10 Rekomendasi Firestarter Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Firestarter Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Saat terjadi bencana, keberadaan firestarter terasa sangat penting. Alat dengan nama lain korek api besi ini dapat menghasilkan api hanya dengan sedikit gesekan. Ada banyak jenis firestarter yang beredar di pasaran, mulai dari brand lokal sampai ternama. Oleh karena itulah, Anda harus memilih dan membeli produk dengan tepat.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan tips cara memilih firestarter dan 10 rekomendasi firestarter terbaik. Tentu Anda akan terlihat semakin keren bila mampu membuat api tanpa perlu menggunakan lighter, bukan?

Daftar isi

Apakah firestarter itu?

Apakah firestarter itu?

Firestarter adalah alat yang dapat menghasilkan api tanpa lighter. Biasanya, alat ini digunakan sebagai peralatan outdoor atau survival kit saat terjadi bencana.

Satu set firestarter magnesium umumnya terdiri dari sebatang magnesium dan part yang disebut striker.

Serutlah batang magnesium secukupnya menggunakan striker untuk memperoleh bubuk magnesium. Kemudian, taburkan bubuk tersebut di atas permukaan benda yang akan Anda bakar. Jika sudah, gesek batang magnesium tersebut menggunakan striker dengan cukup kuat hingga muncul percikan api. Lakukan beberapa kali, dan api akan muncul.

Cara memilih firestarter

Firestarter sebenarnya merupakan alat pemicu api yang primitif. Namun keunggulannya, Anda dapat menggunakan alat ini bahkan saat basah sekalipun. Orang yang terbiasa menyalakan api dengan lighter atau korek api juga akan menyukai alat ini. Kini, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih firestarter.

Pilih striker yang mudah dipegang

Pilih striker yang mudah dipegang

Hal terpenting untuk membuat api adalah gesekan yang kuat dan cepat antara striker dengan batang magnesium di dekat bubuk magnesium hasil serutan tadi.

Kami menyarankan Anda untuk memilih produk yang striker-nya dapat Anda pegang dengan kuat. Banyak firestarter dengan grip pada striker-nya, jadi Anda tinggal memilih produk yang paling nyaman digenggam. Selain itu, sebaiknya Anda memilih striker berukuran medium. Sebab, ukuran striker yang terlalu kecil akan membuat Anda sulit memegangnya.

Pilihlah yang memiliki kompartemen penyimpanan

Pilihlah yang memiliki kompartemen penyimpanan

Firestarter dapat berfungsi bila terdapat magnesium dan striker. Jika salah satunya tidak ada, firestarter tentu tidak akan berfungsi maksimal.

Banyak firestarter hanya menggunakan strap untuk menyimpan magnesium dan striker. Akan tetapi, saat ini sudah banyak firestarter yang telah dilengkapi area kompartemen khusus untuk menyimpan magnesium dan striker-nya.

Karena umumnya firestarter berukuran kecil, tentu keberadaan kompartemen penyimpanan menjadi hal penting agar magnesium dan striker-nya tidak hilang.

Fokuslah pada fungsi, bukan harga

Fokuslah pada fungsi, bukan harga

Pada intinya, cara kerja firestarter adalah menggesekkan bahan metal untuk menghasilkan percikan api. Karena mekanismenya yang sederhana, alat ini biasanya berharga murah.

Dengan harganya yang murah, Anda tetap dapat menggunakannya untuk membuat api ratusan bahkan ribuan kali. Oleh karena itu, pilihlah produk dengan fungsi maksimum dan pastinya nyaman Anda gunakan. Anda tidak perlu memilih firestarter berharga mahal berdasarkan pemikiran bila harga mahal pasti lebih bagus. Karena bagaimana pun, Anda hanya membutuhkannya untuk membuat api, bukan?

10 Rekomendasi firestarter terbaik

Sekarang, saatnya kami memberikan 10 rekomendasi firestarter terbaik pilihan kami. Karena Anda akan menggunakannya untuk jangka panjang, pilihlah yang paling Anda sukai, ya!

10. Magnesium Flint Rod Firestarter

10. Magnesium Flint Rod Firestarter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 41.000

Mudah digunakan dan berdesain minimalis

Dengan desainnya yang minimalis, Anda tidak akan kesulitan menggunakan produk firestarter yang satu ini. Anda akan langsung mengenali striker-nya yang berwarna hijau terang. Ujung striker-nya yang bergerigi juga memudahkan Anda untuk menghasilkan lebih banyak bubuk magnesium.

Kemudian, handle pada batang magnesiumnya cukup nyaman dipegang. Ditambah dengan panjang yang mencapai 7,5 cm, akan membuat magnesium rod-nya mudah digunakan dan diserut. Bila Anda baru atau akan mempelajari cara menggunakan firestarter, produk ini dapat menjadi opsi untuk Anda.

9. Magnesium Block Firestarter

9. Magnesium Block Firestarter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 55.000

Magnesium block tebal dan desain army yang keren

Bila umumnya firestarter menggunakan batang magnesium, produk yang satu ini menggunakan block magnesium yang tebal, lho! Dengan ketebalan seperti itu, Anda dapat menggunakan produk ini berkali-kali. Karena magnesiumnya tebal dan padat, Anda tidak perlu takut magnesiumnya mudah patah.

Nah, bila Anda pecinta produk berdesain army, mungkin produk ini akan membuat Anda semakin jatuh hati. Berwarna silver dengan desain ala firestarter tentara, produk ini terlihat cukup keren. Apalagi bila Anda menggantungkan name plate dari metal bersamaan dengan produk ini, semakin terasa seperti tentara, bukan?

8. Magnesium Firestarter Whistle

8. Magnesium Firestarter Whistle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 35.000

Tidak mudah kotor plus whistle multifungsi

Saat membuat api, biasanya firestarter menjadi kotor karena bersentuhan dengan debu, tanah, atau lumpur. Untuk Anda yang tidak suka firestarter-nya terlihat kotor, produk ini adalah pilihan tepat. Warna hitam elegannya akan membuat produk ini selalu terlihat bersih dan terawat.

Kemudian, produk ini juga dilengkapi dengan peluit yang multifungsi. Saat hiking atau camping Anda bisa menggunakannya untuk memberitahu arah serta posisi Anda pada teman-teman Anda. Selain itu, Anda juga bisa membunyikan peluitnya saat ada bahaya atau kondisi darurat lainnya.

7. Wstang Survival Buckle Firestarter

7. Wstang Survival Buckle Firestarter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 69.900

Bisa dipasang ke gear favorit Anda!

Untuk Anda yang suka bertualang, produk ini wajib dimiliki. Memiliki desain buckle, magnesium dan striker-nya terletak pada bagian lock sehingga nyaman untuk Anda gunakan dan pastinya tidak mudah hilang. Desain tersebut juga memungkinkan Anda untuk memasang firestarter ini ke strap, tas, atau gear lain yang Anda sukai.

Meski tidak terlalu besar, produk ini juga sudah dilengkapi dengan kompas yang dapat berfungsi dengan sempurna. Pada kondisi terdesak, Anda juga bisa meniup peluit yang telah disediakan di produk ini. Terbuat dari plastik yang cukup kuat, produk ini sangat pas untuk mendampingi petualangan Anda.

6. Green Luminous Survival Bracelet with Magnesium Flint Firestarter

6. Green Luminous Survival Bracelet with Magnesium Flint Firestarter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 26.316

Glow in the dark dan mudah dibawa-bawa

Saat hari sudah gelap dan Anda berada di tengah hutan, sulit untuk mengambil perlengkapan yang Anda butuhkan. Menjawab permasalah tersebut, produk ini hadir dengan warna hijau fluorescent yang dapat menyala dalam gelap. Anda bisa dengan mudah mengambilnya dari tas kemudian membuat api sesuai kebutuhan Anda.

Selain itu, ukurannya juga kecil dan mudah untuk Anda simpan di mana pun Anda mau. Anda juga bisa menggunakannya seperti bracelet dan melilitkannya di pergelangan tangan atau mengikatkannya di tas Anda. Bila Anda menyukai kepraktisan, tentu produk ini adalah pilihan yang pas.

5. Portable Water Resistant Firestarter

5. Portable Water Resistant Firestarter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 37.000

Berdimensi tipis dan sangat compact

Firestarter portable ini berdimensi tipis dan compact layaknya modem yang beredar di pasaran. Meski begitu, produk ini masih cukup nyaman dipegang dan mampu berfungsi sebagai firestarter secara maksimal. Selain itu, produk ini juga sudah waterproof dan yang lebih menarik, bagian penyimpanan magnesiumnya juga berfungsi sebagai pluit.

Saat hendak digunakan, lepaslah bagian atas batang magnesiumnya, Anda akan menemukan striker dengan mudah. Metode penyimpanan seperti ini membuat striker dan magnesiumnya menjadi tidak mudah hilang. Bila Anda menyukai produk berukuran compact, alat ini tentu bisa masuk daftar koleksi Anda.

4. Waterproof Magnesium Flint Firestarter

4. Waterproof Magnesium Flint Firestarter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 68.000

Waterproof dan nyaman digenggam

Untuk Anda yang tidak ingin part firestarter-nya rusak karena terkena air terus-menerus, produk ini dapat dipertimbangkan. Anda bisa menyimpan magnesium dan striker-nya di dalam tempat penyimpanannya yang berwarna hitam. Kompartemennya waterproof sehingga sangat aman dari air.

Memiliki diameter 1,1 cm dan panjang 11 cm, produk ini berukuran compact dan mudah Anda simpan di dalam tas. Dengan desain handle grip berkualitas, Anda juga akan nyaman menggunakannya. Selain itu, lubang di salah satu ujungnya juga memungkinkan Anda untuk mengaitkan atau menggantungkannya di celana, lho.

3. Paracord Survival Bracelet with Magnesium Flint Firestarter

3. Paracord Survival Bracelet with Magnesium Flint Firestarter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 28.900

Praktis, ekonomis, dan fungsional

Mengedepankan kepraktisan, Anda bisa memasang produk ini di tangan layaknya jam tangan. Baik batang magnesium maupun striker-nya tersimpan dengan rapi pada bagian buckle dan lock. Didesain sedemikian rupa, Anda bisa membuat api dengan mudah saat menggesekkan kedua part tersebut.

Strap pada produk ini juga cukup kuat dan elastis sehingga Anda tidak perlu khawatir alat ini terjatuh dari tangan Anda sewaktu-waktu. Kemudian, produk ini juga dilengkapi dengan kompas dan pluit. Ditambah dengan harganya yang sangat terjangkau, produk ini terlihat semakin menggoda, ya?

2. Multifunction Magnesium Rod Flint Firestarter with LED Light

2. Multifunction Magnesium Rod Flint Firestarter with LED Light

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 71.000

Firestarter berkualitas dan kaya fitur

Memiliki handle besar dan tebal, Anda bisa menggenggam striker dan magnesiumnya dengan erat untuk membuat api. Setelah selesai, Anda bisa menyimpan striker dan magnesiumnya kembali ke dalam kompartemen yang telah disediakan. Produk ini juga dilengkapi dengan lampu LED untuk membantu penerangan Anda saat melakukan kegiatan outdoor.

Dengan tambahan fitur lain seperti kompas, tali, lock, dan kompartemen tambahan, produk ini terasa sangat pas untuk Anda yang modern dan menginginkan banyak fitur. Tersedia dalam pilihan warna hitam, pink, dan hijau, Anda bisa memilih warna yang paling Anda sukai. Meski begitu, Anda harus lebih berhati-hati karena produk ini belum dilengkapi fitur waterproof .

1. Survival Firestarter

1. Survival Firestarter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 99.900

Ukuran seramping jari telunjuk Anda!

Bila Anda mencari firestarter yang ramping dan kecil, produk ini patut dipertimbangkan. Ukurannya yang hanya sebesar jari telunjuk membuat Anda bisa membawanya dengan mudah bahkan di dalam kantong celana Anda! Meski kecil, striker dan magnesium rod-nya sudah memiliki kompartemen penyimpanan untuk mencegah part tersebut hilang.

Kemudian, desain dan ukuran grip-nya cukup ideal sehingga sangat mudah Anda gunakan untuk membuat api. Apalagi, firestarter ini juga dilengkapi dengan pisau, kompas, dan tempat penyimpanan kapas sehingga rasanya cukup pantas bila Anda merogoh kantong lebih dalam untuk membeli produk berkualitas ini.

Tips dan cara menggunakan firestarter

Selama belum terbiasa, menyalakan api menggunakan firestarter mungkin terasa sedikit menyulitkan bagi pemula.

Tipsnya adalah menyerut dan membuat banyak bubuk magnesium dengan benar. Terkadang striker memiliki bagian tidak rata untuk membantu menyerut magnesium. Gunakan bagian ini agar Anda bisa memperoleh cukup banyak bubuk magnesium.

Kemudian, nyalakan api pada tisu, kapas, daun kering, dan benda yang mudah terbakar lainnya. Setelah itu tambahkan juga benda seperti koran bekas agar apinya semakin besar.

Kesimpulan

Kami telah memberikan 10 rekomendasi firestarter terbaik, bagaimana menurut Anda? Tidak hanya berguna saat kegiatan outdoor seperti kemping dan membuat barbeque, tetapi alat ini juga bermanfaat dalam keadaan darurat. Saat korek api dan lighter tidak bisa digunakan, Anda bisa menggunakan firestarter untuk menyalakan api.

Tidak ada salahnya untuk bersiap-siap menghadapi keadaan tidak terduga dengan memiliki firestarter. Sama sekali tidak merugikan bila Anda memiliki firestarter untuk kondisi darurat. Jadi, tunggu apalagi?