10 Rekomendasi Bantal Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Bantal Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bantal bayi adalah salah satu perlengkapan yang dibutuhkan oleh bayi, sejak ia lahir. Seiring dengan perkembangan zaman, bentuk bantal bayi saat ini sangatlah beragam. Bagaimana cara memilih bantal bayi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan sang buah hati Anda?

Berikut ini kami akan merekomendasikan 10 bantal bayi terbaik yang dapat Anda pilih. Selain itu, kami akan memberitahukan cara memilih bantal bayi dengan baik. Bacalah dan temukan bantal bayi terbaik untuk si kecil!

Daftar isi

Cara memilih bantal bayi

Pertama-tama, kami akan memberitahu bagaimana cara memilih bantal bayi dengan baik.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan selagi memilih bantal bayi, seperti bentuk bantal, bahan dasar bantal, dan tempat penggunaan bantal bayi tersebut. Periksalah kembali sewaktu memilih bantal untuk bayi Anda.

Pilih berdasarkan bentuk dan desain bantal bayi

Tidak seperti orang dewasa, sebenarnya bayi tidak memerlukan bantal sewaktu tidur. Akan tetapi, ada berbagai macam alasan yang membuat Anda memberikan bantal pada bayi Anda. Anda dapat memilih bantal yang dapat membuat bentuk kepala bayi Anda menjadi bundar atau bantal dengan desain yang menarik.

Bantal berbentuk donat untuk mencegah kepala peang

Bantal berbentuk donat untuk mencegah kepala peang

Bantal bayi dapat secara efektif membetulkan bentuk kepala bayi Anda. Jika bayi Anda memiliki kebiasaan menghadap ke salah satu sisi saja sewaktu tidur, kepala bayi akan menjadi datar (gepeng/peang) pada salah satu sisinya. Misalnya bayi Anda sering menghadap ke arah kiri sewaktu tidur, maka bentuk kepala bagian belakang kiri akan menjadi lebih datar dibandingkan bagian kepala sebelah kanan. Dengan menggunakan bantal donat ini, Anda dapat memposisikan kepala bayi Anda sehingga bentuk kepala bayi Anda menjadi lebih bundar pada kedua sisinya.

Bantal dengan desain menarik yang artistik

Bantal dengan desain menarik yang artistik

Saat ini terdapat banyak sekali desain bantal bayi yang unik dan menarik. Ketika Anda sedang menghabiskan waktu berduaan saja dengan sang bayi, bisa jadi Anda mengalami kebosanan atau kelelahan. Ambillah bantal bayi yang menarik ini, pakaikanlah pada bayi Anda, lalu foto bayi Anda atau buatlah selfie bayi Anda dengan Anda. Foto ini akan menjadi kenangan Anda bersama sang buah hati. Ingatlah untuk memilih bantal yang mengedepankan desain yang menarik tanpa mengurangi faktor keselamatan untuk sang bayi.

Periksa bahan dasar bantal bayi

Bagian terpenting dari bantal bayi adalah bahan dasarnya. Selain memeriksa apakah bantal dapat terpelihara kebersihannya, periksalah juga apakah bayi Anda nyaman sewaktu menggunakannya. Ada beberapa jenis bahan bantal bayi yang kami rekomendasikan.

Dakron : bahan yang tak menyerap air

Dakron : bahan yang tak menyerap air

Bahan dasar dakron terbuat dari serat sintetis yang sangat halus dan tidak dapat menyerap air. Bantal bayi yang bagus terbuat dari lembaran dakron yang dilipat, bukan dari gumpalan dakron. Pilihlah bantal dakron yang memiliki lapisan luar yang nyaman untuk disentuh dan digunakan, seperti bahan katun. Perawatan bantal ini pun mudah, apabila terkena tumpahan susu atau keringat bayi, Anda dapat mencucinya dengan mesin cuci maupun dengan tangan agar selalu bersih.

Memory foam : menyangga kepala dengan nyaman

Memory foam : menyangga kepala dengan nyaman

Bantal dengan bahan dasar memory foam diperuntukkan untuk bayi dan orang dewasa. Memory foam memiliki sifat yang dapat kembali secara perlahan ke bentuk aslinya setelah mengalami tekanan dan dapat menyangga kepala dengan nyaman sewaktu digunakan. Dengan menggunakan bantal ini secara terlentang, posisi tulang belakang pun akan terjaga. Penggunaan bantal bayi ini baik untuk bayi Anda yang masih memiliki struktur tulang kepala dan badan yang lembut. Bantal bayi dengan bahan dasar memory foam ini juga mudah untuk dicuci sehingga kebersihannya akan selalu terjaga.

Lateks : bahan yang menyejukkan dan awet dipakai

Lateks : bahan yang menyejukkan dan awet dipakai

Lateks merupakan bahan alami yang diperoleh dari getah karet dan pada umumnya memiliki pori-pori lubang pada permukaan bantal sebagai pengatur kekenyalan bantal. Selain itu, pori-pori ini dapat menyimpan udara sejuk di dalamnya sehingga tidak akan terasa panas saat digunakan. Keunggulan lain dari bantal berbahan latex adalah bahan ini tahan lama, anti bakteri, dan anti jamur. Di sisi lain, dari segi perawatan, bantal berbahan latex ini tidak dapat dijemur di bawah sinar matahari secara langsung sehingga sulit untuk dikeringkan apabila terkena basah oleh keringat atau susu.

Bulu angsa : kelembutan yang setara dengan harganya

Bulu angsa : kelembutan yang setara dengan harganya

Ada dua jenis bulu angsa yang dapat menjadi bahan dasar bantal, yaitu bulu angsa bagian leher yang sangat halus dan bulu angsa pada bagian dada angsa yang memiliki serat tulang. Semakin tinggi kandungan bulu angsa bagian leher maka akan semakin lembut dan semakin mahal harganya. Bantal berbahan dasar bulu angsa ini pada umumnya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan bantal berbahan dasar lainnya. Hanya saja bulu angsa dapat menghasilkan debu halus sehingga kain pelapis bantal harus terbuat dari bahan yang tebal.

10 Rekomendasi bantal bayi terbaik

Berikut ini adalah 10 bantal bayi yang kami rekomendasikan untuk buah hati Anda. Pilihlah bantal bayi dengan mempertimbangkan beberapa hal di atas, dan temukan yang sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

10. Bantal Pelindung Kepala Bayi

10. Bantal Pelindung Kepala Bayi

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 85.000

Melindungi kepala bayi saat sedang belajar merangkak atau berjalan

Salah satu hal yang perlu Anda lindungi pada saat si kecil sedang belajar merangkak dan berjalan adalah bagian kepalanya. Selama ini, tidak ada peralatan khusus yang dapat melindungi sang buah hati. Bantal pelindung kepala bayi ini dapat menjadi solusi Anda ketika bayi Anda mulai belajar merangkak sampai dapat berjalan dengan baik.

Cara penggunaan bantal ini sangat mudah, yaitu seperti Anda menggunakan tas punggung pada bayi Anda. Ukuran tali elastis pada bantal ini dapat disesuaikan sehingga dapat digunakan untuk bayi Anda dari usia 4 bulan sampai dengan 15 bulan. Desain yang ditawarkan pun sangat menarik, ada yang berbentuk seperti malaikat, lebah, dan kepik. Hindari benturan dengan memakai bantal ini!

9. Benbat Total Support Headrest

9. Benbat Total Support Headrest

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.750

Bantal untuk bepergian, agar leher bayi Anda akan selalu terjaga

Salah satu produk andalan Benbat adalah Total Support Headrest yang lebih dikenal dengan sebutan bantal leher, dapat digunakan oleh bayi Anda yang berusia satu sampai dengan empat tahun. Bentuk dan desainnya yang menarik juga cocok untuk menambah suasana ceria di foto bayi Anda, untuk selfie berdua ataupun beramai-ramai!

Bantal leher ini akan menjadi sahabat setia anak Anda ketika bepergian, dapat digunakan pada car seat ataupun pada stroller si kecil. Ia akan menopang leher dan kepala anak Anda, terutama pada saat tidur di perjalanan. Leher anak Anda akan terjaga dari terantuk ketika sedang tidur, tentunya hal ini akan meminimalkan terjadinya cedera pada leher anak Anda.

8. Baby Breast Feeding Pillow

8. Baby Breast Feeding Pillow

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 312.573

Bantal bayi multifungsi, untuk menyusui, untuk tidur sang ibu, dan untuk belajar duduk

Pada saat melihat bentuknya pertama kali, Anda pasti akan mengira bantal ini hanya sekadar untuk membantu Anda sewaktu menyusui sang buah hati. Memang, bayi dapat Anda letakkan di atas bantal dan Anda serta si kecil akan mendapatkan posisi yang nyaman selagi menyusui. Tambahan bantal kecilnya yang seperti donat juga membantu menyangga kepala bayi saat menyusui. Pastinya kepalanya takkan peang krn lama menyusui.

Bantal menyusui ini adalah win-win solution bagi Anda dan sang buah hati. Tangan Anda tidak akan pegal karena menggendong bayi selagi menyusui. Seiring dengan bertambahnya umur sang bayi, bantal ini pun dapat berfungsi menjadi penyangga bayi sewaktu ia sedang belajar duduk.

7. Bantal Bayi Anti Rolling

7. Bantal Bayi Anti Rolling

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 72.600

Bantal imut yang mencegah bayi bergeser dan terjatuh dari tempat tidur

Salah satu hal yang Anda khawatirkan ketika sedang tidur atau meninggalkan si kecil di atas tempat tidur adalah ia dapat terjatuh dari tempat tidur dan mengalami cedera. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat menggunakan bantal bayi anti rolling ini, yang terbuat dari bahan katun yang nyaman pada lapisan luarnya, dan memory foam pada bagian dalamnya.

Bantal bayi ini terdiri dari dua buah bantal yang dapat dipakai di kedua sisi badan atau kepala bayi Anda. Jarak antara kedua buah bantal ini dapat disesuaikan, antara 11 cm hingga 15 cm. Dengan menggunakan bantal ini, posisi badan dan kepala bayi Anda pada saat tidur akan selalu terjaga serta akan mengurangi rasa khawatir Anda bahwa bayi akan terjatuh.

6. Bantal Bayi Isi Bulu Angsa Sintetis (1 set)

6. Bantal Bayi Isi Bulu Angsa Sintetis (1 set)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 285.000

Lebih higienis di dalamnya, lebih berkesan di luarnya dengan bordiran nama bayi

Dengan membeli satu set bantal bayi ini, Anda mendapatkan satu buah bantal, dua buah guling, serta sarung untuk bantal dan guling tersebut. Sarung bantal ini dapat Anda pesan sesuai dengan keinginan, terdapat pilihan warna biru muda dan merah muda, dan dapat ditambahkan bordir nama bayi Anda.

Keistimewaan utama dari set ini adalah bahan dasar bantal dan guling ini, yaitu serat bulu angsa sintetis dengan kualitas premium. Bahan dasar ini lembut, dapat mengikuti bentuk kepala, dan nyaman digunakan. Dari sisi higienitas, bahan dasar bulu angsa sintetis ini tidak dapat ditinggali atau pun dihinggapi oleh tungau sehingga akan meminimalkan terjadinya alergi pada bayi Anda.

5. ComfyBaby New Born Memory Foam Pillow

5. ComfyBaby New Born Memory Foam Pillow

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 265.000

Bantal dan sarung bantal yang berkualitas tinggi untuk kenyamanan tidur bayi Anda

Bayi Anda bermasalah pada saat tidur? Mungkin ia menemukan ketidaknyamanan pada bantal dan sarung bantal yang digunakannya. Cobalah bantal memory foam ini yang diperuntukkan untuk bayi dengan usia 0 sampai dengan 2 tahun. Bantal ini dapat menyesuaikan serta menyangga kepala bayi Anda dengan baik, serta memiliki lubang ventilasi untuk meningkatkan kesejukan udara di sekitar bantal.

Tidak hanya bantal saja yang perlu Anda perhatikan, tetapi sarung bantal juga memegang peranan penting dalam meningkatkan kenyamanan tidur bayi Anda. Bantal ini dilengkapi dengan sarung yang terbuat dari serat bambu Purotex. Dengan teknologi Purotex ini, bayi Anda akan terhindar dari alergi yang dapat mengganggu kualitas tidur anak Anda.

4. Babybee Sloped Pillow

4. Babybee Sloped Pillow

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 338.300

Dengan kemiringan 15° dapat membantu menjaga kesehatan bayi Anda

Babybee mengeluarkan bantal bayi yang didesain dengan memiliki kemiringan sebesar 15° untuk membantu bayi agar bagian atas badan bayi berada pada posisi yang lebih tinggi sewaktu tidur. Dengan posisi bagian atas badan lebih tinggi maka sistem pernapasan anak akan menjadi lebih baik, terutama ketika sedang flu.

Selain itu, bantal ini juga baik untuk sistem pencernaan, karena dapat mengurangi frekuensi muntah bayi. Bantal ini dapat dikatakan baik untuk kesehatan sang bayi, apalagi didukung oleh bahan dasarnya yang terbuat dari lateks berkualitas tinggi, memiliki kelebihan anti alergi, anti bakteri, dan anti jamur. Tentunya layak digunakan oleh orangtua yang peduli akan kesehatan bayinya.

3. Mothercare Fogarty Anti-Allergenic Cot Pillow

3. Mothercare Fogarty Anti-Allergenic Cot Pillow

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 279.000

Bantal anti alergi, didukung oleh British Allergy Foundation

Bermasalah dengan alergi anak Anda yang tidak kunjung sembuh? Mungkin masalahnya ada pada bantal yang digunakan olehnya. Mothercare mengeluarkan bantal anti alergi yang telah didukung oleh British Allergy Foundation. Bantal anti alergi ini akan melindungi anak Anda dari reaksi alergi atau iritasi yang dapat disebabkan oleh asma.

Bantal ini dapat digunakan oleh bayi Anda yang sudah berusia 12 bulan ke atas. Anda tidak perlu khawatir apabila bantal bayi Anda ini basah terkena keringat ataupun terkena tumpahan susu, karena bantal ini dapat dicuci dengan menggunakan tangan atau mesin cuci, termasuk menggunakan pengering yang tersedia pada mesin cuci. Praktis dan terjamin keamanannya!

2. Puku Bantal Bayi Lateks

2. Puku Bantal Bayi Lateks

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 500.000

Bantal dan sarung bantal memiliki pori-pori untuk sirkulasi udara yang baik

Bayi pada umumnya dapat memproduksi keringat yang lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa, terutama pada saat ia tidur. Maka dari itu, Anda perlu memilih bantal yang memiliki sirkulasi udara yang baik untuk memberikan kesejukan pada bayi Anda. Bantal keluaran Puku ini memiliki pori-pori yang dapat memberikan sirkulasi udara dengan baik.

Tidak hanya bahan dasar bantal saja yang memiliki pori-pori untuk sirkulasi udara yang baik, tetapi sarung bantal keluaran Puku ini juga memiliki pori-pori udara sehingga akan lebih nyaman dan tidak panas ketika digunakan. Inilah pilihan bantal yang tepat untuk bayi Indonesia, yang suhunya cenderung panas, terutama di siang hari.

1. Babybee Mini Pillow

1. Babybee Mini Pillow

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 182.000

Bantal tidak akan terjatuh ketika digunakan untuk menggendong bayi

Pada usia 0 sampai 12 bulan, bayi menghabiskan lebih banyak waktunya untuk tidur, baik tidur di kasur maupun digendong di rumah dan saat bepergian. Untuk menambah kenyamanan tidur bayi Anda pada saat digendong serta mencegah kepala peang karena terkena langsung ke tangan Anda, sebaiknya Anda memakaikan bantal sewaktu menggendongnya.

Bantal dengan karet pada bagian belakangnya adalah bantal yang tepat, karena dapat diselipkan pada tangan Anda sehingga bantal tidak akan terjatuh ketika Anda sedang menggendong sang buah hati. Bentuknya yang kecil dan ringan, membuat bantal ini memang cocok untuk dibawa saat bepergian. Bisa dipakai di rumah pula, tentunya menghemat pengeluaran Anda.

Kesimpulan

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sewaktu menggunakan bantal bayi, sebaiknya Anda selalu mengawasi bayi Anda selagi menggunakan bantal bayi. Selain itu, pilihlah bantal bayi dengan kualitas yang baik dan bersihkanlah bantal bayi secara rutin.

Setelah membaca rekomendasi kami, sudahkah Anda menemukan yang cocok dengan kebutuhan bayi Anda? Kualitas tidur sangatlah penting untuk bayi Anda. Temukanlah bantal bayi yang tepat untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.