memilih toilet anak

Secara umum, toilet anak terbagi menjadi dua tipe, yaitu tipe jongkok dan tipe duduk. Sebenarnya toilet dengan tipe yang mana sih yang cocok untuk anak Anda? Mari simak penjelasannya.

Toilet anak tipe jongkok, nyaman saat digunakan

Toilet anak tipe jongkok, nyaman saat digunakan

Kelebihan utama dari toilet anak dengan tipe jongkok adalah bisa digunakan sebagai pengganti tempat duduk kecil pada toilet dewasa. Selain itu, posisi jongkok pun lebih stabil dibandingkan dengan posisi duduk sehingga si kecil pun merasa nyaman sewaktu penggunaan.

Namun demikian, supaya anak Anda bisa jongkok pada toilet anak, orang tua perlu menggendong dan membantu si kecil untuk bisa berada dalam posisi jongkok. Hal ini menyebabkan banyak yang berpendapat bahwa toilet anak tipe jongkok lebih susah digunakan untuk memulai potty training dari usia dini.

Toilet anak tipe duduk, paling banyak ditemukan

Toilet anak tipe duduk, paling banyak ditemukan

Toilet anak tipe duduk merupakan tipe toilet anak yang paling banyak ditemukan sekarang ini. Penggunaan toilet anak tipe duduk juga lebih mudah, karena si kecil bisa duduk sendiri tanpa bantuan orang tua. Untuk Anda yang ingin melatih si kecil sejak usia dini, toilet anak tipe duduk bisa menjadi pilihan praktis untuk Anda.

Kekurangan dari toilet anak tipe duduk adalah hanya dapat digunakan sewaktu anak berusia kecil. Sewaktu anak Anda mulai bertumbuh besar dan sudah waktunya untuk menggunakan potty ring, toilet anak yang disatukan dengan toilet dewasa.

Toilet anak yang bisa ditempatkan pada toilet dewasa

Toilet anak yang bisa ditempatkan pada toilet dewasa

Toilet anak hanya digunakan dalam jangka waktu yang pendek. Hal ini menyebabkan banyak orang tua yang enggan untuk membeli toilet anak. Namun demikian, sekarang ini sudah terdapat banyak toilet anak yang bisa digunakan sebagai tempat duduk kecil pada toilet dewasa. Toilet anak jenis ini biasanya berbentuk seperti bantal dan diletakkan di toilet orang dewasa sebagai tambahan tempat duduk. Produk ini dapat Anda temui di pasaran dengan sebutan “pillow type pits” atau “sitting type pillows”.

Toilet anak yang bisa menjadi tempat duduk pada toilet dewasa bisa dipakai dalam jangka waktu cukup lama. Dengan menggunakan toilet anak jenis ini, Anda juga bisa sambil mengajarkan hal lain yang biasa dilakukan di kamar mandi, seperti membersihkan diri sehabis buang air kecil atau besar. Pilihlah toilet anak yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih yang mudah dicuci

Pilih yang mudah dicuci

Tidak dapat dipungkiri bahwa mencuci toilet anak adalah hal yang merepotkan. Untuk mempermudah proses pencucian, pilihlah toilet anak dengan desain yang sederhana. Jika desain atau bentuknya rumit maka akan lebih sulit untuk dibersihkan. Pilih juga toilet anak yang bisa dilepas bagiannya untuk mempermudah proses pencucian.

Produk toilet anak yang multifungsi biasanya lebih sulit dibersihkan karena strukturnya yang lebih rumit. Jika Anda membeli toilet jenis ini, sebaiknya cari tahu juga bagaimana cara membersihkannya. Tidak masalah jika Anda ingin membeli toilet anak multifungsi, namun Anda harus mengerti cara membersihkannya dengan baik.

10 Rekomendasi toilet anak terbaik

Berikut adalah 10 rekomendasi toilet anak terbaik pilihan kami. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga kegiatan potty training Anda bersama si kecil menjadi menyenangkan, ya!

10. Baby Safe Boy’s Training Potty

10. Baby Safe Boy’s Training Potty

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 82.000

Toilet khusus untuk anak laki-laki Anda

Untuk Anda yang mempunyai anak laki-laki, produk ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Toilet anak ini didesain supaya si kecil bisa membuang air kecil dengan posisi berdiri. Pilihan praktis untuk Anda yang sedang mencari urinoir (tempat buang air kecil) untuk mengenalkan anak laki-laki Anda cara buang air kecil di toilet umum.

Selain bisa dipasang dan direkatkan pada dinding kamar mandi, wadah urin pada produk ini juga bisa dilepas, sehingga bisa mempermudah sewaktu pembersihan. Tidak hanya itu, kincir putar dan desain kodok yang lucu bisa membuat kegiatan potty training si kecil menjadi lebih menyenangkan.

9. BABYBJÖRN Potty Chair

9. BABYBJÖRN Potty Chair

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.133.000

Toilet anak tipe duduk mengutamakan kenyamanan

Toilet anak tipe duduk ini sangat mengedepankan kenyamanan anak saat melakukan potty training. Produk ini didesain dengan backrest yang tinggi dan armrest yang nyaman sehingga anak Anda bisa bersandar dengan rileks. Ketika rileks, anak Anda jadi mampu memahami langkah-langkah potty training yang dilakukan dan lebih mudah membiasakan diri setelahnya.

Bagian untuk kaki anak Anda juga sangat luas sehingga anak dapat berdiri sendiri ketika sudah selesai buang air. Dengan begitu kemandirian anak juga terlatih sejak dini. Bagi Anda yang mengutamakan desain nyaman untuk mengajari anak Anda buang air, sebaiknya memilih produk ini. Kenyamanan anak menjadi prioritas!

8. Green Leaf Potty 5018

8. Green Leaf Potty 5018

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.900

Toilet anak made in Indonesia dengan harga terjangkau

Green Leaf merupakan perusahaan plastik asal Indonesia yang sudah dikenal oleh kalangan banyak. Dengan menggunakan produk dalam negeri, Anda dapat membantu perekonomian dan usaha putra-putri Indonesia. Untuk dapat menjangkau masyarakat luas, produk ini memiliki harga yang cukup ekonomis sehingga ibu dari kalangan manapun tidak perlu ragu untuk membelinya.

Green Leaf hadir dengan desain sederhana dan dilengkapi tutup sehingga mudah dibersihkan sehingga kebersihan anak tetap terjaga dan terhindar dari kuman penyakit. Cocok untuk Anda yang mencari toilet anak dengan harga ekonomis, nih! Pilihan warnanya juga variatif!

7. Puku Baby Potty 18mth 17401

7. Puku Baby Potty 18mth 17401

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 346.200

Toilet anak tipe jongkok dengan pegangan

Puku merupakan merek produk bayi yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Puku Baby Potty sendiri memiliki keunikan tersendiri yakni dilengkapi dengan pegangan sehingga menyerupai mainan kuda-kudaan anak. Tentu saja dengan begitu, anak menjadi lebih familiar dan tidak canggung saat menggunakannya. Tak sekedar desainnya, ternyata pegangan tersebut juga berfungsi untuk membuat posisi anak Anda stabil.

Produk ini cocok untuk anak berusia 18 bulan ke atas dengan anggapan kemampuan motoriknya sudah cukup terlatih untuk memegang pegangan. Toilet anak tipe jongkok ini dibuat dengan plastik berkualitas yang bebas BPA sehingga lebih aman untuk anak Anda. Miliki segera produk ini!

6. Baby Safe Train to Flush Potty

6. Baby Safe Train to Flush Potty

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 274.000

Dilengkapi tombol flush yang bisa bersuara

Toilet anak ini didesain menyerupai toilet dewasa dengan ukuran lebih mini dan dilengkapi juga dengan tombol flush. Keunikan produk ini adalah, ketika Anda menekan tombol flush maka akan terdengar suara musik. Fungsinya adalah untuk melatih dan membiasakan si kecil untuk menyiram kotoran dengan menekan tombol flush. Menarik bukan?

Untuk Anda yang ingin melatih anak dengan cara tersebut, belilah produk ini. Lagipula harganya tidak terlalu mahal. Nilai plus-nya adalah dengan adanya toilet yang bisa mengeluarkan musik, kegiatan potty training Anda dan anak akan lebih menyenangkan.

5. My Carry Potty

5. My Carry Potty 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 370.000

Toilet darurat untuk dibawa dalam perjalanan

Anda sering bepergian bersama si kecil? Toilet anak portable ini bisa menjadi pilihan praktis untuk Anda. My Carry Potty didesain seperti bentuk tas dengan bobot yang ringan dan bisa dilipat sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja.

Produk ini cocok untuk Anda bawa bepergian jarak jauh dengan si kecil, misalnya ke luar kota dengan mobil. Anak kecil biasanya belum bisa mengendalikan keinginan buang air dengan baik sehingga terkadang di tengah perjalanan Ia ingin buang air. Untuk mengatasi masalah tersebut, produk ini bisa menjadi toilet darurat di dalam mobil Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir harus buang air di pinggir jalan.

4. IKEA Lilla Toilet Anak Hijau

4. IKEA Lilla Toilet Anak Hijau

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 72.900

Toilet anak yang mudah dibersihkan

Produk dari IKEA dari bahan karet sintetis bebas BPA ini cocok untuk Anda yang ingin mencari toilet anak yang mudah dibersihkan. Didesain oleh desainer Belanda, Monica Mulder, toilet anak ini mempunyai desain yang sederhana. Hanya terdiri dari satu wadah sehingga proses membersihkan toilet ini menjadi lebih praktis. Cara membersihkannya cukup dengan sabun lembut dan dibilas air.

Beberapa orang tua zaman sekarang tidak memiliki banyak waktu atau kurang piawai dalam mengurus perlengkapan bayi. Dengan kemudahan perawatan produk ini, Anda tidak perlu meluangkan banyak waktu atau memberikan perawatan ekstra untuk menjaga kualitas produk ini. Cukup dengan effort minimalis, kualitas tetap terjaga.

3. Summer Infant My Size Potty

3. Summer Infant My Size Potty

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 485.000

Toilet anak yang menyerupai toilet dewasa

Produk ini memiliki bentuk seperti toilet dewasa pada umumnya sehingga dapat membantu mengenalkan anak dengan mekanisme buang air menggunakan toilet dewasa. Sehingga saat sudah cukup besar, anak Anda sudah terbiasa menggunakannya.

Produk ini juga dilengkapi tombol flush yang mampu mengeluarkan suara seperti pada umumnya. Selain itu ada juga tempat penyimpanan tisu basah untuk keperluan bersih-bersih setelah buang air. Produk ini sangat tepat Anda gunakan untuk mengajari si kecil cara buang air dengan benar.

2. Fisher Price Royal Stepstool Potty

2. Fisher Price Royal Stepstool Potty

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 310.000

Toilet anak yang multifungsi

Keunggulan produk ini dibandingkan produk lainnya adalah multifungsi, yakni potty chair, potty ring dan pijakan kaki. Fungsi utama produk ini tentunya sebagai potty chair untuk mengenalkan anak cara buang air yang benar. Bagian dudukannya bisa dilepas sehingga menjadi potty ring yang digunakan untuk dudukan tambahan pada toilet dewasa. Sehingga anak Anda juga bisa belajar menggunakan toilet dewasa.

Untuk menjangkau wastafel atau tempat yang tinggi, produk ini bisa dijadikan pijakan kaki anak Anda. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan toilet anak serbaguna dalam satu produk yang tentunya akan menghemat pengeluaran. Hanya saja, karena desainnya rumit cara membersihkannya butuh perhatian ekstra.

1. Richell Pottis Step and Potty

1. Richell Pottis Step and Potty

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 375.000

Toilet anak multifungsi dan dilengkapi pegangan yang unik

Produk ini juga merupakan produk toilet anak yang multifungsi dengan keguanaan sebagai toilet anak, potty ring dan pijakan kaki. Yang menjadi poin plus dari produk ini adalah adanya pegangan di bagian samping tempat duduk. Dengan begitu anak Anda akan lebih nyaman saat melakukan potty training.

Jika biasanya armrest didesain memanjang, produk ini memiliki desain armrest yang unik, yakni menyesuaikan dengan ukuran telapan tangan si kecil. Sehingga anak Anda juga dapat mengasah kemampuan motorik dengan memegang sesuatu sebagai penahan. Cocok untuk Anda yang menginginkan produk multifungsi yang ekstra nyaman untuk si kecil.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan 10 toilet anak terbaik pilihan kami. Bagaimana menurut Anda? Terdapat banyak jenis toilet anak dengan desain dan fungsi yang variatif. Pilihlah toilet anak yang menurut Anda paling sesuai dengan karakter anak Anda. Dengan demikian, proses potty training pun pastinya akan menjadi lebih menyenangkan.

Perlu diingat bahwa kesabaran adalah kunci utama untuk mempercepat proses potty training. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para orang tua yang ingin melepas popok dan melatih anaknya agar bisa mandiri untuk pergi ke toilet. Selamat ber-potty training bersama si kecil ya!