10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 0 sampai 1 Tahun (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 0 sampai 1 Tahun (Terbaru Tahun 2019)

Anak usia 0 hingga 1 tahun membutuhkan stimulasi untuk perkembangan motorik kasar maupun motorik halus mereka. Mainan edukasi untuk bayi bisa membantu Anda dalam stimulasi ini. Bentuk mainannya pun bermacam-macam, seperti berbentuk bola, play mat atau alas main, boneka, sampai mainan saat mandi.

Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih mainan edukasi terbaik untuk bayi baru lahir hingga berusia satu tahun. Meskipun di pasaran tersedia berbagai jenis dan merek mainan, Anda tidak perlu bingung. Kami juga menyajikan sepuluh rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 0-1 tahun. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 0 sampai 1 tahun

Mainan edukasi akan banyak dipegang anak Anda sehingga mainan dengan tingkat keamanan yang baik adalah pilihan tepat. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kemudahan penggunaan dan berbagai faktor lainnya. Mari simak selengkapnya berikut ini!

Pilih yang aman bahkan bila dimasukkan ke mulut

Pilih yang aman bahkan bila dimasukkan ke mulut

Anak usia 0-1 tahun biasanya suka menjilat, menggigit, dan memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya. Karena itu, mainan berukuran kecil atau mengandung bagian-bagian kecil yang bisa terlepas akan berbahaya bagi anak Anda. Selain itu, pastikan juga cat pada mainan bebas dari racun yang berbahaya.

Hindari mainan dengan sudut atau ujung yang tajam, sebaliknya Anda bisa memilih mainan dengan bahan yang ringan dan empuk. Mainan edukasi berbahan kayu tergolong populer karena mudah dimainkan dan merupakan bahan alami. Meski begitu, kayu memiliki bobot yang agak berat sehingga banyak juga yang menyukai mainan edukasi berbahan plastik yang umumnya berbobot ringan.

Mainan edukasi untuk anak berusia ≥ 1 tahun biasanya dilengkapi dengan pernyataan “target usia : usia …”, sedangkan mainan untuk anak berusia 0 sampai dengan 1 tahun diberi pernyataan “target usia : usia … bulan”. Informasi ini bukan hanya terkait kemudahan memainkannya, tetapi juga keamanan penggunaannya. Jadi, Anda perlu mengecek poin ini juga, ya!

Pilih yang dapat dicuci agar kebersihannya terjaga

Pilih yang dapat dicuci agar kebersihannya terjaga

Agar tetap bersih dan dapat digunakan dalam waktu lama, pilihlah produk yang mudah dicuci atau dibersihkan. Kemudahan dalam membersihkannya sangat penting untuk diperhatikan mengingat bayi sangat sering memasukkan benda-benda ke mulutnya.

Bahan plastik tidak hanya mudah dibersihkan, tetapi juga bisa dibersihkan dengan sabun atau detergen agar semakin higienis. Sangat penting untuk membersihkan mainan secara berkala terutama bila Anda ingin anak Anda terlindungi dari debu dan kotoran. Selain itu, mainan berbahan kain juga populer karena mudah dibersihkan.

Pilih yang ringan dan ringkas bila Anda ingin membawanya saat bepergian

Pilih yang ringan dan ringkas bila Anda ingin membawanya saat bepergian

Anak bayi biasanya akan selalu bersama dengan orang tua ke mana pun orang tuanya pergi. Ketika misalnya Anda sedang berbelanja, suasana hiruk pikuk, atau jadwal Anda sedang mepet, tentu situasi menjadi terasa sulit. Untuk mengatasi momen seperti itulah Anda memerlukan mainan yang mudah dibawa.

Anda bisa memilih produk yang ringan dan compact agar mudah dibawa dalam tas Anda. Lebih baik lagi bila Anda memilih mainan yang tersedia dalam 2 ukuran, satu untuk dimainkan di rumah dan satu lagi untuk Anda bawa ke berbagai tempat.

Pilih yang dapat menarik perhatian bayi

Pilih yang dapat menarik perhatian bayi

Sebagus apa pun mainan edukasi, jika mainan itu tidak menarik perhatian anak Anda, mainan tersebut tak akan dimainkan. Mainan yang menarik bagi anak usia 0 sampai 1 tahun biasanya adalah mainan yang mengeluarkan suara menarik, memiliki warna-warna cerah, dan sebagainya.

Lalu, jika Anda memiliki preferensi karakter atau bentuk tertentu, Anda bisa menyesuaikan pilihan mainan anak Anda dengan preferensi tersebut. Mainan dengan suara musik tertentu, warna-warni ceria, mudah dimainkan, dan dapat dimainkan dengan berbagai cara yang variatif akan memancing dan menstimulasi anak Anda. Jika Anda tidak yakin dengan preferensi ini, Anda bisa memperhatikan reaksi anak Anda terhadap mainan saat ia melihat mainan tersebut atau bermain di toko mainan.

10 Rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 0 sampai 1 tahun

Anda sudah mengetahui cara memilihnya, bukan? Kini, kami akan memberikan Anda daftar rekomendasi mainan edukasi untuk anak Anda yang berusia 0 sampai 1 tahun. Pilihlah yang paling sesuai kebutuhan Anda!

10. PlayGro Bright Baby Boats

10. PlayGro Bright Baby Boats

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 35.100

Perahu warna-warni yang menemani kegiatan mandi si kecil

Tiga perahu transparan berwarna terang dan ceria ini adalah mainan untuk menemani kegiatan mandi anak Anda. Berbentuk perahu mungil, mainan ini bisa mengapung di permukaan air bak mandi anak Anda. Mainan ini juga dilengkapi lubang agar air bisa masuk.

Selain itu, perahu ini juga bisa dikaitkan satu sama lain membentuk rantai perahu mini, anak Anda akan semakin senang memainkannya. Bila Anda membutuhkan mainan yang dapat mengedukasi sekaligus membantu menjaga anak Anda agar tidak rewel saat mandi, ini jawabannya!

Target usia ≥ 6 bulan
Ukuran Panjang : 11 cm
Bahan Plastik

9. EELIC Soft Cloth Book Dino Tails

9. EELIC Soft Cloth Book Dino Tails

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 78.000

Buku kain unik yang menstimulasi indra penglihatan dan peraba anak

Produk ini merupakan pilihan tepat jika Anda ingin mengembangkan indra peraba dan penglihatan si kecil. Buku ini akan mengenalkan anak Anda terhadap jenis-jenis dinosaurus dan bentuk ekornya. Selain warnanya yang menarik, ilustrasi di dalamnya pun berwarna-warni dan berbentuk lucu untuk menstimulasi penglihatan.

Kemudian, buku berbobot 86 gram ini memiliki 5 halaman berisi berbagai ekor dino yang lucu dari beragam bahan yang bisa membantu anak belajar merasakan tekstur berbeda, indra perabanya pun akan semakin berkembang. Terbuat dari kain satin dan sutra yang lembut, buku ini nyaman dipegang dan mudah dicuci bila kotor.

Target usia ≥ 0 bulan
Ukuran 21 x 11 cm (tanpa menghitung ekor dino)
Bahan Kain satin dan sutra

8. Playgro Loopy Loops Ball

8. Playgro Loopy Loops Ball

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 95.000

Latihan merangkak dengan bola empuk yang bersuara

Bila Anda mencari mainan edukasi untuk melatih anak merangkak, produk ini adalah salah satu pilihan tepat. Bola ini penuh dengan warna ceria dan akan mengeluarkan suara saat digelindingkan atau diguncangkan sehingga akan menstimulus anak untuk bergerak dan merangkak ke arah bola. Selain itu, bola ini juga sangat empuk dan nyaman dipegang.

Target usia ≥ 3 bulan
Ukuran Diameter : 11,5 cm
Bahan Kain

7. Bright Starts Giggables Penguin

7. Bright Starts Giggables Penguin

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 110.000

Latih kekuatan tangan anak dengan bola berbentuk penguin imut

Bila Anda mencari mainan edukasi untuk menguatkan tangan anak Anda, produk ini adalah pilihan tepat. Mainan ini terlihat sangat imut dengan bentuk penguin, anak Anda akan suka dan tertarik memainkannya. Apalagi, saat digoyang atau diluncurkan bola ini juga akan mengeluarkan suara sehingga semakin menarik perhatian anak Anda.

Dilengkapi dengan roda, anak Anda bisa belajar meluncurkan benda menggunakan produk ini. Teksturnya yang padat juga membuat produk ini sangat cocok digunakan untuk melatih kekuatan tangan anak Anda dalam menggenggam benda dengan cara menggoyang atau meluncurkannya.

Target usia ≥ 6 bulan
Ukuran Diameter : 7,62 cm
Bahan Plastik

6. Fisher Price Brilliant Basics Stack and Roll Cups

6. Fisher Price Brilliant Basics Stack and Roll Cups

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 149.000

Kenalkan ukuran dan warna sejak dini dengan mainan ini

Mainan ini terlihat sederhana, tetapi sangat bermanfaat bagi perkembangan anak. Berbentuk mangkuk dengan warna-warna pelangi yang cerah, anak Anda bisa diperkenalkan dengan warna mulai dari usia dini. Masing-masing mangkuk juga dilengkapi dengan angka agar semakin mudah disusun.

Mangkuknya pun berbeda ukuran sehingga anak Anda bisa belajar mengenal ukuran benda. Setelah disusun, anak Anda bisa menempatkan bola di bagian paling atasnya. Jika Anda mencari mainan edukasi untuk mengajarkan konsep warna dan ukuran benda pada anak, produk ini tak boleh Anda lewatkan.

Targe usia ≥ 6 bulan
Ukuran Tidak disebutkan
Bahan Tidak disebutkan

5. Under the Nile Rag Tag Bunny

5. Under the Nile Rag Tag Bunny

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Boneka sekaligus teether bagi anak yang sedang tumbuh gigi

Mainan kain berbentuk kelinci dari bahan katun organik yang lembut ini akan dengan segera menjadi boneka kesukaan anak Anda. Mainan ini sangat cocok Anda beli untuk anak Anda yang sedang tumbuh giginya. Menggigit-gigit bagian tepi mainan ini akan membuat anak Anda merasa nyaman.

Mainan Under the Nile Rag Tag Bunny tidak mengandung bahan yang membahayakan anak-anak seperti BPA (bisphenol A), pewangi buatan, PVC (polivinil klorida), dan timbal. Dengan tinggi 17,8 cm, produk ini pun semakin mudah untuk dipeluk oleh anak dan disimpan dalam tas untuk Anda bawa ke berbagai tempat.

Target usia ≥ 0 bulan
Ukuran Tinggi : 17,8 cm
Bahan Katun organik

4. Tololo Musical & Lighting Activity Plush Toy – Lion

4. Tololo Musical & Lighting Activity Plush Toy - Lion

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 225.000

Enak dipeluk dan alunkan musik lembut, anak pun cepat tertidur

Boneka berbahan katun lembut ini bukan boneka biasa, boneka ini juga dapat mengeluarkan cahaya dan musik, lho! Dengan begitu, anak Anda akan tertarik dan keasyikan memainkannya. Tidak hanya itu, produk ini juga empuk saat dipeluk sehingga cocok digunakan sebagai pengantar tidur anak Anda.

Boneka ini juga memiliki banyak warna, anak Anda akan semakin terstimulasi indra penglihatannya sambil belajar mengenali warna sejak dini. Tenang saja, produk ini cocok dimainkan oleh newborn baby hingga anak berusia 2 tahun, Anda tak perlu meragukan keamanannya.

Target usia 0-2 tahun
Ukuran Tinggi : 22 cm
Bahan Katun

3. Beiens Musical Walker B8202

3. Beiens Musical Walker B8202

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 666.000

Tumbuh makin cepat dengan baby walker yang dilengkapi mainan

Alat ini adalah mainan yang juga berfungsi sebagai baby walker. Kaki-kakinya membentuk segitiga sehingga stabil dan seimbang saat digunakan oleh anak. Mainan ini juga dilengkapi dengan berbagai mainan menarik seperti cermin mainan, telepon mainan, buku, dan rattle.

Terbuat dari plastik, produk ini tentu mudah dibersihkan. Rodanya pun antislip sehingga anak Anda tidak akan terjatuh saat memainkannya. Jika Anda mencari mainan edukasi yang dapat membantu anak Anda belajar berjalan juga, produk ini pilihan yang sangat tepat!

Target usia > 9 bulan
Ukuran 31 x 41,5 x 45 cm
Bahan Plastik

2. Blossom Farm Flower Play Mat

2. Blossom Farm Flower Play Mat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.299.000

Berguling dengan aman ditemani boneka menggemaskan

Play mat dari Blossom Farm ini terlihat imut dengan memiliki bentuk bunga dan tema peternakan. Tidak hanya empuk, produk ini juga dilengkapi dengan berbagai boneka sapi, kerbau, dan domba menggemaskan yang akan membuat anak Anda seru memainkannya.

Produk ini juga menyediakan dua detachable arches di atasnya untuk menggantungkan mainan favorit anak Anda, seperti rattle, squeaker, boneka, dan teether. Bila Anda mencari mainan edukasi yang memungkinkan Anda bersantai sambil memainkan boneka lucu, produk ini patut diperhitungkan.

Target usia 0-1 tahun
Ukuran Tidak disebutkan
Bahan Tidak disebutkan

1. Grow’n Up Qwikflip 6 in 1 Activity Center

1. Grow'n Up Qwikflip 6 in 1 Activity Center

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.099.000

Pusat aktivitas anak usia 0-1 tahun, enam permainan dalam satu alat

Qwikflip 6 in 1 Activity Center dari Grow n Up ini merupakan mainan untuk perkembangan motorik kasar. Produk ini bisa digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti basket, sepakbola, baseball, golf, perosotan, dan T-ball, tentu anak Anda akan semakin sehat dan cepat bertumbuh dengan banyak beraktivitas.

Mainan ini bisa digunakan di dalam atau di luar ruangan, serta dapat dilipat untuk memudahkan penyimpanannya. Bila Anda mencari mainan edukasi all-in-one untuk mendukung perkembangan fisik anak Anda, produk ini adalah salah satu jawaban terbaik.

Target usia 1-3 tahun
Ukuran Mode basketball : 182,88 x 79,3 x 96,52 cm; mode slide: 171,7 x 79,3 x 41,9 cm
Bahan Plastik

Baca juga rekomendasi hadiah untuk newborn baby dan mainan edukasi berdasarkan usia di sini

Momen kelahiran bayi sangat membahagiakan sehingga banyak yang memberikan hadiah untuk bayi yang baru lahir. Selain itu, terdapat mainan edukasi yang cocok untuk dimainkan balita pada rentang usia tertentu. Anda bisa membaca lebih detail mengenai hadiah untuk newborn baby dan mainan edukasi berdasarkan rentang usia di sini.

Kesimpulan

Dengan menggunakan mainan edukasi, anak Anda yang berusia 0 sampai dengan 1 tahun akan semakin terstimulasi pertumbuhannya. Anda bisa memilih produk yang aman digunakan dan mudah dibersihkan untuk dimainkan secara rutin.

Anda bisa memilih produk berbobot ringan dan ringkas agar mudah untuk dibawa. Pastikan mainan pilihan Anda juga dapat menarik perhatian anak. Pilih yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda, ya!