• 10 Rekomendasi Bantal Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Bantal Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Bantal Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Bantal Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Bantal Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Bantal Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Bantal bayi adalah salah satu perlengkapan yang dibutuhkan oleh bayi sejak ia lahir. Seiring dengan perkembangan zaman, bentuk bantal bayi sangatlah beragam. Lalu, bagaimana cara memilih bantal bayi yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan buah hati?


Berikut ini, kami akan merekomendasikan bantal bayi terbaik yang dapat Anda pilih. Ada beragam produk dari merek ternama, seperti Hikarusa, Omiland, Mama's Choice, dan masih banyak lagi. Selain itu, kami akan memberitahukan cara memilih bantal bayi dengan baik. Bacalah dan temukan bantal bayi terbaik untuk si kecil!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 12 September 2022
Daftar isi

Kapan waktu yang tepat menggunakan bantal bayi?

Kapan waktu yang tepat menggunakan bantal bayi?

Banyak ibu yang menyiapkan bantal bayi karena mengkhawatirkan bentuk kepala bayi mereka. Namun, apakah bayi membutuhkan bantal bayi? Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan bantal bayi? Nah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan mengenai penggunaan bantal untuk bayi. Baca poin-poin di bawah ini, ya.


  • Bantal bayi memiliki bentuk berbeda tergantung pada usia bayi. Sebagai contoh, untuk bayi yang baru lahir tidak diharuskan menggunakan bantal yang dapat menopang kepala seperti pada orang dewasa. Namun, Anda dapat menggunakan bantal untuk membantu pernapasan bayi yang baru lahir.

  • Beberapa ahli berpendapat bahwa waktu yang tepat untuk memberikan bantal pada bayi adalah usia 18 bulan. Untuk keselamatan si kecil, pastikan untuk menggunakan bantal yang sesuai tahapan usianya. Beberapa bantal dapat digunakan dalam jangka waktu lama sampai sekitar 3 tahun.

  • Penggunaan bantal bayi yang tinggi juga tidak disarankan. Pasalnya, posisi bantal yang lebih tinggi daripada kepala buah hati membuatnya dapat berguling ke samping. Apabila bayi Anda tidur tanpa pengawasan, ia dapat berguling ke arah yang salah. Jika demikian, kemungkinan besar si kecil pun dapat terjatuh dari tempat tidur.

  • Pastikan bayi berusia 0 bulan tidak tidur dalam posisi miring, terlebih jika memakai bantal. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menjelaskan bahwa efek samping bayi tidur miring adalah sindrom kematian bayi mendadak. Jadi, sebaiknya posisi tidur yang aman untuk bayi berusia 0–3 bulan adalah telentang.

Cara memilih bantal bayi

Setelah mengetahui waktu yang tepat menggunakan bantal bayi, kini saatnya kami memberikan tips memilih bantal bayi terbaik. Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan, silakan simak ulasan berikut ini!

Carilah bentuk bantal bayi yang sesuai dengan tujuan penggunaan

Pada umumnya, terdapat dua macam bentuk bantal bayi, yakni bentuk donat atau berlubang dan bentuk miring. Setiap bentuk bantal memiliki fungsinya masing-masing. Mari simak penjelasannya berikut ini.

Bentuk donat atau berlubang: Membantu menjaga bentuk kepala bayi

Bentuk donat atau berlubang: Membantu menjaga bentuk kepala bayi

Jika Anda khawatir dengan kepala dan posisi tidur bayi Anda, pilihlah bantal berbentuk donat. Bantal berlubang akan memudahkan bayi berbaring dalam posisi terlentang dan membantu mencegah tekanan pada bagian kepala bayi. Namun, ada pendapat yang mengatakan bahwa mengoreksi kebiasaan tidur bayi hanya dengan menggunakan bantal berlubang itu sulit.


Jadi, jika Anda benar-benar concern akan kebiasaan tidur bayi Anda, silakan pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Di pasaran juga banyak produsen yang menawarkan bantal antipeyang dengan bentuk berlubang. Mereka mengeklaim bahwa bantal tersebut dapat mengatasi kepala peang.


Sebetulnya, penggunaan bantal antipeyang diperbolehkan, tetapi tidak terlalu memberikan banyak manfaat untuk bayi. Alasannya karena kepala peang pada bayi dapat diatasi seiring berjalannya waktu dan bukan karena penggunaan bantal peang. Sebagai tambahan, demi keamanan, penggunaan bantal peang baru diperbolehkan pada usia bayi 18 bulan hingga 3 tahun.

Bentuk miring: Untuk mencegah bayi memuntahkan ASI

Bentuk miring: Untuk mencegah bayi memuntahkan ASI

Sementara itu, apabila Anda khawatir bayi Anda akan muntah, kami merekomendasikan bantal berbentuk miring. Bantal bayi yang miring akan mencegah ASI keluar dari perut. Hal ini lantaran tubuh bagian atas bayi memiliki posisi yang sedikit lebih tinggi. Bantal miring juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan mendukung pernapasan alami bayi.

Perhatikan bahan bantal bayi

Tingkat keempukan dan tekstur bantal bervariasi tergantung pada bahan di dalamnya. Jadi, pastikan Anda memeriksa material yang digunakan sebagai isian bantal bayi. Jika terlalu empuk, bantal dapat menyumbat mulut bayi. Jadi, berhati-hatilah saat memilih bahan bantal bayi.

Busa lembut, tidak terlalu keras dan mudah kembali ke bentuk semula

Busa lembut, tidak terlalu keras dan mudah kembali ke bentuk semula

Jika Anda menginginkan bantal yang membal, pilihlah bantal dengan material busa lembut yang terdiri dari susunan poliol dan polyisocyanates. Busa lembut mudah kembali ke bentuk semula serta memiliki tingkat keempukan sedang. Namun, beberapa bantal dengan material busa biasanya tidak bisa dicuci. Jadi, sebaiknya pastikan bantal busa pilihan Anda dapat dicuci dengan cara melepas sarungnya.

Kapas dakron/silikon microfiber, memiliki sirkulasi udara yang baik

Kapas dakron/silikon microfiber, memiliki sirkulasi udara yang baik

Anda yang mengkhawatirkan bayi berkeringat saat tidur, pilihlah bantal yang terbuat dari dakron atau silikon microfiber. Dakron sangat lembut, halus, dan tidak pengap meskipun bayi banyak berkeringat. Selain itu, bantal dengan bahan dakron dapat dicuci secara menyeluruh sehingga bantal tetap higienis.


Kemudian, selain empuk, bahan silikon microfiber juga memiliki sirkulasi udara yang baik dan dapat menyerap air. Untuk bayi dengan kulit sensitif, keringat saat tidur dapat menyebabkan eksim pada bagian kepala. Dengan bantal dakron atau silikon microfiber, Anda bisa menggunakannya tanpa rasa khawatir.

Lateks, bebas bakteri dan debu

Lateks, bebas bakteri dan debu

Bantal dengan bahan lateks sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin memberikan kenyamanan maksimal untuk buah hati. Bantal lateks memiliki struktur padat dengan pori-pori yang sangat kecil. Hal ini membuat kemungkinan debu dan bakteri bersarang pada bantal lateks sangat kecil. Dengan demikian, bantal lateks aman untuk kesehatan bayi Anda.


Selain bahan yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada bahan lain seperti Geltron dan jaring poligon 3D. Namun, kedua bahan tersebut jarang sekali digunakan di Indonesia. Jika Anda membeli bantal bayi dari luar negeri, mungkin Anda bisa mempertimbangkan bahan Geltron dan jaring poligon 3D.

Periksa juga bahan sarung bantalnya

Bayi memiliki kulit yang sangat lembut. Karena itu, penting juga bagi Anda untuk memeriksa bahan sarung bantalnya.

100% katun, lembut di kulit bayi

100% katun, lembut di kulit bayi

Bantal bersentuhan langsung dengan kulit bayi, jadi disarankan menggunakan bahan 100% katun. Kain katun tidak mengiritasi kulit bayi yang sensitif serta memiliki daya serap dan daya tahan air yang baik. Terlebih lagi, katun dapat menyerap keringat dengan baik.


Jika Anda menginginkan sesuatu yang aman untuk kulit bayi, pilihlah katun organik dan kain katun rajut. Dengan katun organik, Anda tidak perlu khawatir apabila bayi Anda memasukkannya ke mulut. Selain itu, kain katun rajut memiliki tekstur lembut yang sangat cocok untuk kelembutan kulit bayi Anda.

Polyester, lebih tahan air sehingga aman terhadap tumpahan susu

Sarung bantal bayi berbahan poliester dikenal memiliki daya tahan yang baik sehingga lebih awet dipakai. Tak hanya itu, sarung bantal poliester juga lebih tahan air. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir apabila sarung bantal bayi terkena tumpahan susu atau gumoh si kecil.


Menariknya lagi, bahan poliester juga memiliki karakteristik yang tidak mudah kusut dan gampang kering, lho. Dengan demikian, produk berbahan poliester pun cukup mudah perawatannya.

Kain dari serat bambu, halus dan nyaman untuk si kecil

Kain dari serat bambu, halus dan nyaman untuk si kecil

Apakah Anda ingin memberikan kenyamanan untuk bayi Anda? Pilihlah sarung bantal yang terbuat dari kain serat bambu atau bahan jaring. Kain jaring dan serat bambu sangat breathable sehingga bayi dapat tidur dengan nyaman.


Serat bambu juga patut dijadikan pilihan karena memiliki sifat antinyamuk dan antibakteri. Selain itu, ada juga tipe kain cool contact yang terasa nyaman saat disentuh. Saat musim panas tiba dan udara terasa lembap, Anda mungkin bisa mempertimbangkan material ini.

Pilihlah bantal dengan perawatan yang mudah

Pilihlah bantal dengan perawatan yang mudah

Segala sesuatu yang berkaitan dengan bayi tentu harus mengutamakan kebersihan, termasuk bantal bayi. Untuk itu, pilihlah sarung bantal yang mudah dilepas dan dicuci. Hal ini penting karena bantal merupakan benda yang digunakan setiap hari. Bantal akan menyerap keringat dan sebum. Jika bantal yang Anda pilih mudah dibersihkan, si kecil akan merasa nyaman saat menggunakan bantal tersebut.


Selain itu, akan lebih higienis jika Anda bisa mencuci isi bantal bersama dengan sarungnya. Sekalipun ada kotoran yang meresap ke bagian dalam bantal, Anda bisa mencucinya dengan air. Terlebih, jika bantal tersebut memiliki bahan yang cepat kering, tentu tidak masalah jika Anda mencucinya secara rutin.

10 Rekomendasi bantal bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bantal bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 11 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Babybee Mini Pillow menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Hikarusa Bantal Bayi memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Hikarusa Bantal Bayi 1

Hikarusa

2
Mama's Choice Flat Head Prevention Pillow 1

Mama's Choice

3
Babymoov Lovenest + Flat Head Baby Pillow 1

Babymoov

4
ClevaMama  ClevaFoam Baby Pillow 1

ClevaMama

5
Omiland Bantal Guling Set Peang Rainbow Series 1

Omiland

6
Sumimo Minky Animal Dimple Pillow 1

Sumimo

7
Comfy Nest Comfy Baby Purotex New Born Pillow 1

Comfy Nest

8
Babybee Sloped Pillow Plus 1

Babybee

9
Obayito  Bantal Tangan Menyusui 1

Obayito

10
Sofzsleep  Baby Donut Pillow 1

Sofzsleep

Nama produk

Bantal Bayi

Flat Head Prevention Pillow

Lovenest + Flat Head Baby Pillow

ClevaFoam Baby Pillow

Bantal Guling Set Peang Rainbow Series

Minky Animal Dimple Pillow

Comfy Baby Purotex New Born Pillow

Sloped Pillow Plus

Bantal Tangan Menyusui

Baby Donut Pillow

Keunggulan

Banyak pilihan ukurannya, banyak pula motifnya

Bantal bayi antipeyang berdesain ergonomis, bisa digunakan di mana saja

Materialnya antiselip, bantal tidak akan mudah bergeser saat digunakan

Teknologi ClevaFoam-nya dapat mengurangi tekanan untuk bayi newborn hingga 50%

Harganya ekonomis! Satu paket isi empat item

Tawarkan karakter binatang yang menggemaskan

Bantal dan sarung bantal berkualitas tinggi untuk kenyamanan tidur buah hati

Bantal bayi antigumoh dengan kemiringan 15°

Ada karet elastisnya! Tak mudah terjatuh saat menggendong atau menyusui bayi

Aman digunakan oleh bayi dengan kulit sensitif

Harga mulai dariRp 180.000,00Rp 269.000,00Rp 458.900,00Rp 319.000,00Rp 176.800,00Rp 148.500,00Rp 196.500,00Rp 548.000,00Rp 201.100,00Rp 239.000,00
BentukBiasaBerlubangBerlubangBiasaBerlubang, biasaBerlubangBiasa MiringBerlubangDonat
Usia bayiTidak disebutkanTidak disebutkan0–4 bulan0–12 bulanTidak disebutkanTidak disebutkan0–2 tahun0–5 tahunTidak disebutkan3–24 bulan
Material bantalSilikon microfiber100% organic memory foamCotton, polyester, elastaneClevaFoamDacron HCSTidak disebutkan100% natural probiotics100% latex100% katun satin JepangNatural latex
Material sarung bantalTencelSoft cottonPolyesterTidak disebutkanKain micro printKain minkyNatural bamboo100% katun satenTidak disebutkanNatural bamboo
PerawatanSarung dicuci menggunakan tanganSarungnya dapat dicuci dengan tangan atau mesin cuci, bantal memory foam-nya dapat dibersihkan menggunakan penyedot debuBisa dicuci dengan mesin cuciSarung bisa dilepas dan dicuci, bantal ClevaFoam dicuci menggunakan tanganSarungnya bisa dilepas dan dicuciTidak disebutkanSarung bantal bisa dilepas dan dicuciSarung bisa dilepas dan dicuciTidak disebutkanSarung bisa dilepas dan dicuci dengan mesin cuci
Tautan produk
10
BentukDonat
Usia bayi3–24 bulan
Material bantalNatural latex
Material sarung bantalNatural bamboo
PerawatanSarung bisa dilepas dan dicuci dengan mesin cuci
9
BentukBerlubang
Usia bayiTidak disebutkan
Material bantal100% katun satin Jepang
Material sarung bantalTidak disebutkan
PerawatanTidak disebutkan
8
BentukMiring
Usia bayi0–5 tahun
Material bantal100% latex
Material sarung bantal100% katun saten
PerawatanSarung bisa dilepas dan dicuci
7

Comfy NestComfy Baby Purotex New Born Pillow

Mulai dari Rp 196.500,00

BentukBiasa
Usia bayi0–2 tahun
Material bantal100% natural probiotics
Material sarung bantalNatural bamboo
PerawatanSarung bantal bisa dilepas dan dicuci
6

SumimoMinky Animal Dimple Pillow

Mulai dari Rp 148.500,00

BentukBerlubang
Usia bayiTidak disebutkan
Material bantalTidak disebutkan
Material sarung bantalKain minky
PerawatanTidak disebutkan
5

OmilandBantal Guling Set Peang Rainbow Series

Mulai dari Rp 176.800,00

BentukBerlubang, biasa
Usia bayiTidak disebutkan
Material bantalDacron HCS
Material sarung bantalKain micro print
PerawatanSarungnya bisa dilepas dan dicuci
4

ClevaMama ClevaFoam Baby Pillow

Mulai dari Rp 319.000,00

BentukBiasa
Usia bayi0–12 bulan
Material bantalClevaFoam
Material sarung bantalTidak disebutkan
PerawatanSarung bisa dilepas dan dicuci, bantal ClevaFoam dicuci menggunakan tangan
3

BabymoovLovenest + Flat Head Baby Pillow

A050225

Mulai dari Rp 458.900,00

BentukBerlubang
Usia bayi0–4 bulan
Material bantalCotton, polyester, elastane
Material sarung bantalPolyester
PerawatanBisa dicuci dengan mesin cuci
2

Mama's ChoiceFlat Head Prevention Pillow

Mulai dari Rp 269.000,00

BentukBerlubang
Usia bayiTidak disebutkan
Material bantal100% organic memory foam
Material sarung bantalSoft cotton
PerawatanSarungnya dapat dicuci dengan tangan atau mesin cuci, bantal memory foam-nya dapat dibersihkan menggunakan penyedot debu
1
BentukBiasa
Usia bayiTidak disebutkan
Material bantalSilikon microfiber
Material sarung bantalTencel
PerawatanSarung dicuci menggunakan tangan

Serba-serbi bantal bayi

Setelah mendapatkan bantal bayi pilihan, Anda perlu mencucinya terlebih dahulu agar lebih aman dan nyaman dipakai si kecil. Karena itu, di bawah ini kami akan menjelaskan langkah-langkah mencucinya. Selain itu, apabila Anda tertarik untuk membuat bantal bayi sendiri, kami juga akan memberikan tipsnya. Simaklah dengan baik!

Saat menggunakan bantal bayi untuk pertama kali, pastikan Anda mencucinya dengan benar

Saat menggunakan bantal bayi untuk pertama kali, pastikan Anda mencucinya dengan benar

Bantal dan sarung bantal bayi harus dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan. Bantal baru mungkin memiliki lapisan lilin di atasnya sehingga tidak akan menyerap air dengan baik. Hal ini dapat membuat bantal tidak dapat menyerap keringat bayi, bahkan bisa menyebabkan iritasi kulit. Untuk itu, cucilah bantal bayi agar bantal lebih mudah menyerap keringat dan lembut saat disentuh.


Saat mencuci bantal bayi untuk pertama kali, Anda tidak perlu menggunakan detergen. Anda bisa menggosoknya dengan lembut menggunakan air hangat. Setelah dicuci bersih, jemur bantal atau sarung bantal hingga benar-benar kering sebelum digunakan.

Cara membuat bantal bayi sendiri

Cara membuat bantal bayi sendiri

Anda mungkin tertarik dengan model bantal bayi lucu yang banyak muncul di media sosial dan berkeinginan untuk membuatnya. Nah, kali ini kami akan memberikan tips membuat bantal bayi sendiri. Silakan simak tahapannya berikut ini.


  1. Siapkan pola bantal yang ingin Anda buat dengan kertas gambar atau koran.
  2. Potong kain sesuai pola yang telah dibuat sebanyak dua lembar dengan menyisakan margin jahit sekitar 1 cm.
  3. Jahit bagian margin tersebut dari bagian dalam, sisakan lubang untuk memasukkan kapas.
  4. Masukkan kapas sesuai dengan jumlah yang diinginkan, lalu tutup lubangnya.

Bantal bayi buatan tangan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Anda bisa mengatur ukuran bantal dan ketebalan kapas sesuai keinginan. Selamat mencoba, ya!

Baca juga rekomendasi aksesori lainnya agar si kecil bisa tidur dengan nyaman

Selain bantal bayi, ada banyak item lain yang dapat menunjang kenyamanan tidur si kecil. Untuk itu, silakan baca artikel produk yang menunjang kenyamanan tidur si kecil di sini.

Kesimpulan

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda selalu mengawasi si kecil selagi menggunakan bantal bayi. Selain itu, pilihlah bantal bayi dengan kualitas yang baik, lalu bersihkanlah bantal bayi secara rutin.


Kualitas tidur sangatlah penting untuk buah hati Anda. Karena itu, temukanlah bantal bayi yang tepat agar si kecil dapat tidur dengan nyaman. Selamat menemukan produk pilihan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Artikel ini sudah ditinjau oleh bidan kami, Destry Permata Sari, STr. Keb. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu perawatan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah merawat rambut. Namun, merawat rambut bayi tidak cukup dengan keramas teratur saja. Untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambutnya, bayi perlu memakai hair lotion khusus bayi.Ada beberapa merek hair lotion bayi yang bisa Anda pilih, seperti Tropee Bebe, Beauty Barn, atau Zwitsal. Nah, agar mendapatkan hair lotion bayi yang bagus, simaklah rekomendasi dari kami dan tips memilihnya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepatu bayi bermanfaat untuk melindungi pertumbuhan tulang si kecil dan menjaga kakinya dari kotoran. Saat ini, merek perlengkapan bayi, seperti PYOPP, Attipas, hingga Tamagoo menawarkan beragam model sepatu bayi yang bagus. Dari banyaknya pilihan tersebut, Anda pasti bingung memilih produk yang cocok untuk si buah hati. Agar Anda tidak salah pilih, berikut ini kami suguhkan informasi cara memilih sepatu bayi yang tepat. Cek juga rekomendasi produknya dan temukan sepatu bayi yang nyaman dan berdesain menarik untuk si kecil. Yuk, simak penjelasan artikel ini lebih lanjut!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori