• 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 0 sampai 1 Tahun (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 0 sampai 1 Tahun (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 0 sampai 1 Tahun (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 0 sampai 1 Tahun (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 0 sampai 1 Tahun (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 0 sampai 1 Tahun (Terbaru Tahun 2019)

Anak usia 0 hingga 1 tahun membutuhkan stimulasi untuk perkembangan motorik kasar maupun motorik halus mereka. Mainan edukasi untuk bayi bisa membantu Anda dalam stimulasi ini. Bentuk mainannya pun bermacam-macam, seperti berbentuk bola, play mat atau alas main, boneka, sampai mainan saat mandi.

Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih mainan edukasi terbaik untuk bayi baru lahir hingga berusia satu tahun. Meskipun di pasaran tersedia berbagai jenis dan merek mainan, Anda tidak perlu bingung. Kami juga menyajikan sepuluh rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 0-1 tahun. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 1.075 Views
Daftar isi

Cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 0 sampai 1 tahun

Mainan edukasi akan banyak dipegang anak Anda sehingga mainan dengan tingkat keamanan yang baik adalah pilihan tepat. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kemudahan penggunaan dan berbagai faktor lainnya. Mari simak selengkapnya berikut ini!

Pilih yang aman bahkan bila dimasukkan ke mulut

Pilih yang aman bahkan bila dimasukkan ke mulut
Anak usia 0-1 tahun biasanya suka menjilat, menggigit, dan memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya. Karena itu, mainan berukuran kecil atau mengandung bagian-bagian kecil yang bisa terlepas akan berbahaya bagi anak Anda. Selain itu, pastikan juga cat pada mainan bebas dari racun yang berbahaya.
Hindari mainan dengan sudut atau ujung yang tajam, sebaliknya Anda bisa memilih mainan dengan bahan yang ringan dan empuk. Mainan edukasi berbahan kayu tergolong populer karena mudah dimainkan dan merupakan bahan alami. Meski begitu, kayu memiliki bobot yang agak berat sehingga banyak juga yang menyukai mainan edukasi berbahan plastik yang umumnya berbobot ringan.
Mainan edukasi untuk anak berusia ≥ 1 tahun biasanya dilengkapi dengan pernyataan “target usia : usia …”, sedangkan mainan untuk anak berusia 0 sampai dengan 1 tahun diberi pernyataan “target usia : usia … bulan”. Informasi ini bukan hanya terkait kemudahan memainkannya, tetapi juga keamanan penggunaannya. Jadi, Anda perlu mengecek poin ini juga, ya!

Pilih yang dapat dicuci agar kebersihannya terjaga

Pilih yang dapat dicuci agar kebersihannya terjaga
Agar tetap bersih dan dapat digunakan dalam waktu lama, pilihlah produk yang mudah dicuci atau dibersihkan. Kemudahan dalam membersihkannya sangat penting untuk diperhatikan mengingat bayi sangat sering memasukkan benda-benda ke mulutnya.
Bahan plastik tidak hanya mudah dibersihkan, tetapi juga bisa dibersihkan dengan sabun atau detergen agar semakin higienis. Sangat penting untuk membersihkan mainan secara berkala terutama bila Anda ingin anak Anda terlindungi dari debu dan kotoran. Selain itu, mainan berbahan kain juga populer karena mudah dibersihkan.

Pilih yang ringan dan ringkas bila Anda ingin membawanya saat bepergian

Pilih yang ringan dan ringkas bila Anda ingin membawanya saat bepergian
Anak bayi biasanya akan selalu bersama dengan orang tua ke mana pun orang tuanya pergi. Ketika misalnya Anda sedang berbelanja, suasana hiruk pikuk, atau jadwal Anda sedang mepet, tentu situasi menjadi terasa sulit. Untuk mengatasi momen seperti itulah Anda memerlukan mainan yang mudah dibawa.
Anda bisa memilih produk yang ringan dan compact agar mudah dibawa dalam tas Anda. Lebih baik lagi bila Anda memilih mainan yang tersedia dalam 2 ukuran, satu untuk dimainkan di rumah dan satu lagi untuk Anda bawa ke berbagai tempat.

Pilih yang dapat menarik perhatian bayi

Pilih yang dapat menarik perhatian bayi
Sebagus apa pun mainan edukasi, jika mainan itu tidak menarik perhatian anak Anda, mainan tersebut tak akan dimainkan. Mainan yang menarik bagi anak usia 0 sampai 1 tahun biasanya adalah mainan yang mengeluarkan suara menarik, memiliki warna-warna cerah, dan sebagainya.
Lalu, jika Anda memiliki preferensi karakter atau bentuk tertentu, Anda bisa menyesuaikan pilihan mainan anak Anda dengan preferensi tersebut. Mainan dengan suara musik tertentu, warna-warni ceria, mudah dimainkan, dan dapat dimainkan dengan berbagai cara yang variatif akan memancing dan menstimulasi anak Anda. Jika Anda tidak yakin dengan preferensi ini, Anda bisa memperhatikan reaksi anak Anda terhadap mainan saat ia melihat mainan tersebut atau bermain di toko mainan.

10 Rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 0 sampai 1 tahun

Anda sudah mengetahui cara memilihnya, bukan? Kini, kami akan memberikan Anda daftar rekomendasi mainan edukasi untuk anak Anda yang berusia 0 sampai 1 tahun. Pilihlah yang paling sesuai kebutuhan Anda!
Target usia≥ 6 bulan
UkuranPanjang : 11 cm
BahanPlastik
Target usia≥ 0 bulan
Ukuran21 x 11 cm (tanpa menghitung ekor dino)
BahanKain satin dan sutra
Target usia≥ 3 bulan
UkuranDiameter : 11,5 cm
BahanKain
Target usia≥ 6 bulan
UkuranDiameter : 7,62 cm
BahanPlastik

6. Fisher Price Brilliant Basics Stack and Roll Cups

Rp149.000,00

Targe usia≥ 6 bulan
UkuranTidak disebutkan
BahanTidak disebutkan
Target usia≥ 0 bulan
UkuranTinggi : 17,8 cm
BahanKatun organik

4. Tololo Musical & Lighting Activity Plush Toy – Lion

Rp225.000,00

Target usia0-2 tahun
UkuranTinggi : 22 cm
BahanKatun

3. Beiens Musical Walker B8202

Rp666.000,00

Target usia> 9 bulan
Ukuran31 x 41,5 x 45 cm
BahanPlastik
Target usia0-1 tahun
UkuranTidak disebutkan
BahanTidak disebutkan

1. Grow’n Up Qwikflip 6 in 1 Activity Center

Rp1.099.000,00

Target usia1-3 tahun
UkuranMode basketball : 182,88 x 79,3 x 96,52 cm; mode slide: 171,7 x 79,3 x 41,9 cm
BahanPlastik

Baca juga rekomendasi hadiah untuk newborn baby dan mainan edukasi berdasarkan usia di sini

Momen kelahiran bayi sangat membahagiakan sehingga banyak yang memberikan hadiah untuk bayi yang baru lahir. Selain itu, terdapat mainan edukasi yang cocok untuk dimainkan balita pada rentang usia tertentu. Anda bisa membaca lebih detail mengenai hadiah untuk newborn baby dan mainan edukasi berdasarkan rentang usia di sini.

Kesimpulan

Dengan menggunakan mainan edukasi, anak Anda yang berusia 0 sampai dengan 1 tahun akan semakin terstimulasi pertumbuhannya. Anda bisa memilih produk yang aman digunakan dan mudah dibersihkan untuk dimainkan secara rutin.
Anda bisa memilih produk berbobot ringan dan ringkas agar mudah untuk dibawa. Pastikan mainan pilihan Anda juga dapat menarik perhatian anak. Pilih yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Bayi & anak-anak
    21.783 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Bayi & anak-anak
    9.958 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2019)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Bayi & anak-anak
    8.585 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Kulit bayi yang halus dan lembut sangat sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam, dan lainnya. Untuk mengatasi hal itu, berbagai pelembap khusus untuk bayi, seperti baby oil atau baby lotion memang banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, krim bayi disebut-sebut lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan.Banyaknya produk krim bayi, seperti keluaran Cussons, Johnson’s, Zwitsal, hingga Bud’s Organic mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin untuk memilih krim bayi secara tepat. Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik!
    Bayi & anak-anak
    6.237 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar bisa memberikan susu dengan nyaman kepada bayi Anda, tentunya penting untuk memilih produk yang tepat di antara sekian banyak botol susu yang dijual.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Setelahnya, Anda juga dapat menyimak rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dijadikan referensi, seperti Medela Calma, Comotomo, Tommee Tippee, dan Pigeon Wide Neck. Selamat membaca!
    Bayi & anak-anak
    7.257 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui yang tidak dapat memberikan ASI secara langsung kepada bayi. Biasanya, ketika bayi sudah tidur, Anda mulai memompa ASI. Selain bertujuan untuk menambah stok ASI yang dibutuhkan bayi, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Sekarang ini tersedia pompa ASI dengan berbagai pilihan, ada yang manual dan elektrik. Merek yang dijual pun bermacam-macam, mulai dari Mooimom, Spectra, Pigeon, Medela, Philips Avent, dan sebagainya. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih pompa ASI dan memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Bayi & anak-anak
    7.749 Views
  • 10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik Berdasarkan Usia (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik Berdasarkan Usia (Terbaru Tahun 2019)
    Celemek bayi atau biasa dikenal dengan baby bib umumnya digunakan untuk mencegah pakaian bayi kotor akibat terkena air liur bayi, tumpahan makanan dan minuman pada saat memberi makan bayi. Dewasa ini celemek bayi hadir dengan berbagai desain yang lucu dan menarik, serta terbuat dari berbagai jenis material yang nyaman untuk bayi.Bagi Anda, para ibu muda, yang baru memiliki bayi mungkin bingung untuk memilih celemek bayi yang cocok untuk bayi Anda. Kami akan mengulas cara memilih celemek bayi berdasarkan usia bayi, kemudian kami juga akan merekomendasikan celemek bayi yang terbaik untuk bayi Anda.
    Bayi & anak-anak
    139 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori