10 Rekomendasi Truffle Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Truffle Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Apakah Anda tahu truffle oil ? Minyak beraroma dan kaya akan rasa truffle yang mewah dalam minyak zaitun. Jenis truffle oil termasuk classic black truffle, dan minyak truffle dengan kualitas tinggi yaitu white truffle oil.

Kali ini, kami akan menjelaskan apa itu truffle oil, dan merekomendasikan produk truffle oil khusus untuk Anda. Dengan truffle oil, hidangan biasa Anda pun akan menjadi istimewa. Simak lebih lanjut ya!

Daftar isi

Apa itu truffle oil ?

Apa itu truffle oil ?

Truffle oil merupakan minyak zaitun yang ditambah dengan aroma truffle, yang dikenal sebagai salah satu dari tiga bahan makanan mewah di dunia. Truffle merupakan jamur berukuran kecil dan tebal, yang memiliki keistimewaan rasa mewah yang menggugah selera.

Karena budi daya yang cukup sulit dan produksi di Eropa juga sedikit, membuat black truffle memiliki reputasi yang tinggi dan dikenal sebagai black diamond.

Dengan truffle oil, Anda bisa mencicipi kemewahan rasa truffle di dalamnya.

Cara memilih truffle oil

Untuk truffle oil, ada yang menggunakan black truffle dan juga white truffle. Selain itu, aroma yang dihasilkan oleh minyak dan esens yang digunakan bisa berbeda. Pilihlah yang sesuai dengan budget yang Anda miliki, dan disesuaikan dengan selera Anda.

Pilihlah berdasarkan jenis truffle oil

Apa perbedaan antara black truffle dan white truffle ? Kami telah meringkas perbedaannya berdasarkan harga, aroma, dan karakteristiknya masing-masing.

Black truffle oil

Black truffle oil

Kebanyakan black truffle berasal dari Perancis. Khususnya black truffle yang berasal dari wilayah Perigord, diperlakukan sebagai barang mewah. Black truffle bisa dinikmati dengan cara diiris kemudian dinikmati langsung, atau bisa juga disajikan dengan cara dipanaskan terlebih dahulu.

Akhir-akhir ini, black truffle buatan Cina sudah mulai masuk ke pasaran, tetapi aromanya tetap tidak bisa dibandingkan dengan yang berasal dari Perancis. Harga black truffle dari Cina juga jauh lebih murah dibandingkan yang diproduksi di Perigord.

Jika Anda ingin membeli black truffle oil yang harum, sebaiknya perhatikan juga area produksinya.

White truffle oil

White truffle oil

White truffle kebanyakan berasal dari Italia. Tidak seperti black truffle, white truffle bisa Anda nikmati secara mentah, diiris, dan dimasak. White truffle memiliki aroma yang lebih kuat dibandingkan dengan black truffle, dan dalam bentuk minyak, memiliki aroma yang tajam meskipun hanya digunakan dalam jumlah yang kecil.

White truffle, yang merupakan jamur mewah pertama di dunia, harganya masih lebih murah dibandingkan dengan black truffle.

Pilih tipe truffle oil

Ada dua tipe truffle oil, tipe yang mewah, dengan truffle direndam ke dalam minyak dan ditransfer aromanya, serta minyak yang menggunakan aroma truffle.

Anda dapat mempertimbangkan dari segi harga dan kemudahan penggunaannya.

Truffle yang direndam dalam minyak dan aromanya dipindahkan

Truffle yang direndam dalam minyak dan aromanya dipindahkan

Truffle oil dengan kemewahan rasa truffle di dalamnya memang memiliki harga yang mahal. Namun, jika Anda benar-benar ingin mencoba rasa truffle oil yang autentik, tidak ada salahnya jika Anda sekali saja mencoba membeli truffle oil dengan harga yang mahal.

Sebelum membeli, sebaiknya Anda memeriksa bahan bakunya terlebih dulu. Periksa gambar produknya, dan periksa juga apakah ada kandungan truffle di dalamnya atau tidak.

Menggunakan esens truffle

Menggunakan esens truffle

Truffle oil yang menggunakan esens juga bisa membuat hidangan Anda menjadi memuaskan. Harganya terjangkau dan ada pula dalam bentuk spray, cocok untuk Anda yang ingin mencoba aroma truffle.

Ada beberapa produk yang menambahkan aroma dari truffle yang diawetkan sehingga harganya sedikit lebih tinggi. Anda bisa mencobanya jika tidak puas dengan aroma truffle yang dihasilkan dari esens.

10 Rekomendasi truffle oil terbaik

Sekarang kami akan merekomendasikan sepuluh truffle oil terbaik khusus untuk Anda. Truffle oil yang kami pilih memiliki kelebihan masing-masing. Semoga pilihan kami ini bisa membantu Anda memutuskan truffle oil yang cocok untuk Anda dari segi harga dan juga rasa.

10. Pietro Coricelli Black Truffle Flavored Extra Virgin Olive Oil

10. Pietro Coricelli Black Truffle Flavored Extra Virgin Olive Oil

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 499.000

Truffle oil yang diproduksi sejak 70 tahun lalu dengan kualitas tinggi

Sudah memproduksi truffle oil sejak 70 tahun yang lalu, membuat minyak ini layak Anda coba. Dengan menggunakan truffle esens yang dicampur dengan extra virgin olive oil, menghasilkan aroma truffle yang ringan, cocok untuk Anda yang tidak suka aroma truffle yang terlalu kuat.

Rasanya yang ringan, produk ini bisa untuk Anda gunakan sehari-hari. Diimpor langsung dari Italia, tentunya kualitas rasa truffle oil ini tidak perlu diragukan lagi. Kemasan botolnya yang juga langsing akan memudahkan Anda untuk menyimpan minyak ini di rak penyimpanan Anda.

9. Casa Rinaldi White Truffle Oil

9. Casa Rinaldi White Truffle Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 259.000

Aromanya yang ringan, cocok untuk segala jenis masakan

White truffle oil dari Casa Rinaldi ini memiliki aroma truffle yang lembut dan dipadukan dengan minyak zaitun yang berkualitas tinggi. Truffle oil ini bisa Anda gunakan untuk menumis sayur, untuk meningkatkan rasa dari saus, daging, dapat juga disiramkan ke atas kentang goreng, atau sebagai campuran pasta.

Untuk Anda yang baru ingin mencoba memasak dengan menggunakan truffle oil, produk ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan ukuran 250 ml, harga yang ditawarkan juga cukup masuk akal. Kemasannya juga terlihat mewah, dengan kotak berwarna hitam yang terkesan elegan.

8. La Chinata Black Truffle Extra Virgin Olive Oil

8. La Chinata Black Truffle Extra Virgin Olive Oil 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 375.000

Bisa digunakan sebagai bahan masak untuk diet ala Mediterania

Truffle oil yang berasal dari Spanyol ini bisa digunakan sebagai salah satu bahan masak untuk Anda yang sedang menjalani diet ala Mediterania. Dengan menambahkan minyak ini, rasa makanan tentunya akan terasa lebih nikmat.

Rasanya yang aromatik dapat menambahkan rasa ke beberapa hidangan yang akan Anda sajikan kepada keluarga Anda. Untuk Anda yang menyukai kentang goreng, cukup berikan beberapa tetes truffle oil ke atasnya dan selamat menikmati aroma truffle yang membalut kentang goreng buatan Anda.

7. Cirio Tartufo Nero Truffle Oil

7. Cirio Tartufo Nero Truffle Oil 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 175.000

Truffle oil untuk Anda yang menyukai aroma truffle yang kuat dan intens

Aroma black truffle yang kuat dari minyak ini dapat membuat masakan Anda menjadi lebih kaya akan rasa. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat minyak ini memiliki kualitas yang tinggi, dengan campuran esens black truffle di dalamnya.

Truffle oil ini cocok untuk Anda yang menyukai aroma truffle yang kuat dan intens. Hanya dengan menambahkan beberapa tetes ke dalam masakan Anda, aroma truffle akan memenuhi dapur Anda. Harganya yang juga terjangkau, bisa membuat minyak ini menjadi salah satu pilihan Anda.

6. Turci Firenze Cold Pressed Italian White Truffle Spray

6. Turci Firenze Cold Pressed Italian White Truffle Spray

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 44.000

White truffle dalam bentuk spray yang mudah digunakan

White truffle spray yang praktis dan mudah digunakan. Dengan aroma truffle yang kuat, menjadikan hidangan Anda lebih harum dan menggugah selera. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menyemprotkan sebanyak 4 kali ke makanan atau masakan Anda.

Spray ini bisa Anda gunakan jika Anda membutuhkan rasa dan aroma truffle di dalam masakan Anda. Produk dari Italia ini diproses secara ketat sehingga terjamin dari sisi kualitas rasa dan kebersihannya.  Setelah Anda gunakan, Anda bisa menyimpan spray ini di dalam lemari es.

5. Borde White Truffle Olive Oil

5. Borde White Truffle Olive Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 455.000

Cita rasa truffle yang alami membuat hidangan pasta Anda semakin nikmat

Dengan campuran white truffle, minyak zaitun ini penuh dengan cita rasa yang alami. Memberikan sensasi rasa yang berbeda ke berbagai macam masakan Anda. Borde sudah dikenal sejak tahun 1920, dan dengan pengalaman lebih dari 90 tahun, tentu kualitasnya tidak perlu diragukan kembali.

Truffle oil yang berasal dari Perancis ini cocok untuk Anda yang hobi memasak pasta atau risotto. Selain memproduksi truffle oil dengan menggunakan white truffle, Borde juga memproduksi truffle oil dengan black truffle sebagai bahan utamanya. Tentunya Anda bisa memilih yang sesuai dengan selera Anda.

4.  Geofoods Tartufo Nero Truffle Oil

4.  Geofoods Tartufo Nero Truffle Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 310.000

Kemasan botol elegan, cocok untuk hadiah ke orang tersayang

Geofoods telah berkecimpung lebih dari 20 tahun untuk memproduksi truffle oil dengan kualitas rasa yang tidak perlu diragukan lagi. Dengan menggunakan truffle berkualitas tinggi, rasanya akan tercium begitu Anda membuka kemasannya.

Selain memproduksi truffle oil, Geofoods juga membuat aneka kreasi lainnya dengan bahan dasar truffle, seperti truffle butter, truffle honey, truffle sauce, dan lain-lain yang dikemas dalam bentuk jar dengan kesan mewah. Dengan kemasan botol yang elegan, truffle oil ini bisa Anda jadikan sebagai hadiah untuk kerabat Anda yang hobi masak.

3. Truffle Hill Truffle Oil

3. Truffle Hill Truffle Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 669.000

Truffle oil dari Australia dengan rasa yang ringan

Selain memproduksi wine, Truffle Hill yang berasal dari Australia juga memproduksi truffle oil yang tidak boleh Anda lewatkan. Dengan rasa truffle yang ringan, Anda bisa bebas berkreasi menggunakan truffle oil ke dalam berbagai macam masakan Anda. Saat-saat di dapur pun akan lebih menyenangkan dengan aroma truffle.

Dikemas dalam botol kaca yang simpel, truffle oil ini bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk kerabat yang senang mengoleksi berbagai macam jenis minyak untuk memasak. Selain kemasan botol 100 ml, truffle oil ini juga tersedia dalam kemasan botol 40 ml dengan bentuk yang unik dan juga kemasan botol 250 ml.

2. Urbani White Truffle Oil

2. Urbani White Truffle Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 445.000

Aroma truffle yang intens tidak lekang oleh waktu

Kemewahan rasa white truffle akan Anda temukan di dalam minyak ini. Menggunakan bahan yang alami, menghasilkan aroma yang intens sekaligus unik. Truffle oil ini dapat Anda gunakan pada hidangan pasta atau nasi Anda, juga di hidangan daging dan ikan yang Anda buat. Cocok untuk jamuan makan malam di rumah Anda.

Yang membedakan minyak ini dengan truffle oil lainnya adalah aroma truffle dari minyak ini akan tetap terjaga walaupun Anda sudah membuka kemasannya beberapa lama. Karena aromanya cukup kuat, Anda hanya membutuhkan 1 sendok teh untuk mendapatkan hidangan dengan aroma yang mantap.

1. Elle Esse White Truffle Extra Virgin Olive Oil

1. Elle Esse White Truffle Extra Virgin Olive Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 990.000

Truffle oil khusus untuk Anda pecinta truffle sejati

Extra virgin olive oil dengan campuran sari truffle dan irisan truffle di dalamnya. Kualitas white truffle nya juga tidak perlu Anda ragukan lagi. Untuk menjaga kualitas minyak dan aromanya, simpan di tempat gelap dengan suhu ruang yang tidak terlalu panas.

Kemasan botol 55 ml ini memang dijual dengan harga yang fantastis. Namun, Anda akan mendapatkan rasa yang sebanding dengan harganya. Sesekali merogoh kocek yang lebih besar untuk menikmati kemewahan rasa truffle oil tidak ada salahnya, bukan?

Cara menggunakan truffle oil

Sangat direkomendasikan menggunakan truffle untuk meningkatkan rasa masakan Anda. Jika Anda meneteskan truffle oil ke salad atau telur orak-arik yang biasa Anda buat, rasanya akan menjadi lebih nikmat dengan aroma yang menggugah selera.

Karena black truffle lebih sering digunakan dengan cara dipanaskan, Anda bisa menggunakan black truffle oil sebagai tambahan saat Anda memasak. Hidangan yang biasa pun akan menjadi luar biasa! Anda juga bisa mencari rekomendasi resep yang dapat memaksimalkan aroma truffle di hidangan Anda.

Resep dengan truffle oil

Mari ubah hidangan sederhana Anda menjadi luar biasa dengan truffle oil. Kami akan memberikan resep mudah yang bisa Anda coba sekarang juga. Silahkan merujuk ke resep berikut ini, dan selamat mencoba!

Truffle oil untuk cita rasa mewah omelette

Truffle oil untuk cita rasa mewah omelette

Kecocokan antara truffle dan telur sangat luar biasa. Anda bisa meneteskan truffle oil sebelum menikmati omelet. Rasa truffle dan telur yang lembut, membuat sarapan Anda menjadi terasa mewah.

Truffle oil juga cocok untuk telur 1/2 matang. Taruh daging ham di atas asparagus yang sudah direbus, letakkan telur 1/2 matang, taburi dengan keju, garam, lada, dan akhiri dengan tetesan truffle oil. Hidangan ini juga cocok Anda nikmati dengan segelas anggur yang nikmat.

Untuk hidangan dingin

Untuk hidangan dingin

Hidangan dingin biasanya disajikan dengan minyak wijen atau minyak zaitun dan garam. Namun, Anda juga bisa mencobanya dengan truffle oil. Cara membuatnya sederhana, cukup campur garam dan truffle oil sesuai dengan selera Anda. Untuk garam, kami merekomendasikan pink salt.

Jangan lupa taburi dengan lada hitam supaya rasanya lebih nikmat!

Sebagai salad dressing

Sebagai salad dressing

Dengan campuran garam, truffle oil dan cuka anggur atau cuka balsamic, Anda bisa membuat dressing untuk salad yang lezat dengan mudah. Anda bisa menggunakan perbandingan 2 : 1 untuk truffle oil dan cuka, kemudian tambahkan sedikit garam untuk penyesuaian rasa. Campur sampai garam larut, kemudian truffle oil dressing siap dinikmati bersama salad dingin.

Sepintas terlihat sederhana, tapi akan menjadi salad yang sangat lezat. Anda juga bisa mencampur daging ham atau telur sebagai pelengkap.

Tambahkan ke dalam pasta

Tambahkan ke dalam pasta

Masukkan pasta yang telah direbus ke dalam mangkuk, taruh kuning telur dan cream, keju parmigiano – reggiano, lada hitam, dan beberapa tetes truffle oil. Aduk sampai rata.

Poin penting yang harus diperhatikan saat membuat pasta carbonara adalah masak dengan suhu yang hangat supaya aroma truffle tidak hilang dan tekstur telur tidak menjadi padat. Pasta ini terlihat sederhana dan mudah dibuat, tetapi menjadi mewah dengan aroma truffle yang bisa Anda nikmati seutuhnya.

Dengan meneteskannya di atas hidangan, menjadikan hidangan semakin terasa lezat

Dengan meneteskannya di atas hidangan, menjadikan hidangan semakin terasa lezat

Hanya dengan beberapa tetes truffle oil, akan mengubah hidangan Anda sekaligus. Dapat juga dinikmati sebagai topping popcorn asin, atau jika Anda mengoleskannya ke baguette, membuatnya menjadi lebih kaya akan rasa daripada biasanya.

Dalam pesta, Anda bisa menuangkannya secara langsung di hadapan para tamu agar mereka dapat lebih merasakan aroma dan kemewahan sebuah truffle oil. 

Maksimalkan kelezatan rasanya

Maksimalkan kelezatan rasanya

Jika Anda menggunakannya saat memasak, Anda akan kehilangan rasanya yang kaya di dalam suhu panas. Saat membuat saus, segeralah matikan api kompor sesaat setelah Anda menuangkan truffle oil agar rasanya tidak hilang karena panas.

Aroma truffle oil akan berkurang apabila kemasannya sudah dibuka. Sangat disarankan untuk menggunakannya secepat mungkin agar tidak menjadi minyak zaitun yang biasa tanpa aroma truffle. Jika minyaknya sudah teroksidasi, asam lemak tak jenuh akan dihasilkan dan dapat berakibat buruk untuk tubuh Anda. Membeli truffle oil dalam kemasan yang kecil akan lebih baik agar Anda bisa menghabiskannya dalam waktu cepat.

Kesimpulan

Truffle oil ada yang menggunakan black trufle dan white truffle, ada yang menggunakan esens dan truffle asli yang direndam dalam minyak untuk menghasilkan aroma yang wangi. Selain itu juga ada beberapa variasi truffle oil lainnya.

Hidangan yang biasa akan menjadi lebih mewah jika Anda menambahkan beberapa tetes truffle oil. Aromanya pun akan lebih menggugah selera makan Anda dan keluarga. Menjadikan saat-saat makan tentunya lebih menyenangkan dibanding biasanya.

Semoga setelah membaca artikel kami ini, Anda dapat menemukan produk truffle oil yang cocok dengan Anda dari segi harga dan juga rasa. Selamat memasak!