• 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 0 sampai 1 Tahun - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 0 sampai 1 Tahun - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 0 sampai 1 Tahun - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 0 sampai 1 Tahun - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 0 sampai 1 Tahun - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 0 sampai 1 Tahun - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)

Anak usia 0 hingga 1 tahun membutuhkan stimulasi untuk perkembangan motorik kasar maupun motorik halus mereka. Mainan edukasi untuk bayi bisa membantu Anda dalam stimulasi ini. Bentuk mainannya pun bermacam-macam, seperti berbentuk bola, play mat atau alas main, boneka, sampai balok susun.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan produk mainan edukasi dari berbagai merek, seperti Playgro, LEGO, dan Fisher-Price. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih mainan yang bagus. Bidan Ony Christy juga menambahkan komentarnya, lho. Kini Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Ony Christy
  • Pembaharuan terakhir: 26 September 2021
  • 43.905 Views
Daftar isi

Profil pakar: Bidan Ony Christy

Profil pakar: Bidan Ony Christy

Ony Christy adalah bidan lulusan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Wanita yang akrab dipanggil Bidan Kriwil ini memiliki pengalaman bekerja selama 6 tahun di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta. Saat ini bidan Ony aktif menjadi content creator yang giat memberikan edukasi melalui media sosialnya. Tengok Instagram, YouTube, atau blognya untuk tahu informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

Apakah anak usia 0 sampai 1 tahun membutuhkan mainan edukasi?

Apakah anak usia 0 sampai 1 tahun membutuhkan mainan edukasi?

Anda mungkin berpikir masih terlalu dini untuk memberi mainan edukasi pada anak usia 0 sampai 1 tahun. Padahal, otak bayi berkembang sekitar 2 kali lipat besarnya pada 8 bulan pertama. Karenanya, stimulus yang baik dipercaya dapat memberi efek positif pada tumbuh kembang bayi. Melalui bermain, anak bisa mengembangkan rasa ingin tahu, kemampuan menghadapi tantangan, kecerdasan otak, dan lain sebagainya.


Permainan edukasi dibuat dengan berbagai gagasan yang membantu memicu berkembangnya kemampuan-kemampuan tersebut. Berbeda dengan buku pelajaran yang berfungsi meningkatkan pengetahuan, mainan edukasi memungkinkan anak Anda mengembangkan kemampuan sesuai tahap perkembangan.


Menurut metode pendidikan Montessori, anak umur 0 sampai 3 tahun memiliki kemampuan tertinggi dalam menyerap ilmu pengetahuan. Jadi, ada baiknya Anda meningkatkan kemampuan anak melalui permainan dan komunikasi sedari dini.

Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Bayi mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cukup pesat pada usia 0–5 tahun. Masa ini sering disebut juga sebagai golden age. Stimulasi yang diberikan sejak dini akan sangat memengaruhi perkembangan otak anak. Makin banyak stimulasi yang diberikan, otak anak akan makin berkembang.


Stimulasi yang diberikan dapat berupa stimulasi motorik kasar, motorik halus, stimulasi sentuhan, penglihatan, bicara, pendengaran, aroma, bahasa, ataupun stimulasi sosial. Pemberian stimulasi tentunya akan lebih efektif jika kita memperhatikan kebutuhan anak sesuai tahap perkembangannya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih mainan edukasi untuk anak usia 0 sampai 1 tahun

Mainan edukasi akan banyak dipegang anak Anda sehingga mainan dengan tingkat keamanan yang baik adalah pilihan tepat. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kemudahan penggunaan dan berbagai faktor lainnya. Mari simak selengkapnya!

Pilih sesuai usia dan tahap perkembangan anak

Penting untuk memilih mainan edukasi sesuai dengan tahap perkembangan anak. Anda dapat memeriksa target usia pada kemasan produk mainan. Jangan sampai terlewat, ya!

Untuk bayi baru lahir sampai dengan 3 bulan, pilih mainan yang bisa digantung

Untuk bayi baru lahir sampai dengan 3 bulan, pilih mainan yang bisa digantung

Bayi yang baru lahir sampai dengan usia 3 bulan tidak bisa dengan spontan menggerakkan tubuhnya. Untuk kategori usia ini, mainan yang dapat digantung di atas tempat tidur (baby gym) amat disarankan. Dengan mainan edukasi ini, rasa ingin tahu anak dapat terpicu tanpa harus banyak bergerak.


Menatap, mendengar suara, dan menggerakan tangan untuk menyentuh mainan dapat mendukung perkembangan persepsi dan fungsi fisik anak. Namun, tetap perhatikan keamanan mainan jenis ini. Pilihlah mainan gantung yang stabil dan tidak mudah jatuh.

Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Pada usia 0–3 bulan, kemampuan motorik bayi biasanya belum berkembang optimal. Stimulasi pada usia ini lebih bertujuan untuk mengenalkan warna, bentuk, sensori, fokus, perhatian, suara, dan kemampuan membedakan benda sekitar.


Pastikan memilih mainan gantung yang menarik sehingga anak akan tertarik untuk memperhatikan dan mengikuti gerakan mainan tersebut. Gantung mainan dengan benar sehingga tidak ada risiko bayi tertimpa mainan.

Setelah usia 3 bulan, pilih mainan yang dapat digenggam

Setelah usia 3 bulan, pilih mainan yang dapat digenggam

Setelah mencapai usia 3 bulan, bayi dapat menggerakan leher, tangan, dan kakinya. Mainan yang dapat digenggam dan digerakkan, seperti rattle dan teethersesuai untuk mereka. Rattle adalah mainan yang mengeluarkan suara gemerincing, sedangkan teether merupakan mainan yang digigit untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi.


Pilihlah mainan yang ringan dan mudah digenggam agar anak Anda gampang memainkannya. Selain itu, letakkanlah mainan atau baby gym sedikit jauh dari jangkauan anak. Hal tersebut dapat membantu anak untuk belajar telungkup dan merangkak dalam usahanya meraih mainan ini.

Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Pada usia 3 bulan, bayi biasanya mulai bisa berekspresi, mengoceh, dan belajar meraih mainan. Pada usia ini, biasanya anak juga lebih aktif menggerakkan kaki dan tangannya. Anak juga memasuki fase oral sehingga senang memasukkan benda ke dalam mulutnya.


Silahkan pilih mainan yang pas dalam genggaman anak. Carilah mainan yang tidak terlalu berat, tidak tajam, dan tidak berbahaya jika dimasukkan ke dalam mulut bayi.

Untuk bayi usia 6 bulan ke atas, pilih mainan yang berbunyi, bergerak, dan balok susun

Untuk bayi usia 6 bulan ke atas, pilih mainan yang berbunyi, bergerak, dan balok susun

Memasuki usia 6 bulan ke atas, sebagian besar bayi sudah bisa duduk. Mainan yang dapat bergerak, mengeluarkan suara, atau balok susun sangat sesuai untuk mereka. Sebab, anak Anda akan lebih banyak bergerak dan aktif bermain pada usia ini.


Selain itu, mainan musikal, seperti drum dan piano juga direkomendasikan karena dapat meningkatkan respons anak terhadap suara. Pada usia ini, anak juga telah memahami beberapa kata. Jadi, berikanlah pujian agar anak makin termotivasi ketika bermain.

Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Pada usia 6 bulan ke atas, biasanya anak sudah mulai bisa duduk sendiri. Otot leher dan lengannya makin kuat serta mulai bisa mengangkat dan memindahkan benda. Anak juga senang memperhatikan bunyi, mulai belajar merangkak, dan dapat berguling-guling.


Stimulasi dengan menggunakan mainan yang bisa disusun akan membantu stimulasi motoriknya. Kemudian, mainan bergerak akan membuat bayi tertarik untuk merangkak dan mengikuti atau meraih mainannya. Sementara itu, mainan berbunyi akan melatih kepekaan anak terhadap bunyi-bunyian.

Untuk anak usia di atas 1 tahun, pilih mainan yang meningkatkan kreativitas

Untuk anak usia di atas 1 tahun, pilih mainan yang meningkatkan kreativitas

Pada usia 1 tahun ke atas, gestur mata dan tangan anak hampir sempurna. Pada anak yang telah dapat membedakan warna, bentuk, dan suara, memberikan mainan puzzle atau teka-teki merupakan ide bagus. Dengan mainan ini, anak dapat berkonsentrasi menyelesaikan tantangan.


Pada usia ini, anak sedang gemar meniru apapun yang dilihatnya sehingga model mainan rumah-rumahan juga cocok untuk mereka. Sebagai catatan, pilihlah mainan yang sesuai dengan karakter anak dan yang dapat mengembangkan bakat serta minatnya.

Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Pada usia 1 tahun, biasanya perkembangan motorik halus dan bahasa bayi makin berkembang. Anak mulai bisa mengenali dan memahami kata-kata dari orang di sekitarnya. Anak juga bisa mengidentifikasi bentuk dan warna serta mulai bisa mengekspresikan emosinya. Pada usia ini, permainan yang melatih kreativitas atau melatih konsentrasi sangat bagus untuk stimulasi tumbuh kembangnya. 

Cari yang dapat menarik perhatian anak

Cari yang dapat menarik perhatian anak

Sebagus apa pun mainan edukasi, jika tidak dapat menarik perhatian anak Anda, mainan tersebut tak akan dimainkan. Mainan yang menarik bagi anak usia 0 sampai 1 tahun biasanya adalah yang mengeluarkan suara dan berwarna cerah. Namun, hindari memberikan mainan yang mengeluarkan suara terlalu keras untuk anak yang belum menginjak 1 tahun.


Pada usia ini, anak lebih rentan dan membutuhkan waktu istirahat yang panjang. Maka dari itu, pilihlah yang bersuara lembut dan tenang, seperti kotak musik. Walaupun terdapat perbedaan pada setiap anak, perkembangan motorik mereka pada usia ini belumlah sempurna. Jika Anda ingin memberi mainan yang bergerak, pilihlah yang gerakannya lambat sehingga mudah tertangkap mata.

Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Anak cenderung senang mengeksplorasi hal yang menurutnya menarik seperti benda-benda berbunyi, berwarna menarik, atau dengan bentuk tertentu. Namun, sebaiknya Anda tetap memperhatikan usia anak saat memberikan mainan. 


Misalnya, mainan yang terlalu kecil mungkin akan tertelan ketika anak sedang fase oral. Kemudian, mainan yang terlalu keras dapat mengganggu anak yang masih bayi. Sementara itu, mainan yang bentuknya menyeramkan bisa membuat anak takut atau jika mainan terlalu cepat bergerak anak akan kesulitan mengikutinya. 

Pertimbangkan mainan dengan bentuk atau gambar karakter populer

Pertimbangkan mainan dengan bentuk atau gambar karakter populer

Bila anak Anda tidak terlalu tertarik dengan mainan, cobalah membelikannya mainan dengan karakter kartun favoritnya. Di kalangan anak-anak, karakter seperti Mickey Mouse dan Winnie the Pooh cukup terkenal dan disukai.


Anak-anak juga akan lebih cenderung merespons mainan dengan bentuk karakter atau hewan yang mudah dikenali. Tontonlah televisi bersama anak untuk mengetahui karakter atau binatang apa yang disukainya!

Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Mainan dengan bentuk yang disukai anak tentunya akan lebih menarik dan disukai anak sehingga anak lebih betah memainkannya. Anda bisa menggunakan mainan berbentuk hewan sehingga anak bisa belajar mengenali bentuk, suara, dan nama hewan sekaligus bermain.

Perhatikan tipe dan karakteristik merek mainan edukasi

Perhatikan tipe dan karakteristik merek mainan edukasi

Bila bingung memilih, mainan edukasi keluaran merek yang Anda kenal bisa menjadi pilihan. Misalnya, pilihlah merek LEGO yang populer dengan mainan balok susunnya. Bermain balok susun dapat meningkatkan daya imajinasi anak. Dengan warna-warna yang cerah, anak Anda bisa bermain sekaligus mengasah kreativitasnya. Meski begitu, pilihlah balok susun berukuran besar supaya tidak mudah tertelan oleh anak.

Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Dalam memberikan mainan edukasi, sebaiknya orang tua tetap memperhatikan minat dan bakat anak. Dengan begitu, anak pun tidak merasa terbebani saat bermain dan kreativitasnya bisa meningkat. Orang tua bisa mengajak anak bermain peran, mengasah kreativitas dengan menyusun balok, atau membuat DIY. Anak juga bisa diajak melatih fokus seperti dengan bermain puzzle

Utamakan yang bahannya aman dan mudah dibersihkan

Utamakan yang bahannya aman dan mudah dibersihkan

Anak usia 0-1 tahun biasanya suka menjilat, menggigit, dan memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya. Karenanya, mainan yang mengandung bagian-bagian yang bisa terlepas atau bersudut tajam akan berbahaya bagi anak Anda. Selain itu, pastikan juga cat pada mainan bebas dari racun yang berbahaya.


Agar lebih terjamin, Anda dapat memeriksa standar keamanan yang tertera pada kemasan produk mainan. Perhatikan material pembuat mainan, apakah bahannya non-toxic serta bebas BPA. Akan lebih baik lagi jika produk yang Anda beli telah mengantongi label SNI (Standar Nasional Indonesia). Mainan berstandar CPSC, CE, ASTM, dan EN71 juga bisa dijadikan opsi.


Selanjutnya, pilih juga produk yang mudah dibersihkan. Seaman apa pun bahannya, bila tidak pernah dibersihkan, mainan akan menjadi sarang bakteri penyebab penyakit. Oleh karena itu, menjaga kebersihan mainan adalah hal yang wajib dilakukan.

Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Sistem kekebalan tubuh bayi biasanya masih berkembang sehingga bayi mudah mengalami masalah kesehatan jika lingkungannya tidak bersih. Silakan membersihkan mainan dengan benar segera setelah selesai dimainkan anak. Simpan dalam wadah tertutup sehingga mainan tidak mudah kotor.


Perhatikan bahan mainan terutama untuk anak berusia di bawah 1 tahun yang sedang mengalami fase oral. Pastikan mainan yang digunakan menggunakan bahan yang aman jika masuk ke mulut bayi. Pilih mainan yang terstandarisasi, tidak tajam, dan tidak melukai bayi. Pastikan juga mainan tersebut menggunakan pewarna yang aman dan tidak mudah mengelupas.

Untuk dibawa bepergian, pilih yang bobotnya ringan dan ringkas

Untuk dibawa bepergian, pilih yang bobotnya ringan dan ringkas
Apabila Anda akan bepergian, bawalah mainan untuk menghibur mereka selama perjalanan. Anda bisa memilih produk yang ringan dan compact agar mudah dibawa dan dimasukkan ke dalam tas. Anda juga bisa memilih mainan yang tersedia dalam dua ukuran. Mainan berukuran besar untuk dimainkan di rumah dan yang kecil untuk Anda bawa ke berbagai tempat.
Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Apabila bertukar mainan dengan anak lain atau bermain di playground yang tidak bersih, bayi bisa tertular virus atau bakteri yang mungkin ada. Membawa mainan sendiri akan mengurangi risiko tersebut. Sediakan mainan yang menarik, mudah dibawa, dan bisa mengurangi kebosanan anak sehingga dia tidak rewel ketika diajak bepergian.

10 Rekomendasi mainan edukasi terbaik untuk anak usia 0 sampai 1 tahun

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh mainan edukasi terbaik untuk anak usia 0 sampai 1 tahun. Mainan edukasi ini kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari bidan Ony Christy.

10
Target usiaLebih dari 6 bulan
UkuranTidak disebutkan
BahanPlastik
BeratTidak disebutkan
9

GoodwayPlay & Learn Activity Cube

GW3850

Mulai dari Rp 361.900,00

Target usia6 bulan ke atas
Ukuran17,5 cm x 17,5 cm x 26 cm
BahanPlastik
BeratTidak disebutkan
8
Target usia6 bulan ke atas
UkuranTidak disebutkan
BahanTidak disebutkan
Berat1,7 kg
7

LEGODUPLO® My First Unicorn

10953

Mulai dari Rp 138.900,00

Target usia1,5 tahun
Ukuran13 cm x 23 cm x 6 cm
BahanTidak disebutkan
BeratTidak disebutkan
6
Target usiaMulai dari 0 tahun (newborn)
UkuranTidak disebutkan
BahanKain
BeratTidak disebutkan
5
Target usia9 bulan ke atas
Ukuran10 cm x 38 cm x 54 cm
BahanPlastik
Berat830 g
4

MombellaDancing Elephant Teether Toy for 3M+ Babies

IH395

Mulai dari Rp 139.000,00

Target usia3 bulan ke atas
Ukuran5,8 cm x 10,6 cm
BahanSilikon food grade
Berat49,8 g
3
Target usia3 bulan ke atas
UkuranDiameter: 11,5 cm
BahanKombinasi plush, satin, woven, dan ribbed fabric
BeratTidak disebutkan
2

MattelFisher-Price Baby's First Blocks

Mulai dari Rp 219.900,00

Target usia6 bulan ke atas
UkuranTidak disebutkan
BahanPlastik
BeratTidak disebutkan
1

Sugar BabyAll in 1 Piano Playmat - Sunday Stroll (Blue)

Mulai dari Rp 213.900,00

Target usia0 sampai lebih dari 1 tahun
Ukuran74,5 cm x 5,6 cm x 46,5 cm
BahanPolyster ponge (PP)
Berat600 g

Tabel perbandingan produk mainan edukasi terbaik untuk anak Usia 0 sampai 1 tahun

Gambar produk
1
Sugar Baby All in 1 Piano Playmat - Sunday Stroll (Blue) 1

Sugar Baby

2
Mattel Fisher-Price Baby's First Blocks 1

Mattel

3
Playgro Baby Loopy Loop Chime Ball 1

Playgro

4
Mombella Dancing Elephant Teether Toy for 3M+ Babies 1

Mombella

5
Pumpee Happy Musical Walker 1

Pumpee

6
Imundex Soft Toys 1

Imundex

7
LEGO DUPLO® My First Unicorn 1

LEGO

8
ELC Singing Animal Keyboard 1

ELC

9
Goodway Play & Learn Activity Cube 1

Goodway

10
Funtime Alphabet Blocks 1

Funtime

Nama produk

All in 1 Piano Playmat - Sunday Stroll (Blue)

Fisher-Price Baby's First Blocks

Baby Loopy Loop Chime Ball

Dancing Elephant Teether Toy for 3M+ Babies

Happy Musical Walker

Soft Toys

DUPLO® My First Unicorn

Singing Animal Keyboard

Play & Learn Activity Cube

Alphabet Blocks

Keunggulan

Empat tahap permainan dalam satu alat

Asah kemampuan anak dengan mencocokkan bangun ruang

Latihan merangkak dengan bola empuk yang bersuara

Meredakan gusi yang sakit dan menstimulasi pertumbuhan gigi anak

Tumbuh makin cepat dengan baby walker yang dilengkapi mainan

Mengalunkan musik lembut untuk membantu anak tertidur pulas

Mainan balok susun khusus anak-anak dari LEGO

Keyboard lucu yang akan mengeluarkan suara binatang

Memiliki banyak permainan seru agar anak tidak mudah bosan

Bermain sambil belajar warna dan alfabet sejak dini

Harga mulai dariRp 213.900,00Rp 219.900,00Rp 149.000,00Rp 139.000,00Rp 556.900,00Rp 95.000,00Rp 138.900,00Rp 499.000,00Rp 361.900,00Rp 100.900,00
Target usia0 sampai lebih dari 1 tahun6 bulan ke atas3 bulan ke atas3 bulan ke atas9 bulan ke atasMulai dari 0 tahun (newborn)1,5 tahun6 bulan ke atas6 bulan ke atasLebih dari 6 bulan
Ukuran74,5 cm x 5,6 cm x 46,5 cmTidak disebutkanDiameter: 11,5 cm5,8 cm x 10,6 cm10 cm x 38 cm x 54 cmTidak disebutkan13 cm x 23 cm x 6 cmTidak disebutkan17,5 cm x 17,5 cm x 26 cmTidak disebutkan
BahanPolyster ponge (PP)PlastikKombinasi plush, satin, woven, dan ribbed fabricSilikon food gradePlastikKainTidak disebutkanTidak disebutkanPlastikPlastik
Berat600 gTidak disebutkanTidak disebutkan49,8 g830 gTidak disebutkanTidak disebutkan1,7 kgTidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Hal yang perlu diingat saat memberi mainan edukasi untuk anak usia 0 sampai 1 tahun

Hal yang perlu diingat saat memberi mainan edukasi untuk anak usia 0 sampai 1 tahun

Mainan edukasi dapat meningkatkan kemampuan anak, tetapi janganlah berlebihan. Jangan memaksa anak untuk memainkan mainan yang terlampau sulit baginya. Anak-anak juga memiliki karakter dan preferensi. Jadi, ada baiknya Anda memberi mainan yang tidak hanya edukatif, tetapi juga sesuai dengan selera anak Anda.


Selain itu, alih-alih bermain sendiri, lebih baik lagi bila Anda dan keluarga dapat ikut bermain dengan si kecil. Sesekali pujilah anak agar anak semakin bersemangat. Dengan demikian, Anda dapat memonitor aktivitas anak sekaligus menghabiskan quality time bersama!

Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Setiap anak istimewa dan memiliki minat dan bakat yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan minat dan bakat anak sebelum membelikannya mainan. Selain itu, orang tua juga sebaiknya sesekali menemani anak bermain. Dengan begitu, orang tua bisa meningkatkan ikatan atau bonding dengan anak sekaligus mengawasi tumbuh kembangnya. 

Baca juga rekomendasi hadiah untuk newborn baby dan mainan edukasi berdasarkan usia di sini

Momen kelahiran bayi sangat membahagiakan sehingga banyak yang memberikan hadiah untuk bayi yang baru lahir. Terdapat pula mainan edukasi yang cocok untuk dimainkan balita pada rentang usia tertentu. Anda bisa membaca rekomendasinya secara detail melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan kami di atas, apakah Anda menemukan mainan yang disukai si kecil? Bila anak tidak langsung merespons mainan edukasi yang diberikan, Anda tidak perlu kecewa. Perkembangan setiap anak berbeda, jadi bersabarlah dan berikanlah semangat padanya!


Terapkan tips-tips dari kami saat memilih mainan edukasi untuk anak. Semoga Anda bisa menemukan mainan yang bisa menunjang tumbuh kembang buah hati Anda. Selamat memilih dan bermain bersama buah hati!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mainan Anak Terbaik untuk Usia 1 Tahun (Terbaru Tahun 2021)
    Usia satu tahun merupakan usia di mana anak memasuki usia emas atau golden age. Karena otak anak mengalami perkembangan yang sangat pesat, orang tua dapat memberikan mainan untuk menunjang pertumbuhannya. Mainan tersebut bersifat mendidik dan ada juga yang ditujukan untuk belajar jalan.Agar Anda bisa menemukan mainan yang tepat, kami akan membagikan tips memilih mainan untuk anak usia satu tahun. Rekomendasi mainan anak usia satu tahun terbaik seperti merk Sugar Baby dan Fisher-Price juga akan kami ulas. Simak artikel ini untuk mendapatkan produk yang sesuai untuk anak Anda.
    Mainan anak
    5.405 Views
  • 10 Rekomendasi Mainan Pop It Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mainan Pop It Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, mainan pop it sedang sangat eksis, baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Mungkin Anda sendiri sedang keranjingan memainkannya. Namun, sebenarnya apa itu pop it? Pop it adalah mainan berbentuk bubble yang viral di aplikasi TikTok dan bisa dipencet-pencet.  Produk yang terkenal adalah pop it rainbow, pop it unicorn, dan pop it among us. Ukurannya juga beragam, mulai dari yang berukuran mini hingga jumbo. Jadi, kami akan membahas cara memilih serta merekomendasikan merk pop it yang bagus dari Stroberi atau Bright Crown. Yuk, simak selengkapnya!
    Mainan anak
    2.272 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Belajar Alfabet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Alat Belajar Alfabet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah anak Anda akan memasuki usia belajar membaca dan menulis? Jika demikian, mulailah gunakan alat belajar alfabet. Produknya dapat membuat anak memahami huruf kapital dan huruf kecil, serta mengerti cara mengucapkannya sejak dini. Si kecil pun jadi lebih mudah untuk belajar membaca dan menulis nantinya.Karena itu, kami akan membagikan cara memilih alat belajar alfabet terbaik. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merek yang bagus, seperti Munchkin, LEGO, dan lainnya. Tiap produknya pun sudah kami ulas untuk Anda. Ada yang cocok untuk belajar bahasa Inggris, lho. Yuk, dimulai saja pembahasannya!
    Mainan anak
    11.062 Views
  • 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terbaik untuk Anak Usia 2 sampai 3 Tahun (Terbaru Tahun 2021)
    Pada usia 2-3 tahun, anak mengalami perkembangan yang pesat. Sebagai contoh, anak sudah mulai banyak berbicara dan mulai bisa mengerjakan hal-hal sederhana sendiri. Periode usia ini sering disebut sebagai golden age, yaitu usia terjadinya perkembangan signifikan baik dari segi kepribadian maupun kemampuan.Untuk perkembangan yang optimal, Anda perlu memberikan stimulasi berupa mainan edukasi yang sesuai bagi anak Anda. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih mainan edukasi bagi anak usia 2 sampai 3 tahun. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi mainan-mainan terbaik sebagai referensi bagi Anda. Selamat menyimak!
    Mainan anak
    92.091 Views
  • 10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelampung Renang Terbaik untuk Anak Berdasarkan Umur (Terbaru Tahun 2021)
    Memperkenalkan aktivitas berenang sejak dini dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik untuk anak. Selain otak anak dapat berkembang dengan maksimal, anak dapat merasa bahagia dan meningkatkan rasa percaya dirinya. Pada awal memperkenalkan serunya berenang, Anda dapat memasang pelampung demi keselamatan anak Anda. Banyak jenis pelampung yang bisa Anda temukan, mulai dari neck ring, arm ring, hingga life vest! Merk-merknya pun beragam seperti Zoggs, Swimava, dan Intex. Karena itu, kami akan memperkenalkan cara memilih dan rekomendasi pelampung yang bagus sesuai dengan usia anak Anda. Selamat membaca!
    Mainan anak
    28.807 Views
  • 10 Rekomendasi Karpet Puzzle Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Karpet Puzzle Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Karpet puzzle makin digemari sebagai sarana bermain untuk anak-anak. Tidak hanya berfungsi sebagai alas lantai, karpet puzzle juga bisa dimainkan oleh anak Anda. Beragam model dan ukuran tersedia di pasaran, bisa jadi Anda malah kebingungan saat hendak membelinya.Dalam kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi karpet puzzle yang bagus untuk anak-anak. Anda akan menemukan karpet puzzle dari berbagai macam merek, contohnya Image Toys. Masing-masing produk dalam artikel ini memiliki keunggulan dan daya tarik tersendiri. Pilih saja produk yang dirasa paling sesuai. Selamat membaca!
    Mainan anak
    1.177 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori