1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Mainan anak
  6. >
  7. 10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Mainan Edukasi Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2023)

Bayi membutuhkan stimulasi untuk perkembangan motorik kasar ataupun motorik halus mereka. Mainan edukasi untuk bayi bisa membantu Anda dalam memberikan stimulasi ini. Jenisnya pun ada bermacam-macam, seperti bola, play mat atau alas main, boneka, atau mainan susun.

Dalam artikel ini, kami akan membahas mainan edukasi bayi dari berbagai merek, seperti Playgro, Imundex, dan Fisher-Price. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih produk yang bagus. Bidan Ony Christy juga menambahkan komentarnya, lho. Kini Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih. Selamat membaca!
Diperbaharui 01-31-2023
Pakar
Bidan & educreator
Ony Christy

Ony Christy adalah bidan lulusan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Wanita yang akrab dipanggil Bidan Kriwil ini memiliki pengalaman bekerja selama 6 tahun di rumah sakit Bethesda, Yogyakarta. Saat ini bidan Ony aktif menjadi content creator yang giat memberikan edukasi melalui media sosialnya. Tengok Instagram, YouTube, atau blognya untuk tahu informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

Profil Ony Christy
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apakah bayi membutuhkan mainan edukasi?

Apakah bayi membutuhkan mainan edukasi?

Anda mungkin berpikir masih terlalu dini untuk memberi mainan edukasi pada bayi. Padahal, otak bayi berkembang sekitar 2 kali lipat besarnya pada 8 bulan pertama. Karena itu, stimulus yang baik dapat memberi efek positif pada tumbuh kembang bayi. 


Permainan edukasi dibuat dengan berbagai gagasan yang membantu memicu berkembangnya kemampuan-kemampuan tersebut. Tentu saja, permainan edukasi membawa banyak hal positif untuk bayi Anda. 


  • Melalui bermain, anak bisa mengembangkan rasa ingin tahu, kemampuan menghadapi tantangan, kecerdasan otak, dan lain sebagainya.

  • Berbeda dengan buku pelajaran yang berfungsi meningkatkan pengetahuan, mainan edukasi memungkinkan anak Anda mengembangkan kemampuan sesuai tahap perkembangan.

Menurut metode pendidikan Montessori, anak umur 0–3 tahun memiliki kemampuan tertinggi dalam menyerap ilmu pengetahuan. Jadi, ada baiknya Anda meningkatkan kemampuan anak melalui permainan dan komunikasi sedari dini.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Bayi mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cukup pesat pada usia 0–5 tahun. Masa ini sering disebut juga sebagai golden age. Stimulasi yang diberikan sejak dini akan sangat memengaruhi perkembangan otak anak. Makin banyak stimulasi yang diberikan, otak anak akan makin berkembang.


Stimulasi yang diberikan dapat berupa stimulasi motorik kasar, motorik halus, stimulasi sentuhan, penglihatan, bicara, pendengaran, aroma, bahasa, ataupun stimulasi sosial. Pemberian stimulasi tentunya akan lebih efektif jika kita memperhatikan kebutuhan anak sesuai tahap perkembangannya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih mainan edukasi bayi

Mainan edukasi akan banyak dipegang si kecil sehingga mainan dengan tingkat keamanan yang baik adalah pilihan tepat. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kemudahan penggunaan dan berbagai faktor lainnya. Mari simak selengkapnya!

① Pilih sesuai usia dan tahap perkembangan anak

Penting untuk memilih mainan edukasi sesuai dengan tahap perkembangan anak. Anda dapat memeriksa target usia pada kemasan produk mainan. Jangan sampai terlewat, ya!

Mainan yang bisa digantung: Untuk bayi baru lahir sampai dengan 3 bulan

Mainan yang bisa digantung: Untuk bayi baru lahir sampai dengan 3 bulan

Bayi yang baru lahir sampai dengan usia 3 bulan tidak bisa dengan spontan menggerakkan tubuhnya. Untuk kategori usia ini, mainan yang dapat digantung di atas tempat tidur (baby gym) amat disarankan. Dengan mainan edukasi ini, rasa ingin tahu anak dapat terpicu tanpa harus banyak bergerak.


Menatap, mendengar suara, dan menggerakan tangan untuk menyentuh mainan dapat mendukung perkembangan persepsi dan fungsi fisik anak. Namun, tetap perhatikan keamanan mainan jenis ini. Pilihlah mainan gantung yang stabil dan tidak mudah jatuh.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pada usia 0–3 bulan, kemampuan motorik bayi biasanya belum berkembang optimal. Stimulasi pada usia ini lebih bertujuan untuk mengenalkan warna, bentuk, sensori, fokus, perhatian, suara, dan kemampuan membedakan benda sekitar.


Pastikan memilih mainan gantung yang menarik sehingga anak akan tertarik untuk memperhatikan dan mengikuti gerakan mainan tersebut. Gantung mainan dengan benar sehingga tidak ada risiko bayi tertimpa mainan.

Mainan yang dapat digenggam: Untuk bayi yang berusia 3 bulan ke atas

Mainan yang dapat digenggam: Untuk bayi yang berusia 3 bulan ke atas

Setelah mencapai usia 3 bulan, bayi dapat menggerakan leher, tangan, dan kakinya. Mainan yang dapat digenggam dan digerakkan, seperti rattle dan teethersesuai untuk mereka. Rattle adalah mainan yang mengeluarkan suara gemerincing, sedangkan teether merupakan mainan yang digigit untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi.


Pilihlah mainan yang ringan dan mudah digenggam agar anak Anda gampang memainkannya. Selain itu, letakkanlah mainan atau baby gym sedikit jauh dari jangkauan anak. Hal tersebut dapat membantu anak untuk belajar telungkup dan merangkak dalam usahanya meraih mainan.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pada usia 3 bulan, bayi biasanya mulai bisa berekspresi, mengoceh, dan belajar meraih mainan. Pada usia ini, biasanya anak juga lebih aktif menggerakkan kaki dan tangannya. Anak juga memasuki fase oral sehingga senang memasukkan benda ke dalam mulutnya.


Silahkan pilih mainan yang pas dalam genggaman anak. Carilah mainan yang tidak terlalu berat, tidak tajam, dan tidak berbahaya jika dimasukkan ke dalam mulut bayi.

Mainan yang berbunyi, bergerak, dan balok susun: Untuk bayi usia 6 bulan ke atas

Mainan yang berbunyi, bergerak, dan balok susun: Untuk bayi usia 6 bulan ke atas

Memasuki usia 6 bulan ke atas, sebagian besar bayi sudah bisa duduk. Mainan yang dapat bergerak, mengeluarkan suara, atau balok susun sangat sesuai untuk mereka. Hal ini disebabkan karena anak Anda akan lebih banyak bergerak dan aktif bermain pada usia ini.


Selain itu, mainan musikal, seperti drum dan piano juga direkomendasikan karena dapat meningkatkan respons anak terhadap suara. Pada usia ini, anak juga telah memahami beberapa kata. Jadi, berikanlah pujian agar anak makin termotivasi ketika bermain.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pada usia 6 bulan ke atas, biasanya anak sudah mulai bisa duduk sendiri. Otot leher dan lengannya makin kuat serta mulai bisa mengangkat dan memindahkan benda. Anak juga senang memperhatikan bunyi, mulai belajar merangkak, dan dapat berguling-guling.


Stimulasi dengan menggunakan mainan yang bisa disusun akan membantu stimulasi motoriknya. Kemudian, mainan bergerak akan membuat bayi tertarik untuk merangkak dan mengikuti atau meraih mainannya. Sementara itu, mainan berbunyi akan melatih kepekaan anak terhadap bunyi-bunyian.

② Cari yang dapat menarik perhatian anak

Cari yang dapat menarik perhatian anak

Sebagus apa pun mainan edukasi, jika tidak dapat menarik perhatian anak Anda, mainan tersebut tak akan dimainkan. Mainan yang menarik bagi bayi biasanya adalah yang mengeluarkan suara dan berwarna cerah. Namun, hindari memberikan mainan yang mengeluarkan suara terlalu keras untuk anak di bawah 1 tahun.


Pada usia ini, anak lebih rentan dan membutuhkan waktu istirahat yang panjang. Karena itu, pilihlah yang bersuara lembut dan tenang, seperti kotak musik. Meski terdapat perbedaan pada setiap anak, perkembangan motorik mereka pada usia ini belumlah sempurna. Jika Anda ingin memberi mainan bergerak, pilihlah yang gerakannya lambat sehingga mudah tertangkap mata.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Anak cenderung senang mengeksplorasi hal yang menurutnya menarik seperti benda-benda berbunyi, berwarna menarik, atau dengan bentuk tertentu. Namun, sebaiknya Anda tetap memperhatikan usia anak saat memberikan mainan. 


Misalnya, mainan yang terlalu kecil mungkin akan tertelan ketika anak sedang fase oral. Kemudian, mainan yang terlalu keras dapat mengganggu anak yang masih bayi. Sementara itu, mainan yang bentuknya menyeramkan bisa membuat anak takut atau jika mainan terlalu cepat bergerak anak akan kesulitan mengikutinya. 

③ Pertimbangkan mainan dengan bentuk atau gambar karakter populer

Pertimbangkan mainan dengan bentuk atau gambar karakter populer

Bila anak Anda tidak terlalu tertarik dengan mainan, cobalah membelikannya mainan dengan karakter kartun favoritnya. Di kalangan anak-anak, karakter Mickey Mouse dan Winnie the Pooh cukup terkenal dan disukai.


Anak-anak juga akan lebih cenderung merespons mainan dengan bentuk karakter atau hewan yang mudah dikenali. Tontonlah televisi bersama anak untuk mengetahui karakter atau binatang apa yang disukainya!

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Mainan dengan bentuk yang disukai anak tentunya akan lebih menarik dan disukai anak sehingga anak lebih betah memainkannya. Anda bisa menggunakan mainan berbentuk hewan sehingga anak bisa belajar mengenali bentuk, suara, dan nama hewan sekaligus bermain.

④ Perhatikan tipe dan karakteristik mainan edukasi

Perhatikan tipe dan karakteristik mainan edukasi

Bila bingung memilih, mainan edukasi balok susun bisa menjadi pilihan. Ada banyak merek yang menjual balok susun untuk bayi. Bermain balok susun dapat meningkatkan daya imajinasi anak. Dengan warna-warna yang cerah, anak Anda bisa bermain sekaligus mengasah kreativitasnya. Meski begitu, pilihlah balok susun berukuran besar supaya tidak mudah tertelan oleh anak.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Dalam memberikan mainan edukasi, sebaiknya orang tua tetap memperhatikan minat dan bakat anak. Dengan begitu, anak pun tidak merasa terbebani saat bermain dan kreativitasnya bisa meningkat. Orang tua bisa mengajak anak bermain peran, mengasah kreativitas dengan menyusun balok, atau membuat DIY. Anak juga bisa diajak melatih fokus seperti dengan bermain puzzle

⑤ Utamakan yang bahannya aman dan mudah dibersihkan

Utamakan yang bahannya aman dan mudah dibersihkan

Bayi biasanya suka menjilat, menggigit, dan memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya. Karenanya, mainan dengan bagian-bagian yang bisa terlepas atau bersudut tajam akan berbahaya bagi anak Anda. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terkait dengan keamanannya. 


  • Pastikan cat mainan bebas dari racun yang berbahaya.

  • Periksa standar keamanan yang tertera pada kemasan produk mainan. Akan lebih baik lagi jika produk yang Anda beli telah mengantongi label Standar Nasional Indonesia (SNI). Selain itu, mainan berstandar CPSC, CE, ASTM, dan EN71 juga bisa dijadikan opsi.

  • Pastikan material mainan non-toxic serta bebas BPA.

  • Pilih juga produk yang mudah dibersihkan. Seaman apa pun bahannya, bila tidak pernah dibersihkan, mainan akan menjadi sarang bakteri penyebab penyakit. Karena itu, menjaga kebersihan mainan adalah hal yang wajib dilakukan.
Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Sistem kekebalan tubuh bayi biasanya masih berkembang sehingga bayi mudah mengalami masalah kesehatan jika lingkungannya tidak bersih. Silakan membersihkan mainan dengan benar segera setelah selesai dimainkan anak. Simpan dalam wadah tertutup sehingga mainan tidak mudah kotor.


Perhatikan bahan mainan terutama untuk anak berusia di bawah 1 tahun yang sedang mengalami fase oral. Pastikan mainan yang digunakan menggunakan bahan yang aman jika masuk ke mulut bayi. Pilih mainan yang terstandarisasi, tidak tajam, dan tidak melukai bayi. Pastikan juga mainan tersebut menggunakan pewarna yang aman dan tidak mudah mengelupas.

⑥ Untuk dibawa bepergian, prioritaskan yang bobotnya ringan dan ringkas

Untuk dibawa bepergian, prioritaskan yang bobotnya ringan dan ringkas
Apabila Anda akan bepergian, bawalah mainan untuk menghibur mereka selama perjalanan. Anda bisa memilih produk yang ringan dan compact agar mudah dibawa dan dimasukkan ke dalam tas. Anda juga bisa memilih mainan yang tersedia dalam dua ukuran. Mainan berukuran besar untuk dimainkan di rumah dan yang kecil untuk Anda bawa ke berbagai tempat.
Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Apabila bertukar mainan dengan anak lain atau bermain di playground yang tidak bersih, bayi bisa tertular virus atau bakteri yang mungkin ada. Membawa mainan sendiri akan mengurangi risiko tersebut. Sediakan mainan yang menarik, mudah dibawa, dan bisa mengurangi kebosanan anak sehingga dia tidak rewel ketika diajak bepergian.

10 Rekomendasi mainan edukasi bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mainan edukasi bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari bidan Ony Christy.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sugar Baby

All in 1 Piano Playmat

Sugar Baby All in 1 Piano Playmat 1枚目

Empat tahap permainan dalam satu alat

2

Imundex

Teether Giraffe

Imundex Teether Giraffe 1枚目

Meredakan gusi yang sakit dan menstimulasi pertumbuhan gigi anak

3

Mattel

Fisher-Price Rock-A-Stack Baby Toy

Mattel Fisher-Price Rock-A-Stack Baby Toy 1枚目

Mainan ramah lingkungan yang dapat mengasah kemampuan pemecahan masalah

4

Mattel

Fisher-Price Baby's First Blocks

Mattel Fisher-Price Baby's First Blocks 1枚目

Asah kemampuan anak dengan mencocokkan bangun ruang

5

Playgro

Loopy Loops Ball

Playgro Loopy Loops Ball 1枚目

Latihan merangkak dengan bola empuk yang bersuara

6

Leleoncare

Mainan Bola Puzzle Pijat Isi 6

Leleoncare Mainan Bola Puzzle Pijat Isi 6  1枚目

Bermain sambil belajar aneka tekstur sejak dini

7

MASTELA

Push Music Walker 5in1

MASTELA Push Music Walker 5in1  1枚目

Tumbuh makin cepat dengan baby walker yang dilengkapi mainan

8

Imundex

Soft Toys

Imundex Soft Toys 1枚目

Bayi pun tertidur pulas berkat alunan musik lembutnya

9

ELC

Singing Animal Keyboard

ELC Singing Animal Keyboard 1枚目

Keyboard lucu dengan berbagai jenis suara binatang

10

Goodway

Play & Learn Activity Cube

Goodway Play & Learn Activity Cube 1枚目

Banyak permainan seru, anak pun tidak mudah bosan

Perincian produk
Close
No.1

Sugar BabyAll in 1 Piano Playmat

Mulai dari Rp210.000,00

Empat tahap permainan dalam satu alat

Kelebihan:

  • Terdapat tiga pilihan desain yang menarik untuk bayi 
  • Banyak manfaatnya untuk bayi Anda 

Kekurangan:

  • Kurang praktis jika dibawa bepergian


Sesuai namanya, produk Sugar Baby ini merupakan alas main all-in-one yang mencakup empat tahap permainan anak. Mainan ini akan bermanfaat untuk tahapan lay & play, tummy time, sit & play, dan walk & take along. Untuk menarik perhatian anak, mainan ini dilengkapi dengan mainan gantung, musik, dan lampu.


Terlebih, mainan ini bisa digunakan oleh newborn baby, lho. Jika mereka sudah tidak cukup untuk tiduran di playmat-nya, mereka bisa memainkan musik dan mainan gantungnya. Soal keamanan tak perlu dikhawatirkan karena produk ini telah tersertifikasi SNI dan EN71.

No.2

ImundexTeether Giraffe

Mulai dari Rp75.000,00

Meredakan gusi yang sakit dan menstimulasi pertumbuhan gigi anak

Kelebihan:

  • Dibekali kotak penyimpanan, mudah dibawa saat bepergian
  • Tampilannya menarik untuk anak-anak 

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu varian saja 

Teether Giraffe didesain dengan bentuk yang mudah digenggam. Karena itu, mainan untuk anak di bawah 1 tahun ini sangat cocok untuk anak yang sedang tumbuh gigi. Dengan menggigit teether bertekstur ini, gusi anak yang gatal dan sakit pun akan terasa lebih nyaman. Secara tampilan, teether ini juga sangat menarik. 


Keamanannya pun terjamin karena terbuat dari silikon berbahan food grade, tahan panas, serta bebas dari zat-zat berbahaya. Supaya tidak mudah kotor saat dibawa bepergian, simpanlah di dalam kotak yang sudah termasuk saat Anda membelinya. 

No.3

MattelFisher-Price Rock-A-Stack Baby Toy

Mulai dari Rp222.900,00

Mainan ramah lingkungan yang dapat mengasah kemampuan pemecahan masalah

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan, aman dimainkan bayi
  • Terdiri dari beberapa warna yang menarik 
  • Dapat dijadikan sebagai kado 

Kekurangan:

  • Tergolong monoton karena hanya menawarkan satu fungsi 

Mattel mengeluarkan mainan edukasi yang ramah lingkungan, yaitu Fisher-Price Rock-A-Stack. Sesuai dengan namanya, permainan ini terdiri dari beberapa donat yang bisa ditumpuk-tumpuk. Besar lubangnya berbeda-beda sehingga bisa dijadikan sarana untuk memperkenalkan ukuran pada bayi. 


Lewat mainan edukasi yang satu ini, bayi Anda dapat belajar memecahkan masalah. Rasa ingin tahunya juga akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Tidak hanya itu saja, tampilan yang menarik akan membuat bayi Anda langsung tergiur untuk memainkannya!

No.4

MattelFisher-Price Baby's First Blocks

Mulai dari Rp252.900,00

Asah kemampuan anak dengan mencocokkan bangun ruang

Kelebihan:

  • Cukup mudah dan praktis untuk dibawa bepergian karena ukurannya relatif compact
  • Terdapat keranjang penyimpanan, mainan tidak mudah tercecer 

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi informasi ukuran dan bobot produk

Fisher-Price Baby's First Blocks akan melatih kemampuan motorik halus, pemecahan masalah, dan meningkatkan rasa ingin tahu anak. Mainan ini terdiri dari sepuluh blok warna-warni berbentuk bangun ruang kubus, silinder, bintang, segitiga, dan cross.


Anda dapat mengajarkan buah hati tentang macam-macam warna, bentuk, dan berhitung. Terlebih, wadah produk ini telah dilengkapi handle sehingga mudah dibawa ke mana saja. Jika Anda ingin mengajarkan konsep warna dan bentuk pada anak, mainan edukasi ini tak boleh dilewatkan.

No.5

PlaygroLoopy Loops Ball

Mulai dari Rp149.000,00

Latihan merangkak dengan bola empuk yang bersuara

Kelebihan:

  • Tidak memakan banyak tempat, mudah disimpan
  • Bisa melatih berbagai kemampuan dan keterampilan

Kekurangan:

  • Mudah basah dan kotor sehingga harus lebih sering dibersihkan 

Bila Anda mencari mainan edukasi untuk melatih anak merangkak, produk untuk bayi di bawah 1 tahun ini layak dipilih. Pasalnya, bola ini penuh dengan warna ceria dan akan mengeluarkan suara saat digelindingkan atau diguncangkan. Mainan ini akan menstimulus anak untuk bergerak dan merangkak ke arah bola. Bukan itu saja, Loopy Loops Ball juga sangat empuk dan nyaman dipegang.

No.6

LeleoncareMainan Bola Puzzle Pijat Isi 6

Mulai dari Rp100.000,00

Bermain sambil belajar aneka tekstur sejak dini

Kelebihan:

  • Tampilannya menarik dengan berbagai pilihan tekstur untuk permukaannya 
  • Bisa dibawa saat mandi dan mudah dibersihkan 

Kekurangan:

  • Cukup monoton karena hanya bisa digunakan satu fungsi

Untuk menstimulasi indra perasa atau taktilnya, bayi juga harus dikenalkan dengan berbagai macam tekstur yang berbeda. Bola-bola ini adalah mainan edukasi yang tepat untuk memperkenalkan aneka tekstur sejak usia dini. Tampilannya pun dinilai menarik dan bayi Anda akan menyukainya. 


Selain berfungsi untuk perkenalan tekstur, bola-bola lucu ini juga mengeluarkan suara. Jadi, tidak hanya terkesima melihat warnanya, bayi Anda juga akan terhibur mendengar suaranya. Bawalah bola-bola ini saat mandi supaya anak Anda akan makin senang!

No.7

MASTELAPush Music Walker 5in1

Mulai dari Rp540.000,00

Tumbuh makin cepat dengan baby walker yang dilengkapi mainan

Kelebihan:
  • Bisa dilepas dan dipasang, fungsinya menjadi lebih banyak
  • Bisa digunakan di luar atau dalam rumah
  • Mudah dibersihkan, mainan tetap higienis

Kekurangan:

  • Roda depan tidak bisa di-setting sehingga mainan bergerak relatif cepat saat didorong

Alat ini adalah mainan yang juga berfungsi sebagai baby walker, scooter, sepeda, dan meja. Roda dan kaki-kakinya bisa dilepas dan dipasang sesuai dengan kebutuhan. Terlebih, panelnya dilengkapi dengan berbagai mainan menarik, seperti keranjang bola, roda gigi, piano, dan pembelajaran lainnya. Karena terbuat dari plastik, produk ini tentu mudah dibersihkan.


Anda tak perlu ragu untuk membawanya ke halaman rumah dan melatih buah hati berjalan. Pegangannya pun antiselip dan roda belakang dapat diberatkan sehingga anak Anda tidak akan terjatuh saat memainkannya. Jika Anda mencari mainan edukasi yang dapat membantu anak belajar berjalan, produk ini pilihan tepat!

No.8

Bayi pun tertidur pulas berkat alunan musik lembutnya

Kelebihan:

  • Bisa digantung atau dilepas, mudahkan penggunaan
  • Praktis untuk dibawa bepergian karena tidak memakan banyak tempat

Kekurangan:

  • Cenderung mudah basah karena terbuat dari kain 

Boneka berbahan kain ini dapat mengeluarkan suara dan getaran yang akan membuat anak tertarik memainkannya. Anda bisa menarik badan boneka untuk mengeluarkan musik atau menarik ekornya supaya bergetar.


Selain sebagai mainan, alunan musiknya yang lembut dapat digunakan sebagai pengantar tidur supaya anak tertidur pulas. Anda bisa menyimpannya di kasur supaya bisa dipeluk saat anak tidur atau digantung di crib dan stroller.

No.9

ELCSinging Animal Keyboard

Mulai dari Rp499.000,00

Keyboard lucu dengan berbagai jenis suara binatang

Kelebihan:

  • Tampilannya menarik, bayi akan lebih mudah tertarik dan menyukainya
  • Dilengkapi 3 mode, bayi lebih fleksibel bereksplorasi

Kekurangan:

  • Perlu mengganti baterai secara berkala 

Mengajari anak meniru suara binatang akan melatih dan merangsang perkembangan bicara mereka. Dengan ELC Singing Animal Keyboard ini, Anda bisa mengajak si kecil bermain sembari menirukan suara-suara binatang.


Mainan edukasi ini dilengkapi suara sapi, bebek, kucing, katak, dan kelinci. Produk ini tersedia dalam tiga pilihan mode suara, yakni animal sound, music, dan animal singing untuk menceriakan suasana. Jika bayi Anda memiliki masalah keterlambatan dalam berbicara, produk ini mungkin dapat membantu mengatasinya.

No.10

GoodwayPlay & Learn Activity CubeGW3850

Mulai dari Rp517.000,00

Banyak permainan seru, anak pun tidak mudah bosan

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan yang eco-friendly 
  • Volume suaranya bisa diatur untuk menghindari kebisingan

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk anak yang berusia di bawah 6 bulan

Anak Anda sedang bosan dengan mainan yang itu-itu saja? Berikanlah Play & Learn Activity Cube ini untuknya. Mainan edukasi ini dilengkapi beragam permainan seru yang akan menghibur anak Anda kala bosan. Dengan mainan yang asyik, anak pun tidak akan rewel dan Anda bisa melakukan pekerjaan rumah tanpa terganggu.


Produk ini dilengkapi cermin, balok dengan beragam bentuk, jam, piano, dan masih banyak lagi. Masing-masing bagiannya juga dapat dibongkar pasang dan disusun sesuai selera dan kreativitas anak. 

Hal yang perlu diingat saat memberi mainan edukasi bayi

Hal yang perlu diingat saat memberi mainan edukasi bayi

Mainan edukasi dapat meningkatkan kemampuan anak, tetapi janganlah berlebihan. Jangan memaksa anak untuk memainkan mainan yang terlampau sulit baginya. Anak-anak juga memiliki karakter dan preferensi. Jadi, ada baiknya Anda memberi mainan yang tidak hanya edukatif, tetapi juga sesuai dengan selera anak.


Selain itu, alih-alih bermain sendiri, lebih baik lagi bila Anda dan keluarga dapat ikut bermain dengan si kecil. Sesekali pujilah anak agar anak makin bersemangat. Dengan demikian, Anda dapat memonitor aktivitas anak sekaligus menghabiskan quality time bersama!

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Setiap anak istimewa dan memiliki minat dan bakat yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan minat dan bakat anak sebelum membelikannya mainan. Selain itu, orang tua juga sebaiknya sesekali menemani anak bermain. Dengan begitu, orang tua bisa meningkatkan ikatan atau bonding dengan anak sekaligus mengawasi tumbuh kembangnya. 

Baca juga rekomendasi hadiah untuk newborn baby dan mainan edukasi berdasarkan usia di sini

Momen kelahiran bayi sangat membahagiakan sehingga banyak yang memberikan hadiah untuk newborn baby. Terdapat pula mainan edukasi yang cocok untuk dimainkan balita pada rentang usia tertentu. Anda bisa membaca rekomendasinya secara detail melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan kami di atas, apakah Anda menemukan mainan yang disukai si kecil? Bila anak tidak langsung merespons mainan edukasi yang diberikan, Anda tidak perlu kecewa. Perkembangan setiap anak berbeda, jadi bersabarlah dan berikanlah semangat padanya!


Terapkan tips-tips dari kami saat memilih mainan edukasi untuk bayi. Semoga Anda bisa menemukan mainan yang bisa menunjang tumbuh kembang buah hati Anda. Selamat memilih dan bermain bersama buah hati!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer