10 Rekomendasi Bedak Bayi Terbaik, Bisa untuk Makeup (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Bedak Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bedak bayi sudah lama diminati sebagai perlengkapan perawatan kulit bayi. Karena formulanya yang aman untuk kulit, beberapa orang dewasa juga menggunakan bedak bayi sebagai bedak yang digunakan untuk tubuh dan dipakai untuk makeup. Merek Pigeon, Cussions, Johnson & Johnson, dan lainnya yang terkenal sebagai bedak khusus bayi ternyata dapat dipakai oleh orang dewasa.

Artikel kali ini membahas bedak bayi yang dapat digunakan untuk tubuh dan wajah orang dewasa. Kami juga akan memberitahukan bagaimana cara memilih dengan tepat dan cara aman menggunakannya. Simaklah artikel berikut ini untuk mendapatkan bedak bayi terbaik baik untuk bayi Anda maupun Anda sendiri!

Daftar isi

Apa itu bedak bayi?

Sebagian bedak bayi di dalam negeri terbuat dari cornstarch dan talc sebagai bahan baku. Kedua bahan ini akan meningkatkan penyerapan air dan menjaga kelembapan permukaan kulit. Dengan fungsi tersebut, bedak bayi akan sangat efektif dalam menjaga kulit bayi yang mudah terkena ruam dan dapat pula digunakan untuk perawatan tubuh orang dewasa.

Kualitas tiap bedak bayi bergantung bahan yang digunakan karena setiap bedak memiliki cara yang berbeda untuk menjaga kulit agar tetap halus. Untuk bedak bayi yang menggunakan bahan baku cornstarch, kehalusan kulit akan terjaga dengan penyerapan air yang tinggi. Sementara itu, talc akan menjaga kehalusan kulit dengan partikel bubuk yang mudah diserap oleh kulit.

Kapankah waktu yang tepat untuk menggunakan bedak bayi?

Pada dasarnya, bedak bayi digunakan untuk menghaluskan kulit. Kami akan memperkenalkan kapan waktu yang tepat untuk Anda menggunakan bedak bayi.

Gunakan bedak bayi untuk mencegah ruam akibat popok bayi

Gunakan bedak bayi untuk mencegah ruam akibat popok bayi

Bedak bayi adalah hal yang paling sering digunakan pada situasi ini. Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan bedak bayi ketika sedang terjadi ruam popok yang sangat berat. Bedak bayi dapat digunakan ketika Anda melihat kulit bayi akan mengalami ruam untuk pencegahan ruam popok.

Bedak bayi dapat digunakan untuk menggaruk kulit yang gatal

Bedak bayi dapat digunakan untuk menggaruk kulit yang gatal

Terlepas dari usia dan jenis kelamin, bahan pakaian yang tidak nyaman di kulit terkadang menimbulkan gatal ataupun ruam. Hal ini juga termasuk untuk bayi yang memiliki lipatan kulit khususnya di sekitar paha meskipun tidak gemuk. Semakin Anda garuk, bukannya mereda malahan akan semakin gatal. Gunakanlah bedak bayi untuk mencegah ruam dan meredakan gatal yang Anda rasakan.

Gunakan untuk mencegah terjadinya heat rash

Gunakan untuk mencegah terjadinya heat rash

Pada dasarnya, bedak bayi biasa digunakan untuk mencegah bayi mengalami heat rash atau yang biasa kita kenal dengan biang keringat. Hal ini dikarenakan penyumbatan kelenjar keringat akibat keringat yang berlebih. Biasanya gejala ini disertai rasa gatal berlebihan dan disertai kemerahan di sekujur tubuh. Namun, pada orang dewasa, penggunaan bedak bayi untuk mencegah heat rash juga sering dilakukan. Udara yang panas dan lembap menyebabkan terjadinya heat rash.

Bedak bayi dapat digunakan pula untuk makeup

Bedak bayi dapat digunakan pula untuk makeup

Banyak orang menggunakan bedak bayi sebagai bedak untuk makeup dan finishing makeup. Jika Anda menggunakannya secara benar dengan polesan yang tepat, bedak bayi akan menjadi barang makeup yang hebat. Namun, jika penggunaannya kurang tepat dan tidak cocok di kulit, bedak bayi akan membuat kulit menjadi kasar.

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan bedak bayi untuk makeup

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan bedak bayi untuk makeup

Ketika bedak bayi dapat digunakan dari bayi lahir, pada umumnya akan sangat aman untuk digunakan. Dengan alasan tersebut, orang yang mempunyai kulit sensitif, berjerawat, ataupun yang tidak biasa bersentuhan dengan makeup dapat menggunakan bedak bayi sebagai pengganti foundation.

Namun, tujuan penggunaan bedak bayi adalah untuk menjaga agar kulit tetap menjadi halus. Pada dasarnya, bedak bayi bukan dibuat sebagai barang makeup. Maka dari itu, Anda perlu mencari tahu lebih lanjut jika memang ingin menggunakannya sebagai produk untuk makeup. Misalnya, penggunaan bedak bayi yang benar untuk kulit kering adalah menggunakannya secara tipis. Menepuk-nepuk puff terlalu banyak di permukaan kulit kering yang dilembapkan dengan base makeup akan menyebabkan pori-pori kulitnya mudah tersumbat.

Sebagai tambahan, jika Anda menggunakan bedak bayi pada kulit berjerawat, bisa jadi malah merangsang timbulnya jerawat baru dan memperparah kondisinya. Untuk menggunakan secara efektif, aplikasikan bedak bayi secara tipis-tipis setelah menggunakan base makeup. Hal tersebut dapat meningkatkan pencegahan terhadap riasan yang berlebihan dan mudah luntur.

Cara memilih bedak bayi

Bedak bayi sudah kita kenal sejak dari zaman kakek nenek kita dan banyak produk bayi yang masih dijual sampai sekarang. Tentu saja, bedak bayi yang berkualitas terus ditingkatkan dari tahun ke tahun. Di sini, kami akan memperkenalkan hal-hal penting untuk memilih bedak bayi yang tepat untuk Anda.

Periksa bahan yang digunakan

Bahan utama yang digunakan di dalam kandungan bedak bayi umumnya ada dua yaitu cornstarch dan talc. Kemudian, produsen mencampur bahan tersebut dan menggabungkannya dengan bahan-bahan perawatan kulit yang mereka buat sendiri. Setelah itu, bedak bayi dibuat secara komersial. Dari sini kami akan menjelaskan secara detail mengenai bahan pembuatan bedak bayi.

Cornstarch: bersifat anti-inflamasi, baik digunakan untuk mengatasi ruam

Cornstarch: bersifat anti-inflamasi, baik digunakan untuk mengatasi ruam

Cornstarch, yang biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat snack maupun makanan kecil, adalah pati jagung yang mempunyai daya serap tinggi. Karena sering digunakan sebagai bahan makanan, dapat dikatakan bahwa bayi sudah mengenal dan terbiasa dengan bahan ini. Cornstarch baik digunakan untuk ruam dan sejenisnya karena memiliki efek anti-inflamasi, antimikroba dan sedatif.

Hanya saja cornstarch yang memiliki partikel halus dan warna putih yang tinggi akan menjadi masalah jika menempel di pakaian yang berwarna gelap. Sulit untuk menjatuhkan serbuk tersebut hanya dengan menepuk-nepuk pakaian karena hanya akan membuatnya semakin terlihat. Jadi, Anda harus benar-benar memperhatikan hal ini ketika hendak menggunakannya.

Talc: mudah diserap dan membuat kulit lebih halus

Talc: mudah diserap dan membuat kulit lebih halus

Talc adalah serbuk yang terbuat dari bahan mineral tidak aktif. Bahan baku talc adalah mineral yang mengandung magnesium hidroksida, yang didapat melalui proses penambangan. Selain bedak bayi, talc sering dimasukkan dalam produk kosmetik seperti foundation. Karena terasa halus ketika sudah menjadi bubuk, talc sering digunakan sebagai bahan di dalam bedak bayi dan sangat mudah diserap kulit.

Talc impor juga memiliki zat karsinogenik atau zat penyebab kanker sehingga berpotensi membahayakan tubuh Anda. Biasanya, setiap negara mempunyai standar penggunaannya dan hal tersebut dapat dikonfirmasi ketika akan digunakan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut karena dapat dikonfirmasi langsung dengan pabrik pembuatnya. Namun, jika tidak dapat dikonfirmasi, Anda harus waspada dan sebaiknya mencari tahu kebenarannya.

Periksalah komponen pelembap lainnya selain cornstarch/talc di dalam bedak bayi

Periksalah komponen pelembap lainnya selain cornstarch/talc di dalam bedak bayi

Bedak bayi memiliki efek mengurangi kelembapan kulit. Jika Anda melakukan kesalahan dalam menggunakannya, hal tersebut akan menyebabkan kulit Anda menjadi kering. Untuk alasan ini, produsen merancang langkah-langkah seperti mencampurkan squalane agar dapat mencegah kulit yang kering berlebihan. Selain memeriksa bahan utama dari bedak bayi, Anda juga sebaiknya memeriksa isi bahan-bahan lain yang terdapat di dalam bedak bayi tersebut.

Pilih kapasitas bedak bayi yang sesuai dengan kebutuhan

Pilih kapasitas bedak bayi yang sesuai dengan kebutuhan

Pada dasarnya, jarang ada yang menjual bedak bayi dalam kemasan kecil. Akan tetapi, untuk bayi yang tidak terlalu banyak mengalami heat rash atau jarang mengalami ruam popok, tentu Anda tidak akan terlalu sering menggunakannya, bukan? Hal ini akan menyebabkan bedak bayi yang Anda gunakan menjadi sisa. Karena itu, ketika Anda akan membeli bedak bayi, kami menganjurkan Anda untuk mengecek seberapa besar kapasitas bedak bayi tersebut.

Jika Anda seseorang yang baru pertama kali menggunakan bedak bayi, kami menganjurkan Anda untuk membeli bedak bayi dalam kemasan kecil. Jika Anda ingin membeli dengan kapasitas besar, pastikan bahwa Anda sudah nyaman dengan bedak bayi ini, dan kandungannya aman untuk kulit Anda.

Pilih kemasan bedak bayi yang sesuai dengan kegunaan dan usia bayi

Pilih kemasan bedak bayi yang sesuai dengan kegunaan dan usia bayi

Pada umumnya, bedak bayi memiliki isi yang sama, namun setiap produk memiliki bentuk dan kemasan yang berbeda. Misalnya, bedak bayi yang dikeluarkan oleh Johnson & Johnson memakai jenis botol yang biasa dimasukkan dalam paper round case yang sudah populer sejak dari dahulu. Kemasan dari bedak bayi dapat disesuaikan dengan usia bayi agar mempermudah dalam penggunaannya.

Jika bayi baru lahir tidak akan banyak bergerak, akan lebih mudah menggunakan paper round case. Sementara itu, jika bayi sudah melewati setengah tahun kelahirannya seperti sudah mulai berguling, merangkak dan pergerakannya sudah mulai dinamis, akan sulit menggunakan botol paper round case karena khawatir akan terbalik. Sangat disarankan untuk memeriksa dengan baik bentuk dari kemasan bedak bayi yang disesuaikan dengan usia bayi.

Periksa apakah bedak bayi berbentuk bubuk atau padat

Periksa apakah bedak bayi berbentuk bubuk atau padat

Pada umumnya, bedak bayi berbentuk bubuk karena akan lebih terasa di kulit. Akan tetapi, bedak bayi ada juga yang memiliki jenis bedak berbentuk padat selain yang bubuk. Masing-masing bentuk mempunyai kelebihan.

Pertama, jenis bubuk lebih mudah digunakan di tempat yang melebar seperti bagian belakang tubuh bayi. Ambil bedak bayi menggunakan puff, dan oleskan tipis-tipis di bagian tersebut. Sebaliknya, jika Anda ingin menggunakan bedak di bagian depan tubuh bayi, sebaiknya menggunakan jenis yang padat. Menggunakan bedak bayi dengan tekstur bubuk akan sangat berbahaya karena bayi dapat menghirup partikel serbuk halus terlalu banyak.

10 Rekomendasi bedak bayi terbaik, bisa untuk makeup

Seperti namanya, bedak bayi dibuat untuk keperluan bayi. Namun, bedak bayi dapat dipakai oleh orang dewasa karena kandungan di dalamnya sangat ringan. Di bawah ini, kami akan merekomendasikan sepuluh bedak bayi yang juga dapat dipakai oleh orang dewasa.

10. Pigeon Baby Powder Chamomile

10. Pigeon Baby Powder Chamomile

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 13.700

Kulit akan terasa kenyal setiap saat!

Anda pasti selalu ingin menjaga dan mempertahankan kulit Anda dan bayi agar selalu segar dan sehat. Untuk itu, bedak bayi dari Pigeon ini memasukkan kandungan kolagen di dalamnya agar kulit selalu segar dan kenyal setiap saat. Untuk Anda yang menginginkan kulit yang kenyal seperti bayi, wajib menggunakan produk ini.

Bukan hanya itu, untuk masalah heat rash dan iritasi, bedak ini juga punya solusinya. Kandungan chamomile-nya dapat mencegah iritasi ringan yang sering terjadi pada kulit bayi. Tenang saja, semuanya diformulasikan secara ringan sehingga bayi dan Anda merasa sangat aman menggunakannya sehari-hari, sekalipun memiliki kulit yang sensitif.

9. Tempo Scan Pacific My Baby Powder Soft & Gentle

9. Tempo Scan Pacific My Baby Powder Soft & Gentle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 4.500

Serbuk bedak yang mudah merata di kulit

Terkadang bedak bayi akan sulit merata di kulit dan menggumpal, yang pada akhirnya menyebabkan kulit tampak terlalu putih. Produk bedak dari My Baby ini dibuat dengan serbuk bedak yang halus sehingga ketika dipakai akan mudah merata di kulit bayi ataupun kulit Anda. Kandungan chamomile di dalamnya akan membantu mencegah iritasi ringan pada kulit bayi.

Bedak bayi ini cocok juga untuk Anda yang mempunyai kulit normal cenderung kering karena akan membantu memelihara kelembapan kulit. Produk ini juga mudah dipakai di wajah karena serbuk bedak akan cepat terserap ke kulit dan tidak akan menyebabkan kulit putih yang berlebihan.

8. Bambi Baby Compact Powder

8. Bambi Baby Compact Powder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 49.300

Mengandung anti irritant complex untuk mengatasi iritasi kulit yang ringan

Semua bedak tentu akan memberikan bahan yang mengandung anti irritant. Namun, bedak bayi ini menawarkan bahan anti irritant complex, yang mengandung ekstrak licorice dan bunga chamomile yang berguna untuk menyejukkan kulit kemerahan akibat iritasi ringan. Tidak hanya itu, jika Anda menginginkan nutrisi yang cukup dan melembapkan kulit, kandungan Pro vitamin B5 akan bekerja secara maksimal.

Untuk bayi atau untuk Anda yang mempunyai kulit tubuh dan wajah yang normal cenderung kering akan sangat cocok menggunakan bedak ini karena akan membantu melembapkan kulit. Anda yang mempunyai kulit wajah sensitif dan mudah iritasi juga akan merasa aman dan nyaman menggunakan bedak bayi padat ini.

7. Unilever Zwitsal Baby Powder Extra Care with Zinc

7. Unilever Zwitsal Baby Powder Extra Care with Zinc

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 19.350

Lima bahan perlindungannya bekerja maksimal melindungi kulit Anda dan bayi

Jika Anda percaya dengan menggunakan kombinasi bahan terpilih akan menghasilkan bedak yang maksimal dengan kualitas memuaskan, produk ini sangat cocok untuk Anda dapatkan. Biang keringat dan kulit yang teriritasi dapat terlindungi secara maksimal berkat kandungan bahan canola oil, sulphur, zinc, allantoin, dan lactid acid di dalamnya.

Selain itu, Zwitsal Baby Powder Extra Care ini akan meredakan rasa gatal yang timbul akibat iritasi yang bayi dan Anda alami. Dengan menggunakan bedak ini setiap hari, bayi dan Anda akan terlindungi secara maksimal. Jangan khawatir jika Anda mempunyai kulit yang sensitif karena produk ini sudah teruji secara klinis.

6. Johnson & Johnson Baby Powder

6. Johnson & Johnson Baby Powder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 7.500

Kulit lebih halus dengan keharuman yang khas berkat kandungan talc murni

Saat mencari bedak untuk bayi, tentunya Anda ingin mencari yang aman. Bedak bayi ini bisa menjadi pilihan karena tidak mengandung pewarna dan pengawet sehingga aman digunakan sehari-hari. Bedak ini terbuat dari talc murni dan dikenal memiliki wangi yang khas. Gunakan produk ini untuk melegakan rasa gatal dan perih akibat iritasi dan biang keringat pada bayi.

Sementara itu, jika Anda memiliki kulit yang mudah berminyak atau sering berkeringat, Anda dapat memakainya di bagian tubuh dan wajah secukupnya. Produk ini juga cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Namun, untuk Anda yang bukan pencinta bahan talc sebaiknya tidak menggunakan bedak ini.

5. Burt’s Bees Baby Dusting Powder

5. Burt's Bees Baby Dusting Powder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 260.000

Dijamin 100% natural cornstarch dan bebas dari kandungan talc

Apabila Anda lebih menyukai bedak yang menggunakan bahan alami, bedak import ini cocok untuk Anda karena kandungannnya 100% natural cornstarch dan talc free. Walaupun talc free, kulit tetap akan terasa lembut, halus, kering dan harum. Jika bayi Anda memiliki kulit dengan kadar lembap yang tinggi akibat biang keringat, bedak ini akan menyerapnya dengan baik.

Burt’s Bees Baby Dusting Powder juga sesuai untuk Anda yang memiliki kulit berminyak karena bedak ini akan menyerap sebum dengan baik. Bedak ini memang berharga cukup tinggi, namun jika Anda menginginkan bedak bayi yang bebas dari bahan talc, bedak ini dapat menjadi pilihan.

4. Pigeon Baby Compact Powder Hypoallergenic

4. Pigeon Baby Compact Powder Hypoallergenic

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 36.000

Menjaga kelembapan terutama di bagian lipatan kulit yang sulit dijangkau

Bayi sering mengalami biang keringat ataupun ruam yang cukup mengganggu di bagian lipatan yang terkadang luput dari pandangan Anda. Bedak ini akan sangat membantu Anda untuk dioleskan di bagian lipatan karena mengandung squalane yang berguna untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit. Dengan demikian, kulit bayi akan terhindar dari iritasi kulit atau masalah kulit kering.

Gunakan Pigeon Compact Powder di bagian tubuh dan wajah yang sensitif, serta di bagian yang mudah terkena ruam yang mengganggu. Bedak ini sangat aman karena telah teruji oleh standar International Fragrance Association dan tidak akan menyebabkan alergi kulit. Kami merekomendasi produk ini untuk digunakan oleh bayi atau Anda yang memiliki kulit kering sensitif terutama di bagian lipatan.

3. Artsana Chicco Talcum Powder

3. Artsana Chicco Talcum Powder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 89.900

Mampu mencegah penyumbatan pori-pori

Jika bayi dan Anda mempunyai kulit sensitif teriritasi karena sering mengalami penyumbatan pori, bedak ini bisa menjadi solusi. Bedak ini terbuat dari ekstrak tepung beras yang mudah meresap ke dalam kulit dan mencegah penyumbatan. Dengan demikian, bedak ini cocok untuk Anda yang ingin terhindar dari masalah iritasi dan jerawat. Tidak perlu khawatir lagi memoles bedak di wajah Anda yang memiliki jenis sensitif dan berjerawat.

Chicco Talcum Powder dapat dipakai dari mulai bayi yang baru lahir dan juga Anda yang memiliki kulit sensitif. Bedak bayi ini sangat aman digunakan karena tidak mengandung pengawet, alkohol, pewarna, dan bahan detergen. Bedak bayi ini memang harganya tergolong mahal, namun kalau Anda merasa cocok, kenapa tidak?!

2. PZ Cussons Mild & Gentle Baby Powder

2. PZ Cussons Mild & Gentle Baby Powder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 9.500

Serap keringat berlebih dengan bedak bayi ini!

Hidup di negara tropis akan sering membuat bayi dan Anda berkeringat. Hal ini menyebabkan kulit menjadi kemerahan serta iritasi. Bedak bayi ini diformulasikan secara ringan dengan kandungan susu dan chamomile agar dapat menyerap keringat berlebih dan menutrisi kulit bayi agar terasa lebih lembut.

Bedak bayi yang sudah diuji secara dermatologi ini sangat aman untuk dipakai di kulit. Mild & Gentle Baby Powder cocok digunakan untuk bayi dan Anda yang sering mengalami keringat berlebihan ataupun memiliki kulit yang sensitif. Jika Anda sering mengalami keringat di wajah, Anda dapat membubuhkannya di bagian wajah untuk mengontrol sebum. Ada juga bisa melakukan touch up dengan bedak ini di perjalanan.

1. Shiseido Medicated Baby Powder (Pressed)

1. Shiseido Medicated Baby Powder (Pressed)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 68.000

Bedak bayi untuk segala usia. Cocok banget dipakai sebagai bedak blotting powder!

Anda mencari bedak bayi berbentuk padat yang diklaim aman untuk segala usia? Produk ini pilihan tepat. Untuk bayi, bedak ini sangat bermanfaat untuk mencegah ruam popok karena dapat mengontrol keringat dan kelembapan yang berlebihan. Bayi akan nyaman memakainya karena teksturnya ringan dan lembut di kulit.

Untuk orang dewasa, gunakan bedak padat ini di wajah untuk menyerap keringat berlebih, menyamarkan pori-pori besar, dan mencegah timbulnya jerawat. Cukup memolesnya secara tipis-tipis karena bedak ini memiliki efek matte finishing di wajah Anda. Bawa produk ini di dalam kantong kosmetik untuk dipakai sebagai bedak touch up penyerap keringat!

Kesimpulan

Nah, bagaimana dengan sepuluh rekomendasi bedak bayi yang kami berikan? Bedak bayi memang telah umum digunakan sebagai salah satu rangkaian perawatan bayi. Namun, Anda pun dapat menggunakan bedak bayi untuk keperluan makeup dengan hasil yang memuaskan.

Pilihlah bedak bayi yang sesuai dengan kebutuhan serta kondisi kulit bayi dan Anda. Pastikan Anda merasa aman dan nyaman menggunakannya setiap hari. Selamat mencoba!