• 10 Rekomendasi Truffle Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Truffle Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Truffle Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Truffle Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Truffle Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Truffle Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Apakah Anda tahu truffle oil? Truffle oil merupakan minyak zaitun yang kaya akan aroma dan rasa jamur truffle yang mewah. Ada dua jenis jamur truffle yang digunakan dalam minyak ini, yaitu black truffle dan white truffle. Jika ini pertama kalinya bagi Anda, tentu Anda akan sangat kebingungan dalam memilih yang terbaik.

Kali ini, kami akan menjelaskan lebih lengkap tentang truffle oil. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan minyak truffle dari berbagai produsen, seperti Urbani, Costa d’Oro, dan Geofoods. Dengan truffle oil, hidangan biasa Anda pun akan menjadi istimewa. Simak lebih lanjut, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2020
  • 12.963 Views
Daftar isi

Apa itu truffle oil ?

Apa itu truffle oil ?
Truffle oil adalah minyak zaitun yang ditambah dengan aroma truffle. Truffle dikenal sebagai salah satu dari tiga bahan makanan termewah di dunia. Truffle merupakan jamur yang berbentuk seperti bongkahan kecil, tebal, dan memiliki keistimewaan aroma mewah yang menggugah selera.
Melakukan budi daya buatan untuk truffle sulit untuk dilakukan. Bahkan, pemanenannya di Eropa membutuhkan bantuan anjing atau babi yang dapat mengenali aroma yang dikeluarkan truffle. Karena produksinya yang sedikit, black truffle memiliki reputasi tinggi dan sering disebut sebagai black diamond. Nah, dengan truffle oil, Anda bisa mencicipi kemewahan aroma truffle yang berharga.

Cara memilih truffle oil

Untuk pembuatan truffle oil, biasanya produsen menggunakan antara black truffle dan white truffle. Untuk menambahkan aroma truffle, beberapa produsen ada yang menggunakan truffle rendaman dan esens. Pilihlah yang sesuai dengan selera dan budget yang Anda miliki.

Pilih berdasarkan jenis truffle

Apa perbedaan antara black truffle dan white truffle? Kami telah meringkas perbedaannya berdasarkan harga, aroma, dan karakteristiknya masing-masing. Silakan disimak!

Black truffle : berasal dari Perancis dan merupakan barang mewah

Black truffle : berasal dari Perancis dan merupakan barang mewah
Kebanyakan black truffle berasal dari Perancis. Secara khusus, black truffle yang berasal dari wilayah Perigord biasanya diperlakukan sebagai barang mewah. Black truffle bisa dinikmati dengan cara diiris kemudian disantap langsung. Namun, biasanya black truffle lebih sering dikonsumsi setelah dipanaskan terlebih dahulu.
Belakangan ini, black truffle buatan Cina sudah mulai masuk ke pasaran. Namun, aromanya tetap tidak bisa dibandingkan dengan black truffle yang berasal dari Perancis. Harga black truffle dari Cina juga jauh lebih murah dibandingkan yang diproduksi di Perigord. Jika Anda ingin membeli black truffle oil yang harum, sebaiknya perhatikan asal produksinya.

White truffle : berasal dari Italia dan memiliki aroma yang kuat

White truffle : berasal dari Italia dan memiliki aroma yang kuat
White truffle kebanyakan berasal dari Italia. Tidak seperti black truffle, white truffle sering dikonsumsi secara mentah dan hanya perlu diiris. White truffle memiliki aroma yang lebih kuat dibandingkan dengan black truffle. Meski dalam bentuk minyak dan hanya digunakan dalam jumlah yang kecil, aroma white truffle tetap tajam.
Jumlah produksi jamur termewah di dunia ini semakin terbatas. Tak heran jika harganya selangit, bahkan mencapai puluhan juta per kilogramnya!

Pilih berdasarkan tipenya

Ada dua jenis truffle oil. Jenis pertama adalah jenis yang mewah karena aromanya ditransfer secara langsung dengan merendam truffle ke dalam minyak. Sedangkan, jenis kedua adalah minyak yang aromanya dibuat secara sintetis dengan esens agar menghasilkan efek bau khas truffle. Silakan pilih dengan mempertimbangkan dari segi harga dan kemudahan penggunaannya.

Truffle yang aromanya ditransfer langsung dengan cara direndam dalam minyak

Truffle yang aromanya ditransfer langsung dengan cara direndam dalam minyak
Truffle oil dengan kemewahan rasa truffle asli di dalamnya memang memiliki harga yang mahal. Namun, jika ingin mencoba rasa truffle oil yang autentik, tidak ada salahnya membeli yang mahal.
Sebelum membeli, sebaiknya Anda memeriksa bahan bakunya terlebih dulu. Periksa gambar produknya dan cek ketersediaan kandungan truffle di dalamnya.

Truffle oil yang menggunakan esens

Truffle oil yang menggunakan esens
Truffle oil yang menggunakan esens juga bisa membuat hidangan Anda menjadi nikmat. Karena dijual dengan berbagai pilihan dan berharga terjangkau, jenis ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencoba aroma truffle.
Selain itu, ada beberapa produk truffle oil yang mengombinasikan hasil rendaman dengan esens. Meski harganya sedikit lebih tinggi, Anda bisa mencobanya jika kurang puas dengan aroma truflle yang dihasilkan dari esens saja.

10 Rekomendasi truffle oil terbaik

Sekarang kami akan merekomendasikan sepuluh truffle oil terbaik khusus untuk Anda. Truffle oil yang kami pilih memiliki kelebihannya masing-masing. Semoga pilihan kami ini bisa membantu Anda memutuskan truffle oil yang cocok untuk Anda dan keluarga.
10

Pietro CoricelliBlack Truffle Flavored Extra Virgin Olive Oil

Rp 110.000,00

Jenis truffleBlack truffle
KomposisiExtra virgin olive oil, infusion of black truffle, black truffle flavoring
Isi250 ml
9
Jenis truffleWhite truffle
KomposisiTidak disebutkan
Isi100 ml
8
Jenis truffleBlack truffle
KomposisiExtra virgin olive oil (98%), aroma, dried truffle (0,5%)
Isi250 ml
7
Jenis truffleBlack truffle
KomposisiTidak disebutkan
Isi250 ml
6
Jenis truffleWhite truffle
KomposisiInfusion of white truffle (51%), sunflower oil, flavors
Isi40 ml
5
Jenis truffleBlack truffle
KomposisiOlive oil, flavoring
Isi250 ml
4
Jenis truffleBlack truffle
KomposisiExtra virgin olive oil, aroma
Isi250 ml
3
Jenis truffleBlack truffle
KomposisiExtra virgin olive oil, truffle infusion, truffle natural flavor
Isi250 ml
2
Jenis truffleWhite truffle
KomposisiExtra virgin olive oil, white truffle aroma
Isi100 ml
1
Jenis truffleWhite truffle
KomposisiOlive oil, white truffles aroma, white truffle
Isi250 ml

Tabel perbandingan produk truffle oil terbaik

Gambar produk
1
Urbani White Truffle Oil 1

Urbani

2
Plantin White Truffle Oil 1

Plantin

3
Costa d’Oro Flavoured Oils Truffle 1

Costa d’Oro

4
Geofoods Tartufo Nero Truffle Oil 1

Geofoods

5
Appennino Food Black Truffle Oil 1

Appennino

6
Turci Firenze Italian White Truffle Infused 1

Turci Firenze

7
Cirio Tartufo Nero Truffle Oil 1

Cirio

8
La Chinata Truffle Flavoured 1

La Chinata

9
Casa Rinaldi White Truffle 1

Casa Rinaldi

10
Pietro Coricelli Black Truffle Flavored Extra Virgin Olive Oil 1

Pietro Coricelli

Nama produk

White Truffle Oil

White Truffle Oil

Flavoured Oils Truffle

Tartufo Nero Truffle Oil

Food Black Truffle Oil

Italian White Truffle Infused

Tartufo Nero Truffle Oil

Truffle Flavoured

White Truffle

Black Truffle Flavored Extra Virgin Olive Oil

Keunggulan

Aroma truffle yang mewah tidak lekang oleh waktu

Penggunaan truffle segar dan berkualitas untuk menghasilkan rasa yang unik

Tingkatkan rasa berbagai macam masakan

Kemasan botol elegan, pas untuk kado!

Membuat sayuran semakin nikmat!

Dikemas dalam botol spray yang mudah digunakan

Aroma yang lebih kuat untuk cita rasa yang lebih lezat

Sentuhan rasa manis untuk makanan istimewa Anda

Aromanya ringan dan lezat untuk segala jenis masakan

Kualitas rasa yang terjaga sejak tahun 1939!

HargaRp 350.000,00Rp 406.000,00Rp 85.000,00Rp 220.000,00Rp 457.700,00Rp 28.000,00Rp 495.000,00Rp 275.000,00Rp 139.000,00Rp 110.000,00
Jenis truffleWhite truffleWhite truffleBlack truffleBlack truffleBlack truffleWhite truffleBlack truffleBlack truffleWhite truffleBlack truffle
KomposisiOlive oil, white truffles aroma, white truffleExtra virgin olive oil, white truffle aromaExtra virgin olive oil, truffle infusion, truffle natural flavorExtra virgin olive oil, aromaOlive oil, flavoringInfusion of white truffle (51%), sunflower oil, flavorsTidak disebutkanExtra virgin olive oil (98%), aroma, dried truffle (0,5%)Tidak disebutkanExtra virgin olive oil, infusion of black truffle, black truffle flavoring
Isi250 ml100 ml250 ml250 ml250 ml40 ml250 ml250 ml100 ml250 ml
Tautan produk

Cara menggunakan truffle oil

Untuk mengeluarkan rasa umami dari truffle oil, sebaiknya gunakan minyak secara langsung tanpa dimasak. Anda bisa menuangkannya langsung ke salad atau telur orak-arik. Dijamin rasanya akan semakin lezat!
Karena black truffle lebih sering digunakan dengan cara dipanaskan, Anda bisa menambahkan black truffle saat memasak saus. Niscaya, hidangan yang biasa pun akan menjadi luar biasa! Silakan membaca resep kami di bawah ini untuk memaksimalkan penggunaan truffle oil pada masakan Anda.

Resep hidangan dengan truffle oil

Mari ubah hidangan sederhana Anda menjadi luar biasa dengan truffle oil. Kami akan memberikan resep mudah yang bisa Anda coba sekarang juga. Silahkan merujuk ke resep berikut ini dan selamat mencoba!

Untuk cita rasa mewah omelette

Untuk cita rasa mewah omelette
Kecocokan antara truffle dan telur sangat luar biasa. Anda bisa meneteskan truffle oil sebelum menikmati omelette. Perpaduan rasa truffle dan tekstur telur yang lembut membuat sarapan Anda menjadi terasa mewah.
Truffle oil juga cocok untuk telur setengah matang. Taruh daging ham di atas asparagus yang sudah direbus, lalu letakkan telur setengah matang. Setelah itu, taburi dengan cheese powder, garam, lada, dan akhiri dengan tetesan truffle oil. Mantap! Hidangan ini juga cocok dinikmati dengan segelas wine.

Sebagai salad dressing

Sebagai salad dressing
Cobalah campurkan truffle oil, cuka anggur, dan cuka balsamic pada garam. Dengan cara tersebut, Anda bisa membuat dressing untuk salad yang lezat dengan mudah! Anda bisa menggunakan perbandingan 2 : 1 untuk truffle oil dan cuka, kemudian tambahkan sedikit garam untuk penyesuaian rasa. Aduk sampai garam larut, dan truffle oil dressing siap dinikmati bersama salad yang sudah didinginkan.
Meski terlihat sederhana, salad dengan campuran truffle oil ini akan terasa sangat lezat, lho. Anda juga bisa mencampur daging ham atau telur sebagai pelengkap. Silakan coba dan buktikan sendiri!

Sebagai tambahan ke dalam pasta

Sebagai tambahan ke dalam pasta
Masukkan pasta yang telah direbus ke dalam mangkuk. Kemudian, tambahkan kuning telur, cream, keju parmigiano reggiano, lada hitam, dan beberapa tetes truffle oil.
Masaklah dengan cara seperti ketika membuat pasta carbonara, yaitu dengan suhu yang tidak terlalu panas. Hal ini bertujuan agar aroma truffle tidak hilang dan telur tidak mengeras. Pasta yang simpel dan mudah dibuat ini merupakan pilihan tepat untuk menikmati aroma truffle oil seutuhnya.

Teteskan ke atas hidangan untuk rasa yang lebih lezat

Teteskan ke atas hidangan untuk rasa yang lebih lezat
Berbagai macam hidangan dapat berubah rasanya hanya dengan beberapa tetes truffle oil. Anda dapat menambahkannya sebagai topping popcorn asin atau mengoleskannya ke baguette untuk membuatnya lebih kaya rasa. Jika Anda mengadakan pesta, coba semprotkan truffle oil dengan spray ke hidangan langsung di depan para tamu. Percayalah, tamu Anda akan termanjakan dengan harumnya!

Cara memaksimalkan penggunaannya

Cara memaksimalkan penggunaannya
Jika Anda memasak truffle oil di suhu yang panas, Anda akan kehilangan rasanya yang kaya. Ketika Anda ingin menambahkannya untuk saus, tambahkan truffle oil setelah saus sudah matang agar rasanya tidak hilang akibat pemasakan.
Aroma truffle oil perlahan akan berkurang apabila kemasannya sudah dibuka. Supaya tidak berubah menjadi minyak zaitun biasa, kami sarankan untuk menghabiskannya secepat mungkin. Jika minyak telah teroksidasi, lemak di dalamnya akan terpecah menjadi gliserol dan asam lemak bebas yang tidak baik untuk tubuh. Jadi, membeli truffle oil dalam kemasan kecil lebih tepat dilakukan agar Anda bisa menghabiskannya dalam waktu cepat.

Baca juga rekomendasi minyak jenis lainnya di sini

Selain truffle oil, ada pula jenis minyak lain yang dapat menambah kenikmatan masakan Anda. Beberapa di antaranya sangat familier di kalangan masyarakat, seperti minyak wijen dan minyak kelapa. Untuk mengetahui kelebihan masing-masing minyak, kunjungi artikel kami di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Hidangan yang biasa akan menjadi lebih mewah jika Anda menambahkan beberapa tetes truffle oil. Aromanya pun akan lebih menggugah selera makan Anda dan keluarga. Saat-saat makan tentunya menjadi lebih menyenangkan dibanding biasanya.
Setelah membaca artikel kami ini, semoga Anda dapat menemukan produk truffle oil yang cocok. Tidak hanya dari segi harga, tetapi juga dari rasa. Selamat memasak!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    109.393 Views
  • 10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menambahkan penyedap rasa ke masakan merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap tanpa perlu meracik bumbu sendiri. Penyedap rasa juga memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Apakah sekarang Anda sudah merasa cocok dengan penyedap rasa yang Anda gunakan?Meskipun penyedap rasa merupakan produk yang sudah sering Anda temui, kami akan membahas tentang cara memilih produk tersebut. Berbagai merek terkenal, seperti Totole, Masako, dan Biomiwon, ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel kali ini dan dapatkan informasinya.
    Bumbu & bahan masakan
    56.351 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    106.753 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Bumbu & bahan masakan
    107.407 Views
  • 10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang baik.Saat ini, ada banyak sekali produk minyak goreng yang beredar di pasaran, seperti Bimoli, Filma, hingga Sania. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing. Guna mendapatkan produk terbaik, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    61.644 Views
  • 10 Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Beberapa tahun terakhir, gaya hidup sehat mulai meningkat di kalangan masyarakat. Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi antara lain adalah meningkatnya konsumsi bahan penyedap bebas MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG yang tengah populer adalah kaldu jamur.Sejumlah merek, seperti Pawon Ibun, Lemonilo, dan Royco, menawarkan kaldu jamur yang mungkin akan membuat Anda bingung memilih. Dalam artikel kali ini, kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi produk terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
    4.519 Views
  • 10 Rekomendasi Saus Lada Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Saus Lada Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Banyak orang yang menyukai makanan dengan sensasi pedas khas lada hitam. Pada beragam masakan, Anda bisa memberikan sentuhan cita rasa tersebut dengan menggunakan saus lada hitam. Anda akan menemukan beragam saus lada hitam yang berbeda volume, kandungan, dan sebagainya di pasaran.Menemukan saus lada hitam sesuai selera akan lebih mudah dilakukan bila Anda mengetahui cara memilihnya. Anda bisa membaca tips cara memilih dan rekomendasi saus lada hitam terbaik pada pembahasan kali ini. Pilih saus lada hitam enak keluaran Asian Organics, Pronas, Saori, dan sebagainya di artikel ini!
    Bumbu & bahan masakan
    4.424 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori