10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 0 sampai 1 Tahun (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 0 sampai 1 Tahun (Terbaru Tahun 2018)

Anak usia 0 hingga 1 tahun membutuhkan stimulasi untuk perkembangan motorik kasar maupun motorik halus mereka. Mainan edukasi untuk bayi bisa membantu Anda dalam stimulasi ini. Bentuk mainannya pun bermacam-macam, seperti berbentuk bola, play mat atau alas main, boneka, sampai mainan saat mandi.

Dalam artikel ini kami menjelaskan tentang cara memilih mainan edukasi terbaik untuk bayi baru lahir hingga berusia satu tahun. Meskipun di pasaran tersedia berbagai jenis dan merek mainan, Anda tidak perlu bingung. Kami juga menyajikan 10 rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 0-1 tahun. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 0 sampai 1 tahun

Berbagai bentuk mainan tersedia untuk anak Anda, tetapi mainan edukasi seperti apa yang terbaik untuknya? Dari berbagai jenis mainan yang ada, ada beberapa syarat untuk memilihnya. Silakan simak cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 0 sampai 1 tahun di bawah ini.

Keamanan adalah hal utama yang harus diperhatikan

Keamanan adalah hal utama yang harus diperhatikan

Anak usia 0-1 tahun biasanya masih suka menjilat, menggigit, atau memasukkan benda ke dalam mulutnya. Oleh sebab itu, mainan berukuran kecil atau mengandung bagian-bagian kecil yang bisa terlepas akan berbahaya bagi anak Anda. Pastikan mainan anak Anda berukuran besar atau terpasang dengan kuat, selain itu pastikan juga cat pada mainan bebas dari racun yang berbahaya.

Hindari bagian mainan dengan sudut yang tajam karena ini bisa berisiko melukai anak Anda. Pilih mainan dengan bahan yang ringan dan lembut. Salah satu bahan mainan bayi yang populer adalah kayu karena merupakan bahan alami yang aman bagi bayi, tetapi kayu memang agak berat. Ada pula mainan plastik yang lebih ringan, tetapi harus dipastikan mainan plastik anak Anda bebas bisphenol (BPA) dan aman.

Pada mainan anak biasanya terdapat catatan mengenai usia yang sesuai untuk pemakaiannya. Dengan demikian, Anda akan tahu mainan seperti apa yang sesuai dan bisa dimainkan oleh anak Anda. Namun, ingatlah selalu untuk tetap memerhatikan keamanannya.

Dapat dicuci agar tetap higienis

Dapat dicuci agar tetap higienis

Mainan anak biasanya cepat kotor. Maka, pastikan Anda bisa mencuci mainan tersebut agar tetap higienis saat dimainkan oleh anak Anda. Mainan yang terbuat dari kain akan dapat dicuci dengan tangan atau mesin cuci, begitu pula mainan dari plastik. Anda perlu memperhatikan catatan tentang cara mencuci atau membersihkan mainan agar mainan tidak cepat rusak.

Pilih mainan yang ringkas dan ringan untuk dibawa-bawa

Pilih mainan yang ringkas dan ringan untuk dibawa-bawa

Saat bepergian, baik itu hanya berbelanja atau bahkan berlibur, Anda tentu ingin membawa mainan untuk anak Anda. Mainan ini akan menemani anak Anda selama perjalanan, dalam kereta dorong maupun saat dalam gendongan. Saat harus bepergian, tentu akan repot dibawa jika mainannya besar dan berat. Pastikan anak Anda memiliki mainan yang bentuknya ringkas dan ringan agar dapat dibawa ke mana-mana.

Pilih mainan yang menarik perhatian bayi

Pilih mainan yang menarik perhatian bayi

Sebagus apapun mainan edukasi, jika mainan itu tidak menarik perhatian anak Anda, mungkin ia tidak akan memainkannya. Mainan yang menarik bagi anak usia 0 sampai 1 tahun biasanya adalah mainan yang mengeluarkan suara menarik dan memiliki warna-warna cerah.

Jika Anda memiliki preferensi karakter atau bentuk tertentu, Anda bisa menyesuaikan pilihan mainan anak Anda dengan preferensi tersebut. Mainan dengan suara musik tertentu, warna-warni yang ceria, dan bentuk-bentuk mainan yang menarik akan memancing dan menstimulasi anak Anda. Jika Anda tidak yakin dengan preferensi ini, Anda bisa memperhatikan reaksi anak Anda terhadap mainan saat ia melihat mainan tersebut atau bermain di toko mainan.

10 Rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 0 sampai 1 tahun

Anda sudah mengetahui cara memilih mainan untuk anak Anda berdasarkan penjelasan kami sebelumnya. Sekarang, silakan simak 10 rekomendasi mainan edukasi terbaik pilihan kami untuk anak usia 0 sampai 1 tahun di bawah ini.

10. Baby Grow Musical Plush Toy Larry Lion

10. Baby Grow Musical Plush Toy Larry Lion

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 79.000

Boneka singa lucu yang mengeluarkan musik lembut

Bukan boneka singa biasa, Baby Grow Musical Plush Larry Lion ini adalah boneka lembut yang berfungsi sekaligus sebagai pemutar musik. Tarik saja bagian ekornya, dan musik akan mengalun dengan lembut dari bagian perut singa lucu ini. Hal itulah yang menyebabkan mainan ini cocok digunakan sebagai pengantar tidur anak Anda.

Tidak perlu baterai untuk mainan ini, musik yang dikeluarkan bekerja dengan cara yang sama dengan kotak musik. Lalu, boneka berwarna cerah ini memang tidak dapat dicuci karena akan merusak pemutar musiknya, tetapi Anda bisa membersihkannya dengan cara mengelapnya dengan tisu atau lap basah.

9. Beiens Musical Walker B8202

9. Beiens Musical Walker B8202

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 826.000

Baby walker yang dilengkapi mainan untuk perkembangan bayi Anda

Alat ini adalah mainan yang juga berfungsi sebagai baby walker. Kaki-kakinya membentuk segitiga sehingga stabil dan seimbang saat digunakan oleh anak. Mainan ini juga dilengkapi dengan berbagai mainan menarik seperti cermin mainan, telepon mainan, buku, rattle, dan keyboard mini.

Beiens Musical Walker B8202 ini terbuat dari bahan plastik sehingga mudah dibersihkan. Bentuk mainan ini ergonomis dengan empat roda anti slip sehingga anak Anda tidak akan terjatuh saat memainkannya. Jika Anda mencari mainan yang dapat membantu anak Anda belajar berjalan juga, mainan ini pilihan yang sangat tepat!

8. Under the Nile Rag Tag Bunny

8. Under The Nile Rag Tag Bunny

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 240.000

Boneka sekaligus teether bagi anak yang sedang tumbuh gigi

Mainan kain berbentuk kelinci dari bahan kain organik yang lembut ini akan dengan segera menjadi boneka kesukaan anak Anda. Mainan ini sangat cocok untuk anak yang sedang tumbuh giginya. Menggigit-gigit bagian tepi mainan ini akan membuat anak Anda merasa nyaman.

Mainan Under the Nile Rag Tag Bunny tidak mengandung bahan yang membahayakan anak-anak seperti BPA, pewangi buatan, PVC, maupun timbal. Kemudian, mainan ini memiliki ukuran 7 inci yang membuatnya mudah untuk dipeluk oleh anak. Warnanya yang ceria pada mainan kelinci imut ini juga akan menarik bagi mata anak-anak.

7. Grow n Up Qwikflip 6 in 1 Activity Center

7. Grow n Up Qwikflip 6 in 1 Activity Center

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 1.499.000

Pusat aktivitas anak usia 0-1 tahun, enam permainan dalam satu alat

Qwikflip 6 in 1 Activity Center dari Grow n Up ini bisa digunakan untuk aktivitas seperti basket, sepakbola, baseball, golf, perosotan, dan T-ball. Mainan ini merupakan mainan untuk perkembangan motorik kasar. Mainan ini bisa digunakan untuk waktu yang lama dan memiliki bermacam-macam fungsi untuk membantu perkembangan anak.

Mainan ini bisa digunakan di dalam atau di luar ruangan, serta dapat dilipat untuk memudahkan penyimpanannya. Alat ini direkomendasikan untuk anak usia 6 hingga 12 bulan. Dengan mainan ini, anak akan belajar memegang bola, melempar bola, memukul, dan berbagai kegiatan lain yang merangsang perkembangannya.

6. Mothercare Baby Safari Chime Ball

6. Mothercare Baby Safari Chime Ball

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 109.000

Bola lembut dengan suara lonceng, bergambar hewan-hewan safari lucu

Bola lembut ini penuh dengan warna ceria dan gambar hewan-hewan safari yang lucu. Saat digelindingkan atau diguncangkan, bola ini akan mengeluarkan suara lonceng yang menarik. Mainan ini akan menstimulus anak untuk bergerak dan merangkak ke arah bola.

Terbuat dari kain yang kuat dan lembut, mainan ini mudah dibersihkan dengan cara dicuci. Tangan si kecil tidak akan kesulitan menggenggam bola ini karena mainan ini berbobot ringan. Gambar hewan lucu di sekeliling bola juga akan membantu anak mengoodinasikan gerakan tangan dan matanya saat mengamati gambar-gambar tersebut.

5. Blossom Farm Flower Play mat

5. Blossom Farm Flower Play mat

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 1.199.000

Play mat bertema peternakan lucu dengan berbagai boneka menggemaskan

Play mat dari Blossom Farm ini memiliki bentuk bunga dan bertema peternakan. Selain empuk, play mat ini dilengkapi berbagai boneka menggemaskan yang akan membuat anak Anda seru memainkannya. Jika Anda mencari mainan edukasi yang bisa menstimulasi gerakan bayi, mainan ini bisa menjadi pilihan.

Set play mat ini memiliki dua lengkungan untuk menggantungkan mainan bayi seperti rattle, squeaker, boneka,  dan teether. Kedua lengkungan ini bisa dilepas saat anak Anda sudah cukup besar dan bisa difungsikan sebagai alas tengkurap. Praktis, ya!

4. NTR Fisher Price Brilliant Basic Stack and Roll

4. Fisher Price Brilliant Basic Stack and Roll

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 145.000

Kenalkan angka dan huruf sejak dini dengan mainan ini

Mainan ini terlihat sederhana, tetapi sangat bermanfaat bagi perkembangan anak usia 0 sampai 1 tahun. Berbentuk mangkuk dengan warna-warna pelangi yang cerah, mainan ini dapat ditumpuk ke atas atau bisa dipasang menjadi bola. Bagian puncaknya yang bergambar wajah tersenyum bisa dimasukkan ke dalam bola, dan saat digoyangkan akan menimbulkan suara.

Mainan ini dapat menstimulasi penglihatan dan pendengaran anak, juga motorik kasar dan halusnya. Jika Anda ingin mengenalkan warna dan angka sejak dini, mainan ini pasti cocok untuk bayi Anda. Kemudian, alat ini terbuat dari plastik yang bebas BPA sehingga aman untuk anak dan mudah dibersihkan.

3. PlayGro Bright Baby Boats

3. PlayGro Bright Baby Boats

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 39.000

Perahu warna-warni yang menemani kegiatan mandi si kecil

Tiga perahu transparan berwarna terang dan ceria ini adalah mainan untuk menemani kegiatan mandi anak Anda. Berbentuk perahu mungil, mainan ini bisa mengapung di permukaan air bak mandi anak Anda. Mainan ini terbuat dari plastik yang aman digunakan oleh anak-anak.

Perahu-perahu ini juga dapat membantu Anda menstimulus perkembangan motorik halus. Mainan ini memiliki lubang-lubang pada bagian depan dan belakangnya, bisa dikaitkan satu sama lain membentuk rantai perahu mini. Dengan mainan ini, kegiatan mandi si kecil pasti lebih seru!

2. Bright Starts Giggables Cat

2. Bright Starts Giggables Cat

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 115.000

Mainan bola kucing lucu yang bisa menggelinding dan berbicara

Bright Starts Giggables Cat berbentuk bola kucing lucu ini mempunyai warna yang ceria, serta bisa mengeluarkan suara tawa, alunan musik, bahkan bicara. Bola ini bisa membantu stimulasi anak untuk bergerak, merangkak, serta memegang bola dengan tangan. Bola kucing berwarna pink ini juga akan membuat anak Anda tertawa senang.

Terbuat dari plastik yang bebas BPA, mainan ini aman untuk anak, tahan lama, serta mudah dibersihkan dengan lap basah saat kotor. Mainan ini membutuhkan 2 buah baterai AG13. Selain karakter kucing, tersedia dalam lima karakter imut lainnya, yakni anjing, kepik, katak, monyet, dan harimau.

1. EELIC Dino Tails Soft Book

1. EELIC Dino Tails Soft Book

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 68.000

Buku kain unik yang menstimulasi indera penglihatan dan peraba anak

Buku yang terbuat dari kain ini merupakan pilihan yang sangat baik jika Anda ingin mengenalkan literasi pada anak sejak dini. EELIC Dino Tails Soft Book mengenalkan anak Anda terhadap jenis-jenis dinosaurus dan bentuk ekornya. Buku dengan warna menarik ini juga memiliki ilustrasi berwarna-warni dan bentuk yang lucu.

Terbuat dari kain yang lembut, buku ini nyaman dipegang dan mudah dicuci bila kotor. Kemudian, buku ini memiliki 10 halaman berisi berbagai ekor dino yang lucu dari beragam bahan yang bisa membantu anak belajar merasakan tekstur berbeda. Di dalam kain buku ini juga terdapat mainan yang bisa berbunyi. Sangat menarik, ya!

Kesimpulan

Sudah menemukan mainan edukasi terbaik bagi anak usia 0 sampai 1 tahun Anda? Mainan apa pun pilihan Anda, jangan lupa, pastikan mainan ini aman untuk dimainkan. Periksa mainan-mainan pilihan Anda untuk si kecil agar tetap memiliki fungsi penunjang perkembangan anak selain fungsi estetika. Dampingi anak saat main, kehadiran Anda saat bermain dengan anak akan mengoptimalkan stimulasi yang dibutuhkannya. Selamat bermain dengan si kecil!